Mamalia
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3
Total Views: 6733 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 19 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

zibulet - 01/10/2012 06:09 PM
#1
Golden Retriever Owners and Lovers
Quote:
Original Posted By goldentop
Standarisasi :
disadur dari www.anjingkita.com.

Standar Golden Retriever pertama kali dibuat dan ditetapkan di Inggris, di mana trah ini pertama kali ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu. Selanjutnya, standar itu disebut British Standard.

British Standard, yang dikeluarkan oleh The Kennel Club (British), untuk trah ini diakui dan digunakan sebagai acuan oleh Federation Cynologique International (FCI), Pada awalnya, Amerika dengan American Kennel Club (AKC) nya, menggunakan standar yang sama, namun setelah sekian tahun mereka mengubahnya.

Kedua standar inilah yang banyak diikuti oleh organisasi-organisasi kinologi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mengakomodasi kebutuhan kedua kelompok pecinta Golden Retriever ini, kedua standar tersebut telah disadur berikut ini :

Standar AKC (American Kennel Club, 1990)

Penampilan Umum dan Karakteristik :

Simetri, aktif, bertenaga, sehat dan kuat, proporsional, menunjukkan ekspresi yang baik, memiliki kemauan keras, tanggap dan percaya diri. Sebagai anjing berburu, seyogyanya dipamerkan dalam kondisi kerja keras. Perhatian utama harus diberikan untuk tampilan umum, keseimbangan, pergerakan dan fungsinya.

Kesalahan : Setiap penyimpangan dari kondisi ideal di atas harus dianggap sebagai kesalahan dengan tingkat yang sesuai dengan pengaruhnya terhadap fungsi trah ini atau penyimpangannya terhadap karakter trah ini.

Ukuran, Proporsi dan Substansi :

Tinggi anjing jantan 23 -24 inci (58,5 - 61 cm), diukur pada ujung atas tulang bahu (withers). Tinggi anjing betina 21,5 - 22,5 inci (54,5 - 57 cm). Penyimpangan >1 inci (2,5 cm) dari standar harus dipenalti secara proporsional, sedangkan penyimpangan >1 inci harus didiskualifikasi.

Panjang anjing, diukur dari tulang dada terdepan hingga titik terbelakang pada pantat, sedikit lebih dibandingkan tingginya, dengan perbandingan 12 : 11. Berat anjing jantan 65 - 75 pon (29,5 - 34 kg) dan anjing betina 55 - 65 pon (25 - 29,5 kg).

Kepala, Mata, Telinga dan Moncong :

Batok kepala (skull) lebar, bila dilihat dari depan maupun samping sedikit melengkung, dengan tulang kening (forehead) dan ujung belakang batok kepala (occiput) tidak menonjol. Stop terlihat jelas, namun tidak terlalu tajam. Wajah depan (foreface, dari stop hingga ujung moncong) lebar, panjangnya hampir sama dengan batok kepala. Moncong lurus, menyambung mulus dan kuat ke tengkorak. Dilihat dari atas, sedikit melebar di dekat stop dibandingkan di ujungnya. Tidak ada masalah dengan bibir samping yang menggantung. Pencukuran kumis diperbolehkan, namun tidak memberi nilai tambah.

Mata mengekspresikan persahabatan dan kecerdasan, berukuran sedang dengan lingkaran berwarna gelap di sekelilingnya. Kedua mata terpisah dengan jarak yang baik dan berada cukup dalam di kelopaknya. Warna lebih disukai yang coklat gelap, namun coklat sedang masih diperbolehkan. Bentuk mata sipit dan segitiga mengurangi ekspresi yang benar dan harus disalahkan. Bagian putih bola mata tidak terlihat bila anjing melihat lurus ke depan. Anjing yang menunjukkan abnormalitas fungsi kelopak atau bulu mata (seperti : trichiasis, entropion, ectropion atau distichiasis) harus dikeluarkan dari ring.

Telinga agak pendek, sisi depannya menggantung dengan enak pada posisi di belakang dan tepat di atas mata, serta jatuh dekat pipi. Bila ditarik ke depan, ujung telinga tepat menutup mata. Telinga yang menggantung rendah seperti jenis hound harus disalahkan.

Hidung berwarna hitam atau coklat, namun warna yang memudar dimusim dingin bukan hal yang serius. Hidung berwarna pink atau yang kekurangan pigmen harus disalahkan.

Gigi menggunting (scissors bite), dimana sisi luar gigi seri bawah tepat menyentuh sisi dalam gigi seri atas. Gigitan undershot (gigi seri bawah lebih maju daripada gigi seri atas) atau overshot (gigi seri atas jauh terlalu maju daripada gigi seri bawah) harus didiskualifikasikan. Gigi seri tidak teratur atau gigi seri atas dan bawah ujung-unjungnya tepat saling sentuh (level bite) tidak disukai, tapi kondisi ini bukanlah undershot atau overshot. Gigi harus lengkap. Gigi terlalu renggang merupakan kesalahan serius.

Leher, Topline dan Badan

Lehernya mempunyai panjang yang sedang, menyambung secara gradual dengan pundak, memberi tampilan kekar dan berotot. Tidak ada lipatan kulit di bawah leher.

Garis punggung kuat dan mendatar dari pundak (withers) serta sedikit menurun di bagian belakang (croup), pada posisi berdiri diam maupun bergerak. Garis punggung yang turun secara menerus dari pundak ke belakang, melengkung ke atas ataupun ke bawah, punggung belakang (croup) yang datar atau turun terlalu curam, harus disalahkan.

Badan seimbang, tidak panjang dan tebal di dada (deep). Dada di antara kaki depan, paling tidak selebar kepalan tangan pria dengan dada depan (forechest) mengembang dengan baik. Dada bawah (brisket) mencapai siku depan (elbow). Rusuk panjang dan mengembang dengan baik, tapi tidak seperti lontong, serta memanjang dengan baik ke bagian belakang. Pinggangnya pendek, berotot, lebar dan tebal dengan sedikit lekukan ke dalam. Bentuk badan yang lurus tanpa lekukan pinggang, dada yang sempit, brisket yang kurang turun atau lekukan pinggang yang berlebihan, harus disalahkan.

Ekor

Ekor menyambung ke badan dengan baik, tebal dan berotot di pangkalnya, menyambung secara mulus dengan garis punggung. Bila ke bawah, tulang ekor mencapai siku belakang (hock), tidak lebih rendah. Melambai dengan ceria, posisi mendatar atau sedikit melengkung ke atas; tidak melingkar hingga di atas punggung atau melipat ke bawah diantara kedua kaki belakang.

Bagian Depan

Berotot, terkoordinasi baik dengan bagian belakang dan mampu bergerak bebas. Tulang pundak-nya panjang dan menumpu dengan baik di mana sisi atasnya (pada withers) saling berdekatan. Lengan atas kurang lebih sama panjang dengan tulang pundak, sedemikian sehingga sikunya tepat berada di bawah ujung atas tulang pundak dan merapat ke tulang rusuk. Batang kaki, dilihat dari depan, lurus dengan tulang yang bagus tapi tidak sampai kasar. Pastern (antara lengan bawah dan telapak kaki) pendek dan kuat, sedikit condong tanpa kesan lemah. Declaws (kuku ke lima yang tumbuh di belakang pastern) boleh dibuang, namun biasanya dibiarkan saja.

