CAN YOU SOLVE THIS GAME?
Home > CASCISCUS > CAN YOU SOLVE THIS GAME? > BB BG : Big Brother - Board Game
Total Views: 6863 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

nileajah - 07/09/2012 02:08 PM
#1
[Big Brother - Board Game ] 16 Days, 10 Houseguests
BB BG : Big Brother - Board Game


Quote:

10 orang hidup bersama dalam sebuah rumah. Dua hari sekali mereka berkompetisi untuk merebut posisi yang paling berkuasa sekaligus mengeluarkan satu di antara mereka. Fase ini berlanjut terus hingga akhirnya dua pemain tersisa. Pada akhirnya, orang yang mereka keluarkan yang akan memilih satu dari keduanya untuk menjadi pemenang utama.



Big Brother - Board Game adalah game yang berisi sekumpulan pemain (houseguests) yang memperebutkan posisi juara utama melalui serangkaian kompetisi dan voting. 2 hari sekali, posisi "HOH" (Head of Household) akan diperebutkan secara bergilir. Posisi HOH berkewajiban menominasikan 2 player lain (nominee) untuk dikeluarkan (eviction). Selanjutnya, player selain nominee akan melakukan vote untuk memilih 1 di antara 2 nominee yang akan keluar keluar (evicted). Proses ini berlangsung terus hingga player yang tersisa adalah 2 orang, dimana kemudian para pemain yang telah dikeluarkan (ex-houseguest) akan bertindak sebagai juri (jury) untuk memilih pemenang utama Big Brother - Board Game.

Istilah-istilah :
Spoiler for "istilah"

1. Houseguest (HG) : sebutan untuk para pemain (player)

2. Head of Household (HoH) : Posisi yang memiliki 2 peran : satu-satunya yang aman untuk 2 hari ke depan, dan wajib menominasikan 2 player lain untuk dikeluarkan. HoH diperebutkan 2 hari sekali, melalui HoH Competition. Posisi ini merupakan posisi yang paling powerful dalam keseluruhan permainan, terutama dalam mencari aliansi dan bertahan hidup dalam game. Perlu diperhatikan seorang player tidak bisa menjadi HoH selama 2 kali berturut-turut (player tersebut bisa menjadi HoH lagi setelah selang 2 hari berikutnya)

3. HoH Competition : Kompetisi yang dilakukan setiap 2 hari sekali setelah proses eviction untuk memilih HoH baru. Kompetisi umumnya akan berbentuk Trivia (bisa termasuk teka teki, quiz, ataupun permainan-permainan kecil lain). Kompetisi HoH diikuti oleh semua pemain namun posisi HoH yang baru hanya bisa diperoleh selain pemegang posisi HOH fase sebelumnya.

4. Nominee : 2 Player yang dinominasikan oleh HoH untuk dikeluarkan. Para nominee akan saling berkampanye agar bukan dia yang divote untuk keluar saat eviction.

5. Eviction : Proses memilih salah satu di antara 2 nominee untuk dikeluarkan dari permainan. Eviction dilakukan melalui proses Vote oleh para houseguest. Houseguest yang memiliki hak vote adalah player selain 2 orang nominee. Nominee yang mendapatkan vote lebih banyak akan dikeluarkan (evicted) dari permainan. Vote dari HoH hanya akan dihitung bila vote dari player-player lain adalah seri (sebagai tiebreaker).

6. Ex-houseguest : Player yang telah dikeluarkan dari permainan.

7. Jury : Pemenang [COLOR="SeaGreen"]Big Brother Board Game ditentukan oleh vote dari jury[/COLOR]. Dari 10 orang player, 3 orang evicted houseguest pertama tidak memiliki hak vote sebagai juri. 5 orang evicted houseguest berikutnya memiliki hak vote sebagai jury. Dengan demikian, 2 orang terakhir yang tersisa dalam permainan (Final Two), keduanya akan berkampanye saat akhir permainan untuk memperebutkan minimal 3 dari 5 vote jury sebagai pemenang Big Brother Board Game.

Di sinilah strategi bermain Big Brother Board Game, karena orang yang divote keluar adalah orang yang akan memilih siapa yang berhak sebagai pemenang utama Big Brother Board Game dari 2 terakhir.


