HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 24 of 215 | ‹ First  < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 >  Last ›

Akbar kadabra - 04/12/2009 11:25 PM
#461

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
gigi bawah didorong maksudnya dimajukan...

gigi atas dirapetin maksudnya dimundurin. lihat susunan gigi dan keadaan gigi dan rahangnya dulu. kalo ada jarak antar gigi, bisa langsung dirapetin ajah. kalo gigi rapat tapi sedikit rapatnya, bisa tiap gigi dikurangin ukuran lebarnya, lalu dirapetin. kalo gigi rapat, dan rapatnya heboh, mungkin perlu ada gigi yg dicabut...

gigi taringnya yg itu biar diperiksa dulu ama dokter gigi agan baik secara klinis dan radiografis. kalo perlu dicabut, ya dicabut. kedudukannya nanti bisa digantikan gigi geraham depan di belakang gigi taring sekarang. dan spasenya juga bisa digunakan untuk memundurkan gigi depannya...

tambelannya nanti diperiksa lagi dan akan selalu diperiksa ulang pada setiap kontrol pesawat ortodontinya. kalo perlu diperbaiki, ya diperbaiki...


wihh.. ok deh gan sarannya... jadi kebuka nih pengetahuannya.. thumbup:
nah dari semua kemungkinan itu, kira2 harus keluar biaya brp gan ??
Distro.Web_H - 06/12/2009 09:17 AM
#462

wew...mantap gan
zusans imran - 06/12/2009 11:27 PM
#463

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
gigi bawah didorong maksudnya dimajukan...

gigi atas dirapetin maksudnya dimundurin. lihat susunan gigi dan keadaan gigi dan rahangnya dulu. kalo ada jarak antar gigi, bisa langsung dirapetin ajah. kalo gigi rapat tapi sedikit rapatnya, bisa tiap gigi dikurangin ukuran lebarnya, lalu dirapetin. kalo gigi rapat, dan rapatnya heboh, mungkin perlu ada gigi yg dicabut...

gigi taringnya yg itu biar diperiksa dulu ama dokter gigi agan baik secara klinis dan radiografis. kalo perlu dicabut, ya dicabut. kedudukannya nanti bisa digantikan gigi geraham depan di belakang gigi taring sekarang. dan spasenya juga bisa digunakan untuk memundurkan gigi depannya...

tambelannya nanti diperiksa lagi dan akan selalu diperiksa ulang pada setiap kontrol pesawat ortodontinya. kalo perlu diperbaiki, ya diperbaiki...


Quote:
Original Posted By Akbar kadabra
wihh.. ok deh gan sarannya... jadi kebuka nih pengetahuannya.. thumbup:
nah dari semua kemungkinan itu, kira2 harus keluar biaya brp gan ??


tambahan sedikit ya..untuk gg taring, kalau masih bisa dipertahankan dengan dirawat endodonti konvensional, lebih baik dirawat dulu-jangan dicabut, gigi taring fungsinya untuk mengoyak makanan, tanpa gg taring, fungsi pengunyahan jd berkurang, pencabutan juga harus dilakukan di dua sisi, kalau gg taring kiri dicabut-kanan juga harus dicabut supaya simetris. kan sayang kalau yg sebelahnya masih bagus harus dicabut?

tapi kalau gg taring yg rusak itu tinggal akarnya saja, ya terpaksa dicabut, tetapi kalau menurut pandangan Saya, ruang yang kosong bekas taring itu sebaiknya dipertahankan, jangan diisi dengan gg geraham kecil yg ada di belakangnya, nanti, gg taringnya itu aja yg dibuatkan gigi tiruan jembatan (bridge), supaya gg taring sebelahnya tidak perlu dicabut. tetap gg geraham kecil yang dicabut untuk ruang, bukan gg taring..

demikian advis Saya, semoga membantu
Akbar kadabra - 07/12/2009 12:30 AM
#464

oo ic2...
btw gan, kalo untuk pembuatan gigi palsu gmana tuh ?? nanti pas dibehel masalah gak ??
GirlzAngel - 07/12/2009 10:07 AM
#465
Tny Pasang Kawat Gigi yang murah 5-7jt dae tj duren
Dear All,

Guys minta info donk tentang Pasang kawat gigi yang murah atas bawah sekitar 5-7 juta daerah tanjung duren atau jakarta barat yg deket2..atau ada yg bisa rekomendasi dokter gigi nya silakan nih..di tunggu ya All...

