SURAT PEMBACA
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Kekecewaan dengan garansi Blackberry pada distributor RIMINDO (CV. Catur Utama)
Total Views: 951 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

fiz_gsm - 29/09/2012 05:43 PM
#1
Kekecewaan dengan garansi Blackberry pada distributor RIMINDO (CV. Catur Utama)
Kronologis :

Saya ingin melaporkan kekecewaan terhadap garansi pada kerusakan handphone yang sudah saya beli yaitu Blackberry 9300 pada Metro Ponsel Plaza Millenium Medan dengan Distributor tertera RIMINDO dan Importir tertera CV Catur Utama.

Pada Tanggal 03 Februari 2012 (sesuai dengan faktur penjualan yang saya terima) saya melakukan pembelian Blackberry 9300 di Metro Ponsel Plaza,Millenium Medan dengan Garansi 2 Tahun. Setelah pemakain 2 Bulan pertama Handphone saya mulai mengelami kerusakan pada keypad, kerusakan tersebut adalah perulangan character yang diinput di keypad. sehingga input yang mucul seperti di tekan berkali-kali padahal saya hanya menekan sekali-sekali. saya mencoba membiarkan hal tersebut, tapi pada akhirnya tidak bisa digunakan dengan nyaman lagi. karena hampir seluruh character pada keypad mengalami hal yang sama. Pada bulan ketiga (bulan mei) saya melaporkan kerusakan tersebut ke Metro Ponsel Plaza Millenium. Mereka menerima perangkat saya dengan mengatakan akan di kirim ke Jakarta dimana Distributor RIMINDO berada dan akan memakan waktu 1 bulan perbaikan.

Di Bulan Juni (tepat 1 bulan setelah saya melaporkan kerusakan tersebut) saya menerima kembali Handphone nya. Tapi setelah 2 minggu digunakan Handphone tersebut mulai mengalami kerusakan lagi seperti kerusakan yang saya laporkan pertama. Di bulan Agustus saya kembali ke Metro Ponsel untuk melaporkan kerusakan tersebut lagi, mereka menerima nya dan mengatakan akan di kirim ke jakarta yang akan memakan waktu 1 bulan.

Hari ini tanggal 29 September 2012, saya menerima kembali Handphone nya. Tapi ternyata Handphone saya tidak diperbaiki, pihak Metro Ponsel Plaza Millenium mengatakan bahwa pihak RIMINDO (di Faktur atas nama Blackberry Smart Tech) men Void kan garansi saya dikarenakan Cacat Fisik, Casing Lecet-Lecet. Sehingga garansi saya dianggap tidak berlaku lagi.

Padahal menurut saya, lecet yang mereka katakan merupakan pelepasan lapisan cat pada casing yang sebenarnya menurut saya dikarenakan Handphone tersebut sering keluar masuk kantong celana dan saya tidak memakai pelindung casing. Bukan dikarenakan jatuh, karena handphone saya tidak mengalami rusak akibat jatuh.

Saya ingin melaporkan kekecewaan saya terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam penjualan Blackberry yang saya beli dan meminta pihak YLKI dan Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia terhadap perlakuan yang saya dapatkan. (Pada Box Handphone yang saya miliki terdapat sticker Sertifikat Impor Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia dan terdaftar di Kementerian Perdagangan Republik Indonesia)

Pihak yang terlibat pada penjualan dan garansi Blackberry saya

Metro Ponsel
Plaza Millenium Lt 1 No 63
081362033000

Distributor Blackberry RIMINDO
CV. Catur Utama
Jl. H. Sulaiman No. 15, Jakarta Timur
No. Reg : 1.40.CU 12.00201.01111
Sertifikat No : 17071 / POSTEL / 2010
PLG.ID : 2739

Blackberry Smart Tech
Mall Ambassador Lt. 3 No. 17
Telp. (021) 5763083
Jl. Prof. Dr. Satrio (Kuningan) Jakarta



Kronologis yang ane buat di atas merupakan isi email Pengaduan yang ane kirim ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

UPDATE
[QUOTE=]Ane udah nerima 2 email balasan dari Bidang Informasi Publik, Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI sama admin pengaduan Postel. Isi nya sih bahwa mereka udah menerima email pengaduan tersebut dan bakal nerusin ke bidang yang menangani[/QUOTE]

UPDATE 2
[QUOTE=]Ane nemu berita terkait ama RIMINDO & CV. Catur Utama
Spoiler for berita
MEDAN – Sejumlah 136 HP BlackBerry diduga rekondisi (bekas pakai) berbagai type disita Subdit II/Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) tanpa tersangka. Terkesan, pihak kepolisian ada 'main mata' dalam penanganan kasus BlackBerry tanpa sertifikat tersebut.

