HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 205 of 215 | ‹ First  < 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 >  Last ›

indra_skywalker - 14/04/2012 01:21 AM
#4081

Quote:
Original Posted By zusans imran
Dear teman2 kaskus..
Sekarang ini marak sekali pemakaian kawat gigi, mulai dari yang bertujuan memperbaiki fungsi dan kosmetik/estetik, sampai yang hanya sekedar ikut trend saja.

Terlepas dari hal di ats, menurut Sy, ada baiknya Teman2 kaskus berhati-hati dengan promosi behel murah yang belum tentu bisa dipertanggunjawabkan kualitas & efek ke depannya. Tujuan utama thread ini lebih menekankan pada dental education, bukan promosi pribadi atau sejawat, dan untuk mengimbangi promosi2 mengenai "pemasangan behel dengan biaya murah"
Spoiler for Waspada penawaran behel murah di kaskus, thanksfull to Riaddenoe
[SIZE="3"]Sebelumnya, trims untuk teman2 yang sudah merespon positif terhadap thread ini, tidak nge"junk"dan tidak berpromosi di thread ini. Kalau seandainya ada teman2 yang ingin merespon teman lain yang minta rekomendasi dokter Sp. Ortho, silakan PM-PMan dan [COLOR="Red"]please do not abuse another user in this thread by using rude words or labeling,keep respect each other. If you want to abuse, just make your own thread.[/COLOR]

Sedikit gambaran bagi Anda sebelum memutuskan untuk memakai kawat gigi cekat/fix orthodontic appliance:
Spoiler for Siapa yang paling berkompeten merawat ortho dengan behel/pesawat fix?
Yang berkompeten dan memiliki lisensi untuk merawat dengan kawat gigi cekat/fix adalah dokter gigi spesialis orthodonti (Sp.Ort) dan/atau drg PPDGS ortho di RSGM di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort . Harap dibedakan antara dokter gigi umum (drg)+gelar master dengan drg spesialis. Spesialis berbeda dengan yang kuliah master. Spesialis bukan cuma teori/knowledge yg bermain, tapi juga skill. Dokter gigi umum non Sp.Ort tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk memasang behel, apalagi tukang gigi-tekniker dll. Tentu kita bisa membedakan dengan jelas, kompetensi drg umum yang hanya ikut kursus/pelatihan singkat dalam hitungan jam dibandingkan dengan kompetensi dokter gigi yang memang mendapatkan ilmu dan skillnya benar2 melalui pendidikan spesialis.[spoiler=case report]https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=145128164#post145128164
https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=154574546&postcount=666
[/spoiler]
Spoiler for Tahapan2 yang akan dilalui pasien sebelum dipasang behel
Tahapan bila datang ke dokter gigi Sp Ort:
(1) Pembuatan rekam medis
Mulai dari pencatatan identitas, riwayat medis, kebiasaan buruk, dan data2 lainnya. Dilanjutkan pemeriksaan objektif gigi geligi dan rongga mulut: ada lubang apa tidak? Ada impaksi apa tidak? Ada radang gusi atau tidak? Ada karang gigi atau tidak? Ada gejala penyakit sistemik atau tidak? dst.. Setelah data2 didapat, dokter dan pasien membicarakan tentang rencana perawatan. Kalau pasien setuju dirawat kemudian dilanjutkan pembuatan model kerja dan foto rongen.

(2) Pembuatan model kerja sebagai duplikat rongga mulut
Di model inilah dokter gigi menganalisa berapa ukuran gigi dibandingkan dengan ruangan yang tersedia.
Selain itu, perlu juga dibuat foto rontgen, panoramik dan cephalometri. Ada perhitungan yg harus diukur, sehingga bisa dilihat apakah ada faktor skeletal/pertumbuhan tulang yang berpengaruh, dari sini bisa diperkirakan prognosa perawatan dan perlu atau tidaknya retainer pasca perawatan.

