Cirebon
Total Views: 9625 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

najong007 - 09/08/2009 12:04 AM
#41

credits to gagahpideksa thumbup:

cendolb menantiD

Quote:
Original Posted By gagahpideksa
All About Cirebon :)

Tari topeng dari Cirebon, merupakan salah satu tarian khas Cirebon.Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng disaat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Ada bebrapa jebis tarian topeng Cirebon,diantaranya adalah

•Tari Topeng Panji•

Menggambarkan kesucian manusia yang baru lahir. Gerakannya halus dan lembut. Tidak seluruh tubuh digerakan.

Spoiler for Topeng Panji

All About Cirebon :)

All About Cirebon :)


•Tari Topeng Samba•

Berasal dari kata SAMBANG atau SABAN yang artinya setiap. Maknanya bahwa setiap waktu kita diwajibkan mengerjakan segala Perintah- NYA. Sedangkan Pamindo artinya Diduakalikan (Dipindoni), maknanya bahwa disamping mengerjakan perintah – NYA, kita juga perlu melaksanakan hal –hal yang sunnah

Spoiler for Topeng Samba

All About Cirebon :)

All About Cirebon :)


•Tari Topeng Rumyang

Berasal dari kata Arum / Harum dan Yang / Hyang (Tuhan).Maknanya bahwa kita senantiasa mengharumkan nama Tuhan yaitu dengan Do’a dan dzikir

Spoiler for Topeng Rumyung

All About Cirebon :)

All About Cirebon :)


•Tari Topeng Temenggung•

Memberikan kebaikan kapada sesama manusia, saling menghormati dan senantiasa mengembangkan silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh


Spoiler for Topeng Temanggung

All About Cirebon :)


•Tari Topeng Kelana•

Kelana artinya Kembara atau Mencari. Bahwa dalam hidup ini kita wajib berikhtiar

Spoiler for Topeng Kelana

All About Cirebon :)

All About Cirebon :)


Spoiler for Bonus

All About Cirebon :) All About Cirebon :)

All About Cirebon :) All About Cirebon :)
bang_jamz - 18/08/2009 10:36 AM
#42

ikut meramaikan "tentang" Cirebon

Pasar Kue Plered
Spoiler for Pasar Kue Plered
salah satu cullinary yang khas di Cirebon yang seringkali orang adalah Pasar Kue Plered.

tempat yang saat ini sering bikin macet jalanan menuju Bandung/Jakarta ini sebenarnya memiliki nilai sejarah juga. zaman dahulu, pasar kue ini pada awalnya adalah tempat belanja kue kue orang keturunan Tionghoa dan orang Belanda. karena mereka gemar pesta dengan sajian kue-kue kecil. dan tradisi ini berlanjut hingga saat ini pasar kue tradisional di daerah Plered dan sekitarnya menjadi semakin ramai. akan tetapi saat ini Pasar Kue ini lambat laun mulai tergeser dengan produsen makanan ringan dalam jumlah besar. seperti makanan ringan dalam kemasan dan sebagainya.

[spoiler=pendapat saya]
persaingan yang semakin ketat membuat beberapa pengusaha nakal menjual produk makanan ringan kadaluarsa. sebenarnya pada awalnya makanan kadaluarsa ini diperuntukkan sebagai pakan ternak. tetapi sekarang juga ada yang dijual kepada publik. hal ini membuat nama pasar kue plered semakin tercoreng, dan lambat laun mulai tidak dipercaya oleh sebagian orang

[/spoiler]

Taman Ade Irma Suryani

Spoiler for Taman Ade Irma

Dahulu taman ini bernama taman Traffic Garden Cirebon. Sejak tahun 1966 berubah menjadi taman Ade Irma Suryani Nasution. Taman ini merupakan satu-satunya taman rekreasi dan taman bermain di kota Cirebon.
Taman Ade Irma Suryani terletak berdampingan dengan pelabuhan Cirebon dengan lokasi di pinggir laut pantai utara Cirebon memiliki area + 2,5 Ha. Taman hiburan ini merupakan satu-satunya tempat hiburan dan rekreasi keluarga dekat pantai kota Cirebon yang menyediakan fasilitas permainan anak-anak, kebun binatang, wisata bahari/pantai dan sarana penunjang lainnya, acara rutin pada tiap hari Minggu berupa hiburan acara musik dengan didukung oleh artis-artis yang terkenal termasuk acara dalam bentuk perlombaan bagi anak-anak sekolah menjelang libur.
Kawasan wisata Ade Irma NAsution bisa dikembangkan baik oleh investor dalam negeri maupun dari luar negeri karena dapat menyedot wisatawan baik dari Jawa Tengah maupun dari Jawa Timur.

