CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
Total Views: 7986 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 15 of 16 | ‹ First  < 10 11 12 13 14 15 16 > 

akagami2012 - 19/08/2012 09:21 PM
#281

aneh2 aj tuh gan!
ternyata gk semua bs bahagia yah gan?
tomsquare - 19/08/2012 09:33 PM
#282

Quote:
Original Posted By EvansAL
Berhubung hari ini adalah hari HUT Kemerdekaannya Indonesia iloveindonesia yang ke-67 yaa gan! maka saya sebagai anak bangsa akan mengupdate artikel khusus yang sedikit bertemakan tentang fakta unik dan menakjubkan seputar kemerdekaan Indonesia. Fakta-fakta di sini sangatlah mengejutkan dan belum banyak orang Indonesia yang mengetahui tentang hal-hal ini. Penasaran? Berikut adalah sedikit ulasan saya mengenai 5 fakta unik dan menakjubkan serta mengharukan seputar kemerdekaan Indonesia.
berduka berduka berduka ngacir2 CEKIBROT gan! ngacir2 berduka berduka || berduka berduka ngacir2 CEKIBROT gan! ngacir2 berduka berduka berduka


5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
1. Soekarno sakit saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Ternyata, 2 jam sebelum pembacaan teks Proklamasi. Kemerdekaan RI pada pukul 10.00 tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno masih tidur pulas di kamarnya di Jalan. Pegangsaan Timur No. 56, Cikini-Jakarta Pusat akibat serangan penyakit malaria tertiana.

Suhu badannya sangat tinggi setelah semalam begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Setelah dokter pribadinya yang bernama dr. Soeharto datang dan mengaliri chinineurethan intramusculair di darahnya dan menenggak pil brom chinine, ia tertidur pulas hingga pukul 09.00 WIB. Dan kemudian baru pada pukul 10.00 WIB memproklamasikan Kemerdekaan RI.

2. Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI sangatlah sederhana
Ternyata Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung sangat sederhana; tanpa protokol, tak ada korps musik dan konduktor, tak ada pancaragam dan tiang berdera dari bambu kasar yang ditancapkan beberapa menit sebelum upacara.

3. Naskah asli Proklamasi ditemukan di tempat sampah
Ternyata, naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didekte oleh Bung Hatta pada mulannya tidak disimpan oleh Pemerintah Indonesia. Naskah itu justru disimpan dengan baik oleh seorang wartawan bernama BM. Diah. Konon, Diah menemukan naskah asli itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 dini hari. Diah menyerahkan naskah itu kepada Presiden Soeharto setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

4. Sang Saka Merah Putih dari seprai dan kain milik tukang soto
Ternyata bendera resmi pertama RI itu, kain putihnya terbuat dari kain seprai dan merahnya dari kain milik tukang soto. Terharu? Pasti.

5. Palestina yang pertama kali mengakui Kemerdekaan RI
Ternyata, ketika tak ada satu negara di dunia pun yang secara berani dan tegas mengakui Kemerdekaan RI, Syekh Muhammad Amin al-Husaini (Mufti Palestina) hadir sebagai yang pertama memberikan pengakuan dan ucapan selama atas Kemerdekaan RI. Tak hanya itu, beliau juga mendesak negara-negara Timur Tengah untuk mengekui Kemerdekaan Indonesia sehingga berhasil meyakinkan Mesir, Suriah, Irak, Libanon, Yaman, Arab Saudi dan Afghanistan.

Catatan: Fakta terakhir ini seharusnya membuat bangsa ini juga memperjuangkan Kemerdekaan Palestina dari penjajahan Zionis-Israel! Walau unik, namun 5 fakta tentang Kemerdekaan RI itu sama sekali tak mengurangi kesakralan momentum paling bersejarah bangsa ini.

REPOST? mohon dimaafkan gan!

ngacir2 ngacir2 SUMBER : http://zootodays.blogspot.com/2012/08/5-fakta-mengharukan-seputar-kemerdekaan.html


Sedikit memperjelas yg ane merahin, dari buku yg pernah ane baca di perpustakaan PPI DKI Jakarta yg (kalo ga salah) berjudul "Serba-Serbi Bendera Merah Putih dan Peristiwa Proklamasi", bahwa warna putih bendera pusaka yg pertama kali dikibarkan itu berasal dari kain seprai milik ibu Fatmawati. Dan warna merahnya itu berasal dari kain penutup warung soto. (ada juga yg menyebutkan warung sate)
Mengapa demikian? Karena memang kondisinya benar2 sedang terdesak, dan perlu diakui bahwa peristiwa pembacaan teks proklamasi kala itu memang 'hampir' tanpa persiapan.

