HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 21 of 215 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 >  Last ›

HanXnaH - 15/11/2009 01:52 PM
#401

tanya dulu ah D
bro, adek gw baru aja dipasang kawat soalnya gigi tengah atas renggang semacam space di tengah, nah ini udah dipasangin karet yang buat tarik menarik ( power chain ) kalo gak salah hammer: tapi koq adek gw gak kerasa linu sejak awal pemakaian ( kira2 udah 10 hari ) ? Soalnya biasanya kalo dipasang karet gitu, biasa giginya kemeng ( kata temen gw ) ... Apa ini gara2 pemakaian karet tanpa diikat ya ? Soalnya gigi adek gw yang renggang cuma dikasi bracket dan power chain, tanpa diikat dengan kawat yang tipis, sedangkan gigi yg laen diikat ke bracket nya pake kawat tipis. Mohon tanggapan ya bos malu:
jefta_vito - 17/11/2009 02:02 PM
#402
second opinion
Mau numpang tanya ya.
Kemarin saya baru dari dokter gigi (Sp. Ort), visit sudah 2 kali.
Kondisi gigi saya, rahang atas dan rahang bawah tidak sama garis tengahnya (rahang atas lebih ke kiri, atau rahang bawah lebih ke kanan, lupa) dan kondisi gigi juga tidak rapih (gigi bagian kiri rapih2 aja, tapi bagian kanan depan agak masuk, jadi crossbyte).
Visit pertama, dibuat model dari gigi saya, kemudian foto rontgen (hanya panoramic, cephalometri tidak) di luar.
Visit kedua, dibicarakan rencana perawatannya. Rencana perawatannya seperti ini: Perawatan akan melalui dua tahap;
- Tahap pertama: menggunakan pesawat lepasan, tujuannya untuk menyamakan/meratakan posisi rahang atas n bawah dulu dan melebarkan rahang. kata dokter saya ini lebih cepat dengan pesawat lepasan daripada yang fixed. dokter saya tidak menjanjikan berapa lama, tapi waktu saya tanya perkiraan kasarnya sih 6-12 bulan.
- Tahap kedua: menggunakan pesawat fix/cekat, untuk merapihkan posisi gigi.
gigi saya juga tidak perlu ada yang dicabut menurut dokter giginya.

Pertanyaannya:
1. apakah foto cephalometri harus selalu ada? fungsinya buat apa ya?
2. kira2 ada tanggapan mengenai rencana perawatan saya yang perlu pakai both pesawat lepasan dan cekat?

Thanks in advance, doc..
zusans imran - 17/11/2009 04:00 PM
#403

Quote:
Original Posted By jefta_vito
Mau numpang tanya ya.
Kemarin saya baru dari dokter gigi (Sp. Ort), visit sudah 2 kali.
[B]Kondisi gigi saya, rahang atas dan rahang bawah tidak sama garis tengahnya (rahang atas lebih ke kiri, atau rahang bawah lebih ke kanan, lupa) dan kondisi gigi juga tidak rapih (gigi bagian kiri rapih2 aja, tapi bagian kanan depan agak masuk, jadi crossbyte).
Visit pertama, dibuat model dari gigi saya, kemudian foto rontgen (hanya panoramic, cephalometri tidak) di luar.
Visit kedua, dibicarakan rencana perawatannya. Rencana perawatannya seperti ini: Perawatan akan melalui dua tahap;
- Tahap pertama: menggunakan pesawat lepasan, tujuannya untuk menyamakan/meratakan posisi rahang atas n bawah dulu dan melebarkan rahang. kata dokter saya ini lebih cepat dengan pesawat lepasan daripada yang fixed. dokter saya tidak menjanjikan berapa lama, tapi waktu saya tanya perkiraan kasarnya sih 6-12 bulan.
- Tahap kedua: menggunakan pesawat fix/cekat, untuk merapihkan posisi gigi.
gigi saya juga tidak perlu ada yang dicabut menurut dokter giginya.

Pertanyaannya:
1. apakah foto cephalometri harus selalu ada? fungsinya buat apa ya?
2. kira2 ada tanggapan mengenai rencana perawatan saya yang perlu pakai both pesawat lepasan dan cekat?
Thanks in advance, doc..

