SURAT PEMBACA
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > SURAT TERBUKA KEPADA DEVELOPER BUAHBATU PARK APARTMENT dan BTN Bandung
Total Views: 2239 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

dwighy - 25/09/2012 02:10 AM
#1
SURAT TERBUKA KEPADA DEVELOPER BUAHBATU PARK APARTMENT dan BTN Bandung
Dalam surat terbuka ini saya bermaksud mengutarakan kekecewaan yang teramat sangat atas ketidakjelasan penyelesaian dan serah terima unit apartemen buahbatu park yang dibangun oleh pengembang PT. Menara Karsa Mandiri (P.T. MKM) setelah sering kali mengirim surat, mendatangi dan berbagai upaya lainnya kandas.

Terlebih lagi pihak developer yang selalu ingkar terhadap janji-janjinya serta sulitnya dihubungi untuk memberikan kepastian. Sebelum surat ini ditujukan pada Kepala Cabang Bandung, surat senada juga pernah ditujukan pada Kepada Kepala Cabang Pembantu BTN Buahbatu Bandung pada tanggal 2 Maret 2012, dengan tujuan untuk meminta bantuan fasilitiasi atas penyelesaian permasalahan antara saya dengan developer P.T. MKM, namun hingga tanggal 9 April 2012 belum ada tanggapan. Berikut uraian yang saya sampaikan berkenaan dengan berlarut-larutnya permasalahan yang saya alami.

Sejak tahun 2008, saat Buahbatu Park melalui pengembangannya PT Menara Karsa Mandiri (P.T. MKM) membuka promosi untuk pemasaran unit apartemen subsidi untuk kalangan berpendapatan kurang dari Rp. 4.500.000 per bulan sesuai dengan kebijakan pemerintah, saya mengajukan permohonan kepemilikan apartemen melalui KPA di Tower D Lantai 14 No. 2 Type 36 Buahbatu Park Apartment.

Pengembang menjanjikan untuk menyelesaikan pembangunan satu tahun sejak penandatanganan perjanjian kredit ditandatangani, namun hingga saat ini pengembang tidak memenuhi kewajiban-kewajibannya sehingga menimbulkan ketidakjelasan yang berlarut-larut. Saya selaku konsumen mengajukan keberatan atas wanprestasi yang dilakukan oleh pengembang atas pengingkaran janji-janji yang telah disepakati bersama ataupun atas janji-janji yang diucapkan secara lisan dalam kurun waktu 2 September 2008 hingga tanggal surat ini dibuat. Dengan ini pula, jika penyelesaian atas permasalahan ini berlangsung berlarut-larut saya akan mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan secara hukum.

Surat yang saya ajukan ini merupakan puncak dari rangkaian kekecewaan sebagai konsumen yang telah dengan berkomitmen penuh memenuhi segala kewajiban yang ada berupa pemenuhan biaya-biaya yang harus dipenuhi termasuk cicilan KPA kepada BTN tanpa pernah menunggak, namun hak konsumen tidak juga diserahkan. Hal tersebut diperberat dengan dengan ketidakjelasan informasi dari pihak pengembang. Adapun beberapa beberapa kewajiban yang telah saya penuhi diluar cicilan setiap bulannya saya sampaikan sebagai berikut:

· 2 September 2008

o Pembayaran Booking Fee

o Rp. 5.000.000

· 3 Pebruari 2009

o Cicilan Uang Muka I

o Rp. 4.000.000

· 4 Pebruari 2009

o Pelunasan uang muka

o Rp.9.000.000

· 13 Nopember 2009

o Pembayaran angsuran bulan pertama, provisi bank, biaya notaries, biaya APHT, biaya penilai, biaya premi asuransi kebakaran, biaya asuransi jiwa

o Rp. 6.870.000

· 3 Desember 2009

o Penandatangan Perjanjian Kredit dengan PT Bank BTN No. 00006-01-02-131601-0

o Pembayaran Biaya Notaris tahap I dan Materai

o Rp. 524.000

· 7 Nopember 2011

o Konsumen mendapatkan surat tagihan untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran:

§ BPTHB sebesar(harga jual – Rp. 60.000.0000 x 5%

§ PPn 10% sebesar (harga jual x 10%)

§ Biaya AJB sebesar Rp. 7.000.000

· 30 Nopember 2011

o Kerugian Keterlambatan 3% Pembayaran PPJB Notaris No. 10 Tanggal 2-12-2009

o Rp. 4.320.000

o PPJB Akad kredit 30 Nopember 2011

o Rp. 6.380.000


Dalam kurun waktu di atas hingga saat ini 25 September 2012, saya telah berkali-kali menghubungi pengembang untuk mendapatkan penjelasan yang konkret. Di lapangan, pengembang selalu mengulur-ngulur waktu penyelesaian dengan alasan belum memasang lift atau hal-hal lain, hal tersebut berlangsung hingga lebih dari hamper memakan waktu selama dua tahun. Terkatung-katungnya penyelesaian pembangunan merupakan kerugian besar bagi saya, terlebih saya adalah golongan masyarakat yang termasuk kedalam konsumen dengan hak subsidi. Ketidakjelasan penyelesaian mengakibatkan kerugian sangat besar terutama karena terganggunya perencanaan kinerja saya sebagai individu, kerugian materi dan kerugian moril atas tidak jelasnya perencanaan tempat tinggal.

