HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 23 of 215 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›

Riaddenoe - 02/12/2009 09:51 AM
#441

Quote:
Original Posted By duann


ini yg di sekeloa ya? thanks ya gan infonya..
sy mau pasang krna berantakan bgt, plus skrg geraham sy udh hancur, ga mungkin ditambal pasti dicabut. jd sy pikir sekalian aja pasang behel. kira2 bisa ga ya gan langsung ke spesialis ortho? jd sekalian gtu, cek gigi geraham yg hancur plus di check untuk pemasangan behelnya.
thank you

ilovekaskus iloveindonesia


yap, yg di sekeloa, gan...

kalo mau perawatan orto, semua masalah dan kondisi yg dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut, harus diberesin dulu. jadi sisa akar di gusi agan harus diangkat/dicabut dulu, kalo ada karang gigi dibersihin dan perawatan2 lain...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Akbar kadabra - 02/12/2009 12:05 PM
#442

kalo begini gmana gan ??

Spoiler for Gigi nya begini
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


Gigi dpn jg dah kena tambelan tuh gan.. \(
Kira2 cara rapihinnya gmana ya ?? need advice.. \)
duann - 02/12/2009 01:57 PM
#443

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
yap, yg di sekeloa, gan...

kalo mau perawatan orto, semua masalah dan kondisi yg dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut, harus diberesin dulu. jadi sisa akar di gusi agan harus diangkat/dicabut dulu, kalo ada karang gigi dibersihin dan perawatan2 lain...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


msalah gigi dan mulut itu bisa langsung ditangani sekalian sm dokter orthonya? jd ga pindah2 lg dokternya...
zusans imran - 02/12/2009 10:04 PM
#444

Quote:
Original Posted By duann
msalah gigi dan mulut itu bisa langsung ditangani sekalian sm dokter orthonya? jd ga pindah2 lg dokternya...
kalau untuk perawatan yg bersifat umum seperti penambalan, penacabutan dan pembuangan karang gigi boleh sekalian di dokter ortony.

Untuk geraham yg hancur yang masih vital dan masih ada mahkotanya, pilihan perawatan ada dua: dirawat endodonti konvensional atau langsung dicabut. kalau memilih perawatan endodonti, disarankan untuk dirawat oleh dokter spesialis konservasi gg/Sp.KG/endodontis. di RSGM FKG-dept konservasi gg biasanya ada endodontisnya..

Riaddenoe - 02/12/2009 10:14 PM
#445

Quote:
Original Posted By Akbar kadabra
kalo begini gmana gan ??

Spoiler for Gigi nya begini
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


Gigi dpn jg dah kena tambelan tuh gan.. \(
Kira2 cara rapihinnya gmana ya ?? need advice.. \)


Rapihinnya pake pesawat ortodontic, gan. alias dirawat orto, alias pake behel. D

kalo ngliat sekilas berdasarkan tiga foto agan itu, gigi masih bisa dirapihin. bisa gigi bawahnya yg didorong, gigi atasnya yg dirapetin, ato bisa dua-duanya. tapi curiga harus ada gigi yg dicabut...

periksa aja langsung ke dokter gigi spesialis ortodonti yg agan pilih...
J_08 - 02/12/2009 10:30 PM
#446

ganm kl misalkan yg agak maju itu rahangnya, bisa diperbaiki dengan pake kawat gigi ga?
Akbar kadabra - 03/12/2009 02:45 AM
#447

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
Rapihinnya pake pesawat ortodontic, gan. alias dirawat orto, alias pake behel. D

kalo ngliat sekilas berdasarkan tiga foto agan itu, gigi masih bisa dirapihin. bisa gigi bawahnya yg didorong, gigi atasnya yg dirapetin, ato bisa dua-duanya. tapi curiga harus ada gigi yg dicabut...

periksa aja langsung ke dokter gigi spesialis ortodonti yg agan pilih...