Telapak kaki berukuran sedang, bulat, kompak, tebal, dengan ruas-ruas yang baik. Bulu yang berlebihan boleh digunting/dirapikan agar menampilkan ukuran dan bentuk telapak kaki yang sebenarnya. Bentuk kaki bebek (jari-jari menyebar) atau kaki kelinci (jari-jari terlalu panjang) harus disalahkan.

Bagian Belakang

Lebar dan berotot kuat. Profil garis punggung belakang (croup) sedikit menurun; tulang panggul (pelvis) turun lebih curam, sekitar 30 derajat terhadap horizontal. Pada posisi berdiri tegak alami (natural stance), tulang paha atas (femur) membentuk sudut hampir 90 derajat dengan tulang panggul; sisi depan paha (stifle) membentuk kurva yang baik; siku belakang (hock) bertumpu dengan baik di atas pastern belakang yang pendek dan kuat. Telapak kaki seperti kaki depan. Batang kaki lurus bila dilihat dari belakang. Batang kaki bengkok ke dalam (cow hock), bengkok ke luar (spread hock), dan sikunya terlalu tajam sehingga sisi depannya membentuk garis seperti sabit/celurit (sickle hock), harus disalahkan.

Bulu

Tebal dan bersifat menolak air (water repellent) dengan bulu bagian dalam (undercoat) yang baik. Bulu luar tertanam kuat dan mudah rapi kembali dengan sendirinya, tidak kasar maupun lembut, rebah merapat ke badan; boleh lurus atau bergelombang. Bulu dasi, di depan leher dan dada (ruff), tidak dipotong; sisi belakang lengan dan sisi bawah tubuh berbulu jumbai (feathering) sedang; sisi depan leher, belakang paha dan bawah ekor berbulu jumbai lebih lebat (ruff and feathering). Kepala, punggung telapak kaki dan sisi depan batang kaki berbulu pendek dan rata. Bulu yang panjang berlebihan, botak, lemas dan lunak, kurang disukai. Telapak kaki boleh dirapikan dan digunting bulunya, tapi bentuk alamiahnya tidak boleh diubah dengan pemangkasan.

Warna

Aneka warna keemasan dengan beragam tingkat kegelapan. Bulu jumbai biasanya berwarna lebih muda dari bulu di bagian lain. Kecuali ubanan atau memutihnya bulu wajah atau badan karena usia, setiap bercak putih selain beberapa lembar rambut putih di dada, harus dipenalti sesuai luasnya bercak. Warna yang terang jangan dirancukan dengan bercak putih. Warna dominan yang ekstrim pucat atau ekstrim gelap, kurang disukai. Kelonggaran harus diberikan untuk anakan berwarna pucat yang berprospek makin menua seiring dengan usianya. Setiap bercak hitam atau warna asing lainnya yang terlihat, merupakan kesalahan serius.

Gaya Berlari (Gait)

Ketika berlari, gerakannya bebas, lancar, bertenaga dan terkoordinasi dengan baik, menunjukkan langkah yang bagus. Dilihat dari posisi manapun, batang kaki tidak bengkok ke dalam maupun ke luar, telapak kaki tidak saling silang atau bertabrakan. Bila kecepatan bertambah, telapak kaki cenderung saling mendekat ke arah pusat keseimbangan. Dalam pameran, dianjurkan menggunakan tali yang longgar agar diperoleh langkah yang benar.

Temperamen

Bersahabat, dapat dipercaya dan diandalkan. Sikap bermusuhan atau tidak ramah terhadap anjing atau orang asing dalam situasi normal, atau tanpa sebab yang jelas menunjukkan ketakutan atau kecemasan, bukanlah sifat Golden Retriever. Sikap demikian harus dipenalti sesuai tingkat keseriusannya.

Diskualifikasi

1.Penyimpangan tinggi badan lebih dari satu inci terhadap standar.

2.Gigitan yang undershot atau overshot.

3.Anjing Jantan Mono dan Cripto ( Pelir / Testikel satu dan tidak ada ) .
hansip - 01/10/2012 06:09 PM
#2
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/5333098 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
hansip - 01/10/2012 06:09 PM
#3
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/2023560 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
sifuyono - 01/10/2012 06:09 PM
#4
Anda Ingin memelihara Golden Retriever?
Tambahin artikel sedikit ah....\)

Quote:
Original Posted By SuperDong
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3


Anda ingin memelihara Golden Retriever ?
oleh National Rescue Committee Golden Retriever Club of America




Saya hanya ingin hewan peliharaan. Mengapa saya perlu membicarakan dengan peternak/breeder? Dan mengapa anjing yang dijual dari breeder sangat mahal?

“Hanya hewan peliharaan” mencakup banyak sekali! Anda ingin anjing anda sehat – tidak ada masalah pinggul pincang, tidak ada masalah kelainan jantung yang fatal, tidak ada masalah kulit yang kronis dan yang paling utama – anda ingin prilaku/temperamen anjing ini yang telah anda banyak dengar sebelumnya! Tidak ada jaminan dalam ternak anjing, tetapi seperti juga yang lainnya, keahlian seseorang akan bertambah dari pendidikan dan pengalaman. Peternak hobi yang bertanggung jawab mengetahui bahwa ternak melebihi dari sekedar menyatukan dua anjing dan menunggu sembilan minggu untuk anak anjing. Karena meliputi riset silsilah(pedigree) dengan hati-hati, memilah dari kelainan, perawatan induk yang benar sewaktu hamil dan merawat anak-anak anjing selama delapan minggu pertamanya yang sangat kritis.

Mendapatkan peternak/breeder yang bertanggung jawab yang telah menjadi pelajar dalam ternak dan telah memiliki pengetahuan yang cukup meningkatkan kesempatan anda untuk mendapatkan anjing yang anda cari, yaitu mendapatkan anjing yang sehat dan stabil.
Untuk hal pembiayaan, anda menambah anggota keluarga baru untuk selama 10-15 tahun ke depan. Peternak yang anda cari pasti memiliki biaya yang cukup dalam penseleksian, perawatan, kompetisi dan pemilahan anjing mereka. Di petshop sering kali menjual anjing dengan harga sama dengan anjing dipeternak. Tetapi di peternak lebih bagus. Anak anjing “murah” di koran seringkali tidak semurah jika anda memasukan biaya tambahan yang ada seperti masalah kesehatan yang serius dan masalah prilaku.

Perbedaan utama antara jantan dan betina
Perbedaan temperamen antar jenis kelamin hanya sedikit. Keduanya tidak ada yang lebih susah dilatih dan keduanya sama-sama pintar dan penuh kasih sayang. Keduanya baik dengan anak-anak dan keduanya baik sebagai companion/pendamping. Untuk masalah agresif untuk anjing jantan jenis lainnya jelas terlihat tetapi tidak terlihat pada jenis golden retriever. Prilaku yang berhubungan dengan sex seperti mounting dan marking akan terlihat pada beberapa jantan. Neutering/steril jantan sebelum berumur setahun tidak saja mengurangi masalah prilaku ini, tetapi juga menghilangkan resiko kanker testicular. Karena tidak ada alasan tanggung jawab untuk tidak spay/steril betina, siklus estraous pada betina tidak perlu di pertimbangkan.

