Cirebon
Total Views: 9625 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 11 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

najong007 - 05/04/2009 01:09 AM
#1
All About Cirebon :)
PRAKATA
Quote:
Original Posted By Dzaki321

All About Cirebon :)

Kota Cirebon adalah sebuah kota mandiri terbesar ke-2 di Provinsi Jawa Barat, setelah ibu kota Jawa barat, yakni Bandung. Kota ini berada di pesisir Laut Jawa, di jalur pantura (pantai utara). Jalur pantura Jakarta-Cirebon-Semarang merupakan jalur terpadat di Indonesia. Kota Cirebon juga merupakan kota terbesar ke-4 di wilayah pantura setelah Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Karena letaknya yang sangat strategis, yakni di persimpangan antara Jakarta, Bandung, dan Semarang, menjadikan Kota Cirebon sangat cocok dan potensial untuk dijadikan lahan investasi dalam segala bidang seperti hotel, rumah makan, pusat perbelanjaan, dan pendidikan, sehingga Kota Cirebon merupakan pilihan yang sangat tepat untuk berinvestasi. Dengan didukung oleh kegiatan ekonomi yang baik dan terpadu menjadikan Kota Cirebon berkembang menjadi kota metropolitan ketiga di Jawa Barat setelah metropolitan BoDeBek (Bogor, Depok, Bekasi) yang merupakan hinterland/kota penyangga bagi ibu kota Jakarta dan Metropolitan Bandung.

Kota Cirebon merupakan pusat bisnis, industri, dan jasa di wilayah Jawa Barat bagian timur dan utara. Banyak sekali industri baik skala kecil, menengah, dan besar menanamkan modalnya di kota ini. Dengan didukung oleh banyaknya orang-orang yang bekerja, beraktifitas dan menuntut ilmu di Kota Cirebon, sekitar kurang lebih 1.000.000 orang, menjadikan Kota Cirebon lebih hidup. Pembangunan di Kota Cirebon juga menggeliat dan menunjukkan respons positif, hal ini terbukti dengan banyaknya bangunan-bangunan besar dan tinggi yang berada di jalan-jalan utama Kota Cirebon.

Saat ini, wajah Kota Cirebon telah berubah menjadi kota modern mandiri ke-3 di Pulau Jawa bagian barat setelah Jakarta dengan kota-kota satelitnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), serta Bandung dengan kota-kota satelitnya (Tasikmalaya, Cimahi, Subang, Purwakarta, Cianjur, dan Garut). Kini, pemerintah wilayah Cirebon sedang giat-giatnya mengembangkan potensi wilayah Kota Cirebon Metropolitan dengan kota-kota satelitnya (Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sebagian Jawa Tengah bagian barat yakni Tegal, Brebes, Purwokerto, dan Pekalongan). Dahulu, Cirebon merupakan ibu kota Kesultanan Cirebon dan Kabupaten Cirebon, namun ibu kota Kabupaten Cirebon kini telah dipindahkan ke Sumber.

Cirebon juga disebut dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Sebagai daerah pertemuan budaya Jawa dan Sunda sejak beberapa abad silam, masyarakat Cirebon biasa menggunakan dua bahasa, bahasa Sunda dan Jawa.





Sejarah Kota Cirebon:
Spoiler for "Sejarah"
Menurut Manuskrip Purwaka Caruban Nagari, pada abad XIV di pantai Laut Jawa ada sebuah desa nelayan kecil bernama Muara Jati. Pada waktu itu sudah banyak kapal asing yang datang untuk berniaga dengan penduduk setempat. Pengurus pelabuhan adalah Ki Gedeng Alang-Alang yang ditunjuk oleh penguasa Kerajaan Galuh (Padjadjaran). Dan di pelabuhan ini juga terlihat aktivitas Islam semakin berkembang. Ki Gedeng Alang-Alang memindahkan tempat pemukiman ke tempat pemukiman baru di Lemahwungkuk, 5 km arah selatan mendekati kaki bukit menuju kerajaan Galuh. Sebagai kepala pemukiman baru diangkatlah Ki Gedeng Alang-Alang dengan gelar Kuwu Cerbon.

