Berita Luar Negeri
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Israel Punya Nuklir, Kenapa Iran Tidak Boleh?
Total Views: 1791 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

gantengnyatahta - 27/09/2012 12:52 PM
#1
Israel Punya Nuklir, Kenapa Iran Tidak Boleh?
IAEA telah menerapkan standar ganda terhadap nuklir Iran.
tuduhan atas Iran yang dikatakan tengah membuat senjata nuklir dilayangkan bertubi-tubi oleh rezim zionis Israel. Puncaknya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengancam akan membombardir Iran jika negara tersebut tetap bergeming atas tuntutan AS dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Menanggapi tuduhan ini, Iran tetap pada posisinya. Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam berbagai kesempatan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB pekan ini di New York, Amerika Serikat, bersikeras nuklir Iran untuk tujuan damai, bukan senjata.

"Iran dianugerahi kekayaan alam berupa uranium. Ini hak kami yang sah untuk menggunakannya," kata Ahmadinejad, dilansir Christian Science Monitor Selasa pekan ini pada sebuah acara makan malam dengan para akademisi di New York.

Soal nuklir, Ahmadinejad mengatakan bahwa IAEA dan Amerika Serikat telah menerapkan standar ganda. Selama ini, Iran telah kooperatif saat IAEA berkunjung memantau fasilitas nuklirnya. Hanya saja, kecurigaan IAEA muncul saat Iran tidak mengizinkan pemantau mereka memasuki fasilitas nuklir di Parchin.

"IAEA membuat permintaan yang ilegal dan daftar permintaan mereka bertambah banyak saja," alasan Ahmadinejad.
Tapi IAEA diam saja saat pemerintah zionis melarang mereka memasuki wilayah Israel yang diyakini berdiri fasilitas nuklir. Padahal sejak 25 tahun lalu, telah berkembang dugaan bahwa Israel tengah mengembangkan senjata nuklir di kota Dimona yang terletak di tengah-tengah Gurun Negev.

CNN dalam sebuah tayangannya, Rabu 26 September 2012, mengatakan dugaan ini dibuktikan oleh foto dan dokumentasi yang dibocorkan oleh Mordechai Vanunu, salah seorang teknisi di instalasi nuklir Dimona di harian Sunday Times, 5 Oktober 1986.
Menanggapi berita kepemilikan senjata nuklir, Israel menolak berkomentar - tidak membantah dan tidak mengiyakan. Para peneliti memperkirakan Israel telah memiliki lebih dari 200 hulu ledak nuklir.
Akibat informasi ini, Vanunu diculik Mossad dari persembunyiannya di Roma dan dihukum penjara selama 18 tahun.

Israel juga bukanlah salah satu negara penandatangan Traktat Non-Proliferasi Nuklir yang mengatur larangan pembuatan senjata nuklir. Selain Israel, yang menolak menandatangani traktat ini adalah India, Pakistan dan Korea Utara.
Berbeda "Bahasa"
Lalu, apa bedanya dengan Iran? Perdana Menteri Benjami Netanyahu dalam wawancara dengan CNN menegaskan bahwa perbedaannya adalah dari "bahasa".
"Kami tidak pernah mengancam membunuh, memusnahkan negara dan bangsa lain. Tapi kami terancam dengan ancaman tersebut," kata Netanyahu.

Sebelumnya, Ahmadinejad memang mengancam akan memusnahkan Israel. Bahkan, pemimpin Garda Revolusi Iran Mohamed Ali Jafari mengatakan bahwa Israel akan rata dengan tanah jika perang dengan negaranya. Namun, ancaman ini diberikan setelah Israel terlebih dulu mengancam menyerang Iran.

"Negara zionis [Ahmadinejad menolak menyebut 'Israel'] ingin memprovokasi dan membuat suasana semakin tegang, yang akhirnya malah membuat mereka terpojok. Dunia harus mengutuk rezim yang mengancam mengebom Iran. Apakah pemerintah Barat bisa mengendalikan zionis ini?" kata Ahmadinejad.
Sementara itu Amerika Serikat -sekutu Israel- hanya geleng kepala melihat kenekatan Israel. Presiden Barack Obama menegaskan bahwa mereka tetap memilih jalan diplomasi dan agresi militer bukanlah salah satu opsi saat ini.
sumber http://dunia.news.viva.co.id/news/read/354696-israel-punya-nuklir--kenapa-iran-tidak-boleh-

koment Ts= lagi2 standar ganda
Makitsy - 27/09/2012 01:01 PM
#2

maunya menang sendiri tu negara israel..
mdsetiawan86 - 27/09/2012 01:03 PM
#3

Kalo iran punya nuklir, nanti ga imbang bro....

