DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Total Views: 9681 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

dcantripe - 12/09/2012 02:05 AM
#1
FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Hak manusia mengekspresikan dirinya.
Kewajiban manusia pula menjaga apa yang sudah dipercayakan padanya.

Terutama tentang wanita. Apapun agamanya.
Saya menganggap ini sebagai kewajiban.

Apapun alasannya, belum siap, belum dapat hidayah, tidak diajarkan dalam agama, takut gak dapat jodoh, hawa panas...

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Hashimi - 12/09/2012 08:02 PM
#2

tergantung ajaran agamanya lah
agama manapun pasti menyurh umatnya untuk menutupi bagian tubuhnya. Pertanyaannya, sampai batas mana?
asu.ngamuk - 12/09/2012 08:03 PM
#3

Kewajiban + hak.

Kewajiban karena ada yang memerintah. Yang memerintah, bisa apa yang dianggapnya Tuhan, pasangan, pemerentah, masyarakat, atau siapapun yang asalnya dari luar diri. Dia jadi wajib menutup aurat karena nilai & norma yang berlaku di lingkungannya menyuruh begitu.

Menjadi hak karena adanya keinginan diri untuk melaksanakan apa yang diyakini kewajibannya. Karena dia yakin bahwa dia wajib menutup aurat, atau karena ingin dihargai di lingkungannya, timbul keinginan menutup aurat. Karena timbul dari dalam, itu jadi hak. Menutup aurat itu urusannya sendiri, dia tidak akan merugikan orang lain karena menutup aurat. Orang lain nggak boleh melarang karena tidak merugikan siapapun.

itu sudah.

Bener kata tomnyet di komentar pas lu minta diapruv. Tujuan tret ini kurang jelas. nohope:
asdasad - 12/09/2012 08:05 PM
#4

kalo bicara aurat berarti bicara hukum
sayaprihatingan - 12/09/2012 08:07 PM
#5

Quote:
Original Posted By asdasad
kalo bicara aurat berarti bicara hukum


bukan gan, bicara aurat itu berarti bicara kelamin
unwell - 12/09/2012 08:14 PM
#6

definisi aurat itu apa dulu, apakah berlaku kebalikan saat wanita melihat pria?
widya poetra - 12/09/2012 08:19 PM
#7

Ybhi:

Cuman komentar gambar aja,
kalo pake bajunya model Christian Catholic begitu ya mana dapet jodoh. capedes


Hak atau kewajiban itu kembali kepada pribadi masing2,
kalau peraturan, entah agamanya, daerahnya, negaranya, adat-istiadatnya, dst.... menuntut menutup aurat ya berarti kewajiban. Tergantung dari sudut pandang mana dilihatnya.


Btw kata id ber-titit, suara wanita itu termasuk aurat,
baju yang buat nutupi suara itu kayak apa ya? confused:
unwell - 12/09/2012 08:27 PM
#8

negara kafir menyediakan, negara muslim mengunduhnya siul:
Drunkard.69 - 12/09/2012 08:31 PM
#9

menutupi aurat ... hak atau kewajiban ?
atau mungkin karena paksaan ..



FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.


[YOUTUBE]wGsF8_QXKBU[/YOUTUBE]
Pribumi.Jawa - 12/09/2012 08:40 PM
#10

Quote:
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.(Qur'an Surah An-Nuur:31)

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.(Qur'an Surah Al-Ahzab:59)


@underline 1: Saran untuk menutupi dada wanita beriman.
@underline 1: Saran untuk makai jilbab bagi istri-istri dan anak Rasul

Bagi ane, sekedar saran aja, kalo buah dada lebih baik ditutupi, dan kalo mau mengikuti sunngah Rasul, pakailah Jilbab seperti Istri dan anak Rasul. Tidak ada kewajiban di sini, karena aurat adalah milik pribadi masing-masing.
dcantripe - 12/09/2012 08:43 PM
#11

Quote:
Original Posted By unwell
definisi aurat itu apa dulu, apakah berlaku kebalikan saat wanita melihat pria?


Sama saja 2-2nya.. Tapi biasanya lebih difokuskan pada wanita.

Quote:
Original Posted By widya poetra
Ybhi:

Cuman komentar gambar aja,
kalo pake bajunya model Christian Catholic begitu ya mana dapet jodoh. capedes


Hak atau kewajiban itu kembali kepada pribadi masing2,
kalau peraturan, entah agamanya, daerahnya, negaranya, adat-istiadatnya, dst.... menuntut menutup aurat ya berarti kewajiban. Tergantung dari sudut pandang mana dilihatnya.