Pada Perkembangan selanjutnya, Pangeran Walangsungsang, putra Prabu Siliwangi ditunjuk sebagai Adipati Cirebon dengan Gelar Cakrabumi. Pangeran inilah yang mendirikan Kerajaan Cirebon, diawali dengan tidak mengirimkan upeti kepada Raja Galuh. Oleh Raja Galuh dijawab dengan mengirimkan bala tentara ke Cirebon Untuk menundukkan Adipati Cirebon, namun ternyata Adipati Cirebon terlalu kuat bagi Raja Galuh sehingga ia keluar sebagai pemenang.

Dengan demikian berdirilah kerajaan baru di Cirebon dengan Raja bergelar Cakrabuana. Berdirinya kerajaan Cirebon menandai diawalinya Kerajaan Islam Cirebon dengan pelabuhan Muara Jati yang aktivitasnya berkembang sampai kawasan Asia Tenggara.

RIWAYAT PEMERINTAHAN

1. Periode Tahun 1270-1910.
Pada abad XIII Kota Cirebon ditandai dengan kehidupan yang masih tradisional dan pada tahun 1479 berkembang pesat menjadi pusat penyebaran dan Kerajaan Islam terutama di wilayah Jawa Barat.c Kemudian setelah penjajah Belanda masuk, dibangunlah jaringan jalan raya darat dan kereta api sehingga mempengaruhi perkembangan industri dan perdagangan.
2. Periode Tahun 1910-1937
Pada periode ini Kota Cirebon dishkan menjadi Gemeente Cheirebon dengan luas 1.100 Hektar dan berpenduduk 20.000 jiwa (Stlb. 1906 No. 122 dan Stlb. 1926 No. 370).
3. Periode Tahun 1937-1967
Tahun 1942 Kota Cirebon diperluas menjadi 2.450 hektar dan tahun 1957 status pemerintahannya menjadi Kota Praja dengan luas 3.300 hektar, setelah ditetapkan menjadi Kotamadya tahun 1965 luas wilayahnya menjadi 3.600 hektar.
4. Periode Tahun 1967-Sekarang
Wilayah Kota Cirebon sampai saat ini seluas 3.735,82 hektar. Terbagi dalam 5 kecamatan dan 22 kelurahan


Peta:
Spoiler for "Peta"
All About Cirebon :)
All About Cirebon :)


Tujuan Wisata:
Spoiler for "Tujuan Wisata"
1.Keraton Kasepuhan
All About Cirebon :)
2.Keraton Kanoman
All About Cirebon :)
3. Gua Sunyaragi
All About Cirebon :) All About Cirebon :)


Makanan Khas Cirebon:
Spoiler for "Makanan"
1. Nasi Jamblang
2. Empal Gentong
3. Docang
4. Nasi Lengko
5. Mie Koclok


site kota cirebon: http://www.cirebonkota.go.id/

Segini dulu yah,,yang mau menambahkan silahkan \)
n.b:maap kalo banyak kekuranganmalu:
najong007 - 05/04/2009 03:55 PM
#2

