BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Setiap Tahun dari 7000-an Lulusan Kedokteran, Sekitar 35% Tak Lulus Uji Kompetensi
Total Views: 26987 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 34 of 36 | ‹ First  < 29 30 31 32 33 34 35 36 > 

NarutoDC - 26/09/2012 10:29 AM
#661

Semoga dunia kedokteran indonesia bisa berbenah dari bawah.
blendung..pulsa - 26/09/2012 10:46 AM
#662

dimana ada usaha disitu pasti ada jalan
gembel.brewok - 26/09/2012 10:54 AM
#663

Quote:
Original Posted By NarutoDC
Mau bagaimana lagi gan, untuk orang awam pasti berfikir seperti itu, dan memang real nya begitu walaupun gak semua dokter melakukan.


Kalo yg seperti itu gan namanya dokter matre gan, miris juga sih gan kalo ngasih sediaan dengan efek terapi padahal di dunia farmasi ada Plasebo yang hanya berbentuk tapi tak berkhasiat.

Tapi yg seperti ini cuman terjadi di Klinik dan Praktek gan soalnya ada Nego Antara Supervisor dari pedagang besar dan dokter dengan iming-iming bonus, yakin deh di Rs gak ada kyk gini soalnya obatnya semua gratis, kecuali di luar tangguan baru deh beli di luar.


Iya gan bener klo rumah sakit swasta yg gw tau emang bagusan tapi klo udah punya daerah payah sekali
hopihola - 26/09/2012 01:02 PM
#664

Quote:
Original Posted By vervetto-solo
ngarang lah gan, orang banyak yg bilang sogak sogok sebenernya apa pernah pada jadi barisan sakit hati krn ga diterima fk yah ??hehe


ane mah blm pernah daftar dan ga minat masuk fk gan.,,hehehe..cm pernah liat langsung nilai calon mahasiswa yg bagus tergeser ama nilai mahasiswa yg kurang bagus, eh ternyata beliau anak dokter..ga aneh ko gan,maklum juga..senioritas di kedokteran kan luar biasa..feodal..hehehe..
hopihola - 26/09/2012 01:05 PM
#665

Quote:
Original Posted By Sniperkicker
satu lagi syaratnya untuk bisa jadi dokter gan bukan cuman coass doank tapi harus lulus UKDI, ....kl lulus UKDI baru sumpah dokter


beres ukdi harus internship,,beres internship bisa dilanjut ptt...memang panjang perjalanan menjadi seorang dokter..

yg pasti saya butuh dokter..
guitarista - 26/09/2012 03:43 PM
#666

Quote:
Original Posted By mjbr
selain itu, jumlah lulusan kedokteran sekarang udah terlalu banyak,
gw malah punya saudara 3 orang yang lulusan pada nganggur,,
jadi jangan beranggapan kalo kuliah disana mudah cari kerja,,
anda salah besar shakehand

sebenarnya masih dibutuhkan banyak dokter.. dengan jumlah penduduk 242.325.638 (tahun 2011) Indonesia hanya memiliki 80.582 (tahun 2011) yang artinya 1 dokter umum harus melayani 3000 orang. padahal idealnya 1:2000-2500. permasalahannya adalah pemerataannya. yakin deh, bukan cuma dokter yang gak mau ditempatkan di daerah terpencil atau sangat terpencil dengan kondisi yang sekarang, tapi semua lulusan sarjana juga pasti mikir2 1000x deh. tapi apakah ini artinya dokter bener2 tidak mau berangkat kesana? BIG NO. banyak dokter umum yang sekarang bertugas di daerah tersebut walaupun dengan kondisi seadanya (gaji telat, sarana dan prasarana seadanya dll)

Quote:
Original Posted By kolonel_iput
Mau jujur ato nggak, tapi satu hal, kurikulum di dunia kedokteran itu gak jalas tolok ukurnya secara statistik dan objektif.

Sistem KRS yang berbeda dari prodi ilmu lainnya dengan berbagai alasan, pada dasarnya tidak transparan.

