Manado
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Manado > All About Opo Apo Mystic Kawanua
Total Views: 1064 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

FR2.Chapter.MDO - 16/10/2012 09:23 PM
#21

Quote:
Original Posted By fanglisinaulan
Nda dapa pertamax qta, padahal trid sticky ini boy,
tape tamang banyak bapake2 eh o tuhil


trit bagini masa mo jarum cd
fanglisinaulan - 17/10/2012 07:44 AM
#22

Quote:
Original Posted By FR2.Chapter.MDO
trit bagini masa mo jarum cd


sapa tau katu noh om ray D
jennyjeal - 17/10/2012 11:34 AM
#23

All About Opo Apo Mystic Kawanua


Opo-opo’ yang kini pengertiannya telah melenceng jauh dari arti yang sebenarnya, kini istilah opo-opo dianggap oleh sebagian besar generasi sekarang sebagai suatu perlakuan kerja sama antara roh-roh jahat dengan setan dari naraka.

Nenek moyang kita meskipun hidup dizaman batu, yang belum tersentuh ajaran agama atau budaya dari luar, tetapi sebagai machluk ciptaan Tuhan, seperti kita keturunannya juga telah dikaruniakan naluri dan kemampuan berpikir, kalau tidak, mana mungkin me-reka sanggup exist hidup dan berkembang hingga turun-temurun sampai abad 21 ini.



All About Opo Apo Mystic Kawanua All About Opo Apo Mystic Kawanua



Para leluhur kita itu yakin bahwa manusia di bumi ini ada yang membuatnya dan me-reka tahu pula bahwa manusia terdiri dari tubuh fana dan roh yang tidak dapat mati, yang belum dipahaminya yaitu ajaran agama tentang adanya surga, naraka dan dosa, sehingga para leluhur kita berkeyakinan, roh orang mati akan tetap bergentayangan didunia. Yang pada masa hidupnya berperilaku baik menjadi roh atau opo yang baik, yang jahat akan tetap jahat. Pemahamannya bahwa ‘Opo Empung Wangko’ yang merajai semua Roh dan Opo telah menciptakan Opo baik dan Opo jahat dan para keturunan Toar-Lumimuut dapat memilih sesuai nurani mau jadi pengikut yang mana.


All About Opo Apo Mystic Kawanua



Seorang Tonaas dengan kemampuan mistiknya dapat berkomunikasi dengan opo-opo tersebut, ia sanggup memanggil roh opo masuk merasuk pada seorang ‘Pakampetan’ semua yang hadir melalui Pakampetan dapat berkomunikasi dengan Opo-Opo, yang biasanya mula-mula memperkenalkan diri. Maka dari dialog tersebut kami dapat mengenal akan beberapa opo yang sakti(supra-natural), antara lain ‘Opo Siou Kurur’ karena badannya tinggi besar dan sanggup berjalan sangat cepat dijuluki ‘opo sembilan lutut’, berikut ‘Opo Don-dokambey’ dari Tonsea ke Watu Pinabetengan dengan menunggang kuda belang (bata-bata).


Dan masyarakat Manado mengenal Opo Lolonglasut, Si Raja Wenang yang dina-makan ‘Tonaas Menandou’ (bahasa Tonsea, ‘menandou’ artinya ditempat jauh). Konon dahulu para leluhur dari Tonsea kalau hendak ke Wenang dengan roda sapi atau menung gang kuda, bila ditanya oleh bangsa pendatang (Belanda atau Portugis) apa nama tempat tujuan perjalanannya, oleh leluhur akan dijawab “menandou” yang diartikan oleh sipenanya bahwa kampung tujuan namanya “Menandou” kemudian disesuaikan dengan dialek orang barat “Menado’.


All About Opo Apo Mystic Kawanua



Sampai sekarang orang Minahasa bila hendak ke Manado akan berkata: ‘mange aki Wenang’ (Tonsea), ‘meros ti Wenang’ (Tombulu), ‘mae ki Wenang’ (Tondano). ‘mongem Wenang’ (Langoan), jadi sebenarnya Wenang adalah nama asli Kota Manado.
Kembali tentang Opo-Opo kita, dari generasi lebih muda antara lain yang dikenal sekitar pelabuhan Manado pada waktu itu ‘Opo Burik Muda’ si penggemar adu ayam, beliau salah satu anak buah Opo Lolonglasut dan masih banyak lagi Opo-Opo Sakti yang lain.


