SURAT PEMBACA
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > sriwijaya air sang penghancur liburan
Total Views: 5608 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

vicarov - 14/09/2012 02:59 PM
#1
sriwijaya air sang penghancur liburan
selamat siang mod dan kaskus sekalian
saya membuat thread ini dengan niat menyampaikan kekecewaan saya terhadap sriwijaya air dan semoga kejadian yang menimpa saya bisa menjadi pembelajaran terhadap agan2 yang lain dalam memilih maskapai


Spoiler for "kronologinya :"

pada tanggal 12/09/2012 saya dan pacar saya berencana naik pesawat sriwijaya air tujuan jakarta pangkalpinang dengan waktu keberangkatan yang tertulis di tiket 06.45

sekitar pukul 06.00 saya sudah check in dan mengambil boarding pass tertulis pukul 06.07...

karena perut saya sakit dan mengingat waktu keberangkatan yang masih lama,saya mampir di toilet yang ada di sebelah elevator menuju lantai 2 bandara


Spoiler for "saat2 menyedihkan :"

sekitar pukul 06.40 saya mendengar penumpang sriwijaya air tujuan jakarta pangkalpinang dipersilahkan naik ke pesawat lalu saya dan pacar saya bergegas menuju gate B-4

sesampainya disana saya tanya ke petugas apakah benar ini ruang tunggu untuk penerbangan ke pangkalpinang?dan yang saya dapatkan adalah informasi bahwa PESAWAT SUDAH TAKE OFF dan saya diminta lapor ke counter dimana saya check in.....tidak lupa petugas tersebut mencatat waktu di tiket saya (yang setelahnya baru saya sadari adalah mungkin waktu ketika saya sampai ke terminal B4 tersebut) yaitu 06.44

karena panik mendengar pesawat sudah take off saya langsung buru2 konfirmasi ke counter dimana saya check in dan jawaban yang saya dapatkan dari staff sriwijaya sangat mengecewakan,isi pembicaraan tersebut adalah staff tersebut menyalahkan kami sebagai customer, bahkan menanyakan logika kepada saya kenapa hanya kami berdua yang sampai tertinggal pesawat...dan mengatakan tiket kami berdua HANGUS dan TIDAK ADA KOMPENSASI ATAUPUN PERTANGGUNGJAWABAN APAPUN


Spoiler for "kesan saya :"

Saya sangat kecewa,saya sedih,saya marah dengan tidak profesionalnya penanganan dari Sriwijaya.
Padahal, selama menggunakan penerbangan Sriwijaya schedule penerbangan sering delay - (ketika saya berangkat dari pangkalpinang menuju jakarta, tanggal 06-09-2012 pukul 06.45 pesawat delay hampir 2jam!!!)

nomor gate masuk pun selalu berubah-ubah yang terkadang tidak diinformasikan kepada customer. Sebagai customer kita hanya bisa menerima saja.

Dalam kasus ini saya merasa disudutkan dan hak-hak saya sebagai penumpang diabaikan:
1. Mengapa nomor pesawat saya tidak dipanggil sama sekali sampai last minute.
2. Panggilan terakhir yang diberikan oleh Sriwijaya hanya sekali dan berupa informasi saja. Sebagai penumpang tidak diberikan waktu untuk masuk ke dalam pesawat (tidak make sense sama sekali dari panggilan terakhir sampai pesawat mundur hanya diberikan waktu kurang dari 5 menit).
3.mengapa pesawat bisa berangkat lebih cepat dari waktu keberangkatan?dan tidak ada pemberitahuan dalam bentuk apapun dari petugas sewaktu check in?
4. Tidak ada rasa ownership untuk memberikan solusi oleh Staff Sriwijaya dan semua kesalahan dilimpahkan kepada customer.
5. jika staff yang melayani saya mau berbicara tentang logika...sebenarnya jam berapa pesawat tersebut take off??? karena yang pertama saya sampai di ruang tunggu pukul 06.44 dan dikatakan pesawat sudah take off..sedangkan bagasi saya masih ada di bandara?coba jelaskan secara logika kepada saya berapa lama waktu tercepat mencari bagasi saya di antara ratusan bagasi lainnya ketika menyadari saya tidak ada di antara penumpang lainnya di dalam pesawat?10menit?15menit?lalu jam berapa penumpang lainnya sebenarnya dipersilahkan naik ke pesawat?pintu ruang tunggu dibuka?perjalanan dari gate menuju pesawat?dan mengatur tempat duduk penumpang?


