HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 17 of 215 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›

Riaddenoe - 21/10/2009 08:00 AM
#321

Quote:
Original Posted By kagets:
gan ane mo tanya.. kl misal gigi bawah geraham kecil udah dicabut 2. tp rahang bawah masih maju. bisa ga dicabut lg 2 biji geraham kecilnya? atau ada ga sih metode buat majuin gigi2 rahang atas ? soalnya masalahnya rahang atas yg berdesak2an kynya hammer:


udah konsul ke dokter giginya langsung gak, gan?

kalo baca sekilas penjelasan agan di atas, untuk merapikan susunan giginya emang setelah dua gigi bawah itu dicabut, gigi bawah depan akan ditarik ke belakang. dan untuk gigi atas akan diekspansi dan dirapikan. proses ekspansi juga otomatis akan menggerakkan gigi ke depan...

kalo untuk perlu nggaknya nyabut dua gigi geraham bawah kedua, saya rasa tidak perlu. kalo agan sudah konsul atau malah sedang dalam perawatan dokter gigi yg berkompetan (drg SpOrt), pencabutan dua gigi geraham kecil bawah yg pertama pasti sudah melalui perhitungan panjang lengkung rahang dan gigi, dan pencabutan dua gigi itu dirasa sudah cukup. untuk kasus yg ekstrim mungkin diperlukan pencabutan gigi rahang bawah sampai empat seperti yg agan tanyakan hammer: moga-moga gak perlu cabut lagi, ya gan...
Joksil - 21/10/2009 10:01 AM
#322

Pak dokter yang baik hati..
saya mau tanya dulu boleh?
gini dok, rencananya saya mau make kawat gigi, karena gigi atas saya yang dua paling depan posisinya antara satu sama lain berjarak (jarang), apakah untuk kasus seperti ini gigi saya yang lainnya harus di cabut?karena saya ber keinginan agar gigi atas bagian depan saya rapat, dan rapi..

trus pertanyaan lagi: secara kasat mata sih gigi saya rapi,gada gingsul maupun maju kedepan/mundur..apakah saya perlu memasang untuk bagian atas dan bawah?trims
tottiboyz - 21/10/2009 11:11 AM
#323

dokter nanya donk klo gw masang ga dirontgen dlu gmna?
trus ya masang bukan Dr SPOG bisa ga? cuma dokter gigi biasa
Riaddenoe - 21/10/2009 08:03 PM
#324

Quote:
Original Posted By Joksil
Pak dokter yang baik hati..
saya mau tanya dulu boleh?
gini dok, rencananya saya mau make kawat gigi, karena gigi atas saya yang dua paling depan posisinya antara satu sama lain berjarak (jarang), apakah untuk kasus seperti ini gigi saya yang lainnya harus di cabut?karena saya ber keinginan agar gigi atas bagian depan saya rapat, dan rapi..

trus pertanyaan lagi: secara kasat mata sih gigi saya rapi,gada gingsul maupun maju kedepan/mundur..apakah saya perlu memasang untuk bagian atas dan bawah?trims


itu yg berjarak antara dua gigi seri tengah ya, gan? yg gigi seri besar itu? kalo yg berjarak hanya antara dua gigi seri tengah saja, istilahnya diastem, perawatannya cenderung mudah, biasanya tidak perlu dilakukan pencabutan gigi. bahkan perawatan dapat dilakukan tanpa prosedur ortodontik, yaitu dengan penutupan diastem dengan bahan tambal komposit (bisa lihat gambar pertama di http://www.smilesonsandy.com/smiles_gallery.html)...

kalo rahang atas jarang tidak hanya antara dua gigi seri tengah, perlu dilihat juga gimana rahang bawahnya? kalo rahang bawahnya berjejal/crowding, mungkin perlu dilakukan pencabutan di gigi bawah. dan otomatis kedua rahang perlu dikawat...
Riaddenoe - 21/10/2009 08:12 PM
#325

