HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 201 of 215 | ‹ First  < 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 >  Last ›

TheFerd1st - 18/02/2012 05:35 PM
#4001

Quote:
Original Posted By bitonobi
mau tanya gan, kalo gigi monyong itu bisa dibnerin pake retainer aja gak? apa harus pake behel dulu? makasih gan malus


setau saya retainer itu digunakan waktu masa pertumbuhan gan (anak2)., kalo sudah lewat masa pertumbuhan gigi yg maju bisa di lakukan perawatan kawat gigi.. itu pun klo yang menyebabkan adalah posisi gigi yang kurang baik...
TheFerd1st - 18/02/2012 05:43 PM
#4002

Quote:
Original Posted By vinayuli
salam..mau tanya dok, gigi geraham kecil nomer dua setelah taring berlubang lama2 patah dan terus patah, akhirnya tinggal akar dan tertutup gusi tapi kalo di sentuh pake tusuk gigi masih terasa ada akarnya. kemudian saya ke PUSKESMAS untuk cabut akar gigi. akar gigi bunyi kretek2 kaya patah tapi wktu saya kumur cuma cuil sedikit. trus dokternya bilang. "Kayaknya udah ga ada mbak" tapi saya ga percaya karena saya ga liat akar giginya. dan benar saja sampe rumah saya nekat sentuh pake tusuk gigi ternyata memang masih terasa ada akarnya. saya jengkel sekali sudah di bohongi dokter gigi wanita di puskesmas yg praktek sambil bawa anaknya yang rewel sehingga gak maksimal melayani pasienya. tapi saya tahu diri karena saya ga di tarik biaya alias gratis krn punya KTP daerah tersebut. tapi apakah mentang2 gratis trus seenaknya gitu?? kalo dia ga bisa cabut terus kasih rekomendasi tempat atau dokter lain saya akan merasa baik2 saja dan memaklumi. tapi ini engga...duh kesel saya... pertanyaanya: apakah cabut akar gigi seperti kasus saya ini termasuk sulit?

terimakasih ya..sebelumnya hehe sudah curhat.


meskipun kurang sesuai sama threadnya tp gpp ane coba bantu,,,
cabut akar gigi merupakan kasus yg biasa di praktek kedokteran gigi,, prosedurnya pun relatif mudah,
klo menurut teori yg saya pelajari dokter puskesmas termasuk dokter sosialis,, yg dibayar relatif rendah dan kesejahteraan yg didapat minim, udah gitu pasiennya byk bgt,, jd memang cenderung memberikan pelayanan yg kurang maksimal...
ya memang salah tp sifat manusia memang cenderung seperti itu... beda bgt sama dokter yg praktek pribadi...
TheFerd1st - 18/02/2012 05:53 PM
#4003

Quote:
Original Posted By crossEnergy
nyambung jawaban yg ane quote ini gan..
gigi premolar ane yg kanan atas kan dulu dicabut.. Trus ane nanya2 kalo ompong apa harus pake gigi palsu..sama dokternya disaranin rawat ortho aja sekalian..krn gigi ane yg bawah berantakan..yang atas agak protusif dikit tp yg atas rapi kok gak berjejal..so far so good lah yg atas (mnurut ane hammer). Krn ane gak suka ribet dg gigi palsu, tindakan yg diambil dokter ane di bagian gigi yg dicabut adalah narik taring ke arah molar dan molar ke arah taring trus mundurin 4 gigi seri kebelakang. Nah untuk penyeimbang gigi premolar kiri ane mau dicabut..ane masih mikir2 gan.. apakah ini bener2 opsi yg tepat?? ane takut gigi ane nanti renggang2..coz mski nanti ditarik juga kayaknya gak akan sempurna rapetnya krn ruang hasil pancabutan menurut ane terlalu besar..nah kalo renggang2 setelah nanti behel dilepas bakal relaps lg gak?? Thanx


iya opsi yg tepat gan, emg klo uda ada space itu musti pake gigi palsu.. kalo ngga kenapa? kalo ngga space itu akan diisi sama gigi tetangganya,, yg taring jadi mundur... sedangkan yg geraham jadi maju.. akibatnya? ya gigitannya jadi ga pas.. mungkin bisa ada yg ngganjel,, dan jd tmpt retensi makanan,,, klo untuk kasus agan kan dokternya mikir sekalian merapikan gigi depan yg maju.. jd memang bisa saja dengan melakukan pemasangan kawat gigi, memang benar kalo gigi yg kanan sudah hilang, maka sisi yg kiri juga harus diseimbangkan dengan cara mencabut gigi yg kiri (gigi yg sama) sehingga dalam memundurkan gigi depan tadi akan rata dan simetris kiri dan kanan...
klo renggang2 setelah behel bisa aja relaps..
TheFerd1st - 18/02/2012 05:54 PM
#4004

Quote:
Original Posted By raizodanz
sy mw tanya, di dr. spesialis orthodonti bisa menangani pembersihan gigi yg agak kotor/berkarang sebelum dipasangkan behel??
apa harus ke dr. gigi biasa dulu utk membersihkan gigi, baru ke spesialis ortho utk pemasangan behel???

