HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 16 of 215 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›

zusans imran - 03/10/2009 07:41 PM
#301

Quote:
Original Posted By mar1lyn
Agan dokter uda balik.

Terima kasih buat info2 bagus.. Tanya dong:
1. klo gigi implan itu bisa di pakein kawat gigi gak ya? soalnya pan implan itu akarnya bukan akar normal lagi...

2. apakah tujuan kawat gigi itu cuman untuk memperbaiki struktur gigi yg gak rata? ato bisa juga buat merubah struktur rahang?

3. dari proses konsultasi sampai pemakaian kawat itu perlu berapa lama ya? kasus saya sih. gigi saya ga da yg saling tumpuk, cuman ada beberapa yg di cabut jadi ada gap antara para gigi.. gitu

thanks in advance. Agan
Helo mar1lyn,
1. dalam perawatan ortodonti, biasanya implan/mini implan untuk gg belakang digunakan sebagai penjangkar/cincin. Kalau gg belakangnya normal, gigi depan ada yg hilang dan ingin pasang implan dan gigi keseluruhan susunannya kurang bagus, maka dibuat rencana perawatan yang komprehensif untuk merapikan gigi-geligi dan ruang bagi implant nantinya.

2. kalau merubah profil secara ekstrim sih tidak ya, tetapi perawatan ortodonti berpengaruh pada profil yg ada dan diusahakan minimal mendekati profil normal. Kalau setelah perawatan orto masih merasa sangat kurang estetis dari segi profil, dapat dipertimbangkan untuk operasi pengangkatan sebagian dari tulang (misalnya pada kasus rahang bawah yg ke depan/maju sekali/klas 3).

3. Lama perawatannya tergantung kecakapan dokter dan kerjasama pasien menaati jadwal rencana perawatan yang sudah dibuat.

Quote:
Original Posted By deca2708
sis, mau nanya lagi. kemaren tuh kan saya pernah liat2 harga invisalign, invisalign di amerika sekitar $3000-9000. kemaren sempet nanya juga ada dokter di indo diliat di web2 terus saya email dia, dan dia bilang harga standar invisalign $4600.
apa itu benar? jadi harga di indo soal invisalign tuh sama kaya harga di amrik.
masa 46 juta??

kalo pesawat lepasan di indo tiap kali ganti 500ribu?
kira2 misalnya gigi saya cuman mau gigi depan yang monyong sekitar 45 derajat bisa makan waktu berapa lama ya sis kalo pake pesawat lepas?

biaya perawatan ya suka-suka dokternya, walaupun sebenarnya ada batas bawah dan batas atas tarif yang ditentukan dari persatuan dokter gigi Indonesia/konsil (kalau dokter gigi Sp orto namanya ikorti). So, tinggal pasiennya aja gimana..: if you want it-take it, if you dont want it-just leave it ^^

kalau pesawat lepasan itu jauh lebih murah daripada pesawat cekat, karena efek kerjanya juga lebih cepat dan lebih baik pesawat cekat. soal merek pesawat cekat, semua merek sama saja, toh prinsip kerja pesawat semuanya sama.. ga ada perawatan orto cekat yang enggak sakit, pada awalnya semuanya sakit, imagine lah, gigi yg kuat tertanam dalam tulang mau digeser2dengan tarikan kawat. kalau ada yg pasang pesawat orto engga ada rasa sama sekali, berarti ga ada tarikan yg ditimbulkan alias pesawatnya cuma nempel gitu aja, ga ada beda dengan accesoris..ga benar itu.

pesawat lepas biasanya lebih efektif pada masa gigi bercampur (pergantian gigi geligi (9-13 tahun, di bwah 9 tahun diobservasi aja dulu); kalau sudah gigi permanen semua, sulit mengkoreksinya dengan pesawat lepas dan kemungkinan relaps/balik ke keadaan semula juga lebih besar. rencana perawatan dengan pesawat lepasan biasanya paling banyak dua tahapan saja, itupun kadang tidak perlu ganti pesawat secara total, paling hanya modifikasi seperti pemasangan button/elastic untuk mengkoreksi gigi yg berputar. kecuali ada perbaikan kelas/relasi rahang, baru total diganti, pada tahap dua dipakai pesawat lepasan fungsional. 1 pesawat mulai dari Rp 500 k.