Thanks...

kiss
zusans imran - 07/12/2009 01:58 PM
#466

Quote:
Original Posted By Akbar kadabra
oo ic2...
btw gan, kalo untuk pembuatan gigi palsu gmana tuh ?? nanti pas dibehel masalah gak ??

ruangannya dihitung dengan cermat, berapa yg harus disediakan untuk tempat gg tiruan pengganti gg taringnya, ruangannya dipertahankan segitu, kelainan susunan dirawat secara ortho baru gg tiruan dibuat belakangan.
RekBerMYBANK - 07/12/2009 10:08 PM
#467

kalo punya pacar yang pake behel paling susah... wakakaka...
Akbar kadabra - 07/12/2009 10:21 PM
#468

Quote:
Original Posted By zusans imran

ruangannya dihitung dengan cermat, berapa yg harus disediakan untuk tempat gg tiruan pengganti gg taringnya, ruangannya dipertahankan segitu, kelainan susunan dirawat secara ortho baru gg tiruan dibuat belakangan.


wah brati ompon dlu donk nih sementara ?? nohope:
Akbar kadabra - 07/12/2009 10:26 PM
#469

Quote:
Original Posted By zusans imran

ruangannya dihitung dengan cermat, berapa yg harus disediakan untuk tempat gg tiruan pengganti gg taringnya, ruangannya dipertahankan segitu, kelainan susunan dirawat secara ortho baru gg tiruan dibuat belakangan.


wah brati ompong dlu donk nih sementara ?? nohope:
zusans imran - 07/12/2009 11:56 PM
#470

Quote:
Original Posted By Akbar kadabra
wah brati ompong dlu donk nih sementara ?? nohope:

menurut Saya, ini jalan yg paling mendekati golden proportion..kalau soal ompong sementara, ya sama aja, kalau gg taring nya dicabut n mengharapkan gg geraham kecilnya mengisi ruangan bekas pencabutan tadi-kan ga serta merta tertutupi oleh gg belakang itu?butuh >proses--tetap juga akan terlihat ompong sementara. kalau opsi pertama yg dipilih, memang hasil akhir akan terlihat rapi, tetapi sudah tidak proporsional lg, masa ga ada gg taringnya? sementara, kalau seperti yg saya gambarkan td, hasil akhir tetap rapi, dan kamu tetap punya gg taring (gg tiruan). keputusan akhirnya tergantung dokter gg yg merawat kamu..setiap dokter punya rencana perawatan yg berbeda2.

perawatan orto bukan cuma supaya gigi berjejer rapat, tapi memadukan keharmonisan susunan gigi geligi dan mengembalikan fungsi pengunyahan, dan jangan lupa, semua ada aturannya..^_^
Akbar kadabra - 08/12/2009 03:31 PM
#471

Quote:
Original Posted By zusans imran

menurut Saya, ini jalan yg paling mendekati golden proportion..kalau soal ompong sementara, ya sama aja, kalau gg taring nya dicabut n mengharapkan gg geraham kecilnya mengisi ruangan bekas pencabutan tadi-kan ga serta merta tertutupi oleh gg belakang itu?butuh >proses--tetap juga akan terlihat ompong sementara. kalau opsi pertama yg dipilih, memang hasil akhir akan terlihat rapi, tetapi sudah tidak proporsional lg, masa ga ada gg taringnya? sementara, kalau seperti yg saya gambarkan td, hasil akhir tetap rapi, dan kamu tetap punya gg taring (gg tiruan). keputusan akhirnya tergantung dokter gg yg merawat kamu..setiap dokter punya rencana perawatan yg berbeda2.

perawatan orto bukan cuma supaya gigi berjejer rapat, tapi memadukan keharmonisan susunan gigi geligi dan mengembalikan fungsi pengunyahan, dan jangan lupa, semua ada aturannya..^_^

waduh.. mantab nih gan... trus skrg kira2 langkah awal apa nih yg kudu saya ambil untuk betulin susunan gigi saya yg brantakan ini?? \(
examexam - 08/12/2009 03:37 PM
#472
mundurin gigi yang maju tanpa cabut gigi
Dokter yang baik

saya juga mau tanya nih kalo boleh

usia saya sudah 35
rahang saya agak sempit, lidah ngepas banget,pinggiran lidah sering ada cetakan gigi.

