Kepulauan Riau
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Kepulauan Riau > =Kuliner Kepulauan Riau=
Total Views: 13284 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

azwarboboy - 28/03/2009 04:09 PM
#1
=Kuliner Kepulauan Riau=
baru pertama kali bikin thread ney...o


disini tempat sharing tentang rumah makan atau kedai kopi yang maknyuss army:

kalau ada info tentang hal yang diatas kalau bisa post di sini yah...army:
klu bisa lengkap dengan jalan nya... Peace:




tujuan nya,,
supaya ntr klu ada yg merantau, pulang ke pinang bisa langsung ke TKP _______ngacir:


cd:
TehTarik™ - 28/03/2009 05:59 PM
#2

Mantap Bang Boy..... D thumbup:

awak PERTAMAX ya.... o Peace:


Mie Lendir

=Kuliner Kepulauan Riau=

A. Selayang Pandang
Di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, ada sebuah makanan yang namanya mungkin akan membuat kening wisatawan berkerut, yakni Mie Lendir. Mie Lendir merupakan makanan khas Pulau Batam dan Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang direbus bersama kecambah (taoge), dan dimakan bersama sebutir telur rebus yang dibelah dua. Mie ini kemudian disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang kental inilah yang membuat makanan ini diberi nama Mie Lendir.

Mie Lendir biasanya dijual di pagi hari, sehingga tak salah jika masyarakat Kepulauan Riau menjadikan mie ini sebagai salah satu menu sarapan mereka. Mie Lendir yang masih panas, sangat enak untuk disantap di pagi hari, ataupun ketika cuaca sedang dingin.


B. Keistimewaan
Kuah kacang yang disiramkan pada Mie Lendir, membuat penampilan mie ini sedikit aneh, sama seperti namanya. Namun, begitu memasukkan suapan pertama ke dalam mulut, Anda pasti akan langsung ketagihan untuk menyantapnya lagi. Biasanya, semangkok Mie Lendir tidak cukup untuk memanjakan lidah dan perut. Maka, tak heran jika banyak pembeli yang memesan makanan ini lebih dari satu mangkok.

Kuah kacang merupakan kunci dari kelezatan mie ini. Kuah tersebut, membuat rasa mie menjadi gurih, sedikit manis, dan tidak terlalu pedas. Namun, bagi Anda yang menggemari rasa pedas dalam makanan, tidak perlu kuatir. Anda dapat memasukkan irisan cabe rawit, yang biasanya sudah disediakan oleh pemilik warung, untuk menambah sensasi pedas ke dalam Mie Lendir.


C. Lokasi
Wisatawan yang sedang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau, dapat menikmati seporsi Mie Lendir di warung-warung penjual Mie Lendir. Warung-warung ini, beberapa dapat ditemui di kawasan Nagoya di Kota Batam, Melayu Square di Kota Tanjungpinang, dan tempat-tempat lainnya di Kabupaten Bintan. Tuk Kawasan Tanjungpinang, yang terkenal terletak di Kedai Kopi di Jl. Bintan

D. Harga
Untuk menyantap seporsi Mie Lendir yang lezat ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Karena, harga seporsi Mie Lendir hanya berkisar antara Rp 5.000,00—Rp 10.000,00
TehTarik™ - 28/03/2009 06:13 PM
#3

SIPUT GONGGONG

=Kuliner Kepulauan Riau=

A. Selayang Pandang
Jalan-jalan ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia, jangan lupa untuk mencicipi gonggong. Hahh... gonggong? Mungkin Anda akan terkejut ketika mendengar nama makanan ini. Karena, gonggong lebih sering diidentikkan dengan suara anjing. Namun, jangan salah sangka dulu. Di Pulau Bintan, gonggong merupakan nama untuk jenis siput laut, yang hanya terdapat di perairan sekitar pulau ini. Oleh penduduk sekitar, siput laut ini kemudian diolah menjadi masakan yang lezat rasanya. Maka tak salah jika gonggong dikatakan sebagai makanan khas dari Pulau Bintan.


