Saham
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Forex/Option/Saham dan Derivatifnya > Saham > Data Laporan Keuangan/Laporan Tahunan Emiten BEI (mulai thn 2003)
Total Views: 996 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 

dunkz - 04/10/2012 07:56 AM
#21

Biaya Operasional (Operating Expense)
Biaya yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas bisnis, biasa disingkat dengan Opex. Yang termasuk ke dalam opex antara lain sewa gedung, gaji pegawai, dan biaya listrik, dll.
yehan - 04/10/2012 08:42 PM
#22

Hu Hita,
Mau nanya dong.. di spreadsheet 1.4 hu hita, saya mo nanya ttg utang nih
kan ada item berikut
1. Long term debt
Long term debt = hutang bank jangka panjang (40.727) + hutang angsuran jangka panjang (1.404) + pake hutang obligasi jangka panjang ngga (298.972) ???
2. Total debt
total debt disini yg hu maksud yg mana ya?
3. Liabilities
kl ini tinggal langsung liat LK nya \)

Mohon bantuannya hu..

Datanya pake yg ini hu..
Data Laporan Keuangan/Laporan Tahunan Emiten BEI (mulai thn 2003)

terima kasih.. ngakak
dunkz - 05/10/2012 07:15 AM
#23

Quote:
Original Posted By yehan
Hu Hita,
Mau nanya dong.. di spreadsheet 1.4 hu hita, saya mo nanya ttg utang nih
kan ada item berikut
1. Long term debt
Long term debt = hutang bank jangka panjang (40.727) + hutang angsuran jangka panjang (1.404) + pake hutang obligasi jangka panjang ngga (298.972) ???
2. Total debt
total debt disini yg hu maksud yg mana ya?
3. Liabilities
kl ini tinggal langsung liat LK nya \)

Mohon bantuannya hu..

Datanya pake yg ini hu..
Data Laporan Keuangan/Laporan Tahunan Emiten BEI (mulai thn 2003)

terima kasih.. ngakak


Total debt = short term debt + long term debt.

Debt itu liabilitas yang ada bunganya.

Short term debt = hutang bank jangka pendek (242) + hutang bank (4829) + hutang angsuran (5185)

Kalo long term debt ya kaya yg hu yehan bilang itu.

Coba dipastiin aja hutang angsuran itu apa sebenarnya.

dunkz - 06/10/2012 07:32 AM
#24

Depresiasi
Adalah metode untuk mengalokasikan biaya dari sebuah aset selama aset tersebut dipandang masih bermanfaat (useful life). Depresiasi menggambarkan seberapa banyak suatu aset telah terpakai.
dunkz - 07/10/2012 05:17 PM
#25

Di BEI, ada 3 jenis laporan yang wajib diserahkan oleh emiten yaitu\)
1. Laporan keuangan kuartalan (setiap 3 bulan sekali)
2. Laporan keuangan tahunan
3. Laporan tahunan (laporan operasional dari emiten untuk tahun tersebut)
dunkz - 09/10/2012 11:39 AM
#26

HPP (Harga Pokok Penjualan)
Adalah biaya langsung yang dikeluarkan untuk memproduksi barang yang hendak dijual oleh perusahaan. Biasanya terdiri atas material dan upah pekerja.
dunkz - 11/10/2012 09:02 AM
#27

Rasio
Rasio adalah perbandingan antar pos-pos di dalam laporan keuangan. Rasio keuangan yang terkenal antara lain adalah net profit margin, return on equity, dan debt to equity ratio.
dunkz - 11/10/2012 11:49 PM
#28

ROE (Return on Equity)
Adalah rasio yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengembalian terhadap modal investor saham (ekuitas). Umumnya perusahaan dianggap bagus apabila memiliki ROE > 15%
dunkz - 14/10/2012 10:14 PM
#29

ROA (Return on Assets)
Adalah rasio yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengembalian terhadap aset yang dimiliki. Umumnya perusahaan dianggap bagus apabila memiliki ROA > 12%
dunkz - 15/10/2012 09:57 PM
#30

Net Profit Margin
Adalah perbandingan antara laba bersih dengan penjualan. Semakin tinggi semakin bagus. Umumnya net profit margin yang bagus adalah jika lebih besar dari 10%.
dunkz - 16/10/2012 11:28 AM
#31

Assets Turnover
Adalah perbandingan antara sales dengan assets. Rasio ini berguna untuk mengetahui apakah aset yang dimiliki perusahaan dapat dimanfaatkan dengan baik. Asset turnover akan sangat berguna apabila kita menggunakannya untuk membandingkan perusahaan-perusahaan di dalam industri yang sama. Semakin tinggi assets turnover, semakin baik.
dunkz - 16/10/2012 09:58 PM
#32