Quote:
Original Posted By tottiboyz
dokter nanya donk klo gw masang ga dirontgen dlu gmna?
trus ya masang bukan Dr SPOG bisa ga? cuma dokter gigi biasa


kalo gak dirontgen, berarti prosedurnya tidak benar. karena perawatan ortodontik melibatkan jaringan tulang pendukung gigi yang tidak bisa dilihat kondisinya hanya dengan pemeriksaan langsung di mulut maupun hasil cetakan...

dr Sp.OG malah gak boleh masang kawat gigi, gan, mereka kan spesialis kandungan hammer: bukan spesialis susunan gigi. yg berkompeten memasang kawat gigi cekat di kedokteran gigi adalah dokter gigi spesialis ortodontik (drg. Sp.Ort). pengetahuan dan kemampuan drg umum (general practice, GP) dalam tindakan ortodontis sangat terbatas...

jangan ke dr. Sp.OG yah gan kalo mau masang kawat gigi. hehehe...
apachegank - 21/10/2009 08:56 PM
#326

permisi dok, mau tanya ini.
saya berencana mau pasang behel, yg mau saya tanyakan apakah sebelum pasang behel harus dirawat dulu giginya?seperti pembersihan karang ato penambalan (pencabutan) gigi yg berlubang?
soalnya gigi saya ada yg berlubang dua buah, tepatnya geraham belakang bagian kanan (1 dibawah dan 1 diatas).
trus yg saya ingin tanyakan lagi, setelah dipasang behel apakah ada pantangan tertentu untuk itu?
maaf ya banyak tanya ini \)
thanks before \)
kloninganku - 21/10/2009 11:50 PM
#327

Gan, kok kasus ane gak dibahas \( \(... dokter zusans nya kemana yah?
Spoiler for pertanyaan/kasus ane nih..
salam kenal dok.
mau nanya2 nih.
kondisi gigi (nama2 gigi saya google, moga2 bener)
rahang atas:
cuspid/taring kiri agak gingsul, dan sedikit menekan/menindih lateral incisor sehingga lateral incisor agak melesak mundur. 3rd molar kiri udah dicabut. 1st bicuspid kanan juga udah gak ada. dulunya ada gap yg lumayan gede abis dicabut, tapi sekarang tinggal beberapa milimeter karena 2nd bicuspid nya jadi bergeser maju.

rahang bawah:
2nd molar kanan udah dicabut. central incisor dan lateral incisor rada2 miring dikit jadinya kalo senyum bibir bawah jadinya gak rata sempurna. kayak ada tonjolan2 kecil (manusia emg gak ada puasnya yahh )

rahang atas dan bawah bila dikatupkan bisa pas ketemu gigi atas dan bawah.

oh ya, usia udah masuk 30an


Pertanyaan:

1)kira2 kalo dikawatin bisa sampai waktu berapa lama bila dilihat dari susunan gigi yg ada dan usia?
2) perlu ada pencabutan gigi lagi gak hanya untuk merapikan gingsul tsb? (soalnya tanpa dicabut lagi aja udah ilang 3 )
3) untuk gigi yg melesak kebelakang, itu diapain biasanya? biasanya butuh waktu berapa lama untuk mengembalikan ke posisi seharusnya?
4) 2nd bicuspid yg bergeser maju n rada miring itu nantinya musti diapain yah? apa musti implant buat ngegantiin 1st bicuspid yg udah dicabut?
5) untuk 2nd molar kanan bawah yg udah ilang itu apa harus dipasang gantinya/implant?


