CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Nama Indonesia Sebelumnya
Total Views: 399 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

Threeinrow - 31/07/2012 08:37 PM
#1
5 Nama Indonesia Sebelumnya
Langsung aja ya gan ngacir ke Te Ka Pe

tahukah anda nama Indonesia berasal dari kata
“Indo” dan “Nesie” yang dalam bahasa Yunani
berarti kepulauan Hindia. Dan orang pertama yang
menggunakan nama Indonesia untuk menyebut negara
Indonesia adalah James Richardson Logan pada tahun
1869 di dalam buku karangannya yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang terbit dalam
Journal of the Asiatic Society of Bengal (1849-1859).

Namun pada masa sajam colonial dulu, nama Indonesia
sangat tabu untuk disebutkan, oleh sebab itu muncul
beberapa nama atau sebutan yang telah diberikan oleh
bangsa-bangsa asing untuk menamai Indonesia. Berikut
ini adalah 5 nama lain Indonesia yang sempat diberikan
oleh bangsa asing di masa lalu

Hindia

Nama Hindia adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli
ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM),
beliau adalah bapak Ilmu Pengetahuan Sejarah yang
sudah diakui di seluruh dunia.

Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

Nama ini pertama kali disebut oleh Cornelis de Houtman,
seorang pelaut Belanda yang berkuasa di Indonesia.
seperti yang ditulis pada catatan sejarah, Cornelis de
Houtman adalah bangsawan Be;anda yang pertama kali
memimpin pasukannya untuk masuk ke Indonesia pada
tahun 1596.

Insulinde

Nama selanjutnya adalah Insulinde yang pertama kali
disebut oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga
Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar
pada tahun 1860. Nama ini di buat karena Multatulo
merasa jijik mendengar nama Naderlandsch Indie yang
diberikan oleh Belanda. Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan
“Indus” yang dalam bahasa latin “Insula” berarti
pulau dan “Indus” berarti Hindia sedangkan Insilinde
berarti pulau Hindia.

Nusantara

Selanjutnya, ada nama Nusantara yang dalam
perpustakaan India Kuno disebutkan untuk menamai
Indonesia. adapun Nusantara atau Dwipantara berarti
pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dan
dalam kitab Negarakertagama disebutkan kalau
Nusantara adalah pulau-pulau kecil yang berada di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu, dipakai
nama Nusa Tamara. Nama inipin sesungguhnya berasal
dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam
tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah
air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun
“Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal
dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal
Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau
Melayu.

kita harus bangga gan dengan indonesia ini walaupun banyak tikus2 yg tdk bertanggung jawab iloveindonesia

ane menerima cendol tapi tidak dengan bata gan

sekian dulu ya
.punyaubay. - 01/08/2012 10:29 AM
#2

yg pernah denger cuma Hindia, sama nusantara
yg lain g pernah denger \(
abangojan - 01/08/2012 11:05 AM
#3

kirain ane cuma Hindia
ternyata jaman dulu ada banyak juga iloveindonesias
JusticeFive - 01/08/2012 11:23 AM
#4

Quote:
Original Posted By abangojan
kirain ane cuma Hindia
ternyata jaman dulu ada banyak juga iloveindonesias


shakehand

sama kita gan hammers

nama yang Insulinde jg baru sekarang denger nih o
roadve - 06/08/2012 01:17 AM
#5

hmmm... ane baru tau, n baca disini gan... hiks...
sblmnya cm tau hindi/hindia- nusantara doang...xixixi
ghojer3322 - 06/08/2012 05:14 AM
#6

Nusantara keren tuh gan :matebelo:

tapi tetep keren yang sekarang, INDONESIA iloveindonesia
martico - 06/08/2012 09:03 AM
#7

Nusantara yg paling populer gan D
Threeinrow - 08/09/2012 12:52 PM
#8

Quote:
Original Posted By ghojer3322
Nusantara keren tuh gan :matebelo:

tapi tetep keren yang sekarang, INDONESIA iloveindonesia


betul gan !
Threeinrow - 08/09/2012 12:54 PM
#9

Quote:
Original Posted By martico
Nusantara yg paling populer gan D


bagi cendolnya dong gan :matabelo
Threeinrow - 08/09/2012 05:14 PM
#10

iloveindonesia iloveindonesia
MenjauhiNestapa - 08/09/2012 05:29 PM
#11

nama Indonesia, bukannya berasal dari kata 'indos' dan 'nesos' ya? bingungs
btw, yang insulinde ane baru denger tuh.
sipitgila - 08/09/2012 07:09 PM
#12

wow ternyata ada lima nama sebelum indonesia .
gan ane minta link sumbernya dong buat di baca




beer:
JusticeFive - 08/09/2012 09:23 PM
#13

Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

pada nama itu kalo ga salah indonesia masuk ke pialan dunia tapi kalah di babak penyisihan gan berdukas
Threeinrow - 09/09/2012 01:04 PM
#14

Quote:
Original Posted By JusticeFive
Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

pada nama itu kalo ga salah indonesia masuk ke pialan dunia tapi kalah di babak penyisihan gan berdukas


betul gan,,tp kalo ga salah di piala dunia nya itu engga pake nama Indonesia,tetapi kalo tidak salah memakai nama HINDIA BELANDA,btw bagi dong gan cendol nya :matabelo
PhaMenThaR - 09/09/2012 02:08 PM
#15

kalo yg gw tau cuma Hindia aja bingung:
ternyata ada yg laen lagi :mewek
mjbr - 09/09/2012 05:28 PM
#16

sampe salah satu sebutan tuk negara penjajah juga digunakan tuk menamai Indonesia toh,,
baru ngeh juga ane matabelo:
Threeinrow - 09/09/2012 11:55 PM
#17

iloveindonesia iloveindonesia
Threeinrow - 09/09/2012 11:57 PM
#18

Quote:
Original Posted By PhaMenThaR
kalo yg gw tau cuma Hindia aja bingung:
ternyata ada yg laen lagi :mewek


iya gan,btw bagi cendolnya dong gan...hehehe
Threeinrow - 10/09/2012 06:05 AM
#19

iloveindonesia iloveindonesia
abangojan - 10/09/2012 06:18 AM
#20

Quote:
Original Posted By JusticeFive
shakehand

sama kita gan hammers

nama yang Insulinde jg baru sekarang denger nih o


iya bener banget mas rey shakehand
ane aja baru cuma satu yang tahu
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Nama Indonesia Sebelumnya