HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 31 of 215 | ‹ First  < 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 >  Last ›

gembelnecis - 03/01/2010 02:47 PM
#601

oiya tambah pertanyaan, kalo giginya berlubang memangnya harus ditambal dulu ya sebelum bisa dikawat gigi?...
Riaddenoe - 03/01/2010 03:20 PM
#602

Quote:
Original Posted By gembelnecis
nanya aja, kalo masang giginya di luar Jakarta misalnya, trus kontrolnya bisa ga ke dokter yang ada di jakarta?...


Quote:
Original Posted By gembelnecis
oiya tambah pertanyaan, kalo giginya berlubang memangnya harus ditambal dulu ya sebelum bisa dikawat gigi?...


sebaiknya pasang pesawat ortodontiknya dan kontrolnya dilakukan oleh satu dokter gigi ortodontis. karena dialah yg pertama melakukan analisa penuh, dan menentukan tahapan perawatan yg akan dilakukan...

sebelum pesawat ortodontik, semua masalah di gigi da mulut harus sudah dituntaskan. lubang gigi ditambal, pulpa mati dirawat saluran akar, karang gigi dibersihkan. pokoknya kondisi gigi dan mulut harus prima dulu...

baca2 post pertamax thread ini yah D

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
gembelnecis - 03/01/2010 04:21 PM
#603

oke gan thanks ya....masalahnya saya ga pernah menetap di satu kota nyampe setahun sih....jadinya susah kalo mau ngawat gigi, tapi emang bener2 ga bisa apa sebaiknya aja pake dokter yang sama?...
cinta6408 - 03/01/2010 05:43 PM
#604

Quote:
Original Posted By cinta6408
gan, saya pake behel... sekarang yg kerasa kok kayak geraham saya gak ketemu dengan bener ya.. maksudnya geraham sebelah kanan saya kayak lebih tinggi, jadi yg sebelah kiri kaya agak ga ketemu....

sama nanya jg, harusnya gigi kita itu ketemunya (gigi atas & gigi bawah) di geraham keberapa ya???

thx utk jawaban2nya...


wah belum dijawab nih....\(

D
zusans imran - 03/01/2010 07:52 PM
#605

Quote:
Original Posted By cinta6408
gan, saya pake behel... sekarang yg kerasa kok kayak geraham saya gak ketemu dengan bener ya.. maksudnya geraham sebelah kanan saya kayak lebih tinggi, jadi yg sebelah kiri kaya agak ga ketemu....

sama nanya jg, harusnya gigi kita itu ketemunya (gigi atas & gigi bawah) di geraham keberapa ya???

thx utk jawaban2nya...

gigi yang dirawat secara orthodonti bergesernya bukan lompat2, tapi bertahap dalam milimeter..jadi mungkin sekarang, posisi gigi kamu sedang ketemu antar tonjol.. inilah salah satu perlunya kontrol, supaya bisa dievaluasi perubahan2 yang terjadi selama perawatan..
kalau pertemuan gigi atas dan bawah, mesti pakai gambar baru ngerti..yang jelas, patokan oklusi normal itu: gigi molar/geraham pertama rahang atas bertemu dengan gigi geraham pertama bawah. kalau bahasa ked giginya: tonjol mesiobukal molar 1 rahang atas berada di groove bukal rahang bawah. Maaf belum sempat posting gambar, mungkin nanti sejawat lain yang akan menambahkan.. \)
Riaddenoe - 03/01/2010 08:40 PM
#606

Quote:
Original Posted By cinta6408
gan, saya pake behel... sekarang yg kerasa kok kayak geraham saya gak ketemu dengan bener ya.. maksudnya geraham sebelah kanan saya kayak lebih tinggi, jadi yg sebelah kiri kaya agak ga ketemu....

sama nanya jg, harusnya gigi kita itu ketemunya (gigi atas & gigi bawah) di geraham keberapa ya???

thx utk jawaban2nya...


