Cirebon
Total Views: 9625 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 

maysas47 - 26/08/2010 02:20 PM
#101

Quote:
Original Posted By primaxp
yup...
Nasi jamlang mang doel.... Dodolan sega jamblang tentunya....

Tentang toko komputer, klo gak kepaksa2 amat, mending beli di bandung aja deh...
Nutup kok ongkos bolak balik crb-bandung nya....
Tapi kllo kepasksa yah boleh dicoba dwi jaya...
Skarang punya cabang di grage mall, klo beli flasshdisk2 doank mah itungannya lumayan murah...


udah nyobain BELI PC di leman blum gan, BANYAK YANG BILANG HARGANYA MURAH,KALO GAK SALAH di kawasan sukasari
maysas47 - 26/08/2010 02:49 PM
#102

sekarang sekarang ini cirebon rawan macet gan, siang hari sekitar macet, sore hari sekitar jl cipto, pagi hari sekitar depan rs. ciremai...mungkin udah banyak yang punya kendaraan sendiri ya gan, baik mobil ataupun motor, jaman ane sma dulu taun 2000-2003 angkot masih ramai dimiati, sekarang angkot dah tidak digemari, satu hal ane bangga masyarakat cirebon berarti sudah ada kemajuan dari segi finansial, tapi akang akang merasakan dampaknya gak, kemacetan di sekitar wilayah cirebon...
xtepindy07 - 28/08/2010 03:22 PM
#103

Quote:
Original Posted By shrimpcityzen
Hallu fellaz,,,
punten agan2 terhormat isun pengen meluan nimbrung kih..
blipapa yak?maho

yg pertama ogud kaga setuju pisan klo tahugejrot t aseli Bdg! ane kuliah d Bdg dan kata tmen2 ane yg dri Jak, Depok, Bekasi Bogor, etc, bilang klo ane mo pulkam pada nitip tahu gejrot dan emang bener tukang tahu gejrot yg biasa mider ning Bdg get pake lisensi "tahu gejrot khas Cirebon",dan klo ciledug itu emang kab Cirebon,di daerah cirebon timur gt lud!:cystg

oya, FYI agan2, qt baca ning tesise mhs S2 arsitektur ITB, tnyata penduduk yg petama mendirikan pemukiman d kota Cerbon niku wong Cina..tp arane isun lupa maning jalid!he5
orang Cina yg dulu dateng k Crb rata2 pemeluk agama Islam, atau Yisilan Jiao bahasa hakkanya mah..contohnya laksamana Cheng Ho dgn 27.00 ABKnya datang k Muara jati, terus sebagian banyak nyang netep en kolaborasi ama penduduk lokal,,jadinya ya kaya penduduk Cirebon sekarang..
dulunya d cerbon kuh ana 4 kampung yg beda2 suku bangsa, kampung Cina (Pecinan-Talang, Pagongan), Arab (panjunan), Pribumi (Pasuketan), en d downtownnya (sekarang jl. kantor kali) itu pemukiman koloni Walanda a.k.a VOC!

Kesultanan Cirebon sodaraan karo Kekaisaran Cina en Kesultanan Mesir..dahsyat! Dulu Crb maju bgt knp skrg lemot gini ya?! Cirebon kota Senior dgn keberagaman etnis yang harmonis selalu (semoga)!

wah,,punten kedawaan kihh,, iki gen masih akeh sing pengen qt curhatnang, kesimpulane mahh isun bangga dadi wong Cerbon,iku bae dikit! matur kesuwun sederek sedaya..iloveindonesia


wah matep bgt neh agan ngerti inponya..... thx smad gan.... hhehehhee pasntesan aja ya di beberapa daerah yang agan ceritain diatas neh masi bnyk juga bisa ditemuin org2 ato peninggalan bangunan2nya ya.... hehehehhee

Quote:
Original Posted By maysas47
sekarang sekarang ini cirebon rawan macet gan, siang hari sekitar macet, sore hari sekitar jl cipto, pagi hari sekitar depan rs. ciremai...mungkin udah banyak yang punya kendaraan sendiri ya gan, baik mobil ataupun motor, jaman ane sma dulu taun 2000-2003 angkot masih ramai dimiati, sekarang angkot dah tidak digemari, satu hal ane bangga masyarakat cirebon berarti sudah ada kemajuan dari segi finansial, tapi akang akang merasakan dampaknya gak, kemacetan di sekitar wilayah cirebon...


