The Online Business
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > The Online Business > [Sharing] Diskusi berbisnis di eBay - Part III - Part 4
Total Views: 9954 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 14 of 19 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > 

ferdyhartadi - 11/10/2012 12:02 PM
#261
Tanya kasus
Master2 Ebay, mohon petunjuknya untuk kasus temen ane sbb :
Temen ane beli produk dari seller China, katakanlah mainan X. Mainan X ini ada banyak type, misalkan X1, X2, X3 dst.
Pada beberapa transaksi awal tidak bermasalah, barang tiba sesuai dengan qty & type yang diorder. Pada suatu saat terjadi kesalahan type, order X1 10 pcs, yang datang X1 2 pcs & X2 8 pcs, harga X2 setengah dari X1. Setelah konfirmasi ke seller & resolution center dengan menunjukkan foto barang yang diterima, si seller bilang tidak salah kirim.
Kecewa dengan seller, temen ane ganti ke seller lain. Kasusnya sama, awal2 ok, lama2 sering salah type. Lapor lagi lah temen ane ke seller & reso center. Si seller berdalih dengan alasan yang sama. Kalau mau, barang yang salah diretur dulu ke seller baru diganti (sesuai dengan return policy si seller di listingnya, susah deh klo yg bginian), akhirnya gantung tidak ada solusi.
Lalu temen ane pindah seller yg lain lagi, ajaibnya, kasusnya sama. Dan akhirnya ketauan klo mainan X itu dimonopoli oleh 1 perusahaan yang ternyata punya buanyak sekali klonengan.
Kasus yang terakhir lebih parah, temen ane order tapi barang tak kunjung datang. Si seller kasih tracking number, tapi ga bisa di trace seperti biasanya. Temen ane kontek si seller lagi tanya tracking id yang valid. Si seller balik marah bahwa sudah dikirim dan tuduh temen ane nipu.
Sekarang total barang yang salah kira2 50 item (dengan harga setengah harga yg dibayar, karena salah type). Temen ane pinginnya dikirimin ulang dengan type yang benar walaupun ga full 50 item, soalnya barang yg salah type ini kurang peminat dan setidaknya ada tanggung jawab dari seller atas kesalahannya.

Nah, pertanyaannya :
Bagaimana caranya spy temen ane mendapatkan haknya kembali? Paling tidak sebagian. Sudah beberapa kali claim tapi ebay selalu memihak seller karena memang sudah dicantumkan di return policy. Tapi mnrt ane ini namanya penipuan. Kalaupun barangnya diretur ke seller, takutnya si seller malah bilang barang ga terima atau barangnya rusak dsb, melihat dari sejarah si seller. Malah tambah buntung.

Makasih sebelumnya atas sarannya yah gan. iloveindonesias
wrath102 - 11/10/2012 12:29 PM
#262

Quote:
Original Posted By mig28
Jgn.

Mampir sini utk lebih jelasnya

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16425325


Thanks gan petuahny..

:thumbup
LaksamanaHijau - 11/10/2012 01:23 PM
#263

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
Master2 Ebay, mohon petunjuknya untuk kasus temen ane sbb :
Temen ane beli produk dari seller China, katakanlah mainan X. Mainan X ini ada banyak type, misalkan X1, X2, X3 dst.
Pada beberapa transaksi awal tidak bermasalah, barang tiba sesuai dengan qty & type yang diorder. Pada suatu saat terjadi kesalahan type, order X1 10 pcs, yang datang X1 2 pcs & X2 8 pcs, harga X2 setengah dari X1. Setelah konfirmasi ke seller & resolution center dengan menunjukkan foto barang yang diterima, si seller bilang tidak salah kirim.
Kecewa dengan seller, temen ane ganti ke seller lain. Kasusnya sama, awal2 ok, lama2 sering salah type. Lapor lagi lah temen ane ke seller & reso center. Si seller berdalih dengan alasan yang sama. Kalau mau, barang yang salah diretur dulu ke seller baru diganti (sesuai dengan return policy si seller di listingnya, susah deh klo yg bginian), akhirnya gantung tidak ada solusi.
Lalu temen ane pindah seller yg lain lagi, ajaibnya, kasusnya sama. Dan akhirnya ketauan klo mainan X itu dimonopoli oleh 1 perusahaan yang ternyata punya buanyak sekali klonengan.
Kasus yang terakhir lebih parah, temen ane order tapi barang tak kunjung datang. Si seller kasih tracking number, tapi ga bisa di trace seperti biasanya. Temen ane kontek si seller lagi tanya tracking id yang valid. Si seller balik marah bahwa sudah dikirim dan tuduh temen ane nipu.
Sekarang total barang yang salah kira2 50 item (dengan harga setengah harga yg dibayar, karena salah type). Temen ane pinginnya dikirimin ulang dengan type yang benar walaupun ga full 50 item, soalnya barang yg salah type ini kurang peminat dan setidaknya ada tanggung jawab dari seller atas kesalahannya.

