CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja
Total Views: 926 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

KetuaBesar - 28/07/2012 11:37 PM
#1
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja

[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja

Quote:

[CENTER]Thread Support by :

[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


Quote:

sun: Bantu Rate yah semua nya sun:
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[/CENTER]


Quote:
Quote:
[QUOTE]INDONESIA RAYA / INDONESIA RAJA


Quote:
Quote:
Indonesia Raja (ejaan lama) atau kita kenal dengan Indonesia Raya, adalah lagu kebangsaan Indonesia Republik Indonesia.

Pada tahun 1924 Supratman menulis lagu Indonesia Raya atas anjuran dari H. Agus Salim yang ditulis di harian Fajar Asia agar komponis Indonesia membuat lagu kebangsaan.
Lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh komponisnya, Wage Rudolf Soepratman, pada tanggal 28 Oktober 1928 pada saat Kongres Pemuda II di Batavia.
Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu "Indonesia" sebagai penerus Hindia Belanda,
Indonesia Raya dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.
Indonesia Raya dimainkan pada upacara bendera. Bendera Indonesia dinaikkan dengan khidmat dan gerakan yang diatur sedemikian supaya bendera mencapai puncak tiang bendera ketika lagu berakhir. Upacara bendera utama diadakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
Upacara ini dipimpin oleh Presiden Indonesia.
[/QUOTE]

Quote:
Quote:
[QUOTE] KOMPONIS MUDA DAN LAGU CIPTAANNYA


Quote:
Quote:
[QUOTE]

[CENTER]
[SIZE="5"]Wage Rudolf Soepratman
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja
Biografi
Ayahnya bernama Senen, sersan di Batalyon VIII. Saudara Soepratman berjumlah enam, laki satu, lainnya perempuan. Salah satunya bernama Roekijem. Pada tahun 1914, Soepratman ikut Roekijem ke Makassar. Di sana ia disekolahkan dan dibiayai oleh suami Roekijem yang bernama Willem van Eldik.

Soepratman lalu belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun, kemudian melanjutkannya ke Normaalschool di Makassar sampai selesai. Ketika berumur 20 tahun, lalu dijadikan guru di Sekolah Angka 2. Dua tahun selanjutnya ia mendapat ijazah Klein Ambtenaar.

Beberapa waktu lamanya ia bekerja pada sebuah perusahaan dagang. Dari Makassar, ia pindah ke Bandung dan bekerja sebagai wartawan di harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita. Pekerjaan itu tetap dilakukannya sewaktu sudah tinggal di Jakarta. Dalam pada itu ia mulai tertarik kepada pergerakan nasional dan banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan. Rasa tidak senang terhadap penjajahan Belanda mulai tumbuh dan akhirnya dituangkan dalam buku Perawan Desa. Buku itu disita dan dilarang beredar oleh pemerintah Belanda.

Soepratman dipindahkan ke kota Sengkang. Di situ tidak lama lalu minta berhenti dan pulang ke Makassar lagi. Roekijem sendiri sangat gemar akan sandiwara dan musik. Banyak karangannya yang dipertunjukkan di mes militer. Selain itu Roekijem juga senang bermain biola, kegemarannya ini yang membuat Soepratman juga senang main musik dan membaca-baca buku musik.

W.R. Soepratman tidak beristri serta tidak pernah mengangkat anak.
[/SIZE][/CENTER]


Quote:

[SIZE="5"]Indonesia Raya Lagu Ciptaannya
Spoiler for Naskah Otentik
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


Sewaktu tinggal di Makassar, Soepratman memperoleh pelajaran musik dari kakak iparnya yaitu Willem van Eldik, sehingga pandai bermain biola dan kemudian bisa menggubah lagu. Ketika tinggal di Jakarta, pada suatu kali ia membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Soepratman tertantang, lalu mulai menggubah lagu. Pada tahun 1924 lahirlah lagu Indonesia Raya, pada waktu itu ia berada di Bandung dan pada usia 21 tahun.

