Berita Luar Negeri
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global
Total Views: 18618 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 21 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

bebek.goreng - 17/10/2012 09:17 AM
#1
Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global

Selamat Datang di Sub Forum Berita Politik Luar Negeri
Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global
mohon perhatikan aturan yang berlaku, no SARA - no JUNK post



Salah satunya adalah Indonesia, karena peningkatan daya beli konsumen.

Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global



VIVAnews - Resesi akbar yang terjadi sejak tahun 2007 dan masih tersisa sampai sekarang membuat banyak negara hampir pailit. Para pemain besar perekonomian dunia juga terkena imbasnya, pertumbuhan ekonomi mereka melambat.

Resesi ini juga yang meruntuhkan banyak institusi finansial besar di berbagai negara, bank-bank terpaksa menggelontorkan dana talangan (bailout) dan ambruknya pasar saham. Di beberapa negara, sektor perumahan anjlok, usaha-usaha tutup akibat turunnya daya beli dan jumlah pengangguran meroket.

Negara adidaya macam Amerika Serikat dan China harus gigit jari dengan turunnya perekonomian mereka. Negara-negara Eropa harus berjuang menutupi utang mereka, dengan memberlakukan pengetatan anggaran, berujung pada kesengsaraan rakyat. Kerusuhan di mana-mana.

Namun, di tengah carut-marut ekonomi global, ada beberapa negara yang masih stabil, bahkan meningkat perekonomiannya. Jurnal ekonomi dan politik AS, Foreign Policy, bulan ini merangkum tujuh negara yang selamat dari krisis 2007, salah satunya tercatat adalah Indonesia. Berikut adalah daftar ke tujuh negara tersebut:

1. Korea Selatan
Kemajuan Korsel di tengah krisis ekonomi dunia tidak terlepas dari mimpi Presiden Lee Myung-bak untuk menjadikan negara itu sebagai negara kelas satu. Dalam mewujudkan mimpinya, Lee meningkatkan riset, pengembangan serta inovasi dari 3,4 persen menjadi 5 persen dengan bantuan subsidi pemerintah. Tercatat, beberapa perusahaan seperti Samsung, Kia dan Hyundai menangguk untung di saat yang lainnya terpuruk.

Korsel adalah negara pertama yang bangkit dari resesi pada tahun 2009. Pendapatan masyarakat Korsel meningkat pesat dalam 11 kuartal terakhir. Lembaga pemeringkat utang Fitch pada September tahun ini menetapkan Korsel sebagai negara surga bagi para investor.

2. Polandia
Dulu, Polandia dianggap sebagai negara paling tidak menjanjikan di Eropa timur, tertinggal jauh dari Republik Ceko dan Slovenia. Namun, krisis Eropa jadi berkah tersendiri bagi Polandia. Ekonomi negara ini meningkat 15,8 persen pada 2008 dan 2011, di saat ekonomi Eropa turun hingga setengahnya. Hal ini tidak lain berkat kebijakan fiskal dan keuangan Polandia yang brilian, tingkat utang yang rendah dan pasar yang luas bagi konsumen domestik.

Masyarakatnya juga ikut andil menyumbang peningkatan ekonomi Polandia. Pekerja di negara ini bekerja lebih lama 500 jam per tahun dibandingkan Jerman, dengan upah yang lebih kecil. Alhasil, Polandia adalah satu-satunya negara di Uni Eropa yang tidak terimbas krisis terparah pada 2009.

3. Kanada
Tahun ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, masyarakat Kanada lebih kaya dari pada masyarakat Amerika Serikat. Padahal dua dekade lalu, Kanada jatuh bangun menghadapi utang dan pertumbuhan yang minim.

Keberhasilan Kanada mengatasi krisis ekonomi adalah berkat penghematan yang mereka lakukan sejak tahun 1990an. Di tengah investasi pemerintah yang masif di bidang infrastruktur, perdana menteri kala itu, Paul Martin, juga mengeluarkan kebijakan yang melarang sektor perbankan melakukan praktik-praktik beresiko dan membahayakan institusi finansial lainnya.

