Kalimantan Barat
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Barat > ~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
Total Views: 47525 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 385 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

future go - 07/06/2009 08:01 AM
#1
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
Quote:
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~

Quote:

Selayang Pandang
Spoiler for "Selayang pandang"

Kabupaten Sintang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sintang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 32.279 km² dan berpenduduk sebesar ± 500.000 jiwa. Kepadatan penduduk 16 jiwa/km2 yang terdiri dari multi etnis dengan mayoritas suku Dayak dan Melayu.

Daerah Pemerintahan Kabupaten Sintang pada tahun 2005 terbagi menjadi 14 kecamatan, 6 kelurahan dan 183 desa. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 29,52 persen dari total luas wilayah Kabupaten Sintang, sedangkan luas masing–masing kecamatan lainnya hanya berkisar 1–29 persen dari luas Kabupaten Sintang. Secara umum Kabupaten Sintang luasnya hampir menyamai luas Provinsi Sumatera Utara.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang merupakan perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km2 atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km2). Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu setelah Kabupaten Ketapang.

Wilayah ini berbatasan langsung dengan Serawak.

Mata pencaharian utama masyarakat di kawasan ini adalah petani sawit dan karet.

Quote:

Sintang Maps
Spoiler for maps
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~


Quote:

Quote:
Sejarah Kota Sintang
Spoiler for Sejarah

Stempel Kesultanan Sintang

[QUOTE]~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~

Quote:

a. Sintang di Masa Hindu

Sejarah awal Kerajaan Sintang dimulai ketika seseorang bernama Aji Melayu datang ke daerah Kujau sekitar abad ke-4 Masehi. Kedatangan Aji Melayu ternyata membawa kebudayaan Hindu masuk ke ranah Melayu di Kalimantan Barat, khususnya ke daerah Sintang. Di Kujau, Aji Melayu mengawini seorang gadis bernama Putung Kempat dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Dayang Lengkong (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:15).

Quote:
Setelah beberapa lama menetap di Kujau, Aji Melayu berpindah ke Nanga Sepauk hingga meninggal di sana dan dimakamkan di Tanah Tanjung, daerah Muara Sungai Sepauk. Setelah Aji Melayu meninggal, berturut-turut penguasa di Nanga Sepauk adalah Dayang Lengkong, Dayang Randung, Abang Panjang, Demong Karang (berkuasa sekitar abad ke-7 M), Demong Kara, kemudian Demong Irawan (J.U. Lontaan, 1975:197). Pada masa Demong Irawan berkuasa, Kerajaan Sintang resmi berdiri, yaitu sekitar abad ke-13 (± 1262 M) (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:19).
Quote:

Sebelum mendirikan Kerajaan Sintang, Demong Irawan melakukan pengembaraan dengan menyusuri Sungai Kapuas yang akhirnya sampai ke daerah pertemuan antara Sungai Kapuas dan Melawi yang disebut daerah Nanga Lawai. Di daerah ini kemudian didirikan permukiman yang berkembang menjadi sebuah kerajaan yang kemudian dikenal sebagai Kerajaan Sintang. Raja pertama Kerajaan Sintang adalah Demong Irawan yang bergelar Jubair I (± 1262 M) (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:19).


Quote:

Berdirinya Kerajaan Sintang yang kala itu masih bercorak Hindu ternyata sanggup menarik penduduk sekitar daerah Nanga Lawai untuk datang dan mendirikan permukiman baru. Berkembangnya permukiman di sekitar Nanga Lawai ternyata menarik perhatian Patih Logender dari Kerajaan Singasari yang kala itu turut serta dalam Ekspedisi Pamalayu I pada tahun 1275 M (M.D. Mansoer, et.al., 1970:51).

Quote:

Kedatangan Patih Logender beserta pengikutnya disambut baik oleh Jubair I. Bahkan Patih Logender diizinkan untuk tinggal di Kerajaan Sintang, diangkat menjadi penasehat, dan dikimpoikan dengan puteri Jubair I yang bernama Dara Juanti (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:19). Setelah Jubair I meninggal pada tahun 1291 M, Dara Juanti naik tahta menjadi raja di Kerajaan Sintang, sedangkan Patih Logender tetap dijadikan penasehat raja.
Quote:

Tidak jelas siapa raja pengganti setelah Dara Juanti. Hanya saja sekitar tahun 1640 M terdapat raja bernama Abang Samad yang memerintah Kerajaan Sintang (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:25-26). Setelah Abang Samad turun tahta, berturut-turut posisi raja ditempati oleh Jubair II, Abang Suruh, Abang Tembilang, Pangeran Agung (1640 - 1715 M), Pangeran Tunggal (1715-1725 M), dan Raden Paruba (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:26).
Quote:

Raja terakhir ketika Kerajaan Sintang masih dalam pengaruh Hindu adalah Raden Purba. Raden Purba memerintah di Kerajaan Sintang sampai sekitar akhir abad ke-18, bersamaan dengan masuknya pengaruh Islam ke Kerajaan Sintang dan Kapuas Hulu. Sebelum meninggal, disebutkan bahwa Raden Purba telah memeluk agama Islam (Syahzaman & Hasanuddin, 2003:29).