B. Keistimewaan
Rasa daging siput gonggong yang telah dimasak sangatlah enak. Tak heran jika penggemar daging siput ini bukan hanya masyarakat Pulau Bintan saja, namun juga dari daerah lain. Banyak orang dari luar Pulau Bintan, bahkan dari luar Kepulauan Riau, yang tidak mau melewatkan kesempatan menikmati siput gonggong jika datang ke Pulau ini.

Biasanya, gonggong disajikan dengan cara yang cukup sederhana, yakni direbus bersama dengan garam dan irisan jahe yang berguna untuk menghilangkan bau amis. Untuk menambah cita rasa, gonggong yang telah direbus dapat disantap bersama sambal. Nah, sambal yang disajikan bersama gonggong rebus ini berbeda-beda, bergantung pada warung yang Anda kunjungi. Ada yang menggunakan sambal kacang, sambal tauco, atau sambal kecap.

Untuk memakan siput gonggong dibutuhkan cara khusus, yakni dengan menggunakan bantuan tusuk gigi agar daging bisa diambil dari cangkangnya. Cara menariknya pun harus dengan trik khusus, mengikuti bentuk cangkang siput tersebut. Karena, jika sembarangan dagingnya akan putus dan Anda akan sulit untuk mengorek-ngoreknya lagi.


C. Lokasi
Hampir setiap restoran sea food dan Akaw yang banyak tersebar di Kota Tanjungpinang dan Kebupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, menyediakan gonggong sebagai salah satu menunya.


D. Harga
Harga seporsi gonggong memang tidak bisa dibilang murah. Untuk menikmatinya, pengunjung perlu merogoh saku sebesar Rp 25.000,00—Rp 35.000,00
TehTarik™ - 28/03/2009 06:24 PM
#4

ID saia masuk juge ye bang malu: hammer:
Peace:

Kopi Tarik dan Teh Tarik

=Kuliner Kepulauan Riau=
=Kuliner Kepulauan Riau==Kuliner Kepulauan Riau=

A. Selayang Pandang
Jika berada di Tanjungpinang, jangan pernah lewatkan kesempatan Anda untuk mencicipi Kopi Tarik ataupun Teh Tarik. Sejenak, mungkin kening akan berkerut ketika mendengar kata ‘tarik‘ disandingkan dengan kopi atau teh. Dua kata ini, disandingkan karena proses penyiapan Kopi Tarik atau Teh Tarik yang seperti menarik tali. Sebelum disajikan, baik kopi maupun teh, akan dicampur lebih dulu dengan susu di sebuah cangkir alumunium berukuran agak besar.

Kopi Tarik dan Teh Tarik sebenarnya merupakan minuman asli orang India bagian selatan, yang mayoritas beragama muslim. Orang-orang India ini bermigrasi ke kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia bagian barat, dan memperkenalkan pembuatan Kopi Tarik dan Teh Tarik.


B. Keistimewaan
Di kedai-kedai yang menjual teh dan kopi tarik, pengunjung dapat melihat bagaimana proses mencampur susu dengan teh atau kopi ini. Karena biasanya, pemilik kedai akan mempertunjukkan atraksi pembuatan kopi atau teh tarik.

Proses pencampuran antara kopi atau teh dengan susu ini menggunakan dua cangkir aluminium minus pengaduk. Cangkir pertama akan diisi dengan air kopi atau teh, dan cangkir kedua akan diisi dengan air susu. Air kopi atau teh dituangkan ke cangkir yang berisi susu, kemudian kopi atau teh yang telah bercampur susu tersebut akan dipindahkan lagi berulang-ulang, hingga enam kali sampai bercampur dengan sempurna. Atraksi memindahkan campuran ini, tampak seperti orang yang sedang menarik-narik tali. Untuk melakukan proses pembuatan teh ataupun kopi tarik ini, dibutuhkan kemampuan khusus. Karena jika tidak, maka campuran kopi atau teh dengan susu ini akan bertumpahan.

Percampuran yang sempurna antara kopi atau teh dengan susu yang dapat disajikan dalam keadaan dingin ataupun panas ini, menghasilkan aroma dan rasa yang luar biasa enaknya. Selain itu, Kopi Tarik ataupun Teh Tarik memiliki khasiat untuk menambah stamina.