Ahli ekonomi mencatat, pendapatan Kanada meningkat 15 persen dalam 10 tahun terakhir. Kanada juga merupakan 10 negara yang layak untuk tempat hidup.

4. Swedia
Saat krisis finansial menimpa Swedia pada 1992, pemerintah langsung mengambil alih beberapa bank. Swedia memotong pajak yang tinggi dari perusahaan-perusahaan dan individu, dan menggunakan sebagian besar anggaran untuk pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah Swedia mampu menjaga utang mereka tetap rendah, sekitar 38 persen dari GDP. Swedia tercatat sebagai negara dengan ekonomi tercepat-tumbuh se-Eropa pada 2011 setelah Estonia. Nilai mata uang krona juga terus melampaui euro.

5. Indonesia
Foreign Policy menuliskan, Indonesia tertolong oleh rasa percaya diri pemerintah dan rakyat yang luar biasa tinggi. Sebanyak delapan persen rakyatnya percaya bahwa negara ini akan menjadi negara superpower berikutnya. Indonesia juga melampaui India sebagai negara dengan konsumen paling optimis sedunia.

Pertumbuhan tahunan Indonesia stabil, 4,5 persen saat resesi dan menempati pertumbuhan kedua tertinggi di G-20 setelah China tahun lalu. Pertumbuhan ini berkat komoditi seperti batu bara, minyak kelapa sawit, dan timah. Tingkat konsumen kelas menengah Indonesia juga meningkat pesat. Penjualan mobil naik 15 persen per tahun, berujung pada semakin banyaknya perusahaan otomotif yang investasi. Salah satunya adalah Nissan yang meningkatkan produksi mereka hingga dua kali lipat, atau senilai US$400 juta.

6. Turki
GDP dan pendapatan per kapita Turki hampir meningkat hingga tiga kali lipat di tengah krisis di Eropa. Turki sekarang menjadi produsen mobil terbesar bagi pasar Eropa. Sebut saja Honda, Hyundai, Renault, Toyota dan Ford buka pabrik di negara ini.

Kemajuan Turki adalah berkat pemerintahan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan yang meliberalisasi investasi dan memperketat regulasi yang membendung korupsi. Turki juga telah mengembalikan perannya sebagai jembatan antara Eropa dan Timur Tengah. Mitra dagang terbesar Turki adalah Jerman, Mesir, Iran, Irak dan Arab Saudi.

7. Meksiko
Walaupun Meksiko terkenal banyak masalah, di antaranya kekerasan kartel narkoba yang membunuh lebih dari 50.000 orang dalam enam terakhir, namun ekonominya meroket. Pertumbuhan ekonomi Meksiko melampaui Brasil tahun lalu. Lebih dari 700.000 lapangan pekerjaan tercipta di negara ini pada 2010, menantang dominasi China dan AS sebagai produsen alat-alat rumah tangga.

Inflasi dan tingkat utang Meksiko juga sangat rendah. Untuk pertama kalinya tahun ini, tingkat migrasi warga Meksiko ke Amerika Serikat nihil, menandakan kemajuan membuat rakyat betah di negaranya sendiri.


=======


akhirnya, ada juga yang bisa dibanggain dari indonesia,
dalam hal konsumerisme kita juara malu:






Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global
Alhamdulillah, kali ini dapet double HT,
HT ke-198 & ke-199 malu:

calon HT lainnya










update berita-berita terbaru dari dalam dan luar negeri silakan follow akun twitter BP/LN \) >---- Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global
bebek.goreng - 17/10/2012 09:18 AM
#2

Quote:
Sebanyak delapan persen rakyatnya percaya bahwa negara ini akan menjadi negara superpower berikutnya.


cuma 8% rakyat indonesia yang rasa pede-nya tinggi norose:



Quote:
Original Posted By metrojala
Dgn catatan: Ekonomi negara2 ini tumbuh dgn aliran hot money dari negara maju yg krisis gan, sementara doang dana ini mencari tempat investasi sampai situasi ekonomi di negara maju tsb membaik. iloveindonesias

Waspadalah terhadap hutang yg bersumber dari hot money ini krn sewaktu2 bisa menjadi bumerang krismon ke 2 berdukasberdukas


Quote:
Original Posted By lycantrophs
rakyat indonesia memang percaya dirinya sangat tinggi.. Misalnya kemarin2 ditengah berita krisis dunia kalo rakyat amerika mungkin udah mengencangkan ikat pinggang kalo di Indonesia sih mana peduli, belanja tetep jalan..


Efeknya bagus bagi ekonomi memang, tapi akan lebih bagus lagi klo konsumsi itu diarahkan ke produk2 dalam negeri.. bayangkan klo uang yg dibelanjakan di mall2 itu jatuh ke para petani.. petani sejahtera, indonesia makin jaya.. iloveindonesiasiloveindonesias


Quote:
Original Posted By PasarModal
Tahun 2002 banyak yang nggak yakin Indonesia bisa recovery dalam 10 tahun. Banyak yang pesimis.

Indonesia diperkirakan mampu jadi super power ekonomi tahun 2050. Juga banyak yang pesimis. Hasilnya kita lihat nanti aja D


Quote:
Original Posted By jokerboy4
bener juga sih...
gue hidup di negera ini fine2 aja..
gue liat orang bekerja keras , dapat hidup bersenang2, bisa beli barang2 yang mereka butuhkan . tanpa perlu merasa terancam

gue liat pengemis pendapatan nya juga ningkat kok per harinya
yaa biasnya cuma dapet 400ribu / hari bisa ningkat jadi 700rb perhari klo orang lagi gencar2nya bersedekah

gue liat pengamen di jakarta dan di jogjakarta juga fine2 aja hidup mereka..
pendapatan mereka juga lumayan gede kok dari hasil mengamen ( menurut ukuran mereka ). pengamen juga baju nya bagus2 dan hidupnya juga bersih2.

bahkan tukang pecel lele, tukang batagor, tukang siomay bisa beli sawah di kampung mereka masing2. tukang air pun gue liat ada yang sudah punya kontrakan cuma dari hasil dia dorong gerobak air tiap hari.

motor dan mobil jumlahnya meningkat pesat di kota2 besar indonesia. cuma karena manusia kurang bersyukur aja kali yaa sering ribut gara2 macet.
ada yang salah gan sama keadaan indonesia sekarang...??


Quote:
Original Posted By wijanarko89
coba bayangkan kalau uang indonesia tidak termakan korupsi, kayaknya bisa jadi no 1 deh :P

kemajuan ahir-ahir ini menurut ane karena pengaruh ustad/tokoh agama yang mengajarkan untuk berdagang dan bersedekah kali ya?


Quote:
Original Posted By leo5758168
mantap dah...
tapi sayangnya dijaman reformasi seperti sekarang ini, benar atau salah kebijakan pemerintah, pasti ada aja yang menjelek2an, ingin menjatuhkan dan sebagainya.
sri mulyani dkk yang menyelamatkan ekonomi indonesia, di putar balikkan menjadi seperti penghianat negara, padahal dunia saja mengakui kemampuan mereka.

musuh yang paling jahat di indonesia ini adalah warga negaranya sendiri yang kebetulan punya uang dan kedudukan yang tidak ingin indonesia maju kecuali dia yang memimpin.
Fernando.Gil - 17/10/2012 09:25 AM
#3

