DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part 33
Total Views: 70821 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 131 of 210 | ‹ First  < 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 >  Last ›

domba.kumal01 - 01/10/2012 09:47 AM
#2601

Quote:
Original Posted By ruvo
Porno atau tidak tergantung pemahaman anda..

oh jadi cerita vulgar menurut kristen tidak porno...[HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part  33

Quote:

Kristen dan Yahudi membaca kidung agung yg sama, mulai jaman Kristen awal Umat Yahudi dan Umat Kristen saling menjaga kitabnya masing2 supaya tidak dijahili oleh pihak lain.. jadi bila ada salah satu Kitab dalam perjanjian lama yg diubah oleh pihak Kristen maka umat yahudi adalah yg pertama2 memprotes dan mempermalukan umat kristen, begitu pula sebaliknya.

dan sekarang perjanjian baru disobek2 yahudi

Quote:

Apakah yg memiliki kulit kemerah-merahan, dan memiliki selaksa pasukan hanya Muhammad..?
satu lagi.. ciri2 yg dimiliki muhammad dengan warna kulitnya adalah terlalu umum.. ciri2 khusus yg dimiliki muhammad adalah tahi lalat di antara kedua pundaknya harusnya dalam nubuatan itu menyebutkan keberadaan tahi lalat tersebut untuk membedakannya dengan Salomo..

[/quote]

mungkin begitu kira2
klo ente gak yakin, kenapa tidak menyebutkan ciri2 solomon?
trus solomon memimpin 10rb orang?

Quote:
Original Posted By mariodevan
ciri2nya persis seperti orang yang terkena penyakit akromegali Yb

vbot...vbot...vbot

selamat anda baru saja jadi orang yang cacad mental p


oh begini aja level debate lu? mending ke dbacod aja, ngebacod sepuasnya...[HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part  33
domba kumal hadir disini
mengasuh domba2 lucu \)
kepalawortel - 01/10/2012 10:13 AM
#2602

Quote:
Original Posted By Neshamakh
gini deh, jadi menurut lo Bani kedar yang pendeta Niko maksud adalah Suku yang tinggal di Arab Utara? atau Indonesia?

kalau menurut pendeta Niko sendiri, saya ga tahu
karena ada 2 pengertian dari Bani Kedar
untuk pastinya, cuma ada 1 jawaban, situ langsung tanya Niko

karena kita disini udah menjabarkan maksud/arti dari Bani Kedar
dan itu ada 2. dan mana yang dimaksud Niko 1 dari 2 itu? mending langsung tanya Niko sendiri.


lalu gw mau tanya,bagaimana bisa situ menuduh Bani Kedar menurut Niko adalah Islam/Muslim (1 dari antara 2 pengertian Bani Kedar)?

asumsi pribadi?



Quote:

widih, yang gw bold merah, itu masuknya penghinaan ya? emosi ya koh? marah ya koh?

ngomong doang lo cabut, tar juga paling ngejawab.

think:
kalau itu yang memang kebenaran yang ada diindonesia,
ya mau bagaimana lagi
toh haji cabul itu bukan muslim kan? dia kan bukan bagian dari muslim/islam

atau elu mau masukan haji cabul = islam / muslim?
silahkan.
mariodevan - 01/10/2012 10:15 AM
#2603

Quote:
Original Posted By domba.kumal01


oh begini aja level debate lu? mending ke dbacod aja, ngebacod sepuasnya...[HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part  33
domba kumal hadir disini
mengasuh domba2 lucu \)


kan saya cuma kasih stegment...g niat debate.. p

tapi emang bener kok...tuh penyakit...ciri2nya juga kayak gtu Yb
yestitit - 01/10/2012 10:24 AM
#2604

ciri2? itu sih ciri2 krestol, sdh SEJAK KECIL diajarin mesum kidung agung,mknya gedhenya otaknya mesum mulu,lihat BINGKAI,bidadari,lubang jarum pun,otaknya lgs ke arah mesum,porno. untungnya gw baca kidung agung stl dewasa,kl sjk kecil spt disekolah minggu itu,bs cacad otak jadinya,spt elo-elo.
kepalawortel - 01/10/2012 10:29 AM
#2605