[spoiler=sumber]http://www.potlot-adventure.com/2009/03/07/taman-ade-irma-suryani/


Spoiler for pendapat saya

taman ade irma suryani atau sering disebut "ade irma" saat ini dalam kondisi "sekarat". jika teman2 melihat kondisi taman ade irma sekarang, mungkin banyak yang prihatin. taman yang kotor, peralatan yang usang dan berkarat (bagusnya di rongsok aja), kolam yang penuh lumut, dan lain sebagainya adalah gambaran kecil dari kondisi taman ade irma saat ini. padahal taman ade irma memiliki potensi yang besar jika melihat posisinya di dekat pantai Cirebon, yang mana dapat menyedot wisatawan domestik dari wilayah 3.

menurut Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon, Maman Suparman, mengatakan untuk revitalisasi Taman Ade Irma sesuai site plan, dibutuhkan biaya mencapai Rp20 miliar.[spoiler=sumber]http://www.beritacerbon.com/berita/2008-09/revitalisasi-taman-ade-irma-butuh-r p20-m


sayang sekali realisasinya mungkin masih "lama" entah kapan
[/spoiler]
[/spoiler]

Muludan

Spoiler for Muludan
isi pesan Muludan artinya merayakan mulud yang berasal dari bahasa arab Maulid yang artinya kelahiran. Bulan ini adalah kelahiran Kanjeng Rasulullah Muhammad saw pada tanggal 12 Robi'ul Awal. Bulan Mulud adalah bulan ke tiga dalam perhitungan kalender Islam Jawa. Di bulan ini biasanya ramai terutama di pusat pemerintahan dijaman Kasultanan Cirebon.

Sperti di kraton-kraton lainnya di tanah Jawa, di Cirebon juga diadakan acara yang dinamakan Grebeg Mulud yang lebih dikenal dengan sebutan "Panjang Djimat". Acara ini diadakan oleh tiga Keraton, yaitu Kasepuhan , Kanoman, Kacirebonan pada tepat tgl 12 Mulud. Acara ini cukup cukup menarik perhatian masyarakat terutama masyarakat di sekitar kota Cirebon.

Suasana acara Panjang Djimat seolah-olah melambangkan kehamilan dan kelahiran yang di ekspresikan dengan simbol-simbol. Kelahiran dari Rasulullah Muhammas saw. Prosesi Panjang Djimat diawali dari Keraton yang nantinya diiringi iring-ringan yang membawa Panjang Djimat dan beberapa pusaka dari Bangsal Agung Panembahan ke Langgar Agung pada tepat pukul Sembilan malam dan kemabli pukul sebelas ke Bangsal Agung Panembahan. Di Langgar Agung sebelum kembali ke Bangsal Agung diadakan acara Aysraqalan yang di pimpin oleh Penghulu Keraton. Sega Rasul (Panjang Rasul) kemudian akan di bagikan kepada yang hadir disitu dan biasanya orang-orang akan berebutan untuk mengambil bagian walaupun hanya sedikit, yang mereka yakin mengandung Barakah. Persiapan semua prosesi dimulai dari hari ke limabelas bulan Sura dengan membersihkan beberapa bagian Keraton dan pusaka-pusaka yang di lakukan oleh para abdi dalem (orang-orang yang mengabdi ke keratin tanpa di bayar).

Panjang Djimat sendiri berupa piring lodor besar buatan china yang berdekorasi Kalimat Syahadat bertulisakan huruf Arab yang diyakini dibawa langsung oleh Sunan Gunung Djati. Sebanarnya acara panajng djimat ini sendiri hanya mengingatkan kita bahwa Panjang Djimat berarti; Panjang berarti dawa (panjang) tak berujung, Djimat berarti Si (ji) kang diru (mat). Artinya tulisan Syahadat yang tertulis di piring tersebut supaya selalu kita pegang selamanya sebagai umat muslim hingga akhir hayat.