Helo vito..
Spoiler for Jawab:

1. Menurut Saya, dua2nya penting, baik cephalometri dan panoramik; cephalometri untuk menganalisa keadaan rahang terhadap tengkorak, inklinasi gigi depan terhadap tengkorak, arah pertumbuhan rahang bawah dan faktor2 skeletal lainnya. Cephalo juga berguna untuk memprediksi perlu tidaknya retainer sehubungan dengan pengaruh dari faktor2 skeletal. Kalau ada faktor skeletal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rahang, selesai perawatan disarankan untuk memakai retainer untuk mempertahankan susunan gigi yang sudah bagus, supaya tidak kembali berantakan/relaps.
Kalau foto panoramik itu untuk melihat keadaan rongga mulut dan sekitarnya secara keseluruhan..ada atau tidak lesi, bagaimana keadaan tulang, posisi dan ada/tidaknya benih gigi.

2. Dokter orto anda memutuskan untuk menggunakan 2 tahap perawatan dengan tipe pesawat yang berbeda, tentu memiliki dasar pikiran kan..? terus terang saya agak rancu dengan keterangan Anda (underlined-bolded); Anda mengemukakan keadaan gigi, tapi menjelaskan keadaan rahang?

Kalau pendapat Saya, harus dipastikan dulu, tidak simetrisnya itu akibat rahang yang bergeser/pertumbuhan rahang yang tidak seimbang kiri dan kanan, atau hanya pergeseran gigi-geligi saja sehingga tidak simetris?

Perlu diketahui, kebiasaan mengunyah sebelah bisa mengakibatkan pertumbuhan yang tidak seimbang antara kiri dan kanan, dimana sisi pengunyahan akan berkembang lebih progressif dibandingkan sisi yang jarang menerima stimulasi pengunyahan. Kalau memang masalahnya adalah rahang yang miring ke satu sisi, biasanya digunakan pesawat fungsional yang bentuknya lepasan, nanti akan dibuatkan gigitan kerja sebagai panduan pembuatan pesawat dan pesawat ini akan menuntun rahang ke posisi tertentu.

Kalau asimetris tadi hanya karena pergeseran gigi geligi saja tanpa ada kecenderungan rahang ke kiri/kanan sehingga terlihat dari depan gigi atas dan bawah tidak satu garis tengah, cukup dengan pesawat cekat saja. pergeseran gigi2 sehingga posisinya tidak lagi di garis tengah biasanya karena adanya gigi yang hilang tanpa diganti dengan gigi tiruan, atau memang jumlah gigi permanennya kurang/tidak ada benih.

Pemakaian pesawat fungsional untuk mengkoreksi malrelasi rahang biasanya dipakai pada masa gigi bercampur, karena rahang masih bertumbuh; sementara jika pengkoreksian malrelasi rahang ketika masa pertumbuhan sudah lewat, bisa dengan elastik atau jika malrelasinya ekstrim bisa dengan tindakan bedah.

demikian advis dari Saya, semoga membantu.
[/B]
midorinet - 17/11/2009 05:08 PM
#404

Bos minta alamat jelasnya donk n no tlp minat bgt mau pasang behel kalo bs skalian harga pm aja ok thanksSedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
jefta_vito - 17/11/2009 05:25 PM
#405

Quote:
Original Posted By zusans imran

Helo vito..
Spoiler for Jawab:

1. Menurut Saya, dua2nya penting, baik cephalometri dan panoramik; cephalometri untuk menganalisa keadaan rahang terhadap tengkorak, inklinasi gigi depan terhadap tengkorak, arah pertumbuhan rahang bawah dan faktor2 skeletal lainnya. Cephalo juga berguna untuk memprediksi perlu tidaknya retainer sehubungan dengan pengaruh dari faktor2 skeletal. Kalau ada faktor skeletal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rahang, selesai perawatan disarankan untuk memakai retainer untuk mempertahankan susunan gigi yang sudah bagus, supaya tidak kembali berantakan/relaps.
Kalau foto panoramik itu untuk melihat keadaan rongga mulut dan sekitarnya secara keseluruhan..ada atau tidak lesi, bagaimana keadaan tulang, posisi dan ada/tidaknya benih gigi.