Setelah analisa model dan foto rontgen selesai, pesawat juga selesai, baru dipasang ke mulut pasien. Biasanya pada masa awal penyesuaian, timbul sariawan di bibir.

Tahap prosedur standar ini, mulai dari anamnese, pembuatan rekam medik, pencatatan status gigi geligi, pembicaraan rencana perawatan dengan pasien, pencetakan-pengisisan model-menunggu gips model kering-pembuatan rontgen foto-analisa foto rontgen-analisa model-pembuatan desain pesawat-pemasangan, tidak bisa selesai dalam 1 jam pada kunjungan pertama. Satu lagi, prosedur standar pemakaian pemasangan pesawat pada tahap awal adalah pemasangan karet di gigi penjangkar untuk mendapat space tempat memasang cincin behelnya, jadi kawat gigi bukan cuma "ditempel" saja di permukaan gigi. Memang terkadang ada drg Sp.Ort tidak memasang separator/molar band/cincin di gg penjangkar dengan alasan insiden karies menjadi tinggi karena sering sisa makanan tidak terjangkau ketika menyikat gg, namun cara ini beresiko pergeseran gg penjangkar ke arah depan/pipi dan lepasnya kawat gigi

Spoiler for lebih cepat selesai lebih baik?
Perawatan secara orthodonti, lebih bagus yang kekuatannya optimal tapi konstan dan kontinu, daripada tekanan yang besar dengan perubahan yang cepat. Tekanan yang besar terhadap gigi, dapat menyebabkan kematian saraf gigi, gigi bisa mati/non >vital--tidak tersuplai nutrisi lagi, berubah warna, goyang, timbul kista di bawah akar, dll. jadi, yang instant2 juga tidak berlaku di sini.

Spoiler for Mengapa perlu kontrol?
Kontrol biasanya terjadwal per 2 mgu, 3 mgu maksimal 4 mgu sekali. Tekanan yang diberikan pada gigi akan mulai berkurang setelah 2 >mgu--pesawat sudah mulai berkurang keaktifannya. Supaya efek tetap berjalan, perlu reaktivasi kawat supaya dicapai force yang sama seperti yang diharapkan semula untuk mendorong gigi. Selain itu, dengan adanya behel, pasien seringkali tidak maksimal dalam membersihkan giginya, melalui kontrol juga bisa diketahui, apakah sudah ada deposit karang gigi yang bisa mengarah pada peradangan gusi. Melalui kontrol juga dicek apakah ada perubahan2 patologis yg terjadi, apakah terbentuk dental carries yg baru, white spot, dll.

Spoiler for Biaya
Mengenai biaya: relatif. Tergantung bahan yang dipakai, skill dan reputasi dokter gigi serta area praktik, sejauh mana apresiasi masy terhadap gigi dan mulut, baik dari segi kesehatan-fungsional sampai segi estetik/kosmetik.

Secara umum pesawat fix/behel lebih mahal karena dikerjakan oleh drg Sp. Ort (mulai dari 5/7 jt belum termasuk biaya kontrol); drg PPDGS ortho di RSGM di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort (mulai 3,5 jt an blm termasuk biaya kontrol). Kalau pesawat ortho lepasan boleh sama drg umum, biaya mulai dari 500 rb an belum termasuk biaya kontrol. Biaya kontrol berkisar mulai dari Rp 50.000 per kunjungan.

Spoiler for Minta rekomendasi dong...?
Berhubung banyak sekali yang minta rekomendasi dokter gigi / klinik kepada Saya via PM atau thread, untuk rekomendasi, mohon maaf sebelumnya, Saya tidak akan merujuk kepada praktik pribadi maupun sejawat, melainkan hanya merujuk kepada institusi yaitu RSGM, bisa di Universitas negeri maupun swasta, searching bisa dimulai dari sana, silakan pilih mana yang lebih dekat. Tapi Saya pribadi lebih menyarankan di RSGM universitas negeri, Fakultas Kedokteran Gigi Departemen Orthodonsia.
[spoiler=info dari kaskuser yg pernah dirawat ortho di RSGM UI]
Spoiler for testimony temen kaskus mengenai RSGM UNPAD

Kalau ada teman2 lain yang mau memberi referensi klinik ortho/drg. Sp. Ort, boleh saja, tetapi Saya tidak bertanggungjawab untuk referensi tersebut.