Iring-iringan itu sendiri pada dasarnya melambangkan moment kelahiran Nabi Muhammad saw. Dianataranya ada 19 bagian penting dalam iring-iringan tersebut. Satu bagian diikuti oleh bagian lainnya dan masing-masing bagian ada seorang yang membawa lilin-lilin. Pertama seorang pria yang membawa sebatang lilin di tangannya yang berperan sebagai pelayan (Khadam) berjalan memberikan cahaya ke bagian kedua diikuti dua orang pria. Salah seorang pria membawa sesuatu yang menggambarkan sosok Abu Thalib (paman Rasul) dan pria kedua menggambarkan Abdul Al0Muthalib (kakek Rasul). Mereka berjalan di malam hari untuk di berikan ke midwife. Selanjutnya ada salah satu grup pria yang membawa dekorasi yang di sebut Manggaran, Nagan dan Jantungan yang melambangkan kebaikan Abdul Al-Muthalib, Seorang wanita membawa Bokor Kuningan yang terisi dengan koin-koin didalamnya yang melambangkan sifat ibu Rasul, selanjutnya diikuti seorang wanita yang membawa nampan yang terdiri dari botol berisi Lenga Mawar (distilasi bunga mawar) yang melambangkan Air Ketuban. Sebuah nampan yangh terdiri dari kembaang Goyah, Obat tradisonal melambangkan Plasenta. Penghulu Keraton bertindak seolah-olah memotong ari-ari.

Selanjutnya inti dari Panjang Djimat tersbut terdiri dari dua belas acara yang melambangkan 12 Rabi'ul Awwal atau Mulud yang merupakan hari kelahiran Rasulullah yang misinya membawa Kalimat Syahadat. Masing-masing piring dibawa oelh dua orang yang di iringi dua orang pengawal, semua yang membawa piring-piring tersebut di biasa dipanggil Kaum Masjid Agung, Panjang Djimat adalah tujuh angka penting. Kalimah Syahadat membawa setiap orang untuk menuntun ke tujuh tingkatan atau di Cirebon dikenal dengan Martabat Pitu yang merupakan doktrin dari tarek Syattariyah. Kembali ke prosesi ada dua orang pria yang membawa sejenis termos yang berisi bir untuk mengumpulkan darah setelah melahirkan, diikuti dua orang pria yang masing-masing membawa nampan dengan botol yang berisi jenis bir yang lain yang melambangkan kotoran saat melahirkan. Sebuah pendil yang berisi Sega Wuduk (nasi uduk) di bawa oleh seorang pria yang melambangkan betapa susahnya saaat melahirkan. Selanjtnya diikuti dengan Nasi Tumpeng dengan bekakak ayam yang di sebut dengan Sega Jeneng yang melambangkan Syukuran (Selametan) lahirnya seorang bayi. Selametan pada saat di berikan nya nama untuk seorang bayi yang biasanya pada saat ari-ari sang bayi mongering dan lepas (Puput). Tiga bagian terakhir pertama adalah delapan Cepon (wadah yang terbuat dari bambu) yang melambangkan delapan sifat Rasul. Empat sifat pertama adalah Sidiq (Cerdas), Amanah (Dipercaya), Tabligh (Menyampaikan), Fathonah(pintar), kempat sifat ini disebut sifat Wajib yang dimiliki Rasul. Dan keempat lainnya adalah sifat yang tidak dimiliki oleh Rasul yaitu Kidzib, Khianat, Kitman dan Baladah. Masing-masing Cepon penuh dengan beras yang menandakan Kemakmuran dan Yang Maha Kuasa memberikan naungan keseluruh alam (Rahmatan lil-'Alamin). Selanjutnya diikuti empat buah Meron atau Tenong (wadah besar bebentuk bundar) menandakan manusia terdiri dari empat elemen, Tanah, Air, Udara dan Api. Ada sumber yang mengatakan bahwa keempatnya adalah empat sahabat kalifah Abu Bakr, Umar, Ustman dan Ali. Selanjutnya diakhiri dengan empat Dongdang (wadah besar) yang melambangkan spiritual manusia yang terdiri dari Ruh, Kalam, Nur dan Syuhud yang nenandakan Keagungan Tuhan. Ada juga yang mengatakan keempat-empatnya adalah melambangkan empat Madzhab: Maliki, Syafi'I, Hanafi dan Hanbali.