2. Dokter orto anda memutuskan untuk menggunakan 2 tahap perawatan dengan tipe pesawat yang berbeda, tentu memiliki dasar pikiran kan..? terus terang saya agak rancu dengan keterangan Anda (underlined-bolded); Anda mengemukakan keadaan gigi, tapi menjelaskan keadaan rahang?

Kalau pendapat Saya, harus dipastikan dulu, tidak simetrisnya itu akibat rahang yang bergeser/pertumbuhan rahang yang tidak seimbang kiri dan kanan, atau hanya pergeseran gigi-geligi saja sehingga tidak simetris?

Perlu diketahui, kebiasaan mengunyah sebelah bisa mengakibatkan pertumbuhan yang tidak seimbang antara kiri dan kanan, dimana sisi pengunyahan akan berkembang lebih progressif dibandingkan sisi yang jarang menerima stimulasi pengunyahan. Kalau memang masalahnya adalah rahang yang miring ke satu sisi, biasanya digunakan pesawat fungsional yang bentuknya lepasan, nanti akan dibuatkan gigitan kerja sebagai panduan pembuatan pesawat dan pesawat ini akan menuntun rahang ke posisi tertentu.

Kalau asimetris tadi hanya karena pergeseran gigi geligi saja tanpa ada kecenderungan rahang ke kiri/kanan sehingga terlihat dari depan gigi atas dan bawah tidak satu garis tengah, cukup dengan pesawat cekat saja. pergeseran gigi2 sehingga posisinya tidak lagi di garis tengah biasanya karena adanya gigi yang hilang tanpa diganti dengan gigi tiruan, atau memang jumlah gigi permanennya kurang/tidak ada benih.

Pemakaian pesawat fungsional untuk mengkoreksi malrelasi rahang biasanya dipakai pada masa gigi bercampur, karena rahang masih bertumbuh; sementara jika pengkoreksian malrelasi rahang ketika masa pertumbuhan sudah lewat, bisa dengan elastik atau jika malrelasinya ekstrim bisa dengan tindakan bedah.

demikian advis dari Saya, semoga membantu.


Thanks for the response. It does help. :-)
yang pertama tadi saya salah tulis, maksudnya kondisi rahang. kalau gigi saya tadi saya jelaskan selanjutnya.
yup, dokter orto saya pasti ada dasar pemikiran yang kuat. n i trust her. ^^ cuma mau gali info lagi aja..
hmm..elastik itu apa ya, dok?
HanXnaH - 18/11/2009 10:43 AM
#406

Quote:
Original Posted By HanXnaH
tanya dulu ah D
bro, adek gw baru aja dipasang kawat soalnya gigi tengah atas renggang semacam space di tengah, nah ini udah dipasangin karet yang buat tarik menarik ( power chain ) kalo gak salah hammer: tapi koq adek gw gak kerasa linu sejak awal pemakaian ( kira2 udah 10 hari ) ? Soalnya biasanya kalo dipasang karet gitu, biasa giginya kemeng ( kata temen gw ) ... Apa ini gara2 pemakaian karet tanpa diikat ya ? Soalnya gigi adek gw yang renggang cuma dikasi bracket dan power chain, tanpa diikat dengan kawat yang tipis, sedangkan gigi yg laen diikat ke bracket nya pake kawat tipis. Mohon tanggapan ya bos malu:


yang ini gmna bro hammer:
Leerom - 18/11/2009 04:13 PM
#407

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
pesawat orto cekat itu kawat/behel yg kawatnya direkatkan langsung ke gigi pake semen (jangan bayangin semennya kayak semen bangunan dulu yahD).

bentuknya kalo kepasang di gigi:
Spoiler for gambarnya gede, gan
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


kalo yang pake bahan yang sampai menutupi langit-langit, itu pesawat orto lepasan, dan bahannya akrilik, bukan gips...