Terimakasih sudah mau menjawab
Terimakasih banyak sudah mau bersusah payah mengelola thread yg sangat bermanfaat seperti ini

Tadinya mau pake bahasa yg dimengerti umum aja, tapi kok susah banget buat ngejelasin posisi giginya. kalo ada yg suka baca2 kasus di thread ini buat bahan belajar/nambah pengetahuan, nama2 gigi yg gua pake ada penjelasan gambarnya di sini:

http://www.tpub.com/dental1/14274_files/image122.jpg
Joksil - 22/10/2009 01:43 AM
#328

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
itu yg berjarak antara dua gigi seri tengah ya, gan? yg gigi seri besar itu? kalo yg berjarak hanya antara dua gigi seri tengah saja, istilahnya diastem, perawatannya cenderung mudah, biasanya tidak perlu dilakukan pencabutan gigi. bahkan perawatan dapat dilakukan tanpa prosedur ortodontik, yaitu dengan penutupan diastem dengan bahan tambal komposit (bisa lihat gambar pertama di http://www.smilesonsandy.com/smiles_gallery.html)...

kalo rahang atas jarang tidak hanya antara dua gigi seri tengah, perlu dilihat juga gimana rahang bawahnya? kalo rahang bawahnya berjejal/crowding, mungkin perlu dilakukan pencabutan di gigi bawah. dan otomatis kedua rahang perlu dikawat...


bener gan seperti gambar yang pertama...itu ga perlu di kawat ya?
sebaiknya saya konsul ke dokter gigi biasa dulu atau langsung ke orthodentist gan??

trims bgt loh, btw agan di bdg ya???sama donk kita gan...
Riaddenoe - 22/10/2009 09:42 AM
#329

Quote:
Original Posted By Joksil
bener gan seperti gambar yang pertama...itu ga perlu di kawat ya?
sebaiknya saya konsul ke dokter gigi biasa dulu atau langsung ke orthodentist gan??

trims bgt loh, btw agan di bdg ya???sama donk kita gan...


kalo kasusnya sederhana seperti itu, sudah bisa ditangani oleh drg umum (general practice) dengan perawatan ortodontis lepasan (lebih murah o). kalo tetep mau pake perawatan ortodontis cekat (yg biasa disebut behel), bisa juga, tapi ke drg. Sp.Ort yah. kalo jadinya mau ditambal ajah pake komposit, sebaiknya cari drg. Sp.KG, lebih jago dalam hal tambal menambal...

kalo mau ke dokter spesialisnya langsung (tanpa ke drg. umum) juga boleh...

iyah, saya di bandung...

ilovekaskus
Riaddenoe - 22/10/2009 09:45 AM
#330

Quote:
Original Posted By kloninganku
Gan, kok kasus ane gak dibahas \( \(... dokter zusans nya kemana yah?
Spoiler for pertanyaan/kasus ane nih..
salam kenal dok.
mau nanya2 nih.
kondisi gigi (nama2 gigi saya google, moga2 bener)
rahang atas:
cuspid/taring kiri agak gingsul, dan sedikit menekan/menindih lateral incisor sehingga lateral incisor agak melesak mundur. 3rd molar kiri udah dicabut. 1st bicuspid kanan juga udah gak ada. dulunya ada gap yg lumayan gede abis dicabut, tapi sekarang tinggal beberapa milimeter karena 2nd bicuspid nya jadi bergeser maju.

rahang bawah:
2nd molar kanan udah dicabut. central incisor dan lateral incisor rada2 miring dikit jadinya kalo senyum bibir bawah jadinya gak rata sempurna. kayak ada tonjolan2 kecil (manusia emg gak ada puasnya yahh )

rahang atas dan bawah bila dikatupkan bisa pas ketemu gigi atas dan bawah.

oh ya, usia udah masuk 30an


Pertanyaan:

1)kira2 kalo dikawatin bisa sampai waktu berapa lama bila dilihat dari susunan gigi yg ada dan usia?
2) perlu ada pencabutan gigi lagi gak hanya untuk merapikan gingsul tsb? (soalnya tanpa dicabut lagi aja udah ilang 3 )
3) untuk gigi yg melesak kebelakang, itu diapain biasanya? biasanya butuh waktu berapa lama untuk mengembalikan ke posisi seharusnya?
4) 2nd bicuspid yg bergeser maju n rada miring itu nantinya musti diapain yah? apa musti implant buat ngegantiin 1st bicuspid yg udah dicabut?
5) untuk 2nd molar kanan bawah yg udah ilang itu apa harus dipasang gantinya/implant?