Walaupun tanggal penyerahan tidak jelas, pengembang lebih sering memberikan surat resmi bernada ancaman seperti surat dengan No.02/PP-AJB/D/XI/ 2011 tertanggal 07 Nopember 2011 dan surat dengan No 01242/MRK-ADM/BBPA/II/2010 tertanggal 6 Pebruari 2010 yang mengancam akan membatalkan permohonan KPA bersubsidi jika kewajiban-kewajiban konsumen tidak dipenuhi sesuai tanggal yang dicantumkan dalam surat.

Dilain pihak, pengembangan tidak pernah memberikan surat tertulis yang menginformasikan mengenai penyelesaian pembangunan dan penyerahan unit kaveling sesuai dengan surat perjanjian pendahuluan jual beli No. 0449/PPJB-D/II/2009 yang ditandatangi saya sebagai konsumen dan Widhyastono, SE., MBA selaku Direktur Utama PT. Menara Karsa Mandiri yang menyebutkan bahwa “penyelesaian pembangunan dan penyerahan unit kaveling apartemen akan berdasarkan rencana pembangunan dari pihak pengembang, dan disebutkan juga pengembang akan menginformasikan penyelesaian pembangunan dan penyerahan unit kaveling apartemen secara tertulis”. Jika melihat kondisi tersebut maka pihak pengembang telah melakukan wan prestasi.

Kerugian saya sebagai konsumen juga adalah kerugian materil sejumlah uang uang telah saya keluarkan sebagi uang muka, biaya lain dan angsuran setiap bulannya. Seluruh kewaiban telah saya tunaikan, namun hingga kini hak atas unit apartemen belum didapatkan. Jangankan hak atas unit, hak untuk mengetahui kepastianpun tidak diberikan. Saya pun mepertimbangkan jika saya tidak membayar angsuran maka BI Checking saya pun akan tercoreng sebagai nasabah yang tidak taat, padahal sesungguhnya saya tidak mendapatkan hak saya setelah saya menunaikan berbagai kewajiban yang ada, sehingga menempatkan saya pada posisi yang tidak jelas dan tidak menentu.

Pada pertemuan paling akhir yang dilakukan di kantor developer Buahbatu Park Apartment pada hari Senin, 9 April 2012, pihak developer mengajukan saran kepada saya untuk mengajukan somasi pada pihak developer, hal tersebut menunjukkan memang tidak ada itikad baik dari developer untuk menyelesaikan permasalahan.

Sebagai konsumen saya merasa dirugikan bukan saja hal diatas, namun juga secara moril dimana banyak kerugian atas waktu, energi dan kesempatan yang terbuang percuma dalam kurun waktu yang lama. Kerugian juga dirasakan atas perlakuan yang tidak beretika terhadap konsumen yang meminta hak atas seluruh kewajiban yang dipenuhi. terlebih beralihfungsinya fungsi hunian rumah tangga menjadi asrama mahasiswa STT Telkom. Perlu Bank BTN ketahui, bahwa saya mendapatkan pelayanan dari pengembang (P.T. MKM) yang sungguh dibawah standar pelayanan prima, tidak ramah dan penuh dengan janji-janji kosong secara lisan yang mempermainkan dan memancing emosi konsumen.

Untuk itu saya selaku konsumen memohon bantuan kepada Bank BTN untuk segera menindaklanjuti untuk difasilitasi untuk mendapatkan solusi atas keluhan saya ini, bukan tidak mungkin bahwa kasus yang serupa banyak terjadi juga di lingkungan konsumen Buahbatu Park Apartement. Saya menuntut untuk segera diselesaikannya dengan batas waktu yang jelas serta mengakomodir semua kerugian yang telah saya derita termasuk kerugian nialai uang dan investasi, serta ketidakjelasan yang selama ini terjadi.

