Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Spiritual : Questions of Life and Spiritual
Total Views: 1976 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 7 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7

Minibalanar - 14/10/2012 11:22 PM
#121

Quote:
Original Posted By makinpo
terjadi hampir setiap hari tp aku baru menyadarinya D
kondisi ini sedikit demi sedikit aku akan mengikisnya dengan caraku sendiri
agar kelak kondisi ini bisa benar2 lepas D


parahnya klo misalkan disuatu pergaulan atau perusahaan kita akan terus dipush untuk "lebih"
contoh dalam pekerjaan aku selalu ditanya, "kenapa ga jadi spt "dia"?" aku jawab "engga ah". mereka berfikir aku sudah kaya dalam hal materi, padahal sama saja, bedanya adalah aku bahagia dengan hidupku sekarang. thats all D


Untuk hal perusahaan

Kalau pernah baca 6 topi berpikir, itu akan terjawab wowcantik
makinpo - 15/10/2012 03:47 PM
#122

Quote:
Original Posted By Minibalanar
Untuk hal perusahaan

Kalau pernah baca 6 topi berpikir, itu akan terjawab wowcantik

boleh dong om aku baca juga??dimana D
Minibalanar - 15/10/2012 04:50 PM
#123

Quote:
Original Posted By makinpo
boleh dong om aku baca juga??dimana D


Konsep berpikir "Six Thinking Hats" alias "Enam Topi Berpikir" diciptakan oleh Dr. Edward de Bono - seorang penulis, penemu, dokter, pemikir, sekaligus konsultan asal Republik Malta pada tahun 1985.


Menurutnya, manusia memiliki berbagai macam perspektif (sudut pandang) ketika melihat sebuah masalah atau mengambil keputusan bisnis. Macam-macam perspektif tersebut, diumpamakan sebagai enam macam topi dengan warna yang berbeda.

1. Topi putih. Dengan "memakai" topi ini, Anda memandang masalah dengan cara fokus pada data dan informasi yang tersedia. Melalui data dan informasi tersebut, Anda mempelajari situasi dan berusaha menganalisanya.

2. Topi merah. Anda yang "memakai" topi merah akan memandang masalah dengan menggunakan naluri, emosi, serta memikirkan reaksi.
3. Topi hitam. "Memakai" topi hitam akan membantu Anda untuk bersikap kritis dalam melihat berbagai kelemahan dari sebuah masalah/keputusan. Anda harus memikirkan dan mempertimbangkan dengan baik sisi-sisi negatif ini.
4. Topi kuning. Kebalikan dari topi hitam, topi kuning akan membantu Anda berpikir positif, optimis, serta bersikap ceria. Anda akan bisa melihat seluruh manfaat dan nilai yang dihasilkan dari sebuah keputusan, bahkan masalah yang terlihat begitu rumit.
5. Topi hijau. Topi hijau akan mengajak Anda berpikir kreatif - termasuk berpikir di luar kotak atau think out of the box. Anda yang "mengenakan" topi ini dapat mengembangkan solusi kreatif atau jalan alternatif dari suatu masalah.
6. Topi biru. Dengan "memakai" topi ini, Anda bisa melakukan kontrol dengan bijaksana dari suatu proses, kemudian mengambil kesimpulan. Intinya, think wise and BIG!


Kenyataannya, dalam pekerjaan (rapat) atau kehidupan sehari-hari, ada orang-orang yang "memakai" keenam topi ini secara bergantian untuk melihat sebuah masalah/keputusan dari sisi yang berbeda. Namun, ada pula orang-orang yang secara konsisten mengenakan satu macam topi saja!

Menurut para ahli, semua topi itu baik. Namun untuk menghasilkan solusi/keputusan terbaik, kita disarankan untuk mengenakan semua topi itu secara bergantian. Bisa juga, kita mengenakan salah satu/beberapa saja, sesuai situasi dan kondisi yang ada.


Bagaimana anda menggunakan metode ini? Apakah anda hanya menggunakan satu atau dua topi ini? Sekarang anda tau rahasianya. Jadi mamfaatkan semua potensi pikiran anda sekarang. Jadilah Special dan Profesional \)

p
kipagerbuana - 19/10/2012 10:07 PM
#124

Page 7 of 7 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Spiritual : Questions of Life and Spiritual