[/QUOTE]

lucky_magician - 29/08/2009 09:36 PM
#2
Status Pemerintahan
Quote:
Kabupaten Sintang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sintang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 32.279 km² dan berpenduduk sebesar ±500.000. Kepadatan penduduk 16 jiwa/km terdiri dari multi etnis dengan mayoritas suku Dayak dan Melayu. Daerah Pemerintahan Kabupaten Sintang pada tahun 2005 terbagi menjadi 14 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 183 Desa, Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 29,52 persen Kabupaten Sintang sedangkan luas masing–masing Kecamatan hanya berkisar 1–29 persen dari luas Kabupaten Sintang. Secara umum Kabupaten Sintang luasnya hampir menyamai luas Propinsi Sumatera Utara. Berbatasan langsung dengan Serawak. Mata pencaharian adalah petani sawit dan karet. Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang merupakan wilayah perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km2 atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km2). Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Propinsi Kalimantan Barat setelah Kabupaten Ketapang.


Kabupaten Sintang terdiri dari bebrapa kecamatan sebagai berikut :

Quote:
1. Ambalau
Ambalau adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan dengan ibu kota di Kemangai ini merupakan kecamatan paling pedalaman dan terletak di hulu sungai Melawi. Kecamatan ini terkenal dengan hasil hutan, beberapa HPH beroperasi di sana sampai ke Kalimantan Tengah. Disamping itu juga banyak ditemui hasil sarang burung walet yang didapat di gua-gua alam di perbatasan dengan Kalimantan Tengah. Lokasi wisata yang terkenal adalah air terjun Nokan Nayan

Quote:
2. Binjai Hulu

Quote:
3. Dedai

Quote:
4. Kayan Hilir

Quote:
5. Kayan Hulu

Quote:
6. Kelam Permai

Quote:
7. Ketungau Hilir

Quote:
8. Ketungau Hulu

Quote:
9. Ketungau Tengah

Quote:
10. Sei Tebelian (Sungai Tebelian)


Quote:
11. Sepauk
Disebut juga Nanga Sepauk. Selain penduduk asli suku bangsa Dayak, Sepauk di huni oleh orang Tionghoa suku Hakka dan orang Melayu.

Menurut cerita orang tua, orang orang Hakka datang dari Meixien di Cina selatan dengan tujuan mencari emas di akhir abad 19 (tahun 1800an). Setelah menetap beberapa lama, timbul perselisihan antara pencari emas ini dengan pemerintah penjajah belanda. Perairan sungai Kapuas sempat di blokir oleh tentara Belanda selama beberapa lama. Tentara Belanda berharap dengan di blokir mereka akan menyerah karena kehabisan sumber makan. Ternyata para pencari emas telah menjalin hubungan tukar menukar dengan orang dayak se tempat. Bahkan banyak yang telah ber cocok tanam dan hidup berkecukupan se iring dengan orang dayak setempat.

Perlahan lahan mereka tidak lagi ada pikiran untuk pulang ke Tiongkok, suatu yang sangat jarang terjadi di bagian dunia lain pada waktu itu.