setelah itupun saya dan pacar saya kebingungan karena kami harus tiba di pangkalpinang hari itu juga,akhirnya saya hubungi agen2 tiket di bandara,teman2 yg punya usaha travel bahkan calo untuk membeli tiket lain pada hari itu juga

akhirnya saya berhasil mendapatkan tiket sekitar jam 2 siang (dan sialnya lagi2) sriwijaya air pukul 16.10 seharga RP.950RB dan harus terpisah dengan pacar saya yang mendapatkan tiket garuda seharga RP.1.060RB pada jam keberangkatan yang sama

Spoiler for "kesimpulan akhir dan latar belakang keberangkatan saya :"

setelah berangkat dari rumah dari jam 5pagi,luntang lantung karena dipermainkan sriwijaya,tidak makan & berlari2an mencari tiket di maskapai lain dan para calo di bandara,menunggu pesawat kami yang terbaru..kurang lebih kami menghabiskan sekitar 12 JAM di bandara!!!biaya tiket hampir 4JUTAAN!!!(1,4juta-tiket awal + 2,010jt tiket selanjutnya + 160rb biaya untuk 2 x boarding pass)

latar belakang perjalanan saya ini sebenarnya dikarenakan pada bulan november saya dan pasangan akan menikah di jakarta dan kami mengurus kelengkapan yang diperlukan..sekaligus saya mengajak pasangan saya liburan ke pulau seribu bersama para teman2 lainnya hitung2 refreshing sejenak setelah lama bekerja...perjalanan kami boleh dibilang sangat menyenangkan dan hancur seketika oleh sriwijaya air...
vicarov - 14/09/2012 03:00 PM
#2

pada tanggal 13/09/2012 saya menelepon sekitar pukul 10.00 ke customer service sriwijaya untuk mengkomplain hal ini...customer service yang membantu saya yaitu VIRA cukup representatif dan mengatakan bersedia mengecek pelaporan saya..cuma sekali lagi yang saya sangat teramat kecewa oleh pihak sriwijaya,mereka meminta saya kembali yang menelepon mereka untuk mengetahui kabar hasil pengecekannya dan tidak ada inisiatif untuk menelepon saya kembali,juga tidak menanyakan data saya dan nomor saya yang bisa dihubungi...

saya sudah googling tentang masalah-masalah seperti ini.dan ternyata banyak kasus2 serupa seperti yang saya alami dan tindakan2 sriwijaya air yang sama sekali tidak perduli akan hak2 customer...sebagai contoh berikut saya lampirkan link laporan :
1.http://suarapembaca.detik.com/read/2010/10/25/165136/1474396/283/disclamer.html
2.http://infopenerbangan.com/berita/nasional/ditinggal-pesawat-sriwijaya/
3.http://www.malang-post.com/arema-persema/48976-pemain-arema-terlantar
4.http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=748263178&
vicarov - 14/09/2012 03:03 PM
#3

saya sangat berharap atas surat laporan saya ini untuk dapat ditindaklanjuti oleh pihak sriwijaya air dan bantuan dari teman2 kaskuser untuk masukan langkah apa yang sebaiknya saya ambil selanjutnya....

saya menunggu permintaan maaf sekaligus penggantian kerugian yang sudah saya alami..
sekali lagi saya harapkan kerjasama dan pengertian dari pihak Sriwijaya
biaya yang saya keluarkan mungkin kalian pikir kecil tapi bagi saya itu sangat berarti karena itu adalah uang simpanan untuk biaya pernikahan saya...