Pasalnya, barang bukti BlackBerry yang disita tersebut dari enam toko, yakni Toko Dragon 88, Toko Multi Cell, Toko Phoenix, Toko Home Of Blackberry, Toko Fortune dan Toko Sumber Ponsel, yang terletak di perbelanjaan handpone Plaza Millenium, Jalan Kapten Muslim Medan. Para pelaku melanggar Peraturan Menteri Kominfo No. 29/PER/M.KOMINFO/8/2008 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi tidak ada yang ditetapkan menjadi tersangka.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Raden Heru Prakoso mengatakan, bahwa belum adanya tersangka yang ditahan atas handphone rekondisi ini, dikarenakan kasus ini merupakan laporan pengaduan informasi.

"Inikan masih bersifat laporan pengaduan informasi. Jika ada laporan polisi, kasusnya akan dinaikan menjadi penyelidikan, dan dilakukan pemanggilan-pemanggilan terhadap pemilik toko," terang Heru di Medan, hari ini.

Heru menyebutkan, bahwa terkait dengan kasus ini, pihaknya juga akan meminta keterangan saksi ahli dari Kemenkominfo. "Kasus ini terungkap atas laporan pengaduan korbanya berinisial D, warga Medan, pada bulan September 2012.

Berdasarkan keterangan korban, pada bulan April 2012, korban membeli HP BlackBerry type 8520 dengan harga Rp1.430.000, di dua toko, masing-masing toko Dragon 88, Toko Multi Cell yang berada di Millenium Plaza," terang Heru.

Setelah diperiksa, lanjut Heru, ternyata handphone yang dikatakan baru oleh toko tersebut, adalah barang bekas. Selanjutnya, korban mengadu ke Polda Sumut dan dilakukan penyidikan.

Menurut Heru, atas kasus ini pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik toko dan pihak Distributor, yakni CV Catur Utama, PT Arta Telekomunikasi Nasional. Dari pendalaman, selain sudah direkondisi, ternyata ratusan barang bukti tersebut tidak memiliki sertifikat, sehingga dianggap melanggar aturan berlaku di Indonesia. "Untuk pengembangan kasus ini, penyidik Ditreskrus Polda Sumut, akhirnya melakukan penyitaan. Adapun barang bukti yang disita karena diduga tidak bersertifikat dan sudah dilakukan rekondisi sebanyak 136 unit," ungkapnya.

Dari pemeriksaan dan penyidikan, menurut Komisaris Besar Polisi Heru Prakoso, barang bukti yang dibeli empat toko menjual handphone BlackBerry berbagai jenis itu, berasal dari dua distributor yaitu distributor CV Catur Utama, PT Arta Telekomunikasi Nasional.

Dijelaskan, kedua distributor tersebut membawa barang tersebut dari Jakarta, dan diduga merupakan barang import asal Singapura, Thailand, dan dari Eropa.

"Setiap HP BlackBerry yang kita sita itu dijual seharga Rp1.430.000. Diduga pihak toko tidak mengetahui jika barang yang dijual tidak bersertifikat dan sudah direkondisikan seolah masih baru. Kita masih dalami kasus ini," jelasnya.

Semantara Direktur Ditreskrimsus Poldasu, Kombes Pol Sadono Budi Nugroho mengakui, bahwa pihaknya belum menetapkan tersangka, sebab 5 saksi yang diperiksa mengaku tidak mengetahui kalau BlackBerry itu adalah barang rekondisi. Polisi menyita barang bukti dari enam toko di Plaza Millenium, Medan.

"Ada 5 saksi seperti karyawan, sales dan pemilik toko yang kami mintai keterangan. Namun mereka mengaku tidak tau kalau BlackBerry yang mereka jual adalah HP rekondisi. BlackBerry itu dipasok dari Jakarta. Pemilik toko mengaku tidak tau kalau barang tersebut rekondisi. Jika memang ada kerja sama dengan distributor, pemilik toko bisa dijadikan tersangka juga," terang Sadono.

link beritaenjual-bb-rekondisi-akan-diperiksa&catid=14:medan&Itemid=27" >target="_blank"http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=260735penjual-bb-rekondisi-akan-diperiksa&catid=14:medan&Itemid=27
[/QUOTE]

Kayaknya emang bermasalah bgt ni distributor. Mungkin BB ane juga rekondisi capedes
Chokolatoz - 30/09/2012 03:42 PM
#2

karena lecet2 garansi ditolak?capedes
mungkin mau'nya RIMINDO hanya hp yg masih mulus dan tdk rusak baru garansi bisa diclaim ngakaks
keyindoperkasa - 30/09/2012 04:47 PM
#3

ngakak dasar garansi abal-abak. mendingan beli bm sekalian gan..
Origin_Inc - 30/09/2012 06:06 PM
#4

