HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 27 of 215 | ‹ First  < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 >  Last ›

exia00 - 13/12/2009 06:58 AM
#521

very nice infoSedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
DoDoLanDoDoL - 13/12/2009 04:11 PM
#522

wah pengin juga pasang kawat gigi buat si adhek.... nais inpoh.. ditunggu apdetannya ya.. beer:
bikini - 14/12/2009 08:48 AM
#523

wah menarik juga jadi pengen pasang kawat gigi o
kalo PPDGS Sp Ort. itu adanya diRSGM aja yah o
kalo jakarta dimana? dulu sempet pengen pasang pas kuliah dijogja eh keburu lulus hammer:
disana ada RSGM di kompleknya UGM...
Bridaga - 14/12/2009 04:44 PM
#524

Quote:
Original Posted By zusans imran
thank you..Gigi gingsul=ectopic >caninus--gg tumbuh tidak pada tempatnya di lengkung rahang, biasanya karena kekurangan ruang atau bisa juga karena kesalahan posisi benih gigi..akan tetapi, idealnya, gigi tumbuh pada posisinya di lengkung rahang..
selama tidak mengganggu, boleh saja memilih untuk tidak dirawat-karena bbrp orang justru menganggap gingsul =pemanis..^_^


iya gan bener...jadi tambah manis kliatannya..mahomaho
tapi kalo gigi tumbuh ga rata tu bisa nurun ke anak2 nya ntar ga gan??
thx bgt..
zusans imran - 14/12/2009 06:00 PM
#525

Quote:
Original Posted By Bridaga
[SIZE="5"][FONT="Book Antiqua"]iya gan bener...jadi tambah manis kliatannya..mahomaho
tapi kalo gigi tumbuh ga rata tu bisa nurun ke anak2 nya ntar ga gan??
thx bgt..
bisa menurun, karena di sini juga bermain faktor genetik/herediter..so, orang tua yg punya gigi berjejal hendaknya memantau perkembangan gigi anak2nya lebih cermat lg..
[/SIZE][/FONT]
blackinno - 14/12/2009 07:27 PM
#526

aduuh gan..ribet juga ya kalo dibehel, mana harganya lumayan pulaa..
tapi gigi ane nih semrawut bangeet .gimana yaa ?
halvinakbar - 14/12/2009 08:54 PM
#527
behel
sepakat gw
jangan pasang behel di tukang gigi pinggir jalan
gw pernah braketnya lepas n gw coba2 pasang di tpt pasang gigi gitu.
untung 2minggu berikutnya udah jadwal kontrol
di marahin lah gw sama dokter gigi gw n dia bilang "untung blm lama km pasang braket sembarangannya, kalo lama bisa2 kontur gigi kamu berubah"
gitu
jd mahal gpp lah asal bagus
jgn mau yg murah tp murahan
Bridaga - 15/12/2009 05:17 AM
#528

Quote:
Original Posted By zusans imran
bisa menurun, karena di sini juga bermain faktor genetik/herediter..so, orang tua yg punya gigi berjejal hendaknya memantau perkembangan gigi anak2nya lebih cermat lg..


oh gt y gan, trus cara nya biar anaknya bergigi rata, d apain ya??
klo org2 jaman dl c, katanya tiap pagi d pijet2 gitu gigi yang g rata,
ngefek g gan??
thx infonya...
zusans imran - 15/12/2009 10:58 PM
#529

