HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 19 of 215 | ‹ First  < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 >  Last ›

mini giant - 04/11/2009 11:03 AM
#361

sekedar inpo aja gw pasang behel di temen gw daerah rawamangun kena 5 jt bisa di cicil hehehehhehe tiap bulan kntrol cm 150rb
cukup murmer dibanding yg lain ( tp kayaknya krn pertemanan )


Quote:
Original Posted By zusans imran
Maaf ya..Saya tidak bisa kasih rekomendasi dokternya..dan lagi, Saya sudah menyatakan hal tsb sebagai suatu komitmen..mungkin ada teman2 lain yang bisa membantu? sekali lagi kalau boleh Saya mengingatkan, carilah kualitasnya, bukan murah meriahnya.. dan untuk perawatan orto cekal/behel, hanya drg. Sp. Ort yang berkompeten untuk hal itu. trims.
schutze - 04/11/2009 06:12 PM
#362

kbtulan sy lgi ingin pk behel

nice inpo gan
C'a_v - 04/11/2009 09:52 PM
#363

Quote:
Original Posted By mini giant
sekedar inpo aja gw pasang behel di temen gw daerah rawamangun kena 5 jt bisa di cicil hehehehhehe tiap bulan kntrol cm 150rb
cukup murmer dibanding yg lain ( tp kayaknya krn pertemanan )


Thx gan,..oBole di PM almt lngkapnya,p..tp lumayan jau jg ;)c...T,T\(
iluvmot - 05/11/2009 03:29 PM
#364

nice info gan..bener bgt tu..prosesnya lama..skrg dah selese pasang ni..iloveindonesia
PuuNeko - 05/11/2009 09:31 PM
#365

nice info.. bguna bgt tuk org kyk w yg mw pke behel. . . ilovekaskus
kloninganku - 07/11/2009 01:06 AM
#366

Quote:
Original Posted By zusans imran

Helo..maaf ya lama baru kembali, so many kind of busy..lets discuss

Pertanyaan:

1)kira2 kalo dikawatin bisa sampai waktu berapa lama bila dilihat dari susunan gigi yg ada dan usia?
Jawab: bisa dirawat, soal berapa lama tidak bisa dijawab dengan angka yang pasti, tapi, dengan pesawat orto cekat biasanya mulai dari 1,5 tahun sudah terlihat progress yang positif sekali.

2) perlu ada pencabutan gigi lagi gak hanya untuk merapikan gingsul tsb? (soalnya tanpa dicabut lagi aja udah ilang 3 \( )
Jawab: timbulnya gingsul itu biasanya dikarenakan kekurangan ruang rahang, sementara gigi taring permanen/caninus itu tumbuhnya yang paling akhir, jadi kalau ruang yang ada tidak cukup akhirnya si taring tidak bisa turun ke barisan gigi yang lain dan harus cukup puas dengan nasibnya "nyempil" di atas...^^berhubung gigi premolar 1 sudah dicabut, maka kemungkinan sudah ada ruang untuk caninus itu, hanya saja karena tidak segera dirawat akhirnya ruang tadi ditutup oleh gigi2 lain yang berubah susunannya/menjadi miring. untuk pastinya, harus dianalisa dulu dari model, sehingga bisa diketahui dengan pasti ketersediaan ruangan dan rencana perawatan untuk mengharmonisasikan gigi-geligi tersebut.

3) untuk gigi yg melesak kebelakang, itu diapain biasanya? biasanya butuh waktu berapa lama untuk mengembalikan ke posisi seharusnya?
Jawab:kalau untuk gigi depan, harus dianalisa lagi dari model, apakah letaknya tsb (walaupun melesak) justru berada pada kurva inklinasi aksis yang benar ataukah memang ada pergeseran, kalau dia yang normal, berarti justru gg lain yg harus menyesuaikan dgn gigi tsb, tapi kalau posisi dia yg melenceng dari kurva, maka harus diarahkan agar sesuai mengikuti pola kurva yag normal.

4) 2nd bicuspid yg bergeser maju n rada miring itu nantinya musti diapain yah? apa musti implant buat ngegantiin 1st bicuspid yg udah dicabut?
Jawab: mungkin yg kamu maksud dengan bicuspid (bi=2; cuspid=cusp/tonjol) adalah premolar/geraham kecil ya? kalau kasus gingsul, malah justru 1st premolar harus dicabut untuk memberi ruang gerak bagi gingsul. jadi tidak perlu diganti implan lagi.