untuk pengecekan semua tiket sekaligus tulisan tangan staff di gate B-4 masih saya simpan untuk keperluan penyidikan jika diperlukan
adapun kode booking penerbangan saya yang tertulis di tiket : H4DBV
rute : CGK-PGK
berangkat : 12/9/2012 06:45
dan identitas saya :
nama : Yuvensius
nomor Hp : 0812 717 7187
riry7djoe - 14/09/2012 03:05 PM
#4

waktu cek in kan dirusuh ke gate berapa ? emang ngak masuk gate nya ??
situ ke WC tapi pacar loe ngak ikut kan ?? ngak ada tuh pacar loe ngubungin loe ??
gwe selama ini di airport selalu cek di monitor kapan pesawat take off jadi ngak pernah nanya, soal nya org2 mereka sering salah..

bukan take off lebih cepat, tapi mereka masuk lebih cepat sehingga waktu keberangkatan persis sama dengan wkt di tiket, menurut gwe itu emang udah bener.. udah bener malah diomelin ntar delay kena omel pula nohope:
vicarov - 14/09/2012 03:13 PM
#5

Quote:
Original Posted By riry7djoe
1.waktu cek in kan dirusuh ke gate berapa ? emang ngak masuk gate nya ??

2.situ ke WC tapi pacar loe ngak ikut kan ?? ngak ada tuh pacar loe ngubungin loe ??

gwe selama ini di airport selalu cek di monitor kapan pesawat take off jadi ngak pernah nanya, soal nya org2 mereka sering salah..

3.bukan take off lebih cepat, tapi mereka masuk lebih cepat sehingga waktu keberangkatan persis sama dengan wkt di tiket, menurut gwe itu emang udah bener.. udah bener malah diomelin ntar delay kena omel pula nohope:


1.disuruh ke gate B-4 gan..ane ga langsung naik ke gate B-4 kan karena sakit perut gan,lagian di gate kan ngga pernah dicek ulang penumpang udah lengkap atau belon gan...
2.pacar ane juga ke wc tapi wc cewe....terus yah nungguin ane di depan...pas ada panggilan kita ber2 langsung naik gan ke gate B-4,jarak dan waktu buet nempuh perjalanan itu kurang lebih 5menit...tapi sesampainya di gate,katanya udah take off,apa wajar ngasih jarak panggilan sama pesawat berangkat dengan waktu segitu?

ane juga bukan pertama kali naik pesawat gan..ngga semua orang nunggu di ruang tunggu yang disediain,ada yang nunggu di lounge,ada yang nunggu di depan gate,ada yg selonjoran di lorong menuju gate

cuma apapun itu,kenapa ane dikabarin pesawat udah take off ketika ane sampe di gate pukul 06.44???apa jam segitu ane udah telat?
sebenernya jam berapa penumpang lainnya naik?buka pintu ruang tunggu?penumpang jalan ke pesawat?ngatur tempat duduk penumpang dan bagasi?koq mereka masih sempet2nya nyariin bagasi ane yang udah dititipin di antara ratusan bagasi lainnya?

3.ane pas berangkat pgk-jktnya delay tuh gan sriwijaya,hampir 2jam pula gan...ane ngga dapet penggantian apa2..ini ane belom telat plus dihangusin lho tiket ane gan...kalo ente jadi ane apa ente juga bisa komen kaya gitu gan?
hezztee - 14/09/2012 03:25 PM
#6

kalo berangkat 6:45 bukan harusnya 30 menit sblmnya udah masuk pesawat semua???

kan ada tertulis di tiketnya
riry7djoe - 14/09/2012 03:28 PM
#7

Quote:
Original Posted By vicarov
1.disuruh ke gate B-4 gan..ane telat ke gate B-4 kan karena sakit perut gan
2.pacar ane juga ke wc tapi wc cewe....terus yah nungguin ane di depan...pas ada panggilan kita ber2 langsung naik gan ke gate B-4,jarak dan waktu buet nempuh perjalanan itu kurang lebih 5menit...apa wajar ngasih jarak panggilan sama pesawat berangkat dengan waktu segitu?