wihh tq banget nih gan atas sarannya...
mksdnya gigi bawah di dorong gmana tuh gan ??
klo gigi atas dirapetin mksdnya dimundurin gt gan ?
oh iya, itu kan gigi taring yg kiri dah rusak.. (coba diliat gan gambarnya), nah wkt pas nambel kan sempet tanya2 tuh ama dokter gigi biasa, dia bilang begini solusinya: "itu kan taring yang kiri dah gigi rusak/mati, itu bisa dicabut, jadi nanti bisa buat space gigi yg depan bisa di tarik mundur pake behel.."
kira2 bisa begitu gan ??
oh iya satu lagi.. ini kan giginya tambelan smua nih yg depan.. kira2 kalo pake behel emang bisa ?? ga takut rusak tuh tambelannya ?? confused:

maap nubie byk nanya.. need advice nih gan, butuh info sblm pergi ke dokter ortho, coz ga begitu paham masalah pergigian..
duann - 03/12/2009 08:17 AM
#448

Quote:
Original Posted By zusans imran
kalau untuk perawatan yg bersifat umum seperti penambalan, penacabutan dan pembuangan karang gigi boleh sekalian di dokter ortony.

Untuk geraham yg hancur yang masih vital dan masih ada mahkotanya, pilihan perawatan ada dua: dirawat endodonti konvensional atau langsung dicabut. kalau memilih perawatan endodonti, disarankan untuk dirawat oleh dokter spesialis konservasi gg/Sp.KG/endodontis. di RSGM FKG-dept konservasi gg biasanya ada endodontisnya..



thanks gan atas infonya.
kayaknya grahamnya harus dicabut soalnya mahkotanya udh hancur separuh \(
kalo soal biaya, perawatn gigi sbelum pemasangan behel itu biasanya biayanya blm include dalam paket pasang behel ya? o
kalau foto, bkin cetakan gigi sm cabut kan biasanya udh include ya gan.
morez13 - 03/12/2009 04:17 PM
#449

mau nanya nih,jadi sminggu yang lalu saya dipasangin separator sama dokternya,buat graham bawah 2 separator utk 1 graham,jadi di rahang bawah total ada 4 separator,sedangkan di atas cuman 1 separator utk 1 graham,jadi di rahang atas total cuman 2 separator. Nah,pas dipasang hari ini ternyata kata dokternya ring yang atas ga usah dipasang dulu karena kmaren separatornya cuman masang 1 buat 1 graham. Jadi intinya skrg behel udah kepasang buat atas sama bawah,tapi yang di atas ga ada ringnya,jadi cuman kaya kawat nempel di gigi aja gitu. nah pertanyaannya kalo ga dipasang ring di geraham atas,berarti ga ngaruh dong yang atas dipakein kawat juga? soalnya saya ngerasa gigi bawah ni pegel banget,tapi yang atas biasa aja. mohon info nya ya dok,makasi
zusans imran - 04/12/2009 12:56 AM
#450

Quote:
Original Posted By morez13
mau nanya nih,jadi sminggu yang lalu saya dipasangin separator sama dokternya,buat graham bawah 2 separator utk 1 graham,jadi di rahang bawah total ada 4 separator,sedangkan di atas cuman 1 separator utk 1 graham,jadi di rahang atas total cuman 2 separator. Nah,pas dipasang hari ini ternyata kata dokternya ring yang atas ga usah dipasang dulu karena kmaren separatornya cuman masang 1 buat 1 graham. Jadi intinya skrg behel udah kepasang buat atas sama bawah,tapi yang di atas ga ada ringnya,jadi cuman kaya kawat nempel di gigi aja gitu. nah pertanyaannya kalo ga dipasang ring di geraham atas,berarti ga ngaruh dong yang atas dipakein kawat juga? soalnya saya ngerasa gigi bawah ni pegel banget,tapi yang atas biasa aja. mohon info nya ya dok,makasi
Biasanya, saat pemakaian pertama kali, terasa sekali ada penekanan ke gigi, lama2 kelamaan baru mjd terbiasa. Kalau untuk yg tanpa cincin, force yg dipasang ga bisa begitu kuat, karena nanti bisa membuat tarikan yg beresiko terlepasnya pesawat orto (dislodging force), menurut saya kurang efektif dipasang dengan cara begitu, untuk apa dipasang kalau hanya untuk melengketkan aja tanpa ada efek yg signifikan..? Sekalian saja separatornya dibereskan dulu, baru dipasang pesawatnya. pemasangan pesawat orto tanpa pemasangan cincin tidak dianjurkan..