Lama perawatannya tergantung kecakapan dokter dan kerjasama pasien menaati jadwal rencana perawatan yang sudah dibuat. Demikian jawaban Saya.
lican - 06/10/2009 01:28 AM
#302

wow ternyata repot bgt ya pasang kawat gigi. tp denger2, kl ada gigi geraham, hrs dicabut ya kl mau psg kawat gigi. sbnrnya bahaya ga sih? soalnya kan kl sembarang cabut, denger2 bs membutakan mata.

gw sih mau pasang kawat gigi, tp serem nih denger2 berita ky bgt.
la.belle - 06/10/2009 12:01 PM
#303

Mau share ni soal permasalahan behel yang pnh gw alami... huhuhuhu

Akhir tahun lalu gw pasang behel di seorang drg umum dikawasan darmawangsa (tpi skarang udah ga disana lagi), diawal2 udah ga pake rontgen (yang kta drg nya ga perlu), jadi cuman pake cetakan gigi aja.. trus disuruh kontrol seminggu sekali (yang gw cm dateng awal2nya aja seminggu sekali untuk ditarik, bis tu gw ga pernah mau lagi dateng seminggu sekali).. Sampe 9 bulan setelahnya, drg itu kasar banget deeeh.. (padahal kesan pertama baik bgituh) dan gw dah mulai ga sreg banget sama dia, gusi gw pnh sampe bleeding gara2 ketusuk alatnya dia waktu mo copot2in karet behelnya.. (dalem hati gw kok ga ati2 banget sih, scara dia nyopot2in karetnya bener2 kyak orang buru2 ga sabaran gituh, ga minta maaf pula) Dan mulailah gw berniat untuk pindah drg, akhirnya berdasarkan rekomendasi temen gw, adalah seorang drg sp.orth...
Mulailah gw dateng ke drg orth itu, dan di poto2in + disuruh rontgen (prosedur yang ga pernah ada di drg sebelumnya), sampe akhirnya hasil rontgen gw keluar terlihatlah salah satu gigi gw kena resopsi (CMIIW), yang kata dokternya akarnya jadi pendek, bisa jadi krn kena tarikan yang terlalu kenceng..... dan tiba2 aja drg sp.orth nya itu ga berani nanganin case gw... (rasanya hopeless gituh dan beteeeeee beraaaaaaattt sama drg yang sebelumnya), trus gw disuruh balik lagi aja ke drg yang lama, dan gw keukeh tetep ga mau, akhirnya setelah gw rayu2 mau juga drg nya nanganin gw, ktnya kudu blajar2 lagi mengenai casenya, sampe dia tanya2 ke ketua persatuan drg orth gituh.. p

Dari pengalaman gw itu, cuman pengen share aja klo sebelum pasang behel, diliat2 dulu dokternya, mending tanya2 temen atau sodara yang udah pernah pasang di drg itu, dan emang bener kudu di drg sp.orth rasa hati kan lebih tenang, dan ga was2 kyak yg pernah gw rasain sblmnya... Padahal dulu gw harga pasang behelnya juga ga murah.. (around 11jt behel yang biasa), padahal di t4 lain ada yang ga semahal itu \(
Dan akhirnya behel di gigi gw yang resopsi itu dicopot dulu dalam jangka waktu brapa bulan gituh, dan ga dikasih gaya sama sekali... Masih berdoa nih supaya ga makin pendek aja akar gigi gw.... \(
808 - 06/10/2009 12:08 PM
#304

Seminggu yang lalu saya pasang kawat gigi di Medan, hanya pada rahang atas.

Kata Dokternya dia tidak memakai cincin, karena dari pengalamannya pemakaian cincin sering merusak gigi pasien-pasiennya.

Lalu sekarang saya pindah tugas di jakarta. Belum sempat kontrol perawatan pertama, tapi sudah di konsultasi ke dokter sebelumnya bahwa dia mempersilahkan saya untuk mencari dokter yang bersedia menerima perawatan lanjutan.

Saya sudah mencari-cari informasi tentang tempat yang bersedia menrima perawatan lanjutan (pindah) dari berbagai pengalaman orang-orang, terutama dari kaskus, dan kebayakan katanya para dokter tidak mau menerima begitu saja dan harus membayar biaya transfer (gak tau apa istilahnya hehehe) yang katanya hampir sama dengan biaya pasang baru.. apakah benar begitu?

Kalau di RSGM FKG UI apakah bersedia menerima pindahan pasien? kalau bisa biayanya berapa ya?

Makasih sebelumnya ata infonya ya..
la.belle - 06/10/2009 04:40 PM
#305

Quote:
Original Posted By 808
Seminggu yang lalu saya pasang kawat gigi di Medan, hanya pada rahang atas.