itusuda shakehand
viensi - 27/09/2012 01:15 PM
#4

Quote:
Original Posted By mdsetiawan86
Kalo iran punya nuklir, nanti ga imbang bro....
itusuda shakehand


bukan'a klo iran punya nuklir malah seimbang gan?
tuh belakang israel juga dedengkot semua
reynold.hutapea - 27/09/2012 01:16 PM
#5

Dampak nuklir sangat mengerikan gan.Ya,ane sih gak berpihak ke salah 1 negara.Yg penting tujuan dari senjata nuklirnya untuk hal2 positif gan.Misalnya untuk research,jgn digunakan untuk berperang.
yani.imam - 27/09/2012 01:17 PM
#6

biasa gan standar janda

satu dua tiga vbrot
fakepath - 27/09/2012 01:47 PM
#7

kalau Iran punya nuklir, nanti negara negara laen ikut ikutan pingin punya nuklir
itu sudah shakehand
gantengnyatahta - 27/09/2012 01:49 PM
#8

Quote:
Original Posted By fakepath
kalau Iran punya nuklir, nanti negara negara laen ikut ikutan pingin punya nuklir
itu sudah shakehand


Iran ingin punya nuklir karena israel sudah punya nuklir \)b
Stealthflanker - 27/09/2012 01:49 PM
#9

Ane mah percayanya "Nuklir adalah hak semua bangsa tanpa kecuali" o
fakepath - 27/09/2012 01:52 PM
#10

Quote:
Original Posted By gantengnyatahta
Iran ingin punya nuklir karena israel sudah punya nuklir \)b


Israel sudah lama punya nuklir ...
Iran mah baru baru ini aja, itupun konon katanya bakalan digunakan juga untuk membuat senjata nuklir
apa ga bakal memanas tuh di Timur Tengah ...
gantengnyatahta - 27/09/2012 01:54 PM
#11

Quote:
Original Posted By fakepath
Israel sudah lama punya nuklir ...
Iran mah baru baru ini aja, itupun konon katanya bakalan digunakan juga untuk membuat senjata nuklir
apa ga bakal memanas tuh di Timur Tengah ...
timur tengah kan panas karena israel menjajah palestina. jika iran punya nuklir tapi untuk PLTN kan itu tidak apa-apa
kanataqueen - 27/09/2012 01:54 PM
#12

standar janda teteplah standar janda..
alasan ga boleh karena iran memusuhi israel..
padahal israel sendiri sampai sekarang statusnya tetep PENJAJAH.. penjajah kok dibolehin punya nuklir..

kalau mau adil semua negara di timteng ga usah punya nuklir shakehand
pentagruel - 27/09/2012 02:10 PM
#13

seharusnya semua negara tidak boleh punya nuklir satupun....
emang mau dipake ngapain?
liat noh amerika.
oksipdah - 27/09/2012 02:16 PM
#14

katanya:
klo iran sampai memiliki senjata nuklir, maka tidak memungkinkan lagi untuk diserang
alUzza - 27/09/2012 02:15 PM
#15

kalo orang dewasa boleh membeli senjata kenapa abg labil tidak boleh?
mjbr - 27/09/2012 02:15 PM
#16

gak tau juga dimana letaknya kalo ini gak adil,,
toh dari dulu juga israel di bantu oleh negara yang punya hak veto,
otomatis sah2 aja, coba iran ada yang membackup juga (negara hak veto) pasti gak ada yang melarang,,
kanataqueen - 27/09/2012 02:24 PM
#17

Quote:
Original Posted By asbakrok
Ehem.... dari mana agan tau kalau israel itu penjajah? gimana seh sejarahnya koq bisa israel itu penjajah.... boleh sharing kesini? karena gw ga tau tuh ceritanya \)


pernah denger ga istilah "israeli occupation"? o
sementara googling aja ya..
mungkin bawah ane ada yang mau share..
ojongonole - 27/09/2012 02:25 PM
#18

Quote:
Original Posted By kanataqueen
standar janda teteplah standar janda..
alasan ga boleh karena iran memusuhi israel..
padahal israel sendiri sampai sekarang statusnya tetep PENJAJAH.. penjajah kok dibolehin punya nuklir..

