Berita Luar Negeri
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > China protes Korsel soal penembakan nelayan
Total Views: 805 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

ompungnyaiful - 19/10/2012 04:27 PM
#1
China protes Korsel soal penembakan nelayan
Jakarta (ANTARA News) - China mengajukan protes ke Korea Selatan atas kematian salah satu nelayan mereka akibat ditembak tentara penjaga pantai dengan peluru karet.

Menurut pihak Korsel, saat itu petugas penjaga pantai tengah menghentikan laju kapan nelayan China yang menurut mereka melakukan pemancingan ilegal di Laut Kuning, pada Selasa.

Nelayan yang berusaha melawan menggunakan pisau akhirnya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit terdekat. Tak hanya kali ini pemancingan ilegal terjadi di Laut Kuning. Sebelumnya, beberapa kasus serupa sudah pernah terjadi.

Seperti yang diberitakan kantor berita China, Xinhua, kedutaan besar China di Seoul telah meminta kasus ini untuk diinvestigasi dengan serius dan menyeluruh serta meminta Korsel melindungi hak legal para nelayan China.

Berita kantor berita Yonhap mengidentifikasi korban berumur 44 tahun dan memiliki nama keluarga Jang. Petugas penjaga pantai mengungkapkan mereka menembakkan peluru karet dengan maksud hanya melumpuhkan, bukan mematikan.

"Petugas penjaga pantai menembakkan peluru karet untuk menghadapi kerasnya protes para pelaut China," kata salah satu ofisial penjaga pantai, seperti dikutip dari BBC.

Laut Kuning yang berada di antara China dan pantai barat Semenanjung Korea memang terkenal kaya akan kepiting dan ikan teri.

Para penjaga pantai Korsel mengaku mereka sudah menghentikan ratusan pemancingan ilegal di Zona Eksklusif Ekonomi Korsel setiap tahunnya. Seringkali, nelayan China yang tertangkap do area tersebut dilepaskan usai membayar denda.

Meskipun demikian, beberapa percobaan untuk menghentikan kapal-kapal nelayan ilegal berakhir dengan kekerasan. Pada Desember 2011 salah satu penjaga pantai Korsel tewas setelah ditusuk saat konfrontasi. Nelayan China yang terbukti sebagai penusuk akhirnya dijatuhi hukuman 30 tahun penjara pada April.

Dan selang sepekan sejak vonis, empat warga Korsel terluka dalam bentrok dengan pelaut-pelaut China yang menggunakan tongkat serta pisau.


sumber

China protes Korsel soal penembakan nelayan



muncul di laut korea, tembak!
muncul di laut jepang, tembak!
muncul di laut filipina, tembak!
muncul di laut vietnam, tembak!
muncul di laut natuna, tembak!


D




Quote:
Illegal fishing by Chinese boats is common in South Korean waters, and more than 130 boats have been seized so far this year.

In December 2010 a Chinese boat overturned and sank in the Yellow Sea after ramming a South Korean coastguard vessel. Two Chinese crewmen were killed.


ah sudah banyak pelanggaran.apa mungkin karna nelayannya membeli GPS palsu?
HEYLEL - 19/10/2012 04:34 PM
#2

china protes soal penembakan nelayan?

kenapa nggak nelayannya saja yang dibimbing agar tidak ke wilayah negara lain
Drunkard.88 - 19/10/2012 04:44 PM
#3

seharusnya gak usah sampai ditembak mati ..cukup ditangkap aja
nelayan indonesia aja banyak yg ditangkap polisi Malaysia,Australia ..

yg pantes ditembak mati di laut itu adalah perompak somalia .D
bigguns - 19/10/2012 04:45 PM
#4

nice inpo gan
terrorislam - 19/10/2012 05:01 PM
#5

pemerintah cina aslinya ga ambil pusing
wong warganya udah kebanyakan...
kalau disikat korea lumayan buat mengurangi kepadatan ngakak
fakepath - 19/10/2012 05:14 PM
#6

ga apa apalah ditembak
wong nelayannya udah melawan menggunakan pisau D
TheSilverhand - 19/10/2012 05:27 PM
#7

Masuk wilayah orang, ditangkap melawan...

mo bicara melindungi hak....??

aneh2 aja...
TheSilverhand - 19/10/2012 05:29 PM
#8

dopost
TheSilverhand - 19/10/2012 05:32 PM
#9

tripost, kaskus @#$&*^ lemot.....
toekidjan - 19/10/2012 06:09 PM
#10

Quote:
Original Posted By Drunkard.88
seharusnya gak usah sampai ditembak mati ..cukup ditangkap aja
nelayan indonesia aja banyak yg ditangkap polisi Malaysia,Australia ..

yg pantes ditembak mati di laut itu adalah perompak somalia .D


v
v
v

Quote:
Original Posted By ompungnyaiful


Nelayan yang berusaha melawan menggunakan pisau akhirnya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit terdekat. Tak hanya kali ini pemancingan ilegal terjadi di Laut Kuning. Sebelumnya, beberapa kasus serupa sudah pernah terjadi.