Nah, pertanyaannya :
Bagaimana caranya spy temen ane mendapatkan haknya kembali? Paling tidak sebagian. Sudah beberapa kali claim tapi ebay selalu memihak seller karena memang sudah dicantumkan di return policy. Tapi mnrt ane ini namanya penipuan. Kalaupun barangnya diretur ke seller, takutnya si seller malah bilang barang ga terima atau barangnya rusak dsb, melihat dari sejarah si seller. Malah tambah buntung.

Makasih sebelumnya atas sarannya yah gan. iloveindonesias


Langkah pertama, coba sebutkan perusahaan yg agan maksud dulu.. Supaya bisa kita bahas bareng2 disini, siapa tau ada yg punya pengalaman sama dari perusahaan tersebut.. beer:
Lavenderdry - 11/10/2012 01:26 PM
#264

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
Master2 Ebay, mohon petunjuknya untuk kasus temen ane sbb :
Temen ane beli produk dari seller China, katakanlah mainan X. Mainan X ini ada banyak type, misalkan X1, X2, X3 dst.
Pada beberapa transaksi awal tidak bermasalah, barang tiba sesuai dengan qty & type yang diorder. Pada suatu saat terjadi kesalahan type, order X1 10 pcs, yang datang X1 2 pcs & X2 8 pcs, harga X2 setengah dari X1. Setelah konfirmasi ke seller & resolution center dengan menunjukkan foto barang yang diterima, si seller bilang tidak salah kirim.
Kecewa dengan seller, temen ane ganti ke seller lain. Kasusnya sama, awal2 ok, lama2 sering salah type. Lapor lagi lah temen ane ke seller & reso center. Si seller berdalih dengan alasan yang sama. Kalau mau, barang yang salah diretur dulu ke seller baru diganti (sesuai dengan return policy si seller di listingnya, susah deh klo yg bginian), akhirnya gantung tidak ada solusi.
Lalu temen ane pindah seller yg lain lagi, ajaibnya, kasusnya sama. Dan akhirnya ketauan klo mainan X itu dimonopoli oleh 1 perusahaan yang ternyata punya buanyak sekali klonengan.
Kasus yang terakhir lebih parah, temen ane order tapi barang tak kunjung datang. Si seller kasih tracking number, tapi ga bisa di trace seperti biasanya. Temen ane kontek si seller lagi tanya tracking id yang valid. Si seller balik marah bahwa sudah dikirim dan tuduh temen ane nipu.
Sekarang total barang yang salah kira2 50 item (dengan harga setengah harga yg dibayar, karena salah type). Temen ane pinginnya dikirimin ulang dengan type yang benar walaupun ga full 50 item, soalnya barang yg salah type ini kurang peminat dan setidaknya ada tanggung jawab dari seller atas kesalahannya.

Nah, pertanyaannya :
Bagaimana caranya spy temen ane mendapatkan haknya kembali? Paling tidak sebagian. Sudah beberapa kali claim tapi ebay selalu memihak seller karena memang sudah dicantumkan di return policy. Tapi mnrt ane ini namanya penipuan. Kalaupun barangnya diretur ke seller, takutnya si seller malah bilang barang ga terima atau barangnya rusak dsb, melihat dari sejarah si seller. Malah tambah buntung.

Makasih sebelumnya atas sarannya yah gan. iloveindonesias


Quote:
Original Posted By LaksamanaHijau
Langkah pertama, coba sebutkan perusahaan yg agan maksud dulu.. Supaya bisa kita bahas bareng2 disini, siapa tau ada yg punya pengalaman sama dari perusahaan tersebut.. beer:


Betul, coba sebutin nama perusahaannya dulu gan.. Yb
egaphantom - 11/10/2012 01:59 PM
#265

gan paypai ane kan udah ke link sama ebay, nah ane juga mau main di etsy gan, btw kalo di etsy ane link ke akun paypai yg sama masalah ga gan?
ferdyhartadi - 11/10/2012 02:10 PM
#266

