HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 215 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

zusans imran - 14/06/2009 02:04 AM
#21

Quote:
Original Posted By Kageyoshi
@zusans imran

gw mo ikutan nanya juga, gigi gw rada ga teratur dan cenderung maju (rahang bawah gw juga maju o) dan ada 1 gigi taring yang tumbuhnya di atas barisan gigi lain ([B]gingsul istilah kerennya o) pertanyaannya:

kalo mau pake kawat gigi apakah gw harus cabut gigi? jujur aja gw takut banget giginya dicabut apalagi klo ada suntik menyuntik \( tapi gigi taring gw ini kayaknya udah nancep banget di gusi.. jadi seperti vampir gt tapi taringnya cuma 1 dan g panjang hammer:

benernya sakit ga sih kalo pake kawat? sesakit apa? banyak banget gw denger cerita temen2 yang habis pake behel.. katanya sakit sampe ga ada napsu makan, malah ada sodara gw yang sampe bibirnya bengkak abu2 gt.. serem liatnya o ada juga yang kawatnya nancep ke dalam gusinya o jd trauma juga gw liat itu...

menurut sis sendiri lebih bagus pake yang lepasan atau yang fix & apa kelebihan & kekurangan masing2? dari harga juga ya o

makasih atas jawabannya... maap klo gw banyak nanya D sukses selalu


Gpp, saya senang kalau banyak nanya karena ingin tahu, memang itu tujuannya Saya bikin thread ini. Kalau yg tendensinya kayak mau nguji Saya pasti Saya cuekin, hehehe...

Spoiler for rahang normal?
Rahang bawah maju berarti Anda klas III Angle, normal itu klass I angle. dibeberapa jurnal dikatakan bahwa oklusi tidak seimbang dan relasi rahang yang tidak normal punya efek terhadap sendi rahang/TMJ, sering sakit kepala tidak?sendi rahang ada klicking/ketukan/sakit dekat telinga?


Spoiler for mengapa bisa gingsul?
Gigi taring gingsul (ectopic caninus), biasanya disebabkan karena: gigi taring permanen tumbuhnya paling belakangan (normalnya), jadi dia cuma dapat ruang sisa dari gigi2 permanen lain yang sudah keluar duluan. karena ga cukup ruang, akhirnya nyempillah dia di atas..


Spoiler for Perlu pencabutan atau tdk?
tergantung dari ruang rahang yang tersedianya berapa, ukuran giginya bagaimana. ini bisa diketahui dari analisa model/duplikat rongga mulut yg dibuat dari gips dan analisa cephalometri/foto rontgen, dokter gigi Sp.Ort nya yg analisa. kalau kekurangan ruangnya sedikit, tidak perlu dicabut, tapi kalau kekurangan ruangnya banyak ya harus ada pencabutan. Untuk kasus Anda, gigi permanen sudah keluar semua dan gingsul, sepertinya kurang ruang banget, jadi nanti gigi geraham kecil di belakang taring itu yang akan dicabut kiri dan kanan-atas >bawah--4 gigi yang dicabut, 2 atas 2 bawah. setelah dicabut kan ada ruang kosong tuh, biasanya kalau gingsul atas, begitu ada ruang kosong-dengan pengaruh gravitasi dia akan turun sendiri, tapi lebih bagus pakai kawat saja dipandu biar gingsulnya ga muter/baling. Gigi taring tidak boleh dicabut, karena dia berfungsi untuk mengoyak makanan. kalau untuk menggilas kan ada banyak gg geraham.
Sebenarnya dan seharusnya, cabut gigi itu tidak sakit, asalkan proses biusnya bener dan obat biusnya jalan..


Spoiler for pakai behel sakit ga dok?
Pasang kawat gigi pada awalnya ya sakit, karena gigi ditarik oleh kawat dengan kekuatan tertentu untuk menyusun/menggeser2 gigi. bayangkan, gigi harus digeser2 padahal dia tertanam dalam tulang..kalau sesakit apa ya tidak bisa SAya bilang, harus merasakan sendiri baru tahu bagaimana rasanya \)b yang jelas, ga sesakit dicabut gig tanpa obat bius dan tidak lebih sakit dari melahirkan..kalau begitu banyak orang yg bisa tahan sakit demi suatu tujuan perawatan yg jelas hasilnya akan seperti apa, why not? kamu pasti bisa..kan sakitnya bukan untuk menyakiti, tapi untuk kebaikan kamu sendiri di kemudian hari..



