HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 34 of 215 | ‹ First  < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 >  Last ›

Eastxander - 13/01/2010 09:16 AM
#661

Quote:
Original Posted By zusans imran

saran saya, pastikan lagi dokter giginya benar2 Sp ort atau tidak..untuk itulah thread ini dibuat, untuk memandu pasien2 supaya jangan hanya jadi pasien pasif yang datang, duduk, bayar, pasang, pulang, dan ga ngerti apa2.. \)


Ok, thanks ya Bu Dokter...bisa di mengerti kok penjelasannya, tapi ada sesuatu yang masih mengganjal nih..kalau ternyata dokter itu bukan sp ort dan dia melakukan praktek pemasangan kawat gigi permanent..apakah bisa dikatakan dokter tersebut malpraktek??? jadi ngeri niihhh...
gw sudah bayar setengah dari total biayanya nih dokkk..pengennya sih balik lagi ke FKGUI, meski sedikit mengecewakan tapi khan prosedur dan orang yang menanganinya jelas ya khan bu Dokter?..sekarang sih gw sudah agak tenang..kejadian kemaren sudah gw anggap latihan kesabaran aja lah. ...hehehehe...

Thanks ya bu Dokter....
JCI - 13/01/2010 10:03 AM
#662

mau tanya nih buat pak dokter dan bu dokter o
kalo ke FKGUI itu yang disalemba yah D
biayany berapa kalo mau scalling malu:
kalo pasang behel kira2 abis berapa biayanya dan berapa kali berkunjung kesana o
Helenhelen - 13/01/2010 11:35 AM
#663

Quote:
Original Posted By zusans imran
jawabannya agak panjang nih, di spoiler ya..direload saja kalau ga bisa di-klik.
Spoiler for jawaban untuk helen

Oke Helen.. \)
Untuk anak Anda, dia memiliki kans besar untuk mengalami kejadian serupa, karena susunan gigi geligi juga bisa menurun/herediter. Cara mengatasinya: monitor pertumbuhan gigi geligi. Mulailah akrabkan anak Anda dengan dokter gigi sejak dini, nanti ketika masa pergantian gigi geligi sekitar umur 9 tahun sudah bisa dimulai dengan perawatan orthodonti. Lebih dini, maka akan lebih murah, karena masih bisa dengan pesawat lepasan saja yang biaya perawatannya jauh lebih rendah dibandingkan pesawat ortho cekat/fix/behel.

Mengapa sekarang kasus gigi berjejal lebih banyak? karena pertumbuhan rahang yang kurang optimal, sehingga rahangnya kecil. Zaman sekarang makanan juga lembek2, beda dengan orang zaman dulu. Anak bisa dilatih dengan mengunyah buah2an langsung, bukan dengan di-jus.
Selain itu, ada hal2 yang berpengaruh terhadap perkembangan rahang, antara lain kebiasaan buruk menghisap 1 jari (menyebabkan gigi 2 gigi atas lebih maju ke depan); menghisap bibir bawah (4 gigi atas akan menjadi lebih maju ke depan); bernapas melalui mulut (langit2 menjadi sempit); pemakaian dot yang terlalu lama dan agak keras (memacu pertumbuhan rahang atas ke depan); meletakkan lidah di antara gigi depan atas dan bawah (menyebabkan gigi depan atas dan bawah tidak "bertemu").

Gigi geraham bungsu yang harus diangkat, bisa saja posisinya normal tapi tidak cukup tempat sehingga hanya "nongol" sedikit (rahang kurang berkembang); atau bisa jadi karena memang dari benihnya posisinya sudah miring atau benih miring+rahang kurang berkembang. untuk memastikannya, bisa dengan rontgen foto panoramik/panex, dari sini juga bisa dilihat apakah ada benih gigi bungsu atau tidak, karena pada beberapa orang memang ada yang tidak punya benih gigi geraham bungsu sama sekali. Usia 6 tahun sudah bisa dibuat rontgennya, jadi bisa diatur/diperkirakan rencana perawatan yang diperlukan selanjutnya...