Apakah Golden Retriever ganti bulu?
Tentu saja! Golden retriever ganti bulu sedikit sepanjang tahun dan dua kali setahun mereka akan banyak kehilangan bulu mereka. Setiap orang yang mau rumahnya bebas bulu anjing, sebaiknya mempertimbangkan kembali jika mau memelihara Golden Retriever. Bulu mereka membutuhkan sisiran paling sedikit seminggu sekali. Rambut mereka dapat menjadi panjang dan dapat menjadi kusut jika tidak dirawat dengan baik. Penataan rambut yang seksama untuk menggunting rambut daerah cakar, ekor dan sekitar telinga harus dilakukan setiap bulan.

Saya bekerja, bagaimana saya cara merawat anak anjing?
Pekerjaan seharusnya tidak menghalangi anda untuk merawat anak anjing, tetapi anak anjing memerlukan waktu tambahan dan perhatian anda. Anda harus dapat menyediakan untuk merawat anak anjing anda. Merawat anak anjing diperlukan tanggung jawab dan kewajiban yang perlu dipertimbangkan. Anak anjing menjadi anjing dewasa dan seekor Golden retriever dapat tumbuh menjadi antara 30-36 kg dan tinggi 53-66 cm. Anak anjing ini akan diperlukan perawatan harian untuk 10-16 tahun ke depan, dan dia akan menjadi satu anggota keluarga, hidup dan bernafas bukan benda mati.

Seekor anak anjing memerlukan sebagai berikut
Anak anjing perlu istirahat sendiri setiap 2-4 jam sampai mereka paling sedikit sampai berumur enam bulan. Anak anjing umumnya membuang kotoran 5 sampai 6 kali dan kencing tentu lebih banyak.

Anda perlu bangun di malam hari untuk membawa keluar anjing anda. Cara termudah memperkirakan berapa jam sekali anak anjing akan mengontrol kandung kemihnya adalah dengan menambahkan umur anak anjing tersebut dalam bulan lalu ditambah 1. Contohnya anak anjing yang berumur 4 bulan perlu keluar setiap 5 jam (4+1).

Latihan rumah (housetraining) untuk anak anjing dibutuhkan paling sedikit enam bulan. Dengan komitmen waktu, setiap 2 sampai 4 jam per hari.

Seekor anak anjing dapat mengambil manfaat dari kelas untuk sosialisasi sekitar umur 12-14 minggu dan kelas obedience setelah enam bulan. Untuk orang yang mengadopsi anjing dewasa juga dapat mengambil manfaat dari kelas untuk membantu mereka mengajarkan anjingnya apa yang diharapkan darinya.

Anak-anak anjing memperlukan minimum 3 kali 20 menit permainan aerobik impak rendah per hari dan anjing dewasa memerlukan olahraga teratur setiap hari. Anak anjing yang lelah bermain adalah anak anjing yang tenang.

Saya memiliki anak-anak, bagaimana Golden Retriever dengan anak-anak?
Golden Retriever dapat menjadi anjing keluarga yang bagus, tetapi orang tua perlu menyadari beberapa tindakan pencegahan sangat yang perlu diperhatikan

Pertama dan paling utama, anak-anak perlu diajarkan cara bagaimana berinteraksi terhadap anjing dan Golden Retriever pun tanpa kecuali. Setiap tahun banyak anak-anak menjadi korban gigitan anjing dan ini dapat disebabkan oleh salah perlakuan yang terus menerus oleh anak-anak. Atau karena anjing dan keluarga tidak dipasangkan dengan baik. Breeder /Adopsi yang bertanggung jawab akan memastikan bahwa setiap anak anjing yang mereka berikan sesuai dengan anak-anak, termperamennya sesuai dengan keluarga yang aktif.

Banyak Golden Retriever menjadi terlantar karena banyak orang yang melihara Golden Retriever di keluarga mereka dengan alasan yang salah:
Sebagai hadiah anaknya dengan harapan bahwa anaknya akan menjadi pemelihara utamanya.
Bermain dengan anak-anak dan membuat anak mereka terisi waktunya, dan memberi orangtua memiliki waktu lebih tanpa rencana untuk mengawasi interaksinya.

Menambah Golden Retriever ke keluarga dapat menjadi bagus tetapi anda harus mengerti dengan tanggung jawab yang ada. Pemberian makan, grooming, olahraga, pelajaran obedience yang formal dan lain sebagainya adalah tanggung jawab keluarga tetapi harus diawasi dan diatur oleh orang tua. Sebagai pemelihara utama anjing bukan pekerjaan yang dapat dilepas ke anak-anak.

Anda seharusnya memastikan bahwa kesibukan anda masih dapat menyisakan waktu untuk Golden Retriever yang aktif ini sebelum membeli atau mengadopsinya.

Apakah Golden Retriever mudah dilatih?
Golden Retriever umumnya mudah dilatih, tetapi latihan memerlukan waktu dan berulang-ulang. Kami menganjurkan anda untuk ikut kelas obedience. Metoda telah berubah selama bertahun-tahun dan latihan pada umumnya membantu ikatan hubungan antara anda dengan anjing anda. Belajar bagaimana berkomunikasi dengan anjing anda akan memastikan hubungan yang berhasil. Golden Retriever akan merespon dengan baik pada penekanan positif atas prilaku baik. Gunakan hadiah/treat dan pujian dalam latihan, jangan menggunakan hukuman yang keras.

Berapa luas daerah yang mereka perlukan? Berapa banyak olahraga yang mereka perlukan?
Golden Retriever adalah anjing energetik, lahir untuk menghabiskan waktu yang panjang di luar. Kebutuhan olahraga tergantung kepada umur dan kondisi anjing itu. Anjing yang muda dan sehat akan membutuhkan beberapa aerobik atau permainan interaktik per hari. Ruangan yang mereka perlukan tidak menjadi faktor utama. Kebanyakan anjing ditinggal sendirian di luar akan lebih condong tidur daripada bergerak. Golden Retriever memerlukan stimulasi mental dan juga olahraga teratur; Jika gaya hidup anda duduk saja atau anda tidak mempunyai beberapa jam per hari untuk berinteraksi dengan anjing anda, Golden Retriever mungkin bukan pilihan terbaik untuk anjing anda.

Sebesar apa mereka?
Jantan yang bagus dapat mencapai tinggi 56-64cm dan berat antara 30-34 kg. Betina tinggi 50-58cm pundak dan berat antara 25-30kg. Tetapi kenyataannya banyak Golden Retriever yang lebih dari standar ini.

Masalah kesehatan apa yang dihadapi oleh Golden Retriever?
Sayangnya, golden retriever dapat menghadapi beberapa masalah kesehatan. Canine dysplasia pinggul dan dysplasia sikut yang dapat muncul dan juga beberapa masalah mata seperti Progressive Retinal Atrophy, Uveitis dan katarak. Golden Retriever juga dapat terjangkit penyakit gagal jantung yang juga dikenal sebagai Sub Aortic Stenosis. Masalah lainnya termasuk alergi dan kronis kulit dan masalah telinga, epilepsi, masalah menelan, hypothyroidism dan masalah temperamen.