Quote:
Original Posted By LaksamanaHijau
Langkah pertama, coba sebutkan perusahaan yg agan maksud dulu.. Supaya bisa kita bahas bareng2 disini, siapa tau ada yg punya pengalaman sama dari perusahaan tersebut.. beer:


Quote:
Original Posted By Lavenderdry
Betul, coba sebutin nama perusahaannya dulu gan.. Yb


Temen ane jg ga info perusahaannya gan :sorry
Terlepas dari perusahaannya, langkah apa yang harus diambil gan? ilovekaskus
PowerSeller. - 11/10/2012 04:07 PM
#267

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
Temen ane jg ga info perusahaannya gan :sorry
Terlepas dari perusahaannya, langkah apa yang harus diambil gan? ilovekaskus


rahasia perusahaan ya gan?gak mau nyebutin cendols
kl seller minta balik ya kirim balik aja.
kirimnya yg ada treking dan valid.
jd kl seller ngelak gak terima bs di tunjukin buktinya kalo dah dikirim dan diterimailoveindonesias
ferdyhartadi - 11/10/2012 04:37 PM
#268

Quote:
Original Posted By PowerSeller.
rahasia perusahaan ya gan?gak mau nyebutin cendols
kl seller minta balik ya kirim balik aja.
kirimnya yg ada treking dan valid.
jd kl seller ngelak gak terima bs di tunjukin buktinya kalo dah dikirim dan diterimailoveindonesias


Bukan ga mau ksh tau gan, ane sendiri jg ga dikasih tau :angel
Ini bukan ane loh gan yg ngalamin, tapi temen ane.

Sekalian ane blajar juga gan, sapa tau bisa jadi pemain besar kaya agan2 :toast
mig28 - 11/10/2012 04:44 PM
#269

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
Bukan ga mau ksh tau gan, ane sendiri jg ga dikasih tau :angel
Ini bukan ane loh gan yg ngalamin, tapi temen ane.

Sekalian ane blajar juga gan, sapa tau bisa jadi pemain besar kaya agan2 :toast


Gan tlg bilang temennya. Kalau memang ingin dibantu, ada baiknya doi jg terbuka soal kasus yg dialaminya. Jgn tertutup kayak gini, kalau doi ga percaya sama orang2 yg ingin bantu. Jgn terlalu berharap akan dpt kepercayaan yg sama dari orang

Jadi gini lho. Alasan kenapa kita semua ingin tahu nama sellernya, adalah agar seller tsb bisa dihindari dan ga perlu ada korban2 selanjutnya

Doi belanja dimana? DHGate? Coba tanya hal ini dan lihat air mukanya, berubah kah o
ferdyhartadi - 11/10/2012 07:11 PM
#270

Quote:
Original Posted By mig28
Gan tlg bilang temennya. Kalau memang ingin dibantu, ada baiknya doi jg terbuka soal kasus yg dialaminya. Jgn tertutup kayak gini, kalau doi ga percaya sama orang2 yg ingin bantu. Jgn terlalu berharap akan dpt kepercayaan yg sama dari orang

Jadi gini lho. Alasan kenapa kita semua ingin tahu nama sellernya, adalah agar seller tsb bisa dihindari dan ga perlu ada korban2 selanjutnya

Doi belanja dimana? DHGate? Coba tanya hal ini dan lihat air mukanya, berubah kah o


klo sellernya doi ksh tau gan, yourbestchoice2020 sama worldsmartbuy866.
dr ebay gan. memang DHGate knp gan? bnyk kasus kah?
geloraku - 11/10/2012 10:46 PM
#271

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
Master2 Ebay, mohon petunjuknya untuk kasus temen ane sbb :
Temen ane beli produk dari seller China, katakanlah mainan X. Mainan X ini ada banyak type, misalkan X1, X2, X3 dst.
Pada beberapa transaksi awal tidak bermasalah, barang tiba sesuai dengan qty & type yang diorder. Pada suatu saat terjadi kesalahan type, order X1 10 pcs, yang datang X1 2 pcs & X2 8 pcs, harga X2 setengah dari X1. Setelah konfirmasi ke seller & resolution center dengan menunjukkan foto barang yang diterima, si seller bilang tidak salah kirim.
Kecewa dengan seller, temen ane ganti ke seller lain. Kasusnya sama, awal2 ok, lama2 sering salah type. Lapor lagi lah temen ane ke seller & reso center. Si seller berdalih dengan alasan yang sama. Kalau mau, barang yang salah diretur dulu ke seller baru diganti (sesuai dengan return policy si seller di listingnya, susah deh klo yg bginian), akhirnya gantung tidak ada solusi.
Lalu temen ane pindah seller yg lain lagi, ajaibnya, kasusnya sama. Dan akhirnya ketauan klo mainan X itu dimonopoli oleh 1 perusahaan yang ternyata punya buanyak sekali klonengan.
Kasus yang terakhir lebih parah, temen ane order tapi barang tak kunjung datang. Si seller kasih tracking number, tapi ga bisa di trace seperti biasanya. Temen ane kontek si seller lagi tanya tracking id yang valid. Si seller balik marah bahwa sudah dikirim dan tuduh temen ane nipu.
Sekarang total barang yang salah kira2 50 item (dengan harga setengah harga yg dibayar, karena salah type). Temen ane pinginnya dikirimin ulang dengan type yang benar walaupun ga full 50 item, soalnya barang yg salah type ini kurang peminat dan setidaknya ada tanggung jawab dari seller atas kesalahannya.

