Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > jika kita menyukai suatu lakon dalam cerita wayang,apakah ada sesuatu di balik itu?
Total Views: 755 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

Ara94 - 03/10/2012 01:42 AM
#1
jika kita menyukai suatu lakon dalam cerita wayang,apakah ada sesuatu di balik itu?
gan seperti judul q,jika kita menyukai suatu lakon dalam cerita wayang , apakah ada sesuatu di baliknya? (gak ngerti ?!)
aku juga D

entah mengapa gan aku berpikir seperti itu,aku menyukai salah satu lakon wayang dan menurut gue ada sesuatu yang membuat gue berfikir,ini lebih dari kebetulan

apa ini hanya pemikiran ku saja ya!

aku bukan orang jawa,tapi aku suka \) yang berbau kayak gitu(wayang maksudnya)

Awal suka salah satu lakon itu,pertamanya pernah denger dan gue suka,hanya denger saja bukan tentang ceritanya yang mendetail,tapi gue suka ga,dan lakon nya jadi salah satu video clip musisi indonesia dan buat gue makin suka,di fikiran gue tu wah keren,eh pas lagi toko buku dapet tentang cerita wayang khusu nyeritaiin tentang lakon tersebut,dan yang ini buat gue jadi beneran demen ama lakon tersebut?

Oh iya kok gue gak sebuti Siapa wayangnya ya! Hihi maaf common mistake
Saya ngomongi tentang Srikandi gan



Gak Ngarep cendol , gue bertanya bukan cerita , tapi kalo di kasih gak nolak
catetan sekali lagi TS ENGGAK MENGHARAP CENDOL
antasena_kekota - 03/10/2012 11:47 AM
#2

maksudnya suka sama tokoh wayang atau lakonnya, gan? kalo lakon yg melibatkan srikandi saya kira cuman sedikit. dan itu pun hanya muncul pas lakon mbangun taman maerakaca, bisma gugur dan karna gugur.
buhitoz - 03/10/2012 06:15 PM
#3

ha ha ha
pokoknya njelimet ajah
kalo neng srikandi mah
balaprabu - 04/10/2012 07:34 AM
#4

kalo suka biasanya karena kita mengimagekan diri kita sendiri sebagai tokoh wayang itu. karena itu maka kita tiba tiba sangat suka dengan tokoh wayang itu. pada awalnya kita akan merasa bahwa pembela kebenaran adalah jagoan yg akan kita bela, tp jika masuk lebih dalam ke dalam wayang. kita akan mengetahui bahwa di pihak antagonis pun, bahkan penjahatpun punya kisah kisah yg luar biasa. inilah uniknya wayang, jiwa kita akan mencari kesamaan dalam kisah kisah tersebut.
keboBudhug - 04/10/2012 09:55 AM
#5

Quote:
Original Posted By balaprabu
kalo suka biasanya karena kita mengimagekan diri kita sendiri sebagai tokoh wayang itu. karena itu maka kita tiba tiba sangat suka dengan tokoh wayang itu. pada awalnya kita akan merasa bahwa pembela kebenaran adalah jagoan yg akan kita bela, tp jika masuk lebih dalam ke dalam wayang. kita akan mengetahui bahwa di pihak antagonis pun, bahkan penjahatpun punya kisah kisah yg luar biasa. inilah uniknya wayang, jiwa kita akan mencari kesamaan dalam kisah kisah tersebut.


iya ini memang kekayaan dalam nilai2 perwayangn... seperti waktu saya kecil saya melihat karna hanyalah sesosok orang jahat yang memerangi pandawa... namun setelah bertambahnya umur saya semakin tertarik dengan sosok ini... dimana kebajikan ada dalam dirinya, dan semakin menyadari bahwa sang adipati adalah sosok penting dalam nilai filosofis wayang dimana kita kadang melihat sebuah tragedi yang mengharukan dalam kehidupan sebenarnya serta arti dan nilai pengorbanan... atau seperti semar yang ternyata merupakan tokoh penting yang dimana waktu kecil saya melihatnya sebagai tokoh2 lawakan saja
izroilblackarmy - 04/10/2012 12:58 PM
#6

