Cirebon
Total Views: 9625 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›

moskwar - 03/08/2010 08:10 PM
#81
Suku Bangsa Ini Bernama Cirebon
sekedar share gan dari pendatang baru di FR Cirebon.ada yang menarik untuk di bahas nih gan...

Suku Bangsa Ini Bernama Cirebon
Laporan wartawan KOMPAS Timbuktu Harthana
Selasa, 3 Agustus 2010 | 12:34 WIB
Dian Anditya Mutiara
Gerbang masuk ke Keraton Kanoman

CIREBON, KOMPAS.com — Cirebon sekarang dikategorikan sebagai suku bangsa tersendiri, lepas dari suku Sunda ataupun Jawa. Hal ini akan semakin menguatkan masyarakat Cirebon yang memiliki identitas khusus yang berbeda dengan budaya Sunda dan Jawa.

Menurut Erna Tresna Prihatin selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon, pengakuan keberadaan suku Cirebon terlihat ketika sensus penduduk 2010. Pasalnya, dalam kolom pertanyaan suku bangsa, terdapat kolom khusus suku Cirebon yang sebelumnya tidak pernah ada. Dengan demikian, suku bangsa Cirebon sudah diakui sebagai suku bangsa sendiri, tidak menginduk ke suku Jawa ataupun Sunda.

"Indikator itu dilihat dari bahasa daerah yang digunakan warga Cirebon tidak sama seperti bahasa Jawa atau Sunda. Masyarakat Cirebon juga punya identitas khusus yang membuat mereka merasa sebagai suku bangsa sendiri," ujar Tresna, Selasa (3/8/2010). Keberadaan keraton di Cirebon sejak abad ke-15 diyakini menjadi dasar terbentuknya suku Cirebon.

Penunjuk lainnya yang mencirikan seseorang sebagai suku Cirebon adalah dari nama-namanya yang tidak seperti orang Jawa ataupun Sunda. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa menjelaskan tentang karakteristik identik tentang suku Cirebon. Untuk menelusuri kesukuan seseorang, hal itu bisa dilakukan dengan garis keturunan ayah kandungnya. Selain itu, jika orang itu sudah merasa memiliki jiwa dan spirit daerah itu, kata Tresna, maka dia berhak merasa sebagai suku yang dimaksud.


Sumber ning kene kang


gimana menurut agan sekalian?

kayaknya menarik untuk di bahas disini gan...pro kontra dan hikmahnya silahkan share disini gan. klo ane seneng2 aja gan,akhirnya di akuin juga D
najong007 - 03/08/2010 09:05 PM
#82

Quote:
bahasa daerah yang digunakan warga Cirebon tidak sama seperti bahasa Jawa atau Sunda

bener banget:toast
moskwar - 03/08/2010 11:03 PM
#83

Iya gan,jadi orang ga bingung lagi ntarDAll About Cirebon :)
sakabat0 - 03/08/2010 11:48 PM
#84

iya jeh ! maho
raikouMAster - 04/08/2010 12:14 AM
#85

btul gan, jdi gak da yg kder nanya cirebon tuh apa.. hohoho
philuzzz30 - 04/08/2010 08:54 AM
#86

nah saya bingung klo di tanya suku bangsa..jawa bukan,sunda bukan,,,
semoga aja suku cirebon dapat terealisasi..D
arbonar - 04/08/2010 06:56 PM
#87

Quote:
Original Posted By philuzzz30
nah saya bingung klo di tanya suku bangsa..jawa bukan,sunda bukan,,,
semoga aja suku cirebon dapat terealisasi..D


mungkin karena posisinya di perbatasan sehingga percampuran antara jawa dan sunda o
wedoest - 04/08/2010 11:18 PM
#88

Quote:
Original Posted By arbonar
mungkin karena posisinya di perbatasan sehingga percampuran antara jawa dan sunda o


kemaren aja pas sensus jadi nyebut nya sunda..\(
karena gak ada suku cirebon kata petugasnya..hammer:
PrimaXP - 05/08/2010 02:19 PM
#89

hihihi.... tetep aja klo saia mah urang Sunda yang merantau di cirebon siul:
kurang_waras - 06/08/2010 08:26 AM
#90

Well...namanya juga cirebon berada di perbatasan. Walaupun agak berbeda dengan jawa dan sunda, bahasa dan kebudayaan dari keduanya banyak banget kita serap.