thx..


tergantung si gan,, klo menurut etika ked gigi, yg membersihkan karang gigi ya sp.Perio... tp terkadang dokter ortho juga udah punya alatnya biar ga repot2 langsung dibersihkan ajaa.. \)
bitonobi - 19/02/2012 04:11 PM
#4005

ooh gitu ya gan ..
maksudnya skeletal apa ya gan? yang monyong si cuma 4 gigi depan yang atas berdukas
terus kalo pasang yang lepas pasang gitu harus di sp. ort apa bisa ke drg biasa? \)b
waktu penggunaanya kira kira berapa lama ya gan kalo ane pakenya sesering mungkin? makasih gan
Den2thor - 19/02/2012 08:32 PM
#4006

thx infonya .ane bener terbantu gan
DrAcKfAdHlAn - 19/02/2012 08:34 PM
#4007

Takut di behell takuts
CooLTeR - 20/02/2012 12:45 AM
#4008

Quote:
Original Posted By DrAcKfAdHlAn
Takut di behell takuts


wkwkwk
hswon - 20/02/2012 10:43 AM
#4009

Quote:
Original Posted By bitonobi
ooh gitu ya gan ..
maksudnya skeletal apa ya gan? yang monyong si cuma 4 gigi depan yang atas berdukas
terus kalo pasang yang lepas pasang gitu harus di sp. ort apa bisa ke drg biasa? \)b
waktu penggunaanya kira kira berapa lama ya gan kalo ane pakenya sesering mungkin? makasih gan


skeletal itu yang kerusakannya melibatkan tulang tengkorak. jadi yang bentuk atau posisinya ga bener bukan cuma gigi nya (dental). baik yang permanen maupun yang lepas pasang kalau kasusnya dental (bukan skeletal) bisa di drg biasa. kalau yang skeletal, mau itu pake permanen atau lepasan harus ke sp ortho. waktu penggunaannya ga bisa di prediksi. pemakaian minimal sehari 6 jam.
bibix19 - 20/02/2012 10:25 PM
#4010

mau tanya
saya sudah pake behel hampir 2 tahun, normalnya gigi pada rahang bawah lebih masuk ke dalam daripada gigi rahang atas
tapi saya kebalikannya jadi gigi rahang bawah saya lebih maju

dokter saya menyarankan untuk cabut 2 gigi graham yg bawah,
ttp gigi graham saya sudah pernah dicabut satu (graham no 3 kanan) sehingga ada rongga untuk memundurkan gigi intinya saya hanya ingin dicabut satu saja (graham no 3 kiri dan sudah gigi mati)
jadi sudah ada 2 space kosong untuk memundurkan gigi

tapi tidak sependapat dgn dokter saya, dia bilang teralu besar space kosongnya jadi dia lebih setuju untuk mencabut 2 gigi graham (graham no 1 kanan - kiri)

jalan mana yg lebih baik dok ? terimakasih
kanibalman - 20/02/2012 11:01 PM
#4011

:2thumbup
sissekr - 22/02/2012 04:24 PM
#4012
tanya-cabut gigi bungsu
Mau ikutan konsultasi dong, boleh ya, ...

Saya sedang perawatan ortho dan baru 2 bulan pakai ortho ....*kadung basah ngejalanin perawatan yg gak nyangka bakal banyak proses dan biayanya jadi selangit*...........selama 2 bulan ini belum ada pencabutan dan rencananya baru mau dicabut minggu depan 4 gigi bungsu yg posisinya 3 tidur dan 1 miring. Tp pencabutannya satu-satu dulu..
Di klinik saya, biaya bakal kena 3,5 juta/gigi...waduuh amat sangat berat harga segitu buat saya...

ALhasil saya browsing dan nemu kalo di RSCM jauh lebih murah tahun lalu 600rb-an mungkin sekarang kalopun naik masih dibawa 1 juta/gigi...

Yang mau ditanyakan, enak ga ya cabut di tempat lain tapi perawatan ortho tetap di klinik tsb? Menyalahi etika ga? Mohon pencerahannya, soalnya kalau mau brenti perawatan sayang juga krn udah ngeluarin biaya seharga motor vario selama 2 bulan ini...D

Terima kasih sebelumnya
maxthor - 22/02/2012 11:14 PM
#4013
Usia untuk pasang behel
gan,ane mau nanya.. ada beberapa orang katanya masang behel lebih baik usianya dimana tidak bakal numbuh gigi lagi...sebenernya,usia yang bagus pasang behel tuh usia berapa ya??apa ada batasannya ga gan? D
hswon - 23/02/2012 09:53 AM
#4014

Quote:
Original Posted By sissekr
Mau ikutan konsultasi dong, boleh ya, ...