Kata Dokternya dia tidak memakai cincin, karena dari pengalamannya pemakaian cincin sering merusak gigi pasien-pasiennya.

Lalu sekarang saya pindah tugas di jakarta. Belum sempat kontrol perawatan pertama, tapi sudah di konsultasi ke dokter sebelumnya bahwa dia mempersilahkan saya untuk mencari dokter yang bersedia menerima perawatan lanjutan.

Saya sudah mencari-cari informasi tentang tempat yang bersedia menrima perawatan lanjutan (pindah) dari berbagai pengalaman orang-orang, terutama dari kaskus, dan kebayakan katanya para dokter tidak mau menerima begitu saja dan harus membayar biaya transfer (gak tau apa istilahnya hehehe) yang katanya hampir sama dengan biaya pasang baru.. apakah benar begitu?

Kalau di RSGM FKG UI apakah bersedia menerima pindahan pasien? kalau bisa biayanya berapa ya?

Makasih sebelumnya ata infonya ya..


kalo di t4 gw di daerah sekitar rawamangun itu, kyaknya dokternya nrima pindahan de, tetep bayar juga biayanya, tapi ga full kyak pasang baru, karena mereka juga ngitung biaya yg dikeluarin untuk ganti2 kawat barunya, tapi tiap kontrol tetep bayar, drg nya baik juga... \)
zusans imran - 07/10/2009 12:25 AM
#306

Quote:
Original Posted By 808
Seminggu yang lalu saya pasang kawat gigi di Medan, hanya pada rahang atas.

Kata Dokternya dia tidak memakai cincin, karena dari pengalamannya pemakaian cincin sering merusak gigi pasien-pasiennya.

Lalu sekarang saya pindah tugas di jakarta. Belum sempat kontrol perawatan pertama, tapi sudah di konsultasi ke dokter sebelumnya bahwa dia mempersilahkan saya untuk mencari dokter yang bersedia menerima perawatan lanjutan.

Saya sudah mencari-cari informasi tentang tempat yang bersedia menrima perawatan lanjutan (pindah) dari berbagai pengalaman orang-orang, terutama dari kaskus, dan kebayakan katanya para dokter tidak mau menerima begitu saja dan harus membayar biaya transfer (gak tau apa istilahnya hehehe) yang katanya hampir sama dengan biaya pasang baru.. apakah benar begitu?

Kalau di RSGM FKG UI apakah bersedia menerima pindahan pasien? kalau bisa biayanya berapa ya?

Makasih sebelumnya ata infonya ya..
Saya juga pernah lihat kasus seperti ini. pasang cincin? its a must, sweetheart. kalau hanya pakai buccal tube, nanti bisa lepas kawatnya..ga safe lah. Soal biaya, langsung aja cek di TKP.

la.belle - 07/10/2009 11:00 AM
#307

Quote:
Original Posted By zusans imran
Saya juga pernah lihat kasus seperti ini. pasang cincin? its a must, sweetheart. kalau hanya pakai buccal tube, nanti bisa lepas kawatnya..ga safe lah. Soal biaya, langsung aja cek di TKP.



Hmmm, gigi ku masih pake buccal tube gituh... ganti aja pa yaaa??? efeknya beda ga si sama kalo dikasih cincin?
LeoHartono999 - 07/10/2009 08:28 PM
#308

Aku mau tanya dong beberapa hal
Yang pertama adalah gigi bagian atasku itu rata semua dan tidak melengkung seperti gigi pada umumnya mungkin karena di bagian kiri ada satu gigi yang masuk ke dalam begitu, apakah memakai behel bisa memperbaiki gigi saya? karena banyak temen temen saya mengatakan kalau behel itu untuk gigi yang menonjol ke depan alias tongos gitu jadi kalau memakai behel gigiyna ditahan ke belakang dan jadi rapi sedangkan kasus saya, gigi ngga tonggos tapi rata semua di bagian atas seperti pagar gitu harusnya kan ada lengkunngan gitu,
Trus ada recomend gak yah Ke drg mana trus biayanya brp? kalau bisa sih bisa dicicil, soalnya saya direcomend ama temen kalau ada Drg tapi bukan spesialis behel punya, dia melayani jasa pasang behel 2-2,5 rupiah untuk bagian behel atas saja, kalau untuk atas dan bawah antara 3-4juta dan boleh dicicil dua atau tiga kali.....saya liat tempat prakteknya dari gambar sih rapi dan bersih, menurut bos bos semua worthed ga yah??? atau saya harus ke drg spesialis??? saya pernah ditawarkan juga untuk pemasangan behel 4.5juta oleh mahasiswa trisakti yang sedang praktek, biaya 4.5 juta tersebut untuk pemasangan behel bagian atas dan bawah, sewaktu saya menanyakan apakah bisa bagian atas aja karena cuman atas saya yang bermasalah katanya ga bisa karena behel harus satu set atas dan bawah biar rapi, apakah itu benar?
Thx
808 - 08/10/2009 10:37 AM
#309