Debt to Equity Ratio (DER)
Adalah perbandingan antara debt (utang) dengan ekuitas. Umumnya rasio ini dipergunakan untuk mengetahui struktur permodalan suatu perusahaan. Nilai DER yang tinggi menandakan bahwa perusahaan banyak dibiayai oleh utang. Biasanya perusahaan dianggap moderat jika DER-nya di bawah 1.
dunkz - 18/10/2012 08:10 AM
#33

Current Ratio
Adalah rasio antara aset lancar dengan kewajiban lancar. Rasio ini dipergunakan untuk mengetahui apakah suatu perusahaan dapat memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aset lancar. Umumnya current ratio yang normal adalah > 1.
wonglik - 18/10/2012 02:00 PM
#34

Thank you Hu Hita atas penjelasannya.
dunkz - 18/10/2012 09:38 PM
#35

Quote:
Original Posted By wonglik
Thank you Hu Hita atas penjelasannya.


Sama2 hu \)
slither - 18/10/2012 09:57 PM
#36

Quote:
Original Posted By dunkz
Setiap emiten (perusahaan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus melaporkan kondisi keuangannya secara rutin. Apa pun yang berpengaruh secara signifikan terhadap kondisi keuangannya akan dimasukkan ke dalam laporan keuangan. Dengan membaca laporan keuangan kita akan mengetahui seberapa besar aset perusahaan, berapa jumlah utangnya, apakah perusahaan bisnisnya memberikan keuntungan?, apakah perusahaan berada dalam kondisi yang sehat? Kita akan dapat meneropong kondisi keuangan suatu perusahaan dengan membaca laporan keuangannya.
Pada dasarnya, ada 3 jenis laporan keuangan perusahaan dan ketiga laporan tersebut biasanya akan disatukan.

Pertama, laporan laba rugi (income statement). Laporan laba rugi memberikan informasi berapa pendapatan dan biaya-biaya dari suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Di BEI, setiap perusahaan memberikan laporan keuangan setiap 3 bulan sekali. Dari laporan laba rugi, kita bisa mengetahui marjin laba bersih, konsistensi pertumbuhan laba, dan efisiensi biaya dari suatu perusahaan.

Kedua, neraca (balance sheet). Neraca memberikan kita informasi tentang berapa jumlah aset yang dimilikinya perusahaan, seberapa besar utangnya, dan berapa kekayaan bersihnya. Kekayaan bersih perusahaan (ekuitas/equity) didapatkan dengan mengurangi aset dengan kewajiban (termasuk utang). Berbeda dengan laporan laba rugi yang memberikan informasi selama periode tertentu (misal 3 bulan atau 1 tahun), neraca memberikan ‘potret’ kondisi perusahaan ketika laporan diterbitkan (misal akhir tahun atau akhir kuartal).

Ketiga, laporan arus kas (cash flow statement). Laporan arus kas akan memberikan informasi tentang perolehan dan penggunaan uang kas dari perusahaan. Sebagai contohnya: pembayaran ke supplier, hasil penjualan, belanja modal (capital expenditure), pembayaran dividen, dan lain-lain.

Sebenarnya ada satu jenis laporan lain yaitu laporan peruabahan ekuitas. Namun biasanya ketiga jenis laporan yang telah disebutkan sebelumnya sudah cukup untuk mengetahui potret dari suatu perusahaan.


hu skrg bloomberg udah ga bisa liat gini lagi yak? apa gmn?

cuma di ft doank berarti, grafiknya krg enak diliat D
dunkz - 18/10/2012 10:12 PM
#37

Quote:
Original Posted By slither
hu skrg bloomberg udah ga bisa liat gini lagi yak? apa gmn?

cuma di ft doank berarti, grafiknya krg enak diliat D


di reuters juga bisa kok. Gak tau kalo bloomberg
slither - 18/10/2012 10:19 PM
#38

Quote:
Original Posted By dunkz
di reuters juga bisa kok. Gak tau kalo bloomberg


di reuters udah jadi poin2nya, perasaan dulu bloomberg ampe jeroan2nya.

kl reuters chartnya yg thumbup:

======
lapkeu berikutnya keluar kapan ya hu ?
dunkz - 18/10/2012 10:26 PM
#39

Quote:
Original Posted By slither
di reuters udah jadi poin2nya, perasaan dulu bloomberg ampe jeroan2nya.

kl reuters chartnya yg thumbup:

======
lapkeu berikutnya keluar kapan ya hu ?


Mestinya deket2 ini. Tadi cek baru ada 3 emiten yang rilis LK Q3
dunkz - 19/10/2012 10:01 AM
#40

Gross Margin
Adalah rasio yang digunakan untuk mengetahui perbandingan antara gross profit dengan pendapatan. Perusahaan dengan gross margin tinggi dan konsisten ada kemungkinan memiliki competitive advantage dibandingkan dengan kompetitornya.
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Forex/Option/Saham dan Derivatifnya > Saham > Data Laporan Keuangan/Laporan Tahunan Emiten BEI (mulai thn 2003)