[/spoiler] Keterangan2 di atas adalah SOP untuk perawatan orthodonti dengan bracket konvensional, berhubung banyak sekali yang menanyakan soal invisalign dan damon system, berikut link nya
Spoiler for invisalign dan damon system
Demikian sedikit gambaran mengenai hal2 yang perlu dipertimbangkan dan diketahui sebelum teman2 memutuskan untuk pakai kawat gigi/merawat gigi dengan pesawat orthodonti.
Harapan Saya, dengan adanya gambaran ini bisa membantu dan memandu teman2 kaskus sebagai pasien yang cerdas, peduli dan pandai memilah kualitas drg yang akan dipercaya untuk merawat giginya. Trims perhatiannya, semoga bermanfaat dan dapat dipahami.

Special thanks to my colleagues: Music_healing, Riaddenoe and Natsuki_kawai, for the contributions in maintaining this thread.
[/SIZE]


nice info. trims
Jual peralatan kesehatan,alat kesehatan,alkes,toko online alat kesehatan
coovie - 14/04/2012 08:35 AM
#4082

Mkasih atas info'a
sarina26 - 14/04/2012 06:23 PM
#4083
Dokter gigi umum jg bs psg behel
Dokter gigi umum yang mengambil kursus orto jg bisa kok pasang behel. Hasilnya jg tidak kalah bagus dengan drg spesialis. Dokter gigi spesialis yang tidak menginginkan atau memperbolehkan drg umum pasang behel sama saja merupakan org yang tidak mau update teknologi. Ilmu pasti berkembang koq. Moso zaman sekarang org dikekang masih dipaksakan pakai komputer pentium1. Ayo [SIZE="6"]update[/SIZE]
sarina26 - 14/04/2012 06:24 PM
#4084
Dokter gigi umum jg bs psg behel
Dokter gigi umum yang mengambil kursus orto jg bisa kok pasang behel.

Hasilnya jg tidak kalah bagus dengan drg spesialis. Dokter gigi spesialis yang tidak menginginkan atau memperbolehkan drg umum pasang behel sama saja merupakan org yang tidak mau update teknologi. Ilmu pasti berkembang koq. Moso zaman sekarang org dikekang masih dipaksakan pakai komputer pentium1. Ayo [SIZE="6"]update[/SIZE]
seeknstrike - 18/04/2012 01:14 AM
#4085

Quote:
Original Posted By zzzkljipo
Mau Sharing gan... Ane juga wakto itu pernah niat mau pasang di RSGM Unpad.. tapi antriannya bow... 1 taon... akhirnya cari drg laen di bandung.. dapet dan biayanya terjangkau.. bisa dicicil pula... sekarang baru jalan 3 bulan perubahannya udah kerasa..gigi2 yang offside udah keliatan mau rata. tu dokter praktek di bdg dan cimahi..
pengalaman gw pake behel bikin tambah pede n bisa diet... hahaha

recommennded thread ilovekaskus


gan, klo bole tau nama tmpt dokter di bdg n cimahinya dmn ??
ane minat bgt gan ...
makase .
adisakti - 18/04/2012 04:09 PM
#4086

kalau sekarang harga rata2 berapaan ya gan dipasaran???
gunblade99 - 18/04/2012 06:32 PM
#4087