Quote:
Original Posted By Bridaga
oh gt y gan, trus cara nya biar anaknya bergigi rata, d apain ya??
klo org2 jaman dl c, katanya tiap pagi d pijet2 gitu gigi yang g rata,
ngefek g gan??
thx infonya...
Spoiler for jawabannya..
Kalau secara teori yg Saya ketahui, tidak ada metode mencegah gg berjejal dengan memijit2..^_^ kalau untuk mencegah sebelum gg nya keluar juga tidak ada, karena kadang posisi benih juga sudah menyalah dari sejak masa pembentukan benih gigi.. yang ada, kalau memang kita punya faktor resiko, perkembangan gg anak harus dipantau sejak dini..anak diperkenalkan dengan perawatan gigi, perawatan ke dokter gigi, dan jangan menakuti anak dengan " kalau nakal nanti papah/mamah kasih ke dokter yah, biar disuntik", ini akan membentuk pola pikir anak bahwa yg namanya dokter itu suka menyakiti dengan menusukkan jarum ke badan orang lain..^_^ silahkan berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi Anda untuk rencana perawatan gigi anak Anda..kalau teramati sejak dini, kelainan2 gigi akan lebih mudah diatasi dan masih bisa kita atur2 perkembangannya..contohnya dengan cara seri ekstraksi, artinya pencabutan gigi yang berurutan sesuai dengan usia berganti gigi, sehingga gigi tidak berjejal-jejal karena kekurangan tempat/gigi susu yg terlambat tanggal padahal sudah saatnya tanggal dan berganti/persisten. Kalau dengan cara ini masih kurang juga ruangannya, perawatan bisa dikombinasi dengan sedikit mamacu perkembangan rahang dengan bantuan skrup ekspansi agar diperolah ruangan yang cukup bagi seluruh gigi untuk tersusun rapi di atas gusi..

poopaholic - 15/12/2009 11:08 PM
#530

mw tanya dok..

saya baru saja konsultasi ke dokter gigi d luar negri..

jadi saya dulu prnah pk behel d salah satu dokter gigi d jakarta, dya adalah guru besar d salah satu universitas negri d jakarta yang spesialisasinya lulusan luar jg..
kira2 saya copot braces 2 thn yg lalu..

setelah saya periksa td, trnyata kesimpulannya hanya gigi depan yg (klo menurut saya sedikit) trlihat rapi dan malah gigi yg dalam2 makin tdk rata..
dan saya dianjurkan utk pasang lagi dan ada alat tambahan yg namanya (klo tdk salah) functional yang menghabiskan uang hampir seharga alat behel itu sendiri..
malah sampe dya mempertanyakan apa dokter saya dulu ortho atw tidak..

yang ingin saya tanyakan adalah berapa harga functional itu d jakarta?
apakah ada dokter yg mw mwnangani pasang braces & functional itu d jakarta, tapi tetap kontrol dan perbaikan setiap bulannya d tmpt saya tinggal?

mohon djawab semuanya ya dok \)
terima kasih sebelumnya
zusans imran - 15/12/2009 11:43 PM
#531

Quote:
Original Posted By poopaholic
mw tanya dok..

saya baru saja konsultasi ke dokter gigi d luar negri..

jadi saya dulu prnah pk behel d salah satu dokter gigi d jakarta, dya adalah guru besar d salah satu universitas negri d jakarta yang spesialisasinya lulusan luar jg..
kira2 saya copot braces 2 thn yg lalu..

setelah saya periksa td, trnyata kesimpulannya hanya gigi depan yg (klo menurut saya sedikit) trlihat rapi dan malah gigi yg dalam2 makin tdk rata..
dan saya dianjurkan utk pasang lagi dan ada alat tambahan yg namanya (klo tdk salah) [B]functional yang menghabiskan uang hampir seharga alat behel itu sendiri..
malah sampe dya mempertanyakan apa dokter saya dulu ortho atw tidak..

yang ingin saya tanyakan adalah berapa harga functional itu d jakarta?
apakah ada dokter yg mw mwnangani pasang braces & functional itu d jakarta, tapi tetap kontrol dan perbaikan setiap bulannya d tmpt saya tinggal?

mohon djawab semuanya ya dok \)
terima kasih sebelumnya
Halo poopaholic.. :-)
Spoiler for jawabannya..
Usia kamu sekarang berapa? kalau sudah masuk usia dewasa, kelainan yg ada ketika masa pertumbuhan akan berubah menjadi kelainan skeletal, jadi kurang tepat (hampir tidak ada gunanya) kalau dirawat dengan pesawat fungsional. Saran Saya, pertimbangkan lagi soal pemakaian pswt fungsional tsb, cari second, third, fourth opinion.