Quote:
Original Posted By Dzaki321
Mall dan pusat perbelanjaan

* 1. Cirebon Super Blok (CSB)
Superblock pertama dan terbesar di pusat Kota Cirebon dengan luas 6.2 hektare. megaproyek ini terdiri dari:
A. Shop Houses/Ruko dengan Konsep Tematik di Area CSB
Ruko ekslusif berdesain modern dan menarik baik eksterior maupun interiornya yang memberi nuansa elegan di setiap tipe-tipenya. Dengan jumlah total 173 unit, terdiri dari: Ruko Berry Green, ruko Green Ville, ruko Gold Sunset, ruko Orange Blossom, ruko Chelsea Blue, ruko Yellow Ribbon, ruko Gerry Red, dan ruko Bay Coral.
B. Grand Jatra Hotel Cirebon
"an exquisite atmosphere embrace you with all indulgence it can offers”. Dengan konsep 4 lantai berada di atas bangunan mall yaitu Grand Jatra Hotel. Hotel berbintang yang eksklusif dengan kamar berstandar internasional ini memiliki fasilitas terlengkap seperti swimingpool, tempat fitness gym & spa, ruang serba guna, ruang meeting, restoran internasional dan lobby lounge bar yang dibangun dan didesain untuk memanjakan para tamu yang mengutamakan kualitas dan pelayanan terbaik, ditambah dengan akses langsung ke shopping mall yang dapat memudahkan para tamu untuk berbelanja.
C. Office Park
A grandeaur Office Park with international landmark theme. Yakni sebuah Office Park lima lantai dengan desain unik, dimana terinspirasi dari berbagai elemen bangunan-bangunan monumental di dunia, seperti perpaduan gaya seni arsitektur Italia, Yunani, sampai gaya bangunan Amerika dan Timur Tengah. Dengan menghadap jalan utama Kota Cirebon, yakni jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Bangunan ini sangat menarik dan menonjol di antara bangunan-bangunan lainnya yang ada di Kota Cirebon. Office Park ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung berstandar internasional.
D. Tenda CSB
Tempat hang out muda-mudi Kota Cirebon dan sekitarnya untuk berkumpul dan menikmati wisata kuliner dengan jumlah tenant terbanyak di Jawa Barat.
E. CSB Mall, Family Shopping Mall pertama di Cirebon
CSB Mall mempunyai slogan "One Stop Shopping", yang memberikan kenyamanan dan kesenangan jadi dapat dibayangkan suatu tempat dimana dapat melakukan segala kegiatan berbelanja. Supermarket yang lengkap dengan segala kebutuhan sehari-hari, sampai toko-toko yang menyediakan segala sesuatu yang diinginkan untuk memanjakan diri dan mengikuti tren masa kini, semua tersedia di shopping mall yang akan memberi warna tersendiri pada Kota Cirebon. Dengan konsep empat lantai dengan fasilitas gedung parkir empat lantai yang dapat menampung 1.800 unit kendaraan roda empat, sehingga CSB Mall masuk dalam katagori mall kelas A, yakni setara dengan Mall Taman Anggrek, Mall Kelapa Gading dan Plaza Senayan di Jakarta. Untuk mall ini sendiri sudah bergabung: Anchor Tenant Hypermart terletak di lower ground floor, Dept. Store Matahari type A mengambil 2 lantai terletek di ground floor dan upper ground floor, Studio XXI bioskop dengan kualitas gambar dan suara terbaik saat ini. CSB Mall merupakan pusat lifestyle dan entertainment di jantung Kota Cirebon adalah bagian penting dalam kawasan bisnis terpadu Cirebon Superblok. Hypermart yang luas, pusat hiburan dan permainan keluarga dengan teknologi terbaru, toko, resto, café dan fasilitas penunjang yang lengkap akan menjadikan CSB mall sebagai tempat belanja utama masyarakat cirebon dan sekitarnya.

* 2. Grage Mall
Bertempat di Jalan Tentara Pelajar No 1 Cirebon. Grage Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan besar dengan konsep modern. akses yang mudah karena berada di pusat Kota Cirebon menjadikannya sebagai landmark Kota Cirebon. di dalamnya terdapat Food Court, Timezone, Gramedia, Matahari, Bioskop Grage 21 yang menampilkan film - film terbaru baik itu dalam negeri dan luar negeri.

* 3. Carrefour
Beralamat di Jl. Raya Cipto Mangunkusumo No 234 Kota Cirebon. Pusat perbelanjaan yang terletak persis di sebelah Cirebon Super block ( CSB ). Menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. karena letaknya berada di pusat Kota Cirebon, menjadikannya sebagai salah satu tujuan belanja favorit warga Cirebon dan sekitarnya.

* 4. Plaza Yogya Siliwangi
Plaza Yogya Siliwangi menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. Plaza Yogya Siliwangi merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

* 5. Plaza Yogya Grand center
Plaza Yogya Grand center menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. Plaza Yogya Grand center merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

* 6. Rajawali Trade Center
Bertempat di wilayah perum Kota Cirebon. Letaknya yang strategis menjadikan plaza Rajawali Trade Center sebagai tempat berbelanja. Menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbelanja.

* 7. Giant Hypermarket
Terletak di jalan By pass Kota Cirebon. Pusat perbelanjaan yang berada di sekitar area Stadion Bima, Kota Cirebon ini menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari - hari warga Cirebon. Letaknya yang sangat strategis menjadikan Giant Hypermarket cirebon menjadi salah satu tujuan belanja warga favorit warga Cirebon dan sekitarnya.

* 8. Plaza Pusat Grosir Cirebon ( PGC )
Bertempat di pasar pagi Kota Cirebon. Pusat grosir cirebon (PGC) adalah pusat perbelanjaan favorit Cirebon untuk berbelanja baju dan elektronik handphone. Setiap hari terutama pada hari - hari sabtu dan minggu serta hari - hari menjelang hari raya, PGC laris manis diserbu para pecinta fashion warga Cirebon dan sekitarnya. Lokasinya yang strategis dan harganya yang murah menjadikan PGC sebagai pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi para pelancong dari luar kota.