Mau jujur ato gak, kebiasaan mahasiswa kedokteran untuk menyogok (bahasa kasar personal approach) professor nya untuk nilai yang subjektif dan ongkos pendidikan yang tinggi mengakibatkan biaya kesehatan menjadi mahal....

WTF


Sistem pendidikan Kedokteran sekarang memakai sistem Blok. semua ilmu terintegrasi menjadi satu dan diampu oleh satu tim per blok/modul. jadi gak mungkin untuk menyogok hanya demi sebuah nilai.

Quote:
Original Posted By gembel.brewok
Trus dokter yang kasih resep obat dengan nyelipin resep obat yg ga nyambung ama penyakitnya apa gan? salah tulis ato bijimanacapedes

setiap dokter pasti ada pertimbangan tersendiri setiap memberikan terapi. individu itu unik, begitupula pasien. mungkin si A dengan keluhan demam butuh obat W,X,Y,Z. tapi si B dengan keluhan demam hanya butuh obat Y dan Z.
masih pengin ngerti kenapa begitu? silahkan sekolah kedokteran 7 tahun, agan akan mengerti alasannya.
mizamizu - 27/09/2012 02:36 AM
#667

agak miris.... tapi begitulah adanya.... entah rumor yang ane sering denger tuh bener apa kagak. dari mulai pts sampe ptn pasti adalah yang kayak gitu. apalagi kalo kenal orang dalem, wuih, lancar gan =)) ngakak

cuma yang murni dari 0 juga banyak kok gan. jangan menyamaratakan semua yang masuk fk itu masuk pake jalur aneh-aneh loh ;)

memang pada dasarnya semua tergantung diri sendiri, tapi kampus juga punya pengaruh yang besar dalam mensukseskan karir kita ke depan. yah...meskipun rumit selama kita dah punya basic yang bagus dan berkompetensi, semuanya pasti terlewati kok.

dan menurut pengalaman para leluhur, ipk tinggi gak ngejamin pas praktiknya sukses gan... soalnya pas mau praktik, mengikuti aturan teori itu susah loh gan ga semua orang bisa dengan mudah mempraktikkan teori yang masih ngawang-ngawang itu...

hmpft... semangatttt caldok-cadok keceeee seluruh indonesia, jangan kotori jas putih itu dengan niat yang buruk \) \)
syan.junior - 28/09/2012 10:17 PM
#668

Quote:
Original Posted By sandi.mulya


Diagnosa masuk angin emng ga ada, tapi namanya Trapped wind,
mungkin di Indonesia masih belum sering membahas, tapi pengalaman ane belajar itu ada, dan salah satu yang membuat sistem pencernaan ga normal \)


trapped wind juga ga pernah di jadiin diagnosa gan..
soalnya itu kan sama aja kaya kembung (soalnya definisi trapped wind itu kan udara bebas yang ada di usus)
dan trapped wind itu sendiri kebanyakan sembuh sendiri tanpa harus d tangani,,
paling juga tinggal d ajak makan atau minum dah baik sendiri..
sedangkan pasien ga akan datang untuk periksa kalau dia baru merasa sakit sebentar,, lebih dari 70% pasien datang setelah pasien tidak dapat menangani keluhannya..
itulah kenapa di indonesia kebanyakan yang ada pasien yang udah kronis daripada pasien yang masih akut.
syan.junior - 28/09/2012 10:36 PM
#669

Quote:
Original Posted By kolonel_iput
Mau jujur ato nggak, tapi satu hal, kurikulum di dunia kedokteran itu gak jalas tolok ukurnya secara statistik dan objektif.

Sistem KRS yang berbeda dari prodi ilmu lainnya dengan berbagai alasan, pada dasarnya tidak transparan.

Mau jujur ato gak, kebiasaan mahasiswa kedokteran untuk menyogok (bahasa kasar personal approach) professor nya untuk nilai yang subjektif dan ongkos pendidikan yang tinggi mengakibatkan biaya kesehatan menjadi mahal....