mungkin karena lagi bulan puasa ja kali makanya macet? ari beli salah mah sing bengien gen crb mah wis ruwet jeh... apalagi ning kanoman, kartini lampu merah kang pintu kuare grage kah... iku mah wis pasti macet'e ari wis sore kah.... hehehehe
kakankprabu - 30/08/2010 12:37 AM
#104
Harga komputer
harga komputer cirebon selangit...........
shrimpcityzen - 30/08/2010 01:19 AM
#105

wah,,agan2 lg pada ngeributin kompie uy..
klo d Bdg mah yg ane tau d kandaga murah2,, gosipnya mahh yg d BEC jg ada yg ngulak d sana..maho
shrimpcityzen - 30/08/2010 01:26 AM
#106
Basic info
FYI gans, saya mau share sedikit tentang awal mula munculnya kota Cirebon itu sendiri (pra kemerdekaan).. mangga diwaca..

Fakta unik sejarah Kota Cirebon:
1. Kata Cirebon diambil dari bahasa sunda yang berarti Sambal Petis, Cai=air, Rebon=udang kecil, dan bisa juga bermaksud Caruban=Campuran (bahasa Sunda)
2. Sedangkan kata terasi sendiri dalam bahasa Sunda Kuno disebut “Grage”, yang merupakan produk unggulan-trademark desa Muara Jati (sekarang kota Cirebon) pada periode 1200-1400an (mungkin sampei sekien)dan sangat disukai oleh Sri Maharaja Prabu Siliwangi
3. Pemukiman pertama di kota Cirebon pada abad ke-12 adalah pemukiman orang-orang Tionghoa pengikut laksamana Kung Wai Ping, dan baru pada tahun 1435, raden Walangsungsang dari Kerajaan Hindu Pajajaran membuka pemukiman baru di daerah Lemahwungkuk, kemudian mendirikan keraton pertama bernama Pakungwati
4. Banten dan Sunda Kelapa sempat berada dibawah kekuasaan Kesultanan Cirebon ketika dimerdekakan dari kerajaan Hindu Pajajaran-Portugis. Lalu menyusul Kerajaan Sumedang Larang dan seluruh dinasti Prabu Siliwangi ahirnya memeluk agama Islam
5. Nama Tionghoa Sunan Gunung Jati adalah Toh Aboh,dan kata “sunan” sendiri berasal dari bahasa Hakka (pesisir Cina-sekitar Hongkong menuju selatan) yang artinya “Suhu=Guru” dan “nan=selatan” karena mayoritas etnis Tionghoa Cirebon berasal dari Selatan Cina
6. Kesultanan Cirebon diklaim sebagai salah satu dari lima negara bagian Tiongkok di Nusantara,yaitu Banten, Cirebon, Demak, Palembang, dan Kalimantan Barat (halusnya mah bersaudara)
7. Pelabuhan Internasional Cirebon pada abad 17 terkenal seantero Asia Tenggara, bahkan juga Cina, dan Mesir, buktinya adalah penemuan ratusan ribu keramik Cina yang berasal dari abad 1000M di perairan Cirebon belum lama ini
8. Kereta Paksi-naga-liman merupakan simbol persaudaraan antar bangsa di Kesultanan Cirebon
9. Keberadaan tiga Keraton di Cirebon (Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan) mirip dengan kisah ‘Three Kingdom’ di Tiongkok (film mandarinnya mah Redcliff) yaitu seperti yang dilukiskan di kelenteng TioKaksie (Dewi Welas Asih) Cirebon
10. Perbendaharaan kata dalam bahasa Cirebon berasal dari 40% bahasa Jawa, 40% bahasa Sunda, dan masing-masing 10% dari bahasa Cina dan Arab
11. Jalur kereta pertama d Indonesia adalah jalur Cirebon-Semarang,bahkan lebih dulu dari pembangunan jalur kereta pertama di Jepang(dari: berbagai sumber)

Sejarah ada untuk membangkitkan semangat dan nasionalisme kaum muda..anonimiloveindonesia
shrimpcityzen - 30/08/2010 02:05 AM
#107
Tjsirebon jaman bengien
berikut poto2 kota Cirebon di masa pendudukan koloni Walanda..
mangga..
1. simbol (logo kota Cirebon) jaman VOC
All About Cirebon :)

