CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung
Total Views: 1204 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

VincenTa - 28/07/2012 02:49 PM
#1
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung
:cool WELCOME TO MY THREAD :cool
Quote:
[CENTER][KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

[B][SIZE="5"]peluk HAPPY BIRTHDAY INDONESIA KU peluk

Quote:
:hn
Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
SEKILAS TENTANG KOTA BANDUNG
Quote:
cool: Kota Bandung - Kota Kembang - Parijs Van Java - City of Heritage cool:

Quote:
[QUOTE]Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila (Grebangkertosusilo). Di kota yang bersejarah ini, berdiri sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung - ITB), menjadi ajang pertempuran di masa kemerdekaan, serta pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana MenteriIndia Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

Quote:
Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survei majalah Time. army:

Quote:
Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada jaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.
[/QUOTE]
LANGSUNG AJA KE POKOK BAHASAN
:request :request
Quote:
Quote:
Batagor
[QUOTE]Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan dari daerah sunda yang sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Makanan ini dibuat dari tahu yang berisi bakso dan dibungkus dengan tepung lalu digoreng, disajikan dengan sambal kacang.

Quote:
Spoiler for batagor
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Surabi
Quote:
Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ada juga surabi Arab yang terkenal karena keunikannya yang terdapat di kota bogor.

Quote:
Spoiler for surabi bandung
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Peuyeum / Tapai Singkong
Quote:
Tapai singkong adalah tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tapai singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa Sunda).

Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa, yang basah dan lunak, dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Tapai kering populer di daerah Priangan utara (Purwakarta dan Subang), dan dikenal sebagai buah tangan khas dari daerah ini (dikenal sebagai peuyeum gantung, karena diperdagangkan dengan digantung.).

Quote:
Spoiler for peuyeum
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Cendol
Quote:
Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

Cendol yang terkenal di Bandung adalah Cendol Elizabeth

Quote:
Spoiler for cendol
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Cireng
Quote:
Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online.

Quote:
Spoiler for cireng
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Oncom
Quote:
Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).

Ada dua jenis utama oncom: oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah didegradasi oleh kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia sedangkan oncom hitam didegradasi oleh kapang tempe Rhizopus oligosporus dan/atau jenis-jenis Mucor.

Oncom adalah satu-satunya bahan makanan manusia yang diolah dengan melibatkan jenis Neurospora.

Quote:
Spoiler for oncom
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Cimol
Quote:
Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat.

Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat.

Quote:
Spoiler for cimol
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Brownies Kukus
Quote:
Brownies Kukus disebut oleh-oleh paling megang dari Bandung. Kue cokelat ini sejak beberapa tahun terakhir memang sangat ngetop. Rasanya, pulang dari Bandung tanpa brownies ini, seperti ada yang kurang.

Quote:
Spoiler for brownies
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung
[/QUOTE]
LANJUT BAWAH GAN!
:request
[/SIZE][/B][/CENTER]
VincenTa - 28/07/2012 02:50 PM
#2

Quote:
Quote:
[CENTER][B]Bandrek
[QUOTE]Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Akan tetapi, outlet penjualan bandrek masih lebih banyak ditemukan di Medan, Sumatera Utara. Bahkan banyak bandrek khas Medan ini ditemukan di luar Medan. Di Bekasi, misalnya, kita dapat menikmati bandrek Medan seperti produk Bandrek Sorbah di depan eks GORO swalayan Pekayon, di jalan Nangka Perumnas 1 dan di jalan raya Bantar Gebang (perum Dukuh Zamrud). Pemilik usaha Bandrek Sorbah, khas Medan (baca: Ibu Megawati Simbolon br Pardede) ini menyatakan bahwa Bandrek Sorbah ini berkhasiat mecegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Bila Anda berjiwa bisnis (enterprise), ini merupakan kesempatan yang terbaik untuk membangun usaha bandrek Medan dengan mengikuti sistem Franchise (waralaba) Bandrek Sorbah (lihat: bandreksorbah.blogspot.com). Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan. Ada juga bandrék yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya.

Kepopuleran bandrék di Indonesia telah membuat minuman ini tersedia di pasaran dalam kemasan bubuk instan berbagai merk. Tidak jarang versi instan ini dikombinasikan dengan kopi dalam kemasan tersebut.