Quote:
Original Posted By zusans imran
Saya juga pernah lihat kasus seperti ini. pasang cincin? its a must, sweetheart. kalau hanya pakai buccal tube, nanti bisa lepas kawatnya..ga safe lah. Soal biaya, langsung aja cek di TKP.



Udah saya telp ke RSGM FKG UI, dan biayanya sangat membuat kaget juga, 8 juta pasang baru dan saya prosedurnya harus seperti pasang baru kata mereka. nohope:

Iya dokter saya sebelum ini memang tidak memakai cincin, tapi dari beberapa hasil pasiennya yang terdahulu pada bagus-bagus giginya, dan kerusakan gigi akibat cincin jadi tidak ada.

Jadi bingung juga nih sekarang kalau memang cincin itu harus.. hehehe
frenchfries - 10/10/2009 01:57 AM
#310

thread bermutu dan berguna nih.. jadi semakin yakin pengen pasang kawat gigi (rencana nya dalam waktu dekat ini). o Peace:
zusans imran - 10/10/2009 08:21 AM
#311

Quote:
Original Posted By LeoHartono999
Aku mau tanya dong beberapa hal
Yang pertama adalah gigi bagian atasku itu rata semua dan tidak melengkung seperti gigi pada umumnya mungkin karena di bagian kiri ada satu gigi yang masuk ke dalam begitu, apakah memakai behel bisa memperbaiki gigi saya? karena banyak temen temen saya mengatakan kalau behel itu untuk gigi yang menonjol ke depan alias tongos gitu jadi kalau memakai behel gigiyna ditahan ke belakang dan jadi rapi sedangkan kasus saya, gigi ngga tonggos tapi rata semua di bagian atas seperti pagar gitu harusnya kan ada lengkunngan gitu,
Trus ada recomend gak yah Ke drg mana trus biayanya brp? kalau bisa sih bisa dicicil, soalnya saya direcomend ama temen kalau ada Drg tapi bukan spesialis behel punya, dia melayani jasa pasang behel 2-2,5 rupiah untuk bagian behel atas saja, kalau untuk atas dan bawah antara 3-4juta dan boleh dicicil dua atau tiga kali.....saya liat tempat prakteknya dari gambar sih rapi dan bersih, menurut bos bos semua worthed ga yah??? atau saya harus ke drg spesialis??? saya pernah ditawarkan juga untuk pemasangan behel 4.5juta oleh mahasiswa trisakti yang sedang praktek, biaya 4.5 juta tersebut untuk pemasangan behel bagian atas dan bawah, sewaktu saya menanyakan apakah bisa bagian atas aja karena cuman atas saya yang bermasalah katanya ga bisa karena behel harus satu set atas dan bawah biar rapi, apakah itu benar?
Thx
Kelainan yang kamu ceritakan bisa dirawat dengan orthodonti..pesawat orto bukan hanya untuk gg tonggos, tapi juga untuk gigi-geligi yang susunannya tidak rapi/berjejal, gigi2 rahang bawah dan rahang bawah yang terletak lebih maju daripada rahang atas seperti (aburiz*l b*kr*e), gigi gingsul, gigi tertanam dalam rahang baik sebagian maupun keseluruhan (kombinasi dengan bedah) dll.

kalau relasi rahang kamu normal dan hanya ada kelainan di salah satu rahang saja, bisa saja dirawat hanya dengan memakai satu pesawat saja (tidak atas-bawah. dokter gigi kamu mengatakan begitu, mungkin karena kelainan meliputi rahang atas dan bawah, sehingga harus dirawat secara komprehensif rahang atas dan bawah agar tercapai relasi rahang dan gigi yang harmonis.

seperti di pembuka thread, yang berkompeten untuk merawat pasien dengan pesawat orto cekat/behel hanya dokter gigi Spesialis orto.