Pada bulan Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda. Pada malam penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, Soepratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum (secara intrumental dengan biola atas saran Soegondo berkaitan dengan kondisi dan situasi pada waktu itu, lihat Sugondo Djojopuspito). Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau mendengarnya. Dengan cepat lagu itu terkenal di kalangan pergerakan nasional. Apabila partai-partai politik mengadakan kongres, maka lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan. Lagu itu merupakan perwujudan rasa persatuan dan kehendak untuk merdeka.

Sesudah Indonesia merdeka, lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan, lambang persatuan bangsa. Tetapi, pencipta lagu itu, Wage Roedolf Soepratman, tidak sempat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan.

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Supratman dan dikumandangkan pertama kali di muka umum pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta (pada usia 25 tahun), dan disebarluaskan oleh koran Sin Po pada edisi bulan November 1928. Naskah tersebut ditulis oleh WR Supratman dengan Tangga Nada C (natural) dan dengan catatan Djangan Terlaloe Tjepat, sedangkan pada sumber lain telah ditulis oleh WR Supratman pada Tangga Nada G (sesuai kemampuan umum orang menyanyi pada rentang a - e) dan dengan irama Marcia [3], Jos Cleber (1950) menuliskan dengan irama Maestoso con bravura (kecepatan metronome 104).

Akibat menciptakan lagu Indonesia Raya, ia selalu diburu oleh polisi Hindia Belanda, sampai jatuh sakit di Surabaya. Karena lagu ciptaannya yang terakhir "Matahari Terbit" pada awal Agustus 1938, ia ditangkap ketika menyiarkan lagu tersebut bersama pandu-pandu di NIROM jalan Embong Malang - Surabaya dan ditahan di penjara Kalisosok-Surabaya. Ia meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 karena sakit.
[/SIZE]
[/QUOTE][/QUOTE]

Quote:
Quote:
[QUOTE]KONTRAVERSI LAGU INDONESIA RAYA


Quote:
Quote:
Terjadi Kontraversi pada tahun 1990-an, Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak
[/QUOTE]
KetuaBesar - 28/07/2012 11:38 PM
#2

Quote:
Quote:
[quote]BERIKUT VIDEO DAN LIRIK LAGU INDONESIA RAYA


Quote:
[youtube]6QvyLkdl1_s[/youtube]



Quote:
LIRIK ASLI(1928)
INDONESIA RAJA


Quote:
Quote:
[quote]
I
indonesia, tanah airkoe,
tanah toempah darahkoe,
disanalah akoe berdiri,
mendjaga pandoe iboekoe.

Indonesia kebangsaankoe,
kebangsaan tanah airkoe,
marilah kita berseroe:
"indonesia bersatoe".

Hidoeplah tanahkoe,
hidoeplah neg'rikoe,
bangsakoe, djiwakoe, semoea,
bangoenlah rajatnja,
bangoenlah badannja,
oentoek indonesia raja.
II
indonesia, tanah jang moelia,
tanah kita jang kaja,
disanalah akoe hidoep,
oentoek s'lama-lamanja.

Indonesia, tanah poesaka,
poesaka kita semoea,
marilah kita mendoa:
"indonesia bahagia".

Soeboerlah tanahnja,
soeboerlah djiwanja,
bangsanja, rajatnja, semoeanja,
sedarlah hatinja,
sedarlah boedinja,
oentoek indonesia raja.
III
indonesia, tanah jang soetji,
bagi kita disini,
disanalah kita berdiri,
mendjaga iboe sedjati.