Btw kata id ber-titit, suara wanita itu termasuk aurat,
baju yang buat nutupi suara itu kayak apa ya? confused:


Meski tidak diatur, membuka hal2 yang seharusnya ditutupi tetap saja bersinggungan dengan norma.

Suara wanita masuk kategori aurat bukan berarti mereka harus menyimpan suaranya dan gak boleh ngomong. Tapi menjaga agar tidak memicu hasrat lawan jenis.
dcantripe - 12/09/2012 08:49 PM
#12

Quote:
Original Posted By Drunkard.69
menutupi aurat ... hak atau kewajiban ?
atau mungkin karena paksaan ..



Anda saja yang sebagai pihak ke 3 memandangnya sebagai paksaan, seolah wanita terjeruji dalam pakaian yang harus dikenakan.

Tapi jika dilihat dari sudut pandang berbeda orang2 yang mengumbar tubuhnya lebih terjeruji dengan program2 yang menjual dan membuat terlena atas nama kecantikan.
LAMPARD. - 12/09/2012 09:00 PM
#13

suka-suka gan
mau ditutup kek,
mau enggak kek,
kek gw peduli aje
kenkun - 12/09/2012 09:04 PM
#14

itu adalah hak...
dan bukan kewajiban...\)
dan Hak itu akan berubah menjadi kewajiban tergantung bagaimana dia mendapatkan pasangannya...\)
dcantripe - 12/09/2012 09:07 PM
#15

Quote:
Original Posted By kenkun
itu adalah hak...
dan bukan kewajiban...\)
dan Hak itu akan berubah menjadi kewajiban tergantung bagaimana dia mendapatkan pasangannya...\)


Apa maksudnya kalo pasangannya tidak menyuruh lalu tidak ada kewajiban?
blackmarketnet - 12/09/2012 09:07 PM
#16

halah, tret ginian paling ujung2nya ngomongin batas porno gak porno.

klo elu umat beragama dan diagama lu ada aturan menutup aurat.
itu namanya kewajiban elu sebagai umat beragama terhadap agama yang elu peluk.
GloryOfJew - 12/09/2012 09:08 PM
#17

ada hak ada kewajiban... yg pasti harus kewajiban dulu kan?

jadi dapat hak apa sudah menjalankan kewajiban itu?? hak masuk surga.. ?WTF!
chainedcadillac - 12/09/2012 09:09 PM
#18

Walo kagak beragama pun harusnya malu ngumbar tubuh,,. tapi jaman ini adanya malah bangga...batas

Quote:
Original Posted By VegaLight
FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Orthodox Etiopia

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Ethiopian church women

Dalam alkitab Perjanjian Lama ada kisah pelarian Nabi Yakub ke Mesopotamia di mana ia jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Rachel. Setelah bekerja selama 7 tahun sebagai mas kimpoi, Yakub malahan dinikahkan dengan Lea, saudaranya Rachel. Dikisahkan Laban, sang ayah, “menipu” Yakub dengan memberikan Lea sebagai pengantin wanita pada hari pernikahan. Yakub tak mengetahui hal itu. Akhirnya memang kemudian Rachel menjadi istri ke-2 Yakub setelah Yakub bekerja 7 tahun lagi pada Laban sebagai mas kimpoi. Laban beralasan bahwa sesuai adat, Rachel tidak boleh melangkahi kakaknya untuk menikah. Mengapa ”penipuan” Laban ini sukses? Karena menurut adat mesopotamia pada jaman itu seluruh tubuh pengantin ditutup dengan kain hingga hanya terlihat kedua matanya.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.

Kerudung telah menjadi budaya di mesopotamia sejak 3000SM. Perempuan terhormat harus menggunakan kerudung untuk menbedakan dari budak dan pelacur pada jaman itu. Kerudung juga merupakan simbol kelas menengah atas masyarakat di tiga kawasan yaitu mesopotamia, babilonia dan asyiria pada jaman itu.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Gereja Orthodox Yunani di kota Amman, Jordania.

