CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
Total Views: 7986 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 16 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

EvansAL - 17/08/2012 03:49 PM
#1
5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
Berhubung hari ini adalah hari HUT Kemerdekaannya Indonesia iloveindonesia yang ke-67 yaa gan! maka saya sebagai anak bangsa akan mengupdate artikel khusus yang sedikit bertemakan tentang fakta unik dan menakjubkan seputar kemerdekaan Indonesia. Fakta-fakta di sini sangatlah mengejutkan dan belum banyak orang Indonesia yang mengetahui tentang hal-hal ini. Penasaran? Berikut adalah sedikit ulasan saya mengenai 5 fakta unik dan menakjubkan serta mengharukan seputar kemerdekaan Indonesia.
berduka berduka berduka ngacir2 CEKIBROT gan! ngacir2 berduka berduka || berduka berduka ngacir2 CEKIBROT gan! ngacir2 berduka berduka berduka


5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
1. Soekarno sakit saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Ternyata, 2 jam sebelum pembacaan teks Proklamasi. Kemerdekaan RI pada pukul 10.00 tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno masih tidur pulas di kamarnya di Jalan. Pegangsaan Timur No. 56, Cikini-Jakarta Pusat akibat serangan penyakit malaria tertiana.

Suhu badannya sangat tinggi setelah semalam begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Setelah dokter pribadinya yang bernama dr. Soeharto datang dan mengaliri chinineurethan intramusculair di darahnya dan menenggak pil brom chinine, ia tertidur pulas hingga pukul 09.00 WIB. Dan kemudian baru pada pukul 10.00 WIB memproklamasikan Kemerdekaan RI.

2. Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI sangatlah sederhana
Ternyata Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung sangat sederhana; tanpa protokol, tak ada korps musik dan konduktor, tak ada pancaragam dan tiang berdera dari bambu kasar yang ditancapkan beberapa menit sebelum upacara.

3. Naskah asli Proklamasi ditemukan di tempat sampah
Ternyata, naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didekte oleh Bung Hatta pada mulannya tidak disimpan oleh Pemerintah Indonesia. Naskah itu justru disimpan dengan baik oleh seorang wartawan bernama BM. Diah. Konon, Diah menemukan naskah asli itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 dini hari. Diah menyerahkan naskah itu kepada Presiden Soeharto setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

4. Sang Saka Merah Putih dari seprai dan kain milik tukang soto
Ternyata bendera resmi pertama RI itu, kain putihnya terbuat dari kain seprai dan merahnya dari kain milik tukang soto. Terharu? Pasti.

5. Palestina yang pertama kali mengakui Kemerdekaan RI
Ternyata, ketika tak ada satu negara di dunia pun yang secara berani dan tegas mengakui Kemerdekaan RI, Syekh Muhammad Amin al-Husaini (Mufti Palestina) hadir sebagai yang pertama memberikan pengakuan dan ucapan selama atas Kemerdekaan RI. Tak hanya itu, beliau juga mendesak negara-negara Timur Tengah untuk mengekui Kemerdekaan Indonesia sehingga berhasil meyakinkan Mesir, Suriah, Irak, Libanon, Yaman, Arab Saudi dan Afghanistan.

Catatan: Fakta terakhir ini seharusnya membuat bangsa ini juga memperjuangkan Kemerdekaan Palestina dari penjajahan Zionis-Israel! Walau unik, namun 5 fakta tentang Kemerdekaan RI itu sama sekali tak mengurangi kesakralan momentum paling bersejarah bangsa ini.

REPOST? mohon dimaafkan gan!

ngacir2 ngacir2 SUMBER : http://zootodays.blogspot.com/2012/08/5-fakta-mengharukan-seputar-kemerdekaan.html
pakbeyetahes - 17/08/2012 04:37 PM
#2

pertamaxxx gan..

yakin gan palestina yg pertama mengakui kedaulatan indonesia?
JusticeFive - 17/08/2012 04:54 PM
#3

sedikit tambahan gan yang menurut ane menarik o

Quote:
5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)


...ketika menjadi Presiden RI, ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda) dan kita tau sendiri Sukarno benci kepada belanda iloveindonesias. Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah.
rickyumara39 - 18/08/2012 06:19 AM
#4

dan intinya sukarno meninggal dunia dalam status tahanan POLITIK berduka
*CMIIW


N K R I HARGA MATI !!!
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia



itu gan komeng ane think:
5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
wahjojoe - 19/08/2012 11:37 AM
#5

bangga sama RI... semoga jaya selalu
dimaz3 - 19/08/2012 11:41 AM
#6

mantap gan.btw thread ente HT gan. selamat yah... ane mejeng di page one thread HT D
fanmirror - 19/08/2012 11:43 AM
#7

Ane baru tau gan kalo Ir.Soekarno pas bacain naskah lagi sakit...
Makanya upacara dilakukan pada jam 10..
KOk nggak pagi aja jam 8 hammer

5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)

Bangunlah INDONESIA...
Sudah waktunya Engkau Jaya laksana jaman Sriwijaya sebagai pusat perdagangan Dunia.... !!!
Aizenz - 19/08/2012 11:44 AM
#8

emang mengharukan ye gan...
:mewek
AlphaZen - 19/08/2012 11:44 AM
#9

Hah??? tong sampah? kok bisa disitu gan
Enqerz - 19/08/2012 11:45 AM
#10

berdukas berdukas berdukas ane gak bisa bayangin gimana beratnya hidup dijaman penjajahan dulu gan
Pandegoll - 19/08/2012 11:45 AM
#11

mengharukan gan,ternyata sampe segitunya..



iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
across.5.aprils - 19/08/2012 11:48 AM
#12

ane terharu ama yg palestina itu.. berdukas
verroll - 19/08/2012 11:50 AM
#13

sepi amat yah, pada mudik,

eeh, selamat atas HTnya agan D
alesi - 19/08/2012 11:52 AM
#14

BUSET APA RASANYA YA PUNYA NASKAH ASLI PROKLAMASI, BENAR-BENAR SUPER DUPER RARE TUH ngakak
dTiesTo - 19/08/2012 11:52 AM
#15

bangga sama pahlawan" bangsa kita.....:thumbup
fivesh - 19/08/2012 11:57 AM
#16

baru tau ane, apalagi teks asli yang dibuang di tempat sampah malu
Wokwokwokocak - 19/08/2012 11:59 AM
#17

wih kain seprai ? edan :matabelo
btw ane PEKIWAN di trit HT D
J.H.Balcazar14 - 19/08/2012 11:56 AM
#18

Semua berawal dari keserdehanaan... :mewek
iloveindonesia
pandorus96 - 19/08/2012 11:56 AM
#19

wah, ane baru tau klo yang no1. jadi semakin cinta dengan Indonesia. iloveindonesia
hafizhfp - 19/08/2012 11:58 AM
#20

Wah, benar-benar mengharukan fakta yang ada... :mewek
Quote:
:salaman SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H :salaman
:maafagan MOHON MAAF LAHIR & BATIN :maafagan
Page 1 of 16 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)