WTF


jangan sotoy gan..
ga ada mahasiswa yg nyogok professor..
di pikir secara nalar aja,, sebutannya aja udah professor,apalagi di bidang kedokteran, mahasiswa ngasih uang 500rb mah cuma d ketawain aja sama beliau,ga akan di ambil, klo mw ngasi itu y minimal barang dengan harga 2jutaan,, emangnya agan pikir mahasiswa kedokteran punya uang berapa untuk nyogok professor yg jumlahnya bisa lebih dari 30 orang,, sedangkan klo mau nyogok gtu ga mungkin minta uang ke ortu..

satu lagi gan..
GAJI Dokter Umum yg PNS itu cuma 2JUTA
padahal kita udah sekolah minimal 7tahun
agan bandingin aja sama pilot yg sekolahnya cuma 3-4tahun,mereka dapat gaji itu minimal 10juta..
jadi biaya kesehatan mahal itu ga ada hubungannya sama DOKTERnya,, itu mah gara sistem dari pemerintahnya aja..
lagian agan tau gak sih klo pajak dokter itu jauh lebih besar ada potongan bisa sampai 25% dari gajinya..
sekian gan
potlot.qu - 28/09/2012 11:01 PM
#670

Quote:
Original Posted By just_
orang yg cuma nyalahin STR berarti emang ga punya kompetensi...
buat dapet STR aja ga becus kok jadi nyalahin pemerintah...gimana mau jadi dokter yg benar2 berkompeten...apalagi nolongin pasien dg bener...

ati-ati gan klo mau komen...

sorry no offense.


Bagi ane ada satu hal yang kadang bikin ketawa geli. Dokter2 udah susah2 belajar menulis resep dengan tulisan khusus (maksudnya biar pasien kagak tau obat yang dikasih itu apaan)....eeh giliran di apotiknya ngasih kwitansinya obat2nya ditulis dengan jelas (karena sudah komputerisasi). Nah...buat apaan lagi tuh dokter belajar nulis dan nulis resep pake tulisan cakar ayam? udah kagak jamannya lagi kalee.....
d-r-n - 30/09/2012 07:07 AM
#671

Quote:
Original Posted By accelero
dokter2 sekalian kalo ngasih obat itu rasional

*jgn byk ngasih antibiotik
cuman demam sehari udah dikasih antibiotik golongan cepalosporincapedes (pdhal deman sehari itu baru awal belum bisa di duga penyakitnya apa)

* jgn suka ngasih pasien obat suntik utk penyakit yg ringan
dikit2 suntik, pale lo peang....petapa bahayanya obat suntik, memang kinerjanya cepat tp ketika melakukan kesalahan penaggulanganya sudah terlambat trs bahaya infeksi

*kenali pasien
kalo pasien kelas menengah kebawah kasihlah obat generik toh efeknya sama aja dg obat dagang (sudah SNI, CPOB semua), kecuali pasien yg sok kaya lo kasih dah obat paling mahal biar nyahok tuh orang

*jgn ngasih vitamin yg banyak
masak vitamin doang sampai 3,4 tablet lo kirang enak nelen obat banyak2, kasih multivitamin kenapa???? (banyak untungnya yacapedes)

*jgn jadi pedang obat ya
mentang2 ada kontrak ama pedagang obat lo kasih obat2 itu kepasien kalian, mana mahal, gak guna dimasukin lagi ( biar dapat laptop baru, liburan gratis keluar negri,capedes)


UNTUK KITA PASIEN DISARANIN BELI BUKU MIMS, IONI dan sejenisnya BIAR GAK DIKADALI DOKTER2 GILA DUIT YG MERES PASIEN KERE KEK KITA (jd kita baca itu resep liat di ioni)......

merubah resep itu boleh selagi itu merubah obat dagang ke generik dg catatan nama obatnya sama


Alangkah indahnya kalau semua pasien kayak ente gan... Yang demam 1 hari ga mau minum antibiotik, yang otaknya uda pada cerdas, yang lebi milih minum obat daripada suntik,, ane sih kasi 4 jempol buat pasien2 kayak ente..