Quote:
Original Posted By zusans imran

gigi yang dirawat secara orthodonti bergesernya bukan lompat2, tapi bertahap dalam milimeter..jadi mungkin sekarang, posisi gigi kamu sedang ketemu antar tonjol.. inilah salah satu perlunya kontrol, supaya bisa dievaluasi perubahan2 yang terjadi selama perawatan..
kalau pertemuan gigi atas dan bawah, mesti pakai gambar baru ngerti..yang jelas, patokan oklusi normal itu: gigi molar/geraham pertama rahang atas bertemu dengan gigi geraham pertama bawah. kalau bahasa ked giginya: tonjol mesiobukal molar 1 rahang atas berada di groove bukal rahang bawah. Maaf belum sempat posting gambar, mungkin nanti sejawat lain yang akan menambahkan.. \)


well, gigi kita antara gigi rahang atas dan rahang bawah semuanya punya kontak masing2, jadi bukan cuma gigi geraham saja yg kontak antara rahang atas dan rahang bawah...

patokan oklusi normal pertama adalah kontak gigi molar/geraham pertama,seperti yg sudah disebut drg zusans, dalam gambar:

Spoiler for gambarnya nih
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
mulzz - 03/01/2010 10:53 PM
#607

ada kenalan ga dok yang bisa pasang invisalign murah??kalau invisalign harus dicabut ga yah giginya?
zusans imran - 04/01/2010 02:58 PM
#608

Quote:
Original Posted By mulzz
ada kenalan ga dok yang bisa pasang invisalign murah??kalau invisalign harus dicabut ga yah giginya?
perlu diketahui, invisalign itu hanya bisa untuk kasus2 gigi berjejal yang ringan saja, dimana kekurangan ruang hanya 1-2 mm. jadi seharusnya, kalau pakai invisalign tidak perlu dilakukan tindakan pencabutan.
zusans imran - 04/01/2010 03:00 PM
#609

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
well, gigi kita antara gigi rahang atas dan rahang bawah semuanya punya kontak masing2, jadi bukan cuma gigi geraham saja yg kontak antara rahang atas dan rahang bawah...

patokan oklusi normal pertama adalah kontak gigi molar/geraham pertama,seperti yg sudah disebut drg zusans, dalam gambar:

Spoiler for gambarnya nih
Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

thanks so much Ri, benar2 sejawat yang bisa diandalkan..hehehe....
cha2chan - 04/01/2010 04:05 PM
#610

numpang nanya .. abis selesai pake behel beberapa taun kemudian koq bisa geser/renggang lagi ya ?
Riaddenoe - 04/01/2010 10:06 PM
#611

Quote:
Original Posted By cha2chan
numpang nanya .. abis selesai pake behel beberapa taun kemudian koq bisa geser/renggang lagi ya ?


itu namanya relaps...

penyebabnya macam2, antara lain:
- tumbuhnya gigi geraham bungsu. apablia perawatan ortho selesai sebelum tumbuhnya geraham bungsu, maka tumbuhnya geraham bungsu akan mendorong gigi2 di depannya ke depan...
- kontak gigi2 tidak seimbang
- oral habits (kebiasaan buruk), misal bertopang dagu, mendorong gigi dengan lidah
- fungsi otot-otot sekitar mulut tidak seimbang
- alat retensi tidak akurat, atau malah jarang dipakai hammer:
- periode retensi kurang lama
- pertumbuhan rahang itu sendiri

CMIIW malu

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Helenhelen - 04/01/2010 10:59 PM
#612

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
itu namanya relaps...

penyebabnya macam2, antara lain:
- tumbuhnya gigi geraham bungsu. apablia perawatan ortho selesai sebelum tumbuhnya geraham bungsu, maka tumbuhnya geraham bungsu akan mendorong gigi2 di depannya ke depan...


Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


Dok, saya baru op graham bungsu kiri bawah. Sisa geraham bungsu lain belum nongol. Ada niat mo pakai behel karena gigi depan ga rapi, apakah harus nunggu sampai semua graham bungsu dicabut or behelin aja dulu ya? Sorry saya ga bisa buka spoiler di halaman awal. Thanks ya dok.
zusans imran - 04/01/2010 11:24 PM
#613