All About Opo Apo Mystic Kawanua




Dari Opo-Opo sakti melalui para Tonaas atau Pakampetan dapat diperoleh jimat-jimat berupa batu-batu cincin, jenis akar dll. yang dibungkus kain merah dan dilingkar pada pangkal lengan, paha dan pinggang untuk penangkal malapetaka, penyakit, kebal peluru, senjata tajam. Para Tonaas sanggup juga memanggil roh keluarga kita yang sudah me-ninggal dan si pakampetan yang kesurupan akan berperilaku dan suara yang sama de-ngan yang dipanggil.

Namun sekarang ini, Tonaas dan Pakampetan sudah langkah, yang ada banyak yang munafik, hanya untuk popularitas atau maksud lain, mengaku sanggup mengobati semua penyakit luar dalam dan untuk meyakinkan publik dipakainya Kitab Suci sebagai media agar supaya tidak dituding iblis atau setan. Hal tersebut merusak image mengenai istilah ‘Opo-Opo’. Sekiranya ada ahli bahasa dan budaya Minahasa dapat meluruskan kembali dan merehabilitir arti kata luhur “Opo” pada proporsi sebe-narnya. (catatan : istilah ‘DOTU’ berasal bah.Melayu bukan asli Minahasa).



All About Opo Apo Mystic Kawanua
fanglisinaulan - 17/10/2012 11:43 AM
#24

Kalo boleh mo tau , siapa kang Tonaas paling kras di MInahasa ?
kupret_84 - 17/10/2012 02:38 PM
#25

takuts so ada trit black magic ini takuts
gpzpunkx - 17/10/2012 03:10 PM
#26

ini opo-opo skrg so mulai ilang dari peradaban...
yg depe baik2 musti di lestarikan kalo yg nda baik di kenang saja..
ini nda bisa torang lupakan karna bagian dari sejarah D
fanglisinaulan - 17/10/2012 03:17 PM
#27

Quote:
Original Posted By kupret_84
takuts so ada trit black magic ini takuts


boleh mo tau om, mar jangan belajar nehD thumbup:

Quote:
Original Posted By gpzpunkx
ini opo-opo skrg so mulai ilang dari peradaban...
yg depe baik2 musti di lestarikan kalo yg nda baik di kenang saja..
ini nda bisa torang lupakan karna bagian dari sejarah D


betul itu om
kira2 sekarang masih ada jabapke enda eh gila:
jennyjeal - 17/10/2012 05:23 PM
#28

Opo Pasela Manarinsing
(Lokasi jalan raya Manado-Bitung)

All About Opo Apo Mystic Kawanua

All About Opo Apo Mystic Kawanua

All About Opo Apo Mystic Kawanua

All About Opo Apo Mystic Kawanua
Op0 - 17/10/2012 05:32 PM
#29

kras ini thread noh beer:
atik kasiang cuma opo dari rengaS
fanglisinaulan - 17/10/2012 07:24 PM
#30

opo di tomohon itu paling keras kata ? opo TOLOLIU ?
Eust4ssKid - 17/10/2012 07:53 PM
#31

Quote:
Original Posted By Op0
kras ini thread noh beer:
atik kasiang cuma opo dari rengaS

bawa sini kwa angko pe opo2 dari rengas, tentunya katu' bukan for baku lawan jago noh, cuma sekedar sharing2 tentang torang pe tradisi yg somo lebe ilang
fanglisinaulan - 17/10/2012 08:08 PM
#32

tetap qt pe Opo empung paling kuat !
betul nda D thumbup:
tutz777 - 17/10/2012 09:27 PM
#33

tempo apa mo ba opo2 ? malu:
abdi1899 - 17/10/2012 11:27 PM
#34

yang kita dengar dulu pa torang pe lurah ja pangge opo,,
mungkin kalo paling kras dong ja pangge OPO LAO
fanglisinaulan - 18/10/2012 01:23 AM
#35