Selengkapnya, monggo dicari sumber2 bacaan dan trit yg menjelaskan tentang peristiwa proklamasi.

Nitip lapak ya...5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)
Spoiler for Nitip
GrosirAcc.com - 19/08/2012 10:41 PM
#283

Bantu Sundul Gan

Nice Info

sup:sup:sup:
ventus28 - 20/08/2012 12:01 AM
#284

Emang mengharukan gan, setelah ane baca berduka.

Yang no.1, baru tau ane kalo bung Karno waktu itu lagi sakit di hari bangsa Indonesia mau memproklamirkan kemerdekaannya berduka.

Yang no.2, biar sederhana tapi tetep bermakna.

Yang no.3, teks proklamasinya kenapa dibuang ke tempat sampah ya? Ada sesuatu kah? *no clue*

Yang no.4, Yang ini ane juga baru tau. Berarti bendera pusaka lama yang udah "dipensiunkan" dan disimpen di Istana itu tuh yang ini atau dibikin lagi yang baru?

Yang no.5 rada bingung juga sih, Palestina apa Mesir yang duluan mengakui kemerdekaan Indonesia tapi whatever lah.

iloveindonesia
weeryo - 20/08/2012 02:48 AM
#285

hebat baru tau kalo pak karno ternyata sedang sakit,...

yg penting bkn sakit hati lahhh
4hya - 21/08/2012 11:16 AM
#286

Quote:
Original Posted By MuhamadZaki
emang mengharukan gan tapi kok berbau repost ya repost
10 fakta unik dibalik peristiwa proklamai kemardekaan RI


ilovekaskussilovekaskussilovekaskuss
Repost yang penting halal gan ngakakngakakngakakngakak
¤ Kan-Zen ¤ - 21/08/2012 05:51 PM
#287

wah yang ke 3 sama 4
bener bener sampai saat ini ane gak tau
baru tau sekarang matabelo:
dd.panda - 21/08/2012 06:33 PM
#288

mantabs neh iloveindonesia
carloscarlest - 24/08/2012 10:55 PM
#289

memang iya di tong sampah naskah teks proklamasi. saya juga pernah baca dari buku adik saya saya lupa siapa nama yang menemukan teks
raisaputeri - 30/08/2012 04:06 PM
#290

gak apa-apa gan yang penting Indonesia berhasil merebut kemerdekaan
abangojan - 04/09/2012 08:43 PM
#291

gak papa deh gan meski cuma di kasih sama jepang
gak kebayang kalo jepang gak kena di bom sama USA di hirosima sama nagasaki
mungkin gak merdeka2 negara ini berdukas
abangojan - 04/09/2012 08:44 PM
#292

Quote:
Original Posted By GrosirAcc.com
Bantu Sundul Gan

Nice Info

sup:sup:sup:


emangnya FJB capedes
bayublues - 07/09/2012 04:29 PM
#293

Quote:
Original Posted By JusticeFive
sedikit tambahan gan yang menurut ane menarik o


gan tuh Bung Karno lagi ngrokok ye??? Yb
abangojan - 08/09/2012 08:54 AM
#294

Quote:
Original Posted By bayublues
gan tuh Bung Karno lagi ngrokok ye??? Yb


sok tebak lagi apa hammers
wimpy14 - 09/09/2012 09:34 PM
#295

berduka jadi terharu gan
abangojan - 10/09/2012 06:19 AM
#296

Quote:
Original Posted By wimpy14
berduka jadi terharu gan


apaan gan kok terharu :nohope
Che1nd - 10/09/2012 02:46 PM
#297

fakta fakta seputar kemerdekaan indonesia ini mengharukan gan
abangojan - 11/09/2012 10:50 PM
#298

ternyata palestina mantab gan beer:
O.bby - 15/09/2012 01:56 AM
#299

     
Quote:
Original Posted By abangojan
ternyata palestina mantab gan beer:


walaupun begitu tetep keren beer:
abangojan - 17/09/2012 06:44 AM
#300

Quote:
Original Posted By O.bby
     
walaupun begitu tetep keren beer:


apanya yang keren gan :nohope
Page 15 of 16 | ‹ First  < 10 11 12 13 14 15 16 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 5 Fakta Mengharukan Seputar Kemerdekaan Indonesia (Anak Bangsa Harus tau GAN!)