Bangka - Belitung
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Bangka - Belitung > [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
Total Views: 15141 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 166 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Mir.Jr - 04/09/2012 10:26 PM
#1
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8




[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
DILIRIK DAFTAR MENUNYA



[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

Quote:
Respect other Member metal:
Quote:
takutsPenghunitakuts
1.JackAlizar
2.bunz(^3^)
3.3palizar
4.bondol_hendra
5.Mir.Jr
6.dreamfast
7.artan.arifin










TS Sebelumnya o
ndcool
hansip
iq_balle™
hansip - 04/09/2012 10:26 PM
#2
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/14658387 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
adelpiero - 04/09/2012 10:26 PM
#3

WELCOME

[CENTER]www.bangka.go.id

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8[/CENTER]


anak2 bangka yo kite ngegosip disini, ape g jd kek diumong asal jgn soal permahoan D

mudah2an mod nd nk sticky trit ne, masa' kite kalah kek budak2 belitong iloveindonesia


Spoiler for impo jarak antar kecamatan dibangka
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8


kalo nk nyari inpo ttg bangka laangsung bai kesini infobangka.com mulai dr wisata, Akomodasi, Food & Drink, Tour & Travel, Fashion, Kesehatan, Jasa, Elektronik, Finansial, Kecantikan, Komputer, Mesin & Alat2, Entertainment, Transportasi, Otomotif, Furniture dll beer:
Mir.Jr - 04/09/2012 10:26 PM
#4

iloveindonesiaSejarah singkat mengenai Pulau Bangka iloveindonesia

Awal Mula Pulau Bangka
Spoiler for Cerita
Quote:
Pulau Bangka adalah pulau besar yang dikeliling oleh banyak pulau-pulau kecil, menyimpan banyak cerita sejarah dan peradaban yang besar sejak zaman dahulu. Letaknya yang strategis dengan kekayaan alam yang melimpah sejak pertama kali mampu direkam oleh catatan sejarah membuktikan bahwa Pulau Bangka adalah pulau yang bernilai historisitas tinggi.

Quote:
Sebagai bagian dari sejarah besar, runtutan peristiwa yang pernah terjadi yang berkaitan dengan daerah ini juga menjadi perdebatan. Tidak saja perdebatan berkaitan dengan sejarah mula secara geografis, tetapi juga interaksi masyarakat didalamnya yang masih terus diperdebatkan oleh para peneliti dan tetua masyarakat didalamnya. Perdebatan tentang asal-usul kata Bangka sendiri adalah perdebatan yang belum final hingga sekarang.

Quote:
Banyak versi yang mencoba memberikan interpretasi atas kata bangka, namun bukti fisik tentang asal-usul kata ini sendiri belum ditemukan kecuali usaha banyak ahli untuk menghubungkan analisis mereka dengan berbagai peristiwa. Versi sejarah yang tampaknya paling kuat adalah versi sejarah Kota Kapur. Ditemukannya bukti sejarah otentik berupa prasasti Kota Kapur yang berangka tahun 686 masehi memulai perdebatan tersebut secara ilimiah. Prasasti yang ditemuka di Sungai Menduk (Kabupaten Bangka Barat Sekarang) tersebut berisikan 240 kata bahasa Sanskerta. Prasasti tersebut berisi tentang peringatan kepada masyarakat di wilayah Kerajaan Sriwijaya tentang larangan untuk melakukan pemberontakan. Peringatan tersebut jelas dibuat oleh penguasa kerajaan Sriwijaya pada masa itu sehingga dipekirakan bahwa Pulau Bangka pada masa Kerajaan Sriwijaya telah menjadi pusat aktivitas yang ramai. Dalam prasasti Kota Kapur, sama sekali tidak disebutkan kata Bangka. Namun para ahli sejarah banyak menghubungkan Bahasa Sanskerta yang digunakan pada prasasti Kota Kapur dengan kata vanca yang kemudian mengalami perubahan kata menjadi Bangka tampaknya bisa diterima dengan nalar.