Quote:
Original Posted By Rusakkkkkkkkkk
seindah kesian dibuli quranist makanya curhat disini D


saling mengkafirkan

dia mengkafirkan Quranist dan Quranist mengkafirkan dia.
mariodevan - 01/10/2012 10:33 AM
#2606

Quote:
Original Posted By domba.kumal01

mungkin begitu kira2
klo ente gak yakin, kenapa tidak menyebutkan ciri2 solomon?
trus solomon memimpin 10rb orang?



ciri fisik salomo memang tidak digambarkan jelas selain dikidung agung itu, tapi kalo mau cari referensi lain bisa terlihat dari ciri fisik ayahnya daud, yang tentu menurun

1 samuel 16:12 = ia kemerah2an, matanya indah dan parasnya elok

kebesaran salomo bisa dilihat disini 1 raja2 4:26

kalo cuma 10 ribu orang mah enteng, dia punya 12ribu orang berkuda...g terhitung prajurit biasanya

kalo ciri fisik si nabi mah lebih terlihat kayak penyakit...tangan dan kaki menebal, g bisa menoleh.....mau debat soal ini p
ngupilman72 - 01/10/2012 11:02 AM
#2607

Mo nanya...

Hukum utama umat kristiani adalah : Kasihilah Tuhanmu kemudian Kasihilah Sesamamu...

Dengan hukum tersebut, apakah masih diperlukan PL atau bahkan PB dalam pelakasanaan hukum tersebut?

Thanks

ricebowl:linux2:
nunggu jawaban dipojok
sambil makan indomie
sayanim - 01/10/2012 11:06 AM
#2608

ada yang ngamuk2 matabelo:

vbot ga bisa menjaga kata2
omjackD - 01/10/2012 11:07 AM
#2609

Quote:
Original Posted By ngupilman72
Mo nanya...

Hukum utama umat kristiani adalah : Kasihilah Tuhanmu kemudian Kasihilah Sesamamu...

Dengan hukum tersebut, apakah masih diperlukan PL atau bahkan PB dalam pelakasanaan hukum tersebut?

Thanks

ricebowl:linux2:
nunggu jawaban dipojok
sambil makan indomie

Diperlukan sebagai penjabaran dari Hukum yang terutama.

Manusia tidak tahu tindakan mana yang tergolong Dosa & Apa yang seharusnya dilakukan,

Cth:
the 10 commands ada untuk menyatakan tindakan Dosa sekaligus Perintah ungtuk melakukan Kasih (Hukum terutama).
ngupilman72 - 01/10/2012 11:26 AM
#2610

Quote:
Original Posted By omjackD
Diperlukan sebagai penjabaran dari Hukum yang terutama.

Manusia tidak tahu tindakan mana yang tergolong Dosa & Apa yang seharusnya dilakukan,

Cth:
the 10 commands ada untuk menyatakan tindakan Dosa sekaligus Perintah ungtuk melakukan Kasih (Hukum terutama).


Bukankah ada yang mengatakan bahwa 10 perintah Tuhan hanya untuk orang israel???

tv:linux2:
santai-santai
kenyang abis makan
omjackD - 01/10/2012 11:30 AM
#2611

Quote:
Original Posted By ngupilman72
Bukankah ada yang mengatakan bahwa 10 perintah Tuhan hanya untuk orang israel???

tv:linux2:
santai-santai
kenyang abis makan

Pada mulanya diturunkan khusus untuk bangsa Israel.
sampai sekarang masih digunakan bagi semua orang yang menyembah kepada YHWH,

mungkin maksud anda Taurat kali yak, yang ada larangan makan babinya itu?
ngupilman72 - 01/10/2012 12:00 PM
#2612

Quote:
Original Posted By omjackD
Pada mulanya diturunkan khusus untuk bangsa Israel.
sampai sekarang masih digunakan bagi semua orang yang menyembah kepada YHWH,

mungkin maksud anda Taurat kali yak, yang ada larangan makan babinya itu?