Quote:
Original Posted By tutz777
tempo apa mo ba opo2 ? malu:


mana2 jo om, boleh beso D

Quote:
Original Posted By abdi1899
yang kita dengar dulu pa torang pe lurah ja pangge opo,,
mungkin kalo paling kras dong ja pangge OPO LAO


sapa leh itu bro ?
opo so lama dang
jennyjeal - 18/10/2012 09:08 AM
#36

BURUNG MANGUNI


All About Opo Apo Mystic Kawanua


Burung Manguni (Mauni = Mengamati) atau yang juga dikenal dengan sebutan Burung Tootosik, oleh orang Manado yang berasal dari Suku Minahasa di daerah Sulawesi Utara (Sulut) di anggap suci oleh karena burung ini di yakini di tugaskan khusus oleh Opo Empung untuk selalu memberi petunjuk kepada orang Manado – Minahasa.

Burung Manguni terdapat banyak kekuatan yang di anggap gaib, mungkin sudah banyak dilupakan atau sudah tidak diketahui oleh orang Manado – Minahasa pada umumnya karena hal ini memang di rahasiakan dan hanya diwariskan lewat lisan saja kepada keturunan atau anak – cucu orang Manado – Minahasa.

Di saat leluhur bangsa Minahasa (Manado) sedang hanyut karena peristiwa air bah, mereka disuruh pergi ke tanah yang di janjikan oleh Opo Empung Wangko. Namun mereka tidak tau jalan untuk ke sana, lalu mereka di bimbing oleh burung Manguni dan pada akhirnya mereka mengerti perilaku dari Manguni Makasiyow (Makasiou).


POHON SUCI TEMPAT MENDENGARKAN SUARA BURUNG MANGUNI

All About Opo Apo Mystic Kawanua



Sebelum masuknya agama Kristen, penduduk Minahasa sudah menganut suatu kepercayaan atau dengan kata lain sudah beragama.

Untuk mengurus soal keagamaan yang hidup dikalangan penduduk diatur seseorang yang disebut Walian. Pada bagian utara Minahasa (Tombulu, Toulour, Tonsea) yang menjadi Walian kebanyakan adalah laki-laki, sedangkan dibagian selatan termasuk Langowan (Tountemboan) wanitalah yang menjadi Walian.

Dalam agama alifuru mereka percaya akan adanya kekuasaan dalam tangan Khalik, dimana pada masa kedatangan Johann Gottlieb Schwarz di Langowan, ia menyaksikan sendiri cara-cara penduduk Langowan menjalankan upacara keagamaan Alifuru antara lain dengan cara memberi persembahan kepada Tuhan mereka yang mereka sebut Empung atau Amang Kasuruan atau si Andangka.


All About Opo Apo Mystic Kawanua



Setiap burung Manguni melakukan hoot nya dengan suara nyaring mengalun yang dilakukan secara berturut-turut, yakni 3 kali 9 atau yang dikenal dengan sebutan telu makasiou, maka itu adalah pertanda kemenangan terbaik.

Tanda itu pun dipakai oleh para leluhur orang Minahasa (Manado) ketika menemukan tempat awal untuk menetap di suatu tempat. Demikian juga menjadi pertanda baik untuk menyerang dalam perang dan dipastikan akan menang, serta pertanda itu bisa juga dapat mengabulkan keinginan mereka.

Angka 3 memiliki arti 3 kekuatan, yakni Tuhan, Alam, dan Manusia. Angka 3 itu sendiri juga mengandung arti 9 kekuatan, yaitu 3 x 3 = 9 . Angka suci suku Minahasa (Manado) adalah 999 dan menjadi angka sempurna yang merupakan kebalikan dari angka manusia 666 atau angka setan. (dari berbagai sumber).