Btw, pasangnya sm Sp.ortho ga? setahu Saya, Sp. Ortho ga akan memasang pesawat ortho cekat hanya dengan buccal tube (nempel) saja :-)

zusans imran - 04/12/2009 01:11 AM
#451

Quote:
Original Posted By duann
thanks gan atas infonya.
kayaknya grahamnya harus dicabut soalnya mahkotanya udh hancur separuh \(
kalo soal biaya, perawatn gigi sbelum pemasangan behel itu biasanya biayanya blm include dalam paket pasang behel ya? o
kalau foto, bkin cetakan gigi sm cabut kan biasanya udh include ya gan.

Kalau soal sejauh mana asuransi akan menaggung biaya perawatan, lebih bagus Anda tanyakan langsung kepada pihak asuransinya..yang membuat ketentuan tsb adalah pihak asuransi. Bukankah sebelum Anda menyepakati untuk menjadi peserta asuransi ada agreement terlebih dulu, mengenai hak dan kewajiban kedua pihak? dalam asuransi biasanya ada kuotatertentu yg ditetapkan, jadi perawatan2 yg masih dalam rentang kuota itulah yg masih ditanggung oleh asuransi, selebihnya peserta yg harus melunasi. Maaf ya kalau tidak banyak membantu..
duann - 04/12/2009 08:34 AM
#452

Quote:
Original Posted By zusans imran

Kalau soal sejauh mana asuransi akan menaggung biaya perawatan, lebih bagus Anda tanyakan langsung kepada pihak asuransinya..yang membuat ketentuan tsb adalah pihak asuransi. Bukankah sebelum Anda menyepakati untuk menjadi peserta asuransi ada agreement terlebih dulu, mengenai hak dan kewajiban kedua pihak? dalam asuransi biasanya ada kuotatertentu yg ditetapkan, jadi perawatan2 yg masih dalam rentang kuota itulah yg masih ditanggung oleh asuransi, selebihnya peserta yg harus melunasi. Maaf ya kalau tidak banyak membantu..


ok thank you gan...
ilovekaskus
duann - 04/12/2009 08:37 AM
#453

ohya gan..kalo ke RSGM emang ada tingkatan buat dokter2nya?
ky gimana itu ya gan? sory kalo banyak nanya malu
morez13 - 04/12/2009 11:20 AM
#454

Quote:
Original Posted By zusans imran
Biasanya, saat pemakaian pertama kali, terasa sekali ada penekanan ke gigi, lama2 kelamaan baru mjd terbiasa. Kalau untuk yg tanpa cincin, force yg dipasang ga bisa begitu kuat, karena nanti bisa membuat tarikan yg beresiko terlepasnya pesawat orto (dislodging force), menurut saya kurang efektif dipasang dengan cara begitu, untuk apa dipasang kalau hanya untuk melengketkan aja tanpa ada efek yg signifikan..? Sekalian saja separatornya dibereskan dulu, baru dipasang pesawatnya. pemasangan pesawat orto tanpa pemasangan cincin tidak dianjurkan..

Btw, pasangnya sm Sp.ortho ga? setahu Saya, Sp. Ortho ga akan memasang pesawat ortho cekat hanya dengan buccal tube (nempel) saja :-)



pasangnya sama sp.ortho kok dok.. cuman kaya ada kesalahpahaman gitu kemaren.. katanya ntar pas dateng lagi bakal dipasangin juga kok ring atasnya.. tapi kan itu masih 1 bulan lagi,berarti 1 bulan lagi gigi atas saya ga bisa rapet ya dok? soalnya sebenernya tujuan masang behel buat ngerapetin gigi atas yang renggang banget..
morez13 - 04/12/2009 11:21 AM
#455

Quote:
Original Posted By zusans imran
Biasanya, saat pemakaian pertama kali, terasa sekali ada penekanan ke gigi, lama2 kelamaan baru mjd terbiasa. Kalau untuk yg tanpa cincin, force yg dipasang ga bisa begitu kuat, karena nanti bisa membuat tarikan yg beresiko terlepasnya pesawat orto (dislodging force), menurut saya kurang efektif dipasang dengan cara begitu, untuk apa dipasang kalau hanya untuk melengketkan aja tanpa ada efek yg signifikan..? Sekalian saja separatornya dibereskan dulu, baru dipasang pesawatnya. pemasangan pesawat orto tanpa pemasangan cincin tidak dianjurkan..