Bandung, 25 September 2012

Konsumen Tower D. Lantai 14 No. 2

mads
DP Mania - 25/09/2012 08:56 AM
#2

lempar batas aja gan, kan byk di lapangan D
lunar1980 - 25/09/2012 12:10 PM
#3

makin hari kok makin banyak pengembang tidak jelas...2 tahun menunggu, kok ya isa sabar anda. kalau saya jadi anda sudah saya masukkan koran dan kalau perlu undang wartawan.
skybs99 - 25/09/2012 12:11 PM
#4

Quote:
Original Posted By DP Mania
lempar batas aja gan, kan byk di lapangan D


lanjutkan perjuangan gan, saya dukung
BangMeko - 25/09/2012 01:51 PM
#5

inilah kalo beli sama developer ga jelas.
sy jg ada unit rusnami apartemen subsidi di jaksel.
tapi dari dev yg jelas.tahun 2010 jg kena kasus segel gara2 blm ada ijin,dan akhirnya terbentuklah paguyuban penghuni,rembukan dan mereka somasi ke dev.alhasil pembangunan jadi secepat kilat dan sekarang aman jaya dan tentram,ya walau kemarin baru kesandung kasus pembunuhan wn negara asing.
saran sy mending sesama penghuni rembukan saja gan.
hezztee - 25/09/2012 02:46 PM
#6

laen kali mending cari developer yang lebih terkenal gan

jadi mungkin bisa lebih aman dan terjamin
Arions - 25/09/2012 05:22 PM
#7

lain kali kalo sudah dead line tanggal terlewati sesuai dengan di surat perjanjian, dan tidak ada kejelasan langsung aja bawa ke jalur hukum

makin ga jelas itu anda yang rugi, apapun alasanya apabila tidak diatas hitam dan putih posisi anda makin lama akan makin terpojok dan uang yang anda keluarkan makin banyak dan saya pesimis akan bisa kembali
MendinganMana - 25/09/2012 11:26 PM
#8

Quote:
Original Posted By hezztee
laen kali mending cari developer yang lebih terkenal gan

jadi mungkin bisa lebih aman dan terjamin


sepakat gan....

Quote:
Lumayan untuk nambah uang jajan:

Spoiler for "lumayan nambah uang jajan"
SURAT TERBUKA KEPADA DEVELOPER BUAHBATU PARK APARTMENT dan BTN Bandung

Quote:
Langsung aja ga usah Basa Basi ya gan \), dicari beberapa orang untuk kerja online:


Quote:
[B]Spesifikasi pekerjaan dan benefit:
1. Admin sebuah fanpage Facebook (http://facebook.com/MendinganMana): gaji 100rb per bulan
2. Content writer akun blog MendinganMana: gaji 150 rb per bulan[/B]


Quote:
[B]Tanggung Jawab:
1. Untuk Admin FanPage: Posting rutin tiap hari 2 posts @minimal 250 kata (1 post bikinan sendiri, 1 boleh copas)
2. Untuk Content Writeer blog MendinganMana: Posting rutin 2 posts tiap hari @minimal 250 kata, semua harus bikinan sendiri (Awas kalau ketauan Copas)[/B]


Quote:
[B]Cara Apply:
1. Kamu ke website MendinganMana ini, REGISTER (ga usah susah2 agan bisa login pake facebook atau twitter kok, selama agan emang lagi pakai fb or twitter, karena sudah terintegrasi)

2. Lalu bikin contoh postingan agan yang bertema DILEMA, Dalam postingan tersebut ceritakan saja dilema yang agan hadapi akhir2 ini, entah dilema mau beli produk A atau B, entah dilema pilih pacar, atau apapun itu. Lihat Contoh postingan DISINI

3. Lalu tweet link postingan agan tersebut dengan mencantumkan @MendinganManaID

4. Nanti tinggal tunggu kabarnya aja. Bagi yang terpilih ane akan hubungi lewat twitter. Jadi penilaian hanya berdasarkan tulisan postingan pertanyaan DILEMA agan tersebut. So, bikin sebaik-baiknya ya Gan... \) jangan ngasal.

5. Harap diperhatikan SEKALI LAGI, agan diminta posting di MendinganMana dot com, bukan di blog MendinganMana yang wordpress.[/B]



Quote:
PENJELASAN POINT NOMOR 3 BAGI YANG BELUM PAHAM:

gini gan ane jarang buka email, jadi mendingan agan kirim bukti postingan agan lewat tweet... misalkan ente nge-tweet:

"http://mendinganmana.com/2012/09/pertanyaan-politik-mending-jokowi-jadi-gubernur-dki-atau-presiden-r i/ @mendinganmanaID"

