HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 10 of 215 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›

zusans imran - 31/07/2009 12:24 AM
#181

Quote:
Original Posted By kim han
hm.. dok.. gw ada pasang kawat gigi ne.. waktu umur 19 taun.. nah skrg dah mau 4 taun.. hasilnya c bagus... november ini gw lepas.. trus pake retainer..
bulan november ini pas gw pasang genap 4 taun.. yg gw mau tanya.. apa benar makin lama pasang behel ga bagus buat gigi? trus tar kalau lepas ada bekas kotak" gitu?

oya, kalau pake pemutih gigi, ada efect sampingnya buat gigi kita ga? misalnya menjadi lebih sensitif ama dinggin? atau ada jangka waktunya ga?
mutihin gigi berapa duit c?

tq beer:

Kalau kelamaan pasang kawat gg, memang kadang ada bekas kotak itu, bekas brachesnya, karena sekian lama bagian yg tertutupi itu tentu beda dengan bagian gg yg terpapar terus menerus. gambaran seperti kotak2 itu bisa jadi karena: bagian yg terpapar lebih kotor karena noda ekstrinsik spt kopi, tek, tembakau dll ketimbang bagian yg tertutup braches; atau bagian yg tertutup braches menjadi lebih putih karena terjadi demineralisasi (calon lubang/white spot) di bawah braches.. biasanya dengan tindakan skeling dan polish, noda2 ekstrinsik bisa agak pudar, tapi kalau mau bener2 maksimal ya dibleaching aja. Soal biaya tergantung masing2 dokter, kalau di dharmawangsa ya 5-6 jy an, hehhe..tp sebenernya ga semahal itu kok kalau di praktik pribadi endodontis.
efek samping dari bleaching/pemutihan gg, struktur gigi jd agak rapuh. zat pemutih itu kan bersifat asam (makanya nodanya bisa luntur), jd waktu email g terpapar zat asam, berpotensi terjadi krack seperti retak2 marbel atau terbentuk lubang2 mikroskopis di permukaan email, sehingga lapisan proteksi menjadi berkurang.
bleaching jg mesti dilihat lagi etiologinya, kalau putih2nya itu karena demineralisasi, justru jangan dibleaching, melainkan harus topikal aplikasi fluoride. jadi jangan langsung memutuskan mau dibleaching, coba diskeling dan dipolish dan topikal aplikasi fluor dulu.
kim han - 31/07/2009 12:53 AM
#182

Quote:
Original Posted By zusans imran

Kalau kelamaan pasang kawat gg, memang kadang ada bekas kotak itu, bekas brachesnya, karena sekian lama bagian yg tertutupi itu tentu beda dengan bagian gg yg terpapar terus menerus. gambaran seperti kotak2 itu bisa jadi karena: bagian yg terpapar lebih kotor karena noda ekstrinsik spt kopi, tek, tembakau dll ketimbang bagian yg tertutup braches; atau bagian yg tertutup braches menjadi lebih putih karena terjadi demineralisasi (calon lubang/white spot) di bawah braches.. biasanya dengan tindakan skeling dan polish, noda2 ekstrinsik bisa agak pudar, tapi kalau mau bener2 maksimal ya dibleaching aja. Soal biaya tergantung masing2 dokter, kalau di dharmawangsa ya 5-6 jy an, hehhe..tp sebenernya ga semahal itu kok kalau di praktik pribadi endodontis.
efek samping dari bleaching/pemutihan gg, struktur gigi jd agak rapuh. zat pemutih itu kan bersifat asam (makanya nodanya bisa luntur), jd waktu email g terpapar zat asam, berpotensi terjadi krack seperti retak2 marbel atau terbentuk lubang2 mikroskopis di permukaan email, sehingga lapisan proteksi menjadi berkurang.
bleaching jg mesti dilihat lagi etiologinya, kalau putih2nya itu karena demineralisasi, justru jangan dibleaching, melainkan harus topikal aplikasi fluoride. jadi jangan langsung memutuskan mau dibleaching, coba diskeling dan dipolish dan topikal aplikasi fluor dulu.


wow.. makasi bgt dok kiss
tanya lagi ne.. hahaha berapa biaya di diskeling ,polish atau topikal aplikasi fluor?

tq dok kiss
utang cendol ane.. hahaha
zusans imran - 01/08/2009 01:07 AM
#183

Quote:
Original Posted By kim han
wow.. makasi bgt dok kiss
tanya lagi ne.. hahaha berapa biaya di diskeling ,polish atau topikal aplikasi fluor?