di lihat dari samping, bibir saya agak cembung (kayak Dono kale ye,tapi masih kalah cembung)

gigi belakang-bawah, keduanya sudah saya cabut.

nah apakah bisa gigi depan ini dimundurin dan di ratakan
dengan cara melebarkan rahang sambil di rapikan
jadi tanpa hrs di cabut lagi (2 gigi bawah dan 2 gigi atas)
kan sakit di cabut sampe 4 gigi, belum lagi biaya cabutnya

sebenarnya gigi saya juga gak berantakan amat sih
cuma dari dulu saya pengen mundurin gigi depan saya
biar bibir bisa rata kalau di liat dari samping, jadi kan keliatan bagus gak kayak Dono lagi

kemarin saya baca di forum lain
katanya di luar negeri, utk pasang kawat gigi
gak perlu lagi cabut2 gigi, udah kuno katanya kalo masih nyabut2 gigi
udah cukup dengan melebarkan rahang
lagian sayang dok, masak gigi di cabut


sejak gigi belakang saya di cabut
ngunyah jadi kurang mantep
apalagi kalau mau di buang lagi gigi 2 bawah 2 atas
apa gak tambah susah ngunyah makanan ?

apa krn teknik yg di gunakan di indo udah obsolete ? (gak maksud nyinggung)

ok deh trims ya Dok
examexam - 08/12/2009 04:11 PM
#473

Quote:
Original Posted By GirlzAngel
Dear All,

Guys minta info donk tentang Pasang kawat gigi yang murah atas bawah sekitar 5-7 juta daerah tanjung duren atau jakarta barat yg deket2..atau ada yg bisa rekomendasi dokter gigi nya silakan nih..di tunggu ya All...

Thanks...

kiss


wah penduduk tanjung duren nih ?
gak mau ke FKG Trisakti aja ?


saya juga lagi pengen masang nih
cari yg murah aja
mungkin mau ke FKG trisakti aja
cuma mereka bukanya pagi

update saya ya kalo nanti udah dapet
Riaddenoe - 08/12/2009 06:52 PM
#474

Quote:
Original Posted By examexam
Dokter yang baik

saya juga mau tanya nih kalo boleh

usia saya sudah 35
rahang saya agak sempit, lidah ngepas banget,pinggiran lidah sering ada cetakan gigi.

di lihat dari samping, bibir saya agak cembung (kayak Dono kale ye,tapi masih kalah cembung)

gigi belakang-bawah, keduanya sudah saya cabut.

nah apakah bisa gigi depan ini dimundurin dan di ratakan
dengan cara melebarkan rahang sambil di rapikan
jadi tanpa hrs di cabut lagi (2 gigi bawah dan 2 gigi atas)
kan sakit di cabut sampe 4 gigi, belum lagi biaya cabutnya

sebenarnya gigi saya juga gak berantakan amat sih
cuma dari dulu saya pengen mundurin gigi depan saya
biar bibir bisa rata kalau di liat dari samping, jadi kan keliatan bagus gak kayak Dono lagi

kemarin saya baca di forum lain
katanya di luar negeri, utk pasang kawat gigi
gak perlu lagi cabut2 gigi, udah kuno katanya kalo masih nyabut2 gigi
udah cukup dengan melebarkan rahang
lagian sayang dok, masak gigi di cabut


sejak gigi belakang saya di cabut
ngunyah jadi kurang mantep
apalagi kalau mau di buang lagi gigi 2 bawah 2 atas
apa gak tambah susah ngunyah makanan ?

apa krn teknik yg di gunakan di indo udah obsolete ? (gak maksud nyinggung)

ok deh trims ya Dok


semuanya harus dianalisa dulu sama dokter giginya. untuk soal perlu tidaknya dilakukan pencabutan, sangat tergantung dengan selisih panjang lengkung gigi terhadap panjang lengkung rahang. kalo selisihnya terlalu besar, mau gak mau harus dicabut. di luar negri juga masih make prosedur yg sama. bayangin aja gini, kursi yg cuma muat 5 orang, kalo diisi 6 orang pasti duduknya gak enak, kalo duduknya dipaksa rapi, mungkin bisa rapet tapi gak nyaman...