Nah ane kan jadi tau bahwa itu hasil postingan agan... dengan ID twitter tersebut... gitu loohhhhh


iloveindonesiasiloveindonesiasiloveindonesias


[email]mendinganmana@gmail.com[/email]
ninzaaaa - 26/09/2012 12:49 AM
#9

masukin koran pikiran rakyat aja gan
siapa tau bisa jadi tamparan keras buat pihak mereka
tapi denger2 katanya apartement itu mau d jadiin asrama IT Telkom?trus nasib agan bijimana?
marizzca - 27/09/2012 03:49 PM
#10

kalo bisa pake foto atau bukti scan nya gan

kan bikin SP juga ada syarat nya
andhikaMujahid - 27/09/2012 04:09 PM
#11

tiap hari kok ada aja yaa orang2 macam kaya gitu, jadi serba extra hati2 lg ny.
AinkGenius - 27/09/2012 09:08 PM
#12

bukan lumayan lagi tuh kerugiannya...
mari hukum bertindak iloveindonesias
bapakoruptor - 01/10/2012 06:16 PM
#13

wow ente dapet diharga 60 juta gan

pdhl orang2 ada yg jual 250 jt
napa gak dijual aja gan?
bejih - 07/10/2012 01:57 AM
#14

sebagai sesama yang sedang mencari rumah/hunian untuk keluarga tercinta.. Meja Hijaukan aja gan!!! najis najis jangan lupa lempar batabigbatabig biar jd pelajaran bagi developer2 lainnya..
dwighy - 09/10/2012 01:08 AM
#15
Apartemen Buahbatu Park Mempermainkan Konsumen
Saya adalah konsumen Apartemen Buahbatu Park Tower D Lantai 14 No. 2 Type 36 Buahbatu Park Apartment. Dengan pengembang P.T. Menara Karsa Mandiri yanmenjanjikan untuk menyelesaikan pembangunan pada tahun 2010 atau satu tahun sejak penandatanganan perjanjian kredit, namun hingga saat ini pengembang tidak memenuhi kewajiban-kewajibannya sehingga menimbulkan ketidakjelasan yang berlarut-larut. Pengembangan telah banyak melakukan pengingkaran janji-janji yang telah disepakati bersama ataupun atas janji-janji yang diucapkan secara lisan dalam kurun waktu sejak 2 September 2008 hingga saat ini.

Terkatung-katungnya penyelesaian pembangunan dan proses serah terima merupakan kerugian besar. Pengembang lebih sering memberikan surat resmi bernada ancaman seperti pembatalan permohonan KPA subsidi, pengembangan tidak pernah memberikan surat tertulis yang menginformasikan mengenai penyelesaian pembangunan dan penyerahan unit kaveling sesuai dengan surat perjanjian pendahuluan jual beli Kerugian materil yakni sejumlah uang telah saya keluarkan sebagi uang muka, biaya lain dan angsuran setiap bulannya hingga saat ini masih berjalan tetapi hingga kini hak atas unit belum didapatkan.

Kerugian moril mencakup kerugian waktu, energi dan kesempatan yang terbuang percuma dalam kurun waktu yang lama (Tiga Tahun) serta perlakuan yang tidak beretika terhadap konsumen yang meminta hak atas seluruh kewajiban yang dipenuhi. terlebih beralihfungsi-nya fungsi hunian rumah tangga menjadi asrama mahasiswa IT Telkom sehingga lingkungan menjadi kumuh dan kotor.

Saya menuntut untuk segera diselesaikannya dengan batas waktu yang jelas serta mengakomodir semua kerugian yang telah saya derita termasuk kerugian nilai uang dan investasi, serta ketidakjelasan yang selama ini terjadi. Saya juga mengajak konsumen lainnya yang merasa dirugikan untuk menuntut hak dan anti rugi atas ketidak-jelasan yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Konsumen Tower D. Lantai 14 No. 2 Buahbatu Park Apartment
Dwi P
0818229580
TeknisiLaptop - 09/10/2012 01:26 AM
#16

wah... ane jadi takut untuk beli properti spt beginian, lebih baik beli tanah lalu bangun rumah, atau rumah bekas daripada begini kejadiannya...kemarin kejadian di jakarta skrg di bandung...waduh
mrjack - 09/10/2012 08:40 AM
#17

maaf apa ada perjanjian tertulis dengan materei?
BangMeko - 09/10/2012 08:50 AM
#18

saran saya,mending rembukan antar penghuni,bentuk paguyuban,serang balik developernya,sy jg penghuni apartemen,dan dulu pernah kejadian kyk gitu.
lunar1980 - 09/10/2012 09:05 AM
#19

heran..begitu banyak masalah dengan apartemen...apakah tidak ada perlindungan hukum untuk pembeli apartemen ?
nubi.sok.sepuh - 09/10/2012 12:22 PM
#20

Quote:
Original Posted By lunar1980
heran..begitu banyak masalah dengan apartemen...apakah tidak ada perlindungan hukum untuk pembeli apartemen ?


halo kaka lunar lama ga ketemu malus


yg saya tahu belum ada, entahlah apakah dengan banyak masalah kek gini orang masih mw beli apartemen ? amazed:
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > SURAT TERBUKA KEPADA DEVELOPER BUAHBATU PARK APARTMENT dan BTN Bandung