Mengenail biaya perawatan, terdapat variasi antara masing2 drg Sp. Ort, silakan tanya langsung sm drg Sp. Ort tempat kamu berkonsultasi. Soal pasang braches di Indo dan kontrol di luar, trgntg drg di luar, mau ga terima pasien limpahan dari Indonesia? make sure dulu soal ini, jgn sampai nanti kejadian- kamu udah terlanjur pasang di Indo tidak tahunya mereka tidak mau terima pasien limpahan, akhirnya orto kamu tidak ada yg kontrol, sia-sia semuanya...
kalau mereka mau terima, setelah dirawat di Indo, minta rekam medis/salinannya dari drg Sp Ort Indo+surat rujukan ke drg Sp Ort luar.

Untuk mencegah gigi kamu balik berantakan, Saya sarankan setelah perawatan dinyatakan selesai oleh drg Sp Ort, dilakukan pemasangan retainer (lebih bagus lagi kalau bisa yg cekat/disemen di belakang gg), karena dari keterangan kamu, kamu punya kecenderungan relaps/balik ke susunan awal seperti sebelum dirawat..

Btw, dilihat dari depan, wajah kamu simetris tidak antara kiri dan kanan? ada kebiasaan buruk/kelainan TMJ?

[/B]
poopaholic - 16/12/2009 12:12 AM
#532

saya baru 22 tahun dok malu:

emang klo diliat dr terlihat bedanya dok antara kiri & kanan..

TMJ itu apa y dok?

btw

dulu saya prnah cek jg d jakarta & emang dokternya jg anjurkan utk pk functional itu, karena tulang yg belakang giginya keras ktnya..
atw dokter mngkn ada saran lain?
rasguedo - 16/12/2009 12:29 AM
#533

Halo dokter,
saya skrg umur 31 tahun, dulu waktu umur 16 pernah pake braces hanya 6 bulan, karena saya merasa tidak nyaman dan sering sakit, saya lepas. Lagian saya pikir waktu itu gigiku sudah cukup lumayan.
Nah, ketika dilepas, dokter gigiku kan kasih retainer, tapi dia kurang ngejelasin bahwa itu sangat perlu (saya baru tahu setelah baru2 ini baca di internet). Jadi saya tidak pernah pasang itu retainer sampai sekitar 10 tahun kemudian. Ketika saya coba, kok udah ngga pas, malah retainernya pecah dan snap jadi dua.
Hasilnya gigiku skrg kalau dari samping kaya Tukul! \( \( \( Jadi maju!
Saya tidak begitu 'ngeh' tadinya, tapi banyak org bilang kok saya jadi tongos.
Solusinya gimana nih ya? Kalau pasang braces lagi sebenernya agak males.
Saya sempet liat Invisalign dan tertarik, tapi di Bandung ada ga yg udah bisa ya?
Thanks dokter! D
zusans imran - 16/12/2009 12:33 AM
#534

Quote:
Original Posted By poopaholic
saya baru 22 tahun dok malu:

emang klo diliat dr terlihat bedanya dok antara kiri & kanan..

TMJ itu apa y dok?

btw

dulu saya prnah cek jg d jakarta & emang dokternya jg anjurkan utk pk functional itu, karena tulang yg belakang giginya keras ktnya..
atw dokter mngkn ada saran lain?
sepanjang pengetahuan Saya, pesawat fungsional itu untuk mengkoreksi rahang+gigi dengan memperbaiki >fungsi--pesawat menjadi pemandu pergerakan rahang agar bergerak pada jalurnya sehingga dihasilkan rahang dan oklusi/relasi gg atas dan bawah yang mendekati proporsional. Untuk umur 22 Saya kira sudah tidak efektif lagi kalau memakai pesawat fungsional. ketidaksimetrisan kamu diakibatkan kelainan yg pada masa pertumbuhan tidak segera dikoreksi, akhirnya jd kelainan skeletal. untuk memperbaiki asimetri itu, sudah indikasi bedah ortognati, tidak bisa dengan fungsional lagi. "Dulu pernah konsul", dulunya itu kapan ya, berapa tahun yg lalu?

