Berita Luar Negeri
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa
Total Views: 665 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

bebek.goreng - 12/10/2012 07:54 PM
#1
Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa

Selamat Datang di Sub Forum Berita Politik Luar Negeri
Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa
mohon perhatikan aturan yang berlaku, no SARA - no JUNK post




Uni Eropa dianggap organisasi pencipta damai di benua biru.

Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa



VIVAnews - Uni Eropa (UE) mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian dalam peran mereka menyatukan benua biru tersebut. Penghargaan yang disebut-sebut akan mendongkrak moral Eropa di tengah krisis ini menuai protes, terutama dari para politisi di tuan rumah penghargaan Nobel, Norwegia.

Diberitakan Reuters, pengumuman pemenang Nobel ini disampaikan di Oslo, Norwegia, pada Jumat 12 Oktober 2012. Menurut ketua komite Nobel Thorbjoern Jagland, UE berhasil mengubah Eropa dari benua perang menjadi benua damai.

"Ini adalah pesan bagi Eropa untuk melakukan upaya dalam mempertahankan apa yang telah mereka raih dan terus maju," kata Jagland, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Eropa.

Dia memuji 27 negara anggota UE yang berhasil membangun kembali usai Perang Dunia II dan menciptakan stabilitas setelah runtuhnya tembok Berlin pada 1989. Hadiah Nobel sebesar US$1,2 juta (Rp11,5 miliar) akan diserahkan di Oslo pada 10 Desember mendatang.

Sebanyak lima anggota anggota panel juri Nobel yang dipimpin Jagland mengunggulkan UE dibandingkan 231 kandidat lainnya. Nominasi terdiri dari 43 organisasi dan sisanya individu.

Pejabat tinggi Uni Eropa Herman Van Rompuy menyambut gembira penghargaan ini. Dia mengatakan, Nobel untuk UE adalah bentuk pengakuan pada peran organisasi ini dalah sejarah perdamaian dunia.

"Kami bangga upaya UE dalam menjaga perdamaian di Eropa diberi penghargaan. Eropa telah melalui dua perang saudara di abad ke 20 dan tercipta perdamaian berkat Uni Eropa. Jadi, UE adalah pencipta damai terbesar dalam sejarah," kata Rompuy.

Protes Politisi Norwegia

Namun, suara protes berdatangan, terutama dari para politisi Norwegia yang sebelumnya berhasil mencegah negara tersebut bergabung dalam Uni Eropa. Mereka mengatakan, penghargaan itu tidak masuk akal.

Heming Olaussen, pemimpin organisasi anti UE di Norwegia menjelaskan bahwa UE malah justru merusak kedaulatan negara lain. "Di Amerika Latin dan bagian lain dari bumi pasti berpandangan berbeda. UE adalah blok dagang yang membuat banyak negara tetap miskin," kata Olaussen.

Norwegia telah dua kali menolak menjadi anggota UE dalam referendum tahun 1972 dan 1994. Negara ini tetap makmur dan terlepas dari krisis, berkat cadangan minyak dan gas yang berlimpah.

Penghargaan Nobel Perdamaian telah diberikan 93 kali sejak tahun 1901 kepada 99 individu dan 24 organisasi.


========

watdehel? bingungs






[IMG][/IMG]
Alhamdulillah, ini HT ane yang ke-19x malu:

calon HT lainnya





update berita-berita terbaru dari dalam dan luar negeri silakan follow akun twitter BP/LN \) >---- Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa
bebek.goreng - 12/10/2012 07:55 PM
#2

menurut lo siapa yang seharusnya menang nobel perdamaian? eek:
goed.adit - 12/10/2012 07:57 PM
#3

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
Uni Eropa dianggap organisasi pencipta damai di benua biru.

Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa========

watdehel? bingungs


Jangan kaget...

Obama setelah dapat nobel perdamaian malah melakukan targeted killing alias assasination ke banyak orang.