Quote:
Versi lain menyebutkan bahwa kata Bangka berasal dari kata Bangkai yang menunjukan bahwa kata bangka adala tempat pmbuangan bangkai pada masa penjajahan. Meski demikian, asal-usul kata ini tidak memiliki bukti ilmiah sehingga anlisis versi Kota Kapur di atas lebih bisa diterima oleh masyarakat kebanyakan. Sebuah majalah pada tahun 1846 yang bernama Tijdschrift voor Nederlandsch Indie memuat tulisan bahwa daerah yang disebut Banca adala pulau yang dulunya bernama Chinapata atau China-Batto (Chinapata diduga adala daerah yang dulu pernah dilaporkan oleh seorang pelaut bernama Jans Huyghens van Linschoteen pada tahun 1595 di Amsterdam). Dulu daerah yang disebut Banca mencakup Palembang dan meluas ke arah barat yang kemudian disebut Bangka-Hulu dan kemudian mengalami perubaha dialek menjadi Bengkulu sekarang ini. Ke arah Sumatera Timur, terdapat daerah yang bernama Bangka yang keyakinan banyak orangbtentang kemungkinan ini tidak nampak terlau besar sehingga belakangan banyak orang yang bahkan tidak pernah mendengar cerita ini.




Pulau Bangka dan Sejarah
Spoiler for Cerita
Quote:
Belanda pertama kali mendarat di Nusantara tepatnya di Banten Pulau Jawa pada tahun 1596 dibawah pimpinan Cornelis de Houtman. Cukup lama setelah itu belanda baru melirik Pulau Bangka sebaga salah satu daerah potensial penghasil timah. Ketika Belanda ingin masuk ke Pulau Bangka daerah ini masuk pada kekuasaan Kesultanan Palembang. Hubungan pertama antara VOC dan daerah Bangka Belitung terjadi pertama kalinya pada tahun 1668. Pulau Bangka pada masa itu berada dibawah kekuasaan Sultan Abdurrachman.

Quote:
Sebuah catatan kontrak antara Belanda dan Sultan Palembang pada tanggal 10 juli 1668 sebagaimana disebutkan dalam buku Kepulauan Bangka Belitung dengan editor Achmad Sahabudin, dan kawan-kawan (2003) menyebutkan bahwa Kesultanan Palembang mengakui Belanda dengan usaha monopoli timahnya dan Belanda akan mlindungi Kesultanan Palembang. Berikutnya pada tahun 1722, Kesultanan Palembang yang berada dibawah pemerintahan Sultan Mahmud Kamarudin mengadakan perjanjian yang berisi ketentuan bahwa VOC memegang hak monopoli perdagangan atas timah. Tahun-tahun setelahnya menunjukan hubungan dagang Belanda dan Kesultanan Palembang berlangsung sangat buruk, sebagai mana Ratu Mahmud Kamarudin gagal memerintah internalnya.




Awal Penambangan Timah
Spoiler for Cerita
Quote:
Penemuan timah petama kali di pulau Bangka memiliki beberapa versi. Setidaknya catatanya yang ditulis oleh Heidhues menyebutkan tiga versi penemuan, yakni pada tahun 1707, 1709, dan tahun 1711. timah pada masa awal penemuan tersebut merupakan komoditas yang sangat mudah dilihat karena timah terdapat dimana-mana. Horsfield dalam Heidhues mengatakan bahwa timah dengan mudah terlihat ketika penduduk setempat melakukan pembakaran ladang-ladang ubtuk ditanami oleh penduduk setempat. Logam timah tampak meleleh ketika penduduk melakukan pembakaran.