Nah permasalahannye tuh di lapangan ga semua pasien kayak ente.. Yang demam 1 hari maunya besoknya langsung sembuh, yang kalo ga disuntik itu ga berobat namanya, yang dikasi obat sedikit marah2.. Nah disini nama kita dipertaruhkan gan, ane kasih contoh :
misalnya si A berobat ke dokter B, si A demam 1 hari terus ga dikasi antibiotik sama dokter B, si A masih aja panas setelah hari ke 3, terus dia berobat ke dokter C dikasi antibiotik lalu si A sembuh (sembuh bisa dari antibiotiknya bisa emang dari perjalanan penyakitnya), terus si A cerita ke temen2nya jangan berobat ke dokter B karena ga sembuh, suruh ke dokter C aja laen kali kalo sakit..
Berdasarkan contoh kasus diatas maka si dokter A bertindak benar sesuai teori tapi diperkosa kenyataan, pasiennya kabur, namanya hancur.
si dokter B dapet duren runtuh pasiennya pun banyak..
Jadi jangan asal ngejudge dokter ngasi antibiotik,, kalau emang pasien uda pinter semua kayak ente sih luar biasa.. Kenyataannya orang2 di daerah level pendidikannya ga setinggi ente, yang maunya sekali berobat ces pleng sembuh kalo ga dokternya dimarahin..

Ane jg ga suka sama dokter2 yang terlalu jadi pelacur obat,, itu yang mustinya dibenahi.. Tapi ga semua dokter kayak gitu.. Masih banyak yang pengobatannya rasional kok.. Begitu gan..
Syakeer - 01/10/2012 12:53 AM
#672

kayanya jurusan favorit jaman sekarang bukan kedokteran lagi gan, tapi jurusan IT, sebab dunia kedokteran mulai merambah teknologi IT yang bisa-bisa dokter gak dibutuhin lagi, misalkan robot dokter bisa analisa jenis penyakit dll dah pokoknya,, jaman tambah maju dan gak ada yg gak mungkin kecuali tdk di izinkan oleh sang pencipta
Syakeer - 01/10/2012 01:01 AM
#673

Quote:
Original Posted By syan.junior
jangan sotoy gan..
ga ada mahasiswa yg nyogok professor..
di pikir secara nalar aja,, sebutannya aja udah professor,apalagi di bidang kedokteran, mahasiswa ngasih uang 500rb mah cuma d ketawain aja sama beliau,ga akan di ambil, klo mw ngasi itu y minimal barang dengan harga 2jutaan,, emangnya agan pikir mahasiswa kedokteran punya uang berapa untuk nyogok professor yg jumlahnya bisa lebih dari 30 orang,, sedangkan klo mau nyogok gtu ga mungkin minta uang ke ortu..

satu lagi gan..
GAJI Dokter Umum yg PNS itu cuma 2JUTA
padahal kita udah sekolah minimal 7tahun
agan bandingin aja sama pilot yg sekolahnya cuma 3-4tahun,mereka dapat gaji itu minimal 10juta..
jadi biaya kesehatan mahal itu ga ada hubungannya sama DOKTERnya,, itu mah gara sistem dari pemerintahnya aja..
lagian agan tau gak sih klo pajak dokter itu jauh lebih besar ada potongan bisa sampai 25% dari gajinya..
sekian gan


tp sepengetahuan saya ada beberapa faktor seseorang memilih jurusan kedokteran yg 1. Faktor Gengsi (Personal Branding) 2. Biar dianggap Pinter (biasanya maksa) 3. Ikut ikutan 4. Trend 5. Ortu Dokter 6. Pingin Kaya 7. Faktor X
syan.junior - 01/10/2012 07:47 PM
#674

Quote:
Original Posted By Syakeer


tp sepengetahuan saya ada beberapa faktor seseorang memilih jurusan kedokteran yg 1. Faktor Gengsi (Personal Branding) 2. Biar dianggap Pinter (biasanya maksa) 3. Ikut ikutan 4. Trend 5. Ortu Dokter 6. Pingin Kaya 7. Faktor X


maaf apa hubungannya dengan pernyataan ane y gan..
yg agan sebutin itu emang bener, tapi apa hubungannya dengan pernyataan saya..

