BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > (Setujukah agan ) Bahasa Inggris SD Terancam Dihapus
Total Views: 32845 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 63 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

EkstraPedaz. - 11/10/2012 10:34 AM
#41

Quote:
Original Posted By Pahlawan31
kebijakan yang sembroono banget menurut ane, harusnya di SD harus sudah diajarkan lima bahasa : bahasa Indonesia, Bhs Inggris, bahasa daerah, bahasa jepun ama mandarin


waw banyak banget.. ini mah nyiksa om.. D
bahasa daerah mah otomatis sesuai lingkungan pergaulan, jadi kg usah diajarkan di sekolah pun gpp..
bahasa Inggris okelah, toh SD masih belajar grammar yg dasar-dasar..
bahasa Indonesia wajib..
kalau Jepang sama Mandarin mah mending optional, lagian banyakan nyari les sendiri di luar kalau memang mau belajar 2 bahasa ini (ada juga yg diajarin di sekolah tp salah 1 doang, optional mau pilih yg mana)..
autoband - 11/10/2012 10:40 AM
#42

Ane orang bimbel gan, jd bayangin klo IPA/IPS dilebur, trs English dihapus; jd bimbel isinya cuma main2 doank sm siswa ngakak

Makin kacau aja kebijakannya, goblok! ngakak
andrzkaskus - 11/10/2012 10:41 AM
#43

Quote:
Original Posted By EkstraPedaz.
waw banyak banget.. ini mah nyiksa om.. D
bahasa daerah mah otomatis sesuai lingkungan pergaulan, jadi kg usah diajarkan di sekolah pun gpp..
bahasa Inggris okelah, toh SD masih belajar grammar yg dasar-dasar..
bahasa Indonesia wajib..
kalau Jepang sama Mandarin mah mending optional, lagian banyakan nyari les sendiri di luar kalau memang mau belajar 2 bahasa ini (ada juga yg diajarin di sekolah tp salah 1 doang, optional mau pilih yg mana)..


betul gan. inggris mah emang perlu laahh, tp mandarin dan jepang mah nomer sekian kali. lagian kalo kebanyakan gitu, anak kecil suka ketuker tuker tuh. kecampur campur bahasanya.
socceripoy - 11/10/2012 10:42 AM
#44

Rakyat Indonesia persentase yg cas cis cus Inggrisnya lancarnya lebih kecil drpada negara tetangga loh... ini mau dikurangi lagi.. =.= .

Pantes aja sodara ipar gw yg bule terkaget2 klo nemu anak muda Indonesia yg nyambung diajak ngomong Inggris.


*pengalaman pribadi : diantara 10 org tmn gw yg ke liburan ke LN, cuma 2-3 org yg berani dan bisa ngomong Inggris secara lisan ( padahal byk yg lulusan S1, minimal SMA)
bretpitt - 11/10/2012 10:43 AM
#45

bahasa inggris yang dasar aja, jangan yang terlalu berat, kasian masih SD kan masih anak anak
albarkas - 11/10/2012 10:56 AM
#46

Waduh,, kalo pelajaran bahasa inggris di tingkatan SD dihapus bukannya itu menjadi sebuah kemunduran,,, karena sekarang rata-rata teknologi informasi menggunakan bahasa inggris,, klao menurut saya meskipun bahasa inggris diajarkan sejak dini (tingkat SD) anak2 akan tidak akan lupa dengan bahasa ibu koq, baik bahasa indonesia maupun bahasa daerah
crazy frog - 11/10/2012 11:01 AM
#47

walah, gmana sih masa mau dihapus... bahasa itu kan penting bgt gmana mau maju
muliaraja - 11/10/2012 11:02 AM
#48

kayanya banyak kaskusers yang ga baca lengkap yah

saya sangat setuju jika bahasa inggris dihapus dari mata pelajaran sd kelas 1-2 dan dimulai pengenalan di kelas 3. kayak di sekolahan sd ane dulu. kasihan anak anak itu terlalu banyak beban pelajaran padahal itu masih saat mereka untuk bermain dan belajar bersosialisasi
[Ice Man] - 11/10/2012 11:11 AM
#49

pas gw SD juga ga ada pelajaran english. ngakaks

jadi ya belajar sendiri via game.. hammer:

sebaiknya jangan dihilangkan tapi diganti aja metodenya supaya menyenangkan. D
Menza - 11/10/2012 11:15 AM
#50

Menurut ane sih justru bahasa yang harus dibiasakan sejak dini. Bahasanya ya, ngomongnya, konversasi, bukan membacanya, bukan tata bahasanya.

