THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Cara mengatasi kram
Total Views: 688 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

fristiyan - 10/08/2012 12:38 PM
#1
Cara mengatasi kram
Salam kaskus agan-agan.
Ane mau share n berbagi ilmu ni gan untuk para agan-agan kaskuser ato silent follower / reader di luar sana (klo ada, hehehehhe) tentang:
Quote:
Cara mengatasi kram

Pernah ga si kalian kram di beberapa anggota tubuh kalian?
Tau g si ente, kram itu apa?
Quote:
[CENTER]Kram
Merupakan kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan singkat, yang biasanya menimbulkan nyeri.
[/CENTER]
Trs, agan-agan pada tau ga knp bisa kram?
Quote:
[CENTER]PENYEBAB KRAM
Terhambatnya alirah darah, kekurangan kalsium, kalium, dan magnesium. Atau bisa terjadi karena terlalu banyak berkeringat sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan elektrolit, serta kondisi defisiensi (kekurangan) zat besi.
[/CENTER]
Tips supaya kita ga cepet kena kram
1. Hindari gerakan pemicu kram.
2. Jangan berdiri/ duduk terlalu lama. Kalo duduk/berdiri klamaan, nnti bgini lho gan krmanya.
Spoiler for Hati-hati gan
Cara mengatasi kram

3. Stretching secara teratur.
Spoiler for Tutorial stretching
Cara mengatasi kram

Tpi jgn smpe bgini ya stretchingnya, maaf rada BB.
Spoiler for Don't try this
Cara mengatasi kram

4. Banyak minum. Bagi yg puasa, minumnya bgini ya gan, persiapan buat disimpen diperut. Hehehehehhehe
Spoiler for Banyakin minum
Cara mengatasi kram

5. Konsultasikan kepada dokter apakah anda perlu mengkonsumsi suplemen zat besi, kalsium, dan magnesium (karena ke3nya dapat mencegah kram).
Nah itu smua cara-cara buat mencegah kram.
Tpi gimana dong TS klo udah trlanjur kram?
Aduuh, krma betis ni TS pas maen futsal?
Auuuu skit bgt ni betis abis bangun tidur.. Gmn dong TS?
Ni gan caranya...
KRAM TELAPAK KAKI
Spoiler for Buka
Pemicu: Berdiri terlalu lama, kelelahan.
[CENTER][SPOILER=Open]Cara mengatasi kram

Spoiler for Open
Cara mengatasi kram

Atasi :
Cari tempat duduk atau tempat bersandar. Lepas alas kaki. Angkat telapak kaki ke pangkuan. Jangan membungkuk (bisa menenkan perut). Perhatikan arah tekanan otot ketika kram. Bila kram mengakibatkan telapak kaki menguncup, gunakan tangan secara perlahan untuk menekan jemari kaki ke arah atas hingga membuka kembali.
Bila kram sudah reda, pijat telapak kaki agar aliran darah lancar kembali.
Kram mengakibatkan otot memendek. Penekanan ke arah berlawanan membantu untuk memanjangkan otot kembali. Lakukan secara perlahan, Karena gerakan paksa atau tiba2 beresiko merobek serabut otot.[/SPOILER][/CENTER]

KRAM BETIS
Spoiler for Buka
Pemicu:Mengenakan sepatu bertumit, terlalu banyak berjalan.
[CENTER][SPOILER=High heels]Cara mengatasi kram

Untuk para sist, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu sperti diatas. Apalagi para cowok. najiss najiss najiss
Atasi:
Segera duduk dan sandarkan tubuh ke dinding. Serangan kram biasanya mengakibatkan lutut cenderung menekuk. Karenanya, secara perlahan luruskan kembali lutut dengan bantuan tangan.
Jika lutut sudah lurus kembali, pijatlah bagian betis untuk melancarkan aliran darah. Kemudian lakukan gerakan peregangan pada kaki, termasuk telapak kaki.
Bila kram sudah reda, usahakan untuk beristirahat dulu selama beberapa menit sebelum beraktivitas kembali.
Hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi, karena dapat mengakibatkan otot betis memendek ketika sedang berjalan. Dalam hitungan jam, kondisi itu dapat menimbulkan serangan nyeri dan kram.[/CENTER][/SPOILER]