bentuknya:
Spoiler for gambarnya gede lagi, ini kalo perangkat aktifnya belum ada
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


thanx ya atas jawabannya .....
untuk gambar pesawat yg cekat, pemasangan kawatnya hanya sisi luar gigi aja ya? sisi dalam mulut nya ngak ya?
gue tanya lagi ya...
klu pasang behel yg cekat katanya klu pertama2 itu pasang kawatnya yg gede2 ya karena br pasang biar bisa narik lebih kuat, ntar klu sdh agak lama baru pasang kawat yg cantik2, apa benar?
abis gue pernah liat ada yg pasang kawat, tp kawat nya kayak kawat beton gitu. gue jd infeel dech...
Riaddenoe - 18/11/2009 08:17 PM
#408

Quote:
Original Posted By Leerom


thanx ya atas jawabannya .....
untuk gambar pesawat yg cekat, pemasangan kawatnya hanya sisi luar gigi aja ya? sisi dalam mulut nya ngak ya?
gue tanya lagi ya...
klu pasang behel yg cekat katanya klu pertama2 itu pasang kawatnya yg gede2 ya karena br pasang biar bisa narik lebih kuat, ntar klu sdh agak lama baru pasang kawat yg cantik2, apa benar?
abis gue pernah liat ada yg pasang kawat, tp kawat nya kayak kawat beton gitu. gue jd infeel dech...


Sisi luar aja, gan. Sisi dalam dah penuh ama lidah D

Kayak kawat beton? Yg mana? hammer: Kawat yg dipake tergantung kebutuhan perawatan. Gaya yg diaplikasikan juga ada nilai tertentunya, kalo kurang gigi gak gerak, kalo lebih malah ngerusak. Jadi kawatnya ya itu-itu aja...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Riaddenoe - 18/11/2009 08:22 PM
#409

Quote:
Original Posted By HanXnaH


yang ini gmna bro hammer:


Jujur, saya mah bingung ama penjelasan agan hammer:

Yg jelas, rasa nyeri bukanlah indikator bahwa pesawat ortodonti yg digunakan telah berfungsi dengan benar. Silakan konsultasi lagi dengan dokter gigi yg merawatnya...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
bintang303 - 18/11/2009 11:46 PM
#410

menyimak..
HanXnaH - 18/11/2009 11:53 PM
#411

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
Jujur, saya mah bingung ama penjelasan agan hammer:

Yg jelas, rasa nyeri bukanlah indikator bahwa pesawat ortodonti yg digunakan telah berfungsi dengan benar. Silakan konsultasi lagi dengan dokter gigi yg merawatnya...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


oo gt ya bro, ok d thanks D
zusans imran - 19/11/2009 12:37 AM
#412

Quote:
Original Posted By jefta_vito
Thanks for the response. It does help. :-)
yang pertama tadi saya salah tulis, maksudnya kondisi rahang. kalau gigi saya tadi saya jelaskan selanjutnya.
yup, dokter orto saya pasti ada dasar pemikiran yang kuat. n i trust her. ^^ cuma mau gali info lagi aja..
hmm..elastik itu apa ya, dok?
Kalau begitu, Saya kira sudah tepat apa yang diputuskan dokter orto Anda..
Elastic itu karet yang dikaitkan di bracket, penempatannya tergantung tujuan yang hendak dicapai, bisa antara 2 gigi yang terletak di rahang yang berbeda, atau dikaitkan pada gigi yang bertetangga dalam satu rahang.
Leerom - 19/11/2009 01:20 PM
#413

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
Sisi luar aja, gan. Sisi dalam dah penuh ama lidah D

Kayak kawat beton? Yg mana? hammer: Kawat yg dipake tergantung kebutuhan perawatan. Gaya yg diaplikasikan juga ada nilai tertentunya, kalo kurang gigi gak gerak, kalo lebih malah ngerusak. Jadi kawatnya ya itu-itu aja...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


maklum gan ... masih baru...
tp thanx ya atas jawaban nya
jd pengen pasang nich....tp harus cari info dulu tentang dokter yg ada di tempat tinggal gue
next time gue mampir lagi ya...
natsuki_kawai - 19/11/2009 04:37 PM
#414

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
Sisi luar aja, gan. Sisi dalam dah penuh ama lidah D