Terimakasih sudah mau menjawab
Terimakasih banyak sudah mau bersusah payah mengelola thread yg sangat bermanfaat seperti ini

Tadinya mau pake bahasa yg dimengerti umum aja, tapi kok susah banget buat ngejelasin posisi giginya. kalo ada yg suka baca2 kasus di thread ini buat bahan belajar/nambah pengetahuan, nama2 gigi yg gua pake ada penjelasan gambarnya di sini:

http://www.tpub.com/dental1/14274_files/image122.jpg


nunggu drg. zusans ajah ya, gan...

saya bacanya agak rumit jadi agak bingung. hehehehe...

hammer:
Bona0402 - 22/10/2009 11:13 AM
#331

kalo deket ciledug, bisA pasang kawat gigi dimana ga ya?
ada rekomendasi tdk?
onaz - 22/10/2009 01:48 PM
#332

Quote:
Original Posted By etherion
kalo bisa yg sekitaran semanggi, karet bro.. jelambar kejauhan... hehe
btw thx ya
karunggoni - 22/10/2009 07:59 PM
#333
Setuju!
Sip... Setubuh, semua sudah ada ahlinya masing2... Hmm mungkin makanya Indonesia belum maju2 karena banyak hal yang dikerjakan oleh bukan ahlinya?! Well just a thought.

Nice info, salam kenal TS.Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Riaddenoe - 22/10/2009 10:21 PM
#334

Quote:
Original Posted By apachegank
permisi dok, mau tanya ini.
saya berencana mau pasang behel, yg mau saya tanyakan apakah sebelum pasang behel harus dirawat dulu giginya?seperti pembersihan karang ato penambalan (pencabutan) gigi yg berlubang?
soalnya gigi saya ada yg berlubang dua buah, tepatnya geraham belakang bagian kanan (1 dibawah dan 1 diatas).
trus yg saya ingin tanyakan lagi, setelah dipasang behel apakah ada pantangan tertentu untuk itu?
maaf ya banyak tanya ini \)
thanks before \)


benar, sebelum pemasangan behel, kondisi gigi dan mulut harus sudah ok. tidak boleh ada karang gigi (mudah menyebabkan masalah periodontal, gingivitis), tidak boleh ada gigi berlubang (giginya jadi rapuh, mudah patah/pecah), tidak moleh ada sisa akar (mudah infeksi dan menyulitkan pergerakan gigi di tulang), dan beberapa syarat kondisi lainnya...

dan setelah pemasangan, kondisi gigi dan mulut yg sudah ok itu harus tetap dijaga. yg utama, pasien harus bisa menjaga kebersihan gigi dan mulutnya (good oral hygiene)...
kissme898910 - 22/10/2009 11:37 PM
#335

yUp sEtuja... \)

Sari Kurma Aljazira buat "Meningkatkan Vitalitas" 100% alami
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=125779217
godfeelz - 23/10/2009 11:18 AM
#336

dok sy kan mau pasang behel ..
trus sm dokter nya di putihin dlu gigi nya ..
ngilu banget udah 1 minggu lebih ..
skarang sih udah ga ngilu2 banget ..
tapi kira2 sampai kapan yah ?
thx ya..
Riaddenoe - 23/10/2009 10:08 PM
#337

Quote:
Original Posted By godfeelz
dok sy kan mau pasang behel ..
trus sm dokter nya di putihin dlu gigi nya ..
ngilu banget udah 1 minggu lebih ..
skarang sih udah ga ngilu2 banget ..
tapi kira2 sampai kapan yah ?
thx ya..