C. Lokasi
Kopi Tarik dan Teh Tarik dapat dinikmati di Kedai Kopi dan kedai-kedai yang ada di kawasan Melayu Square, atau kawasan lainnya di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia.


D. Harga
Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000,00—Rp 10.000,00 Anda sudah dapat meneguk nikmatnya segelas Kopi Tarik ataupun Teh Tarik
TehObeng - 28/03/2009 06:38 PM
#5

Sekarang Cerite Tentang ID saia pulak e bang malu: o hammer:
Peace:

TEH OBENG

=Kuliner Kepulauan Riau==Kuliner Kepulauan Riau=

Satu hal yang diingat adalah penyebutan untuk “es teh” yang di Tanjungpinang & Batam biasa disebut dengan “teh obeng”, selintas yang melalui benak adalah teh macam apa ini kok bisa dinamai obeng???

apakah ada kaitannya dengan banyaknya pabrik manufaktur yang ada di Batam sampai-sampai nama minumannya pun berbau dengan peralatan bengkel??atau kah karena sebab lain??Dan sesampainya di Batampun penelusuran tentang asal penyebutan “teh obeng” pun belum menemui jawaban yang pas. Ada salah satu produsen kaos yang memajang ke-khasan nama teh obeng ini dengan menampilkan visualisasi teh obeng secara kartun, yang menggambarkan gambar segelas es teh dilengkapi dengan obeng sebagai ganti sendok dan dibawahnya ditulis “teh obeng”.

Semuapun tau ini hanya gambaran yang asal untuk melukiskan yang namanya teh obeng tersebut.Ketika seorang penjaga warung makan ditanya tentang asal muasal nama “obeng” dia juga tak bisa memberikan jawaban yang ilmiah, jawabannya pun berkisar antara
“hmm kenapa ya, ngga’ tau juga… dari saya datang juga namanya sudah pake obeng gitu”

Dan akhirnya setelah mencoba bergeser sedikit dari Tanjungpinang & Batam dan menelusuri beberapa hawker centre…fiuh akhirnya berhasil menyibak misteri dari nama obeng ini.

Apakah gerangan yang namanya obeng ini?Ya.. obeng berasal dari bahasa orang-orang Tionghoa di Xi cia po ini, yaitu o dan beng.
o= kosong
beng=esjadi, kalo dirunut lebih lanjut, pembagian teh di beberapa daerah ternyata berbeda-beda, seperti di jakarta dan di jawa (tengah), di Jawa jika kita ingin minum es teh manis cukup kita pesan “es teh” dan by default akan disajikan es teh lengkap dengan pemanisnya, entah itu gula atau campuran dengan sakarin..hehe.

Di jakarta, jika kita hanya menyebut “es teh” maka akan disajikan “teh tawar dengan es balok” hambar tanpa pemanis, untuk menjadi manis maka harus diberi tambahan gincu “es teh manis”…huh pemborosan kata-kata saja.Nah di sini, yang namanya teh/tea by default adalah “milk tea” yaitu campuran teh dengan susu kental.

Kalo mau teh doang, harus diembel-embeli “tea-o”.
So jika ingin pesan “es teh sahaja” lengkapnya jadi “teh o-beng” kalo di spell oleh aunty-aunty jadinya “teh o-peng”, kalo iced-milk tea jadinya “tea-beng”, mau iced milo jadinya “milo-beng” dan seterusnya.

Demikianlah akhir dari pencarian asal nama obeng yang begitu melegenda di Tanjungpinang & Batam.
azwarboboy - 28/03/2009 08:25 PM
#6

^^^
nice info bang... D

ada yg lain nyaa..??
yg di pinang nya blm nongol ney bang...nohope:
barshake - 28/03/2009 11:33 PM
#7

liat gonggong tu
awak jadi lapar wak
ngidam~
azwarboboy - 28/03/2009 11:42 PM
#8

iya nie....

gonggong oh gonggong..... army:
TehTarik™ - 28/03/2009 11:53 PM
#9

Pengennya sih nak ngulas Baso Ceker, Baso Solo, Ayam Bakar Bakso Solo, Nasi Goreng Pak Haji, Mie Goreng Tarempa, dll.... tapi tak de Foto nye lah..... malu:
kalau ade fotonyekan jadi lebih sedap dipandang D
d14nceff - 29/03/2009 04:54 AM
#10

genit: gong gong...

mohon bantuan nya.. 021 9678 6359... malu:

kalau bisa kirim barang 1-2kg dari pasar KUD, dah 8 taon tak balek... \(...
kioriadza - 29/03/2009 05:29 AM
#11

Mi lendir kat atas kok tak pake cabe rawit nya ?? Tak suka pedas e ..??