satu lagi gan, ane jujur aja ya (soalnya ane ga suka ngomongin d belakang), ane ga suka sama pemikiran agan n banyak org2 d luar sana yg kaya agan,, alasannya : dari semua faktor yg agan sebut ga ada yg positif (ex: memang memiliki kemampuan, ingin membantu mengobati, ingin bekerja yg bisa sambil ibadah,dll) kalo semua org d luar sana berfikiran kaya agan, gmn indonesia mw bebas dr sifat berprasangka buruk..
sekian gan, terimakasih
Puzzlle - 01/10/2012 09:47 PM
#675

Quote:
Original Posted By syan.junior


satu lagi gan..
GAJI Dokter Umum yg PNS itu cuma 2JUTA
padahal kita udah sekolah minimal 7tahun
agan bandingin aja sama pilot yg sekolahnya cuma 3-4tahun,mereka dapat gaji itu minimal 10juta..
jadi biaya kesehatan mahal itu ga ada hubungannya sama DOKTERnya,, itu mah gara sistem dari pemerintahnya aja..
lagian agan tau gak sih klo pajak dokter itu jauh lebih besar ada potongan bisa sampai 25% dari gajinya..
sekian gan


Quote:
Original Posted By syan.junior


maaf apa hubungannya dengan pernyataan ane y gan..
yg agan sebutin itu emang bener, tapi apa hubungannya dengan pernyataan saya..

satu lagi gan, ane jujur aja ya (soalnya ane ga suka ngomongin d belakang), ane ga suka sama pemikiran agan n banyak org2 d luar sana yg kaya agan,, alasannya : dari semua faktor yg agan sebut ga ada yg positif (ex: memang memiliki kemampuan, ingin membantu mengobati, ingin bekerja yg bisa sambil ibadah,dll) kalo semua org d luar sana berfikiran kaya agan, gmn indonesia mw bebas dr sifat berprasangka buruk..
sekian gan, terimakasih


Gan, agan iri dengan gaji pilot? agan katanya ingin membantu mengobati, dan beribadah kenapa protes dengan gaji?
satu lagi, pilot itu kerjaannya membawa pesawat dan penumpang
agan bisa membeli pesawat tidak?
dokter memang pelajarannya berat, tapi jangan hanya melihat keatas
lihatlah yg tidak seberuntung agan, tidak usah jauh2, teman sejawat agan, yaitu apoteker, apoteker sama2 berat pelajarannya (kalau agan tidak ingin dikatakan pelajaran apoteker lebih luas)
tapi presentasi kekayaan apotker lebih rendah dr dokter
Gundra - 02/10/2012 02:34 AM
#676

Temennya kerabat ane malah ada yang 7x tes ukdi gak lewat-lewat
Semoga ane lancar ntar,aamiiin
atau ukdi nya ntar udah dihapus :shutups D

Apapun jurusan yang sedang digeluti,sebenarnya semuanya butuh keseriusan.
Semangat mahasiswa !! iloveindonesias
Mau mahasiswa kedokteran,mau mahasiswa teknik,mahasiswa ilmu pendidikan, atau yang lainnya,tetap semuanya adalah generasi penerus yang nanti nya akan menjadi tumpuan kemajuan negara.
syan.junior - 02/10/2012 03:37 AM
#677

Quote:
Original Posted By Puzzlle




Gan, agan iri dengan gaji pilot? agan katanya ingin membantu mengobati, dan beribadah kenapa protes dengan gaji?
satu lagi, pilot itu kerjaannya membawa pesawat dan penumpang
agan bisa membeli pesawat tidak?
dokter memang pelajarannya berat, tapi jangan hanya melihat keatas
lihatlah yg tidak seberuntung agan, tidak usah jauh2, teman sejawat agan, yaitu apoteker, apoteker sama2 berat pelajarannya (kalau agan tidak ingin dikatakan pelajaran apoteker lebih luas)
tapi presentasi kekayaan apotker lebih rendah dr dokter