tq dok kiss
utang cendol ane.. hahaha
skeling, polish dan topikal aplikasi fluor bisa dilakukan sekali kunjungan. Urutannya: cek plaque, supaya kamu bisa lihat apakah kontrol plaque yg selama ini kamu lakukan sudah optimal atau belum; kedua skeling; ketiga polish; keempat diolesi fluor, seperti dipakai kuteks gitu di permukaan gg kamu. setelah dioles fluor, ga boleh makan/minum dulu selama satu jam, sehingga diharapkan fluor tadi bener2 bekerja di permukaan gigi. Biayanya mulai dari 100rb. skeling. polish dan topikal aplikasi fluor ini bagus sekali jika rutin dilakukan per 6 bulan sekali.

kim han - 01/08/2009 02:05 AM
#184

Quote:
Original Posted By zusans imran
skeling, polish dan topikal aplikasi fluor bisa dilakukan sekali kunjungan. Urutannya: cek plaque, supaya kamu bisa lihat apakah kontrol plaque yg selama ini kamu lakukan sudah optimal atau belum; kedua skeling; ketiga polish; keempat diolesi fluor, seperti dipakai kuteks gitu di permukaan gg kamu. setelah dioles fluor, ga boleh makan/minum dulu selama satu jam, sehingga diharapkan fluor tadi bener2 bekerja di permukaan gigi. Biayanya mulai dari 100rb. skeling. polish dan topikal aplikasi fluor ini bagus sekali jika rutin dilakukan per 6 bulan sekali.



itu di lakukan setiap 6 bulan sekali ampe kapan tuh...

thx dok.. sorry banyak tanya..

note : seperti kata mbah surip... kiss i lope u full.. hahaha kiss
zusans imran - 01/08/2009 02:49 AM
#185

Quote:
Original Posted By kim han
itu di lakukan setiap 6 bulan sekali ampe kapan tuh...

thx dok.. sorry banyak tanya..

note : seperti kata mbah surip... kiss i lope u full.. hahaha kiss

prosedur perawatan fase pemeliharaan ini dilakukan seumur hidup kalau mau gigi dan mulut terpelihara..
3D Kaskuser - 01/08/2009 10:55 AM
#186

So weel, emang begitu

Kawat gigi lumayan mengangu gigi
narsisdotcom - 01/08/2009 01:05 PM
#187

wah infonya top markotob... saya butuh soalnya...
Razorical - 03/08/2009 04:44 PM
#188

dokter..
mau nanya neh...

RSGM itu yang di salemba bukan, yang FKG UI?

trus saya punya masalah sama gigi saya yang diatas paling depan tengah, dua giginya saya itu agak jarang alias giginya gak rapet dan agak maju sedikit, nah berapa lama saya harus make itu behel?

nah, kalo pake behel ada pantangannya gak dok?

trus, gigi saya kadang2 ngilu atau agak sensitif, itu apa berpengaruh juga sama pembuatan gigi kawat nanti dan kalo udah make behel apa rasa ngilu itu bisa berkurang?

maaf neh kalo pertanyaannya repost... hehheehe..
makasih perhatiannya..
Ranmorii - 04/08/2009 08:59 PM
#189

emm .. mo nanya donk ..
ane kan make ini behel uda setahun gituh ..
dokter ane nyuruh make karet yg dari depan ke blakang ituh ..
sbenerny efek di apany c kalo make ?
soalny gini kan ane sempet tuh berhari" bahkan mungkin seminggu gitu lupa make mulu kan soalny sikat gigi dilepas kan ..nah kalo sering dilepas gituh efek ny cm jd tambah lama dilepas ato bisa efek di kemunduran gigi sih ?
thx inpo ny yah gan .. \)
kim han - 04/08/2009 11:36 PM
#190

dok, mau tanya lagi gw... hehehe

2 gigi depan bagian atas gw, belakang nya itu.. ada kek noda gitu.. gw baru tau sekarang, waktu gw isenx ambil kaca buat liat bagian sisi belakang gigi depan gw..

nah yg gw mau tanyakan.. bisa di bersihkan ga ya? gw kan pake kawat gigi..
kalau misalnya di bersihkan kek bersihkan plak gigi, bisa ganggu syaraf gigi gw ga? soalnya gw kan lagi pasang kawat gigi ne.. apa lagi gw bulan november lepas.. takut nya kenapa" lagi...