Beberapa daerah juga merayakan acara Muludan ini dengan prosesi yang berbeda, akan tetapi biasanya acara membersihkan pusaka yang disaksikan oleh khalayak ramai seperti di Astana Gunung Djati pada tanggal 11, di Desa Panguragan pada tanggal 12, di desa Tuk pada tanggal 17 dan desa Trusmi pada tanggal 25 di bulan Maulud ini.

[spoiler=sumber]http://carubannagari.blogspot.com/2008/03/muludan.html


Spoiler for pendapat saya

muludan menurut saya hanyalah suatu event tradisi dari budaya yang turun temurun. beberapa tradisi tentunya tidak semua adalah benar. dalam hal ini, ada sebagian tradisi atau adat yang menurut saya (IMHO) malah mengundang kemusyrikan (maaf no offense). selain ini acara muludan mengapa tetap dipertahankan, karena saat ini hanyalah sebagai prospek bisnis saja, seperti berjualan pangan dan sandang, dan acara hiburan.

seringkali intisari acara muludan ini justru dilupakan oleh masyarakat sekitar, dikarenakan kurangnya apresiasi masyarakat pada umumnya terhadap suatu nilai sejarah dari suatu kejadian atau event
[/spoiler]
bang_jamz - 18/08/2009 10:43 AM
#43

TEMPAT WISATA Di Sekitar Wilayah III Cirebon

Spoiler for tempat wisata lain


Gronggong
[spoiler=gronggong]GRONGGONG

terletak di antara Cirebon-Kuningan. tempat ini diibaratkan "Lembang"nya Cirebon
pemuda-pemuda banyak yang berkumpul, bahkan berdua-duaan disini karena tempat yang memadai (gelap, memandang city light Cirebon yang "agak" romantis


Curug Sidomba (Air Terjun Sidomba)
Spoiler for Curug Sidomba

Curug Sidomba merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di kaki gunung Ciremai. Berlokasi di desa Peusing kecamatan Jalaksana yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Kuningan Jawa Barat.
'Curug' diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun, dan 'Sidomba' dari nama binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak terdapat domba yang memiliki tanduk lebih dari dua. Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 meter. Curug ini merupakan salah satu curug buatan di sungai yang jalurnya tepat mengalir di daerah ini, airnya cukup jernih, dingin dan segar bersumber dari mata air gunung Ciremai, sungai Curug Sidomba dibendung dan terdapat berbagai macam ikan, seperti ikan mas, dan ikan 'Kancra Bodas'.
Percaya atau tidak konon ikan 'Kancra Bodas' tidak bisa ditangkap, ketika dikuras ikan-ikan ini menghilang tidak diketemukan. Ada aturan bagi pengunjung untuk tidak bolehkan memberi makan atau memancing ikan di area ini dan juga tidak diperbolehkan untuk berkata yang kasar, menurut penjaganya bakal ada akibatnya.
Seperti layaknya daerah wisata yang lain, Curug Sidomba dilengkapi oleh fasilitas restaurant, 'saung' dan arena bermain anak, di area ini juga tersedia camping ground yang banyak digunakan oleh sekolah - sekolah untuk mengadakan perkemahan di objek wisata ini, dilokasi ini terdapat Mesjid megah dengan satu menara ASMA’UL HUSNA, untuk menuju menara melaui tangga dengan jumlah 99 anak tangga. dari atas menara, anda dapat melihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayah masih rindang dengan pohon - pohon besar.

sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Air_terjun_Sidomba


Waduk Darma
Spoiler for Waduk Darma

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon .
Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Apalagi diwaktu senja hari di Waduk Darma. Fasilitas yang tersedia : • Areal kemping • Kolam Renang Anak-anak • Perahu Motor • Cottage, dll

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Waduk_Darma

[/spoiler]




Maaf Tidak Ada Poto.

Enjoy ! beer:beer:
syubidup - 20/08/2009 03:58 PM
#44

Primisi...

kmaren 17 baru ning cerbon.