Spoiler for kok pasang behel, bibir bengkak dan ada lagi yang pernah kawatnya nancep di gusi
bibirnya sampai bengkak dan abu2? mungkin terlalu kuat tuh forcenya..kalau ada keluhan, terbuka sama dokter yg merawat, jangan diam saja..
Ada kawat nancap di gusi? ga ada tuh kawat yg ditanam di gusi ! kalaupun ada yang harus ditanam di gusi, itu bukan kawat-tapi implan untuk penjangkar kawat pada orang yang gigi depannya berantakan tapi gigi belakangnya udah ga ada. bentuknya jg bukan kawat, tapi mini skrup atau memang implan dari logam yg menyerupai bentuk gigi mulai dari akar sampai copingnya. setelah perawatan orthonya selesai baru mahkota porselen implannya dipasang.


Spoiler for Mana yang lebih baik yg lepasan dan fix?
Semua ada keuntungan dan kelebihannya. tapi, dari segi mekanisme dan hasilnya, lebih bagus yang fix. Pd pesawat fix, gerakan yg dihasilkan >bodyly--gigi digeser utuh, bukan hanya kemiringannya saja yg diperbaiki, jadi kemungkinan untuk balik berantakan lagi (relaps) lebih kecil.
Kalau pesawat lepasan, tipe gerakannya typing, hanya perbaiki kemiringan saja, tidak menggeser gigi secara utuh dari atas sampai bawah. kemungkinan relaps lebih besar walaupun tidak ada kelainan skeletal/pertumbuhan rahang. baik pemakai pesawat fix maupun lepasan, kalau ada kelainan skeletal, untuk mencegah relaps, setelah dirawat dipasang retainer. Kalau pasien ga mau pakai retainer jg gpp, tp kalau relaps, jgn nyalahin dokter gg nya. kalau udah relaps, tidak ada jalan lain kecuali dikawatin lagi...


Spoiler for biaya?
Soal biaya, lebih mahal fix lah daripada lepasan, secara yg ngerjain drg Sp.Ort. Kalau sama drg PPDGS di RSGM=3,5 jtan, kalau sm Sp Ort di praktik pribadi=mulai dari 5-7 jt an. Kalau yang lepasan mulai dari 500rb. semua kisaran tarif belum termasuk biaya kontrol per 2 mgu. masing2 dokter gigi beda2.
[/B]
Kageyoshi - 14/06/2009 10:05 AM
#22

Quote:
Original Posted By zusans imran


Gpp, saya senang kalau banyak nanya karena ingin tahu, memang itu tujuannya Saya bikin thread ini. Kalau yg tendensinya kayak mau nguji Saya pasti Saya cuekin, hehehe...

Spoiler for rahang normal?
Rahang bawah maju berarti Anda klas III Angle, normal itu klass I angle. dibeberapa jurnal dikatakan bahwa oklusi tidak seimbang dan relasi rahang yang tidak normal punya efek terhadap sendi rahang/TMJ, sering sakit kepala tidak?sendi rahang ada klicking/ketukan/sakit dekat telinga?


Spoiler for mengapa bisa gingsul?
Gigi taring gingsul (ectopic caninus), biasanya disebabkan karena: gigi taring permanen tumbuhnya paling belakangan (normalnya), jadi dia cuma dapat ruang sisa dari gigi2 permanen lain yang sudah keluar duluan. karena ga cukup ruang, akhirnya nyempillah dia di atas..