Indonesia bisa menjadi negara maju kalau pemimpin Indonesia berani untuk menasionalisasikan perusahaan asing yang mengambil, memproses lalu menjual SDA seperti Minyak Bumi

kalau pemerintah mau disetir pihak asing ya sudah sampai 50 tahun lagi juga begini-begini saja

dan juga menurut Mentri Kita

Hatta Radjasa: Nasionalisasi Perusahaan Asing Rendahkan Harga Diri



berbeda dengan Argentina Yang Berani Nasionalisasi Perusahaan Migas Asing

Argentina Nasionalisasi Perusahaan Migas Asing
Fx-Zero - 17/10/2012 09:27 AM
#4

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
cuma 8% rakyat indonesia yang rasa pede-nya tinggi norose:


itu hasil riset nya gak salah ???
pakmomon - 17/10/2012 01:19 PM
#5

indonesia juga masuk yah??
bener apa kagag nih surveinya??
INCUBATOR - 17/10/2012 01:46 PM
#6

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
cuma 8% rakyat indonesia yang rasa pede-nya tinggi norose:


8 persen itu kira2 berapa penduduk ya...paling juga pengusaha semua 8 persen tuh
pentagruel - 17/10/2012 01:52 PM
#7

Indonesia selamat pasti berkat album2 lagu baru :thumbup
digim - 17/10/2012 01:58 PM
#8

Quote:
Original Posted By bebek.goreng
cuma 8% rakyat indonesia yang rasa pede-nya tinggi norose:


Bukannya ga' pede, tapi cuma berpikir realistis
Jadi negara superpower berikutnya? Mimpinya masih terlalu tinggi sob D
vikiejeleek - 17/10/2012 02:05 PM
#9

Quote:
Sebanyak delapan persen rakyatnya percaya bahwa negara ini akan menjadi negara superpower berikutnya.


seengganya, pede itu lebih baik dari pada minder D
Tingkat konsumsi negara kita tinggi juga ya.. apa ini membuktikan kalo yang kaya tambah kaya dan yang miskin tambah miskin? think:
NFEYOneLiFEMi - 19/10/2012 01:21 PM
#10

Kalo koruptor di hukum mati ekonomi indonesia akan lebih baik. untuk sekarang bukan ekonomi negara yang maju tapi ekonomi koroptor tikus tikus pemerintah.
Loe.Joe - 19/10/2012 01:21 PM
#11

Yosh ,tapi tetap masih dalam keadaan Krisis Indonesia iniiloveindonesias
lau.rens. - 19/10/2012 01:21 PM
#12

old.paper - 19/10/2012 01:22 PM
#13

Wogh, PEJWAN dulu gan. Baca belakangan :cool



Bisa beli, artinya bisa nyari duit donk buat beli. Trs, masalah buat lo? :cool
Dumnezeux - 19/10/2012 01:23 PM
#14

Masih ada kah yang meragukan hasil kerja mantan MenKeu yang kemarin2 banyak di hina2 ??? Tapi malah dibeli pihak asing capedes
saveyourheart - 19/10/2012 01:24 PM
#15

kalo cuma 8% sih dikit banget, pns aja jumlahnya jauh di atas 8%. brati yang optimis cuma orang2 pemerintah wwkwkw
setsune - 19/10/2012 01:25 PM
#16

nice info, bro.. :addfriends
zulhilma - 19/10/2012 01:26 PM
#17

alhamdulillah deh klo bgtu, , ,, ,
:addfriends



FASHION BLOGGER
Adityawandism - 19/10/2012 01:26 PM
#18

makin konsuftif ya kita gan D
saud. - 19/10/2012 01:27 PM
#19

gag ngefek gan...

Indonesia sejak dulu ya udah krisis...

sekarang aja pinter pencitraan, sehingga gag kliatan kalau krisis D

yoonacute7 - 19/10/2012 01:32 PM
#20

Quote:


Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global
Numpang Nitip Lapak Ya Gan

Anda ingin tinggi? pengen yang cepat dan simple tanpa efek samping?
HARI INI HARI TERAKHIR PROMO !!
[COLOR="red"][B]PIN BB : 21FD2F94 | Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global | SMS : 0819691676
*Klik gambar dibawah ini[/COLOR][/B]
Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global

Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global

nice share bung !!
:thumbup
Page 1 of 21 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > Tujuh Negara ini Selamat dari Krisis Ekonomi Global