kalo ngliat tulisan agan, bisa ditebak kalo sebenarnya yang sedang dilakukan dokter gigi adalah perawatan saluran akar...

jadi sebenarnya di gigi agan itu sudah terjadi lubang gigi sampai ke ruang pulpanya, lalu bakteri masuk sehingga terjadi nekrosis pulpa(jaringan pulpa mati). terjadinya nekrosis pulpa dapat ditunjukkan dengan berubahnya warna gigi menjadi gelap/kelabu. jaringan pulpa yg mati ini perlu diangkat, dibersihkan hingga ke saluran pulpa, lalu ruangannya diisi oleh suatu bahan pengisi ruang pulpa sebelum terakhir ditambal permanen...

perawatan ini perlu beberapa kunjungan. perawatan pulpa perlu dilakukan sebelum pemasangan behel untuk menguatkan struktur gigi yg menjadi rapuh akibat nekrosis pulpa...
godfeelz - 24/10/2009 10:02 AM
#338

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
kalo ngliat tulisan agan, bisa ditebak kalo sebenarnya yang sedang dilakukan dokter gigi adalah perawatan saluran akar...

jadi sebenarnya di gigi agan itu sudah terjadi lubang gigi sampai ke ruang pulpanya, lalu bakteri masuk sehingga terjadi nekrosis pulpa(jaringan pulpa mati). terjadinya nekrosis pulpa dapat ditunjukkan dengan berubahnya warna gigi menjadi gelap/kelabu. jaringan pulpa yg mati ini perlu diangkat, dibersihkan hingga ke saluran pulpa, lalu ruangannya diisi oleh suatu bahan pengisi ruang pulpa sebelum terakhir ditambal permanen...

perawatan ini perlu beberapa kunjungan. perawatan pulpa perlu dilakukan sebelum pemasangan behel untuk menguatkan struktur gigi yg menjadi rapuh akibat nekrosis pulpa...


iya dok hehe ...
dokter tau aja ..
iya mau di tambal permanent ..
abis di tambal apakah sudah selesai ?
Riaddenoe - 24/10/2009 10:58 AM
#339

Quote:
Original Posted By godfeelz
iya dok hehe ...
dokter tau aja ..
iya mau di tambal permanent ..
abis di tambal apakah sudah selesai ?


tambal permanen lho ya, bukan tambalan sementara...

perawatan saluran akarperlu beberapa kali kunjungan, untuk pengangkatan sisa jaringan, sterilisasi ruang dan saluran pulpa, pembentukan saluran pulpa, pengisian saluran pulpa, penambalan permanen...

diantara tahap2 itu, kan pasien dibolehin pulang tu, kalo perawatannya belom selese lubang yg ada cuma ditambal sementara. jadi itu gigi jangan dipake terlalu keras dulu, takut tambalannya lepas. kalo tambalannya lepas, takutnya ada tahapan yg perlu diulang...

kalo udah ditambal permanen baru bisa disebut perawatan selesai...
godfeelz - 24/10/2009 10:10 PM
#340

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
tambal permanen lho ya, bukan tambalan sementara...

perawatan saluran akarperlu beberapa kali kunjungan, untuk pengangkatan sisa jaringan, sterilisasi ruang dan saluran pulpa, pembentukan saluran pulpa, pengisian saluran pulpa, penambalan permanen...

diantara tahap2 itu, kan pasien dibolehin pulang tu, kalo perawatannya belom selese lubang yg ada cuma ditambal sementara. jadi itu gigi jangan dipake terlalu keras dulu, takut tambalannya lepas. kalo tambalannya lepas, takutnya ada tahapan yg perlu diulang...

kalo udah ditambal permanen baru bisa disebut perawatan selesai...


wah saya baru tau tuh serepot itu ..
saya kira tambal ya di tambal permanent ..
kira2 dok tambal permanent 1 lobang gigi itu brp an ya kira2 ?
thx dok
Page 17 of 215 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)