Bisa kita lihat, dalam masalah bahasa, bahasa kita sangat mirip dengan bahasa jawa dialek ngapak yang biasa dipakai orang-orang tegal, purwokerto dan sekitarnya. Dengan sedikit perbedaan berupa kosakata-kosakata dari bahasa sunda yang kita serap namun tidak dikenal di dialek ngapak. Atau upacara pernikahan adat cirebon yang kalo menurut saya lebih condong mengikuti adat sunda (CMIIW).

Itu gak bisa dihindari. Toh pendiri cirebon, Pangeran Walangsungsang, adalah putra dari Prabu Siliwangi, yang berasal dari tatar sunda. Dan dalam perkembangannya, cirebon menjadi semakin ramai dengan datangnya orang-orang, baik berasal dari sunda, jawa, tionghoa, jazirah arab, maupun dari tempat-tempat lain. Kesemuanya menyatu menjadi suatu identitas sebagai orang cirebon.

Demikian sedikit pendapat dari saya yang masih nubie ini malu: Peace:
Q.Bee - 06/08/2010 10:10 AM
#91

hmmn kalo saia,
Bapak = Jawa
Ibu = keturunan Jawa yang lahir di Cirebon
Jadi....bingung:
daspecialone - 07/08/2010 07:43 AM
#92
cirebon..??
Ai jare kita ki..cerbon ki dudu bangsa dhewek...
Soale cerbon ki akeh kosakata sing pada kro basa sunda lan jawa...
Sok bae ari kita (wong cerbon) merantau neng solo,jogja,bandung lan sing nggo basa sunda lan jawa,wong cerbon ki bkal bs adaptasi dgn baik..d jamin kang...

*sing jelas mah "WONG CERBON SEDULUR KABEH"All About Cirebon :)
moskwar - 09/08/2010 01:45 PM
#93

Quote:
Original Posted By kurang_waras
Well...namanya juga cirebon berada di perbatasan. Walaupun agak berbeda dengan jawa dan sunda, bahasa dan kebudayaan dari keduanya banyak banget kita serap.

Bisa kita lihat, dalam masalah bahasa, bahasa kita sangat mirip dengan bahasa jawa dialek ngapak yang biasa dipakai orang-orang tegal, purwokerto dan sekitarnya. Dengan sedikit perbedaan berupa kosakata-kosakata dari bahasa sunda yang kita serap namun tidak dikenal di dialek ngapak. Atau upacara pernikahan adat cirebon yang kalo menurut saya lebih condong mengikuti adat sunda (CMIIW).

Itu gak bisa dihindari. Toh pendiri cirebon, Pangeran Walangsungsang, adalah putra dari Prabu Siliwangi, yang berasal dari tatar sunda. Dan dalam perkembangannya, cirebon menjadi semakin ramai dengan datangnya orang-orang, baik berasal dari sunda, jawa, tionghoa, jazirah arab, maupun dari tempat-tempat lain. Kesemuanya menyatu menjadi suatu identitas sebagai orang cirebon.

Demikian sedikit pendapat dari saya yang masih nubie ini malu: Peace:


Iya c gan,akulturasi...mirip2 indo gitu D
blasteran jawa-sunda...hahaha

supernubie ya ganmalu
moskwar - 09/08/2010 01:48 PM
#94

Quote:
Original Posted By daspecialone
Ai jare kita ki..cerbon ki dudu bangsa dhewek...
Soale cerbon ki akeh kosakata sing pada kro basa sunda lan jawa...
Sok bae ari kita (wong cerbon) merantau neng solo,jogja,bandung lan sing nggo basa sunda lan jawa,wong cerbon ki bkal bs adaptasi dgn baik..d jamin kang...