Spoiler for Perlu pencabutan atau tdk?
tergantung dari ruang rahang yang tersedianya berapa, ukuran giginya bagaimana. ini bisa diketahui dari analisa model/duplikat rongga mulut yg dibuat dari gips dan analisa cephalometri/foto rontgen, dokter gigi Sp.Ort nya yg analisa. kalau kekurangan ruangnya sedikit, tidak perlu dicabut, tapi kalau kekurangan ruangnya banyak ya harus ada pencabutan. Untuk kasus Anda, gigi permanen sudah keluar semua dan gingsul, sepertinya kurang ruang banget, jadi nanti gigi geraham kecil di belakang taring itu yang akan dicabut kiri dan kanan-atas >bawah--4 gigi yang dicabut, 2 atas 2 bawah. setelah dicabut kan ada ruang kosong tuh, biasanya kalau gingsul atas, begitu ada ruang kosong-dengan pengaruh gravitasi dia akan turun sendiri, tapi lebih bagus pakai kawat saja dipandu biar gingsulnya ga muter/baling. Gigi taring tidak boleh dicabut, karena dia berfungsi untuk mengoyak makanan. kalau untuk menggilas kan ada banyak gg geraham.
Sebenarnya dan seharusnya, cabut gigi itu tidak sakit, asalkan proses biusnya bener dan obat biusnya jalan..


Spoiler for pakai behel sakit ga dok?
Pasang kawat gigi pada awalnya ya sakit, karena gigi ditarik oleh kawat dengan kekuatan tertentu untuk menyusun/menggeser2 gigi. bayangkan, gigi harus digeser2 padahal dia tertanam dalam tulang..kalau sesakit apa ya tidak bisa SAya bilang, harus merasakan sendiri baru tahu bagaimana rasanya \)b yang jelas, ga sesakit dicabut gig tanpa obat bius dan tidak lebih sakit dari melahirkan..kalau begitu banyak orang yg bisa tahan sakit demi suatu tujuan perawatan yg jelas hasilnya akan seperti apa, why not? kamu pasti bisa..kan sakitnya bukan untuk menyakiti, tapi untuk kebaikan kamu sendiri di kemudian hari..



Spoiler for kok pasang behel, bibir bengkak dan ada lagi yang pernah kawatnya nancep di gusi
bibirnya sampai bengkak dan abu2? mungkin terlalu kuat tuh forcenya..kalau ada keluhan, terbuka sama dokter yg merawat, jangan diam saja..
Ada kawat nancap di gusi? ga ada tuh kawat yg ditanam di gusi ! kalaupun ada yang harus ditanam di gusi, itu bukan kawat-tapi implan untuk penjangkar kawat pada orang yang gigi depannya berantakan tapi gigi belakangnya udah ga ada. bentuknya jg bukan kawat, tapi mini skrup atau memang implan dari logam yg menyerupai bentuk gigi mulai dari akar sampai copingnya. setelah perawatan orthonya selesai baru mahkota porselen implannya dipasang.


Spoiler for Mana yang lebih baik yg lepasan dan fix?
Semua ada keuntungan dan kelebihannya. tapi, dari segi mekanisme dan hasilnya, lebih bagus yang fix. Pd pesawat fix, gerakan yg dihasilkan >bodyly--gigi digeser utuh, bukan hanya kemiringannya saja yg diperbaiki, jadi kemungkinan untuk balik berantakan lagi (relaps) lebih kecil.
Kalau pesawat lepasan, tipe gerakannya typing, hanya perbaiki kemiringan saja, tidak menggeser gigi secara utuh dari atas sampai bawah. kemungkinan relaps lebih besar walaupun tidak ada kelainan skeletal/pertumbuhan rahang. baik pemakai pesawat fix maupun lepasan, kalau ada kelainan skeletal, untuk mencegah relaps, setelah dirawat dipasang retainer. Kalau pasien ga mau pakai retainer jg gpp, tp kalau relaps, jgn nyalahin dokter gg nya. kalau udah relaps, tidak ada jalan lain kecuali dikawatin lagi...