ane juga bukan pertama kali naik pesawat gan..ngga semua orang nunggu di ruang tunggu yang disediain,ada yang nunggu di lounge,ada yang nunggu di depan gate,ada yg selonjoran di lorong menuju gate

cuma apapun itu,kenapa ane dikabarin pesawat udah take off ketika ane sampe di gate pukul 06.44???apa jam segitu ane udah telat?
sebenernya jam berapa penumpang lainnya naik?koq mereka masih sempet2nya nyariin bagasi ane yang udah dititipin di antara ratusan bagasi lainnya?


loe yakin baca kan notice di tiket / print tiket elektonik ?
nie gwe tulis ulang ya notice nya tiket sriwijaya nohope:

- dimohon melapor ( cek in) 1 1/2 jam sebelum keberangkatan

- anda harus melapor di bording gate paling lambat 30 menit sebelum pesawat anda berangkat atau kami akan menginggalkan anda untuk menghindari keterlambatan jadwal penerbangan

nah loe pesawat jam 6.45 malah bording gate loe max harusnya 6.15 tapi loe 6.40 malah masih diluar gate itu kira2 salah siapa ?? salah gwe ? salah temen2 gwe ?? eh salah sriwijaya hammer:

masalah org lain ngak semua masuk gate ya itu urusan org lain, ngapain loe ikut2an salah hammer:

kalo dibilang wajar ya gwe bilang wajar2 aja. terlebih itu adalah penerbangan pagi atau penerbangan perdana,, loe bisa bayangin kalo pagi aja delay ntar sampe malam sriwijaya pasti delay semua karena masalah ini aja nohope:

plz.. lain kali notice nya diperhatikan.. sriwijaya udah berusaha ngak delay aja loe masih protes juga.. kalo delay ntar disalahkan juga \)
vicarov - 14/09/2012 03:34 PM
#8

Quote:
Original Posted By hezztee
kalo berangkat 6:45 bukan harusnya 30 menit sblmnya udah masuk pesawat semua???

kan ada tertulis di tiketnya


masa yah gitu gan??soalnya akhirnya saya beli tiket lagi penerbangan 16.10 sore gan,pacar saya juga 16.10 naik garuda....sama2 on time,tapi jam 16.10 tu baru mulai pintu ruang tunggu dibuka dan para penumpang mulai naik pesawat
vicarov - 14/09/2012 03:39 PM
#9

Quote:
Original Posted By riry7djoe
loe yakin baca kan notice di tiket / print tiket elektonik ?
nie gwe tulis ulang ya notice nya tiket sriwijaya nohope:

- dimohon melapor ( cek in) 1 1/2 jam sebelum keberangkatan

- anda harus melapor di bording gate paling lambat 30 menit sebelum pesawat anda berangkat atau kami akan menginggalkan anda untuk menghindari keterlambatan jadwal penerbangan

nah loe pesawat jam 6.45 malah bording gate loe max harusnya 6.15 tapi loe 6.40 malah masih diluar gate itu kira2 salah siapa ?? salah gwe ? salah temen2 gwe ?? eh salah sriwijaya hammer:

masalah org lain ngak semua masuk gate ya itu urusan org lain, ngapain loe ikut2an salah hammer:

kalo dibilang wajar ya gwe bilang wajar2 aja. terlebih itu adalah penerbangan pagi atau penerbangan perdana,, loe bisa bayangin kalo pagi aja delay ntar sampe malam sriwijaya pasti delay semua karena masalah ini aja nohope:

plz.. lain kali notice nya diperhatikan.. sriwijaya udah berusaha ngak delay aja loe masih protes juga.. kalo delay ntar disalahkan juga \)


ente dapet notice tiket sriwijayanya darimana yah gan?koq cepet dan lengkep banget gan?lagian di e-ticket ane kayanya ngga ada tulisan kaya begitu lho gan,coba sebentar ane scan in sekalian tiketnya
riry7djoe - 14/09/2012 03:45 PM
#10

Quote:
Original Posted By vicarov
ente dapet notice tiket sriwijayanya darimana yah gan?koq cepet dan lengkep banget gan?lagian di e-ticket ane kayanya ngga ada tulisan kaya begitu lho gan,coba sebentar ane scan in sekalian tiketnya


buset... tiket gwe lah hammer:

masa gwe ngak ada tampang naik pesawat \(

nie gwe kasih pic nya p

sriwijaya air sang penghancur liburan
sriwijaya air sang penghancur liburan
hezztee - 14/09/2012 04:10 PM
#11