5) untuk 2nd molar kanan bawah yg udah ilang itu apa harus dipasang gantinya/implant?
Jawab:gigi M2 jelas harus diganti. tidak harus dengan implan, mungkin masih bisa dengan gigi tiruan cekat porselen. dilihat lagi dari kondidi klinisnya.

OK..demikian advis Saya, semoga membantu.


terimakasih banyak yah bu dokter udah mau ngebahas masalah ane... jadi dapet gambaran lebih kurang kayak apa ntar kalo mo masang kawat..(kalo duitnya dah ada \) \) )

what a great thread....thumbup:thumbup:thumbup:

semoga bu dokter tambah sukses yah.
Js_ct - 07/11/2009 11:42 AM
#367

ada yg bisa kasi masukan !!!!!
saya udah pake kawaat gigi 1 tahon. gigi atas udah bagus. yg bawa malah rengang? kata dokternya harus ditarik dari belakang. karena belakang bayang ruang. dan sekarang gigi bawa rahangnya rada keluar dari rahang atas. kata dokternya. kalo giginya rengang, maka berhasil.

yang jadi masalah. waktu mau kontrol. dokternya kan keluar negri. so aku kontrol di dokter laen. dokter yang laen bilang. eh kenapa gigi bawa nya rengang (rengangnya luas). lah daku kan engak ngerti. jadi binggung. dokter mana yg bener. ???

kalo dokter gue bilang bisa rapi 3 ato 4 taon lagi. tapi dokter yg baru. dia bilang hanya 1,5taon aja udah bagus... bagai mana menurut loh Bos.. binggung nih.
zusans imran - 07/11/2009 03:53 PM
#368

Quote:
Original Posted By kloninganku
terimakasih banyak yah bu dokter udah mau ngebahas masalah ane... jadi dapet gambaran lebih kurang kayak apa ntar kalo mo masang kawat..(kalo duitnya dah ada \) \) )

what a great thread....thumbup:thumbup:thumbup:

semoga bu dokter tambah sukses yah.
trims juga.. ^^

Quote:
Original Posted By Js_ct
ada yg bisa kasi masukan !!!!!
saya udah pake kawaat gigi 1 tahon. gigi atas udah bagus. yg bawa malah rengang? kata dokternya harus ditarik dari belakang. karena belakang bayang ruang. dan sekarang gigi bawa rahangnya rada keluar dari rahang atas. kata dokternya. kalo giginya rengang, maka berhasil.

yang jadi masalah. waktu mau kontrol. dokternya kan keluar negri. so aku kontrol di dokter laen. dokter yang laen bilang. eh kenapa gigi bawa nya rengang (rengangnya luas). lah daku kan engak ngerti. jadi binggung. dokter mana yg bener. ???

kalo dokter gue bilang bisa rapi 3 ato 4 taon lagi. tapi dokter yg baru. dia bilang hanya 1,5taon aja udah bagus... bagai mana menurut loh Bos.. binggung nih.
Spoiler for jawabannya..

Seharusnya, hasil perawatan tentu menghasilkan harmonisasi susunan gigi geligi dan rahang atas-bawah yang makin baik dilihat dari sisi fungsi maupun estetis, dibandingkan sebelum perawatan..
Soal lama waktu perawatan, kembali ke awal thread, tidak selalu yang lebih cepat itu adalah lebih baik.. kalau yang merawat Anda adalah benar2 Sp. Ort, insya Allah kualitas perawatannya dapat dipertanggungjawabkan. Saran SAya, coba hubungi lagi dokter pertama yang merawat, karena dialah yang tahu rencana perawatan gigi Anda dari awalnya..merawatnya sama drg Sp. Ort kan?