Indonesia, tanah berseri,
tanah jang terkoetjintai,
marilah kita berdjandji:
"indonesia bersatoe"

s'lamatlah rajatnja,
s'lamatlah poet'ranja,
poelaoenja, laoetnja, semoea,
madjoelah neg'rinja,
madjoelah pandoenja,
oentoek indonesia raja.
Refrain
indones', indones',
moelia, moelia,
tanahkoe, neg'rikoe jang koetjinta.
Indones', indones',
moelia, moelia,
hidoeplah indonesia raja.
[/quote]

Quote:
LIRIK RESMI(1958)
INDONESIA RAJA


Quote:
Quote:
[quote]
I
indonesia tanah airku,
tanah tumpah darahku,
disanalah aku berdiri,
djadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
bangsa dan tanah airku,
marilah kita berseru,
indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
hiduplah neg'riku,
bangsaku, rajatku, sem'wanja,
bangunlah djiwanja,
bangunlah badannja,
untuk indonesia raja.
II
indonesia, tanah jang mulia,
tanah kita jang kaja,
disanalah aku berdiri,
untuk s'lama-lamanja.

Indonesia, tanah pusaka,
p'saka kita semuanja,
marilah kita mendoa,
indonesia bahagia.

Suburlah tanahnja,
suburlah djiwanja,
bangsanja, rajatnja, sem'wanja,
sadarlah hatinja,
sadarlah budinja,
untuk indonesia raja.
III
indonesia, tanah jang sutji,
tanah kita jang sakti,
disanalah aku berdiri,
ndjaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
tanah jang aku sajangi,
marilah kita berdjandji,
indonesia abadi.

S'lamatlah rakjatnja,
s'lamatlah putranja,
pulaunja, lautnja, sem'wanja,
madjulah neg'rinja,
madjulah pandunja,
untuk indonesia raja.
Refrain
indonesia raja,
merdeka, merdeka,
tanahku, neg'riku jang kutjinta!
Indonesia raja,
merdeka, merdeka,
hiduplah indonesia raja.
[/quote]

Quote:
LIRIK MODERN
INDONESIA RAYA


Quote:
Quote:
[quote]
I
indonesia tanah airku,
tanah tumpah darahku,
di sanalah aku berdiri,
jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
bangsa dan tanah airku,
marilah kita berseru,
indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
hiduplah neg'riku,
bangsaku, rakyatku, semuanya,
bangunlah jiwanya,
bangunlah badannya,
untuk indonesia raya.
II
indonesia, tanah yang mulia,
tanah kita yang kaya,
di sanalah aku berdiri,
untuk s'lama-lamanya.

Indonesia, tanah pusaka,
p'saka kita semuanya,
marilah kita mendoa,
indonesia bahagia.

Suburlah tanahnya,
suburlah jiwanya,
bangsanya, rakyatnya, semuanya,
sadarlah hatinya,
sadarlah budinya,
untuk indonesia raya.
III
indonesia, tanah yang suci,
tanah kita yang sakti,
di sanalah aku berdiri,
n'jaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
tanah yang aku sayangi,
marilah kita berjanji,
indonesia abadi.

S'lamatlah rakyatnya,
s'lamatlah putranya,
pulaunya, lautnya, semuanya,
majulah neg'rinya,
majulah pandunya,
untuk indonesia raya.
Refrain
indonesia raya,
merdeka, merdeka,
tanahku, neg'riku yang kucinta!
Indonesia raya,
merdeka, merdeka,
hiduplah indonesia raya.
[/quote]


Quote:
Quote:
[quote][quote]lagu indonesia raya diciptakan oleh wr supratman dan dikumandangkan pertama kali di muka umum pada kongres pemuda 28 oktober 1928 di jakarta (pada usia 25 tahun), dan disebarluaskan oleh koran sin po pada edisi bulan november 1928. Naskah tersebut ditulis oleh wr supratman dengan tangga nada c (natural) dan dengan catatan djangan terlaloe tjepat, sedangkan pada sumber lain telah ditulis oleh wr supratman pada tangga nada g (sesuai kemampuan umum orang menyanyi pada rentang a - e) dan dengan irama marcia, jos cleber (1950) menuliskan dengan irama maestoso con bravura (kecepatan metronome 104).