Wis ana Giant di deket stadion BIMA. Buuseeettt.. penuh amat parkirannya...


cirebon menjelang mudik pasti rame, soale dadi salah satu tempat pemantauan arus mudik D
horseshoe - 21/08/2009 02:23 AM
#45

tahu gejrot belum gan....thumbup:
update cuy tritnya..;)
nduhjap - 28/08/2009 12:42 AM
#46
Bangga Jadi Warga Cirebon
Buat Gw, Cirebon punya banyak potensi.
hal - hal apa sajakah yang bisa kita banggakan dari Kota Kita yg tercinta ini.
Monggo di share akang yayu sedulur kabeh..
nduhjap - 28/08/2009 12:43 AM
#47
No PertamaX
Pariwisata :
1. Gua Sunyaragi
2. Kejawanan Beach
3. ...

Modern Market
1. Yogya
2. Surya
3. Asia
4. Grage
5. Carefour
6. Giant
7. ...

Hotel
1. Triyas
2. Bentani
3. Kharisma
4. ...

Tempat Hiburan
1. Mithas
2. T7
3. Ayano
4. Panda
5. Liberty
6. Lido
7. ...

Fasilitas Umum
1. Stadion Bima
2. Stasiun Kejaksan
3. Bandara Penggung
4. Pelabuhan

Silahkan Tambahin agar kita jadi Bangga menjadi warga Cirebon
kiss
I Love Cirebon Full
kurang_waras - 28/08/2009 06:17 PM
#48

Quote:
Original Posted By nduhjap
Pariwisata :
1. Gua Sunyaragi
2. Kejawanan Beach
3. Keraton kesepuhan & kanoman
4. Makam Sunan Gunung Jati
5. ...

Modern Market
1. Yogya
2. Surya
3. Asia
4. Grage
5. Carefour
6. Giant
7. ...

Hotel
1. Triyas
2. Bentani
3. Kharisma (wis tutup)
4. Prima (dudu PrimaXP p Peace: )
5. Zamrud
6. Santika
7. Grage
8. ...

Tempat Hiburan
1. Mithas
2. T7
3. Ayano
4. Panda
5. Liberty
6. Lido
7. ...

Fasilitas Umum
1. Stadion Bima
2. Stasiun Kejaksan
3. Bandara Penggung
4. Pelabuhan
5. Terminal Harjamukti
6. ...

Silahkan Tambahin agar kita jadi Bangga menjadi warga Cirebon
kiss
I Love Cirebon Full


Nambahaken setitik o
d'bronx - 01/09/2009 05:26 PM
#49

Quote:
Original Posted By najong007
maen tebak-tebakan tentang cirebon yuk \)

yang bener pertama dikasih cendol +1 nihD

Spoiler for "Tebakan"
All About Cirebon :)
dimanakah ini+jualan apa?? D


Iku mah ning nasi jamblang mang dul ning gunung sari.....

Ditunggu cendolnya ya juragan ....o
d'bronx - 01/09/2009 05:28 PM
#50

Quote:
Original Posted By syubidup
Primisi...

kmaren 17 baru ning cerbon.

Wis ana Giant di deket stadion BIMA. Buuseeettt.. penuh amat parkirannya...


cirebon menjelang mudik pasti rame, soale dadi salah satu tempat pemantauan arus mudik D


Waaaaaahhh......isun durung balik2 kih....
Iku GIANT ne ning blah endi sih?
najong007 - 01/09/2009 10:57 PM
#51

Quote:
Original Posted By d'bronx
Iku mah ning nasi jamblang mang dul ning gunung sari.....

Ditunggu cendolnya ya juragan ....o


hammer:
udah lewat lama om kuisnyapmalu:Peace:

tapi ntar deh saia kasih cendolb..
asal sering ngepost di regional cirebon yak\)
shakehand

Quote:
Original Posted By d'bronx
Waaaaaahhh......isun durung balik2 kih....
Iku GIANT ne ning blah endi sih?


sebelahe stadion bima..
umahe agan ning endi kih??D
horseshoe - 03/09/2009 12:52 AM
#52

Quote:
Original Posted By najong007
hammer:
udah lewat lama om kuisnyapmalu:Peace:

tapi ntar deh saia kasih cendolb..
asal sering ngepost di regional cirebon yak\)
shakehand



sebelahe stadion bima..
umahe agan ning endi kih??D

crebon makin maju aja ya...ck:
najong007 - 03/09/2009 01:01 AM
#53

Quote:
Original Posted By horseshoe
crebon makin maju aja ya...ck:


iya angD
cuman ya dadi tambah sumpeknohope:
aying - 04/09/2009 11:23 PM
#54

Quote:
Original Posted By great_vaa
ciledug perbatasan majalengka ya?? bukannya ciledug perbatasan kuningan dan jawa tengah confused: setau gw tahu gejrot dari daerah ciledug yg timur itu (perbatasan majalengka dan kuningan) a.k.a sindanglaut.