oya, kalau ga di bersihkan bisa nyebar ga ya noda pada belakang gigi depan gw? trus berapa ya kira" biaya buat bersihkan?

tq dok kiss
zusans imran - 05/08/2009 02:18 AM
#191

Quote:
Original Posted By Ranmorii
emm .. mo nanya donk ..
ane kan make ini behel uda setahun gituh ..
dokter ane nyuruh make karet yg dari depan ke blakang ituh ..
sbenerny efek di apany c kalo make ?
soalny gini kan ane sempet tuh berhari" bahkan mungkin seminggu gitu lupa make mulu kan soalny sikat gigi dilepas kan ..nah kalo sering dilepas gituh efek ny cm jd tambah lama dilepas ato bisa efek di kemunduran gigi sih ?
thx inpo ny yah gan .. \)

kalau karetnya rentang depan-belakang fungsinya untuk memperbaiki harmonisasi rahang; kalau karetnya rentang atas-bawah untuk menarik gii supaya tingginya selaras dengan gigi tetangganya dalamsatu rahang. Kalau tidak dipakai ya tentu saja tidak memberikan efek yg diinginkan terhadap anomali yg ingin dikoreksi di mulut kamu...
zusans imran - 05/08/2009 02:25 AM
#192

Quote:
Original Posted By Razorical
dokter..
mau nanya neh...

RSGM itu yang di salemba bukan, yang FKG UI?

trus saya punya masalah sama gigi saya yang diatas paling depan tengah, dua giginya saya itu agak jarang alias giginya gak rapet dan agak maju sedikit, nah berapa lama saya harus make itu behel?

nah, kalo pake behel ada pantangannya gak dok?

trus, gigi saya kadang2 ngilu atau agak sensitif, itu apa berpengaruh juga sama pembuatan gigi kawat nanti dan kalo udah make behel apa rasa ngilu itu bisa berkurang?

maaf neh kalo pertanyaannya repost... hehheehe..
makasih perhatiannya..

kalau kasusnya memang hanya diastema sentralis dengan sedikit kelebihan overjet seperti yg kamu ceritakan di atas, biasanya bisa terkoreksi hanya dalam hitungan bulan.
Soal gigi sensitif, nanti ketika perawatan akan dikoordinasi perawatan yg kemprehensif antara keluhan mengenai sensitivitas gg dan masalah oklusi. dokter orthonya bisa merawat sendiri atau berkoordinasi dengan Sp. PErio/Sp. KOnservasi gigi. sensitivitas gigi tidak memberi pengaruh jauh terhadap efektivitas perawatan ortho.
Di Universitas manapun baik negeri maupun swasta, RSGM biasanya satu lokasi dengan FKGnya.
zusans imran - 05/08/2009 02:39 AM
#193

Quote:
Original Posted By kim han
dok, mau tanya lagi gw... hehehe

2 gigi depan bagian atas gw, belakang nya itu.. ada kek noda gitu.. gw baru tau sekarang, waktu gw isenx ambil kaca buat liat bagian sisi belakang gigi depan gw..

nah yg gw mau tanyakan.. bisa di bersihkan ga ya? gw kan pake kawat gigi..
kalau misalnya di bersihkan kek bersihkan plak gigi, bisa ganggu syaraf gigi gw ga? soalnya gw kan lagi pasang kawat gigi ne.. apa lagi gw bulan november lepas.. takut nya kenapa" lagi...

oya, kalau ga di bersihkan bisa nyebar ga ya noda pada belakang gigi depan gw? trus berapa ya kira" biaya buat bersihkan?

tq dok kiss
ga ada masalah dengan saraf gigi. menghilangkan noda/stain pada gigi bisa dilakukan sekalian waktu skeling, dokter ortonya juga bisa menskeling kok. perlu diketahui juga, waktu penskelingan dengan alat elektrik/ultrasonik, harus dipastikan air tetap mengalir di permukaan gigi selama prosedur berjalan. getaran alat skeler elektrik menimulkan panas yg bisa menyebabkan nekrose/matinya saraf gigi. kalau airnya engga ngalir, berarti skelernya itu udah rusak. biaya skeling mulai dari 100rban.
no21reason - 05/08/2009 11:43 PM
#194

Quote:
Original Posted By zusans imran


3,5 jt sama PPDGS Sp Ort.