Saya sedang perawatan ortho dan baru 2 bulan pakai ortho ....*kadung basah ngejalanin perawatan yg gak nyangka bakal banyak proses dan biayanya jadi selangit*...........selama 2 bulan ini belum ada pencabutan dan rencananya baru mau dicabut minggu depan 4 gigi bungsu yg posisinya 3 tidur dan 1 miring. Tp pencabutannya satu-satu dulu..
Di klinik saya, biaya bakal kena 3,5 juta/gigi...waduuh amat sangat berat harga segitu buat saya...

ALhasil saya browsing dan nemu kalo di RSCM jauh lebih murah tahun lalu 600rb-an mungkin sekarang kalopun naik masih dibawa 1 juta/gigi...

Yang mau ditanyakan, enak ga ya cabut di tempat lain tapi perawatan ortho tetap di klinik tsb? Menyalahi etika ga? Mohon pencerahannya, soalnya kalau mau brenti perawatan sayang juga krn udah ngeluarin biaya seharga motor vario selama 2 bulan ini...D

Terima kasih sebelumnya


Sama sekali tidak menyalahi etika, selama kita komunikasi dengan dokter sebelumnya. cukup bilang saja apa adanya, yaitu keberatan dengan biaya nya. dokter yang baik seharusnya memberi kesempatan kepada pasien untuk memilih.... jadi ga ada masalah.

Quote:
Original Posted By maxthor
gan,ane mau nanya.. ada beberapa orang katanya masang behel lebih baik usianya dimana tidak bakal numbuh gigi lagi...sebenernya,usia yang bagus pasang behel tuh usia berapa ya??apa ada batasannya ga gan? D


Usia pemasangan behel yang baik adalah saat sudah ada gigi tetap setidaknya di depan dan di belakang kanan kiri. karena perawatan ortho fix juga dapat berfungsi sebagai space maintainer dan space regainer pada anak2. namun yang efektif dari segi biaya, kooperatif pasien, cepatnya perubahan, dll yaitu pada periode growth spurt.. umur belasan taun lah kira2. hehe... sebab rahang akan tumbuh dan berubah terus dengan sendirinya sampai kira2 umur 18-20 tahun.
kalau sebelum umur itu lepas behel dan pasien punya kebiasaan buruk/tidak kooperatif untuk memakai retainer atau memelihara gigi nya, bisa cepat relaps (kembali acak2 an).
miss_ai - 23/02/2012 11:26 AM
#4015

mau tanya nih...

saya udah pake behel selama 2 tahun, dan menurut dokter ortho saya, saat ini gigi graham bungsu yg sebelah kanan agak keluar jalur dan memang kadang2 saya ngerasa sakit.. saran dokter ortho saya untuk cabut 2 gigi graham bungsu yg atas dan bawah (sebelah kanan)

saya sempet tanya ke RS J*C, disitu biayanya 1,3jt per gigi. di RS J*C, tidak ada dokter spesialis bedah mulut. Pencabutan gigi graham bungsu dilakukan oleh dokter ortho.

Yang mau saya tanyakan, apakan pencabutan gigi graham bungsu/odontektomi bisa dilakukan oleh dokter ortho? dan gambaran gigi graham bungsu saya tidak terlalu bermasalah (ga tumbuh ke dalam, dll) tumbuh normal hanya keluar jalur sedikit.

mungkin agan2 yang lain ada refrensi dokter dan RS yang bagus dengan harga yang bersahabat boleh dong di share.. PM boleh, di threat ini juga boleh..

terima kasih banyak sebelumnya \)
shpr - 23/02/2012 01:37 PM
#4016

Gan, tolong rekomendasi kan dokter daerah Jakpus atau Jakut untuk cabut(operasi) geraham belakang yang tumbuhnya miring, plus kisaran harganya..

Maklum Gan, ane cm "anak bawah" yang perlu itung"an sama jatah rembers kantor.

Thanks in advance.
miss_ai - 23/02/2012 03:38 PM
#4017

Quote:
Original Posted By shpr
Gan, tolong rekomendasi kan dokter daerah Jakpus atau Jakut untuk cabut(operasi) geraham belakang yang tumbuhnya miring, plus kisaran harganya..

Maklum Gan, ane cm "anak bawah" yang perlu itung"an sama jatah rembers kantor.

Thanks in advance.


di RSGMP FKG UI yang di salemba murah gan...
shpr - 23/02/2012 04:33 PM
#4018

Quote:
Original Posted By miss_ai
di RSGMP FKG UI yang di salemba murah gan...

lumayan jauh Gan, lokasi ane di kemayoran sunter, yang kisaran situ.

Budget di 1 - 1,5 gitu, ada yang lain Gan ?


btw, tq yaa Infonya.
miss_ai - 23/02/2012 04:58 PM
#4019

Quote:
Original Posted By shpr
lumayan jauh Gan, lokasi ane di kemayoran sunter, yang kisaran situ.

Budget di 1 - 1,5 gitu, ada yang lain Gan ?


btw, tq yaa Infonya.


klo sunter ane ga tau gan...
post.mortem - 23/02/2012 10:01 PM
#4020

ada yg bisa kasi info kalo mau pasang behel di rsgm ui?
Page 201 of 215 | ‹ First  < 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)