All About Opo Apo Mystic Kawanua
fanglisinaulan - 18/10/2012 09:19 AM
#37

Quote:
Original Posted By jennyjeal
BURUNG MANGUNI

All About Opo Apo Mystic Kawanua

Burung Manguni (Mauni = Mengamati) atau yang juga dikenal dengan sebutan Burung Tootosik, oleh orang Manado yang berasal dari Suku Minahasa di daerah Sulawesi Utara (Sulut) di anggap suci oleh karena burung ini di yakini di tugaskan khusus oleh Opo Empung untuk selalu memberi petunjuk kepada orang Manado – Minahasa.

Burung Manguni terdapat banyak kekuatan yang di anggap gaib, mungkin sudah banyak dilupakan atau sudah tidak diketahui oleh orang Manado – Minahasa pada umumnya karena hal ini memang di rahasiakan dan hanya diwariskan lewat lisan saja kepada keturunan atau anak – cucu orang Manado – Minahasa.

Di saat leluhur bangsa Minahasa (Manado) sedang hanyut karena peristiwa air bah, mereka disuruh pergi ke tanah yang di janjikan oleh Opo Empung Wangko. Namun mereka tidak tau jalan untuk ke sana, lalu mereka di bimbing oleh burung Manguni dan pada akhirnya mereka mengerti perilaku dari Manguni Makasiyow (Makasiou).


POHON SUCI TEMPAT MENDENGARKAN SUARA BURUNG MANGUNI
All About Opo Apo Mystic Kawanua



Sebelum masuknya agama Kristen, penduduk Minahasa sudah menganut suatu kepercayaan atau dengan kata lain sudah beragama.

Untuk mengurus soal keagamaan yang hidup dikalangan penduduk diatur seseorang yang disebut Walian. Pada bagian utara Minahasa (Tombulu, Toulour, Tonsea) yang menjadi Walian kebanyakan adalah laki-laki, sedangkan dibagian selatan termasuk Langowan (Tountemboan) wanitalah yang menjadi Walian.

Dalam agama alifuru mereka percaya akan adanya kekuasaan dalam tangan Khalik, dimana pada masa kedatangan Johann Gottlieb Schwarz di Langowan, ia menyaksikan sendiri cara-cara penduduk Langowan menjalankan upacara keagamaan Alifuru antara lain dengan cara memberi persembahan kepada Tuhan mereka yang mereka sebut Empung atau Amang Kasuruan atau si Andangka.


All About Opo Apo Mystic Kawanua


Setiap burung Manguni melakukan hoot nya dengan suara nyaring mengalun yang dilakukan secara berturut-turut, yakni 3 kali 9 atau yang dikenal dengan sebutan telu makasiou, maka itu adalah pertanda kemenangan terbaik.

Tanda itu pun dipakai oleh para leluhur orang Minahasa (Manado) ketika menemukan tempat awal untuk menetap di suatu tempat. Demikian juga menjadi pertanda baik untuk menyerang dalam perang dan dipastikan akan menang, serta pertanda itu bisa juga dapat mengabulkan keinginan mereka.

Angka 3 memiliki arti 3 kekuatan, yakni Tuhan, Alam, dan Manusia. Angka 3 itu sendiri juga mengandung arti 9 kekuatan, yaitu 3 x 3 = 9 . Angka suci suku Minahasa (Manado) adalah 999 dan menjadi angka sempurna yang merupakan kebalikan dari angka manusia 666 atau angka setan. (dari berbagai sumber).


All About Opo Apo Mystic Kawanua


barung manguni limbad punya bagitu leh kang
ada kekuatan
K98K - 18/10/2012 09:20 AM
#38

so sampe bacarita burung ini??
jennyjeal - 18/10/2012 09:25 AM
#39

Quote:
Original Posted By fanglisinaulan
barung manguni limbad punya bagitu leh kang
ada kekuatan



ngana pe burung nda punya kekuatan soh fang????

potong jo kong bkeng tetelan ngakak
fanglisinaulan - 18/10/2012 09:41 AM
#40

Quote:
Original Posted By jennyjeal
ngana pe burung nda punya kekuatan soh fang????

potong jo kong bkeng tetelan ngakak


qt punya basar bro, riki cwe tako ja lia D
kekkuatan superman memang
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Manado > All About Opo Apo Mystic Kawanua