Katakanlah Anda melanjutkan kontrol dengan dokter gigi lain yang belum tentu kapabilitas dan kompetensinya di bidang ortodonti, lalu di kemudian hari misalnya terjadi hal2 yang tidak diharapkan akibat dari inappropriately treatment, misalnya rahang jadi cenderung lebih berkembang ke satu sisi saja (mencong ke samping) sehingga jika dilihat dari depan-profil wajah Anda miring sebelah/asimetris, Anda mau salahkan siapa? mau minta pertanggungjawaban siapa? Kalau memang sangat memaksa, misalkan karena drg pertama tidak balik2 lg ke Indonesia, lebih baik Anda konsul ke Sp Ort di fakultas ked gigi departemen ortodonti. kalau demikian keadannya, menurut Saya lebih bijaksana kalau sebelum drg nya pindah permanen ke LN, dia merujukkan dulu pasiennya ke sejawat orto lain, jadi pasiennya tidak terlantar.
Saya lebih menganjurkan ke RSGM, karena kepastian hukumnya mengenai legal dan kapabilitas dokter giginya lebih terjamin..bukan apa2, drg yang staff pengajar idealismenya lebih terjaga ketimbang yang di luar kampus..tapi bukan berarti juga drg non staff pengajar itu tidak ada yang idealis dan memgang etik profesi ya...

demikian advis dari Saya, semoga membantu.

rdsptnt - 08/11/2009 08:15 PM
#369

nais inpo gan...
mini giant - 09/11/2009 03:25 PM
#370

Quote:
Original Posted By C'a_v
Thx gan,..oBole di PM almt lngkapnya,p..tp lumayan jau jg ;)c...T,T\(


dah gw PM bro.....
hendar_k - 09/11/2009 07:00 PM
#371
mau tanya gan?
mau tanya gan.. gigi saya yang atas dan paling tengah ada yang miring tegak lurus jika dibandingkan dengan yg lain.dan ukurannya sama dengan yg atas lainya.. klo gigi yang miring tersebut dicabut gpp? ga kena ke saraf yang lain? dan klo misal bisa d cabut itu ada space kecil(sebesar tebal gigi) nah untuk menutup yang itu klo pake wehel itu bisa bergeser ga gigi2 yng lainya sehingga space gigi yang di cabut tersebut tertutupi karena wehel.
atau ada cara lain sehingga gigi yang miring tadi bisa lulus(tidak dicabut) atau semunya rapih..
terima kasih gan ditunggu jawabannya..
natsuki_kawai - 09/11/2009 07:49 PM
#372

Quote:
Original Posted By hendar_k
mau tanya gan.. gigi saya yang atas dan paling tengah ada yang miring tegak lurus jika dibandingkan dengan yg lain.dan ukurannya sama dengan yg atas lainya.. klo gigi yang miring tersebut dicabut gpp? ga kena ke saraf yang lain? dan klo misal bisa d cabut itu ada space kecil(sebesar tebal gigi) nah untuk menutup yang itu klo pake wehel itu bisa bergeser ga gigi2 yng lainya sehingga space gigi yang di cabut tersebut tertutupi karena wehel.
atau ada cara lain sehingga gigi yang miring tadi bisa lulus(tidak dicabut) atau semunya rapih..
terima kasih gan ditunggu jawabannya..


gan, saya sbtlny ga gitu ngerti mksd posting agan tp saya cb jwb yaa. kl bs, tlg sertakan foto gigi agan biar tmbh jls.
diliat dr crt agan, kyny gigi agan yg bermasalah tuh gigi seri pertama ya? yg di bagian tengah itu bkn? mungkin itu karena gigi agan mengalami perputaran (rotasi). setau saya, gigi seri bukan indikasi untuk pencabutan ortodontik. gigi yg miring begitu sih bisa dibetulin dgn pemakaian behel. jgn dicabut lah gan. itu kn berfungsi estetik.
soal cabut kena ke saraf, mksdny apa? biasany sih kl gigi dpn jrg bgt yg kena saraf. kl takut kena ke saraf, silakan difoto Roentgen dulu dan serahin ke drg.
\)
Leerom - 10/11/2009 03:17 PM
#373