Beberapa kali di abad 20 terjadi pengungsian dari Sepauk. Ini terjadi karena berbagai sebab: ekonomi, sosial, pendidikan, dan juga kekerasan. Biasanya anak anak muda yang baru dewasa keluar dari Sepauk untuk mencari ilmu atau mencari kerja di ibukota propinsi Pontianak dan kemudian ibukota Jakarta. Bencana alam seperti kemarau berkepanjangan atau bencana hama yang merusak sumber makanan juga menyebabkan pergolakan sosial dan memaksa penghuni untuk mengungsi ke kota Pontianak. Pertentangan antara orang asli suku dayakdan orang suku Madura di tahun 1990an juga menyebabkan pengungsian masal dari Sepauk dan sekitarnya.Orang asli sepauk memiliki adat dan tradisi yang berbeda dengan orang daerah lainnya, sebab orang asli sepauk adalah orang dayak seberuang.Suku dayak seberuang adalah orang yang sangat ramah, dayak seberuang telah lama menghentikan tradisi 'mengayau', yaitu memotong kepala manusia untukk berbagai kebutuhan. Sejak itu, karena orang dayak seberuang tidak melakukan tradisi mengayau lagi, mulai lah berdatangan gelombang transmigrasi yang pada saat itu datang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun setelah transmigrasi itu jumlah para transmigran semakin bertambah, karena desakan para transmigran ini orang asli sepauk yaitu suka dayak seberuang semakin terusik keberadaannya. dayak seberuang semakin hari semakin didesak, yang pada awalnya tinggal di tepi sungai semakin terdesak tinggal ke dalam hutan. Ini lah kebaikan serta kebodohan orang dayak seberuang yang membiarkan begitu saja para orang luar mengambil tanah mereka. Kebaikan dari orang dayak yang memberikan tananya untuk didiami oleh orang lain yang bukan siapa-siapanya. Untung saja tradisi mengayau telah di hapuskan, bila tidak akan sering terjadi pertumpahan darah dimna-mana.

Penduduk Hakka di Sepauk hidup terisolasi dari dunia luar lebih dari seratus tahun, tidaklah heran terjadi pembauran dengan penduduk asli dayak. Karena rasa identitas yang kuat, pembauran ini agak terbatas di bidang transaksi ekonomi. Pembauran ini juga terbukti di kata kata dan istilah asing yang muncul di bahasa masing masing.

Keturunan penghuni Sepauk dan sekitarnya sekarang tersebar di kota kota besar di Indonesia dan bahkan luar negri. Terutama di Jakarta dan Pontianak. Di Jakarta, mereka di katagori kan orang Pontianak. Walau ini tidaklah 100% tepat.

Quote:
12. Serawai
Serawai adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah hilir kecamatan Ambalau dan sebelah hulu kecamatan Menukung. Ibu kota kecamatan terletak di Nanga Serawai berupa tanjung daratan yang dibentuk oleh kelokan sungai Melawi. Jarak tempuh Sintang Serawai melalui sungai Kapuas ke anak sungai Melawi kira-kira 200 km atau 6 jam perjalanan speedboat. Sekarang sudah bisa ditempuh melalui jalan darat dengan mobil gardan ganda atau sepedamotor. Desa Kecamatan Serawai paling hilir yaitu sebelah Barat adalah desa Mentatai yang berbatasan dengan kecamatan Menukung, paling hulu yaitu sebelah Timur desa Nanga Lekawai dengan muara anak sungai Lekawai, berbatasan dengan kecamatan Ambalau, sebelah Tenggara Serawai dusun Rantau Malam berbatas dengan Propinsi Kalimantan Tengah yang dipisahkan oleh gunung Bukit Raya, dan sebelah utara berbatas Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Dua belas jumlah desa Serawai yaitu: Desa Serawai, Begori, Pagar Lebata, Tontang, Lekawai (Karya Bhakti), Mentayoi, Riyoi, Segulang, Baras Nabun, Jelundung, Mentatai, dan Buntut Ponte. Kecamatan Serawai merupakan salah satu kecamatan "besar" di kabupaten Sintang. Kecamatan Serawai maju dalam bidang perdagangan dengan hasil alam yang menonjol adalah kayu. Beberapa perusahaan HPH yang beroperasi adalah PT Barito Pacific Timber, PT Sari Bumi Kusuma, dan PT Benua Indah Group. Hasil tambang yang banyak didapat adalah emas, walaupun lewat penambang tradisional dan tanpa izin. Demografi penduduk: sebagian besar berasal dari penduduk asli dayak Ud Danum, kemudian Melayu, keturunan Cina suku berbahasa Khek, pendatang dari jawa, sumatera, dll. Sebagian beragama Katholik, Kristen Protestan, Islam, dan sebagian kecil

Quote:
13. Sintang
Sintang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Dan juga merupakan Ibukota Kabupaten Sintang.


Quote:
14. Tempunak


dibawah ini adalah penampakan Kabupaten Sintang di peta KAL-BAR

~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~


ini gambar banjir di Masuka Laut ( di Sintang, orang-orang menyebut sungai dengan kata "laut"). Terlihat digambar adalah salah satu klenteng yang paling lama di Sintang
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~

Yang dibawah ini, penampakan bukit Kelam diambil dari muara pertemuan sungai melawi dan sungai kapuas. terlihat juga ada dua warna air sungai, yang kuning air sungai melawi, yang agak gelap itu air sungai kapuas. Menurut penuturan orang-orang tua di Sintang, jika ada orang yang sudah meminum air dari kedua sungai itu, kemana pun orang itu pergi, pasti akan kembali lagi ke Sintang.
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
ekoalizer - 15/11/2009 11:58 AM
#3
Rules
Quote:
Original Posted By kuwagata
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
Rules