Gak recommended beli Blackberry Garansi Distributor...karena saya sdh bicara fakta...ada lecet sedikit, yang tidak ada hubungan dengan kerusakan Garansi Jadi HILANG...guwe penjual yang beroriented ke user.....
itulah GARANSI DISTRIBUTOR.....mau fakta....mau bela....sini gw bawain bb gw rusak garansi distributor....batas loe pada gak pada tanggung jawab

nyesel gw jualin garansi distributor
lunar1980 - 30/09/2012 06:31 PM
#5

mantabhlah. makin hari makin banyak user pandai. buktinya sudah dilaporkan ke YLKI juga. salut salut.
lunar1980 - 30/09/2012 06:44 PM
#6

setahu saya Blackberry biasanya void jika BB kecemplung air/ pernah dibongkar sendiri. Dan ini bisa dilihat dari segel. kalau masalah lecet saya rasa ini seperti kasus acer yang beberapa waktu lalu di alami kaskuser. setelah beberapa hari dimuat di kaskus akhirnya disetujui. entah karena ada tekanan dari kaskuser atau memang kebijakan perusahaan.
suicide360 - 30/09/2012 07:28 PM
#7

Quote:
Original Posted By keyindoperkasa
ngakak dasar garansi abal-abak. mendingan beli bm sekalian gan..


bener gan ane beli bm, dah mau 1 tahun lancar2 aja
cangakakak - 30/09/2012 10:52 PM
#8

ITU MAH AKAL2AN MEREKA AJA GAN,,,,,,KAN HARUSNYA ADA DI KARTU GRANSI YG MENYEBABKAN VOID GARANSI
elek.transfer - 01/10/2012 12:08 AM
#9

ngakaks
ada" aja ini garansi ditolak gara" lecet
udah bener tuh kalo dilaporin YLKI
one slashers - 01/10/2012 02:17 AM
#10

Masih aja ngakalin orang yg udah ngerti D
Agan udah 'debat' disana belum waktu dia ngasih alasan gitu?
Kebanyakan distributor memang ngga mau repot, termasuk distributor yg besar sekalipun. Tp kalo kita'nya bisa debat secara ilmu (tanpa ngajak berantem), dia bisa malu tuh.
harishokage - 01/10/2012 07:10 AM
#11

ane juga ngalamin itu,tp di distributor lainnya...
ubigs - 01/10/2012 05:03 PM
#12

ane sudah pernah beli garansi CU ini gan, baru buka bebenya voicenya udah exceeded >>> berarti barangnya udah gak baru lagi. kalo baru kepake dikit gpp itu buat unlock ane tahu tapi udah exceeded banyak. parah emang
kyva557 - 01/10/2012 05:46 PM
#13

garansi kok ga boleh lecet, aneh banget sih cd

kalo ga boleh lecet berarti ga boleh dipake, kalo ga dipake mending janga beli hammer:

lagian ane baru pernah denger garansi RIMINDO D
kountop - 01/10/2012 08:18 PM
#14

wah makanya gan, kalo mau selamet nyari garansi yang lebih terpercaya... mis garansi TAM, SS, dan CTN/Trikom yang lebih teruji pelayanannya... emang harga lebih mahal dari garansi lain...
MitMitch - 01/10/2012 11:54 PM
#15

Kalo punya dana lebih
lebih baik beli yang resmi aja dah
jelas aturan mainnya
kelik03 - 02/10/2012 01:10 PM
#16

senasib sama ane gan, masalah hampir sama! padahal bb ane distributor tam gan
kelik03 - 02/10/2012 01:11 PM
#17

Quote:
Original Posted By lunar1980
mantabhlah. makin hari makin banyak user pandai. buktinya sudah dilaporkan ke YLKI juga. salut salut.



emang caranya komplain sama ylki gimana ya gan?
Dunedain.boy - 02/10/2012 08:58 PM
#18

yg beli di jkt aja msh bsa di puter2...gimana beli di daerah.. pasti lbh parah lg..

bnr tuh.. baru dgr Rimindo.. apa emang baru atw mau coba tipu2bingung
rebecarez - 02/10/2012 10:34 PM
#19

wah kayanya ribet banget aturan garansi nya..

tapi memang barangnya harus dalam kondisi bagus sih barub bisa diurus
fiz_gsm - 03/10/2012 10:24 AM
#20

Quote:
Original Posted By one slashers
Masih aja ngakalin orang yg udah ngerti D
Agan udah 'debat' disana belum waktu dia ngasih alasan gitu?
Kebanyakan distributor memang ngga mau repot, termasuk distributor yg besar sekalipun. Tp kalo kita'nya bisa debat secara ilmu (tanpa ngajak berantem), dia bisa malu tuh.


gk guna di debatin gan
ane klaim garansi ke toko tempat ane beli gan, jadi mereka ngirim ke jakarta katanya. waktu di tolak garansi mereka nyalahin distributor jakarta nya
tapi di awal beli ngakunya mereka perwakilan resmi dari distributor

Quote:
Original Posted By kelik03



emang caranya komplain sama ylki gimana ya gan?


kirim aja email ke [email]konsumen@rad.net.id[/email] (email pengaduan YLKI)
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Kekecewaan dengan garansi Blackberry pada distributor RIMINDO (CV. Catur Utama)