Sedang bicara PL kenapa jadi Taurat? atau 10 perintah Tuhan tidak ada di PL?

Jadi 10 Perintah Tuhan dan Hukum-hukum yang ada di PL bukan hanya untuk orang Israel?

linux2:
bengong doang
kepalawortel - 01/10/2012 12:19 PM
#2613

Quote:
Original Posted By WhiteAmoled
JIKA YESUS ADALAH TUHAN. MENGAPA YESUS BERDOA KEPADA TUHAN? SEAKAN-AKAN TUHAN ITU ADALAH ORANG LAIN !?bingung


Quote:
Dan kepada siapa tuhan yesus memohon dijauhkan dari penderitaan penyaliban tsb ?


Definisi doa adalah adalah sebagai berikut : Hubungan persekutuan dengan Allah, atau lebih tepatnya Doa adalah komunikasi pribadi dengan Allah. Yesus memberikan teladan bagi murid-muridNya, bahwa Yesus suka berdoa, baik dalam keadaan aman maupun dalam menghadapi bahaya.

Sikap doa yang dilakukan Yesus ini dapat kita lihat sebagai pengajaran dan contoh yang konkrit agar kita selalu berdoa dan mengikuti kehendak Allah Yang Mahakuasa. Bagi Yesus, tujuan tujuan perjalanan-nya (Yunaninya exodos; Lukas 9:31) dicapai dengan cara mengajar, menyembuhkan orang-orang yang menderita, menjauhkan mereka dari kuasa yang jahat, mengajarkan kepada orang banyak siapa Yang Mahakuasa.

Pertanyaannya; Yesus itu sendiri adalah Allah kok pakai berdoa segala?

Perlu kita pahami bahwa :

Banyak ayat-ayat yang menyatakan Yesus Kristus adalah manusia, tetapi banyak juga ayat-ayat yang menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Allah.
Ayat-ayat yang menyatakan kemanusiaan Yesus tidak boleh digunakan untuk menyerang keberadaan Yesus sebagai Tuhan.
Demikian pula sebaliknya, ayat-ayat yang menyatakan Ke-Allahan Yesus tidak boleh digunakan untuk menyerang keberadaan Yesus sebagai Manusia.


Doa Yesus di Getsemani juga sebagai persiapan Yesus untuk menghadapi siksa salib.
Perlu dipahami perendahan diri Yesus ('kenosis'). Artinya, dalam keadaanNya sebagai manusia, ada hal-hal yang bersifat kemanusiawian yang harus dipikul oleh Yesus. Dalam hal ini, Ia telah membuat diriNya menjadi lebih rendah dari BapaNya, dalam tubuh manusia, Yesus memiliki keterbatasan untuk sementara waktu.


* Ibrani 2:9
Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

* Filipi 2:5-11
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Penjelasan Kenosis, bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/kenosis-mengosongkan-diri-vt762.html#p1774
Discuzz - 01/10/2012 12:22 PM
#2614

Quote:
Original Posted By WhiteAmoled
JIKA YESUS ADALAH TUHAN. MENGAPA YESUS BERDOA KEPADA TUHAN? SEAKAN-AKAN TUHAN ITU ADALAH ORANG LAIN !?bingung


Tuhan itu adalah hakekat yang berpribadi.

pribadi dari Tuhan itu ada Bapa, Yesus dan Roh Kudus.

jadi pribadi pribadi ini yang berkomunikasi.

walau ketiga2 nya adalah Allah, tapi ketiga pribadi ini dapat dibedakan secara jelas.
kepalawortel - 01/10/2012 12:24 PM
#2615

Quote:
Original Posted By WhiteAmoled
Yesus berdoa / berbicara dengan siapa ? Bukannya dia sendiri itu tuhan ?