Quote:
Original Posted By vicarov
masa yah gitu gan??soalnya akhirnya saya beli tiket lagi penerbangan 16.10 sore gan,pacar saya juga 16.10 naik garuda....sama2 on time,tapi jam 16.10 tu baru mulai pintu ruang tunggu dibuka dan para penumpang mulai naik pesawat



waktu boarding dan waktu keberangkatan itu jelas 2 hal yang berbeda loh gan.. klo untuk urusan delay ato pintu belum dibuka sih laen persoalan deh.

sriwijaya air sang penghancur liburan

tuh gan.. ada kan reminder kalo lo harus standby 30 menit sebelum keberangkatan ya.. D

Quote:
Original Posted By vicarov



pada tanggal 12/09/2012 saya dan pacar saya berencana naik pesawat sriwijaya air tujuan jakarta pangkalpinang dengan waktu keberangkatan yang tertulis di tiket 06.45

sekitar pukul 06.00 saya sudah check in dan mengambil boarding pass tertulis pukul 06.07...

sekitar pukul 06.40 saya mendengar penumpang sriwijaya air tujuan jakarta pangkalpinang dipersilahkan naik ke pesawat lalu saya dan pacar saya bergegas menuju gate B-4



nah waktu keberangkatan kan 06:45,
berarti 30menit sebelum itu, ts udah harus standby di ruang tunggu
sampe diperbolehkan masuk ke pesawat

dan waktu yg 06:40 >- itu udah last call gan.. panggilan terkahir sebelum pesawat take off

jadi kayanya sih dari pihak airport dan sriwijaya nya udah ikutin SOP yang sesuai. \) CMIIW
RedShien - 14/09/2012 04:22 PM
#12

harusnya sebagai customer wajib mematuhi peraturan yang ada..

kayak cek in..
cek in itu harus dari awal banget..
minimal nongol kepala / absen dulu..
setelah absen , TS baru bisa pergi" dulu..

ane selalu cek in 1,5 jam sebelumnya..
abis itu baru ane tinggal pergi ke mana"
pas mao berangkat , pasti nama akan dipanggil jika belom keliatan , karena uda cek in..
Kotabambu - 14/09/2012 04:16 PM
#13

Waktu keberangkatan yg tercantum di tiket itu sebenernya waktu pswt udh Take off
hezztee - 14/09/2012 04:22 PM
#14

Quote:
Original Posted By Kotabambu
Waktu keberangkatan yg tercantum di tiket itu sebenernya waktu pswt udh Take off


iya gan, kayanya ts nya masih bingung antara waktu boarding dan waktu keberangkatan eheheheh D
penjahat.klamin - 14/09/2012 04:28 PM
#15

Hadeuhhhh begindang dah kalo penumpang pesawat yang biasa nebeng metromini....

Gan kalo pesawat TAKE OFF (terbang) jam 6.45 ya lo udah BOARDING (masuk pesawat) 30 menit sebelumnya, gak kayak naik metromini gan, ente loncat kedalam bus, busnya bisa langsung jalan....

Persiapan take off besawat rempong gan, 15 menit sebelum take off lo bakal denger pilot ngomong begindang "cabin crew, prepare for closing/gate departure" nah kalo pilot udah ngomong begono, gak bakal lagi tuh pintu dibuka kecuali darurat, trus semua pramugari juga musti ngecek overhead compartment ama seat belt seluruh penumpang, peragain keselamatan bijimane kalo pesawat nyungsep. Trus pesawat juga musti push back kira2 10 menit sebelum take off....

Nih gw kasih kira2annya deh... buat pswt yang take off 6.45
6.15 = boarding
6.30 = gate departure/door closing
6.40 = push back
6.45 = take off

Ya kagak mungkin lah elo nongol di gate jam 6.44 berharap pesawat masih nangkring di apron nungguin eloh....

capedeh.....

ps: kalo gw diposisi elo, gw bakal malu nuntut sana komplen sini gara2 ke-dongok-an gw sendiri....