*sing jelas mah "WONG CERBON SEDULUR KABEH"All About Cirebon :)


iya gan tapi ga bisa dipungkiri juga klo munculnya kebuadayaan baru yang berbeda dari kedua induknya malu

kita ora ngapak-ngapak ngomonge gan D
blackposh - 13/08/2010 09:12 PM
#95

setuju gann.........

ane juga kalo ditanya suku apa ama temen2 kampus..
bilangnya cirebon...hihi

bis ane juga kadang suka bingung..dibilang jawa bukan apalgi dibilang sunda..

yaudah dah cirebon aja..wkwkwk
sambelgodog - 13/08/2010 10:21 PM
#96

iy ca..
di takoni bs sunda bli bs...
di tkoni bs jawa gen keder,.
cerbonan bae wis
shrimpcityzen - 19/08/2010 11:35 PM
#97
Tahu gejrot aseli cirebon pissan!
Hallu fellaz,,,
punten agan2 terhormat isun pengen meluan nimbrung kih..
blipapa yak?maho

yg pertama ogud kaga setuju pisan klo tahugejrot t aseli Bdg! ane kuliah d Bdg dan kata tmen2 ane yg dri Jak, Depok, Bekasi Bogor, etc, bilang klo ane mo pulkam pada nitip tahu gejrot dan emang bener tukang tahu gejrot yg biasa mider ning Bdg get pake lisensi "tahu gejrot khas Cirebon",dan klo ciledug itu emang kab Cirebon,di daerah cirebon timur gt lud!:cystg

oya, FYI agan2, qt baca ning tesise mhs S2 arsitektur ITB, tnyata penduduk yg petama mendirikan pemukiman d kota Cerbon niku wong Cina..tp arane isun lupa maning jalid!he5
orang Cina yg dulu dateng k Crb rata2 pemeluk agama Islam, atau Yisilan Jiao bahasa hakkanya mah..contohnya laksamana Cheng Ho dgn 27.00 ABKnya datang k Muara jati, terus sebagian banyak nyang netep en kolaborasi ama penduduk lokal,,jadinya ya kaya penduduk Cirebon sekarang..
dulunya d cerbon kuh ana 4 kampung yg beda2 suku bangsa, kampung Cina (Pecinan-Talang, Pagongan), Arab (panjunan), Pribumi (Pasuketan), en d downtownnya (sekarang jl. kantor kali) itu pemukiman koloni Walanda a.k.a VOC!

Kesultanan Cirebon sodaraan karo Kekaisaran Cina en Kesultanan Mesir..dahsyat! Dulu Crb maju bgt knp skrg lemot gini ya?! Cirebon kota Senior dgn keberagaman etnis yang harmonis selalu (semoga)!

wah,,punten kedawaan kihh,, iki gen masih akeh sing pengen qt curhatnang, kesimpulane mahh isun bangga dadi wong Cerbon,iku bae dikit! matur kesuwun sederek sedaya..iloveindonesia
PrimaXP - 20/08/2010 05:07 PM
#98

Quote:
Original Posted By shrimpcityzen
Hallu fellaz,,,
punten agan2 terhormat isun pengen meluan nimbrung kih..
blipapa yak?maho

yg pertama ogud kaga setuju pisan klo tahugejrot t aseli Bdg! ane kuliah d Bdg dan kata tmen2 ane yg dri Jak, Depok, Bekasi Bogor, etc, bilang klo ane mo pulkam pada nitip tahu gejrot dan emang bener tukang tahu gejrot yg biasa mider ning Bdg get pake lisensi "tahu gejrot khas Cirebon",dan klo ciledug itu emang kab Cirebon,di daerah cirebon timur gt lud!:cystg