Secara musikal, lagu ini telah dimuliakan — justru — oleh orang belanda (atau belgia) bernama jos cleber (pada waktu itu ia berusia 34 tahun) yang tutup usia tahun 1999 pada usia 83 tahun. Setelah menerima permintaan kepala studio rri jakarta jusuf ronodipuro pada tahun 1950, jos cleber pun menyusun aransemen baru, yang penyempurnaannya ia lakukan setelah juga menerima masukan dari presiden soekarno.
[/quote][/quote]
[/quote]

Quote:
Quote:
[quote]SUMBER


Quote:
Quote:
[/quote][/quote]
KetuaBesar - 28/07/2012 11:39 PM
#3

Quote:
Quote:
FAKTA LAGU KEBANGSAAN INDONESIA


Quote:
Quote:

• Dengan mengumandangkan dan mendengar lagu indonesia raya akan meningkatkan rasa nasionalisme pada diri kita

• Wage Rudolf Soepratman mencipta lagu kebangsaan tersebut pada usia muda yaitu 21 tahun

• W.R. Soepratman tidak beristri serta tidak pernah mengangkat anak sehingga tidak ada generasi penerus w.r. Soepratman aka tidak mempunyai keturunan

• W.R. Soepratman memperoleh pelajaran musik dari kakak iparnya yaitu willem van eldik, sehingga pandai bermain biola dan kemudian bisa menggubah lagu

• lagu indonesia raya di ciptakan W.R. Soepratman pada tahun 1924

• Wage Roedolf Soepratman meninggal pada tanggal 17 agustus 1938, sehingga beliau tidak sempat menikmati suasana kemerdekaan 1945.

• lagu indonesia raya adalah lagu original yang di ciptakan sang komponis muda yaitu w.r. Soepratman, bukan hasil jiplakan atau plagiat


Quote:
Quote:

INDONESIA RAYA
LAGU YANG BISA MEMBANGKITKAN RASA NASIONALISME
LAGU YANG MERUPAKAN KEBANGGAN INDONESIA HINGGA SAAT INI
SEHINGGA MASIH BERKUMANDANG DI SELURUH PENJURU NUSANTARA

[QUOTE][CENTER][Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja

[SIZE="6"]DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA
SELAMAT HUT RI KE - 67
TINGKATKAN RASA NASIONALISME
TETAP MENCINTAI DAN MELESTARIKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja

[/size][/center]
[/quote]
KetuaBesar - 28/07/2012 11:40 PM
#4

Quote:
Quote:
sun:If you Like It Give Me Some Good Reputation/GRP Belowsun:
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


Quote:


Quote:
ilovekaskuss Lets Join With Us! Be Better in Kaskus You Will Be Better ilovekaskuss
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja
sun: Klik Banner Untuk Berkunjung Kemarkas kami sun:


Quote:
Quote:
SPECIAL THANKS

Quote:
SUB FORUM CINTA INDONESIAKU


Quote:
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja




Quote:
SOSIAL GROUP
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


Quote:
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


Quote:
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja
KetuaBesar - 28/07/2012 11:43 PM
#5

last reserved for komentarD

yukk gan komentar, rate, dan cendol :toast

usahakan baca sambil buka dengar lagu indonesia raya atau buffer video di atas gan biar lebih asik D
merinding ane denger lagu nya \)
iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias
KetuaBesar - 29/07/2012 02:03 AM
#6

Yang mau menDOWNLOAD Lagu
INDONESIA RAYA
bisa copas link di bawah ini o

Quote:
Original Posted By Freddy.Mercury
ternyata masih ada kok filenya di 4*shared neh D
[CODE]http://www.4*shared.com/mp3/qUHwm-IE/Lagu_Indonesia_Raya_original_v.htm[/CODE]

jadi ane gak usah upload lagi ;)
.punyaubay. - 29/07/2012 07:17 PM
#7

pertama ngeliat judulnya jadi penasaran
jujur saya baru tau kalo Indonesia Raya dulu namanya Indonesia Raja
banyak terjadi kontroversi memang soal lagu ini menandakan betapa hebatnya lagu Ini untuk kita.
kalo gak salah, tahun kmren seingat saya, yg membahas soal lirik lagu indonesia asli yg ditemukan di belanda atau dimana gtu. CMIIW
KetuaBesar - 30/07/2012 04:30 PM
#8