Quote:
Original Posted By la.belle
Hmmm, gigi ku masih pake buccal tube gituh... ganti aja pa yaaa??? efeknya beda ga si sama kalo dikasih cincin?
gigi yang dipasang cincin adalah sebagai gigi penjangkar,artinya, dia dianggap paling kuat posisinya untuk menahan tarikan/gaya yang diberikan pesawat; buccal tube disolder ke cincin, sehingga bisa terpasang dengan kuat dan aman. kalau tanpa cincin, buccal tube itu hanya seperti "ditempel saja di permukaan gigi, sewaktu2 bisa lepas sendiri, tentu ini tidak aman.

sekarang, kalau salah satu tangan kita ditarik sama teman yang hampir jatuh ke jurang (misal lho !), di ujung tangan yang lain ada pohon yang diameternya selingkar lengan kita, mana yang lebih kuat dan stabil untuk menahan kita agar teman tidak jatuh: telapak tangan yang satu lagi di lem ke permukaan pohon, atau lengan kita melingkari pohon tersebut..?
haws - 12/10/2009 10:52 AM
#312

dok.. ini saya yg kemaren cabut sampai 4 gigi (klo masih ingat) hehehe
setelah pasang behel, gigi saya renggang smua T_T. tapi kata dokternya ini bakalan rapet setelah ditarik sih..
nah sesuai schedule awal, minggu ini saya mau operasi gigi belakang bawah yg ngumpet di gusi dok.
- menurut dokter itu perlu/wajib dilakukan ga dok? soalnya kok kayanya banyak banget ya saya cabut gigi.
- dan denger2 klo umur udah 30 keatas. katanya nanti dudukan gigi saya bakalan ga kuat lagi gara2 gigi banyak yg dicabut. itu bener ngga ya dok? jadi bingung mau putusin cabut atao ngga.. soalnya 2 gigi belakang saya menghalangi perawatan ortho ini katanya..

thx ya dok.. hehehe
ariadenta - 13/10/2009 03:51 AM
#313

wah nice artikel gan thumbup:
kloninganku - 13/10/2009 04:15 AM
#314

salam kenal dok.
mau nanya2 nih.
kondisi gigi (nama2 gigi saya google, moga2 bener)
rahang atas:
cuspid/taring kiri agak gingsul, dan sedikit menekan/menindih lateral incisor sehingga lateral incisor agak melesak mundur. 3rd molar kiri udah dicabut. 1st bicuspid kanan juga udah gak ada. dulunya ada gap yg lumayan gede abis dicabut, tapi sekarang tinggal beberapa milimeter karena 2nd bicuspid nya jadi bergeser maju.

rahang bawah:
2nd molar kanan udah dicabut. central incisor dan lateral incisor rada2 miring dikit jadinya kalo senyum bibir bawah jadinya gak rata sempurna. kayak ada tonjolan2 kecil (manusia emg gak ada puasnya yahh \( )

rahang atas dan bawah bila dikatupkan bisa pas ketemu gigi atas dan bawah.

oh ya, usia udah masuk 30an


Pertanyaan:

1)kira2 kalo dikawatin bisa sampai waktu berapa lama bila dilihat dari susunan gigi yg ada dan usia?
2) perlu ada pencabutan gigi lagi gak hanya untuk merapikan gingsul tsb? (soalnya tanpa dicabut lagi aja udah ilang 3 \( )
3) untuk gigi yg melesak kebelakang, itu diapain biasanya? biasanya butuh waktu berapa lama untuk mengembalikan ke posisi seharusnya?
4) 2nd bicuspid yg bergeser maju n rada miring itu nantinya musti diapain yah? apa musti implant buat ngegantiin 1st bicuspid yg udah dicabut?
5) untuk 2nd molar kanan bawah yg udah ilang itu apa harus dipasang gantinya/implant?


Terimakasih sudah mau menjawab
Terimakasih banyak sudah mau bersusah payah mengelola thread yg sangat bermanfaat seperti ini

Tadinya mau pake bahasa yg dimengerti umum aja, tapi kok susah banget buat ngejelasin posisi giginya. kalo ada yg suka baca2 kasus di thread ini buat bahan belajar/nambah pengetahuan, nama2 gigi yg gua pake ada penjelasan gambarnya di sini:

http://www.tpub.com/dental1/14274_files/image122.jpg
SquareZ - 14/10/2009 03:40 PM
#315

dok mao tny nich.. spt d page 1.. gigi seri dpn saya yg 2 itu agak besar sehingga sprt agak maju.. dan gigi saya di bilank banyak ( kata doktr yg nyabut gigi kmrn) n prlu cabut 4 gigi, 2 atas n 2 bawah...