Mau tanya nich..
kalau pasang pesawat yg cekat itu bentuk nya gimana ya?
apa ada gips (maaf kl salah) yg seperti gigi palsu gitu sampe langit2 mulut nya di tutup juga atau hanya gigi nya yg dikawatin
ane mau pasang behel yg cekat tp lagi membayangi bentuk nya di rongga mulut kira2 gimana gitu....
thanx ya...kiss
hendar_k - 10/11/2009 03:30 PM
#374
tnya lg
iya maksdnya benar,
o gtu jadi ga usah d cabut, saraf? maksudnya cz ktanya klo gigi seri bagian atas biasanya berhubungan dengan saraf mata or yang lainnya.itu juga kata orang..
gigi seri bagian yang atas miring..
mang klo pake wehel bisa ya klo miringgny gtu??
ni potonya gan.. http://imgur.com/nvmIz.png
thax gan..
Riaddenoe - 10/11/2009 04:31 PM
#375

Quote:
Original Posted By Leerom
Mau tanya nich..
kalau pasang pesawat yg cekat itu bentuk nya gimana ya?
apa ada gips (maaf kl salah) yg seperti gigi palsu gitu sampe langit2 mulut nya di tutup juga atau hanya gigi nya yg dikawatin
ane mau pasang behel yg cekat tp lagi membayangi bentuk nya di rongga mulut kira2 gimana gitu....
thanx ya...kiss


pesawat orto cekat itu kawat/behel yg kawatnya direkatkan langsung ke gigi pake semen (jangan bayangin semennya kayak semen bangunan dulu yahD).

bentuknya kalo kepasang di gigi:
Spoiler for gambarnya gede, gan
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


kalo yang pake bahan yang sampai menutupi langit-langit, itu pesawat orto lepasan, dan bahannya akrilik, bukan gips...

bentuknya:
Spoiler for gambarnya gede lagi, ini kalo perangkat aktifnya belum ada
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Riaddenoe - 10/11/2009 04:41 PM
#376

Quote:
Original Posted By hendar_k
iya maksdnya benar,
o gtu jadi ga usah d cabut, saraf? maksudnya cz ktanya klo gigi seri bagian atas biasanya berhubungan dengan saraf mata or yang lainnya.itu juga kata orang..
gigi seri bagian yang atas miring..
mang klo pake wehel bisa ya klo miringgny gtu??
ni potonya gan.. http://imgur.com/nvmIz.png
thax gan..


iya, gan...

itu mah giginya rotasi, arahnya bisa dibenerin pake pesawat ortodontik cekat. tapi kayaknya butuh ruangan dengan cabut gigi geraham kecil, yg dibelakang gigi taring. pencabutan gigi depan tidak dianjurkan karena sangat mempengaruhi estetika...

kalo soal saraf, itu biasanya disebabkan pasien punya masalah sistemik, minta dicabut giginya tapi gak ngaku ke dokter giginya kalo dia punya masalah sistemik. penyakit sistemik tu yg kayak diabetes, hipertensi, jantung, kelainan darah dan teman-temannya D

moga-moga agan gak punya masalah sistemik biar perawatan ortonya lancar...
hendar_k - 10/11/2009 05:17 PM
#377

makasih bgt gan bwt infonya...
ilovekaskus
salvazar - 10/11/2009 05:24 PM
#378

tapi pemakaian behel hnya utk gaya dpt membesarkan ronggga mulut si pemake
akibatnya wajanya menjadi besar di mulut

jadi saya sarankan jgn pke utk gaya2an kcuali gigi amburadul
najisnajis
hendar_k - 10/11/2009 05:29 PM
#379

o iya gan satu lag..
kira2 biayanya brapa ya kalo menggunakan pesawat ortodontik cekat untuk bagian yang atas saja?
terima kasih gan...
Riaddenoe - 10/11/2009 05:39 PM
#380

Quote:
Original Posted By salvazar
tapi pemakaian behel hnya utk gaya dpt membesarkan ronggga mulut si pemake
akibatnya wajanya menjadi besar di mulut

jadi saya sarankan jgn pke utk gaya2an kcuali gigi amburadul
najisnajis


Belum tentu, gan. Yg pasti jadi keliatan besar mah cuma profil muka aja, itu juga selama behel dipake...

Yg jelas, pemakaian pesawat orto sembarangan oleh pihak tak berkompetensi berpeluang besar mengubah susunan geligi menjadi kacau dan menyebabkan penyakit-penyakit mulut dan masalah-masalah dento-maksilo-facial lain...

Jadi jangan make behel cuma alasan gaya, apalagi masangnya di pihak tak kompeten...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Page 19 of 215 | ‹ First  < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)