WEDDING & FAMILY
Home > LOEKELOE > WEDDING & FAMILY > Arti sebuah mahar dalam pernikahan
Total Views: 693 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 2 |  < 1 2

notsupermann - 09/10/2012 01:50 AM
#21

setahu saya, mahar itu adalah sebuah pemberian, bukan sebagai pengganti harga kemaluan.
33atmodjo - 17/10/2012 12:15 PM
#22

cool:cool:cool
33atmodjo - 17/10/2012 12:25 PM
#23

Sedangkan untuk konteks kita di Indonesia, di mana kebiasaan kita
memberi mahar berupa mushaf Al-Quran dan seperangkat alat shalat yang
sangat murah, tentu perlu dipahami secara lebih luas.
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ust. Ahmad Sarwat, Lc.
[Era Muslim]

Emg ada gt pasutri nikah pas ijab disebut dengan mas kimpoi sbb :gedung petronas/pt. pertamina/warung sembako/kebo 100 ekor dll...meski tu smua dijadikan mahar?think:think: ga jg x dibilang2 gt..yang ada ditimpuk sendal ama penonton..ngakakngakakttp aja yang terucap yang inti al-quran dan seperangkat alat sholat..
kesimpulan : yang di bold tuh kalimah yang kurang ..sreppeett...
elang.biru - 17/10/2012 12:37 PM
#24

Quote:
Original Posted By 33atmodjo
Sedangkan untuk konteks kita di Indonesia, di mana kebiasaan kita
memberi mahar berupa mushaf Al-Quran dan seperangkat alat shalat yang
sangat murah, tentu perlu dipahami secara lebih luas.
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ust. Ahmad Sarwat, Lc.
[Era Muslim]

Emg ada gt pasutri nikah pas ijab disebut dengan mas kimpoi sbb :gedung petronas/pt. pertamina/warung sembako/kebo 100 ekor dll...meski tu smua dijadikan mahar?think:think: ga jg x dibilang2 gt..yang ada ditimpuk sendal ama penonton..ngakakngakakttp aja yang terucap yang inti al-quran dan seperangkat alat sholat..
kesimpulan : yang di bold tuh kalimah yang kurang ..sreppeett...


dulu putri alm. Gus Dur, Yenny Wahid, mas kimpoinya puluhan sapi loh...
agungswn10 - 17/10/2012 01:26 PM
#25

Quote:
Original Posted By elang.biru
dulu putri alm. Gus Dur, Yenny Wahid, mas kimpoinya puluhan sapi loh...


waduh,, puluahan gan matabelo:
apa itu juga disebutin pas ijab nya??
lordlugo - 17/10/2012 09:52 PM
#26

Quote:
Original Posted By 33atmodjo
Quote:
Sedangkan untuk konteks kita di Indonesia, di mana kebiasaan kita
memberi mahar berupa mushaf Al-Quran dan seperangkat alat shalat yang
sangat murah, tentu perlu dipahami secara lebih luas.
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ust. Ahmad Sarwat, Lc.
[Era Muslim]


Emg ada gt pasutri nikah pas ijab disebut dengan mas kimpoi sbb :gedung petronas/pt. pertamina/warung sembako/kebo 100 ekor dll...meski tu smua dijadikan mahar?think:think: ga jg x dibilang2 gt..yang ada ditimpuk sendal ama penonton..ngakakngakakttp aja yang terucap yang inti al-quran dan seperangkat alat sholat..
kesimpulan : yang di bold tuh kalimah yang kurang ..sreppeett...



Itulah makanya ts bikin thread kaya gini, banyak salah kaprah.

Bold 1: Gua ngga tahu dalilnya tentang "pengucapan mahar dalam ijab kabul" tapi IMHO hal itu adalah wajib. Nyambung ke salah kaprah di bold2.

Bold2: Awalnya dahulu orang yang maharnya Al Quran dan seperangkat alat sholat adalah orang yang secara ekonomi tidak mampu memberi mahar yang lebih bernilai. Dimana istrinya menyadari ketidakmapuan calon suaminya sehingga hanya meminta Al Quran dan seperangkat alat sholat saja sebagai mahar. Cuma orang kita kan latah, entah biar dibilang Islami atau yang laen, tetep aja mahar-nya Al QUran dan seperangkat alat sholat. Sentah itu berdiri sendiri atau sama mahar yang lain (duit, emas, dll).

Yang diajarkan guru agama dulu bertahun-tahun lalu tentang mahar ngga jauh beda dari penjabaran TS: Secara konsep mahar adalah "tabungan" atau "backup" buat si istri ketika si suami gagal atau lalai menjalankan kewajibannya untuk memberi nafkah secara fisik. Selain untuk mengingatkan si calon suami bahwa setelah menikah si suami punya kewajiban untuk memberi nafkah fisik ke istri.



Btw tentang mahar;
Gua ngelamar pacar gua dengan cincin, dia menerima dan cincin itu otomatis menjadi milik dia dong. Bisakah cincin itu dijadikan mahar?
elang.biru - 18/10/2012 09:11 AM
#27

Quote:
Original Posted By agungswn10
waduh,, puluahan gan matabelo:
apa itu juga disebutin pas ijab nya??


kurang tau prosesinya gimana..tapi maksud saya, ga ada yang salah koq dengan mas nikah hewan ternak...toh bisa dibuat peternakan, dan akhirnya nilai nominalnya berlipat ganda kan...mahar itu haknya istri, seperti penjelasan agan di bawah...