Quote:
Original Posted By Helenhelen
Dok, saya baru op graham bungsu kiri bawah. Sisa geraham bungsu lain belum nongol. Ada niat mo pakai behel karena gigi depan ga rapi, apakah harus nunggu sampai semua graham bungsu dicabut or behelin aja dulu ya? Sorry saya ga bisa buka spoiler di halaman awal. Thanks ya dok.
Dilihat lagi dari posisi geraham bungsunya dari rontgen foto, kalau posisinya normal dan ruangan lengkung rahang yang ada juga mencukupi untuk gigi tersebut keluar dengan utuh, tidak masalah untuk langsung dirawat ortho.
Kalau dari rontgen foto terlihat posisinya terlihat tidak normal/miring dan belum tumbuh sama sekali, lebih dianjurkan untuk diodontektomi terlebih dahulu. Gigi geraham bungsu yang posisinya tidak normal bukan hanya akan mengganggu perawatan orthodonti, tetapi pada akhirnya sering menimbulkan keluhan lain perikoronitis (gusi tergigit2 akhirnya meradang); karena sering menjadi tempat retensi sisa makanan (food impaction), maka gigi tersebut berpeluang untuk mengalami demineralisasi lebih >>>>>tinggi--berlubang--meradang--sakit--bengkak--kadang2 timbul lesi2 periapikal seperti kista dll, pada akhirnya gigi ini hanya menyebabkan penderitaan saja..dan ujung2nya harus diodont juga \)
Selain itu, gigi geraham bungsu harus dipastikan lewat rontgen, bisa jadi gigi tidak erupsi karena memang tidak ada benihnya \)

Perlu ditekankan di sini, tidak semua geraham bungsu harus dicabut. Kalau memang ruangan yang ada di lengkung rahang cukup dan posisi gigi geraham bungsunya normal, maka gigi tersebut tidak perlu dicabut. Hanya gigi geraham bungsu dengan posisi yang tidak normal dan ruangan yang tidak memungkinkan gigi tersebut erupsi/tumbuh/keluar dengan sempurna yang menjadi indikasi odontektomi..karena gigi dengan keadaan tidak normal seperti ini yang akan bertendensi menimbulkan keluhan berkelanjutan seperti yang telah Saya sebutkan di atas \)
Di negara maju yang penduduknya sudah memiliki dental minded yang bagus (dan sosial ekonomi yang bagus pula tentunya), bahkan gigi yang posisinya tidak normal atau tertanam sekalipun, tidak serta merta dicabut/odontektomi, melainkan diatasi dengan tindakan komprehensif antara oral surgery dan orthodontik, dimana gigi tersebut dibedah, kemudian ditegakkan posisinya baru dilanjutkan dengan perawatan orthdontik..semoga suatu hari nanti Indonesia bisa begini..amiin.. \)
Helenhelen - 05/01/2010 10:03 AM
#614

Quote:
Original Posted By zusans imran


Perlu ditekankan di sini, tidak semua geraham bungsu harus dicabut. Kalau memang ruangan yang ada di lengkung rahang cukup dan posisi gigi geraham bungsunya normal, maka gigi tersebut tidak perlu dicabut. Hanya gigi geraham bungsu dengan posisi yang tidak normal dan ruangan yang tidak memungkinkan gigi tersebut erupsi/tumbuh/keluar dengan sempurna yang menjadi indikasi odontektomi..karena gigi dengan keadaan tidak normal seperti ini yang akan bertendensi menimbulkan keluhan berkelanjutan seperti yang telah Saya sebutkan di atas \)
Di negara maju yang penduduknya sudah memiliki dental minded yang bagus (dan sosial ekonomi yang bagus pula tentunya), bahkan gigi yang posisinya tidak normal atau tertanam sekalipun, tidak serta merta dicabut/odontektomi, melainkan diatasi dengan tindakan komprehensif antara oral surgery dan orthodontik, dimana gigi tersebut dibedah, kemudian ditegakkan posisinya baru dilanjutkan dengan perawatan orthdontik..semoga suatu hari nanti Indonesia bisa begini..amiin.. \)