maaf y gan, ga usah ikut2 jadi kaya politikus yg hobinya memotong kalimat, dimana kata2 saya yg bilang kalo saya iri, saya hanya memberi gambaran sebelum masuk k kalimat pokok (yg tulisan merah), sama kaya agan klo baca Al-Qur'an atau alkitab itu kalimat ga boleh d potong2 karna bisa menjadi fitnah dan menyesatkan

satu lagi gan..
GAJI Dokter Umum yg PNS itu cuma 2JUTA
padahal kita udah sekolah minimal 7tahun
agan bandingin aja sama pilot yg sekolahnya cuma 3-4tahun,mereka dapat gaji itu minimal 10juta..
[color=red]jadi biaya kesehatan mahal itu ga ada hubungannya sama DOKTERnya,, itu mah gara sistem dari pemerintahnya aja..
lagian agan tau gak sih klo pajak dokter itu jauh lebih besar ada potongan bisa sampai 25% dari gajinya..
sekian gan[/color]
SS.Panzer - 02/10/2012 03:50 AM
#678

Quote:
Original Posted By sandi.mulya


Kalo dokter yang abal abal emang begitu,
Coba ente ketemu dokter yang sudah super spesialis atau sub spesialis, itu ramah ramah sekali, beda dengan sekedar UMUM


dokter juga manusia, mau super duper spesialis atau dokter umum, gak ngejamin,

D

phonx - 02/10/2012 04:05 AM
#679

iseng iseng jalan2 dan nemuin komentar tolol...

Quote:
Original Posted By Puzzlle
Gan, agan iri dengan gaji pilot? agan katanya ingin membantu mengobati, dan beribadah kenapa protes dengan gaji?
satu lagi, pilot itu kerjaannya membawa pesawat dan penumpang
agan bisa membeli pesawat tidak?
dokter memang pelajarannya berat, tapi jangan hanya melihat keatas
lihatlah yg tidak seberuntung agan, tidak usah jauh2, teman sejawat agan, yaitu apoteker, apoteker sama2 berat pelajarannya (kalau agan tidak ingin dikatakan pelajaran apoteker lebih luas)
tapi presentasi kekayaan apotker lebih rendah dr dokter


Otak lu ilang dimana sih? Emang lu pikir dokter ga butuh makan, punya rumah, mobil, BB dsb? darimana itu didapet, kalo gak dari beli? Emang dokter bisa punya henpon dikasih emak lu yg pelacur itu? D

Gue gak mengerti pola pikir lu yg berantakan itu, noob...
dokter adalah penyedia jasa, dan harus ada harga yg pantas untuk tiap jasa yg diberikan, similiar as lawyer..Atau bahkan tukang pangkas rambut. Pilot memiliki resiko tinggi menyangkut nyawa orang , dan dokter sebenarnya juga begitu. Lu tau arti JASA gak? kalo ga tahu liat KBBI sana, goblok! dan kalo jasa seseorg dihargai rendah, gimana dia bisa berdedikasi secara maksimal? gila:

Perempuan jalang mana sih yg bisa2 nya melahirkan bocah sedungu elu? fuck3:

Lu bilang pilot ga bisa beli pesawat, emang semua dokter bisa beli RUMAH SAKIT? Ntar jangan2 lu juga analogikan antara pengacara dan beli gedung pengadilan. Lu sekolah dimana sih, noob? gila:


Dan satu lagi, bila org selalu melihat kebawah tanpa pernah melihat ke atas, maka dia tak pernah menjadi org yang maju. D
phonx - 02/10/2012 04:08 AM
#680

Eh, setelah gue baca2 keluh kesah org2 dimari..Ternyata masih lebih tinggi pendapatan tukang cukur rambut yah ketimbang dokter? D D D
Page 34 of 36 | ‹ First  < 29 30 31 32 33 34 35 36 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Setiap Tahun dari 7000-an Lulusan Kedokteran, Sekitar 35% Tak Lulus Uji Kompetensi