Soal evolusi, mungkin sebagian besar dari kita tidak memperhatikan..film2 alien/futuristik, selalu digambarkan bahwa makhluknya berdagu runcing/kecil tapi kepala dan matanya besar, itu dikarenakan alien2 makan pil-pil suplemen saja, mereka banyak berpikir sehingga otaknya berkembang, matanya rajin mengamati dan belajar sehingga matanya besar, sementara jari2nya kecil karena tidak berkembang, semua alat pakai remot. mungkin begitulah nanti, makanan makin lembek2, rahang tidak berkembang sehingga ukurannya jadi kecil..intermezzo aja.. \)



Oke, thanks bgt bu dokter, akan saya mulai perhatikan. Usia 6 thn nanti uda bis foto panoramic ya. Sukurlah kl bisa dicegah. \)
zusans imran - 13/01/2010 05:47 PM
#664

Quote:
Original Posted By Eastxander
Ok, thanks ya Bu Dokter...bisa di mengerti kok penjelasannya, tapi ada sesuatu yang masih mengganjal nih..kalau ternyata dokter itu bukan sp ort dan dia melakukan praktek pemasangan kawat gigi permanent..apakah bisa dikatakan dokter tersebut malpraktek??? jadi ngeri niihhh...
gw sudah bayar setengah dari total biayanya nih dokkk..pengennya sih balik lagi ke FKGUI, meski sedikit mengecewakan tapi khan prosedur dan orang yang menanganinya jelas ya khan bu Dokter?..sekarang sih gw sudah agak tenang..kejadian kemaren sudah gw anggap latihan kesabaran aja lah. ...hehehehe...
Thanks ya bu Dokter....
Sama-sama.. Kalau hanya sebatas memberi pelayanan perawatan orto dengan pesawat cekat (apalagi kalau dia pernah ikut pelatihan ortodontik), belum bisa dikatakan malpraktik, karena penegakan hukum mengenai hal ini belum berjalan sepenuhnya dan masih sebatas tidak sesuai dengan etika profesi.. hanya saja seperti yang sudah kami kemukakan di pembuka thread, tentulah berbeda kompetensi orang yang ambil pendidikan di universitas untuk mendalami spesialisasi selama +/- 3,5 tahun dengan yang tidak pernah menempuhnya atau hanya mendapat pelatihan beberapa jam/minggu saja.. Sayang kan, kalau Anda membayar biaya perawatan yang sama (misal 12 juta) ke drg umum produk kursusan padahal Anda seharusnya dengan uang sejumlah itu layak mendapatkan perawatan dokter spesialis orto yang kompetensinya jelas telah diakui.. \) ?
USPlayingcard - 14/01/2010 12:38 AM
#665

ane pasang behel gan,,

tp skarang malah kuar masalah baru,,tulang gigi ane g kuat,,n gusi ane ke kikis (bagian depan),,ni di karenakan gw pasang kawat bukan ke dr specialist,,tp ke dr gigi biasa,,,

skarang ane di urus sama bagian perio Di UI salemba,,,recsel

nah tapi karena antusiasnya dokter gigi di sono ma GIGI,,,dikit2 ane di suru oprasi (untuk kebaikan sich),,tp bosen gan,,n sakit bgt,,,\(

skarang kalo behel ane di copot,,,kayanya gigi gw goyang smua ni,,,
ada saran kah?\(

udah pake skitar 3 taon ni,,,,\(

thanks,,,
iloveindonesiailoveindonesia
Riaddenoe - 14/01/2010 10:06 AM
#666

Quote:
Original Posted By USPlayingcard
ane pasang behel gan,,

tp skarang malah kuar masalah baru,,tulang gigi ane g kuat,,n gusi ane ke kikis (bagian depan),,ni di karenakan gw pasang kawat bukan ke dr specialist,,tp ke dr gigi biasa,,,

skarang ane di urus sama bagian perio Di UI salemba,,,recsel

nah tapi karena antusiasnya dokter gigi di sono ma GIGI,,,dikit2 ane di suru oprasi (untuk kebaikan sich),,tp bosen gan,,n sakit bgt,,,\(

skarang kalo behel ane di copot,,,kayanya gigi gw goyang smua ni,,,
ada saran kah?\(

udah pake skitar 3 taon ni,,,,\(

thanks,,,
iloveindonesiailoveindonesia


i'm sorry to hear that. semoga bisa jadi pelajaran berguna untuk para kaskuser lainnya untuk pasang behel hanya di dokter gigi spesialis ortodonti...