Thanks dok \)
Aminnn....hehe saya malah berharap sejalan evolusi, geraham bungsu yang suka bikin rusuh manusia berahang kecil seperti saya, lama2 ilang aja, ga usah numbuh, karena numbuh pun susah sikatnya sebab ujung sekali, kalau kesodok pangkal tenggorok pas sikat gigi saya suka spt keselek. sekeluarga saya semua graham bungsu nya diangkat. Ga ada yg lolos.
Kira2 dok, anak saya yang masih kecil, umur 2 thn, ada yang bisa dilakukan tidak untuk mencegah supaya giginya rapi, tidak seperti kami sekeluarga. Kedua, apakah ada kemungkinan dia dihindarkan dari operasi pencabutan graham bungsu, entah misalnya, saya kepikir aja, abis baca2 ulasan dokter mengenai pemasangan behel, ada geraham2 yang boleh dicabut sebelum behel dipasang. Misal dok, geraham dia dicabut supaya gigi bungsunya ada ruang tumbuh yang normal? Rasanya cabut gigi biasa jauh lebih "menyenangkan" dibanding pengangkatan graham bungsu tidur. Apa yang harus saya lakukan sejak dini untuk dia?
hatepin - 05/01/2010 01:27 PM
#615

sista saya mau nanya beberapa hal nih . mau pasang juga soal nya, tp tunggu kelar UN :P

1. pake kawat gigi bisa mundurin rahang atas atau cm bs rapetin n rapiin gigi Aja ? DD
soal nya rahang nya rada bermasalah juga.

2. kalo mau pasang di PPDG (*bener gk sih ) UI itu kita mesti dateng kemana ? ada waiting list nya gk ?

sementara itu dulu . trimss DDD
ilovekaskusilovekaskus
zusans imran - 05/01/2010 08:01 PM
#616

Quote:
Original Posted By hatepin
sista saya mau nanya beberapa hal nih . mau pasang juga soal nya, tp tunggu kelar UN :P

1. pake kawat gigi bisa mundurin rahang atas atau cm bs rapetin n rapiin gigi Aja ? DD
soal nya rahang nya rada bermasalah juga.

2. kalo mau pasang di PPDG (*bener gk sih ) UI itu kita mesti dateng kemana ? ada waiting list nya gk ?

sementara itu dulu . trimss DDD
ilovekaskusilovekaskus

1. Kalau untuk memundurkan rahang atas ya tidak bisa, yang bisa dimundurkan itu rahang bawah, karena yang bergerak kan rahang bawah.. \) kalau mau menggerakkan rahang bawah, bisa dengan pesawat fungsional, pemakaian pesawat ini terbaik pada masa pergantian gigi, sekitar usia 9 tahun-13 tahun. Kalau sudah lewat dari itu, kelainan2 yang tadinya bersifat fungsional berubah menjadi kelainan skeletal, sangat sulit untuk diperbaiki, bahkan kadang tidak bisa lagi diperbaiki, yang masih bisa dilakukan yaitu perbaiki susunan gigi geliginya dan dilanjutkan bedah orthognati. Coba buka2 2-3 halaman sebelum ini, ada beberapa bahasan saya mengenai kasus2 yang mirip dengan pertanyaan kamu.. \)
2.ke FKG UI, departemen orthodonsia..kalau bingung dimana letaknya, tanya saja sama co-asst2 yang beredar di sana..hehe...jangan malu bertanya, malu bertanya nanti malah jalan2 .. soal prosedur langsung saja tanya di resepsionisnya, perlu pakai waiting list atau tidak. Waiting list itu dibuat jika jumlah PPDGS orthonya tidak seimbang dengan demand/jumlah pasien yang masuk (jauh lebih banyak jumlah pasien daripada PPDGSnya).
Mungkin sejawat lain ada yang akan memberi info tambahan..
zusans imran - 05/01/2010 08:25 PM
#617

Quote:
Original Posted By Helenhelen
Thanks dok \)
Aminnn....hehe saya malah berharap sejalan evolusi, geraham bungsu yang suka bikin rusuh manusia berahang kecil seperti saya, lama2 ilang aja, ga usah numbuh, karena numbuh pun susah sikatnya sebab ujung sekali, kalau kesodok pangkal tenggorok pas sikat gigi saya suka spt keselek. sekeluarga saya semua graham bungsu nya diangkat. Ga ada yg lolos.
Kira2 dok, anak saya yang masih kecil, umur 2 thn, ada yang bisa dilakukan tidak untuk mencegah supaya giginya rapi, tidak seperti kami sekeluarga. Kedua, apakah ada kemungkinan dia dihindarkan dari operasi pencabutan graham bungsu, entah misalnya, saya kepikir aja, abis baca2 ulasan dokter mengenai pemasangan behel, ada geraham2 yang boleh dicabut sebelum behel dipasang. Misal dok, geraham dia dicabut supaya gigi bungsunya ada ruang tumbuh yang normal? Rasanya cabut gigi biasa jauh lebih "menyenangkan" dibanding pengangkatan graham bungsu tidur. Apa yang harus saya lakukan sejak dini untuk dia?
jawabannya agak panjang nih, di spoiler ya..direload saja kalau ga bisa di-klik.
Spoiler for jawaban untuk helen