Nah, pertanyaannya :
Bagaimana caranya spy temen ane mendapatkan haknya kembali? Paling tidak sebagian. Sudah beberapa kali claim tapi ebay selalu memihak seller karena memang sudah dicantumkan di return policy. Tapi mnrt ane ini namanya penipuan. Kalaupun barangnya diretur ke seller, takutnya si seller malah bilang barang ga terima atau barangnya rusak dsb, melihat dari sejarah si seller. Malah tambah buntung.

Makasih sebelumnya atas sarannya yah gan. iloveindonesias


ane coba bantu ya gan,,,
biasanya untuk kasus kaya gini ada dua pilihan gan, exchange atau refund. berdasarkan rules, exchange atau refund diharuskan kembaliin barang terlebih dahulu tentu setelah ada kesepakatan. itu udah mutlak gan. kecuali ada kesepakatan lain diantara penjual dan pembeli, misalnya dengan menggembalikan sekian persen duitnya, dll. coba komunikasikan baik-baik aja dulu gan..

kalu sedia refund misalnya, yakinkan bahwa agan bakal accept permohonan pembatalan transaksi. karena dengan membatalkan transaksi, fee untuk seller bakal di refund juga oleh ebay. tapi jangan cancle transaksi sebelum dia bener bener refund.

usahakan kembaliin barang dengan kurir yg cepet. dan jelas tracking numbernya. kalau dia macem macem lagi dispute aja gan melalui paypai.

ane liat kedua seller itu punya reputasi yg cukup baik... jadi coba komunikasikan baik baik aja dulu gan... mudah mudahan ada jalan keluar yg baik buat agan iloveindonesiasiloveindonesias
mig28 - 12/10/2012 08:20 AM
#272

Quote:
Original Posted By ferdyhartadi
klo sellernya doi ksh tau gan, yourbestchoice2020 sama worldsmartbuy866.
dr ebay gan. memang DHGate knp gan? bnyk kasus kah?


Dah saya lihat ke tkp

Diebay, yg sebenernya raja adalah buyer. Karena buyer bisa klaim apapun yg dia mau, meskipun barang sdh dkrm

Sebagai korban, tmn agan ga coba ancem tuh seller utk berusaha mengatasi masalahnya? Ancem kalau doi jg ga ragu2 utk kasih neg fb ke seller. Reputasi adalah segalanya diebay
danielnana - 12/10/2012 10:29 AM
#273

master2 ane newbie di ebay mau tanya, sorry klo pertanyaannya terlalu basic.

1. kalo baru bikin id di ebay, belum ada feedback sama skali trus langsung jualan boleh ga? kalo kaya gitu udah pasti ga laku ya?

2. kalo mau beli barang di ebay, misalkan: mainan atau apapun yang harganya sekitar 10USD. Nah kan ada ongkir yg kurang lebih 10an USD jg. Itu nanti masih kena bea cukai lagi atau sudah all in sampe depan rumah?

thanks \)
cuputoys - 12/10/2012 12:18 PM
#274

Misi mastah2 eBay.

Ane mau tanya. Barang jualan ane di eBay kan udh berhasil kebeli dan udah dibayar sama pembeli nih gan misalkan seharga US$75, nah terus ane kirim tuh barang tau2 belum nyampe ke pembeli, nah terus ane refund aja duit pembeli via paypai. nah yg jadi pertanyaan, kok kalo udah ane refund, kok di ebay invoice bulanan ane masih disuruh bayar fee barang yg terjual tersebut ya gan (kurang lebih US$7)? bingung

mohon bantuannya ya gan, makasih.
mig28 - 12/10/2012 12:23 PM
#275

Quote:
Original Posted By danielnana
master2 ane newbie di ebay mau tanya, sorry klo pertanyaannya terlalu basic.