Btw, pasangnya sm Sp.ortho ga? setahu Saya, Sp. Ortho ga akan memasang pesawat ortho cekat hanya dengan buccal tube (nempel) saja :-)



pasangnya sama sp.ortho kok dok.. cuman kaya ada kesalahpahaman gitu kemaren.. katanya ntar pas dateng lagi bakal dipasangin juga kok ring atasnya.. tapi kan itu masih 1 bulan lagi,berarti 1 bulan lagi gigi atas saya ga bisa rapet ya dok? soalnya sebenernya tujuan masang behel buat ngerapetin gigi atas yang renggang banget..
onaz - 04/12/2009 03:32 PM
#456

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
Kan dah dibilang tadi, pembagian kompetensi di kedokteran gigi dan kedokteran umum masih kacau...

Pembagian ini seharusnya diatur pdgi yg sayangnya masih belum diatur...

Contohnya pencabutan gigi 8 tadi. Pencabutan gigi 8 emang bisa dilakukan drg gp, tapi tetap tergantung kondisi gigi. Untuk kondisi yg sulit, misal gigi 8 atas, lebih tepat dilakukan Sp.BM...Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


seru nih topiknya. memang dari segi peraturan, hal gini2 pengaturannya blum jelas banget. setau gw msh digodok, tauk tuh gak rampung2, biasa birokrasi indonesia, pasti ujung2nya duit lahh.. terlepas dari segi peraturan kayaknya sebagai dokter gigi mustinya punya ukuran sejauh mana dia tau kapasitas kemampuan/kompetensinya dalam ngerjain kasus2 apa aja, dan yg lebih penting punya hati nurani juga, jangan cuma nguber setoran aja. tentu ada maksud jg kenapa ada spesialisasi, biar lebih fokus lebih mendalami ilmu tertentu. pasien juga pinter2 cari dokter gigi jangan cuma liat harga murah atau mahal (harga gak bisa jadi ukuran nih dalam hal ini, ada aja yg kompeten pasang harga murah, ada yg gak kompeten pasang harga mahal). hukum kita emang masih terus diperbaikin semoga bertujuan melindungi pasien dan dokter gigi juga. jadi balik lagi d ke hati nurani pasien dan dokter giginya...kiss
zusans imran - 04/12/2009 03:32 PM
#457

Quote:
Original Posted By morez13
pasangnya sama sp.ortho kok dok.. cuman kaya ada kesalahpahaman gitu kemaren.. katanya ntar pas dateng lagi bakal dipasangin juga kok ring atasnya.. tapi kan itu masih 1 bulan lagi,berarti 1 bulan lagi gigi atas saya ga bisa rapet ya dok? soalnya sebenernya tujuan masang behel buat ngerapetin gigi atas yang renggang banget..

Ya memang bakalan tetep dipasang..cuma Sy kurang setuju saja kalau dipasang pakai buccal tube saja, ga ada gunanya n hanya membuang waktu..padahal rata2 lama pengambilan space dengan separator bisa selesai dalam 1-2 minggu aja..kalau ditanya efek, ada sih ada, tapi kecil sekali lah, ga terlalu signifikan..y g ga pakai cincin itu sudah dipasang karet/elasticnya?kalau cuma pakai buccal tube saja dan karetnya engga dipasang pula ya keterlaluan sekali.
morez13 - 04/12/2009 04:32 PM
#458

Quote:
Original Posted By zusans imran

Ya memang bakalan tetep dipasang..cuma Sy kurang setuju saja kalau dipasang pakai buccal tube saja, ga ada gunanya n hanya membuang waktu..padahal rata2 lama pengambilan space dengan separator bisa selesai dalam 1-2 minggu aja..kalau ditanya efek, ada sih ada, tapi kecil sekali lah, ga terlalu signifikan..y g ga pakai cincin itu sudah dipasang karet/elasticnya?kalau cuma pakai buccal tube saja dan karetnya engga dipasang pula ya keterlaluan sekali.