KRAM PAHA
Spoiler for Buka
Pemicu: Posisi duduk yang salah.
[CENTER][SPOILER=Duduk santai]Cara mengatasi kram

Atasi:
Cari tempat dan kursi untuk menyandarkan kaki ke depan. Lebih baik bila dalam posisi berbaring miring. Untuk serangan kram di otot paha belakang, luruskan lutut dan angkat kaki ke depan secara perlahan. Untuk serangan kram di otot paha depan, tekuk lutut perlahan dengan menarik tungkai bawah hingga tegangan di paha menghilang. Pijat daerah yang sakit bila kram reda.
Pijatan setelah kram dapat melancarkan peredaran darah. Sambil memijat, oleskan balsam/ salep pereda nyeri otot untuk memecah timbunan asam laktat penyebab rasa sakit dengan mengalirkannya melalui pembuluh darah.[/SPOILER][/CENTER]

KRAM PERUT
Spoiler for Buka
Pemicu: Salah posisi saat berbaring, kelelahan.
[CENTER][SPOILER=Open]Cara mengatasi kram

Atasi:
Kram perut adalah akibat setelah melakukan aktivitas fisik tertentu. Atasi kram dengan berbaring di atas permukaan yang empuk. Letakkan bantal atau lipatan kain di bagian pinggang agar dapat meregangkan daerah perut secara perlahan.
Take a rest.[/SPOILER][/CENTER]

KRAM RAHANG
Spoiler for Buka
Pemicu: Menguap terlalu lebar, menahan rasa ingin menguap.
[CENTER][SPOILER=Nguap]Cara mengatasi kram

Atasi:
Pastikan yang dirasakan adalah kram, bukannya dislokasi atau pergeseran tulang rahang. Kram terjadi akibat dislokasi otot, sedangkan dislokasi tulang rahang timbul sebagai akibat dari otot rahang yang lemah.
Jika kram lakukan terapi serupa dengan cara mengatasi kram pada anggota tubuh lainnya. Yaitu dengan melakukan gerakan berlawanan dengan arah serangan kram.
Bila kram mengakibatkan rahang tidak bias terbuka, perlahan lakukan gerakan membuka rahang.
Setelah serangan kram reda, pijat daerah rahang untuk melancarkan aliran darah.
Sambil bekerja lakukanlah gerakan senam muka untuk melenturkan otot-otot wajah. Caranya lakukan gerakan membentuk huruf A, I, U, E, O dengan bibir. Lalu dengan bantuan cermin, gerakkan otot wajah membentuk berbagai macam ekspresi.[/SPOILER][/CENTER]
Quote:
...Kaskuser yang baik pasti komeng...
...Plus Rate trit ane...
...Plus bagi cendol ke ane...

ngakakngakakngakak
Spoiler for Sumber
indrafromhell - 10/08/2012 01:03 PM
#2

wuih mantep nih infonya
kadang2 kram pas main futsal Peace:
nice share gan D

btw, ane pertamax ya gan malu
Year2012 - 10/08/2012 01:14 PM
#3


keren inpohnya

ane bantu :rate5 aja yach ..
maklum belum ISO.. ini lagi usaha

Spoiler for ]
[color=green]
Cara mengatasi kram

dark.kyva - 10/08/2012 01:14 PM
#4

Oh gitu, bisa karena kekurangan elektrolit ya D
Rating.Up - 10/08/2012 01:16 PM
#5

terimakasih informasinya gan ..
sangat berguna sekali bagi saya
jutawanponcol - 10/08/2012 01:24 PM
#6

nice inpoh gan :2thumbup Ane juga sering kram betis

Mampir ya gan,..
Quote:


Kaos Unik Kualitas Distro, bahan adem..
Buat kaos design mu sendiri untuk Lebaran kali ini

Klik Gambarnya gan,..
Cara mengatasi kram
yobelpdotcom2 - 10/08/2012 01:25 PM
#7

NairaAbi - 10/08/2012 01:27 PM
#8

wah mantap banget cara mengatasi kramnya gan,,
devanbarry - 10/08/2012 01:28 PM
#9

hahahah
ngakak ane gan..