soal melebarkan rahang, itu kan pada salah satu tahapan pembuatan pesawat ortodonti ada tahapan analisa rontgen, jadi ketahuan bentuk tulang-tulang pendukung gigi. kalo kesimpulannya didapat kondisi lengkung rahang yg sempit, kalo bisa dilebarkan, dari proses pelebaran lengkung rahan ini juga akan didapat space tambahan untuk ruangan lengkung rahang. mungkin kondisi lengkung rahang agan adalah salah satu contoh kasusnya...

tapi ada satu hal yg perlu diperhatikan, yaitu umur agan. umur 35 sebenarnya sudah bukan pada golden period untuk perawatan ortodontik, karena pertumbuhannya sudah tidak secepat pada usia belasan tahun. akhirnya perawatan agan akan berlangsung dalam waktu yg lebih lama...

gigi agan yg sudah dicabut gigi yg mana? gigi yg biasa dicabut untuk perawatan ortodontik, apabila tindakan pencabutan harus dilakukan, adalah gigi geraham kecil, yaitu gigi pertama atau kedua setelah gigi taring. apabila ada ruang akibat pencabutan gigi geraham besar (saya perkirakan gigi agan yg sudah dicabut adalah gigi geraham besar), mungkin bisa digunakan, tetapi akan lebih sulit untuk menarik gigi depan...

apabila nanti ada gigi geraham kecil agan yg dicabut, gigi depannya akan ditarik/dimundurkan ke belakang hingga menutup rapat ruangan hasil pencabutan tersebut. untuk ruangan hasil pencabutan gigi geraham besar, apabila tidak bisa ditutup dengan menggeser gigi dibelakangnya ke depan, sebaiknya ditutupdengan pembuatan gigi tiruan...

maaf, gan saya gak ngerti apa itu obsolete hammer:, yg jelas ilmu kedokteran gigi terus berkembang baik di luar negeri maupun di dalam negri sendiri...

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
examexam - 08/12/2009 07:31 PM
#475

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
semuanya harus dianalisa dulu sama dokter giginya. untuk soal perlu tidaknya dilakukan pencabutan, sangat tergantung dengan selisih panjang lengkung gigi terhadap panjang lengkung rahang. kalo selisihnya terlalu besar, mau gak mau harus dicabut. di luar negri juga masih make prosedur yg sama. bayangin aja gini, kursi yg cuma muat 5 orang, kalo diisi 6 orang pasti duduknya gak enak, kalo duduknya dipaksa rapi, mungkin bisa rapet tapi gak nyaman...

soal melebarkan rahang, itu kan pada salah satu tahapan pembuatan pesawat ortodonti ada tahapan analisa rontgen, jadi ketahuan bentuk tulang-tulang pendukung gigi. kalo kesimpulannya didapat kondisi lengkung rahang yg sempit, kalo bisa dilebarkan, dari proses pelebaran lengkung rahan ini juga akan didapat space tambahan untuk ruangan lengkung rahang. mungkin kondisi lengkung rahang agan adalah salah satu contoh kasusnya...

tapi ada satu hal yg perlu diperhatikan, yaitu umur agan. umur 35 sebenarnya sudah bukan pada golden period untuk perawatan ortodontik, karena pertumbuhannya sudah tidak secepat pada usia belasan tahun. akhirnya perawatan agan akan berlangsung dalam waktu yg lebih lama...

gigi agan yg sudah dicabut gigi yg mana? gigi yg biasa dicabut untuk perawatan ortodontik, apabila tindakan pencabutan harus dilakukan, adalah gigi geraham kecil, yaitu gigi pertama atau kedua setelah gigi taring. apabila ada ruang akibat pencabutan gigi geraham besar (saya perkirakan gigi agan yg sudah dicabut adalah gigi geraham besar), mungkin bisa digunakan, tetapi akan lebih sulit untuk menarik gigi depan...

apabila nanti ada gigi geraham kecil agan yg dicabut, gigi depannya akan ditarik/dimundurkan ke belakang hingga menutup rapat ruangan hasil pencabutan tersebut. untuk ruangan hasil pencabutan gigi geraham besar, apabila tidak bisa ditutup dengan menggeser gigi dibelakangnya ke depan, sebaiknya ditutupdengan pembuatan gigi tiruan...

maaf, gan saya gak ngerti apa itu obsolete hammer:, yg jelas ilmu kedokteran gigi terus berkembang baik di luar negeri maupun di dalam negri sendiri...