Dok namaku angga umur 25thn mau konsultasi nih. .
Saya punya masalah gg.. kemaren habis cabut gg(first molar) trus gigi(first bicuspid) saya pecah terbelah dua sekarang tinggal sisi dalamnya saja sehingga gg trlihat punya jendela apakah bisa di akal supaya tdk d cabut sayang dok klo d cabut.. Masa harus ompong lg \( walaupun 2 RS sudah memvonis harus d cabut padahal tdk sakit..
Pertanyaan saya apabila memang gg(first bicuspad) dicabut apakah bagus jika menggunakan gg plsu cekat. . Apakah juga masih memungkinkan buat pake behel supaya gg rapi & kuat? Mohon penjelasannya dok..
Terima kasih
timz.8080 - 19/04/2012 12:41 AM
#4088

nice info gan...semoga ane ndak perlu pakai kawat gigi..hehehe
playa88 - 20/04/2012 02:54 PM
#4089

nais inpo.................... numpang nyimak...
riceholic - 20/04/2012 06:48 PM
#4090
Tanya
Dok, sy dulu prnh pake behel 2 thunan, dari bahan titanium (kata dokternya sih itu bahan yg plg bgus). tp setelah 2 tahunan itu kok ada semacam radang gusi ya. dokternya juga bingung, akhirnya dilepas. itu knp bs radang ya? pdahal blm rampung ngrapiinnya \(

1 lg, kalo space antar gigi uda rapet, kl mo pasang behel lagi hrs ad gigi yg dicabut ya? thnks bgt Dok iloveindonesias \)b cendolb
n453r - 20/04/2012 07:12 PM
#4091

thx gan infonya
ipolbakh - 21/04/2012 01:40 AM
#4092

dok dulu gigi ane pernah patah, dan di pasng mahkota/sarung gigi jadi gigi ane utuh lagi, yang jadi pertanyaan bisa ga ane suatu saat nanti pake ortho dan biayanya apa lebih mahal? standardnya berapa? thank\)b
aishwarya - 21/04/2012 03:52 PM
#4093

Betul.betul.betul..... hati2 aja klo ada yg palsuee....:shutups
radin12 - 22/04/2012 07:57 PM
#4094

info yg cukup berguna


ijin nyimak dan aja gan
Loncavallo - 23/04/2012 03:24 PM
#4095

wah ternyata ada juga ya sisi negatifnya pasang beghel, ane sih mau pasang tapi ane rasa gak perlu toh gigi ane masih sedikit ratalah malus, kira-kira berapa ya yang aslinya pasang beghel...??? bingung
sevolcire - 24/04/2012 01:55 PM
#4096

Dear all, mau share aja nih… hari Minggu kemaren (22 April) sudah tayang di program Reportase Investigasi Trans TV mengenai jebakan kawat gigi murah (memasang behel di tukang gigi). Bagi yang kelewatan, rekamannya bisa disaksikan di

[YOUTUBE]fSwRAZqd_ec[/YOUTUBE]
[YOUTUBE]nVTUovCboMM&feature=relmfu[/YOUTUBE]
[YOUTUBE]T0JDCAfINpA&feature=relmfu[/YOUTUBE]

Rekamannya ada 3 bagian yahh.. Nonton dulu yuuk sebelom salah langkah.. Happy watching
kimochishop - 24/04/2012 11:25 PM
#4097

gila ya gan demi ikutan trend (masa kawat gigi jd trend) rela ngorbanin kesehatan gigi. Ngapa yah banyak orang ga kompatible sok2an jadi tukang masang kawat gigi, ga da rasa bersalah
raisanotfun - 25/04/2012 12:45 PM
#4098

Gan, spesialis orthodonti yg bagus di Kota Bogor ada dimana ya?

Ditunggu rekomendasinya. \)
MugUnik - 26/04/2012 09:28 AM
#4099

iya bnr banget pakai kawat gigi itu repot, penderitaan sariawan setiap bln dan gusi berdarah \( . pingin lepas tapi blm waktunya \(. .

Dokter gigiku itu bayarnya cm di awal aja, jd perkunjungan gratis. tapi ya gitu ramai antri bukan mainngakak. mau cantik kok repot malu.
dankalpian - 26/04/2012 03:35 PM
#4100

emang apa untungnya sih pakai kawat gigi ?
ngakak




----------------------------------------
foredi contoh usaha
Page 205 of 215 | ‹ First  < 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)