Jelaslah bahwa kerudung bukanlah tradisi orisinil Yahudi dan Arab. Namun sampai hari ini masih dilestarikan oleh Yahudi, Kristen Timur dan Islam. Kalau kita masuk ke gereja-gereja Kristen Timur, baik yunani maupun oriental orthodox, maka kita akan melihat setiap wanita yang beribadah mengenakan kerudung. Di Indonesia pun, saya melihat demikian ketika saya beribadah di gereja Orthodox Rusia di Jakarta. Hal ini sangat berbeda jauh dengan suasana di gereja-gereja barat/latin, baik Katolik maupun Protestan. Jangankan kerudung, bahkan saat beribadah pun masih banyak yang menggunakan bayu ”you can see” dan rok mini. *sigh

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Umat Perempuan memakai kerudung ketika memasuki Gereja untuk Sholat dan ber Liturgy.
Gereja Orthodox Syria di kota Allepo, Syria.

Di Kristen, melalui perjanjian baru, pemakaian kerudung juga dianjurkan, namun tidak disyariatkan seperti di dalam talmud yahudi. Namun kebanyakan gereja orthodox menafsirkan bahwa kerudung harus dilestarikan wanita saat beribadah seperti ajaran Rasul Paulus. Sedangkan gereja modern Katolik dan Protestan menekankan bahwa kerudung harus dilihat dalam konteks Paulus yang masih sangat terpengaruh tradisi Yahudi jaman itu.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Umat Perempuan memakai kerudung ketika memasuki Gereja untuk Sholat dan ber Liturgy.
Gereja Orthodox Yunani di kota Bethlehem, Palestina.

Tapi sesungguhnya, kalo kita perhatikan bahwa kerudung pun mencapai pengaruhnya ke benua eropa barat. Lihat saja pakaian tradisional Belanda dan Itali yang wanitanya mengenakan tutup kepala walau memang secara bentuk telah berubah dari aslinya.

Pergeseran makna kerudung di Kristen sendiri terjadi pergeseran makna dari semula yang artinya ”tabir” menjadi penutup aurat wanita pada abad ke-4 sebelum Islam lahir. Dalam mitologi Persia kuno, kerudung bahkan dianggap sebagai ”kemah menstruasi” yaitu tempat pengasingan untuk perempuan yang sedang datang bulan. Nama2 kerudung pun berbeda-beda sesuai dengan budaya di banyak tempat. Bentuknya pun bermacam-macam.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.
Gereja Orthodox Yunani di kota Gaza, Palestina.

Dilihat dari sejarah awal bahwa kerudung ternyata memang bertujuan baik karena untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan, dan sama sekali bukan merendahkan seperti banyak yang disebut orang barat. Pernah ada kisah jaman dulu bahwa ada perempuan yang sedang buang hajat dan tidak berkerudung lalu diganggu laki-laki iseng karena disangka budak.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.

Berbeda dengan yahudi, tradisi kerudung masuk ke arab dari mesopotamia melalui jalur perdagangan. Terjadi pada masa imperium Kristen Byzantium (turki). Bahwa secara geokultural, kerudung sangat bermanfaat bagi perempuan-perempuan di timur tengah karena matahari yang terik dapat merusak kulit mereka.

Kerudung menjadi eksklusif sebenarnya terkait dengan kemenangan Khomeini atas Syah Pahlevi. Simbol kemenangan timur atas dunia barat. Sejak itulah kerudung menjadi trend dan masuk ke kampus-kampus sekuler.

Jadi menurut saya, tidak layaklah untuk siapapun alergi apalagi anti terhadap kerudung karena tujuannya adalah baik. Biarlah orang memilih untuk menggunakannya atau tidak. Jika memang seorang wanita (apa pun agamanya) merasa aman dan nyaman untuk berkerudung, maka kita baik untuk mendukungnya.

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.

Last but not least, tau dengan sosok Perawan Maria yang berkerudung? Umat Katolik dan Orthodox sangat menghormati dan meneladani sikap beliau. Umat Muslim pun mengenalnya dengan nama Maryam ibunda Isa Almasih.

Semoga kisah tentang kerudung di atas menambah wawasan kita untuk dapat melihatnya secara konteks sosio-kultural selain konteks teologis. Dan saya sertakan beberapa gambar kerudung yang digunakan oleh wanita Kristen Orthodox.

Sumber: http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/sejarang-kerudung.html
Dearest.D - 12/09/2012 09:12 PM
#19

Setau saya kalo tubuh diumbar ya cuma jadi bahan tontonan ma bahan digoadain. Jadi resikonya tanggu sendri.. malu


Saya sih lebih suka cari aman, nuupin yang harus ditutupin..Yb
geli.geli.cobra - 12/09/2012 09:13 PM
#20

FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.

lebih bagus yang pake jilbab :2thumbup
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > FREE • MENUTUPI AURAT - Hak ataukah Kewajiban.