Cara mengatasi kram
Dante777 - 10/08/2012 01:28 PM
#10

Makasih infonya gan
:2thumbup
Ane sih sering kram di betis
raitata - 10/08/2012 01:33 PM
#11

nice inpoh gan thumbup:
baru tau ane
461103560 - 10/08/2012 01:35 PM
#12

nice tips gan!!
angga.prmna - 10/08/2012 01:37 PM
#13

ane kadang2 kram di betis gan,
biasanya sih gara2 kurang pemanasan sebelum olahraga
iLmaPermana - 10/08/2012 01:38 PM
#14

ane pernah nih kram di dalem air pas renang,
nyiksa bgt deh rasanya..
untungnya sih gak terlalu d tengah kolam pas kram.. capedes
nasional88 - 10/08/2012 01:48 PM
#15

nice info gan
moga bermanfaat
fristiyan - 10/08/2012 01:55 PM
#16

Quote:
Original Posted By maroon55
wah pas bgt ne infonya..
barusan td bgn tdr kaki keram gara2 kemaren futsal

Quote:
Original Posted By indrafromhell
wuih mantep nih infonya
kadang2 kram pas main futsal Peace:
nice share gan D
btw, ane pertamax ya gan malu

Quote:
Original Posted By Year2012

keren inpohnya
ane bantu :rate5 aja yach ..
maklum belum ISO.. ini lagi usaha
Spoiler for ]
[color=green]
Cara mengatasi kram


Quote:
Original Posted By Rating.Up
terimakasih informasinya gan ..
sangat berguna sekali bagi saya

Quote:
Original Posted By dark.kyva
Oh gitu, bisa karena kekurangan elektrolit ya D

Quote:
Original Posted By jutawanponcol
nice inpoh gan :2thumbup Ane juga sering kram betis
Mampir ya gan,..

Quote:

Quote:
Original Posted By NairaAbi
wah mantap banget cara mengatasi kramnya gan,,

Quote:
Original Posted By devanbarry
hahahah
ngakak ane gan..
Cara mengatasi kram

Quote:
Original Posted By Dante777
Makasih infonya gan
:2thumbup
Ane sih sering kram di betis

Quote:
Original Posted By raitata
nice inpoh gan thumbup:
baru tau ane

Quote:
Original Posted By 461103560
nice tips gan!!

Quote:
Original Posted By angga.prmna
ane kadang2 kram di betis gan,
biasanya sih gara2 kurang pemanasan sebelum olahraga

Quote:
Original Posted By iLmaPermana
ane pernah nih kram di dalem air pas renang,
nyiksa bgt deh rasanya..
untungnya sih gak terlalu d tengah kolam pas kram.. capedes

Quote:
Original Posted By nasional88
nice info gan
moga bermanfaat


Samaa gan, TS jg bikin trit ni krna pngalaman pribadi TS.
1. Suka kram rahang, gara ngantuk bgt (blm tdr2) n nguapnya kegedean.
2. Keram betis krna main futsal. Bhkab krna salah tdr jg pernah gan. Bru tdi pagi ni kena betisnya.
fristiyan - 10/08/2012 02:03 PM
#17

Quote:
Original Posted By iLmaPermana
ane pernah nih kram di dalem air pas renang,
nyiksa bgt deh rasanya..
untungnya sih gak terlalu d tengah kolam pas kram.. capedes

Wadduh, di bgian mana gan kramnya?
SummertimeOffme - 10/08/2012 02:03 PM
#18

wah nice inpoh gan...
ane sih jarang keram,tp semoga berguna
Pejoeangempat5 - 10/08/2012 02:14 PM
#19

yang penting banyak minum, dan pemanasan sbelum ngelakuin aktivitas berat gan
fristiyan - 10/08/2012 02:16 PM
#20

Quote:
Original Posted By SummertimeOffme
wah nice inpoh gan...
ane sih jarang keram,tp semoga berguna

Siip, amiin. Makasih gan...
Untuk pencegahan jg bisa ko insyaAllah :matabelo
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Cara mengatasi kram