Spoiler for biaya?
Soal biaya, lebih mahal fix lah daripada lepasan, secara yg ngerjain drg Sp.Ort. Kalau sama drg PPDGS di RSGM=3,5 jtan, kalau sm Sp Ort di praktik pribadi=mulai dari 5-7 jt an. Kalau yang lepasan mulai dari 500rb. semua kisaran tarif belum termasuk biaya kontrol per 2 mgu. masing2 dokter gigi beda2.


wah, penjelasannya lengkap banget.. makasih sis D D jadi kalo mau pake behel mesti cabut 4 gigi ya o

Spoiler for rahang normal?
Rahang bawah maju berarti Anda klas III Angle, normal itu klass I angle. dibeberapa jurnal dikatakan bahwa oklusi tidak seimbang dan relasi rahang yang tidak normal punya efek terhadap sendi rahang/TMJ, sering sakit kepala tidak?sendi rahang ada klicking/ketukan/sakit dekat telinga?


iya, gw sering sakit kepala nih.. ada hubungannya yah. gw kira sakitnya karna gw kena migren \( kalo ketukan ada kadang kalo digerakin ada bunyi klutuk2 gitu, kedengaran di telinga. tapi kalo sakit ga, hanya pernah gw mungkin buka mulut terlalu lebar ya o rahangnya sakit banget & ga bisa nutup o *jd malu gw*

bahaya kah itu? makasih D
zusans imran - 14/06/2009 04:26 PM
#23

[B]
Quote:
Original Posted By Kageyoshi
wah, penjelasannya lengkap banget.. makasih sis D D jadi kalo mau pake behel mesti cabut 4 gigi ya o

Spoiler for rahang normal?
Rahang bawah maju berarti Anda klas III Angle, normal itu klass I angle. dibeberapa jurnal dikatakan bahwa oklusi tidak seimbang dan relasi rahang yang tidak normal punya efek terhadap sendi rahang/TMJ, sering sakit kepala tidak?sendi rahang ada klicking/ketukan/sakit dekat telinga?


iya, gw sering sakit kepala nih.. ada hubungannya yah. gw kira sakitnya karna gw kena migren \( kalo ketukan ada kadang kalo digerakin ada bunyi klutuk2 gitu, kedengaran di telinga. tapi kalo sakit ga, hanya pernah gw mungkin buka mulut terlalu lebar ya o rahangnya sakit banget & ga bisa nutup o *jd malu gw*

[B]bahaya kah itu? makasih D


Makasih kembali, senang bisa membantu..
yup, ketidakseimbangan pengunyahan bisa berpengaruh ke kepala, karena tekanan ke sendi rahang (dekat telinga, namanya TMJ) menyebabkan pembebanan tekanan yang menimbulkan trauma pada sendi rahang. kalau dibilang bahaya (yang mengancam jiwa) sih agak jauh hubungannya, tapi kualitas hidup tentu berkurang kan, kalau tubuh tidak sehat dan nyaman?coba lihat di thread Ask your dentis part I, cari posting saya soal TMJ-bisa lihat dari view all post by ZI. linknya ada di hal pertama thread Ask your dentist part II. maaf ya ga kasih link di sini, soalnya kalau reply saya bukan copas, tapi langsung reply saja. [/B][/B]
coffee prince - 14/06/2009 08:18 PM
#24

nice ganrain:
kupo-kupo - 14/06/2009 11:00 PM
#25

duh, pengen pasang kawat gigi ne. tp serem.. sakit
limaze - 15/06/2009 10:30 AM
#26

Dokter nanya nih...
Saya tinggal dijepang pingin banget anak saya pasang behel diInd.abis disini mahal sekali dokt..apa bisa ya kl ppas mudik 1bln gt bisa buat pasang behel dan ut kontrolnya itu 2mmg yg spt saya baca dithread ini apa hrs 2mg terus menerus dokt atau bgm?
zusans imran - 15/06/2009 09:08 PM
#27

Quote:
Original Posted By limaze
Dokter nanya nih...
Saya tinggal dijepang pingin banget anak saya pasang behel diInd.abis disini mahal sekali dokt..apa bisa ya kl ppas mudik 1bln gt bisa buat pasang behel dan ut kontrolnya itu 2mmg yg spt saya baca dithread ini apa hrs 2mg terus menerus dokt atau bgm?


kontrol per 2 mgu secara kontinu, sampai perawatan dinyatakan selesai oleh dokter giginya. kalau tidak dikontrol nantinya akan percuma, karena tidak bisa dimonitor pergerakan gigi dan perubahan2 yang terjadi..
nopeKren - 15/06/2009 09:18 PM
#28

Dok , saya mau tanya....

mengenai masalah pasang kawat gigi ( orthodonti ) itu kan biasanya di kedua rahang gigi ( atas - bawah ) dipakaikan kawatnya...
nah... bisa ga sih..!?!? kalu yang dipasangnya hanya dibagian atas... dan bawahnya tidak dipasang apa bila berkemungkinan hanya dipasang yang atas...
misalkan : Gigi yang bagian Majunya hanya dibagian atas.. ( gigi yang ada pada rahang atas ) dan bagian bawah normal saja...
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Bagaimana ...?!