Untuk mengurangi masalah ini, Golden Retriever sebaiknya dibeli dari peternak yang bertanggung jawab atau dari organisasi adopsi yang bereputasi. Peternak yang bertanggung jawab akan memilah induk dari penyakit keturunan dan memiliki informasi kesehatan untuk beberapa generasi sebelumnya.
zibulet - 01/10/2012 06:09 PM
#5
Scissor Bite Studies (sedikit info mengenai gigi Golden yang benar)
Tambahin Info....\)

[QUOTE=royalecrown]Ok ini ada sedikit info mengenai gigi Golden yang benar, berhubung ada permintaan dari Bro Knight, maka saya share sedikit info mengenai seputar masalah-masalah gigi yang saya dapat dari seminar tentang Golden Retriever dari juri Spesialis Suzanne.

Ok di bawah ini adalah bentuk gigi yang benar :
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Standard gigi Golden Retriever yang baik adalah yang Scissor-Bite, jadi gigi atas harus menutupi gigi bawahnya. Juri bisa mentolerir apabila posisi gigi underjaw satu atau dua buah yang level (rata). Terlepas dari itu, juri akan mendisqualifikasi anjing di pameran.

Kebanyakan masalah gigi di Indonesia adalah Level-Bite (Posisi gigi atas dan bawah sama rata) atau Undershot (Posisi gigi bawah menutupi gigi atas). Masalah gigi ini juga merupakan faktor keturunan tapi tidak se-ekstrim masalah HD dan yang lainnya. Kalo di USA, menurut Suzanne, golden-golden yang giginya tidak memenuhi standar, tidak akan dibreeding oleh breedernya.

Biasanya pada golden gigi yang paling sulit tumbuh adalah taring kecil pada samping kiri-kanan dimana dinding bibir melekat pada gusi (bisa dilihat pada foto terlampir). Ini yang menjadi patokan bagi sebagian juri spesialis apakah Golden kita mempunyai standard gigi yang baik atau tidak. Jumlah gigi sebenarnya juga merupakan keharusan yang harus diperhatikan terutama bila golden ini diperuntukkan untuk hunting/gun dog, karena kurangnya satu gigi saja akan menyebabkan lemahnya gigitan pada mangsa (burung atau angsa) yang diambil pada saat retrieve. Bisa dibayangkan pada saat hunting, begitu burung atau angsa ditembak, si goldie langsung mengejar dan mungkin melalui air dan sebagainya, kondisi ini akan menyebabkan mangsa bertambah berat dan bila jumlah giginya tidak lengkap, hal ini akan menyebabkan jatuhnya mangsa pada saat di-retrieve karena kurang mantapnya posisi gigitan pada mangsa. Uniknya jenis Golden adalah pada biting-nya, gigitannya tidak boleh terlalu keras, karena pada saat penilaian mangsa oleh juri, kondisi mangsa tidak boleh rusak. Terlepas dari fungsi ini, apabila di dunia beauty-contest, juri spesialis Golden khususnya tidak begitu memperhatikan masalah gigi karena memang di USA banyak masalah gigi yang level ketimbang yang scissor-bite. Batas kurangnya jumlah gigi yang masih ditolerir adalah 3 buah, lebih dari itu, biasanya juri akan mendisqualifikasikan anjing tersebut.

Berikut ini contoh anjing yang tidak scissor-bite :
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Semoga menambah sedikit wawasan para Bro and Sis sekalian. GBU.[/QUOTE]
blueiceberg - 01/10/2012 06:09 PM
#6
Tipe-tipe Bloodline Golden Retriever di US
Quote:
Original Posted By royalecrown]Hi all, sekedar sharing dan menghangatkan forum ini supaya lebih bertambah informasinya, harap para pakar lainnya ikut menambahkan atau membetulkan jika ada kekurangan dalam posting ini sehingga forum ini bisa lebih aktif dalam membahas perkembangan trah kita yang tercinta ini. Harap diingat, posting ini bukan bertujuan untuk SHOW OFF ataupun menjelek-jelekkan / menjatuhkan kennel manapun tapi bertujuan untuk memperbaiki kualitas breeding dan memajukan trah Golden di Indonesia.

Ok, untuk menghasilkan breeding yang maksimal dibutuhkan 2 hal penting yaitu : 1. Faktor GENETIK dan 2. Faktor PERAWATAN. Keduanya saling berkaitan erat satu sama lainnya. IMHO faktor yang paling memegang peranan di hasil breedingan adalah faktor Genetik / Bloodline. Tapi jika kita breeding sudah mengacu pada faktor bloodline tanpa memperhatikan faktor perawatan pun ini akan berakhir dengan kekecewaan.

Mungkin Bro and Sis sekalian ada yang berpendapat bahwa faktor bloodline tidak perlu, yang penting lihat penampilan... Saya tidak menentang hal ini sama sekali tapi fakta mengatakan bahwa breeding dengan berpatokan pada bloodline hasilnya lebih baik daripada tidak. Biasanya, breeding secara Type to Type dilakukan, apabila bloodline yang ada pada hasil breedingan sudah terlalu kental jadi perlu dilakukan out cross selama 2 generasi ke depannya. Kita ambil contoh hasil breedingan kennel Golden Castle, mengapa kennel ini selalu menelurkan anakan yang berkualitas & berprestasi ? Jawabannya adalah simple, karena kennel ini sangat mengacu pada faktor bloodline. Entah Bro or Sis perhatikan atau tidak, di setiap anjing import yang dimasukkan selalu ada satu bloodline di setiap generasi ke-3 or 4 nya. Jadi otomatis setiap breedingannya bisa menghasilkan anakan yang bagus. Satu hal yang pasti, dari bloodline kita juga bisa tahu bagaimana temperament dari hasil anakan kita nantinya, apakah anakannya galak atau tidak, happy atau tidak, showy atau tidak, dst.

Sangat disayangkan saat ini di Indonesia sudah terbentuk fenomena anakan Gallant yang bagus, sehingga semua orang berbondong-bondong ingin atau hunting darah Gallant... No doubt anakan Gallant memang bagus-bagus tapi ini akan membawa dampak pada stagnasi tipe Golden di Indonesia ke depannya karena nantinya setiap breedingan akan mentok dengan tipe tersebut sehingga trah ini tidak akan berkembang, padahal masih banyak tipe lainnya yang lebih atau jauh lebih baik daripada bloodline ini. Saya harap Bro dan Sis bisa lebih terbuka mindset-nya karena si empunya sendiri sudah mulai melirik tipe lain dengan memasukkan bloodline baru ke kandangnya. Jadi mereka sudah ada counter-preparation untuk ke depannya supaya tidak sampai stagnan dalam hasil breedingannya. Jadi kalau sudah ada yang melakukan preparasi, kenapa kita juga tidak ikut berjaga-jaga ?

Once again bare in mind, I have nothing to against all of you who is fanatic to Gallant type [/I]\)

Akhir kata, sebelum melakukan breeding kenalilah dulu tipe-tipe bloodline yang ingin dikembangkan, tujuannya dan upayakan supaya masing-masing kennel bisa menciptakan tipe sendiri-sendiri yang mempunyai ciri khas tersendiri seperti kennel-kennel di luar negri.

Berikut ini adalah basic bloodline yang dikembangkan di Indonesia 2-3 tahun belakangan ini :

1. Rush Hill's Haagen Dazs A.K.A. "Kirby"
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

No doubt Kirby sudah tidak asing lagi di dunia Golden seluruh dunia karena hampir semua progenies-nya menghasilkan champion-champion berkualitas. Salah satu progenny yang dipakai di Indonesia adalah Goodtime's Best Case Scenario A.K.A. "Casey" dan sekarang ini sudah mulai melirik ke Summit's Mr. Bojangles A.K.A. "Hobo".