* 9. Asia plaza
Asia plaza menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga Cirebon dan sekitarnya. merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

* 10. Surya plaza
Surya plaza menyediakan berbagai macam kebutuhan lengkap sehari - hari warga cirebon dan sekitarnya. merupakan pilihan yang tepat untuk berbelanja.

* 11. Cirebon Mall
Beralamat di Jl Syarief Abdurahman 159 Kota Cirebon. Cirebon Mall memiliki berbagai macam toko - toko seperti toko baju, KFC, Ramayana, Toko Buku Gunung Agung, toko buku yang menyediakan berbagai macam buku dan keperluan warga cirebon, dan bioskop 21 yang memiliki berbagai macam film - film terbaru baik itu luar negeri maupun dalam negeri.

* 12. Ace Hardware Cirebon
Beralamat di Jl. Syarief Abdurachman No. 36A kota Cirebon. Ace Hardware Cirebon adalah sebuah toko perkakas modern yang hadir di kota Cirebon. Menyediakan berbagai macam kebutuhan perkakas bagi warga cirebon dan sekitarnya. Karena letaknya yang strategis yakni didepan Cirebon Mall dan berkualitas, menjadikan Ace Hardware Cirebon menjadi tempat tujuan favorit warga Cirebon dan sekitarnya seperti Indramayu, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, dan Majalengka untuk membeli berbagai macam perkakas.

* 13. Ramayana di Cirebon Mall
Bertempat di lantai dua, Cirebon Mall. Ramayana menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti pakaian, aksesori, sepatu, dan lain - lain. Ramayan menjadi salah satu tempat tujuan para pecinta fashion warga Cirebon.

* 14. Matahari di Grage Mall
Bertempat di lantai satu dan dua, grage mall. Matahari menyediakan berbagai macam kebutuhan fashion lengkap bagi warga Cirebon. Matahari menjadi salah satu tempat tujuan para pecinta fashion warga Cirebon.
PrimaXP - 05/04/2009 04:48 PM
#3

ari ning cirebon sih apa jare b*****, ya bli maju2...mad:
pantai kejawanan tuh, potensi gede wisata bahari...
gak diurus...
hammer:
Sonic.Gear - 06/04/2009 05:23 AM
#4

juragan cirebon numpang tanya dong. toko komputer di cirebon yang ok dan murah serta lengkap dimana yah juragan? thx
kambingoranye - 06/04/2009 05:38 AM
#5

Quote:
Original Posted By najong007
maen tebak-tebakan tentang cirebon yuk \)

yang bener pertama dikasih cendol +1 nihD

Spoiler for "Tebakan"
All About Cirebon :)
dimanakah ini+jualan apa?? D


mang ddddoooeeelll!!!

D
najong007 - 06/04/2009 05:40 AM
#6

Quote:
Original Posted By Sonic.Gear
juragan cirebon numpang tanya dong. toko komputer di cirebon yang ok dan murah serta lengkap dimana yah juragan? thx


hmm..
ini setau saya aja yahmalu:

di panjunan
(banyak toko komputer disana)

silahkan kalo ada yang mau menambahkan ato mengoreksi\)
kambingoranye - 06/04/2009 05:40 AM
#7

Quote:
Original Posted By Sonic.Gear
juragan cirebon numpang tanya dong. toko komputer di cirebon yang ok dan murah serta lengkap dimana yah juragan? thx


cirebon gak ada yang murah!

serius

kalo mau nyoba, ada toko namanya PETRA, ntu toko bisa dibilang toko komputer pertama di cirebon yep.

kemarin, pas ram komputer rusak, trus bener2 butuh banget.
kampret... ram 1gb merek legend hargany 250ribu, gara2 butuh banget jadi beli.

aslinya di jogja, ntu cuman 120an serius

mending beli di bandung aja deh, jangan di cirebon.
najong007 - 06/04/2009 05:42 AM
#8

Quote:
Original Posted By kambingoranye
mang ddddoooeeelll!!!