Anak2 sekarang, balita pun udah diajarin menulis, membaca, menghitung. Apa gak ngawur namanya? Padahal seharusnya calistung baru diajarkan setelah anak masuk SD. Kenapa bukan itu yang dihilangkan dulu?
mojrot - 11/10/2012 11:29 AM
#51

wah stupid ni yg ngadain kebijkannya..

gw aja dan banyak temen2 lain yg sebaya pada nyesel ga bisa bahasa inggris dengan lancar. Akhirnya sekarang walau udah kuliah gini kita masih ribet cari les bhs inggris. Masih takut sama tes toefl juga. Padahal gw pertama kali dapet pelajaran bhs inggris di sekolah itu kelas 6. Berarti artinya? Umur segitu udah termasuk telat di ajarin bhs inggris.

Gw sering mikir andai dapet pelajaran bhs inggris sejak TK, pastinya akan lain kemampuan bhs inggrisnya sekarang, karena skrg bhs inggris itu perlu bgt dimana2. Internet sebagian besar make bhs inggris, mau ikut beasiswa LN, nonton film barat yg sub nya inggris, denger lagu barat, dan banyak lagi kebutuhannya di masa depan. Belajar bhs ing sejak dini juga ga mungkin bikin lupa sama bahasa ibu karena bhs indo tetep aja pemakaiannya lebih sering di kehidupan sehari2 sedangkan bhs inggris cuma di pelajaran itu aja misalkan. Contoh tu Filipina.. mereka bisa bahasa Tagalog & juga inggris.

So pemerintah.. mikir2 dulu dah kalo buat kebijakan. Justru yg kayak gini yg butuh di study banding in.. nohope: belajar dari negara2 yg bisa 2 bahasa
gestce - 11/10/2012 11:33 AM
#52
terpuruk
semakin terpuruk pendidikan di indo...kata haram udh di mulut capedes
admińistrator - 11/10/2012 11:37 AM
#53

wah ane ngga setuju

ane sekolah SD dulu ngga di ajarin bahasa inggris makanya sekarang ane ngga bisa nig D
singaporesling - 11/10/2012 11:37 AM
#54

wah ga setuju gan..
bahasa inggris itu penting menurut ane
M3PoWeR - 11/10/2012 11:40 AM
#55

jangan sampai buruk muka cermin dibelah, ketidakmampuan sumber daya dalam mengajar anak sd1-3 bahasa inggris sehingga nilainya tidak memuaskan jangan jadi alasan untuk menghapuskan dari kurikulum,...
Raphz - 11/10/2012 11:44 AM
#56

hapus aja, emang bener sekarang liat anak kecil bisa bahasa inggris tp bahasa indonya ancur berantakan, bisa bahasa inggris ga berarti pinter tong

ane ja sd baru kelas 6 dapet pelajaran inggris, tetep aja bisa bahasa inggris samapai sekarang D
thefly14 - 11/10/2012 11:48 AM
#57

SETUJU BANGET....iloveindonesias
lebih baik pelajaran bahasa inggris diajarkan ketika menginjak usia SMP atau kelas 7 - 9...kurikulum jaman gwa dulu sudah cocok, anak SMP baru belajar bahasa inggris, justru umur tingkat TK & SD, lebih baik belajar dulu BAHASA IBU yaitu bahasa Indonesia, baik untuk perkembangan psikologi anak, coba tanya deh pakar pendidikan & psikolog anak....meski gwa baru belajar basa Inggris waktu SMP, gak masalah tuh dgn kemampuan basa Inggris gwa, apalagi sekarang banyak klien gwa orang asing, gak masalah tuch...iloveindonesias
ran.sato - 11/10/2012 11:54 AM
#58

bahasa Inggris di hapus di SD, kalau nanti pakai komputer harus les bahasa Inggris lagi D
paling mantap kalau anaknya suka nyoba" dan pilihan option HDD yang dipilih format (dianggap hormat) ngakaks

(Setujukah agan ) Bahasa Inggris SD Terancam Dihapus
kitmoders - 11/10/2012 11:59 AM
#59

sayang dong kalau dihapus

ponakan ane yg masih TK aja dah bisa basicnya linggis

baru bisa ngomong one, two, three, dll sih

nama buah juga bisa loh D
dycy - 11/10/2012 12:04 PM
#60

kenapa harus dihapus?? yang bener system sekarang bener2 ngejar yang namanya nilai
bukan kreatifitas, yang ada mental pegawai deh smua
Page 3 of 63 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > (Setujukah agan ) Bahasa Inggris SD Terancam Dihapus