Hasil anakan dari bloodline ini adalah bulu gondrong & tebal, serta struktur yang mendekati sempurna, tapi tipe ini tidak mengutamakan pada bentuk kepala yang ekstrim besar ataupun pertulangan yang terlalu kasar.

2. Faera's Future Classic A.K.A. "Thunder"
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Tipe anakan dari bloodline ini adalah kepala dan tulang yang kasar-kasar bahkan cenderung ekstrim dengan bentuk body cenderung short, contoh bloodline yang ada di Indonesia yang menggunakan basic bloodline ini adalah Maguire, Elvis & Encore. Perlu diingat bahwa tipe ini menghasilkan bulu yang tidak maksimal, cenderung panjang tapi tidak bisa tebal karena memang sang empunya kennel lebih mengarah trah ini ke arah hunting dog bukan beauty contest.

3. Nautilus King Neptune A.K.A. "Blu"
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Tipe anakan dari bloodline ini adalah gabungan dari kedua tipe sebelumnya, memang dari kennel-kennel Nautilus boleh dibilang hampir semua anjing-anjing di kennelnya tidak ada yang memakai darah dari luar di generasi 1 & 2 nya. Artinya kennel mereka sudah menciptakan suatu bentuk tipikal tersendiri. Blu sendiri adalah satu-satunya pejantan yang dijadikan acuan dalam setiap breeding kennel Nautilus. Bloodline ini jugalah yang menjadi basic bloodline di Brazil. Hasil anakannya bagus hanya saja perlu diperhatikan masalah gigi dan bentuk body cenderung long atau panjang.

Jadi silahkan dipelajari lebih dalam lagi dan diteliti sendiri, kira-kira tipe Golden yang mana yang disukai. Diharapkan kepada Bro & Sis yang sudah dan akan menghasilkan breeding agar menjauhi yang namanya pemalsuan surat.... Hal ini untuk menghindari kekecewaan kepada para pemain baru yang sudah mentargetkan hasil breedingan ke depannya tapi gara-gara ketidaktahuannya akan keaslian surat pedigree-nya, hasil breedingannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Breeding adalah Art tapi juga tidak terlepas dari kuasa-NYA. Kita memang bisa berencana tapi tetap keputusan akhir ada di tangan-NYA. Tepatlah seperti yang dikatakan rasul Paulus : "Bersukacitalah dalam Pengharapan, Bersabarlah dalam Kesesakan, dan Bertekunlah dalam Doa". Sungguh kalimat ini yang menjadi fondasi dari kennel saya dalam masalah breeding. Kita harus bersukacita dengan apa yang telah kita punya dan yang dipercayakan kepada kita (walaupun kita belum mempunyai anjing import maho).... Sekalipun perlu banyak pembenahan, kita harus bersabar untuk dapat menciptakan tipikal kennel kita sendiri sehingga kita tidak hanya asal breeding yang pada akhirnya menghasilkan kejenuhan dan kemunduran. Last but not least, Praying is the ULTIMATE WEAPON untuk menghasilkan anakan yang diberkati. Ok guys, have fun with your breeding plan.... Semoga membantu.

GBU all
47I - 01/10/2012 06:09 PM
#7
European/English Type & American Type Golden Retriever
Quote:
Original Posted By SuperDong]European or English Type & American Type Golden Retriever

Guys, yuk sharing dan diskusi sedikit mengenai English & American Type Golden Retriever. Pada dasar nya English Type mengambil standard dr Kennel Club dan FCI, sementara standard American Type mengacu pada Standarisasi dari American Kennel Club (AKC). Di Indonesia sendiri American Type lebih populer. Karena selain Kennel2 di Indonesia based darah Golden nya dari American Type, secara penampilan pun American Type Golden Retriever terlihat lebih glamour dengan bulu nya relatif lebih panjang. Satu lg, kebanyakan literature yg beredar di pasaran, rata2 Author & Publisher nya dr Amerika.

Pendapat umum (Fakta atau Mitos?) yg sering beredar di antara para Golden Lovers mengenai perbedaan 2 tipe ini antara lain:

- Warna: Golden Eropa warna nya lebih terang, dan Golden Amerika warna nya lebih gelap.

Yup warna Terang memang lebih populer di Eropa, sehingga warna terang di Golden sering disebut English Cream Golden retriever. Tapi bukan berarti semua Golden di Eropa berwarna terang atau semua Golden di Amerika berwarna gelap.

Golden di Eropa
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3
Spoiler for Info bout the Pic
This beautiful two year old Golden Retriever female has no any American blood in. This picture was taken in Europe. I have placed her here on purpose for those people who think European Golden can be only light. One could think that this one has everything what is needed and fashionable to make her American Champion. She has dense and thick coat, straight hair and thick paws and even her color is within AKC spec. The problem is she would be too small for AKC standard while perfectly within KC Standard. Maybe some of her offspring will be able to get this title especially since big Goldens seem to be a problem nowadays.



Golden di America
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3
Spoiler for Info ttg Golden di Foto
Salah 1 Golden Champion di Amerika yg berwarna Cream



Range Warna Golden Retriever, dr Cream sampai Merah Tembaga
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3



- Tulang: Golden Eropa tulang2 nya lebih kasar
Secara standard AKC berat standard anjing jantan 65-75 pounds

no weight specification at all[/I]. Dari sini bisa dijelaskan kenapa Golden di Eropa terlihat lebih Bulky dan berisi. Tapi bukan berarti Golden Eropa kegemukan, krn kegemukan bukan berdasarkan berat badan, tp persentase lemak di tubuh.



- Coat: Golden Amerika bulu nya lebih panjang dan relatif lebih lurus. Golden Eropa bulu nya tidak terlalu panjang, dan relatif lebih ikal.
Yup secara penampilan, memang Golden Amerika lebih Glamour dibandingkan Golden Eropa.

Golden Amerika
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Golden Eropa
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3



- Size: Golden Eropa size nya lebih besar atau tinggi.
Bigger: Yes
Taller: No
Karena menurut Standard AKC & KC:
AKC: Males 23-24 inches in height at withers; females 21½-22½ inches.
KC: Height at withers: dogs: 22-24 ins; bitches: 20-22 inches

Untuk Jantan, angka minimal AKC lebh tinggi 1 Inch, dan untuk anjing betina
angka Max teritinggi nya 1.5 Inches lebih tinggi dibandingkan std KC.

Foto untuk perbandingan US dan Euro Type
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3



- Muzzle: Muzzle Golden tipe Eropa lebih tebal, sementara Golden tipe Amerika lebih lancip.
Ga usah di jelasin banyak2 deh, langsung liat Gambar nya aja untuk lihat perbedaan nya...D

Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3



- Topline: Golden Eropa topline nya lebih lurus (level topline), sementara Amerika condong dgn yg sedikit sloping di bag belakang (sloping croup).

Tipe US
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Tipe Eropa
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3



- Eyes & Ears (Face): Perbedaan Golden Tipe Amerika dan Tipe Eropa jg bisa dilihat dari muka nya, krn memang secara standard AKC dan KC, ada sedikit perbedaan mengenai point2 ini.