1. kalo baru bikin id di ebay, belum ada feedback sama skali trus langsung jualan boleh ga? kalo kaya gitu udah pasti ga laku ya?

2. kalo mau beli barang di ebay, misalkan: mainan atau apapun yang harganya sekitar 10USD. Nah kan ada ongkir yg kurang lebih 10an USD jg. Itu nanti masih kena bea cukai lagi atau sudah all in sampe depan rumah?

thanks \)


1. Bisa, gpp. Laku ga laku tergantung seberapa panas item yg dijual

2. Ongkir ga termasuk custom fee. Kena engganya custom, jg bersifat random. Ga semua paket akan kena biaya tsb. Dan biasanya paket yg dibawah USD 50 ga akan kena custom fee, tp sekali lg itu bukan sebuah kepastian

Ask your seller to declare the goods as a gift, and undervalue the price as low as possible
mig28 - 12/10/2012 12:26 PM
#276

Quote:
Original Posted By cuputoys
Misi mastah2 eBay.

Ane mau tanya. Barang jualan ane di eBay kan udh berhasil kebeli dan udah dibayar sama pembeli nih gan misalkan seharga US$75, nah terus ane kirim tuh barang tau2 belum nyampe ke pembeli, nah terus ane refund aja duit pembeli via paypai. nah yg jadi pertanyaan, kok kalo udah ane refund, kok di ebay invoice bulanan ane masih disuruh bayar fee barang yg terjual tersebut ya gan (kurang lebih US$7)? bingung

mohon bantuannya ya gan, makasih.


Invoice ebay itu terdiri atas listing fee, final value fee, final shipping fee
Jadi selama item yg dilisting sudah laku terjual, akan timbul invoice tagihan

Ga perduli agan sudah refund/engganya
ignpluhur - 12/10/2012 01:01 PM
#277
fixed price
Salam kenal buat agan agan mastah smua dari nubi dsini. Selama ini ane make akun ibai cuma buat belanja doang, yang kecil kecil aja sih gan. Nah baru sekarang ane kepikiran buat ngikutin petunjuk mastah disini buat jualan. Ane sih kepikiran buat pake fixed price, cm masalahnya feedback (seller 0, buyer 14) masih 0. Mungkin mastah2 skalian ada yg bisa bantu kongsian buat beli barang yg ane jual nanti ane transfer balik duit mastah. Cuma nubi blum ngerti juga brapa fee yang mesti nubi keluarin buat minta bantuan jasa mastah2 dsn, sehingga mkn buat mastah yang minat bs pm ane trs bs d sebutkan fee brapa. Oia aku ibai ane baliwonders. makasi mastah n agan skalian \)
danielnana - 12/10/2012 01:18 PM
#278

Quote:
Original Posted By mig28
1. Bisa, gpp. Laku ga laku tergantung seberapa panas item yg dijual

2. Ongkir ga termasuk custom fee. Kena engganya custom, jg bersifat random. Ga semua paket akan kena biaya tsb. Dan biasanya paket yg dibawah USD 50 ga akan kena custom fee, tp sekali lg itu bukan sebuah kepastian

Ask your seller to declare the goods as a gift, and undervalue the price as low as possible


kita bayar custom fee nya pas kapan gan? ane masih awam soalnya. biasanya paket kita ambil sendiri di kntr pos ya?
mig28 - 12/10/2012 01:26 PM
#279

Quote:
Original Posted By danielnana
kita bayar custom fee nya pas kapan gan? ane masih awam soalnya. biasanya paket kita ambil sendiri di kntr pos ya?


Ga semua paket akan kena custom fee, tp semisal kena maka byrnya saat agan ambil paket ke kantor pos

Dan jika ga kena custom, maka paket akan langsung dianter ke rumah
danielnana - 12/10/2012 01:42 PM
#280

Quote:
Original Posted By mig28
Ga semua paket akan kena custom fee, tp semisal kena maka byrnya saat agan ambil paket ke kantor pos

Dan jika ga kena custom, maka paket akan langsung dianter ke rumah


ooh gt..kita di telponin sama org pos utk bayar ya?

1 lagi gan,
kalo mau jual barang, kirimnya pake pos. agan rekomennya pake apa ya?

cek kulkas gancendols
Page 14 of 19 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > 
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > The Online Business > [Sharing] Diskusi berbisnis di eBay - Part III - Part 4