TERIMA KASIH...
zusans imran - 15/06/2009 09:35 PM
#29

Quote:
Original Posted By nopeKren
Dok , saya mau tanya....

mengenai masalah pasang kawat gigi ( orthodonti ) itu kan biasanya di kedua rahang gigi ( atas - bawah ) dipakaikan kawatnya...
nah... bisa ga sih..!?!? kalu yang dipasangnya hanya dibagian atas... dan bawahnya tidak dipasang apa bila berkemungkinan hanya dipasang yang atas...
misalkan : Gigi yang bagian Majunya hanya dibagian atas.. ( gigi yang ada pada rahang atas ) dan bagian bawah normal saja...
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Bagaimana ...?!

TERIMA KASIH...


bisa saja, banyak kasus yang demikian. semua berpulang dari hasil analisa dokter gigi Sp Ort nya, baik analisa objektif (lihat2); analisa model dan analisa rontgen.

limaze - 15/06/2009 09:39 PM
#30

Quote:
Original Posted By zusans imran


kontrol per 2 mgu secara kontinu, sampai perawatan dinyatakan selesai oleh dokter giginya. kalau tidak dikontrol nantinya akan percuma, karena tidak bisa dimonitor pergerakan gigi dan perubahan2 yang terjadi..

Berarti nddak biisa ya...wah terpaksa nih pake dokter dijepang tp makasih sebelumnya atas penjelasannya\)
imperata - 16/06/2009 02:31 AM
#31

saya mau nanya dok,,,
kalo yg PPDGS itu kan biayanya sekitar 3,5 juta.. biaya itu utk salah satu gigi dideretan rahang (atas ato bawah) ato utk semua gigi rahang atas & bawah?

oia dok, saya pernah nanya temen saya yg makai behel,,, dia bilang masangnya di dokter gigi (spesialis ato engga, saya engga tau krn saya tadinya blm paham kalo pemasangan behel hrs dgn dokter gigi spesialis sblm membaca trit ini) dikenakan biaya 2 juta utk keseluruhan gigi (atas & bawah),, apakah itu bisa dikatakan sbg pemasangan behel yg benar?

terima kasih utk trit bermanfaat ya dok, saya jadi lebih berwawasan niy,,,
Riaddenoe - 16/06/2009 12:20 PM
#32

Quote:
Original Posted By imperata
saya mau nanya dok,,,
kalo yg PPDGS itu kan biayanya sekitar 3,5 juta.. biaya itu utk salah satu gigi dideretan rahang (atas ato bawah) ato utk semua gigi rahang atas & bawah?

oia dok, saya pernah nanya temen saya yg makai behel,,, dia bilang masangnya di dokter gigi (spesialis ato engga, saya engga tau krn saya tadinya blm paham kalo pemasangan behel hrs dgn dokter gigi spesialis sblm membaca trit ini) dikenakan biaya 2 juta utk keseluruhan gigi (atas & bawah),, apakah itu bisa dikatakan sbg pemasangan behel yg benar?

terima kasih utk trit bermanfaat ya dok, saya jadi lebih berwawasan niy,,,


perawatan orthodonti ya meliputi kedua rahang. karena salah satu tujuan dari perawatan adalah oklusi seimbang. jadi hubungan rahang atas dan rahang bawah harus tepat/optimum. apabila ada pasien menggunakan pesawat ortodonti hanya di salah satu rahang saja, misal rahang atas, itu berarti dia memang sedang dirawat rahang atasnya. tetapi rahang bawahnya tetap diperhatikan. yang jelas setelah perawatan, hubungan rahang atas atau bawah harus tepat...

dalam perawatan ortodonti tidak menutup kemungkinan sang pasien menggunakan lebih dari satu set pesawat ortodonti, karena ada tahapan2 perawatan. bisa tahap pertama hanya mengatur rahang atas saja, lalu tahap berikutnya baru dirawat kedua rahang sekaligus. misalnya untuk ekspansi lengkung rahang atas...
nopeKren - 16/06/2009 09:25 PM
#33

Terima Kasih Sebelumnya atas Jawaban yang diberikan Dokter...
Ada satu hal lagi yang lupa saya tanyakan...