Memang bukan perang D
backlist - 12/10/2012 07:58 PM
#4

semoga aja memang bener uni eropa bs membawa perdamaian dunia capedes
widya poetra - 12/10/2012 07:58 PM
#5

Ybhi:

Nyang boneng aja masak UE hammer:

Gak sekalian UN capedes
kanataqueen - 12/10/2012 08:01 PM
#6

harusnya jokowi yang menang iloveindonesias
ehshutup:
bebek.goreng - 12/10/2012 08:01 PM
#7

Quote:
Original Posted By widya poetra
Ybhi:

Nyang boneng aja masak UE hammer:

Gak sekalian UN capedes


mending asean kemana-mana dah...







hammer:







Quote:
Original Posted By kanataqueen
harusnya jokowi yang menang iloveindonesias
ehshutup:


jokowi menang malah lebih masuk di akal daripada UE





malu:
goed.adit - 12/10/2012 08:06 PM
#8

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
mending asean kemana-mana dah...

hammer:


Kalu ngomong soal ASEAN...

Dulu Indonesia berhasil bikin Kamboja sedikit tentram pasca ribut Khmer Merah, dan bisa bikin Vietnam bersedia mundur dari Kamboja.

Gak dapet nobel jugak nigh Ali Alatas?
widya poetra - 12/10/2012 08:10 PM
#9

Ybhi:

Harusnya SBY yang dapet, beer:


kenapa?
karena pidatonya sangat membuat damai sampai2 anak-anak bisa pada tidur,
coba bayangin anak-anak dikumpulin pasti bakal ribut, nah ini SBY bisa membuat mereka pada tidur. Artinya SBY sangat mendamaikan.
pakmomon - 13/10/2012 01:08 AM
#10

mungkin ada tujuan lain kali dr pemberian tu penghargaaan.
klo nggak mungkin setorannya lebih gede kali ke dewan jurinya.
bebek.goreng - 14/10/2012 01:11 PM
#11

Quote:
Original Posted By widya poetra
Ybhi:

Harusnya SBY yang dapet, beer:


kenapa?
karena pidatonya sangat membuat damai sampai2 anak-anak bisa pada tidur,
coba bayangin anak-anak dikumpulin pasti bakal ribut, nah ini SBY bisa membuat mereka pada tidur. Artinya SBY sangat mendamaikan.


masuk akal shakehand



Quote:
Original Posted By pakmomon
mungkin ada tujuan lain kali dr pemberian tu penghargaaan.
klo nggak mungkin setorannya lebih gede kali ke dewan jurinya.


setoran pake apa?
lha wong UE udah mau bangkrut, dan hadiahnya juga cuma 1,4jt dolar :ngupil:
pencinta.babi - 14/10/2012 01:14 PM
#12

biasanya onta-onta pada sirik kalau kelompok yang dibencinya mendapat penghargaan seperti ini.
Earth.Index - 14/10/2012 01:27 PM
#13

Eropa itu sebenarnya benua penuh peperangan. Klimaksnya ya perang dunia I dan II. 2 perang terbesar dunia hanya selisih 20 tahun.

Layakkah Uni Eropa dapat Nobel? Mungkin, dgn asumsi keberadaan UE membuat interdepedensi (ekonomi terutama) di Eropa sgt kuat shg perang tdk mungkin terjadi. Contoh, Kita tidak mungkin perang dgn Malaysia secara kita banyak hubungan ekonomi. Lebih mungkin kita perang dengan Papua Nugini, krn itung2an diatas kertas, ruginya sedikit.

Si Nobel ini memang multilateralist
Earth.Index - 14/10/2012 01:35 PM
#14

Kasarannya, yang mempersatukan / mendamaikan dunia adalah kesamaan kepentingan ekonomi dan kerjasamanya yang sederajat

Bukan kesamaan ras
Bukan kesamaan agama
Bukan kesamaan ideologi (politik)

Tapi uang
wahyubison - 14/10/2012 01:42 PM
#15

Quote:
Original Posted By widya poetra
Ybhi:

Harusnya SBY yang dapet, beer:


kenapa?
karena pidatonya sangat membuat damai sampai2 anak-anak bisa pada tidur,
coba bayangin anak-anak dikumpulin pasti bakal ribut, nah ini SBY bisa membuat mereka pada tidur. Artinya SBY sangat mendamaikan.