Quote:
Original Posted By .punyaubay.
pertama ngeliat judulnya jadi penasaran
jujur saya baru tau kalo Indonesia Raya dulu namanya Indonesia Raja
banyak terjadi kontroversi memang soal lagu ini menandakan betapa hebatnya lagu Ini untuk kita.
kalo gak salah, tahun kmren seingat saya, yg membahas soal lirik lagu indonesia asli yg ditemukan di belanda atau dimana gtu. CMIIW

ejaan lama gan D

bener gan...
memang banyak terjadi kontroversi ttng lagu kebangsaan Indonesia ini (Indonesa Raja)

Quote:
kalo gak salah, tahun kmren seingat saya, yg membahas soal lirik lagu indonesia asli yg ditemukan di belanda atau dimana gtu. CMIIW

tahun kamaren gmna ya gan?? maap ane gak mengikuti beritanya gan \)
klo bisa share link nya gan biar bisa di baca Peace:


tapi bener gan lagu ini telah dimuliakan oleh musisi (konduktor) berkebangsaan Belanda yang datang tahun 1949 di Indonesia atas kerjasama Pemerintah Belanda dan Indonesia dalam rangka mengembangkan musik di Indonesia. bernama Jos Cleber

Spoiler for Jos Cleber
[Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja


M Jusuf Ronodipuro, yang ketika itu menjadi Kepala RRI Studio Jakarta, tahun 1950 meminta agar Jos Cleber (pada waktu itu ia berusia 34 tahun) membuat aransemen Indonesia Raya, karena telah berhasil menggarap aransemen berbagai lagu Indonesia, antara lain Di Bawah Sinar Bulan Purnama, dan Rangkaian Melati.
Jusuf Ronodipuro menjelaskan tentang Indonesia Raya, bagaimana lagu tersebut lahir dan diciptakan, serta menjelaskan makna lagu itu. Cleber berkomentar bahwa dia menangkap nuansa Marseillasse (lagu kebangsaan Perancis) dalam Indonesia Raya.
Gubahan Jos Cleber itu direkam di RRI Studio Jakarta pada awal tahun 1951 dengan melibatkan semua pemusik dari orkes cosmopolitan tersebut, direkam dengan tape recorder Philips yang baru dimiliki RRI pada waktu itu. Kemudian tahun 1997 direkam ulang dengan tehnik digital di Australia oleh Victoria Philharmony pimpinan Adie MS.

lagu itu mengalami penyempurnaannya setelah menerima masukan dari Presiden Soekarno.
Bung Karno mengkritik gubahan Cleber. Menurut Jusuf, Bung Karno berkata, "Indonesia Raya itu seperti Bendera Merah Putih kita. Tidak perlu diberi renda-renda lagi."

Jos Cleber tutup usia tahun 1999 pada usia 83 tahun.
KetuaBesar - 30/07/2012 04:34 PM
#9

Dopost reason overposting hammer:


tambahan untuk Jos Cleber

Quote:
[CENTER]SEJARAH JOS CLEBER BERADA DI INDONESIA


Quote:
Pada tahun 1948 Pemerintah Belanda mengirim sebuah Orkes Philharmoni pimpinan Yvon Baarspul yang datang dari Negeri Belanda sekitar 46 orang, namun kemudian tahun 1952 ditolak agar kembali ke Belanda. Sebagian dari para musisi ini (yang kemudian menetap di Yogyakarta) merupakan cikal bakal pendidik musisi di Indonesia sejak tahun 1952 dengan berdirinya Sekolah Musik Indonesia (SMIND), dan tahun 1961 berubah menjadi Akademi Musik Indonesia (AMI) di Yogyakarta, yang kini bernama Institut Seni Indonesia (ISI) sejak 1984.
Kemudian Jos Cleber seorang pemusik pop klasik seperti Mantovani, bekerja sebagai pemimpin Orkes Cosmpolitan di Jakarta, karena pemainnya terdiri atas berbagai ras (kosmospolitan). Para pemain itu ada yang dari Rusia (Nicolai Varvolomeyeff), Hongaria (George Setet, Henry Tordasi), Filipina (Pablo, Sambayon), Indonesia (Sardi, Ismail Mz., Iskandar). Selama di Indonesia ia banyak memperhatikan seni gamelan.
[/CENTER]
santos - 30/07/2012 06:02 PM
#10