Edit: Lah elo sendiri bilang kalo di boarding pass, udah ditulis BOARDING JAM 6.07 bukannya boarding malah masuk toilet.....capedes
korongkering - 14/09/2012 04:35 PM
#16

Emang di ruang tunggu nya nga ada wese yah bingungs
Bila perlu ntar gw bikin wese deh klo emang nga ada, 1000/orang yeh ngakaks

06.07 - Mules
06.44 - denger pengumuman

itu agan ts boker apaan lama bener ngakaks
garfieldX - 14/09/2012 04:39 PM
#17

lah kalo pesawat TS jam 6.45 berarti jam 6.15 udah harus masuk boarding donk (minimal 30 menit sebelumnya udah harus ada di ruang boarding) lagian TS knp pilih wc di luar, mendingan masuk boarding kan ada wc dibawahnya...(baru pertama kali ke Soetta ya gan), lagian coba dibedain waktu pesawat take off ama masuk boardingnya iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias
penjahat.klamin - 14/09/2012 04:46 PM
#18

Quote:
Original Posted By vicarov


ane juga bukan pertama kali naik pesawat gan..ngga semua orang nunggu di ruang tunggu yang disediain,ada yang nunggu di lounge,ada yang nunggu di depan gate,ada yg selonjoran di lorong menuju gate

cuma apapun itu,kenapa ane dikabarin pesawat udah take off ketika ane sampe di gate pukul 06.44???apa jam segitu ane udah telat?
sebenernya jam berapa penumpang lainnya naik?buka pintu ruang tunggu?penumpang jalan ke pesawat?ngatur tempat duduk penumpang dan bagasi?koq mereka masih sempet2nya nyariin bagasi ane yang udah dititipin di antara ratusan bagasi lainnya?

3.ane pas berangkat pgk-jktnya delay tuh gan sriwijaya,hampir 2jam pula gan...ane ngga dapet penggantian apa2..ini ane belom telat plus dihangusin lho tiket ane gan...kalo ente jadi ane apa ente juga bisa komen kaya gitu gan?


Bukan pertama kali naik pesawat? yakin lo?

Penumpang lain naik pesawat ya sesuai dengan yang tercantum di boarding pass jam 6.07 makanya ground crew sriwijaya punya banyak waktu buat ngambil lagi koper elo....
Saint_Iker - 14/09/2012 05:02 PM
#19

Comment2 yg diatas sy ada benarnya.

Rata2 maskapai penerbangan itu mengharapkan kita untuk check-in setidaknya 1,5jam-2jam sebelum take off (ini udah include masukin bagasi, bila ada) dan mengharuskan kita boarding 30 menit sebelum take off.

Semua ketentuan itu sudah ditulis semua di tiket. Apalagi kalau kita belinya tiket elektronik, itu pasti sudah tertulis lengkap.

Masalahnya sekarang:
1. TS sudah dapat boarding pass jam 06.07. Mengapa enggak langsung boarding?
2. Ok lah alasannya mules mau ke WC. Kenapa tidak menggunakan WC di ruang boarding saja? Padahal di ruang boarding Soe-Ta itu disediakan WC.

Mungkin lain kali agar lebih dahulu membaca ketentuan yang ada, biar enggak terulang lagi kejadian seperti ini \)
sniperwolf - 14/09/2012 05:13 PM
#20

Haha, gw ngakak baca kronologis TSnya D D D

BOARDING = NAIK PESAWAT

Jam departure itu jam pas pesawatnya bergerak gan \)

Pengalaman gw kemarin dari Bali ke Jakarta naik Lion. Departure time gw 21:30, boarding time 21:00. gw sampe counter check-in jam 21:05.
Saat itu gw pasrah dah kalau ditinggal pesawat, soalnya udah telat boardingnya.
Gw lari dari bawah ke gate diatas sendirian, lari dari terminal ke apron sendirian juga, akhirnya masih sempet, gw duduk lgs brkt, pas jam 21:30

Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > sriwijaya air sang penghancur liburan