tindakan agan untuk periksa di rumah sakit gigi dan mulut pendidikan ui sudah sangat tepat. karena di rumah sakit yg mengkhususkan ke penanganan gigi dan mulut akan memberikan pelayanan yg lebih menyeluruh...

kalo soal masalah tulang dan gusi yg turun emang berada dibawah bagian periodontia. untuk perbaikan hal tersebut, mereka jagonya...

untuk masalah gusi, tindakan prioritas emang cuma operasi, karena sangat sulit mengandalkan pertumbuhan alami gusi (maksudnya berharap itu gusi bisa naik sendiri kembali menutupi hingga leher gigi, sulit)...

untuk menangani gigi goyang seperti itu, yg biasa dilakukan adalah splinting, yaitu gigi akan saling diikat dengan tetangganya, ya jadinya kayak pake behel lagi tapi tidak ada gaya yg diberikan untuk merubah kedudukan gigi. hanya untuk fiksasi posisi gigi dan memungkinkan regenerasi tulang dan jaringan pendukung lainnya...

tapi itu juga berpulang pada dokter gigi periodontis yg menangani agan. karena mereka jauh lebih ahli dan bisa melihat langsung kondisi gigi dan mulut agan sehingga bisa memberikan pilihan perawatan terbaik untuk agan...
Eastxander - 14/01/2010 05:18 PM
#667
Rahang berbunyi saat buka dan tutup mulut
Bu Dokter, saya kembali lagi dengan kasus berbeda nihh...hehehe..
Saya sudah datang ke FKGM UI.. againn??!! malu

Tapi kedatangan saya kali ini untuk scalling dan ternyata betul seperti yang Bu dokter katakan, pelayanannya betul betul memuaskan meskipun mereka masih mahasiswa yang sedang belajar.Setiap gigi saya dikoreksi dan dibersihkan dengan seksama dan hasilnya??? voilaa!! gigi jadi kesat dan keliatan lebih bersih, puas deh pokoknya.thumbup:

Sampai saat mendekati proses akhir scalling selesai mereka menemukan satu kasus baru yang sedikit membuat saya agak shock!! bahwa mereka bisa mendengar rahang saya berbunyi pada saat mereka meminta saya untuk membuka mulut dan tutup mulut.

Waduh saya jadi tambah ngeri aja nih, menurut kedua mahasiswi yang wowcantik menangani saya bahwa rahang saya ada pergeseran,padahal saya sendiri tidak pernah mengalami kejadian yang pernah mencederai bagian rahang saya. kenapa ya dok kira kira? dan ketika saya coba mengingat ingat. dulu sekali saya pernah membuka mulut lebar lebar dan agak susah untuk menutupnya kembali. Karena kejadian itu saya tidak pernah berani untuk membuka mulut terlalu lebar.D

Yang ingin saya tanyakan adalah, seberapa bahayanya kah? kondisi rahang saya ini? apakah bunyi klik klik itu bisa hilang? bagaimana caranya? apakah harus dengan terapi biasa atau harus operasi dok? saya sudah coba tanyakan ke kedua mahasiswi tersebut tapi mereka tidak berani memberikan jawaban panjang lebar karena itu sudah menyangkut ke bagian yang lain...bingung:

Ditunggu jawabannya ya bu Dokter, terimakasih sebelumnya. salamshakehand2
zusans imran - 14/01/2010 08:48 PM
#668

Spoiler for curcol part II
Quote:
Original Posted By Eastxander
Bu Dokter, saya kembali lagi dengan kasus berbeda nihh...hehehe..
Saya sudah datang ke FKGM UI.. againn??!! malu

Tapi kedatangan saya kali ini untuk scalling dan ternyata betul seperti yang Bu dokter katakan, pelayanannya betul betul memuaskan meskipun mereka masih mahasiswa yang sedang belajar.Setiap gigi saya dikoreksi dan dibersihkan dengan seksama dan hasilnya??? voilaa!! gigi jadi kesat dan keliatan lebih bersih, puas deh pokoknya.thumbup:

Sampai saat mendekati proses akhir scalling selesai mereka menemukan satu kasus baru yang sedikit membuat saya agak shock!! bahwa mereka bisa mendengar rahang saya berbunyi pada saat mereka meminta saya untuk membuka mulut dan tutup mulut.