Istilah lain
Spoiler for "istilah lain"

1. Alliance : Aliansi, setiap player bebas membuat deal dengan player manapun sebanyak apapun untuk kepentingan dia di dalam game. Aliansi bisa terdiri dari 2, 3 atau malah hingga 7 orang.
Player bebas mengumumkan aliansinya ataupun undercover (tak diketahui umum). Player juga dipersilakan untuk keluar dari aliansi atau ingkar dari dealnya. Semua cara dan strategi dapat dikeluarkan untuk tetap bertahan dalam game, karena inti utama dalam Big Brother Board Game adalah bertahan dalam game.

2. Campaigning : Kampanye untuk tetap bertahan dalam game. Setelah HoH mengumumkan 2 orang nominasinya, nominee pasti akan mencari cara agar bukan dia yang divote keluar saat eviction. Kampanye di sini bisa dilakukan dengan segala cara : posting pengumuman untuk mencari perhatian, menangis di dalam game, PM player2 lain, mencoba membuat aliansi baru, menjanjikan aman kepada player lain bila dia yang menjadi HoH, ataupun cara2 lain yang unik, pintar, atau malah murahan dengan tujuan player tidak akan memvote dia saat eviction. It's a survival game!

3. Fase : = Babak, 1 fase terdiri dari 2 hari, dimulai dari pukul 20.00 hari pertama dan diakhiri pukul 20.00 hari ketiga. Satu fase dimulai dengan HoH Competition pada hari pertama, pengumuman nominasi oleh HoH pada hari kedua, dan eviction pada hari ketiga (hari pertama fase berikutnya). Selesai eviction, akan langsung dilanjutkan oleh HoH Competition fase berikutnya.

4. Penonton : Penonton adalah user kaskus selain 10 orang player yang memiliki hak :
1. Mendukung salah 1/lebih/semua houseguest lewat cara apapun (membantu menjawab via PM, memberi strategi, menjatuhkan memberi clue yang wajar untuk trivia dll)
2. Ikut serta dalam diskusi
3. Masuk menjadi houseguest menggantikan player yang tidak aktif bila dipilih host

Penonton memberi peran yang cukup penting juga dalam banyak hal. Player yang didukung banyak penonton mungkin akan sangat tertolong dalam kompetisi, namun bisa jadi player lain melihat hal ini bahwa player tersebut merupakan ancaman sehingga menjadi target utama. Penonton juga bisa menolong / menghancurkan game player bilamana player memiliki rahasia / rencana dan membagikannya secara privat kepada player lain. Penonton merupakan "player tambahan" yang bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi gameplay player, atau malah membuat gameplay player tersebut berantakan. Semua diserahkan kepada player sejauh mana mau mempercayai penonton. \)

Kewajiban penonton :
- Tidak mempost jawaban trivia/HoH Comp di forum. Semua jawaban dari player pun akan dikirimkan via PM ke Host . Bila penonton bisa menjawab, semua diserahkan kepada penonton kepada siapa dia mau memberi jawabannya / hanya sekedar memberi petunjuk/ tes kemampuan.

- Penonton yang posting di Forum Big Brother wajib menggunakan font berwarna putih (tanpa batasan font) agar mudah dibedakan dengan postingan para Houseguest.
nileajah - 07/09/2012 02:09 PM
#2

Rules :
Spoiler for "rules"
1. No SARA, no bonbin, no flaming
2. Rules umum CYSTG tetap berlaku
2. Fights allowed (sekedar berdebat) sepanjang tidak melebihi batas dan melanggar point 1 & 2 di atas
3. Edit post allowed. Bila ada postingan yang tidak diperbolehkan diedit, akan diberitahukan sebelumnya.
4. Kecuali disebutkan sebelumnya, No post jawaban di forum, untuk semua yang membuka thread ini
5. Dipersilakan komunikasi dengan player lain / penonton dengan cara apapun di luar kaskus


Registrasi
Spoiler for "daftar"

Syarat pemain :
1. Aktif user (minimal OL setiap hari, malam lebih baik)
2. No dual ID


Game Mechanism
Spoiler for "mechanism"

Registrasi dan seleksi
* Game terdiri dari 1 hari pre-show, dan 16 hari game.
* 10 User yang akan dipilih sebagai houseguest mutlak akan dipilih oleh Host

Pre-show
* Setelah 10 houseguest terpilih dilanjutkan 1 hari pre-show untuk saling bersosialisasi antar houseguest, menyusun strategi dan aliansi, diskusi ttg pertanyaan tentang game, mencari penonton untuk mendukung dll.