Quote:
Original Posted By keboBudhug


iya ini memang kekayaan dalam nilai2 perwayangn... seperti waktu saya kecil saya melihat karna hanyalah sesosok orang jahat yang memerangi pandawa... namun setelah bertambahnya umur saya semakin tertarik dengan sosok ini... dimana kebajikan ada dalam dirinya, dan semakin menyadari bahwa sang adipati adalah sosok penting dalam nilai filosofis wayang dimana kita kadang melihat sebuah tragedi yang mengharukan dalam kehidupan sebenarnya serta arti dan nilai pengorbanan... atau seperti semar yang ternyata merupakan tokoh penting yang dimana waktu kecil saya melihatnya sebagai tokoh2 lawakan saja


bener gan.. Adipati Karno / Basu Karno, itu favorit banyak orang, termasuk dalang legendaris Narto Sabdo, Dalang Manteb Sudarsono, bahkan Presiden RI Pertama juga suka tokoh Karno ini.. \)
Digdadinaya - 04/10/2012 01:28 PM
#7

ada yang nyebut Adipati Karna ni kyknya....D

kalo menurut saya sih ada hubungan yang jelas..ketika saya suka ma Adipati Karna, karena memang ada beberapa lakon yang sama terhadap kehidupan saya..

seseorang sesepuh pernah bilang kalau setiap tokoh wayang ada didalam diri kita..tapi ada beberapa atau satu tokoh yang mendominasi diri kita.

kalo buat saya tokoh itu Karna.

kalo TS suka ma Srikandi...ngrasa ada sesuatu pas liat DP saya gak? p
chawpituta - 04/10/2012 05:22 PM
#8

ini trit ttg lakon wayang favorit?
kalo gw sukanya ama lakon kumbakarna, biarpun rahwana salah dia tetap membela alengka sampai akhir, karena emang itu tugasnya. kesetiaan seorang pejuang.
mirip dengan motto para special forces di dunia
The Highest Loyalty in The World, is Loyalty to your Mission
balaprabu - 04/10/2012 07:07 PM
#9

saya suka siapa ya?
semenjak saya aktif ngobrol dengan teman forbud mengenai wayang
saya malah suka semuanya...
bahkan sengkuni sekalipun, raja diraja licik hasut dan jahat
memiliki alasan manusiawi kenapa melakukan semuanya itu....
jadi ya, yg kita lihat kitab kehidupan gumelar dalam kehidupan wayang
keboBudhug - 05/10/2012 08:32 AM
#10

Quote:
Original Posted By chawpituta
ini trit ttg lakon wayang favorit?
kalo gw sukanya ama lakon kumbakarna, biarpun rahwana salah dia tetap membela alengka sampai akhir, karena emang itu tugasnya. kesetiaan seorang pejuang.
mirip dengan motto para special forces di dunia
The Highest Loyalty in The World, is Loyalty to your Mission


kumbakarna juga tokoh favorit ane gan D
dulusie sering diceritain sama kakak sayayang emang penggemar wayang... terus tambah kesengsem lagi sehabis baca bukunya sindhunata :anak bajang menggiring angin... dan gimanapun di mata saya kumbakarna adalah sosok ksatria yang memegang teguh jalannya walaupun dimata dewa dewa apa yang dilakukannya dengan tetap menjunjung tinggi perintah pemimpinnya adalah hal yang salah.... seperti apa yang agan bold...
keboBudhug - 05/10/2012 08:33 AM
#11

Quote:
Original Posted By balaprabu
saya suka siapa ya?
semenjak saya aktif ngobrol dengan teman forbud mengenai wayang
saya malah suka semuanya...
bahkan sengkuni sekalipun, raja diraja licik hasut dan jahat
memiliki alasan manusiawi kenapa melakukan semuanya itu....
jadi ya, yg kita lihat kitab kehidupan gumelar dalam kehidupan wayang


ane belum begitu banyak denger ato baca tentang sengkuni nih gan D boleh dong dibabar dikit disini... D
chawpituta - 05/10/2012 09:33 AM
#12

Quote:
Original Posted By keboBudhug
kumbakarna juga tokoh favorit ane gan D
dulusie sering diceritain sama kakak sayayang emang penggemar wayang... terus tambah kesengsem lagi sehabis baca bukunya sindhunata :anak bajang menggiring angin... dan gimanapun di mata saya kumbakarna adalah sosok ksatria yang memegang teguh jalannya walaupun dimata dewa dewa apa yang dilakukannya dengan tetap menjunjung tinggi perintah pemimpinnya adalah hal yang salah.... seperti apa yang agan bold...