Quote:
Spoiler for bandrek
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung

Quote:
Bajigur
Quote:
Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

Quote:
Spoiler for bajigur
[KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung
[/QUOTE]
Quote:
SUMBER ARTIKEL

1, 2, 3, 4, 5, 6
7, 8, 9, 10, 11, 12

SUMBER GAMBAR

GOOGLE

Quote:
:cool SEMOGA GAK REPOST :cool

Quote:
SUPPORTED BY:

:angel SEMOGA MENANG :angel
peluk HAPPY BIRTHDAY INDONESIA KU peluk
[/B][/CENTER]
santos - 28/07/2012 03:04 PM
#3

      mesen tempat ye malu:
jajanan khas bandung matabelo:
jadi kangen SD hammer:
VincenTa - 28/07/2012 03:09 PM
#4

Quote:
Original Posted By santos
      mesen tempat ye malu:
jajanan khas bandung matabelo:
jadi kangen SD hammer:


udah nyolong aja ente hammer:
JusticeFive - 28/07/2012 03:13 PM
#5

genit: genit:

brownis nya juga sangat menggiurkan gan wowcantik
VincenTa - 28/07/2012 03:16 PM
#6

Quote:
Original Posted By JusticeFive
genit: genit:

brownis nya juga sangat menggiurkan gan wowcantik


jangan laper dulu gan, belom buka p
JusticeFive - 28/07/2012 03:19 PM
#7

Quote:
Original Posted By VincenTa
jangan laper dulu gan, belom buka p


pan ane non-is gan genit:

jadi gapapa dong Peace:
VincenTa - 28/07/2012 03:20 PM
#8

Quote:
Original Posted By JusticeFive

pan ane non-is gan genit:

jadi gapapa dong Peace:


oh kirain ane malus
fannyoon - 28/07/2012 04:02 PM
#9

ane demen batagor sama cimol gan o
bumbunya tuh khas banget D
isaaac.cuenca - 28/07/2012 05:56 PM
#10

ane masih belum pernah ngerasain oncom..think:
kayak gimana sih rasanya gan?think:
VincenTa - 29/07/2012 11:39 AM
#11

Quote:
Original Posted By isaaac.cuenca
ane masih belum pernah ngerasain oncom..think:
kayak gimana sih rasanya gan?think:

ane juga belom think:
Quote:
Original Posted By fannyoon
ane demen batagor sama cimol gan o
bumbunya tuh khas banget D

bener D
chatwithsel - 29/07/2012 04:39 PM
#12

Quote:
Original Posted By isaaac.cuenca
ane masih belum pernah ngerasain oncom..think:
kayak gimana sih rasanya gan?think:


ane ga terlalu suka oncom sih..
kalau kata ane jadi aga pedes tapi kerasa kacang dan bumbu-bumbu laennya kaca bawang daun dll
CMIIW
klo mau nyobain, beli combro aja
bramenelly - 29/07/2012 05:22 PM
#13

cendolnya bikin gk sabar nunngu wkt buka nich gan ...
VincenTa - 29/07/2012 06:40 PM
#14

Quote:
Original Posted By chatwithsel
ane ga terlalu suka oncom sih..
kalau kata ane jadi aga pedes tapi kerasa kacang dan bumbu-bumbu laennya kaca bawang daun dll
CMIIW
klo mau nyobain, beli combro aja

anda benar thumbup:
Quote:
Original Posted By bramenelly
cendolnya bikin gk sabar nunngu wkt buka nich gan ...

sama gan genit:
akusadarakugila - 29/07/2012 08:00 PM
#15

klo kaya gini buat iri aje gan..

kapan gw bisa ke bandung lagi ya..

nitip ja gan klo pulang ya.. titip batagor sama cimol bandungnya..oke
shakehand
N.R.N - 29/07/2012 09:37 PM
#16

yang paling gw suka bandrek. sayang tiap ke bandung, susah banget nemuin ini minuman. sekalinya nemu versi instant. \( di hotel tempat gw nginep kemaren pun gt, pake bandrek instant....









linux2:segede gaban
Jinora - 29/07/2012 10:47 PM
#17

batagor + brownis trus minum ny segelas bandrek genit:
kuliner bandung emang TOP semua dah :2thumbup
canume - 29/07/2012 11:14 PM
#18

rata-rata pernah ane coba tuh D
kecuali yg cendol elizabeth bingungs
garayy - 30/07/2012 12:00 AM
#19

surabi bandung emang mantap o
abangojan - 30/07/2012 12:44 AM
#20

ane lebih suka brokus genit:
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [KULINER] Macam-macam Kuliner Kota Kembang - Kota Bandung