Game show
* Saat game berlangsung, hari ganjil adalah hari HoH Competition dan Eviction, dan hari genap adalah hari dimana HoH akan mengumumkan 2 orang nominasinya.
Eviction akan dilakukan sebelum HoH Competition (Selain hari pertama)
* Vote untuk eviction diberikan antara pukul 20.00 hari genap (setelah nominasi diumumkan) hingga pukul 20.00 malam setiap hari ganjil.
* Selesai eviction, HoH Competition akan diposting sekitar pukul 20.00.
* HoH Competition berbentuk trivia dan tidak akan selalu berpatokan pada waktu (paling cepat menjawab).
* HoH baru yang telah terpilih, akan langsung diupdate di halaman depan.
* HoH akan mengumumkan nominasinya pada rentang pukul 12.00 - 20.00 malam esok harinya (hari genap).
* Vote akan dilakukan via PM ke host.
* Pada saat eviction, player hanya akan mengetahui rekap jumlah vote untuk kedua nominee. Siapa memvote siapa tidak akan diposting (anonymous), namun player yang hendak membuka votenya dipersilakan setelah eviction selesai.
* Player diperbolehkan vote ulang (re-vote) via PM ke host bilamana berubah pikiran, namun hanya vote terakhir sebelum pukul 20.00 yang dihitung.
* Setiap HoH baru diumumkan, topik diskusi akan diberikan untuk fase 2 hari.

Timetable Game dapat dilihat di tabel di bawah.
[spoiler="jadwal"]
BB BG : Big Brother - Board Game

[/spoiler]

Possible FAQ:
Spoiler for "Question"

TBA
nileajah - 07/09/2012 02:10 PM
#3




Houseguests :
Quote:

[CENTER]1. BB BG : Big Brother - Board Game
dgr as Dirga, 18, Surabaya


2. BB BG : Big Brother - Board Game
Radiv as Radiva, 17, Semarang


3. BB BG : Big Brother - Board Game
Waika as Waika, 16, Singaraja


4. BB BG : Big Brother - Board Game
Myeekodok as Myee, 13, Nias


5. BB BG : Big Brother - Board Game
Schathach as Schathach, 24, County-Mayo


6. BB BG : Big Brother - Board Game
sacfron as Peter, 22, New York


7. BB BG : Big Brother - Board Game
sygkm as Sygkm, 43, Nabire


8. BB BG : Big Brother - Board Game
VayneAureliuz as Ramadhan, 18, Bogor


Evicted :
9. BB BG : Big Brother - Board Game
MenjauhiNestapa as Jauhari, 32, Galesong Selatan
10. BB BG : Big Brother - Board Game
Fau5t as Faust, 31, Jakarta





Nominations & Evictions Chart:
Spoiler for "Chart"

BB BG : Big Brother - Board Game
[/CENTER]
nileajah - 07/09/2012 02:12 PM
#4

nileajah - 07/09/2012 02:13 PM
#5

-reserved-
dgr - 07/09/2012 02:39 PM
#6

daftar gan
dirga
18
surabaya
Radiv - 07/09/2012 03:49 PM
#7

join dulu
Radiva
17
Semarang
superDODON - 07/09/2012 03:56 PM
#8

karena harus aktif lebih2 saat malam jadi
ANE GAK IKUT GAN

nonton aja deh sama bantuin D
Waika - 07/09/2012 04:26 PM
#9

ikut 1 gan
waika
16
singaraja:armys
nileajah - 07/09/2012 09:51 PM
#10

yg masih ragu ikutan coba aja gan malu:malu:
kalo ada rules yg fleksibel bisa diubah, bakal ane perhatiin ko

yg penting ane bisa start dulu dengan 10 player malus


Contoh game yg uda jalan ada di sini gan

http://www.simtv.co.uk/forums/viewforum.php?f=29

dulu jg pernah bkin di forum offline

Ane bikin versi kecilnya aja D
cobaltblue - 08/09/2012 03:01 PM
#11

Pernah liat di IDWS, tapi jangan-jangan salah hammer:
Eh, itu Survivor ding hammers Tapi mekanisme teknisnya mirip, deh hammer:

Sek, sek. Coba ta'cernanya ulang biar lebih mudeng. Dulu baca yang di IDWS juga malah pusing sendiri hammers


Edit: Hmm.. Dulu nggak nonton Big Brothers, sih hammers
Jadi intinya coba ane susun pake pemahaman ane sendiri ya. Anggaplah ada 10 player. Di tengah game bakal ada soal-soal/kontes buat menentukan yang jadi Ketua gitu kan? Ketua ini bisa mengeliminasi pemain lain (ngasih calon, terus peserta lain nanti voting). Jadi survivalnya di situ kan?
Terus peserta yang gugur itu ke depannya masih bisa jadi juri dan menilai peserta yang masih main. Twistnya di sini kan? Jadi sebisa mungkin eliminasi tanpa bawa dendam hammers

Keseluruhan game hampir semuanya bisa offline kan? Terus bagian game yang perlu waktu-waktu khusus untuk online itu apa aja? Kontes itu ada unsur balapan/dulu-duluannya nggak? Buat voting itu kayaknya juga ada waktu tertentunya kan?

Model kondisi menang game: individual, bener?
nileajah - 08/09/2012 03:59 PM
#12

Quote:
Original Posted By cobaltblue
Pernah liat di IDWS, tapi jangan-jangan salah hammer:
Eh, itu Survivor ding hammers Tapi mekanisme teknisnya mirip, deh hammer:

Sek, sek. Coba ta'cernanya ulang biar lebih mudeng. Dulu baca yang di IDWS juga malah pusing sendiri hammers



Iya bang... Big Brother 11/12 ama Survivor D cuman Survivor awalnya main tim trus jadi individual.. Klo Big Brother dari awal main individual.

Quote:
Original Posted By cobaltblue

Jadi intinya coba ane susun pake pemahaman ane sendiri ya. Anggaplah ada 10 player. Di tengah game bakal ada soal-soal/kontes buat menentukan yang jadi Ketua gitu kan? Ketua ini bisa mengeliminasi pemain lain (ngasih calon, terus peserta lain nanti voting). Jadi survivalnya di situ kan?



Yup. Jadi klo di TWG kan istilahnya fase.. 1 fase itu ada kontes buat nentuin ketuanya. Nanti si ketua ini milih 2 pemain lain buat calon divote out, dan player lain sisanya yg mutusin siapa yg out via vote. \)

Quote:
Original Posted By cobaltblue

Keseluruhan game hampir semuanya bisa offline kan? Terus bagian game yang perlu waktu-waktu khusus untuk online itu apa aja? Kontes itu ada unsur balapan/dulu-duluannya nggak? Buat voting itu kayaknya juga ada waktu tertentunya kan?



Bisa offline terus ko om tapi ya jgn ga OL terus 24/7 hammer: hammer:
paling engga ada setor muka buat vote ama basa basi dikit D D. Waktu2 khusus OL itu yg wajib cm buat vote (8 jam rentang vote). Untuk Kompetisinya bakalan very vary (sangat variatif :P) dan dibuat sefleksibel mungkin. Plan awal memang ada beberapa yg sifatnya dulu2an, tapi bakal ane sesuain ama kondisi juga ko, ide buat kompetisi banyak ko, ga bakal dibuat khusus buat selesai dalam 5-10 menit, biar aura bersaingnya agak nongol \)

Kalo Big Brother lagian player bisa aja ampe final tanpa menang 1 kompetisi pun D. Yang penting jangan ampe masuk radar lawan Peace:Peace:

Baru cek di IDWS ternyata uda pernah ada yg bikin survivor D

Eniwei, rules masih belum fix ko masih bisa dikasi saran enaknya gimana sebelum resmi start. \) Maklum masih meraba2 untuk tes game pertama .malus: malus:
cobaltblue - 08/09/2012 06:27 PM
#13

Maksudnya online emang bukan 24 jam hammer:

Kalau Survivor IDWS pas baca-baca kemarin soalnya kelihatannya mereka waktu voting buat eliminasi itu sistemnya live gitu, deh. Jadi kayaknya dimasukin chatroom biar ngobrolnya lebih interaktif terus nyambi vote. Gitu deh maksudnya harus 'online' hammer:

Ane mau aja sih jadi kelinci percobaan hammers
Tapi kalau pemainnya lebih dari 10, kayaknya nggak sanggup, soalnya mau ngehost TWG juga hammers
Aduh aduh jadi bingung sendiri oe hammers

Ada Waika matabelo:
Werewolf konpertan dari TWG III matabelo: matabelo:
nileajah - 08/09/2012 11:23 PM
#14

Quote:
Original Posted By cobaltblue
Maksudnya online emang bukan 24 jam hammer:

Kalau Survivor IDWS pas baca-baca kemarin soalnya kelihatannya mereka waktu voting buat eliminasi itu sistemnya live gitu, deh. Jadi kayaknya dimasukin chatroom biar ngobrolnya lebih interaktif terus nyambi vote. Gitu deh maksudnya harus 'online' hammer:

Ane mau aja sih jadi kelinci percobaan hammers
Tapi kalau pemainnya lebih dari 10, kayaknya nggak sanggup, soalnya mau ngehost TWG juga hammers
Aduh aduh jadi bingung sendiri oe hammers

Ada Waika matabelo:
Werewolf konpertan dari TWG III matabelo: matabelo:


Klo biar keren kaya TV Show aslinya emg live D
tapi klo main di sini mendingan pake rentang waktu aja biar sante \)

Playernya 10 org dl aja untuk skrg.. awal2 ndak ta bikin banyak yg penting biar keliatan dl flownya.

Gpp jadi kelinci percobaan dl oo. Ane jg ntar mau ikutan maen TWG kok bang D D , lom ada pengalaman maen board game di kaskus...sekalian biar banyak kenal
Moga2 ntar bisa ngeGM in TWG (lebi seneng jadi host hammer\).

Quote:
Original Posted By superDODON
karena harus aktif lebih2 saat malam jadi
ANE GAK IKUT GAN

nonton aja deh sama bantuin D

cobain ikut dl aja om D . Ntar game flownya ane fixin sefleksibel mungkin tergantung player biar banyak yg minat . Yg penting bisa vote tiap 2 hari sekali \)\)
Fau5t - 09/09/2012 01:20 AM
#15

Ude agak Baekan... Ane ngikutan deh gan...

Beuh ketauan tuanya niy gw gara2 daptar di pekiwan...

Ngikut deh gan...
Ga harus nama asli kan... Meskipun dah pada tau juga nama gw.... hammer:

Fau5t
31
Jakarta
4Rtistic - 09/09/2012 11:33 AM
#16

kalau bukanya minggu depan ikut deh ._.
nileajah - 09/09/2012 12:32 PM
#17

Quote:
Original Posted By 4Rtistic
kalau bukanya minggu depan ikut deh ._.


nampaknya emg bakal minggu depan mule om p


update calon player

Quote:

1. dgr as Dirga
2. Radiv as Radiva
3. Waika as Waika
4. cobaltblue as ...
5. Fau5t as Faust
6. 4Rtistic as ...
7. ...


4 lagi :matabelo :matabelo

Penonton
Quote:


ntar kyknya bakal ta tambahin donatur cendol jg D
cobaltblue - 09/09/2012 12:45 PM
#18

Quote:
Original Posted By 4Rtistic
kalau bukanya minggu depan ikut deh ._.

Next week as in next 7 days?
Soalnya kalau kamu ngomong minggu depan, karena acuan di Indonesia hari Minggu adalah 'akhir dari suatu minggu dalam bulan', hari Senin itu terhitung "minggu depan" hammers

Ane kalau ikut ga bakalan pake account ini. Kalau ngehost TWG rentan penuh inboxnya. Ntar deh didatengin klonengannya hammer:
xBartimaeus - 09/09/2012 01:15 PM
#19

Saya ikutan BigBrother boleh ya... :army

Barty
MenjauhiNestapa - 09/09/2012 02:51 PM
#20

wew,, kemaren ane liat syarat registrasinya ada yang jumlah post musti diatas 100,, bingungs
udah diganti ya ma gm?
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > CAN YOU SOLVE THIS GAME? > BB BG : Big Brother - Board Game