Quote:
Original Posted By lordlugo

Bold2: Awalnya dahulu orang yang maharnya Al Quran dan seperangkat alat sholat adalah orang yang secara ekonomi tidak mampu memberi mahar yang lebih bernilai. Dimana istrinya menyadari ketidakmapuan calon suaminya sehingga hanya meminta Al Quran dan seperangkat alat sholat saja sebagai mahar. Cuma orang kita kan latah, entah biar dibilang Islami atau yang laen, tetep aja mahar-nya Al QUran dan seperangkat alat sholat. Sentah itu berdiri sendiri atau sama mahar yang lain (duit, emas, dll).

Yang diajarkan guru agama dulu bertahun-tahun lalu tentang mahar ngga jauh beda dari penjabaran TS: Secara konsep mahar adalah "tabungan" atau "backup" buat si istri ketika si suami gagal atau lalai menjalankan kewajibannya untuk memberi nafkah secara fisik. Selain untuk mengingatkan si calon suami bahwa setelah menikah si suami punya kewajiban untuk memberi nafkah fisik ke istri.

Btw tentang mahar;
Gua ngelamar pacar gua dengan cincin, dia menerima dan cincin itu otomatis menjadi milik dia dong. Bisakah cincin itu dijadikan mahar?


kalau statusnya masih pacar, itu bukan mahar, tapi lebih ke 'tanda kasih' saja..IMHO, sepengetahuan saya, mahar itu diberikan setelah selesai ijab kabul..
agungswn10 - 18/10/2012 04:21 PM
#28

Quote:
Original Posted By elang.biru
kurang tau prosesinya gimana..tapi maksud saya, ga ada yang salah koq dengan mas nikah hewan ternak...toh bisa dibuat peternakan, dan akhirnya nilai nominalnya berlipat ganda kan...mahar itu haknya istri, seperti penjelasan agan di bawah...


hemm yup bener itu,, lagian,, mungkin gimana kesepakatan juga ya D>
dulu ane maskawin nya sempat nego sama bini hammer:
lordlugo - 18/10/2012 09:17 PM
#29

Quote:
Original Posted By elang.biru
kurang tau prosesinya gimana..tapi maksud saya, ga ada yang salah koq dengan mas nikah hewan ternak...toh bisa dibuat peternakan, dan akhirnya nilai nominalnya berlipat ganda kan...mahar itu haknya istri, seperti penjelasan agan di bawah...



kalau statusnya masih pacar, itu bukan mahar, tapi lebih ke 'tanda kasih' saja..IMHO, sepengetahuan saya, mahar itu diberikan setelah selesai ijab kabul..


hammer:hammer:hammer:hammer:hammer:hammer:hammer:
33atmodjo - 19/10/2012 04:32 PM
#30

Quote:
Original Posted By elang.biru
dulu putri alm. Gus Dur, Yenny Wahid, mas kimpoinya puluhan sapi loh...


APA ane kudu bilang wuooww gt? atawa double Wuoow..:matabelo
33atmodjo - 19/10/2012 04:46 PM
#31

Quote:
Original Posted By lordlugo
Itulah makanya ts bikin thread kaya gini, banyak salah kaprah.

Bold 1: Gua ngga tahu dalilnya tentang "pengucapan mahar dalam ijab kabul" tapi IMHO hal itu adalah wajib. Nyambung ke salah kaprah di bold2.

Bold2: Awalnya dahulu orang yang maharnya Al Quran dan seperangkat alat sholat adalah orang yang secara ekonomi tidak mampu memberi mahar yang lebih bernilai. Dimana istrinya menyadari ketidakmapuan calon suaminya sehingga hanya meminta Al Quran dan seperangkat alat sholat saja sebagai mahar. Cuma orang kita kan latah, entah biar dibilang Islami atau yang laen, tetep aja mahar-nya Al QUran dan seperangkat alat sholat. Sentah itu berdiri sendiri atau sama mahar yang lain (duit, emas, dll).

Yang diajarkan guru agama dulu bertahun-tahun lalu tentang mahar ngga jauh beda dari penjabaran TS: Secara konsep mahar adalah "tabungan" atau "backup" buat si istri ketika si suami gagal atau lalai menjalankan kewajibannya untuk memberi nafkah secara fisik. Selain untuk mengingatkan si calon suami bahwa setelah menikah si suami punya kewajiban untuk memberi nafkah fisik ke istri.



Btw tentang mahar;
Gua ngelamar pacar gua dengan cincin, dia menerima dan cincin itu otomatis menjadi milik dia dong. Bisakah cincin itu dijadikan mahar?


Mahar tu mmg hak dari calon istri mau minta apa aja,..kalo calon laki bisa menuhin y dipenuhiin,,kalo ga bisa y tinggalinn..maka calon istri kalo udh ikhlas,niat ibadah tentunya meminta mahar jg ngukur kmampuan calon laki...

mahar hak calon bini kenapa?hakekatnya setelah menikah ketaan seorang istri tu y trhdap suaminya slama suami ga bermaksiat terhadap syareat..lebaynya :kpatuhan,ktaatan,keikhlasan istri tu untuk lakinya(slama suami ga ngelnggar syareat)maka ridho untuk istri tu y ada di ridho sang suami...

Bold :janagn dicontoh ([B]pacarannya[/B]),sangan ngebuka peluang buat syeton ngerayu qt bermaksiat...YbYb
Page 2 of 2 |  < 1 2
Home > LOEKELOE > WEDDING & FAMILY > Arti sebuah mahar dalam pernikahan