sampai memuntahkan semua makanan yg dimakananya karena rahwana mengungkit-ungkit ttg balas budi, biar mengkritik rahwana dia tetap maju perang karena biarpun rahwana salah, apakah penduduk alengka yg tak tau apa2 salah juga thumbup:

buku bagus yg ngebahas ttg kumbakarna ada ga sih? atau ttg wayang?
gw mesti banyak baca buku ttg budaya/sejarah indonesia nih D
antasena_kekota - 05/10/2012 12:08 PM
#13

Quote:
Original Posted By keboBudhug
iya ini memang kekayaan dalam nilai2 perwayangn... seperti waktu saya kecil saya melihat karna hanyalah sesosok orang jahat yang memerangi pandawa... namun setelah bertambahnya umur saya semakin tertarik dengan sosok ini... dimana kebajikan ada dalam dirinya, dan semakin menyadari bahwa sang adipati adalah sosok penting dalam nilai filosofis wayang dimana kita kadang melihat sebuah tragedi yang mengharukan dalam kehidupan sebenarnya serta arti dan nilai pengorbanan... atau seperti semar yang ternyata merupakan tokoh penting yang dimana waktu kecil saya melihatnya sebagai tokoh2 lawakan saja


betul, gan. bahkan setelah mengenal tokoh wayang lebih jauh, saya jadi lebih respek kepada rahwana dibandingkan rama. bahkan saya lebih suka tokoh karna dibandingkan janaka.


Quote:
Original Posted By izroilblackarmy
bener gan.. Adipati Karno / Basu Karno, itu favorit banyak orang, termasuk dalang legendaris Narto Sabdo, Dalang Manteb Sudarsono, bahkan Presiden RI Pertama juga suka tokoh Karno ini.. \)


suryatmaja tokoh paporit seseorang di bawah saya. pokoknya kalo lagi nonton wayang trus ada adegan karna kalah perang, mbah digda langsung pulangPeace:ngakaks

V
V
V
V
V
V
V

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
ada yang nyebut Adipati Karna ni kyknya....D

kalo menurut saya sih ada hubungan yang jelas..ketika saya suka ma Adipati Karna, karena memang ada beberapa lakon yang sama terhadap kehidupan saya..

seseorang sesepuh pernah bilang kalau setiap tokoh wayang ada didalam diri kita..tapi ada beberapa atau satu tokoh yang mendominasi diri kita.

kalo buat saya tokoh itu Karna.

kalo TS suka ma Srikandi...ngrasa ada sesuatu pas liat DP saya gak? p

===================================================================================================== ================================================

Quote:
Original Posted By balaprabu
saya suka siapa ya?
semenjak saya aktif ngobrol dengan teman forbud mengenai wayang
saya malah suka semuanya...
bahkan sengkuni sekalipun, raja diraja licik hasut dan jahat
memiliki alasan manusiawi kenapa melakukan semuanya itu....
jadi ya, yg kita lihat kitab kehidupan gumelar dalam kehidupan wayang


kalo favorit saya sih bagong, terutama bagong-nya KHSD KHS tidak ada tandingannya dlm membawakan tokoh Gong BAthumbup:


Quote:
Original Posted By keboBudhug
ane belum begitu banyak denger ato baca tentang sengkuni nih gan D boleh dong dibabar dikit disini... D


sengkuni kan tokoh yg tidak sakti secara kanuragan tapi bisa membuat duryudana sang maharaja astina patuh/mendengarkan perkataannya. kesaktian sengkuni : punya cis milik batara baruna, trus blangkon yg bisa membuat hujan batu (entah dulunya punya siapa) & badan yg kena minyak tala sehingga gak bisa lecet. itu pun baru keliatan saktinya pas lawan werkudara pas hari-hari terakhit baratayudha.