jdi pingin psg gw . . .di daerah mna psg behel 3,5jt ???
xjpn - 06/08/2009 11:34 AM
#195

spoilernya ga bisa kebuka sama aku bro... knp ya? soalnya pgen lihat2 yg di beritakan dan di ksh info itu... terutama harganya..
Nychm - 07/08/2009 11:51 AM
#196

Ane sampe sekarang takut pake kawat gigi. Walo rahang atas ane maju (tonggos), tapi tetep ga mau pake kawat gigi
zusans imran - 08/08/2009 03:47 AM
#197

Quote:
Original Posted By no21reason
jdi pingin psg gw . . .di daerah mna psg behel 3,5jt ???
RSGM FKG Universitas Negeri, departemen orthodonsia. PPDGS=dokter gigi umum yg sedang menempuh pendidikan dokter gigi spesialis orthodonsia.
Quote:
Original Posted By xjpn
spoilernya ga bisa kebuka sama aku bro... knp ya? soalnya pgen lihat2 yg di beritakan dan di ksh info itu... terutama harganya..
first, I am a lady, and about the spoiler, well, sometime it happened.
just try to reload the page.
Quote:
Original Posted By Nychm
Ane sampe sekarang takut pake kawat gigi. Walo rahang atas ane maju (tonggos), tapi tetep ga mau pake kawat gigi
no junk please. thank you.
yukaaa - 08/08/2009 09:26 AM
#198

Kalau ganti karet behel sebaiknya berapa bulan sekali ya? terimakasih sebelumnya
Colixx - 09/08/2009 11:56 PM
#199

Pengen nanya dnk..
G uda selese masang behel n skarang pk kawat sementara gt..
Nah permasalahannya wisdom tooth g ms tertanem gt, n uda mulai muncul d permukaan gusi..

Pertanyaannya :
1. Dengan tumbuhnya wisdom tooth it, apakah mempengaruhi susunan gigi g yg uda rapi setelah di ortho ini?

2. Fungsi kawat sementara gt apa yah? Makenya gk enak banget..Langit" mulut g tertutup sm kawat sementara ini..menyiksa banget \(


Thank's ya wat jawabannya D
zusans imran - 11/08/2009 01:40 AM
#200

[COLOR="Black"]
Quote:
Original Posted By yukaaa
Kalau ganti karet behel sebaiknya berapa bulan sekali ya? terimakasih sebelumnya
silakan konsul langsung dengan drg yg merawat, karena dia yg tahu rencana perawatan kamu..^^

Quote:
Original Posted By Colixx
Pengen nanya dnk..
G uda selese masang behel n skarang pk kawat sementara gt..
Nah permasalahannya wisdom tooth g ms tertanem gt, n uda mulai muncul d permukaan gusi..

Pertanyaannya :
1. Dengan tumbuhnya wisdom tooth it, apakah mempengaruhi susunan gigi g yg uda rapi setelah di ortho ini?

2. Fungsi kawat sementara gt apa yah? Makenya gk enak banget..Langit" mulut g tertutup sm kawat sementara ini..menyiksa banget \(


Thank's ya wat jawabannya D

1. kalau wisdom toothnya tumbuh normal, sempurna dan cukup ruang, maka tidak akan mempengaruhi susunan gigi yang sudah baik pasca perawatan ortho. wisdom tooth tidak punya fungsi tambahan khusus, saran Saya diremove saja. dengan posisinya yg sangat posterior, seringkali kontrol plak/penyikatan gigi tidak optimal di sana, sehingga cenderung terbentuk karies. kalau sudah berlubang, harus direhab dengan penambalan atau perawatan saluran akar atau dicabut. posisinya yg diujung sangat menyulitkan untuk dilakukan perawatan apapun, seklaipun gigi tersebut tumbuh normal.

2.retainer itu fungsinya untuk mengkondisikan tulang supaya beradaptasi dengan posisi gigi yg baru ini. ada juga retainer yg dipakai jangka panjang, disemen di belakang gigi. hal ini dilakukan supaya gigi tidak kembali ke posisi seperti sebelum dilakukan perawatan ortho (relaps). relaps akan punya kans besar untuk terjadi jika ada faktor skeletal/pola pertumbuhan tulang. untuk itulah pentingnya perhitungan sefalometri sebelum rencana perawtan, sehingga drg bisa menetukan prognosa pasca perawatan.

semoga bisa dipahami dan membantu ya..
[/COLOR]
Page 10 of 215 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)