Mi nya pun kayak2 dah ngembang lah .. besa betol
TehTarik™ - 30/03/2009 07:26 PM
#12

OTAK-OTAK

=Kuliner Kepulauan Riau==Kuliner Kepulauan Riau=
=Kuliner Kepulauan Riau=

A. Selayang Pandang
Otak-otak termasuk makanan tradisional orang Kepri (Bintan, Batam, Karimun, Tarempa). Tidak seperti otak-otak yang ada di Palembang atau Jakarta yang berwana putih dibungkus dengan daun kelapa. Otak-otak Batam terbuat dari ikan dan cumi yang saus sambalnya sekaligus diaduk sehingga warnanya menjadi kecoklat-coklatan. Pembungkusnya terbuat dari daun kelapa, lalu dipanggang seperti gambar diatas.

Harga otak-otak berkisar dari seribu sampai dengan seribu lima ratus. Di Tanjung Pinang-Bintan, otak-otak banyak dijual di sekitar pintu masuk pelabuhan menuju Batam. Di Batam, otak-otak bisa dijumpai direstoran seperti Yongki di batam center dan Nagoya. Sayang sekali, belum ada yang berinisiatif untuk memulai bisnis otak-otak secara serius, padahal otak-otak berpotensi menjadi ciri khas oleh-oleh dari batam.
azwarboboy - 31/03/2009 12:07 AM
#13

^^^^
wew,,,,
dapat aja ney dek..??? army:
azwarboboy - 31/03/2009 12:09 AM
#14

^^^^
wew,,,,
dapat aja ney dek..??? army:
barshake - 31/03/2009 12:17 AM
#15

ngeliat otak2
awak langsung ngences genit:
TehTarik™ - 31/03/2009 01:22 AM
#16

Quote:
Original Posted By azwarboboy
^^^^
wew,,,,
dapat aja ney dek..??? army:


Quote:
Original Posted By azwarboboy
^^^^
wew,,,,
dapat aja ney dek..??? army:


iye bang.... o
sampe semangat betul bang, Dobol Stereo gitu malu:
mau request apelagi bang??? malu:
ntar saia cube cari D

Quote:
Original Posted By barshake
ngeliat otak2
awak langsung ngences genit:


Sediain tissu wak.... awas ngences nye.... D
kioriadza - 31/03/2009 02:25 AM
#17

Sejauh ini belom ada yang berhasil nge up lud poto ketoprak rumah sakit ..

Di larang pak dhe E ?? WKk
TehTarik™ - 31/03/2009 04:09 AM
#18

Quote:
Original Posted By kioriadza
Sejauh ini belom ada yang berhasil nge up lud poto ketoprak rumah sakit ..

Di larang pak dhe E ?? WKk


iye e, ketoprak... ntr lah aku coba cari ulasannya.... mana tau ade foto n ulasannye di Google D
dotkom - 31/03/2009 01:15 PM
#19

itu ke gonggong.. betollah memang tak pernah lah saye cube gonggong, jadi tak tau apa macam gonggong tu.. klo yg laen saye dah cube.
kioriadza - 03/04/2009 01:36 AM
#20

Quote:
Original Posted By dotkom
itu ke gonggong.. betollah memang tak pernah lah saye cube gonggong, jadi tak tau apa macam gonggong tu.. klo yg laen saye dah cube.


Ai ! Dah tue pun tak pernah makan gonggong ?? Hapee lah bang ne !

Laen kali kalau balek kampong cube ( bacanya cube bukan ciub ) !!
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Kepulauan Riau > =Kuliner Kepulauan Riau=