Quote:
Original Posted By chawpituta
sampai memuntahkan semua makanan yg dimakananya karena rahwana mengungkit-ungkit ttg balas budi, biar mengkritik rahwana dia tetap maju perang karena biarpun rahwana salah, apakah penduduk alengka yg tak tau apa2 salah juga thumbup:

buku bagus yg ngebahas ttg kumbakarna ada ga sih? atau ttg wayang?
gw mesti banyak baca buku ttg budaya/sejarah indonesia nih D


kumbakarna makan 1000 ayam panggang + 1000 wakul (wadah dari anyman bambu) nasi pake aji gua menga ya, ganD trus dimuntahkan utuhberbusa:

tokoh yg biasa dibandingkan dengan kumbakarna yaitu karna dan sumantri.
balaprabu - 05/10/2012 05:21 PM
#14

Quote:
Original Posted By keboBudhug
ane belum begitu banyak denger ato baca tentang sengkuni nih gan D boleh dong dibabar dikit disini... D


sengkuni itu cuma patih tp dia bisa menggerakan bharatayudha yg isinya raja raja dan berhadapan serta adu taktik dengan kresna, raja yg sekaligus dewa penguasa jagad hehehee....
Digdadinaya - 06/10/2012 01:38 PM
#15

Quote:
Original Posted By antasena_kekota

suryatmaja tokoh paporit seseorang di bawah saya. pokoknya kalo lagi nonton wayang trus ada adegan karna kalah perang, mbah digda langsung pulangPeace:ngakaks


langsung pulang??gak lah..
yang benr gak pernah mau nonton kalo adegannya ada Karna kalah tanding ngakaks

cuma ninta diceritain doank ma yang nonton...

Quote:
Original Posted By balaprabu
sengkuni itu cuma patih tp dia bisa menggerakan bharatayudha yg isinya raja raja dan berhadapan serta adu taktik dengan kresna, raja yg sekaligus dewa penguasa jagad hehehee....


iya dhe...mantab..bisa mengadu domba bangsa Barata.
antasena_kekota - 06/10/2012 08:59 PM
#16

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
langsung pulang??gak lah..
yang benr gak pernah mau nonton kalo adegannya ada Karna kalah tanding ngakaks

cuma ninta diceritain doank ma yang nonton...


kalo lakon karna tandhing dah meriang duluan ya, mbahngakak
Digdadinaya - 06/10/2012 10:46 PM
#17

Quote:
Original Posted By antasena_kekota
kalo lakon karna tandhing dah meriang duluan ya, mbahngakak


iya...gak tega ngeliat adegan waktu dalang nyepit pasopati di keteknya wayang Adipati Karna \(
keboBudhug - 08/10/2012 09:04 AM
#18

Quote:
Original Posted By antasena_kekota
betul, gan. bahkan setelah mengenal tokoh wayang lebih jauh, saya jadi lebih respek kepada rahwana dibandingkan rama. bahkan saya lebih suka tokoh karna dibandingkan janaka.






iya gan mengenai rama memang kadang sedikit menyentil hati ane D
bagaimana seorang yang diagung2kan kebajikannya sebagai titisan wisnu bisa mengorbankan begitu banyak nyawa dan pasukan jika pada akhirnya sebuah pertanyaan terakhir yang muncul dibenaknya adalah keperawanan shinta saja.

ketika kumbakarna berperang melawan pasukan rama... justru disini kadang ane ngelihatnya sebagai sesuatu yang miris. rama berperang demi sebuah tujuan yang ane pikir sepele sedangkan kumbakarna maju ke medan perang setelah sebelumnya berpamit mati kepada pamannya demi jalan ks\esatria yang ia jalani. namun pada akhirnya rama harus menang dan kumbakarna harus gugur, karena apa? karena rama adalah simbol kebenran? dimana kebenaran pada akhirnya harus tampil sebagai pihak yang menang...
topijerami08 - 08/10/2012 09:44 AM
#19

mungkin jadi suka karena sama gendernya
atau jadi suka karena setuju dengan sifatnya atau tingkah lakunya



daharaprize.com
balaprabu - 08/10/2012 07:52 PM
#20

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
langsung pulang??gak lah..
yang benr gak pernah mau nonton kalo adegannya ada Karna kalah tanding ngakaks

cuma ninta diceritain doank ma yang nonton...



iya dhe...mantab..bisa mengadu domba bangsa Barata.


itulah hebatnya seng-kuni
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > jika kita menyukai suatu lakon dalam cerita wayang,apakah ada sesuatu di balik itu?