      indonesia raja matabelo:
ane udah tau kalo teks asli indonesia raya itu lebih panjang D

ane kira si TS typo hammers
KetuaBesar - 30/07/2012 06:28 PM
#11

Quote:
Original Posted By santos
      indonesia raja matabelo:
ane udah tau kalo teks asli indonesia raya itu lebih panjang D

ane kira si TS typo hammers


ane gak tipu gan ngakak
walaupun tulisan nya "RAJA" tetap di baca "RAYA" gan..
hanyaan ejaan aja yang berbeda tetapi penyebutan tetap sama \)



btw hafal lagu nya gak gan??
klo kita cinta dengan Indonesia harus banyak hafal banyak lagu wajib kebangsaan kita o
salah satu cara kita mencintai negara Indonesia o
LeclercLoader - 31/07/2012 12:30 AM
#12

ane dah lama nyadar kalo lagu kebangsaan kita saat ini termasuk yg paling panjang, ngak kebayang kalo lirik aslinya tetap dipertahankan, bakal 15 menit sendiri kali kalo pas lagu kebangsaan ... D

apalagi kalo pas pertandingan bola .... o
KetuaBesar - 31/07/2012 12:35 AM
#13

Quote:
Original Posted By LeclercLoader
ane dah lama nyadar kalo lagu kebangsaan kita saat ini termasuk yg paling panjang, ngak kebayang kalo lirik aslinya tetap dipertahankan, bakal 15 menit sendiri kali kalo pas lagu kebangsaan ... D

apalagi kalo pas pertandingan bola .... o


ane yakin ini bukan karena gak mau mempertahankan gan o
tp memodernisasi dan me-arasemen ulang lagu tersebut dengan EYD \)

agar bisa lebih di mengerti ejaan nya dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar gan \)

thanks udah mampir gan \)
KetuaBesar - 31/07/2012 02:45 PM
#14

semoga ada yang mampir lagi d thread ane beer:
sepi gan \(
atau mungkin ada yang mau nyanyi, nyumbangkan video atau, dan komentar yang membangun thread ane beer:
Electo - 31/07/2012 10:05 PM
#15

ane kira indonesia raja dari segala raja ngakaks
ternyata ejaan lama dari indonesia raya :matabelo
iloveindonesias
KetuaBesar - 01/08/2012 02:42 AM
#16

Quote:
Original Posted By Electo
ane kira indonesia raja dari segala raja ngakaks
ternyata ejaan lama dari indonesia raya :matabelo
iloveindonesias


bener gan cuman ejaan lama ;)

thansk gan udah mampir \)
bantu :rate5 ya \)
klo bisa cendolin ;)
cendolbig
Alerie - 03/08/2012 08:14 AM
#17

W.R soepratman
ternyta usia nya masi muda saat nyiptain neh lagu ya gan
KetuaBesar - 03/08/2012 08:57 AM
#18

Quote:
Original Posted By Alerie
W.R soepratman
ternyta usia nya masi muda saat nyiptain neh lagu ya gan


bener banget gan D
makasi udah mampir gan D
KetuaBesar - 05/08/2012 09:53 PM
#19

sepi banget thread ane \(
mampir dong guys beer:
BettaHouseJr - 05/08/2012 10:01 PM
#20

Quote:
Original Posted By KetuaBesar
sepi banget thread ane \(
mampir dong guys beer:


smpe skrg kl d kantor ane sll nyanyi indonesia raya D
scr lagu kebangsaan gtu lo D
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [Lagu Kebangsaan Indonesia] Indonesia Raja