Berita kantor berita Yonhap mengidentifikasi korban berumur 44 tahun dan memiliki nama keluarga Jang. Petugas penjaga pantai mengungkapkan mereka menembakkan peluru karet dengan maksud hanya melumpuhkan, bukan mematikan.


D

-----------------------------------------------------
China protes Korsel soal penembakan nelayan
CandleSticks - 19/10/2012 07:41 PM
#11

Emang sudah sering dimalingin ternyata
Mending tembak saja
sotoy.loe21 - 19/10/2012 07:54 PM
#12

tambah panas nich.....
karung..goni2 - 19/10/2012 08:37 PM
#13

udah masuk wilayah orang ilegal + maling ikan + melawan pakai senjata = Protes pulak gila:

entah dimana otak panda-panda menlen ini :genits
threeinwan - 19/10/2012 08:51 PM
#14

sepertinya cina mesti edukasi lagi rakyatnya yang jadi nelayan agar tau batas2 wilayah yang aman buat nongkrong \)
keripique - 19/10/2012 08:54 PM
#15

kebiasaan ngambil hak orang dengan seenaknya sih, jadi menular ke rakyatnya....harusnya bakar aja kapal ma nelayan menlen biar gak ada barang bukti....
Chikashi.Masuda - 19/10/2012 09:17 PM
#16

china asu, PKC asu, maunya menang sendiri.....cuih.....tai:
Cakopit - 19/10/2012 09:44 PM
#17

Quote:
ah sudah banyak pelanggaran.apa mungkin karna nelayannya membeli GPS palsu?


kemungkinan besar GPS moda in china menunjukan bawa masih wilayah china ,makanya nelayan china santai aja,eh malah ditembak sama korsel karena china melanggar zee korsel
ompungnyaiful - 20/10/2012 02:34 AM
#18

Quote:
Original Posted By Cakopit
kemungkinan besar GPS moda in china menunjukan bawa masih wilayah china ,makanya nelayan china santai aja,eh malah ditembak sama korsel karena china melanggar zee korsel


opung juga curiga basemap GPS nya diisi peta dinasti tang
wahyubison - 20/10/2012 08:29 AM
#19

Quote:
Original Posted By terrorislam
pemerintah cina aslinya ga ambil pusing
wong warganya udah kebanyakan...
kalau disikat korea lumayan buat mengurangi kepadatan ngakak


terlalu ngawur otak ente
orang china itu gak pernah ninggalin teman lama
kalo sudah nganggap kalo seseorang keluarga pasti dilindungi
dan lagi ketika bajak laut somalia minta tebusan buat warga china langsung tuh dikasih
apalagi kalo warganya ditembak alasannya ga jelas
tapi yang ane takutin eskalasi konfliknya makin gedhe
Ma_79 - 20/10/2012 09:01 AM
#20

Alo pung, kok trit lama direpost, kehabisan sumber?? Nih tak kasih china smack, china hush, epoXXXX..pakai ya sebagai referensi..opung kan perhatian bangat sama PRC, kayak makan nasi, sehari mesti 3 kali sampai kehabisan topik..

Ok, saya komentarin beritanya :
1. Memasuki wilayah negara lain tanpa ijin jelas pelanggaran.
2. Setiap negara memiliki landasan hukum jadi landasan hukum itulah yang dipakai dalam menyelesaikan kasus pelanggaran bukan yang lain.
3. Korea selatan menjalankan prosedur, jika ada kematian memang harus diselidiki apakah sesuai prosedur atau tidak.
4. Demikian juga pemerintah China juga sudah melakukan kewajiban kepada warga negaranya, yaitu memberikan pendampingan dan perlindungan hukum kepada warga negaranya. Bukankan itu hal yang baku di semua negara??? Saya kasih contoh, kasus Indonesia Malaysia, TKI ditembak polisi malaysia dengan tuduhan perampokan, bukankah pemerintah kita juga menuntut investigasi dan kejelasan???
Ini cuplikan beritanya:

Pemerintah Tetap Usut Penembakan TKI
Saturday, 28 April 2012

JAKARTA – Pemerintah Indonesia tetap menuntut agar Malaysia memberikan penjelasan mengenai insiden penembakan yang menewaskan tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lombok Timur,Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penjelasan akan membuka fakta tentang kronologi kejadian dan kejahatan apa yang dilakukan para TKI sehingga harus diberondong tembakan. Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menjelaskan, Indonesia masih menanti kebenaran atas penembakan fatal itu. ”Pemerintah Malaysia memang telah memberikan keterangan. Namun penjelasan itu masih harus diverifikasi kebenarannya. Kepolisian Diraja Malaysia juga telah membentuk tim investigasi,” kata Marty saat menggelar jumpa pers gabungan dengan Polri di Kantor Kementerian Luar Negeri kemarin.

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490170/

Jadi menurut saya, semua sesuai prosedur, tidak usah dilebai2kan...

Cari topik lain pung, this case solved...
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Berita Luar Negeri > China protes Korsel soal penembakan nelayan