setuju bos
emang kebo Si-Bu-Ya pantes dapat nobel perdamaian
karena bisa bikin orang tidur
jokerboy4 - 14/10/2012 02:17 PM
#16

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
menurut lo siapa yang seharusnya menang nobel perdamaian? eek:


NEGARA BRUNEI DARUSSALAM

cek reputasi perang Brunei, dan cek keadaan rakyak Brunei..
cek tingkah laku pemimpin Brunei, cek kebijakan2 Pemerintah Brunei
cek hubungan LN Brunei Darussalam
Earth.Index - 14/10/2012 03:32 PM
#17

Quote:
Original Posted By GloryOfJew
kok lu ngomong peristiwa berpuluh tahun yg lalu sihh capedes


karena history usually repeat itself.

Kita mungkin biasa saja atau heran kenapa Uni Eropa dapat Nobel saat ini karena kita melihat dari perspektif kontemporer. Para panitia Nobel tidak. Dia menekankan konstruksi Uni Eropa yang memang dimaksudkan untuk mengalihkan sentimen nasionalisme (yg acapkali jd penyebab perang) menjadi regionalisme via instrumen ekonomi

Uni Eropa sukses merangkul Eropa menjadi satu entitas via bidang ekonomi pasca kejatuhan komunisme yang seharusnya akan banyak menimbulkan konflik di Benua Eropa. Untungnya tidak banyak konflik kecuali Perang Balkan. Bayangkan jika paska keruntuhan soviet, negara2 eropa barat bergerak sendiri2 di Eropa mengejar kepentingannya, pasti ribut. Tapi karena dibawah bendera regional yaitu uni Eropa, beda cerita.

ya tentu Uni Eropa ada jeleknya juga.

Penyakit menular ekonomi liberal.

Krisis Finansial.
jokerboy4 - 14/10/2012 06:36 PM
#18

Quote:
Original Posted By Earth.Index
karena history usually repeat itself.

Kita mungkin biasa saja atau heran kenapa Uni Eropa dapat Nobel saat ini karena kita melihat dari perspektif kontemporer. Para panitia Nobel tidak. Dia menekankan konstruksi Uni Eropa yang memang dimaksudkan untuk mengalihkan sentimen nasionalisme (yg acapkali jd penyebab perang) menjadi regionalisme via instrumen ekonomi

Uni Eropa sukses merangkul Eropa menjadi satu entitas via bidang ekonomi pasca kejatuhan komunisme yang seharusnya akan banyak menimbulkan konflik di Benua Eropa. Untungnya tidak banyak konflik kecuali Perang Balkan. Bayangkan jika paska keruntuhan soviet, negara2 eropa barat bergerak sendiri2 di Eropa mengejar kepentingannya, pasti ribut. Tapi karena dibawah bendera regional yaitu uni Eropa, beda cerita.

ya tentu Uni Eropa ada jeleknya juga.

Penyakit menular ekonomi liberal.

Krisis Finansial.


halaaahh.. percuma lo jelasin begitu ke dia ..
mana ngerti..?
mana ngerti dia sama bahasa orang eksekutif ...??
wong memanage klonengan aje gak becus...
akhirnya jadi monolog nyata.. ngakak
bebek.goreng - 15/10/2012 01:36 PM
#19

Quote:
Original Posted By jokerboy4
NEGARA BRUNEI DARUSSALAM

cek reputasi perang Brunei, dan cek keadaan rakyak Brunei..
cek tingkah laku pemimpin Brunei, cek kebijakan2 Pemerintah Brunei
cek hubungan LN Brunei Darussalam


negaranya? bukan sang sultan? bingungs:
alex.punk - 16/10/2012 09:39 AM
#20

seharusnya yang dapet Taliban, Hizbullah dan Ahmadinejad tuh. mereka kan pembawa syiar kedamaian capedes
ini pasti konspirasi zionis ngakak
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Penghargaan Nobel Perdamaian Jatuh Pada Uni Eropa