Spoiler for Standard AKC & KC untuk Head, Eyes, n Ears
AKC: Head - Broad in skull, slightly arched laterally and longitudinally without prominence of frontal bones (forehead) or occipital bones. Stop well defined but not abrupt. Foreface deep and wide, nearly as long as skull. Muzzle straight in profile, blending smooth and strongly into skull; when viewed in profile or from above, slightly deeper and wider at stop than at tip. No heaviness in flews. Removal of whiskers is permitted but not preferred.

KC: Head and Skull - Balanced and well chiselled, skull broad without coarseness; well set on neck, muzzle powerful, wide and deep. Length of foreface approximately equals length from well defined stop to occiput.

AKC: Eyes friendly and intelligent in expression, medium large with dark, close-fitting rims, set well apart and reasonably deep in sockets. Color preferably dark brown; medium brown acceptable. Slant eyes and narrow, triangular eyes detract from correct expression and are to be faulted.

KC: Eyes - Dark brown, set well apart, dark rims.

AKC: Ears rather short with front edge attached well behind and just above the eye and falling close to cheek. When pulled forward, tip of ear should just cover the eye. Low, hound-like ear set to be faulted.

KC: Ears - Moderate size, set on approximate level with eyes.

AKC: Neck medium long, merging gradually into well laid back shoulders, giving sturdy, muscular appearance. No throatiness.

KC: Neck - Good length, clean and muscular.


AKC wants ears well behind and above level of eyes. KC wants them at the level of eyes. This causes two very different looks
Contoh dalam Gambar:

Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3


Diskusi nya cuma untuk sharing aja yah, bukan untuk men-judge Golden Tipe mana yg lebih baik. Buat gue pribadi, Tipe Eropa terlihat lebih Klasik, dan Tipe Amerika terlihat lebih Modern. Each of Them are Beautiful...
Cos when it comes to Type, its just a matter of taste...\)


References Adopted from:
http://www.brightongoldens.com/AboutGoldens.html
http://www.anjingkita.com/wmview.php?ArtID=240
http://en.wikipedia.org/wiki/Golden_Retriever
http://www.thekennelclub.org.uk/item/108
http://www.akc.org/breeds/golden_retriever/index.cfm
http://apromisepluskennels.com/21201/99064.html
Dan beberapa Literature & Artikel yg pernah gue baca baik dlm bentuk Copy atau dr Internet.




cheers
HansipGaul - 01/10/2012 06:09 PM
#8

Tolong Nih kepada rekan rekan...
saya baru pelihara golden umur 2 bulan lebih dikit...bagus dan gemuk hehhe
tapi tadi pagi saya liat di perutnya dekat daerah kemaluannya banyak bintik merah ......apakah anjing saya sakit? kalo iya bagaimana pengobatannya...thanks
apa benar itu gejala parvo yaa?
SuperDong - 01/10/2012 06:09 PM
#9
Elbow Dysplasia
Quote:
Original Posted By ukiphiez]melengkapi artikel2 golden yang sudah ada.... maho

Elbow Dysplasia (ED) merupakan penyakit keturunan - seperti halnya Hip Dysplasia (HD) , yang kebanyakan menyerang anjing trah sedang dan besar. Banyak kasus dijumpai pada trah Bernese Mountain Dog, Anjing Gembala Jerman, Rottweiler, Golden Retriever, dan Labrador Retriever. Trah-trah lain seperti Newfoundland, Saint Bernard, Mastiff, Springer Spaniel, AUstralian Shepherd, Chow-Chow, Shar-Pei, Shetland Sheepdog, dan beberapa trah Terrier. Biasanya, kedua sikut menderita ED namun terkadang hanya salah satunya.

Gejala

Anjing yang menderita ED memiliki langkah yang tidak normal. sempit dan mendayung. Posisi lengan dan kaki depan ketika berdiri terbuka dan tidak rapat. Anjing lebih suka duduk ataupun telungkup atau tidak suka bermain terlalu lama sehingga terkesan kalem bahkan malas. Anjing akan susah ketika bangun dari posisi duduk atau telungkup. Perandangan dan pembengkakan juga dapat terjadi apabila anjing dipaksakan berlatih.

Diagnosa

Diagnosa ED adalah dengan metode radiologi (ronsen). Tehnik yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengetahui struktur sikut yang tidak wajar. ED dapat diklasifikasikan dalam beberapa tahap, dari kesalahan struktur tulang hingga peradangan parah pada sendi siku (severe arthritic change). Secara klinis, Penderita ED memiliki tulang muda (cartilage) yang bermasalah pada sendi tulang lengan atas (humerus) dan tulang lengan bawah (ulna).

Pencegahan

Metode termudah untuk mencegah timbulnya ED adalah dengan tidak mengawinkan anjing yang menderita ED. Langkah berikutnya adalah dengan menjaga latihan agar anakan tidak dibebani latihan yang terlalu berat untuk usianya. Makanan dan nutrisi disarankan seimbang dan tidak berlebihan agar pertumbuhan sang anjing tetap normal.

Penanggulangan

ED tidak dapat disembuhkan secara sempurna, tetapi efeknya dapat dikurangi melalui tehnik terapi dan operasi. Tujuan dari terapi adalah untuk menjaga aktifitas dan performa anjing tanpa rasa sakit yang berlebihan dengan cara pengontrolan berat badan, latihan ringan, dan obat anti radang. Operasi - baik itu adalah operasi arthroscopi atau operasi biasa - sangat disarankan untuk memperbaiki struktur tulang yang salah agar dapat menghindari peradangan sendi di kemudian hari.

Referensi


[*]Ettinger, Stephen J.

Hazewinkel, H.A.W. (2003). “Elbow Dysplasia; Clinical Aspects and Screening Programs”. Proceedings of the 28th World Congress of the World Small Animal Veterinary Association. Retrieved on 2006-08-24.
[*]“Elbow Dysplasia”. The Merck Veterinary Manual (2006). Retrieved on 2007-02-04.
[*]Demko J, McLaughlin R (2005). “Developmental orthopedic disease”. Vet Clin North Am Small Anim Pract 35 (5): 35, v. doi:10.1016/j.cvsm.2005.05.002. PMID 16129135.
[*]Total Elbow Replacement, canine and feline (cat and dog) veterinary factsheets
[*]LaFond E, Breur G, Austin C (2002). “Breed susceptibility for developmental orthopedic diseases in dogs”.
[*]Elbow Dysplasia {ED}
http://duniagolden.com/?p=45.



Semoga bermanfaat beer:
sifuyono - 01/10/2012 06:09 PM
#10

Quote:
Original Posted By HansipGaul
Tolong Nih kepada rekan rekan...
saya baru pelihara golden umur 2 bulan lebih dikit...bagus dan gemuk hehhe
tapi tadi pagi saya liat di perutnya dekat daerah kemaluannya banyak bintik merah ......apakah anjing saya sakit? kalo iya bagaimana pengobatannya...thanks
apa benar itu gejala parvo yaa?


lah udah divaksin ato blom?
biasanya bintik merah karena lembab, ato bisa juga ga cocok ama makanannya
teruteru007 - 01/10/2012 06:09 PM
#11

wahh kegembok lagi ya thread yg lama....

tuh ramein lagi posting poto2 goldenku lagi

Austin
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3

Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3
HamstervilleGdk - 01/10/2012 06:10 PM
#12

reserved iloveindonesias
kalo butuh space2 berikut tinggal cekpms ane yaa D
mr.cuteman - 01/10/2012 06:11 PM
#13
Bagaimana Memilih Puppy Golden Retriever ?
Tips Membeli Golden Retriever


Quote:
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3


Teliti sebelum membeli .......
Bandingkan dulu , Jangan salah pilih , Jangan salah beli .Lebih baik jangan tergesa - gesa dalam menentukan pilihan.
Kenapa .... ? Karena bila salah dalam memilih / membeli Golden Retriever,
Anda akan sering kali di buat repot,menghabiskan biaya pengobatan dan berakhir dengan kekecewaan / kesedihan .