[*]WAJIB PRIME ID: Senin s/d. Jumat (melanggar = banned), Sabtu dan Minggu bebas.
[*]Setiap Clone ID Wajib Menunjukkan Identitas Prime ID dengan jelas (avatar atau location).
Bagi Clone ID yang mengaku Prime padahal Clone = banned
[*]DILARANG menggunakan kata-kata yang berbau SARA, memaki, menghina, atau menjelek-jelekkan / melecehkan individu atau yang membuat orang lain merasa tidak nyaman. Gunakan bahasa yang sopan.
[*]DILARANG post monolog, post cuma emoticon, post gambar saja atau posting asal²an.
[*]DILARANG post lebih dari 2 post berurutan, dengan pengecualian untuk teknis problem, seperti ISP error, Kaskus Maintenance, dsb.
Dan juga pengecualian untuk TS dengan keperluan seperti update materi untuk kebutuhan yang dapat berupa artikel dan lain sebagainya.
[*]Untuk menghindari post berurutan, biasakan menggunakan fasilitas edit & multiquote.
Bagi pengguna WAP gunakan @ ID-yang-dituju
[*]DILARANG posting gambar DP dan BB17 atau berbau BB17.
[*]Posting foto/gambar wajib diresize (max. 640x480) dan wajib dispoiler.
[*]DILARANG Reputation Abuse (Tukeran GRP/BRP/cendol/arisan).
[*]DILARANG promosi website/blog/jualan atau iklan dalam bentuk apapun.
[*]DILARANG posting oneliner, kecuali multiquote post.
[*]Kepada semua Warga RKB untuk saling mengingatkan peraturan ini demi kebaikan kita bersama.
[*]Peraturan lain menyusul menyesuaikan situasi dan kondisi.


     Catatan: Untuk mengurangi laju pertambahan halaman, mohon kesadaran untuk tidak asal posting / kejar setoran dan mari main cantik bermartabat di sini.
Apabila tidak, maka TS berhak untuk merequest delete postingan yg dinilai tidak bermutu. Jika keberatan, masih banyak thread ga jelas di luaran sana.
DIKA23 - 19/11/2009 11:27 PM
#4
Kaskuser sintang

==================================================

~~۩۞۩ ►►► SG SINTANG ◄◄◄ ۩۞۩~~
~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~

==================================================
[B]Daftar Kaskuser Sintang :
(Kalau Ada Yang Mau Namanya Di Masukin Di Index, PM Ane Aja ya D)
[/B][code]
1.future_go [SINTANG]
2.lucky magician [SINTANG]
3.ekoalizer [Data] [SINTANG]
4.timoel [pernah tinggal di Sintang]
5.DIKA23 [Data] [SINTANG]
6.justemokid [Data] [SINTANG]
7.Milang [Data] [SINTANG]
8.nvuree [gak tau Sintang ato bukan, tapi pernah ke Sintang]
9.Kendala [SINTANG]
10.pangeranyc [SINTANG]
11.mr.elektron [SINTANG]
12.apri.beuh [SINTANG]
13.kebo_lagi_chat [tinggal di Sintang]
14.Urvilla [SINTANG]
15.kristoforus [menetap di Sintang]
16.mamanx [Data] [SINTANG]
17.selembe.jak [SINTANG]
18.karmakill [SINTANG]
19.makaroniskutel [gak tau]
20.thefebsmypoetz [SINTANG]
21.azorro77 [SINTANG]
22.sakauholic [gak tau]
23.arisnet [SINTANG]
24.hensinmania [Data] [SINTANG]
25.xtream [SINTANG]
26.NQWONX [tinggal di Sintang]
27.Novirita [SINTANG]
28.kerlie [Data] [SINTANG]
29.dayakson2g [SINTANG]
30.Joruri [Data] [SINTANG]
31.BangPultur [Pernah kerja di Sintang]
32.nixzam [SINTANG]
33.Pucukbuluk75 [Data] [SINTANG]
34.Ryankid [Data] [SINTANG]
35.bogelgelgel [Data] [SINTANG]
36.morninksicg [Tugas di Sintang]
37.Tsuru [Data] [KETAPANG]
38.furstinholic [SINTANG]
39.zcurut [Data] [PONTIANAK]
40.Cho.Chang [Data] [KETAPANG]
41.Metalholic [SINTANG]
42.ZoroRoronoa
43.iin_missshawty [SINTANG]
44.midnightkid [SINTANG]
45.ryanyan52 [Data] [SINTANG]
46.MainStreak [Data] [SINTANG]
47.yengkieee [Data] [SINTANG]
48.djayajah [Tugas di Sintang]
49.zasmidig [Data] [SINTANG]
50.Bhengekz [Data] [Malang]
[/code]
DIKA23 - 20/11/2009 10:09 PM
#5