Jika setelah pemasangan Behel tsb.. apakah si pasien sudah dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa atau butuh istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas biasanya... misalkan Si Pasien hobi sekali dengan basket...
setelah pemasangan behel itu.. apa boleh langsung dia ikut kegiatan olah raga basket ( Latihan Rutin )seperti biasanya lagi....

Dan makanan apa saja sih yang belum boleh langsung dimakan setelah pemasangan behel itu.. atau apa makanan yang tidak diperbolehkan...

Terima Kasih Sebelumnya..... Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
incredible UD - 16/06/2009 10:01 PM
#34

minta rekomendasi dong para kaskuser,drg sp ortho yang berlokasi di daerah jakbar,yang bagus dengan harga 5/7 jt?\)
neng geoliz - 16/06/2009 11:24 PM
#35

wow..jawaban TS nya lengkap...

Numpang nanya juga dok...Ada referensi drg ortho yang kualitasnya bagus ga di jakarta? soalnya dulu saya udah pernah pake behel tapi rahang atas ga rata (2 gigi depan masih maju)..ditambah setelah lepas agak sedikit relaps padahal saya sudah rajin banget pakai retainer...padahal drgnya ortho loh..(jawabannya melalui PM aja juga boleh dok..)



Thx
zusans imran - 17/06/2009 02:02 AM
#36

Quote:
Original Posted By imperata
saya mau nanya dok,,,
kalo yg PPDGS itu kan biayanya sekitar 3,5 juta.. biaya itu utk salah satu gigi dideretan rahang (atas ato bawah) ato utk semua gigi rahang atas & bawah?

oia dok, saya pernah nanya temen saya yg makai behel,,, dia bilang masangnya di dokter gigi (spesialis ato engga, saya engga tau krn saya tadinya blm paham kalo pemasangan behel hrs dgn dokter gigi spesialis sblm membaca trit ini) dikenakan biaya 2 juta utk keseluruhan gigi (atas & bawah),, apakah itu bisa dikatakan sbg pemasangan behel yg benar?

terima kasih utk trit bermanfaat ya dok, saya jadi lebih berwawasan niy,,,


3,5 jt untuk rahang atas dan bawah.
2jt benar/tidak? Kembali ke pembuka trit, yang berhak-berlisensi dan kompeten dalam 'perbehelan 'adalah drg.Sp.Ort. yang bukan Sp.Ort tentu beda dong kemampuannya dibandingkan dengan drg yang bener2 sekolah khusus (baca;pesialisasi) mengenai orthodonti ^^ ? kalau Sp Ort banting harga, sah2 saja- tapi sepanjang pengetahuan Saya, tarif pasang pesawat ortho di drg Sp.Ort biayanya mulai dari 5/7 jt.

Melihat kualitas jangan dari harganya, walaupun secara umum harga/tarif menentukan kualitas perawatan. Lihatlah dari kompetensinya ^^.
zusans imran - 17/06/2009 02:11 AM
#37

Quote:
Original Posted By nopeKren
Terima Kasih Sebelumnya atas Jawaban yang diberikan Dokter...
Ada satu hal lagi yang lupa saya tanyakan...

Jika setelah pemasangan Behel tsb.. apakah si pasien sudah dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa atau butuh istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas biasanya... misalkan Si Pasien hobi sekali dengan basket...
[B][B]setelah pemasangan behel itu.. apa boleh langsung dia ikut kegiatan olah raga basket ( Latihan Rutin )seperti biasanya lagi....