2. jl. pasuketan
All About Cirebon :)

3.balai kota (Raadhuls Gemeente Cheribon) tahun 1930an
All About Cirebon :)
Didesain oleh arsitek J.J. Jiskoot, selesai dibangun tahun 1927

4.Escomto Kantoor (sekarang bank mandiri)
All About Cirebon :)
All About Cirebon :)
Salah satu tepi pedestrian Kantoor Straat (Jalan Kantor) awal tahun 1900-an yang sudah mengaplikasikan penataan taman hijau yang apik di pinggir jalan yang berfungsi sebagai buffer dan filter bagi asap dan kebisingan kendaraan bermotor yang mulai banyak bermunculan pada saat itu.

5. Cirebon NIH
All About Cirebon :)
Gedung Agen Nederlandsch Indische Handelsbank terletak di Handelskade (Dermaga pedagangan) yang ada di pelabuhan Cirebon.


6 jl. Tjangkol
All About Cirebon :)

7. Phoenix Clubhouse (samping BI Cirebon, sekarang dah ancur jd perluasan gedung BI)
All About Cirebon :)
Kartupos ini memperlihatkan Sosietet Phoenix dan gedung DJB yang sudah diganti gedung baru pada tahun 1921. Phoenix yang berasitektur gaya pendopo Jawa adalah sebuah clubhouse (tempat berkumpul) untuk elite kolonial jaman itu. Kita melihat dua mobil model 1920an. Sekitar tahun 1966, gedung Phoenix menjadi markas tentara. Pada tahun 1980an gedung ini dibongkar lalu disini dibangun sebagian perluasan Bank Indonesia.

8. Cirebon DJB (De Javasche Bank)
All About Cirebon :)
Kantor DJB (De Javasche Bank, kini Bank Indonesia) cabang kelima Hindiabelanda didirikan di Cirebon. Gedung dibangun di Kampong Tjangkol no 7 (kini Jl. Yos Sudarso) dalam gaya arsitektur neo-klasik. Pembukaan kantor dilakukan pada tahun 1866 dan J.P. Janssen seorang Notaris di Cirebon, diangkat sebagai Pemimpin Cabang. Di foto ini jalan masih sepi. Gedung DJB dibongkar pada tahun 1919.

9. Tangsi Polisi Bersenjata (1912)
All About Cirebon :)
Sejak tahun 1912, organisasi polisi di Hindia Belanda terdiri dari dua satuan: Gewapende Politie atau Marechaussee (Polisi bersenjata, juga disebut Marsose) yang terdiri dari orang eropa dan satuan lain Veldpolitie (Polisi lapangan) yang terdiri dari orang pribumi. Dua-duanya satuan punya tangsi sendiri di kota Cirebon.

10. Stasion SS Cirebon
All About Cirebon :)

11. Pelabuhan Muara Jati
All About Cirebon :)
Pelabuhan Cirebon sejak abad ke-17 merupakan pintu gerbang penting bagi kegiatan usaha hinterland yang luas, yaitu Provinsi Jawa Barat dan sebagian Provinsi Jawa Tengah. Terletak di lintasan jalur jalan raya dan rel kereta api ke seluruh kota di Pulau Jawa merupakan keuntungan utama pelabuhan ini. Gedung dengan menara adalah agen Nederlandsch Indische Handelsbank terletak di Handelskade (Dermaga pedagangan).


12 Cirebon ziekenhuis (RSUD Gunung Jati)
All About Cirebon :)

13 Villa Karang Anom
All About Cirebon :)
Rumah yang indah ini, atau lebih pantas disebut villa ini, terletak di Jalan Karanggetas no 64. Gedung dinamakan Karang Anom karena letaknya di daerah Karang. Villa ini dibangun sekitar tahun 1880an oleh mayor Tan Tjin Kie (1853-1919) untuk putrinya Tan Holy Nio yang tinggal disana bersama suaminya Kwee Tjong In yang berasal dari Kediri. Keluarga ini punya 9 anak. Mereka punya bisnis konglomerasi dan pada masa resesi 1920-an tidak bisa membayar pajak kepada Hindia Belanda. Sebagai bayarannya pemerintah mengambil antara lain Villa Karang Anom. Lalu villa ini dijadikan hotel namanya Hotel Kanton. Setelah tahun 1950an gedungnya disebut "Resimen" karena dipakai Markas Komando Resor Militer. Lalu gedungnya sering dibuat acara pameran pas ulang tahun kota Cirebon. Sekarang sudah diruntuhkan dan dibekas tempat berdirinya dibangun shopping mall Yogya Grand Plaza.