nah klo misal ny saya psang behel untuk mundurin bagian atas, kr2 bs gag ya? apakah ini bs membuat bibir saya jg kelihatan lebih mundur? kl maju gt kan ksan ny agak monyonk >_<
trims ~
vecchiaguardia - 18/10/2009 02:09 AM
#316

halo, mau numpang tanya nih dok..
gigi atas saya kan jelek, jadi ada 2 diantara gigi seri saya yg gak tumbuh (dulu pernah di rontgent) trus sekarang mau dirapiin, nah kalo pasang kawat gigi gitu, nanti bisa kan di implan gitu? trus di jakarta ada yg bagus gak buat implan gitu? ato dokter sendiri bisa untuk implan gigi seperti itu? implan itu bisa buat seumur hidup ato harus ganti2 lagi sih? trus kira2 biaya yg harus dikeluarkan berapa? dari pasang kawat dan implan giginya itu sendiri?
selaen itu mau tanya juga implan itu ada efek sampingnya gak dok? misal ga boleh makan apel ato gimana gitu? takutnya ga kuat???
makasih atas jawabannya dok D
teapoison3 - 18/10/2009 12:17 PM
#317

Dok.. saya mau tanya kalau gigi bgn bawah yg maju ke depan bisa dimundurin ga pake kawat?
Riaddenoe - 20/10/2009 03:59 PM
#318

Quote:
Original Posted By haws
dok.. ini saya yg kemaren cabut sampai 4 gigi (klo masih ingat) hehehe
setelah pasang behel, gigi saya renggang smua T_T. tapi kata dokternya ini bakalan rapet setelah ditarik sih..
nah sesuai schedule awal, minggu ini saya mau operasi gigi belakang bawah yg ngumpet di gusi dok.
- menurut dokter itu perlu/wajib dilakukan ga dok? soalnya kok kayanya banyak banget ya saya cabut gigi.
- dan denger2 klo umur udah 30 keatas. katanya nanti dudukan gigi saya bakalan ga kuat lagi gara2 gigi banyak yg dicabut. itu bener ngga ya dok? jadi bingung mau putusin cabut atao ngga.. soalnya 2 gigi belakang saya menghalangi perawatan ortho ini katanya..

thx ya dok.. hehehe


itu yg cabut 4 gigi bisa diperkirakan dicabut karena panjang lengkung rahang tidak cukup untuk menampung panjang lengkung gigi, sehingga posisi gigi berjejal/crowding. pencabutan diperlukan untuk mendapatkan ruangan untuk merapihkan gigi. kalo gigi renggang, kan untuk ada ruang menggerakkan gigi, setelah gigi berada di posisi yg tepat, geligi akan kembali dirapatkan...

saya kurang mengerti ini gigi belakang bawah yg ngumpet yang akan dicabut berupa gigi yg belum erupsi, sisa akar, atau gigi bungsu yg impaksi...

apabila gigi yang dimaksud adalah gigi geraham pertama atau kedua yg belum erupsi (keluar dari gusi), maka pencabutan diperlukan untuk ruangan bagi akar gigi yg akan digerakkan. apabila gigi yg dimaksud adalah sisa akar, sisa akar diangkat untuk kesehatan mulut (sisa akar berpotensi besar menjadi tempat berkembangnya flora patogen di mulut). apabila gigi yg dimaksud adalah gigi bungsu yg impaksi, pencabutan harus dilakukan untuk mencegah masalah posisi gigi (impaksi) berupa pada rasa nyeri akibat terjepitnya syaraf...
:kagets: - 20/10/2009 08:14 PM
#319

gan ane mo tanya.. kl misal gigi bawah geraham kecil udah dicabut 2. tp rahang bawah masih maju. bisa ga dicabut lg 2 biji geraham kecilnya? atau ada ga sih metode buat majuin gigi2 rahang atas ? soalnya masalahnya rahang atas yg berdesak2an kynya hammer:
Riaddenoe - 21/10/2009 07:53 AM
#320

Quote:
Original Posted By teapoison3
Dok.. saya mau tanya kalau gigi bgn bawah yg maju ke depan bisa dimundurin ga pake kawat?


harus liat kondisinya dulu, gan. bisa sih bisa, dengan kemungkinan besar ada gigi di rahang bawah yg harus dicabut...

konsul aja langsung ke dokter gigi, biar bisa diperiksa lebih jelas...
Page 16 of 215 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)