Dan makanan apa saja sih yang belum boleh langsung dimakan setelah pemasangan behel itu.. atau apa makanan yang tidak diperbolehkan...[/B]

Terima Kasih Sebelumnya..... Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


setelah pemasangan behel boleh melakukan aktivitas apa saja, mau main basket sambil senyum terus untuk pamerin behel barunya juga boleh, hehehe..

setelah pasang behel boleh makan apa saja, kecuali makan batu, hehe...tapi biasanya, pada awal2 masa pemakaian behel, akan terasa tarikan dan bibir sariawan karena ada benda asing di mulut., jadinya justru males makan ^^[/B]
zusans imran - 17/06/2009 02:30 AM
#38

Quote:
Original Posted By neng geoliz
wow..jawaban TS nya lengkap...

Numpang nanya juga dok...Ada referensi drg ortho yang kualitasnya bagus ga di jakarta? soalnya dulu saya udah pernah pake behel tapi rahang atas ga rata (2 gigi depan masih maju)..ditambah setelah lepas agak sedikit relaps padahal saya sudah rajin banget pakai retainer...padahal drgnya ortho loh..(jawabannya melalui PM aja juga boleh dok..)



Thx


Kalau soal referensi perorangan, maaf SAya tidak bisa membantu, soalnya saya merasa tidak mau punya beban moral di kemudian hari bila terjadi perbedaan ekspektasi antara SAya dan pasien yang SAya rekomendasikan ke salah seorang drg lain. tapi alternatifnya, untuk Jakarta coba datang ke RSGM UI, departement orthodonsia. Saya lebih suka tanya pasien, ibu/bapak SAya rujuk kemana? jadi saya hanya menuliskan pengantar saja. lebih bagus kalau cari recomendasi, yang asalnya dari mulut ke mulut, yaitu dari orang yang sudah merasakan HASIL perawatan yang bagus, bukan karena kesan pertama. tapi tetap harus diingat lagi soal kompetensi dan legal dari recomended dentist tadi, jadi kalau ada apa2 hak anda sebagai pasien akan terlindungi secara hukum.

mengenai relaps, dulu sebelum kawat giginya dilepas, gg yang 2 buah yang masih agak maju itu sudah terkoreksi belum? atau memang masih maju sudah dilepas?dulu pakai behel atau kawat gg yang dilepas2?
seharusnya, kalau memang kelainan (malposisi) giginya belum terkoreksi sempurna, perawatan jgn berhenti dulu. kelainan yang tidak terkoreksi itu kemungkinan karena force/tekanan yang kurang (bisa karena memang tekanannya kurang, atau tekanan sudah cukup tapi pasien malas kontrol sehingga kawat yang sudah tidak aktif tadi tidak memberikan force lagi).

kalau sudah pakai retainer masih relaps, kemungkinan retainernya berubah bentuk-mengingat Anda memakai retainer lepasan (kawatnya kan lenting). sayang sekali ya sampe relaps begitu, memperbaikinya tidak ada cara lain kecuali dikawatin lagi. dan untuk retainer, menurut saya retainer fix lebih efektif (disemen di belakang gigi, bentuknya seperti behel juga-tapi tidak kelihatan dari luar karena dipasang di belakang gigi ), pasien tidak repot dan posisinya juga tidak berubah2.
5CM5MNT - 17/06/2009 04:46 PM
#39

Quote:
Original Posted By satumawarmerah
setuju banget....
gw udah 1thn pake beghel nih. biarpun udah uzur.

muka jadi lebih ramping.
bibir makin imut.
pokoknya top deh dokter gigi gw.
dia bilang salah cabut gigi, muka jadi menyong.
eh bener. hasilnya org2 bilang muka gw yg dulu gemuk, keliatan makin langsing skrg.
hehehe
beghel emang TOP dah.


wa yg bener ni...
incredible UD - 17/06/2009 10:02 PM
#40

mao nanya dong.apa bener pencabutan gigi dilakukan setelah pemasangan behel??
tadi baru dari dr.gigi mau cabut rencana nya sebelum pasang behel,tapi kata dokter nya pasang behel dolo,baru sebulan kemudian di lakukan pencabutan gigi.
Page 2 of 215 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)