TMJ itu persendian rahang bawah thd tengkorak. coba kamu raba sendi rahang kamu dengan jari, tekan lembut dengan tangan dan buka tutup mulut beberapa kali. terasa tidak ada penonjolan tulang yg signifikan?kalau terasa sekali (atau bahkan ada bunyi), artinya kamu ada gangguan TMJ. ini juga salah satu akibat dari kelainan saat pertumbuhan yg tidak segera dirawat.

rizki_cancer - 16/12/2009 12:37 AM
#535

klo pake behel bagian gigi bawah saja boleh gak ya?
apakah biayanya sama dengan full atas bawah atau enggak?
trims...\)
zusans imran - 16/12/2009 12:39 AM
#536

Quote:
Original Posted By rasguedo
Halo dokter,
saya skrg umur 31 tahun, dulu waktu umur 16 pernah pake braces hanya 6 bulan, karena saya merasa tidak nyaman dan sering sakit, saya lepas. Lagian saya pikir waktu itu gigiku sudah cukup lumayan.
Nah, ketika dilepas, dokter gigiku kan kasih retainer, tapi dia kurang ngejelasin bahwa itu sangat perlu (saya baru tahu setelah baru2 ini baca di internet). Jadi saya tidak pernah pasang itu retainer sampai sekitar 10 tahun kemudian. Ketika saya coba, kok udah ngga pas, malah retainernya pecah dan snap jadi dua.
Hasilnya gigiku skrg kalau dari samping kaya Tukul! \( \( \( Jadi maju!
Saya tidak begitu 'ngeh' tadinya, tapi banyak org bilang kok saya jadi tongos.
Solusinya gimana nih ya? Kalau pasang braces lagi sebenernya agak males.
Saya sempet liat Invisalign dan tertarik, tapi di Bandung ada ga yg udah bisa ya?
Thanks dokter! D

Retainernya sudah barang tentu tidak pas lagi, karena retainer itu didesain sesuai keadaan mulut sewaktu baru selesai perawatan..seiring waktu susunan gg yg tadinya sudah lumayan, kembali berubah tanpa kamu sadari..ya retainernya sudah tidak sesuai lagi dong..
Solusinya tentu saja dengan perawatan ortho ulang. soal invisalign, tidak semua kasus bisa dirawat dengan invisalign, yg bisa itu hanya untuk kasus gg berjejal ringan saja. baru2 ini dikembangkan invisalign khusus untuk usia remaja..tapi usia 31 sudah tidak remaja lagi khan...^_^?
zusans imran - 16/12/2009 12:47 AM
#537

Quote:
Original Posted By rizki_cancer
klo pake behel bagian gigi bawah saja boleh gak ya?
apakah biayanya sama dengan full atas bawah atau enggak?
trims...\)

Kalau ditanya"bisa/tidak bisa", bisa saja, tergantung keadaan gigi-geligi kamu, kalau memang memungkinkan dan rahang atas memang tidak perlu dirawat, ya tidak apa. bisa/tidaknya akan diketahui dari analisa model dan rontgen foto secara cermat oleh drg Sp Ort kamu..^_^
akan tetapi, perlu kita ketahui, bahwa perawatan orto dapat mengakibatkan perubahan profil wajah jika dirawat dengan asal2an..oleh karena itulah, perawatan harus berimbang antara rahang atas dan bawah..jadi resiko2 perubahan profil yg memiliki efek negatif (misal: asimetris rahang, rahang cenderung miring ke salah satu sisi) dapat dicegah.