oya, FYI agan2, qt baca ning tesise mhs S2 arsitektur ITB, tnyata penduduk yg petama mendirikan pemukiman d kota Cerbon niku wong Cina..tp arane isun lupa maning jalid!he5
orang Cina yg dulu dateng k Crb rata2 pemeluk agama Islam, atau Yisilan Jiao bahasa hakkanya mah..contohnya laksamana Cheng Ho dgn 27.00 ABKnya datang k Muara jati, terus sebagian banyak nyang netep en kolaborasi ama penduduk lokal,,jadinya ya kaya penduduk Cirebon sekarang..
dulunya d cerbon kuh ana 4 kampung yg beda2 suku bangsa, kampung Cina (Pecinan-Talang, Pagongan), Arab (panjunan), Pribumi (Pasuketan), en d downtownnya (sekarang jl. kantor kali) itu pemukiman koloni Walanda a.k.a VOC!

Kesultanan Cirebon sodaraan karo Kekaisaran Cina en Kesultanan Mesir..dahsyat! Dulu Crb maju bgt knp skrg lemot gini ya?! Cirebon kota Senior dgn keberagaman etnis yang harmonis selalu (semoga)!

wah,,punten kedawaan kihh,, iki gen masih akeh sing pengen qt curhatnang, kesimpulane mahh isun bangga dadi wong Cerbon,iku bae dikit! matur kesuwun sederek sedaya..iloveindonesia


infonya mantep gan... ntar suru TS nya pindahin ke pekiwan lah...p
rahman86 - 20/08/2010 11:24 PM
#99

absen malam coffee:

toko komputer di panjuan kurang oke tuh, anenyesel beli dsana nohope:
umur - 21/08/2010 05:17 PM
#100

Quote:
Original Posted By shrimpcityzen
Hallu fellaz,,,
punten agan2 terhormat isun pengen meluan nimbrung kih..
blipapa yak?maho

yg pertama ogud kaga setuju pisan klo tahugejrot t aseli Bdg! ane kuliah d Bdg dan kata tmen2 ane yg dri Jak, Depok, Bekasi Bogor, etc, bilang klo ane mo pulkam pada nitip tahu gejrot dan emang bener tukang tahu gejrot yg biasa mider ning Bdg get pake lisensi "tahu gejrot khas Cirebon",dan klo ciledug itu emang kab Cirebon,di daerah cirebon timur gt lud!:cystg

oya, FYI agan2, qt baca ning tesise mhs S2 arsitektur ITB, tnyata penduduk yg petama mendirikan pemukiman d kota Cerbon niku wong Cina..tp arane isun lupa maning jalid!he5
orang Cina yg dulu dateng k Crb rata2 pemeluk agama Islam, atau Yisilan Jiao bahasa hakkanya mah..contohnya laksamana Cheng Ho dgn 27.00 ABKnya datang k Muara jati, terus sebagian banyak nyang netep en kolaborasi ama penduduk lokal,,jadinya ya kaya penduduk Cirebon sekarang..
dulunya d cerbon kuh ana 4 kampung yg beda2 suku bangsa, kampung Cina (Pecinan-Talang, Pagongan), Arab (panjunan), Pribumi (Pasuketan), en d downtownnya (sekarang jl. kantor kali) itu pemukiman koloni Walanda a.k.a VOC!

Kesultanan Cirebon sodaraan karo Kekaisaran Cina en Kesultanan Mesir..dahsyat! Dulu Crb maju bgt knp skrg lemot gini ya?! Cirebon kota Senior dgn keberagaman etnis yang harmonis selalu (semoga)!

wah,,punten kedawaan kihh,, iki gen masih akeh sing pengen qt curhatnang, kesimpulane mahh isun bangga dadi wong Cerbon,iku bae dikit! matur kesuwun sederek sedaya..iloveindonesia


ane jadi tau gan, triakasih banyak
kalo ki gede-ki gede cerbon ada yang tau sejarahya ga tu?
kaya ki gede palimanan iku buta (jaree)
ki gede kapetakan iku jelmaan buaya (jaree)
dst...
Page 5 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›