Quote:
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebenarnya timah pada masa awal abad ke-17 merupakan sebuah komoditas yang midah didapatkan. Hal ini menandakan betapa banyak kandungan timah yang ada di Pulau ini. Apalagi masa penambangan timah yang berlangsung selama 4 abad lebih dan hingga kini masa banyak penambangan timah yang dilakukan di berbagai tempat oleh penduduk dan beberapa perusahaan besar. Orang yang dianggap memperkenalkan penambangan timah di Pulau Bangka adalah orang-orang johor yang memiliki garis keturunan Cina yang beragama Islam dan juga merupakan kerabat Kesultanan Palembang. Abdulhayat dalam keluarga tersebut dan laki-lakinya yang bernama Wan Akub merupaka nama-nama yang banyak disebut dan dianggap merupaka orang-orang yang mempelopori penemuan timah di Mentok dan Pulau Bangka pada umumnya. Heidhues menyebutkan bahwa pada masuknya Orang-Orang johor tersebut, juga datang seorang Cina bernama Oen Asing (Boen Asiong) yang melakukan penambangan timah di kampung Belo Mentok. Orang ini pula yang melakukan berbagai macam gerakan pembaruan dalam penambangan timah. Didatangkan pada masa itu pekerja dari Cina, memperkenalkan penambangan timah dengan menggunakan mesin, teknik perapian untuk membakar timah yang lebih efisien, dan melakukan standarisasi bentuk dan berat timah.

Quote:
Pada masa ini pula penambangan timah di Bangka mengenal istilah kuli dan kongsi. Kuli dalam ejaan lama koeli berasal dari bahasa Tamil yang artinya orang yang disewa. Sedangkan kongsi berasal dari bahasa Hakka, yaitu kwung-sze yang artinya penanganan atas dasar usaha usaha dan kepentingan bersama dengan tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi bersama. Mulai dipekenalkan pula istilah tauke atau towkay yang artinya bos dan sinkeh yang artinya kuli Cina yang terikat pada tahun pertama dan bebas pada tahun kedua dan seterusnya.

Quote:
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sejarah penambangan timah pada abad ke-17 dan setelahnya adalah sejarah penambangan timah yang dilakukan oleh orang-orang Cina. Impor pekerja Cina dalam jumlah besar-besaran menyebabkan penduduk Bangka hingga sekarang juga banyak diwarnai kehidupan orang-orang Cina yang mula-mula datang untuk bekerja sebagai penambang pada akhirnya ikut memberikan andil dalam proses perkembangan kultural masyarakat lokal.

Quote:
Tidak mengherankan jika saat ini penduduk Cina di Pulau Bangka mencapai 30 persen dari total jumlah penduduk propinsi ini. Sebagai salah satu bukti bahwa masyarakat etnis Cina sudah ada sejak dulu, masyarakat etnis Cina dapat dijumpai di berbagai pelosok di daerah Pulau ini. Sebutlah misalnya Mentok, Pangkalpinang, Toboali, Sungailiat, Belinyu, Koba, Sungiselan Jebus dan kampung-kampung kawasa penambang timah berpenduduk ramai.




Penduduk Asli Pulau Bangka
Spoiler for Penduduk
1. Cina,
2. Melayu,
3. Orang Bukit (disebut juga Orang Gunung/Orang Darat),
4. Orang Laut (Orang sekak).






Sumber
3palizar - 04/09/2012 10:26 PM
#5

[quote=Seputar Informasi]
Bangka


Bangka Barat



Bangka Tengah




Bangka Selatan

[/quote]
regional.bangka - 04/09/2012 10:26 PM
#6

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8General Rules sementara Lounge anak anak bangka malu: shakehand[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

Quote:

1. NO JUNK mad: [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
(misal : greeting doang (met pagi/siang/malem semua dan sejenisnya o.......
kalo mau greeting boleh tapi pake basa basi apa gitu kek ;) :Peace\)
soalnya aye juga hobby ngakak)
intinya jangan post 1 liner doang ya malu:

2. NO EMOTICON POST ONLY army:
kecuali kalo dah nge quote 3 orang trus di kasih emo 1 1 gpp lah malu:
soalnya aye sering Peace:

3. NO barter cendol secara terbuka di tret [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
(via PM ajao biar ga ketahuan sama momod o)

4. no dopost ya mulai hari ini1 , [img]httpt://www.laymark.com/i/m/m015.gif[/img]
ga boleh lebih mad:

5. Diusahakan sebisa mungkin jangan OOT mulu[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
ngobrol kalo bisa bahasa bangka
atau seputar bangka atau kehidupan bangka atau anak2 bangka gitu deh o
paling enak seh kalo makanan bangka Peace:

6. Dilarang sara sara an mad:
dilarang menggunakan kata2 yang kasar marah[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
jadi lebih baik jangan bahas hal yang sensitif deh Peace:
kalo kelepasan tolong diedit deh malu:

7. no posting gambar segede bagong dan porno malu:[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
jangan dong o
kalo gambar pake spoileran aja deh o
bb dikit2 seh gpp lah keknya malu:

8. Kalo klonengan amat sangat wajib memperkenalkan siapa babehnya army:
kalo pura2
atau ketahuan ngobrol sama diri sendiri, maka akan dieksekusi sama id zhulato army: ngakak Peace:

9. Selamat ngaskus malu:[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

10. TS nya ganteng dan berotot loh maho ngakak

11. Tapi kerenan seh aye cool:[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

12. sehari maksimal 15 page aja ya malu:


rajin2 ya ngepost di sini [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
jangan suka ngelanggar peraturan
kalo rajin, sopan, baik hati, suka menabung, suka menolong dll
kali2 ada yang kasih cendol malu: cendolbig

pokoknya kalo secara sengaja ngelanggar peraturan bakalan kena bata/ cendol tergantung sama orang yang melanggar[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

Quote:
Original Posted By _pentana_
bun, rule nya ganti dong
no triple post, jd maks double post \)

kl perlu kaya di lasehan kg boleh dobol ngakak

sama, kl cloningan harus terdata dengan jelas. kg mo ngaku cloningan sapa bata aja o


jangan dong malu:aye kan junker sejati hobby nya hattrick ngakak
ntar kita bahas sama si rl aja deh ngakak

kalo yang clone seh setuju abis army:
adelpiero - 04/09/2012 10:26 PM
#7

pesen sikok lagi lah buat reserved o
kalo ade ape2 kelak gi edit malu:
JackAlizar - 04/09/2012 10:26 PM
#8

Quote:
Original Posted By JackAlizar
:selamat Selamat Datang di Lounge Anak Bangka:selamat
Part-8


Facebook Kaskuser Bangka Belitung


Buku Tamu
SuperPooh - 04/09/2012 10:26 PM
#9

Quote:
Original Posted By SuperPooh
"Welcome To Bangka Island"


[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8


army: Follow The Rules and Happy Posting army:
JackAlizar - 04/09/2012 10:26 PM
#10

Top10 Post Terbanyak di Lounge Bangka Part-6


[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
3palizar - 04/09/2012 10:26 PM
#11

aturan baru neh kayaknya D
TSnya langsung beda ngakaks

masih dapat gak ya?
adelpiero - 04/09/2012 10:27 PM
#12

wadaw la rumah baru e beer:
jangan terlalu ngebut lagi ok :
t34 - 04/09/2012 10:27 PM
#13

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8



بِسْــــــــــ 600;ـــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8


[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
ஜ۩*۩ஜ Lounge Anak-Anak Bangka ஜ۩*۩ஜ
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8




[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8 [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8




[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8
regional.bangka - 04/09/2012 10:28 PM
#14

ternyata masih dapet page 1 kayaknya D
ada kabar apa bangka D
kemaren kdi closed ya D
alvinogravilla - 04/09/2012 10:33 PM
#15

selamat atas rumah barunya
:selamat:selamat:selamat:selamat
ZhaaKa - 04/09/2012 10:33 PM
#16

Quote:
Original Posted By Zhaaka
Pariwisata Bangka Belitung
[youtube]y7KyFx4F1Ak[/youtube]
lena10 - 04/09/2012 10:35 PM
#17

selamat atas rumah barunya
:selamat:selamat:selamat:selamat
dnondy - 04/09/2012 10:36 PM
#18

Quote:
metal: pekiwan metal:
:selamat sulamat rumah barunya :selamat
[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

[New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8

beer: Keep Friendship From Cyber To Brotherhood beer:
ngacir:
JackAlizar - 04/09/2012 10:36 PM
#19

pesan tempat lagi, kali aja masih bisa D
nanti di edit deh malus
t34 - 04/09/2012 10:38 PM
#20

pajewan closed D
silahkan walik OK D
Page 1 of 166 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Bangka - Belitung > [New] Lounge-nya Anak-Anak Bangka - Part 8