Quote:
Original Posted By Discuzz
Tuhan itu adalah hakekat yang berpribadi.

pribadi dari Tuhan itu ada Bapa, Yesus dan Roh Kudus.

jadi pribadi pribadi ini yang berkomunikasi.

walau ketiga2 nya adalah Allah, tapi ketiga pribadi ini dapat dibedakan secara jelas.


jelas kalau dimengerti dan mau untuk mengerti.
Discuzz - 01/10/2012 12:27 PM
#2616

Quote:
Original Posted By ngupilman72
Bukankah ada yang mengatakan bahwa 10 perintah Tuhan hanya untuk orang israel???

tv:linux2:
santai-santai
kenyang abis makan


setelah kematian dan kebangkitan Kristus,
maka tidak ada lagi perbedaan antara Yahudi dan non Yahudi.
Semua hanya bisa selamat melalui iman kepada Yesus Kristus.

♦ Ro 9:6b - “Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel
adalah orang Israel”.

♦ Ro 2:28-29 - “(28) Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang
yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah
sunat yang dilangsungkan secara lahiriah. (29) Tetapi orang
Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya
dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan
secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari
manusia, melainkan dari Allah”.
kepalawortel - 01/10/2012 12:38 PM
#2617

Quote:
Original Posted By WhiteAmoled
TIGA ALLAH ATAU TIGA PRIBADI. KALAU PRIBADI, APA YANG DIMAKSUD DAN BENTUK DARI PRIBADI ? APA FUNGSI DAN KEDUDUKAN TIAP PRIBADI ?bingung


KEKNYA BRO SUKA BACA BACA YA, COBA DIBACA BACA YANG BEGINIAN,SIAPA TAHU BRO MUDAH PAHAM DAN MENGERTI, OK?.COBA SILAHKAN BACA DULU YANG DIPAGE DEPAN(SUDAH ADA DI DEPAN),DAN SEMOGA AGAN MAU UNTUK MENGERTI.a

Quote:
ngupilman72 - 01/10/2012 12:47 PM
#2618

Quote:
Original Posted By Discuzz
setelah kematian dan kebangkitan Kristus,
maka tidak ada lagi perbedaan antara Yahudi dan non Yahudi.
Semua hanya bisa selamat melalui iman kepada Yesus Kristus.

♦ Ro 9:6b - “Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel
adalah orang Israel”.

♦ Ro 2:28-29 - “(28) Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang
yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah
sunat yang dilangsungkan secara lahiriah. (29) Tetapi orang
Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya
dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan
secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari
manusia, melainkan dari Allah”.


Apakah yang menulis ayat tersebut adalah Paulus?

Back to Topik,
jadi PL ataupun PB tidak hanya untuk orang Israel....
Perintah Tuhan dan Larangan Tuhan yang ada di PL maupun di PB harus dijalani oleh bukan hanya orang Israel tetapi termasuk Umat Kristiani, bukan?

Menjalani perintah yang ada di PL maupun di PB adalah kewajiban bagi yang mematuhi Hukum Utama yaitu Kasihilah Tuhanmu dengan mengikuti perintahnya....

Jadi...
Ketika seseorang membatalkan perintah Tuhannya berarti dia tidak mematuhi Hukum Utama...

Jadi...
Mengapa Paulus membatalkan perintah Sunat yang dilakukan secara lahiriah?
Mengapa Paulus membatalkan larangan Tuhannya untuk memakan yang diharamkan Tuhan?