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia



makasih Dok
gigi yg udah di cabut adalah gigi bawah paling belakang,kanan kiri

kalau udah 35 thn, lama nya berapa lama ? 5thn kah ?
udah gak ada harapan donk?

obsolete maksudnya mungkin dokter yg ambil s2 di FKG masih di ajarin tekno lama, kayak mahasiswa komputer di indo lah, masih belajar software lama
jadi mereka gak terupdate bahwa gak perlu korbanin gigi,tapi bisa dengan cara melebarkan rahang,
and kalau di pikir,sebenarnya jumlah gigi manusia kan udah fixed
jadi sebenarnya asal lengkungan rahangnya di buat ideal kembali, otomatis semua gigi bisa muat dong ? betul gak
apalagi gigi belakang saya udah di cabut (dulu tumbuhnya ke samping,bukan ke atas, shg mendorong gigi lain maju ke depan)

kalau pake teknik lebarin rahang, apa ada alat tambahan selain kawat?
apa ini menambah lama prosesnya ?
Riaddenoe - 08/12/2009 07:58 PM
#476

Quote:
Original Posted By examexam
makasih Dok
gigi yg udah di cabut adalah gigi bawah paling belakang,kanan kiri

kalau udah 35,bisa lama berapa lama ? 5thn ?

obsolete maksudnya mungkin dokter yg ambil s2 di FKG masih di ajarin tekno lama, kayak mahasiswa komputer di indo lah, masih belajar software lama

kalau pake teknik lebarin rahang, apa ada alat tambahan selain kawat?
apa ini menambah lama prosesnya ?


sayangnya pencabutan gigi bungsu tidak begitu membantu untuk mendapatkan ruangan untuk perawatan ortodontik. palingan jadinya mengurangi efek mesial drifting, alias mencegah gaya dorong terhadap gigi dari belakang ke depan...

soal alat tambahan, ada beberapa jenis, tergantung kasusnya...

di kedokteran gigi ada juga sih S2-nya, tapi yg khas di kedokteran gigi adalah PPDGS (program pendidikan dokter gigi spesialis). tapi jangankan sedang program S2 atau spesialis, dokter gigi praktek (lagi gak ngambil program pendidikan spesialis maupun S2 lain) biasa pun harus ikut seminar dengan beban tertentu untuk setiap tahunnya, untuk memperpanjang surat izin prakteknya, sehingga dokter-dokter gigi ilmunya berkembang terus...

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia

jadi jangan heran kalo misalnya dateng ke dokter gigi langganan tanpa janji sebelumnya, tiba-tiba dokternya lagi gak praktek tapi lagi di luar kota ikut seminar (ato malah di luar negri D)...
Riaddenoe - 08/12/2009 08:20 PM
#477

Quote:
Original Posted By examexam

jadi mereka gak terupdate bahwa gak perlu korbanin gigi,tapi bisa dengan cara melebarkan rahang,
and kalau di pikir,sebenarnya jumlah gigi manusia kan udah fixed
jadi sebenarnya asal lengkungan rahangnya di buat ideal kembali, otomatis semua gigi bisa muat dong ? betul gak
apalagi gigi belakang saya udah di cabut (dulu tumbuhnya ke samping,bukan ke atas, shg mendorong gigi lain maju ke depan)


jumlah gigi mungkin "normal"nya 32. tapi manusia-manusia modern saat ini banyak yg pertumbuhan rahangnya tidak optimal, dan bahkan sudah banyak juga yg tidak punya benih gigi ke-8 (gigi bungsu). salah satu penyebabnya adalah berkurangnya kebiasaan mengunyah makanan keras...

makanan-makanan sekarang banyak yg lunak, sehingga rangsang pertumbuhan rahang dan otot-otot pengunyahan berkurang. pertumbuhan rahang tidak optimal berakibat ukuran rahang yg kecil, sedangkan jumlah gigi masih 32, akibatnya banyak terjadi kasus kekurangan ruang di lengkung rahang, sehingga terjadi gigi berjejal di bagian depan dan tidak adanya ruangan untuk gigi bungsu keluar dari gusi, sehingga terpaksa dilakukan pencabutan...