Banyak pengalaman pahit yang sering terjadi akibat kesalahan dalam membeli Golden Retriever.
Kejadian yang umum banyak dialami antara lain :


[*]Golden Retriever yang dibeli, setelah beberapa hari dirumah, Sakit sakitan , menghabiskan banyak biaya pengobatan bahkan sering kali biaya yang dikeluarkan lebih besar dari beli Anjingnya , kalau masih bisa tertolong, kita tidak terlalu kecewa , Tapi kenyataan yang sering terjadi, sudah ngrepotin, menghabiskan banyak biaya akhirnya Mati .

[*]Golden Retriever yang saat dibeli kelihatan bagus, lucu dan imut imut karena gendut , setelah beberapa bulan dipelihara mulai menampilkan kwalitas yang sebenarnya , tidak seperti yang diharapkan, semangkin lama semangkin jelek .

[*]Golden Retriever yang saat dibeli kelihatannya kondisinya sehat dan tidak bermasalah saat pupies, setelah beberapa bulan , ternyata Mengalami banyak Masalah , Ada yang bermasalah pada Kakinya ( X , HD / HIP ), Sakit Kulit , Kejang kejang / Epilepsi dan beberapa Penyakit Keturunan lainnya .




Mempertimbangkan hal hal seperti diatas dan untuk meminimalkan resiko kejadian yang tidak Kita inginkan,
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan bahan pertimbangan antara lain :


[*]Pastikan bahwa Anda membeli Golden Retriever dari Penjual yang bertanggung jawab , mendapat garansi sehat / tidak cacat serta mendapat bimbingan pemeliharaan / Perawatan . Usahakan minta jaminan tertulis bahwa Golden Retriever yang Anda beli , benar benar Sehat / Tidak Cacat

[*]Pastikan Golden Retriever yang Anda beli, bersertifikat dari keturunan yang jelas . Mengetahui Silsilah / garis keturunan sangat menentukan bagaimana jadinya Golden Retriever yang Anda beli . Untuk itu mengetahui Bapak / Induk sangat penting , karena Anak Anjing tidak akan menyimpang jauh dari Bapak & Induknya .


Golden Retriever berpredikat Champion secara alami sudah terseleksi oleh Para Pakar / Juri , Untuk itu Garis Darah Champion cukup menentukan bagaimana jadinya Golden Retriever yang Anda beli .

[*]Periksa Fasilitas dan lingkungan Anjing tersebut , tanpa Fasilitas bermain yang baik dan lingkungan yang bersih , anak Anjing tidak akan bertumbuh dengan baik & Sehat .

[*]Pastikan Golden Retriever yang Anda beli sudah mendapat Vaksinasi lengkap , paling tidak sudah divaksin Parvo, Distemper dan Para influensa .



Sekali Lagi , Ingat !!! .....
Teliti sebelum Membeli , Jangan hanya percaya Iklan dan Foto , Bandingkan dulu !

Jangan sampai Anjing yang Anda beli, sakit - sakitan, merepotkan dan menghabiskan biaya besar bahkan sampai Cacat atau Mati .

Semoga tulisan ini menjadi Berkat buat Penjual dan Pembeli . \)

sumber kisss
HamstervilleGdk - 01/10/2012 06:11 PM
#14

reserved 2 iloveindonesias
mr.cuteman - 01/10/2012 06:12 PM
#15

reserved sekali lagi kisss
HamstervilleGdk - 01/10/2012 06:12 PM
#16

reserved 3 iloveindonesias
mr.cuteman - 01/10/2012 06:13 PM
#17

agan caripipis mana nih malu:
biasanya muncul \(
HamstervilleGdk - 01/10/2012 06:13 PM
#18

reserved 4 iloveindonesias
Goldback - 01/10/2012 06:14 PM
#19

Quote:
Original Posted By Goldback
Berpikir untuk mengawinkan anjing anda?

Kepercayaan bahwa semua anjing harus dikimpoikan berakar begitu kuat dalam masyarakat kita, sampai-sampai muncul mitos bahwa anjing yang tidak dikimpoikan akan menjadi "gila". Apakah anda juga mempercayai mitos tersebut? Apakah anda berpikir untuk mengawinkan anjing anda? Kalau ya, cobalah untuk membaca beberapa paragraf di bawah ini

ALASAN-ALASAN UTAMA PEMILIK ANJING MEMUTUSKAN UNTUK MENGAWINKAN ANJINGNYA

[*]Saya ingin tahu anak-anak anjing saya seperti apa rupanya -- Tetapi anjing anda tidak ingin.
Apabila anjing anda betina, maka ia akan dipaksa merasakan repotnya dan sakitnya melahirkan hanya supaya anda bisa "melihat anak-anaknya". Lagipula, bisa saja anjing anda malah mati saat melahirkan. Atau bisa saja anak-anaknya yang mati. Kemungkinan-kemungkinan ini akan selalu ada dan harus anda perhitungkan. Siapkah anda menghadapi konsekuensi ini? Apakah anak-anak anjing yang lucu benar-benar setimpal dengan resiko ini?


[*]Anjing saya jantan. Kalau tidak dikimpoikan nanti dia menjadi "gila"
Apabila yang anda sebut "gila" adalah perilaku hiperaktif, itu karena pengaruh hormon dan bukan kejiwaan. Tidak ada yang salah dengan anjing anda. Malahan, breeding akan memperparah perilaku ini ditambah kemungkinan munculnya agresi terhadap sesama pejantan. Kalau tidak ingin anjing anda menjadi hiperaktif dan terus menerus berusaha kabur dari rumah agar bisa mencari anjing betina, sebaiknya disterilkan saja.


[*]Saya ingin punya anjing lagi, dan saya rasa breeding adalah cara mendapatkan anjing baru yang paling praktis dan murah
Apabila anjing anda betina, statement ini salah besar. Kalau anda benar-benar ingin anjing anda berikut anak-anaknya selamat anda pasti sering berkunjung ke dokter hewan. Entah untuk sekadar check-up atau karena ada sesuatu yang salah dalam proses kehamilan. Belum lagi nanti apabila anjing anda mulai mencari tempat melahirkan yang tepat. Dia bisa merusak sofa anda yang mahal karena instingnya mengatakan tempat itu tempat yang paling cocok untuk melahirkan. Apabila anjing anda jantan, mungkin dampaknya kurang terasa tetapi anda harus ingat bahwa breeding malah akan meningkatkan keinginan anjing anda untuk kimpoi lagi dan dia akan semakin sering kabur dari rumah untuk mencari betina atau untuk bertarung dengan pejantan lain. Dengan kondisi jalan raya pada zaman sekarang ini, rasanya tidak bertanggung jawab untuk melepas seekor anjing begitu saja di tengah jalan. Apa yang akan anda lakukan kalau anjing kesayangan anda tidak akan pernah pulang lagi?