Kayak kawat beton? Yg mana? hammer: Kawat yg dipake tergantung kebutuhan perawatan. Gaya yg diaplikasikan juga ada nilai tertentunya, kalo kurang gigi gak gerak, kalo lebih malah ngerusak. Jadi kawatnya ya itu-itu aja...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


sekedar nambahin aja. ada juga sih kawat gigi yg dipasang di sisi bagian dalam, ky yg dipakai agnes monica D tp gan harganya... muahaaaaaallll bgt hammer: tp sebanding sih krn estetiknya jauh lebih baik dan pengerjaannya juga sangat sulit, butuh keahlian yg sangat khusus untuk memasang kawat di sisi bagian dalam.
yg saya tw, kawat yg dipake tergantung tujuan yang ingin dicapai dalam perawatan. kawat yg dipake jg khusus, bkn kawat biasa ky tukang bangunan D semakin besar gaya yg dibutuhkan untuk mengubah posisi gigi, maka semakin besar diameter kawat yg dibutuhkan. spt yg bro Riaddenoe katakan, gaya yg berlebihan sangat dihindari karena bs merusak jaringan pendukung gigi. sementara kl kekurangan, akan sulit untuk mengubah posisi gigi. percayakan pd ortodontis agan. dy pasti sdh mengkalkulasi brp besar gaya yg dibutuhkan pada saat merawat gigi agan.
batochan - 19/11/2009 04:43 PM
#415

bagus banget infonya gan
makasih banyak ya gan kissilovekaskus
imato - 20/11/2009 08:04 AM
#416

misi misi ..nanya donkk..
say kan pemakai bracket juga..
masangnya sama dokter ahli juga tapi di jogja..
sekarang saya udah pindah ke jakarta..(jakpus)
mau tanya...tempat praktek ortho yang bisa nerusin selama masa perawatan saya dimana ya?
saya punya rekam medis juga dan surat rekomendasi dari dokter saya sebelumnya..
mohon dibantu..
terimakasih sebelumnya

iloveindonesiailoveindonesia
Leerom - 20/11/2009 02:06 PM
#417

Quote:
Original Posted By natsuki_kawai
sekedar nambahin aja. ada juga sih kawat gigi yg dipasang di sisi bagian dalam, ky yg dipakai agnes monica D tp gan harganya... muahaaaaaallll bgt hammer: tp sebanding sih krn estetiknya jauh lebih baik dan pengerjaannya juga sangat sulit, butuh keahlian yg sangat khusus untuk memasang kawat di sisi bagian dalam.
yg saya tw, kawat yg dipake tergantung tujuan yang ingin dicapai dalam perawatan. kawat yg dipake jg khusus, bkn kawat biasa ky tukang bangunan D semakin besar gaya yg dibutuhkan untuk mengubah posisi gigi, maka semakin besar diameter kawat yg dibutuhkan. spt yg bro Riaddenoe katakan, gaya yg berlebihan sangat dihindari karena bs merusak jaringan pendukung gigi. sementara kl kekurangan, akan sulit untuk mengubah posisi gigi. percayakan pd ortodontis agan. dy pasti sdh mengkalkulasi brp besar gaya yg dibutuhkan pada saat merawat gigi agan.


thanx ya ...
nich info
yg di bold itu hanya istilah aja :d
Leerom - 20/11/2009 02:08 PM
#418

Quote:
Original Posted By Leerom
thanx ya ...
nich info
yg di bold itu hanya istilah aja D
oricomp - 21/11/2009 01:15 AM
#419

ikut nyimak dolo ahhh D
natsuki_kawai - 21/11/2009 09:05 AM
#420

Quote:
Original Posted By imato
misi misi ..nanya donkk..
say kan pemakai bracket juga..
masangnya sama dokter ahli juga tapi di jogja..
sekarang saya udah pindah ke jakarta..(jakpus)
mau tanya...tempat praktek ortho yang bisa nerusin selama masa perawatan saya dimana ya?
saya punya rekam medis juga dan surat rekomendasi dari dokter saya sebelumnya..
mohon dibantu..
terimakasih sebelumnya

iloveindonesiailoveindonesia


setw saya, agan harus minta surat rujukan dr dokter gigi agan di jogja itu supaya perawatan agan bisa diteruskan pada dokter gigi di Jkt. jgn lupa membawa rekam medis agan pada saat berkunjung ke dokter gigi di Jkt.
Page 21 of 215 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)