Apakah itu cara mematuhi Hukum Utama yaitu Kasihilah Tuhanmu?
Discuzz - 01/10/2012 12:48 PM
#2619

Quote:
Original Posted By WhiteAmoled
TIGA ALLAH ATAU TIGA PRIBADI. KALAU PRIBADI, APA YANG DIMAKSUD DAN BENTUK DARI PRIBADI ? APA FUNGSI DAN KEDUDUKAN TIAP PRIBADI ?bingung


3 Allah tentu saja berbeda artinya dengan 3 pribadi.

baiknya ente belajar dulu soal hakekat dan pribadi.

D

Pengakuan Iman Athanasius

1. Barangiapa yang ingin diselamatkan, adalah perlu baginya di atas segala-galanya untuk memegang / mempercayai iman Katolik / universal / am. 2. Yang, kecuali setiap orang memelihara / mempertahankannya secara sempurna dan tidak diganggu gugat, ia pasti akan binasa selama-lamanya. 3. Tetapi iman Katolik / universal / am adalah ini, bahwa kami menyembah satu Allah dalam tritunggal, dan tritunggal dalam kesatuan. 4. Tidak ada kekacauan / percampuran pribadi-pribadi ataupun pemisahan zat. 5. Karena pribadi dari Bapa adalah satu, dari Anak adalah pribadi yang lain, dan dari Roh Kudus adalah pribadi yang lain. 6. Tetapi dari Bapa, dari Anak, dan dari Roh Kudus ada satu keilahian, kemuliaan yang sama / setara dan keagungan / kuasa yang berdaulat yang sama kekalnya. 7. Apa adanya Bapa itu, demikian juga dengan Anak, dan juga Roh Kudus. 8. Bapa tidak diciptakan, Anak tidak diciptakan, Roh Kudus tidak diciptakan. 9. Bapa itu maha besar, Anak itu maha besar, Roh Kudus itu maha besar. 10. Bapa itu kekal, Anak itu kekal, Roh Kudus itu kekal. 11. Tetapi tidak ada tiga yang kekal, tetapi satu yang kekal. 12. Demikian juga tidak ada tiga (makhluk) yang tidak dicipta, juga tidak tiga yang maha besar, tetapi satu yang tidak dicipta, dan satu yang maha besar. 13. Dengan cara yang sama Bapa adalah maha kuasa, Anak adalah maha kuasa, Roh Kudus adalah maha kuasa. 14. Tetapi tidak ada tiga yang maha kuasa, tetapi satu yang maha kuasa. 15. Demikian juga Bapa adalah Allah, Anak adalah Allah, Roh Kudus adalah Allah. 16. Tetapi tidak ada tiga Allah, tetapi satu Allah. 17. Demikian pula Bapa adalah Tuhan, Anak adalah Tuhan, dan Roh Kudus adalah Tuhan. 18. Tetapi tidak ada tiga Tuhan, tetapi satu Tuhan. 19. Karena sebagaimana kami didorong seperti itu oleh kebenaran Kristen untuk mengakui setiap pribadi secara terpisah / individuil sebagai Allah dan Tuhan; demikian pula kami dilarang oleh agama Katolik / universal / am untuk mengatakan bahwa ada tiga Allah atau Tuhan. 20. Bapa tidak dibuat dari apapun, tidak diciptakan, tidak diperanakkan. 21. Anak itu dari Bapa saja, tidak dibuat, tidak dicipta, tetapi diperanakkan. 22. Roh Kudus itu dari Bapa dan Anak, tidak dibuat, tidak dicipta, tidak diperanakkan, tetapi keluar. 23. Karena itu ada satu Bapa, bukan tiga bapa, satu Anak, bukan tiga anak, satu Roh Kudus, bukan tiga Roh Kudus. 24. Dan dalam tritunggal ini tidak ada yang pertama atau terakhir, tidak ada yang lebih besar atau lebih kecil. 25. Tetapi ketiga pribadi yang sama-sama kekal dan setara di antara mereka sendiri; sehingga mereka semua secara keseluruhan, seperti dikatakan di atas, baik kesatuan dalam tritunggal, maupun tritunggal dalam kesatuan, harus disembah. 26. Karena itu, ia yang ingin diselamatkan harus berpikir demikian tentang tritunggal. 27. Tetapi adalah perlu untuk keselamatan kekal bahwa ia juga percaya dengan setia / benar inkarnasi dari Tuhan kita Yesus Kristus. 28. Karena itu adalah iman yang benar bahwa kita percaya dan mengaku bahwa Tuhan kita Yesus Kristus adalah Allah dan manusia. 29. Ia adalah Allah, diperanakkan dari kekekalan dari zat Sang Bapa; manusia, dilahirkan dalam waktu dari zat ibuNya. 30. Allah yang sempurna, manusia yang sempurna, terdiri dari jiwa yang rasionil dan daging manusia. 31. Setara dengan Sang Bapa dalam hal keilahianNya, lebih rendah dari Sang Bapa dalam hal kemanusiaanNya. 32. Yang, sekalipun adalah Allah dan manusia, bukanlah dua tetapi satu Kristus. 33. Tetapi satu, bukan dari perubahan dari keilahianNya menjadi daging, tetapi dari penerimaan / pengambilan dari kemanusiaanNya kepada / ke dalam Allah. 34. Satu, sama sekali bukan karena percampuran zat, tetapi dari kesatuan pribadi. 35. Karena sebagaimana jiwa yang rasionil dan daging adalah satu manusia, demikian juga Allah dan manusia adalah satu Kristus. 36. Yang menderita untuk keselamatan kita, turun ke neraka, hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati. 37. Naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa, darimana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. 38. Pada kedatangan siapa semua manusia akan bangkit kembali dengan tubuhnya, dan akan mempertanggungjawabkan pekerjaan / perbuatan mereka sendiri. 39. Dan mereka yang telah berbuat baik akan pergi ke dalam kehidupan kekal; mereka yang telah berbuat jahat ke dalam api yang kekal. 40. Inilah iman Katolik / universal / am, yang, kecuali seseorang percaya dengan setia dan teguh, ia tidak bisa diselamatkan.