[*]Saya ingin menjadi breeder supaya bisa mendapat untung
Breeding bukanlah bisnis yang menguntungkan. Total biaya yang anda keluarkan untuk memonitor kehamilan sang betina, membayar stud fee pejantannya, dan merawat 8+ ekor anak anjingnya tidak akan lebih murah dari jumlah yang anda terima saat anak-anak anjing itu siap pergi ke rumah baru mereka. Selain itu, anda harus ingat bahwa yang anda perdagangkan adalah makhluk hidup. Apabila anda ingin menekan pengeluaran dan memaksimalkan pemasukan, berarti anda harus mengorbankan kesehatan dan bahkan keselamatan anjing-anjing anda. Kalau anda sudah pernah mendengar istilah "back yard breeder" atau BYB, itulah istilah paling tepat untuk menggambarkan orang-orang yang membiakkan anjingnya demi uang semata. Kecuali anda menjadi breeder untuk meningkatkan kualitas trah dan memang aktif dalam dunia showing atau working, sebaiknya urungkan niat anda.


[*]Saya ingin anak-anak saya menyaksikan keajaiban kehidupan
Segalanya bisa terjadi dalam proses kelahiran. Bisa saja yang lahir adalah seekor anak anjing yang cacat. Atau bisa saja semua anak anjing yang lahir mati. Atau lebih parah lagi, malah betina-nya yang mati. Anak anda bisa saja malah menyaksikan keajaiban kematian. Apakah anda benar-benar bersedia bertaruh dengan segala kemungkinan ini?


[*]Anjing saya adalah keturunan champion dan bersurat lengkap. Sayang sekali jika anjing sebagus dia tidak dikimpoikan.
Dari bloodline manapun anjing anda berasal, kalau tidak pernah mendapat gelar apapun berarti dia tidak terbukti sebagai contoh yang baik dari trahnya. Surat stambum hanyalah sebuah surat yang membuktikan bahwa anjing anda dilahirkan dari sepasang orangtua yang stambum. Tidak membuktikan bahwa anjing anda adalah champion apapun. Seperti yang sudah saya nyatakan sebelumnya, trah anjing anda memiliki standard-nya tersendiri dan dengan memperbanyak jumlah spesimen yang tidak memenuhi standard berarti anda memperburuk kualitas trah anjing anda dan sekaligus menambah jumlah populasi hewan piaraan di dunia yang sudah membludak. Sebaiknya keputusan ini dipikirkan kembali.



Dan untuk menambah informasi yang belum sempat saya sampaikan di atas, saya cantumkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

UNTUK PEMILIK ANJING BETINA


[*]Siapkah anda berurusan dengan 5-8 ekor (atau lebih) anak anjing yang berisik itu apabila anjing anda tiba-tiba memutuskan untuk "menelantarkan" anak-anaknya? Kejadian ini tidak jarang, dan tentunya andalah satu-satunya orang yang tersisa untuk merawat anak-anak anjing itu apabila betina-nya tiba-tiba tidak mau merawat. Anak anjing yang masih sangat kecil tidak bisa minum susu sendiri, jadi harus diberi minum dari dot bayi setiap beberapa jam sekali termasuk saat tengah malam. Mereka juga tidak bisa buang air sendiri jadi anda harus memijat perutnya dengan pelan agar si anak anjing bisa buang air. Maukah anda berurusan dengan pekerjaan-pekerjaan merepotkan ini?


[*]Selama menjaga anak-anaknya yang masih kecil anjing kesayangan anda akan berubah protektif dan tidak akan segan-segan memperingatkan orang-orang yang mendekati anak-anaknya. Kalau anda terlalu lama memegang anak-anaknya, anjing anda bisa merasa tidak nyaman dan akhirnya menggigit anda. Siapkah dengan perubahan temperamen yang drastis ini?



UNTUK PEMILIK ANJING JANTAN

[*]Pernahkah mendengar tentang marking behavior? Perilaku mengencingi benda-benda vertikal untuk mengklaim teritori ini akan semakin sulit dihilangkan setelah anjing anda dikimpoikan. Setiap ada bau anjing betina yang sedang masa subur anjing anda akan menandai wilayahnya---yang tidak lain adalah tembok atau pintu rumah anda. Siapkah dengan tugas membersihkan rumah yang akan makin menumpuk?


[*]Anjing jantan yang terus menerus dikimpoikan tentu akan sering kabur dari rumah untuk mencari anjing betina. Apa yang akan anda lakukan kalau anjing anda kimpoi dengan anjing tetangga anda? Lebih parah lagi kalau anjing tetangga anda belum berusia dua tahun (struktur tulang belum cukup kuat untuk mengandung) dan berpotensi mengalami serangkaian penyakit setelah melahirkan. Anda bisa saja disuruh mengganti rugi dengan membiayai seluruh kebutuhan anjing tetangga anda berikut anak-anaknya. Kalau kejadian ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi anda dan tidak pernah dimintai ganti rugi oleh pemilik anjing betina, tidak berarti anda dibenarkan membiarkan anjing anda berjalan-jalan sendirian di jalan raya. Selain karena besarnya kemungkinan pencurian atau kecelakaan (ditabrak mobil), perilaku ini juga menunjukkan bahwa anda pemilik anjing yang kurang bertanggung jawab. Bagaimana kalau anjing anda merusak halaman orang atau bertengkar dan melukai anjing orang lain? Bagaimana kalau anjing anda memakan sampah yang bisa saja membahayakan dirinya? Sekarang ini sudah bukan lagi zamannya membiarkan anjing berburu sendiri mencari makanannya di sembarang tempat.



FAKTA-FAKTA TENTANG WORLD PET OVERPOPULATION

LEBIH JAUH MENGENAI STERILISASI 1

LEBIH JAUH MENGENAI STERILISASI 2


sekian yang hendak saya sampaikan kepada saudara sekalian hari ini. Akhir kata saya ingin menegaskan bahwa saya tidak mengatakan bahwa breeding itu buruk. Tanpa breeding, kita tidak akan punya hewan piaraan. Hanya saja saya kurang apresiatif dengan sikap masyarakat umum yang memperlakukan anjingnya seperti mesin uang atau bersikap seolah-olah breeding adalah permainan anak kecil. Tolong diingat bahwa anjing anda juga adalah makhluk hidup yang punya perasaan dan nyawa. Tidak adil memperlakukan anjing anda yang setia itu seperti aksesori fashion apa lagi barang koleksi. Saya harap artikel pendek yang saya tulis ini tidak menyinggung perasaan siapa pun, tetapi dengan segala hormat: kalau anda tidak setuju dengan statement bahwa breeding untuk profit semata adalah tidak manusiawi, anda seharusnya tidak memelihara hewan

EMBER
mr.cuteman - 01/10/2012 06:14 PM
#20

ini golden ane malu:

namanya BONA :cool

saat maen2 di BKT (Banjir Kanal Timur) malu:


Quote:
Spoiler for
Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3
Page 1 of 19 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > Golden Retriever Owners and Lovers - Part 3