up,,up,,,
sup:
mana lgi ne,,kaskuser dri sintang.,...
ogroex - 20/11/2009 11:18 PM
#6

tenang jak bro
nanti lama2 bekumpol gak orang2 sintang di sene

update tros treed nya
n lengkapi data2 kabupaten sintanganya
DIKA23 - 25/11/2009 04:57 AM
#7

itu lah,,,ne maseh sepi,,,mudah2 bsa mengobati kekangenan ane dgan kampung halaman,,,
ti moel - 25/11/2009 04:12 PM
#8

bukan orang sintang, tapi kemarin tinggal setahun di sintang, mulai lebaran ini dipindah ke sanggau...

salam kenal aja dulu.ilovekaskus
DIKA23 - 25/11/2009 06:12 PM
#9

sep dach,,ayo rame in ne forum,,,hahahaha
DIKA23 - 27/11/2009 03:12 PM
#10

jangan absen doang donk,,,tambahin alamat kek,,,biar pada asik/ada topik yang di bicarain gitu,,,hahahahaha
justemokid - 28/11/2009 09:18 AM
#11

ane orang sintang gan..
nubie...~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
DIKA23 - 30/11/2009 05:34 AM
#12

Quote:
Original Posted By justemokid
ane orang sintang gan..
nubie...~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~


boleh gan,,,,hahhaha
DIKA23 - 30/11/2009 05:37 AM
#13

[code]listnya sementara ini,,:
1.future go
2.lucky magician
3.ekoalizer
4.timoel
5.DIKA23
6.justemokid
7.Milang[/code]
DIKA23 - 26/12/2009 05:32 AM
#14

ko' perasaan dari kmaren ane trus yang nyerocos d sini,,,gak ada temen ne,,hahahha
Milang - 29/12/2009 09:26 AM
#15

Budak sintang asli ni gan...
& sekarang masih tinggal di sintang, sangat aktif di ni forum dari pada fb...
ilovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskus
ekoalizer - 01/01/2010 02:07 AM
#16

Sepi banget ya.
Kayaknya harus promosi ke skolah2 di sintang nih.~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~
DIKA23 - 03/01/2010 03:46 AM
#17

sep,,promosiin aja,,,sambil buat info kek,,,ada kejadian apa jak d stg,,,kngen ne,,,tapi masih 3 mggu lagi pulang ne,,,hahahah

pada masih sekolah y???hahahaha
ngakak gan,,,
DIKA23 - 03/01/2010 03:47 AM
#18

Quote:
Original Posted By Milang
Budak sintang asli ni gan...
& sekarang masih tinggal di sintang, sangat aktif di ni forum dari pada fb...
ilovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskus


lebih enakan ngaskus kmana2 dri pada fb,,,hehee,,,
share dong pada ada kjadian ape jak d stg??
Milang - 06/01/2010 05:55 PM
#19

Quote:
Original Posted By DIKA23
lebih enakan ngaskus kmana2 dri pada fb,,,hehee,,,
share dong pada ada kjadian ape jak d stg??


Yang sangat menghebohkan kemaren di sintang terjadi perampokan gan, 700 juta, eh nda tau e, 5 jam kemudian tetangkap gan...
itu sekarang yan lagi hangat di sintang...
Agan domisili di bandung??
Lam kenal ja ye...
ilovekaskus
DIKA23 - 07/01/2010 01:15 AM
#20

Quote:
Original Posted By Milang
Yang sangat menghebohkan kemaren di sintang terjadi perampokan gan, 700 juta, eh nda tau e, 5 jam kemudian tetangkap gan...
itu sekarang yan lagi hangat di sintang...
Agan domisili di bandung??
Lam kenal ja ye...
ilovekaskus


wew,,parah gak y gan,,,tu kronologis nye cem mane,,,gile gak d stg skrg y,,
iye gan ane skrg domisili d bdg karena agik kuliah jak,,,ntar mggu depan ane pulang kesintang,,,hhahahha
lam knal juga gan,,,ngakak

klu ane tinggal d daerah darunajah diantara polres dngan simpang 5,,,
yg d warung gaul faza,,,,,

tinggal d daerah mane emng nye gan???
Page 1 of 385 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Barat > ~~۩۞۩ ►►► Kaskuser Sintang ◄◄◄ ۩۞۩~~