siji maning yak,, sing iki mah >>>duit:toast

14 BI Cirebon dalam uang kertas nominal RP 500
All About Cirebon :)


Sumber: www.djawatempodoeloe.multiply.com

sori agans, kalo kebanyakans..he5:kr
beckicot - 30/08/2010 03:13 AM
#108

absen ahh
parfum7 - 30/08/2010 12:45 PM
#109

minggu depan ke cirebon.. ga sabar mau mangan D
masprijapur - 01/09/2010 11:24 AM
#110

Quote:
Original Posted By Sonic.Gear
juragan cirebon numpang tanya dong. toko komputer di cirebon yang ok dan murah serta lengkap dimana yah juragan? thx


coba cek di parahyangan komputer di lantai 2 ramayana
masprijapur - 01/09/2010 11:27 AM
#111

Quote:
Original Posted By PrimaXP
ari ning cirebon sih apa jare b*****, ya bli maju2...mad:
pantai kejawanan tuh, potensi gede wisata bahari...
gak diurus...
hammer:


kota cirebon terkenal banyak pengemis dan pengamen. tapi banyak juga mobil mewah berkeliaran di jalan. berarti ada tingkat kesenjangan sosial yang tinggi di kota ini.
wetwater - 02/09/2010 09:23 PM
#112

Quote:
Original Posted By kakankprabu
harga komputer cirebon selangit...........


cari barang apa emang Gan?? kali aja bisa bantu, coba sms ke no ini :
081802345464
bilang aja tau dari kaskus. bisa dapet harga spesial.
Thx.
BukanJuraganKas - 13/09/2010 09:06 AM
#113

top markotop lah kang yayu sedulur kabeh..
hehe
kashva - 16/09/2010 01:21 AM
#114

wah, ane juga wong cerbon...jadi tambah cinta ni...hehe
salam kenal kanggo kabeh sedulur..
HNH - 18/09/2010 08:54 PM
#115

OOOh mengkoten tooh D siip lhaa :thumbup
hidup bangsa cerbon
:ILOVECIREBON
shrimpcityzen - 20/09/2010 01:07 PM
#116
Kang kiyen poto2 Skyline Kota Cirebon
Cirebon Skyline at Sept '09...
All About Cirebon :)

jalan kartini samping alun2..
All About Cirebon :)
All About Cirebon :)

sebelah utara alun2..
All About Cirebon :)

selatan alun2..
All About Cirebon :)

barat alun2, so greeeeeennnlyyy City...
All About Cirebon :)

timur alun2,, kawasan perniagaan yg ramai.....
All About Cirebon :)

maju terus Shrimpcityku,, majuuu...maju.....!!:2thumbup
Airborne.Deejay - 22/09/2010 05:55 PM
#117

Quote:
Original Posted By shrimpcityzen
Cirebon Skyline at Sept '09...
All About Cirebon :)

jalan kartini samping alun2..
All About Cirebon :)
All About Cirebon :)

sebelah utara alun2..
All About Cirebon :)

selatan alun2..
All About Cirebon :)

barat alun2, so greeeeeennnlyyy City...
All About Cirebon :)

timur alun2,, kawasan perniagaan yg ramai.....
All About Cirebon :)

maju terus Shrimpcityku,, majuuu...maju.....!!:2thumbup


keren bgt ang :thumbup

btw lokasi foto darimana nih ??
91rama - 23/09/2010 08:07 PM
#118

malem cirebon \)
ada niatan maen maen ke cirebon nih makanannya enak-enak, specialy sama empal gentongnya emmm hehehe D
shrimpcityzen - 30/09/2010 04:58 PM
#119

Quote:
Original Posted By Airborne.Deejay
keren bgt ang :thumbup

btw lokasi foto darimana nih ??


motonya dari alun2 gan,,...
tantoh84 - 22/11/2010 06:37 PM
#120

mama wong kedungsana
mimi wong jamblang
jadi ane asli Cirebon gan,,,,,,,,,
Page 6 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >