Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Yarmuk – Keberanian pejuang muslim yg tak kenal takut
Total Views: 3653 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 5 |  < 1 2 3 4 5

wasntmee - 14/10/2012 04:15 AM
#81

latar belakang perang yarmuk apaan gan??
klo yg ane tw gara2 ada sahabat umar yg dipenggal kepalanya oleh orang romawi CMIW takuts

mantap dahulu jihad dipakai buat membangkitkan semangat perang,yah mirip2 pidato kyk di film2 perang hollywoodD
Alfahd - 14/10/2012 07:34 PM
#82

Quote:
Original Posted By InRealLife


Kalau menurut Larry Gonick, Islam membuat suku-suku Arab yang tadinya saling berperang jadi bersatu, tapi energi agresif mereka perlu penyaluran. Jadinya ya ke luar... D



Ini buku yang kartun peradaban? Yang paling gue ingat itu pas adegan suku Aws & Khazraj nyerang Yahudi Bani Nadhir/Qainuqa'. Orang Yahudinya bilang, "Perasaan itu golok ane yang bikin?" DDD
Larry Gonick berprasangka bahwa Bani Qainuqa' adalah nenek moyangnya karena miripnya lafal nama keluarganya D

Yahudi2 di Jazirah Arabia jadi korban pertama persatuan suku2 Arab, hehe...
InRealLife - 15/10/2012 11:13 AM
#83

Quote:
Original Posted By Alfahd


Ini buku yang kartun peradaban? Yang paling gue ingat itu pas adegan suku Aws & Khazraj nyerang Yahudi Bani Nadhir/Qainuqa'. Orang Yahudinya bilang, "Perasaan itu golok ane yang bikin?" DDD
Larry Gonick berprasangka bahwa Bani Qainuqa' adalah nenek moyangnya karena miripnya lafal nama keluarganya D

Yahudi2 di Jazirah Arabia jadi korban pertama persatuan suku2 Arab, hehe...

Iya, kartun peradaban. Dan emang Banu Qainuqa kan pengrajin logam, jadi bisa aja itu golok emang dia yg bikin...

Suku-suku Yahudi dulu emang malah menarik keuntungan dari perpecahan antar suku Arab. Mereka jadi bisa bersekutu sama berbagai suku.
CarcaJou - 15/10/2012 03:10 PM
#84

Cerita hikmah yang seperti ini banyak yang terlupakan oleh generasi sekarang \(
Hashimi - 15/10/2012 10:34 PM
#85

maaf, itu kisah gregorius masuk Islam, bener ceritanya?
kadang gw sering gak percaya ama sumber2 berbau Islam.
banyak hiperbola dan hoax
mohon maaf
Alfahd - 16/10/2012 09:46 AM
#86

Quote:
Original Posted By Hashimi
maaf, itu kisah gregorius masuk Islam, bener ceritanya?
kadang gw sering gak percaya ama sumber2 berbau Islam.
banyak hiperbola dan hoax
mohon maaf


Hanya tutur sejarah dari pihak yang menang. Coba dibayangkan, pasukan Byzantium kalah, komandannya banyak tewas, Kaisar Heraclius pontang-panting cabut dari Syria. Kalopun ada sejarawan dari Byzantium yang berusaha menulis jalannya peperangan Yarmuk (Hieromyax versi mereka), akan terjadi lama setelah itu.
InRealLife - 16/10/2012 12:15 PM
#87

Quote:
Original Posted By Hashimi
maaf, itu kisah gregorius masuk Islam, bener ceritanya?
kadang gw sering gak percaya ama sumber2 berbau Islam.
banyak hiperbola dan hoax
mohon maaf


Yang jelas sumber primernya dari Ibnu Katsir. Kalau dari sumber lain tidak disebut-sebut.

Namanya juga tidak konsisten, ada yang menyebut Gregorius, ada yang menyebut Georgius (George). Apalagi Ibnu Katsir menulis dalam bahasa Arab, bukan aksara asli orang Byzantium, jadi kemungkinan kerancuan nama itu ada.

Satu nama lain yang mungkin rancu: ada seorang perwira Byzantium di Yarmuk yang oleh sumber berbahasa Arab disebut bernama "Qanathir". Diduga "Qanathir" ini sebenarnya bukan nama tapi pangkat, "Buccinator" (peniup terompet).
priapendiam - 18/10/2012 01:49 AM
#88

[youtube]Q2eAkkzf2lc&feature=related[/youtube]


Perang Yarmuk – Keberanian pejuang muslim yg tak kenal takut
Mahmoud17 - 20/10/2012 03:32 AM
#89

gan,,ada mater tnttang dinasti bani umayyah timur kgak??bingung

tlong infonya y gan??Yb
Page 5 of 5 |  < 1 2 3 4 5
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Yarmuk – Keberanian pejuang muslim yg tak kenal takut