karetnya udah dok,cuman ring yang di geraham itu aja yang belum.. ok,makasih infonya dok..
Riaddenoe - 04/12/2009 09:32 PM
#459

Quote:
Original Posted By Akbar kadabra
wihh tq banget nih gan atas sarannya...
mksdnya gigi bawah di dorong gmana tuh gan ??
klo gigi atas dirapetin mksdnya dimundurin gt gan ?
oh iya, itu kan gigi taring yg kiri dah rusak.. (coba diliat gan gambarnya), nah wkt pas nambel kan sempet tanya2 tuh ama dokter gigi biasa, dia bilang begini solusinya: "itu kan taring yang kiri dah gigi rusak/mati, itu bisa dicabut, jadi nanti bisa buat space gigi yg depan bisa di tarik mundur pake behel.."
kira2 bisa begitu gan ??
oh iya satu lagi.. ini kan giginya tambelan smua nih yg depan.. kira2 kalo pake behel emang bisa ?? ga takut rusak tuh tambelannya ?? confused:

maap nubie byk nanya.. need advice nih gan, butuh info sblm pergi ke dokter ortho, coz ga begitu paham masalah pergigian..


gigi bawah didorong maksudnya dimajukan...

gigi atas dirapetin maksudnya dimundurin. lihat susunan gigi dan keadaan gigi dan rahangnya dulu. kalo ada jarak antar gigi, bisa langsung dirapetin ajah. kalo gigi rapat tapi sedikit rapatnya, bisa tiap gigi dikurangin ukuran lebarnya, lalu dirapetin. kalo gigi rapat, dan rapatnya heboh, mungkin perlu ada gigi yg dicabut...

gigi taringnya yg itu biar diperiksa dulu ama dokter gigi agan baik secara klinis dan radiografis. kalo perlu dicabut, ya dicabut. kedudukannya nanti bisa digantikan gigi geraham depan di belakang gigi taring sekarang. dan spasenya juga bisa digunakan untuk memundurkan gigi depannya...

tambelannya nanti diperiksa lagi dan akan selalu diperiksa ulang pada setiap kontrol pesawat ortodontinya. kalo perlu diperbaiki, ya diperbaiki...
Riaddenoe - 04/12/2009 09:43 PM
#460

Quote:
Original Posted By duann
ohya gan..kalo ke RSGM emang ada tingkatan buat dokter2nya?
ky gimana itu ya gan? sory kalo banyak nanya malu


ada...

kalo kasusnya masih bisa ditangani oleh dokter gigi umum alias general practice (GP), akan ditangani oleh koass, yaitu mahasiswa yg sedang dalam masa pendidikan menjadi dokter gigi. tapi jangan takut duluan, gan. mereka kan udah kuliah dan praktek dulu sebelum jadi koass, jadi agan bukan jadi manusia percobaan sepertiyg biasa ditakutin orang-orang kalo berobat ke rumah sakit pendidikan. dan mereka juga kerjanya pasti dibawah pengawasan dokter-dokter gigi dosen mereka. jadi kalo koass nya ngaco, pasti dimarahin dosennya hammer:

di bidang ortodonti, kemampuan/kompetensi dokter gigi umum / koass hanya pada penggunaan pesawat ortodonti lepasan...

kalo kasusnya lebih berat dan tidak bisa ditangani pesawat ortodonti lepasan, maka akan digunakan pesawat ortodonti cekat alias behel, yg akan beraksi adalah residen, yaitu dokter gigi yg sedang dalam pendidikan menjadi dokter gigi spesialis. yg jelas, residen ini udah jadi dokter gigi. walaupun mereka belum jadi dokter gigi spesialis, mereka bekerja dibawah pengawasan dokter-dokter gigi dosen kespesialisasian seperti koass juga...

kalo kasusnya berat, residen tidak bisa bertindak, maka kasus akan dilimpahkan ke konsulen, alias dokter-dokter gigi spesialis yg menjadi dosen pada pendidikan kespesialisasian tadi...
Page 23 of 215 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)