tul ganz...emang kl ga salah seh ciledugnya daerah sindang laut..bukan daerah majalengka...
maap kl salah ya kang..
d'bronx - 06/09/2009 11:50 AM
#55

Quote:
Original Posted By najong007
hammer:
udah lewat lama om kuisnyapmalu:Peace:

tapi ntar deh saia kasih cendolb..
asal sering ngepost di regional cirebon yak\)
shakehand



sebelahe stadion bima..
umahe agan ning endi kih??D


Upsssss.....sori oom....baru liat soalna...malu:

Cendol uda ane trima oom...o

Makasih yaa....D


Isun mah umahe ning siliwangi oom....cuman sekien lagi golet duit ning bdg.....
Pasti lah sring mantau ning kene...

Lam kenal oom....shakehand


Maju terus Cerbon......All About Cirebon :)
najong007 - 06/09/2009 12:22 PM
#56

Quote:
Original Posted By d'bronx
Upsssss.....sori oom....baru liat soalna...malu:

Cendol uda ane trima oom...o

Makasih yaa....D


Isun mah umahe ning siliwangi oom....cuman sekien lagi golet duit ning bdg.....
Pasti lah sring mantau ning kene...

Lam kenal oom....shakehand


Maju terus Cerbon......All About Cirebon :)


lam kenal jugashakehand

mudik gak nanti??D
mau ikut acara baksos anak-anak regional cirebon gak??D
ke sini aja gan
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2287835
d'bronx - 06/09/2009 12:52 PM
#57

Quote:
Original Posted By najong007
lam kenal jugashakehand

mudik gak nanti??D
mau ikut acara baksos anak-anak regional cirebon gak??D
ke sini aja gan
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2287835


Mudik donkk.....tapi ane brgkt pas hari lebaran pertama oom...o


Cek TKP dulu oom....__________________ngacir:
thembelex - 01/03/2010 07:33 AM
#58
[Info]Asal nama Cirebon
Cirebon terdiri dari dua suku kata Ci dan Rebon. Kata yang berasal dari bahasa Sunda. Kata "Cai" (air) dan Rebon (Udang). Konon dulu Cirebon dikenal sebagai penghasil petis dan terasi dan dikenal hingga ke pedalaman Jawa barat, sehingga orang-orang Sunda mengenal nya dengan Cai-rebon. Alternatif lain berasal dari kata "Caruban" yang berati campuran, karena Cirebon sendiri terdiri dari berbagai macam suku dari Jawa, Melayu, Sunda, Cina dan Arab. Sebutan Cirebon menjadi terkenal dengan Cirbon, Crebon, Cerbon. Terutama orang-orang lokal disana menyebutnya demikian.

Cirebon didirikan pada hari Kamis 8 April 1445M atau bertepatan dengan tanggal 1 sura 1367 di daerah yang sekarang dengan sebutan Lemahwungkuk oleh Mbah Kuwu Cirebon atau Pangeran Walangsungsang atau bergelar Pangeran Cakrabuana. Pada tahun tersebut penghuni di Cirebon terdiri dari 346 orang.

Dibangun nya Kraton Pakungwati (yang sekarang di kenal dengan Kraton Kasepuhan) pada tahun 1451 saka (Tunggal Tata Gunaning Wong) atau tahun 1529Masehi.
stihinggil Kasepuhan di bangun tahun 1347 saka (Banteng Tinata Bata Kuta)atau 1425 Masehi

Masjid AGung sang Ciptarasa dibangung 1498M dengan arsitek Raden sepet dari Majapahit.

Kraton kanoman di bangun tahun 1510 saka atau 1588Masehi.

hanya berbagi info buat kaskuser....beer:
gembol-gembol - 01/03/2010 08:00 AM
#59

nice inpo beh....beer:
KlonenganXP - 01/03/2010 09:30 AM
#60

Quote:
Original Posted By gembol-gembol
nice inpo beh....beer:

monolog jeh...nohope:

Ky de javu ma tritny najong yg dulu... bingungsAll About Cirebon :)
Page 3 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›