kalau mau adil semua negara di timteng ga usah punya nuklir shakehand


hmm, bisakah dunia internasional mewujudkan kawasan asia barat daya yg bebas nuklir?? jk tak sdkt negara2 di sono (asia barat daya), lbh mmpersoalkan iran yg pny nuklir drpd israel.... confused:
taht4ternod4 - 27/09/2012 02:59 PM
#19
Fakta Penjajahan Israel Terbukti Sejak 1967
Quote:
Original Posted By asbakrok
Ehem.... dari mana agan tau kalau israel itu penjajah? gimana seh sejarahnya koq bisa israel itu penjajah.... boleh sharing kesini? karena gw ga tau tuh ceritanya \)

Kamis, 23 September 2010 22:12 WIB | 1894 Views
Fakta Penjajahan Israel Terbukti Sejak 1967
Jerusalem (ANTARA News/AFP) - Pembangunan permukiman Yahudi sejak penjajahan zionis 40 tahun lalu, yang mengancam mandeknya perundingan perdamaian dukungan Amerika Serikat, menimbulkan kemarahan warga Palestina dan negara-negara Arab sejak pembangunan itu dimulai lebih dari 40 tahun lalu.

Palestina memandang kehadiran setengah juta warga Israel di 120 permukiman yang berdiri sepanjang Tepi Barat hingga Jerusalem Timur sebagai ancaman bagi pembentukan negara merdeka mereka di masa depan.

Masyarakat internasional, termasuk sekutu dekat Israel, AS, menganggap permukiman itu ilegal, namun mereka terus memperluas permukiman itu pada setiap pemerintah Israel yang dimulai sejak Juni 1967.

Selama berbulan-bulan setelah Israel mencaplok Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur dalam Perang Enam Hari -- tanah-tanah tersebut kini direncanakan untuk membentuk negara Palestina -- pengadaan permukiman pembangunan itu dimulai di permukiman pertama Guzh Etzion di dekat Jerusalem.
[

Para pemimpin gerakan pemukim melihat Tepi Barat dan Jerusalem Timur sebagai bagian integral "Tanah Israel" yang dianugrahkan Tuhan kepada bangsa Yahudi dan memandang permukiman tersebut sebagai "fakta nyata" untuk mencegah setiap penarikan diri.

Jumlah penduduk pemukim Yahudi telah berlipat tiga sejak kesepakatan Oslo pada 1993, atas dorongan dari para pemimpin sayap kanan termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Pada 2005, mantan Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon, yang dikenal luas sebagai "bapak gerakan pemukim Yahudi", memenangkan suatu strategi baru yang terbatas, dengan secara sepihak menarik diri dan mengevakuasi semua 8.000 pemukim dari Gaza.

Netanyahu, yang berasal dari Partai Likud dan memimpin koalisi yang didominasi oleh para pemukim, itu mengatakan pihaknya berkeinginan untuk membahas permukiman tersebut sebagai masalah status final.

Namun, pada November 2009, atas desakan AS, Netanyahu secara sepihak memberlakukan moratorium 10 bulan pembangunan permukiman di Tepi Barat. Masa pembatasan ini sedianya akan berakhir pada Minggu.

Rakyat Palestina telah memperingatkan bahwa mereka akan membatalkan perundingan bila permukiman itu kembali dibangun.

Netanyahu telah mengisyaratkan bahwa ia akan membiarkan moratorium itu berakhir, namun ia tetap mempertahankan rencana utamanya.

Permukiman terdiri atas bermacam bentuk mulai dari kelompok rumah berpindah di puncak bukit-bukit terpencil hingga ke kawasan permukiman mewah pinggir kota dilengkapi dengan mal-mal pusat perbelanjaan, blok-blok apartemen dan kolam renang.

Kawasan permukiman yang terbesar yaitu Maale Adumim di luar Jerusalem, berpenduduk lebih dari 30.000 jiwa.

Umumnya para penduduk pemukim itu lebih tertarik pada kualitas hidup daripada pertimbangan-pertimbangan idiologis.

Satu kelompok minoritas Yahudi garis keras sering bentrok dengan warga Palestina dan telah berjanji untuk menolak setiap upaya oleh Israel untuk mengevakuasi para pemikim dari Tepi Barat.(*)
(Uu.KR-BPY/M043/R009)
sumber http://www.antaranews.com/berita/1285254741/fakta-penjajahan-israel-terbukti-sejak-1967
y_2 - 27/09/2012 03:17 PM
#20

akal2 lan yahudi
ini gan DD
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Israel Punya Nuklir, Kenapa Iran Tidak Boleh?