omjackD - 01/10/2012 01:00 PM
#2620

Quote:
Original Posted By ngupilman72
Sedang bicara PL kenapa jadi Taurat? atau 10 perintah Tuhan tidak ada di PL?

Kan tadi saya memberi contoh penjabaran dari hukum kasih, salah satunya ya the 10 commands.
Salah satunya loh gan, berarti 10 commands termasuk kedalam Taurat Musa, Taurat termasuk kedalam PL.

Quote:

Jadi 10 Perintah Tuhan dan Hukum-hukum yang ada di PL bukan hanya untuk orang Israel?

linux2:
bengong doang

Perjanjian Lama itu maksudnya Perjanjian antara Tuhan dan bangsa Israel.
Perjanjian Baru adalah perjanjian antara Tuhan dan seluruh Manusia.

Hukum yang dikhususkan untuk Israel di dalam Taurat adalah ini:
1 hukum perdata bangsa Israel, dan
2 hukum keagamaan Israel.
(adat istiadat)
Hukum diatas terdapat dalam di Taurat Musa (termasuk kedalam Taurat), tetapi anak2 perjanjian baru tidak perlu lagi melakukan perjanjian ini, karena sudah ditegaskan/digenapi di dalam perjanjian yang baru.

Contoh: Zinah hukumannya Rajam,
kata Tuhan Yesus: silahkan saja anda rajam, tapi anda juga harus melihat kedalam diri anda sendiri, apakah anda sudah layak merajam orang? anda sendiri hidupnya sudah suci?

10 command tidak terbatas pada Israel saja tapi semua manusia (bahkan anda juga, kecuali hari sabat), karena 10 commands adalah dasar.


PB adalah penegasan dari PL.
Page 131 of 210 | ‹ First  < 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Kristen Menjawab - Part 33