mungkin yg anda baca adalah perawatan ortodontik untuk usia pertumbuhan. perawatan ortodonti juga dapat dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rahang yg kurang atau malah menghambat pertumbuhan rahang yg terlalu pesat, tapi dilakukan pada usia pertumbuhan. mungkin bila anda berminat, anda bisa searching internet untuk alat-alat ortodonti untuk merangsang dan menghambat pertumbuhan rahang berikut: extraoral appliances, chin cup, dan head gear...
diemughni - 08/12/2009 08:50 PM
#478

makasih gan inponya ditempat ane pasang bhel yang bagus ampe 10jt...

set dah mahal banget....
duann - 09/12/2009 07:14 AM
#479

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
ada...

kalo kasusnya masih bisa ditangani oleh dokter gigi umum alias general practice (GP), akan ditangani oleh koass, yaitu mahasiswa yg sedang dalam masa pendidikan menjadi dokter gigi. tapi jangan takut duluan, gan. mereka kan udah kuliah dan praktek dulu sebelum jadi koass, jadi agan bukan jadi manusia percobaan sepertiyg biasa ditakutin orang-orang kalo berobat ke rumah sakit pendidikan. dan mereka juga kerjanya pasti dibawah pengawasan dokter-dokter gigi dosen mereka. jadi kalo koass nya ngaco, pasti dimarahin dosennya hammer:

di bidang ortodonti, kemampuan/kompetensi dokter gigi umum / koass hanya pada penggunaan pesawat ortodonti lepasan...

kalo kasusnya lebih berat dan tidak bisa ditangani pesawat ortodonti lepasan, maka akan digunakan pesawat ortodonti cekat alias behel, yg akan beraksi adalah residen, yaitu dokter gigi yg sedang dalam pendidikan menjadi dokter gigi spesialis. yg jelas, residen ini udah jadi dokter gigi. walaupun mereka belum jadi dokter gigi spesialis, mereka bekerja dibawah pengawasan dokter-dokter gigi dosen kespesialisasian seperti koass juga...

kalo kasusnya berat, residen tidak bisa bertindak, maka kasus akan dilimpahkan ke konsulen, alias dokter-dokter gigi spesialis yg menjadi dosen pada pendidikan kespesialisasian tadi...


kalo konsulen mahal ya gan? sekitar brapa ya?
yg sy denger di sekeloa itu bisa smpai antri2 setaun kalau mau dihandle sm residen atau konsulen. bener gan?

trus ada lg yg ganjal sbelum sy pasang behel. ada teman sy blg kalau dia mau pindah dokter gigi, karna dokter gigi dia kurang bagus. jd giginya malah ga rapi.
trus ada lg yg bilang kalo bgtu kawat dilepas, giginya malah bergeser bahkan ada yg setelah saat kawat dilepas malah jd maju.
knapa bisa gtu ya gan?
GirlzAngel - 09/12/2009 09:37 AM
#480

Quote:
Original Posted By examexam
wah penduduk tanjung duren nih ?
gak mau ke FKG Trisakti aja ?


saya juga lagi pengen masang nih
cari yg murah aja
mungkin mau ke FKG trisakti aja
cuma mereka bukanya pagi

update saya ya kalo nanti udah dapet


hehehe..ya nih tanjung duren kk..saya uda dapet dokter gigi tapi ga tau nih cm liat2 forum, ketemu nama n no hp dokter erik ini, sabtu ini mau ketemu konsultasi dl sebelum pasang kawat gigi, orang na friendly banget, pasang atas bawah kena 4jtan kata na (bisa cicil or cash) tapi nih blum ak tawar...tetep tawar red...hehhehe..cewe kan msti jago nawar..hohohoo..lokasi jg deket ama tanjung duren, dia lokasi na di taman ratu deket duri kepa ya pokok na deket2 tanjung duren jg. Kalo mau, nnt ak kasih tau no hp na..soal na kalo di FKG trisakti ga isa, cause saya kerja, jadi ga bisa ari kerja, bisa nya cm ari sabtu or minggu...duhh dag dig dug nih ketemu dokter gigi, mau pasang kawat gigi....
kisskiss
Page 24 of 215 | ‹ First  < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)