D


kurang satu tuh tebakannyap

jualan apa?? D
mount4iners - 06/04/2009 09:33 AM
#9

ya wis jelas lah

mang doel ya ngedol sega jamblang D
PrimaXP - 06/04/2009 10:07 AM
#10

Yup...
nasi jamlang mang doel.... dodolan sega jamblang tentunya....

tentang toko komputer, klo gak kepaksa2 amat, mending beli di bandung aja deh...
nutup kok ongkos bolak balik Crb-bandung nya....
tapi kllo kepasksa yah boleh dicoba dwi jaya...
skarang punya cabang di Grage Mall, klo beli flasshdisk2 doank mah itungannya lumayan murah...
jarwosugiman - 06/04/2009 11:10 AM
#11

Quote:
Original Posted By PrimaXP
Yup...
nasi jamlang mang doel.... dodolan sega jamblang tentunya....

tentang toko komputer, klo gak kepaksa2 amat, mending beli di bandung aja deh...
nutup kok ongkos bolak balik Crb-bandung nya....
tapi kllo kepasksa yah boleh dicoba dwi jaya...
skarang punya cabang di Grage Mall, klo beli flasshdisk2 doank mah itungannya lumayan murah...


iya Dwi Jaya bagus tuh...

komputer ane bertahan 6 tahun beli di sana...
great_vaa - 06/04/2009 02:31 PM
#12

ning cerbon ari tuku peripheral komputer edan2an harganya nohope:


klo mo bangun 1 kompie mending langsung jkt deh, ato ga pesen aja lewat bhinneka.com \)
PrimaXP - 06/04/2009 03:42 PM
#13

Quote:
Original Posted By great_vaa
ning cerbon ari tuku peripheral komputer edan2an harganya nohope:


klo mo bangun 1 kompie mending langsung jkt deh, ato ga pesen aja lewat bhinneka.com \)

pesen di bhinneka bukannya sama aja mahallnya?

mending ke bandung sih biar irit ongkos mah....
startrekshrine - 10/04/2009 05:31 AM
#14

Quote:
Original Posted By great_vaa
ning cerbon ari tuku peripheral komputer edan2an harganya nohope:


klo mo bangun 1 kompie mending langsung jkt deh, ato ga pesen aja lewat bhinneka.com \)


mending tuku ning kene http://www.viraindo.com/
hargae murah2, top maning.. temene kita tes tuku, manteb lahh.. cm abis 13jt ama semuanya..
afterblind - 10/04/2009 12:41 PM
#15

lagi pada ngomongin komputer tah? D

emang ning cerbon larang kabeh, wonge beli waras kabeh..aneh..
untung skrg ada bec..jadie plesir sekalian beli2 peripheral kompi..
PrimaXP - 10/04/2009 02:03 PM
#16

yah, mau gimana lagi...
pasaran harga komputer cepet banget fluktuatifnya...
kmaren aja gw disini nanya axioo Pico yang hardisk 120GB, ditawarin 4,8jt..
padahal di bandung 4,2 dapet yang 160GB, yang 250GB 4,9 jt... hammer:
Sonic.Gear - 10/04/2009 03:28 PM
#17

kalo toko komputer yang calvin digital di cirebon adakan bos? itu harganya ok gak?
PrimaXP - 10/04/2009 11:31 PM
#18

Quote:
Original Posted By Sonic.Gear
kalo toko komputer yang calvin digital di cirebon adakan bos? itu harganya ok gak?

waduhhh...
namanya aja baru denger...
alamatnyaemang dimana bro???
madorax - 11/04/2009 12:08 AM
#19

laah.... kok gw baru tau kaskus dah resmi bikin regional Cirebon... hammer:

pantau dulu ah... D


btw yg di hal depan perlu diralat dikit tuh...

makanan khas cirebon, tahu gejrot tidak termasuk, karena aslinya dari bandung... coba deh tanya mbah2 sing wis tua... o

Peace:
najong007 - 11/04/2009 03:45 AM
#20

Quote:
Original Posted By madorax
laah.... kok gw baru tau kaskus dah resmi bikin regional Cirebon... hammer:

pantau dulu ah... D


btw yg di hal depan perlu diralat dikit tuh...

makanan khas cirebon, tahu gejrot tidak termasuk, karena aslinya dari bandung... coba deh tanya mbah2 sing wis tua... o

Peace:


makasih kang\)

akan segera dihapusshakehand
Page 1 of 11 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›