Oke Helen.. \)
Untuk anak Anda, dia memiliki kans besar untuk mengalami kejadian serupa, karena susunan gigi geligi juga bisa menurun/herediter. Cara mengatasinya: monitor pertumbuhan gigi geligi. Mulailah akrabkan anak Anda dengan dokter gigi sejak dini, nanti ketika masa pergantian gigi geligi sekitar umur 9 tahun sudah bisa dimulai dengan perawatan orthodonti. Lebih dini, maka akan lebih murah, karena masih bisa dengan pesawat lepasan saja yang biaya perawatannya jauh lebih rendah dibandingkan pesawat ortho cekat/fix/behel.

Mengapa sekarang kasus gigi berjejal lebih banyak? karena pertumbuhan rahang yang kurang optimal, sehingga rahangnya kecil. Zaman sekarang makanan juga lembek2, beda dengan orang zaman dulu. Anak bisa dilatih dengan mengunyah buah2an langsung, bukan dengan di-jus.
Selain itu, ada hal2 yang berpengaruh terhadap perkembangan rahang, antara lain kebiasaan buruk menghisap 1 jari (menyebabkan gigi 2 gigi atas lebih maju ke depan); menghisap bibir bawah (4 gigi atas akan menjadi lebih maju ke depan); bernapas melalui mulut (langit2 menjadi sempit); pemakaian dot yang terlalu lama dan agak keras (memacu pertumbuhan rahang atas ke depan); meletakkan lidah di antara gigi depan atas dan bawah (menyebabkan gigi depan atas dan bawah tidak "bertemu").

Gigi geraham bungsu yang harus diangkat, bisa saja posisinya normal tapi tidak cukup tempat sehingga hanya "nongol" sedikit (rahang kurang berkembang); atau bisa jadi karena memang dari benihnya posisinya sudah miring atau benih miring+rahang kurang berkembang. untuk memastikannya, bisa dengan rontgen foto panoramik/panex, dari sini juga bisa dilihat apakah ada benih gigi bungsu atau tidak, karena pada beberapa orang memang ada yang tidak punya benih gigi geraham bungsu sama sekali. Usia 6 tahun sudah bisa dibuat rontgennya, jadi bisa diatur/diperkirakan rencana perawatan yang diperlukan selanjutnya...

Soal evolusi, mungkin sebagian besar dari kita tidak memperhatikan..film2 alien/futuristik, selalu digambarkan bahwa makhluknya berdagu runcing/kecil tapi kepala dan matanya besar, itu dikarenakan alien2 makan pil-pil suplemen saja, mereka banyak berpikir sehingga otaknya berkembang, matanya rajin mengamati dan belajar sehingga matanya besar, sementara jari2nya kecil karena tidak berkembang, semua alat pakai remot. mungkin begitulah nanti, makanan makin lembek2, rahang tidak berkembang sehingga ukurannya jadi kecil..intermezzo aja.. \)

HanXnaH - 05/01/2010 08:53 PM
#618

Numpang tanya dong, kalau dagu gw maju, gigi depan bawah lebih maju daripada gigi depan atas bagaimana solusinya ? hammer: Apa bisa dipasang behel ? Setelah perawatan kira2 dagu gw bakal normal gak ya ? Thxkiss
zusans imran - 05/01/2010 09:49 PM
#619

Quote:
Original Posted By HanXnaH
Numpang tanya dong, kalau dagu gw maju, gigi depan bawah lebih maju daripada gigi depan atas bagaimana solusinya ? hammer: Apa bisa dipasang behel ? Setelah perawatan kira2 dagu gw bakal normal gak ya ? Thxkiss

bisa..silahkan baca2 post serupa dengan pertanyaan kamu di atas/hal sebelumnya.
kelincimadu - 06/01/2010 07:32 PM
#620

tanya donggggg. bener ya behel bisa buat pipi jadi ramping/ tirus gt? iya ga?
Page 31 of 215 | ‹ First  < 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)