Biaya perawatan biasanya hanya dikenakan separuh.
rizki_cancer - 16/12/2009 12:49 AM
#538

Quote:
Original Posted By zusans imran

Kalau ditanya"bisa/tidak bisa", bisa saja, tergantung keadaan gigi-geligi kamu, kalau memang memungkinkan dan rahang atas memang tidak perlu dirawat, ya tidak apa. bisa/tidaknya akan diketahui dari analisa model dan rontgen foto secara cermat oleh drg Sp Ort kamu..^_^
akan tetapi, perlu kita ketahui, bahwa perawatan orto dapat mengakibatkan perubahan profil wajah jika dirawat dengan asal2an..oleh karena itulah, perawatan harus berimbang antara rahang atas dan bawah..jadi resiko2 perubahan profil yg memiliki efek negatif (misal: asimetris rahang, rahang cenderung miring ke salah satu sisi) dapat dicegah.

Biaya perawatan biasanya hanya dikenakan separuh.


baik dokter, terima kasih infonya.shakehand \)
rasguedo - 16/12/2009 01:38 AM
#539

Quote:
Original Posted By zusans imran

Retainernya sudah barang tentu tidak pas lagi, karena retainer itu didesain sesuai keadaan mulut sewaktu baru selesai perawatan..seiring waktu susunan gg yg tadinya sudah lumayan, kembali berubah tanpa kamu sadari..ya retainernya sudah tidak sesuai lagi dong..
Solusinya tentu saja dengan perawatan ortho ulang. soal invisalign, tidak semua kasus bisa dirawat dengan invisalign, yg bisa itu hanya untuk kasus gg berjejal ringan saja. baru2 ini dikembangkan invisalign khusus untuk usia remaja..tapi usia 31 sudah tidak remaja lagi khan...^_^?


wah nyesel deh dulu ga pasang retainer \(
btw, kalo mulut model Tukul ga bisa pake Invisalign ya?
ToyCam - 16/12/2009 06:32 AM
#540

Quote:
Original Posted By bikini
wah menarik juga jadi pengen pasang kawat gigi o
kalo PPDGS Sp Ort. itu adanya diRSGM aja yah o
kalo jakarta dimana? dulu sempet pengen pasang pas kuliah dijogja eh keburu lulus hammer:
disana ada RSGM di kompleknya UGM...

FYI : di FKG UI - Salemba ada RSGM yang ada dokter Sp. Ort (tapi dokter ini adalah dokter dalam masa pendidikan),, disana bisa pasang kawat gigi kok (soalnya gw juga pasang disana),, klo untuk biaya menurut gw standar sih (Rp. 4jt pasang atas bawah, Rp. 500rb untuk biaya awal cetak gigi, rontgen, dan segala macem, trus Rp. 75rb untuk kontrol tiap bulan)

Walaupun mereka dokter dalam masa pendidikan, tapi kita (pasien) juga diawasi oleh dokter spesialis yang ada disana,, jadi, setiap perkembangan gigi kita pasti dilaporin ke dokter spesialis (yang jadi dokter pembimbing para dokter pendidikan itu) dan harus mendapat persetujuan dari dokter spesialis itu apabila tahap perawatan akan memasuki tingkat lanjut.

Contoh : gw adalah pasien tanpa ekstraksi, jadi gigi gw ga ada yang dicabut (biasanya kan orang pasang kawat gigi rata2 giginya dicabut 4 tuh), nah untuk itu gw pake cara slicing, pengikisan (bener ga ya istilahnya?) sebagian gigi untuk memberi space agar gigi lain bisa bergerak,, pernah waktu itu, setelah tahap slicing itu selesai (oleh dokter pendidikan) maka dilaporkan ke dokter spesialis yang ada disana, kemudian gigi gw diperiksa lagi, dan klo kata dokter spesialis itu slicingnya kurang, maka gigi gw akan dikerjain lagi, tapi klo misalnya dibilang udah bagus, baru deh masuk ke tahap selanjutnya, kira-kira begitu lho,, jadi dokter pendidikan itu ga kerja sendirian,,

*maap penjelasan panjang lebar, soalnya banyak orang yang ogah (dan gengsi) untuk masang kawat gigi (ataupun perawatan lain) sama dokter pendidikan,, jadi cerita gw itu biar kalian yakin aja, klo dokter pendidikan itu selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik,,
Page 27 of 215 | ‹ First  < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)