Waduh saya jadi tambah ngeri aja nih, menurut kedua mahasiswi yang wowcantik menangani saya bahwa rahang saya ada pergeseran,padahal saya sendiri tidak pernah mengalami kejadian yang pernah mencederai bagian rahang saya. kenapa ya dok kira kira? dan ketika saya coba mengingat ingat. dulu sekali saya pernah membuka mulut lebar lebar dan agak susah untuk menutupnya kembali. Karena kejadian itu saya tidak pernah berani untuk membuka mulut terlalu lebar.D

Yang ingin saya tanyakan adalah, seberapa bahayanya kah? kondisi rahang saya ini? apakah bunyi klik klik itu bisa hilang? bagaimana caranya? apakah harus dengan terapi biasa atau harus operasi dok? saya sudah coba tanyakan ke kedua mahasiswi tersebut tapi mereka tidak berani memberikan jawaban panjang lebar karena itu sudah menyangkut ke bagian yang lain...bingung:

Ditunggu jawabannya ya bu Dokter, terimakasih sebelumnya. salamshakehand2
Syukurlah kalau begitu..
Mengenai rahang yang bunyi2 (clicking), termasuk dalam kelainan persendian temporomandibular (TMJ disorder), penyebabnya macam2, antara lain ketidakharmonisan susunan dan kontak gigi atas dan bawah, kebiasaan buruk yang pada akhirnya menyebabkan trauma pada persendian rahang sampai masalah kelainan anatomi (bawaan lahir). Seandainya kelainan ini terdeteksi pada masa pergantian gigi-geligi (mix dentition), kelainan ini sifatnya masih fungsional dan dapat dikoreksi dengan hasil yang memuaskan dengan pesawat fungsional, namun, kalau sudah lewat masa perkembangan rahang kelainan ini tidak dikoreksi, maka kelainan yang bersifat fungsional tadi berubah menjadi kelainan skeletal/tulang, bisa diminimalisir dengan perawatan ortodonti (bracket) dan menghilangkan kebiasaan buruk, tetapi hasilnya tidak sebagus kalau dirawat lebih dini. hasil perawatan perawatan akan lebih baik jika dikombinasi dengan bedah ortognati, sudah termasuk bedah mulut mayor dan biayanya mahal.

TMJ disorder ini tidak berbahaya/mengancam jiwa, tetapi hanya mengurangi kualitas hidup saja (kurang nyaman). Sebenarnya kasus ini cukup banyak saya bahas di thread ini dan thread ask your dentist, coba saja search dengan keyword TMJ. Insya Allah nanti kalau ada waktu kami akan usahakan membuat indeks supaya lebih mudah untuk mencari bahasan2 mengenai kasus yang mempunyai kemiripan \)
Eastxander - 14/01/2010 11:05 PM
#669

terimakasih atas pencerahannya ya Bu Dokter
zusans imran - 15/01/2010 03:00 AM
#670

Quote:
Original Posted By Eastxander
terimakasih atas pencerahannya ya Bu Dokter
kembali kasih..\)
disturbia1 - 17/01/2010 08:36 AM
#671

ane udh jalan 3.5 tahun gan
di drg iwan adrian sp.ortho

di lampung

tapi sekarang ane udh pindah ke bandung,,jadi minta surat rujuk pindah ajj ke drg yg ada d bdg
DDD
RRalDy - 17/01/2010 06:28 PM
#672

Bu dokter.
Mau nanya.
Abis gini kan dokter orto saya mau lepas behel saya yg udah dipasang hampir 3 taun.

Nah tapi dokter saya ga pake retainer.
Tapi make semacam selongsong transparan di sepanjang gigi depan. Itu bedanya apa ya dok sama retainer kawat itu??
zusans imran - 18/01/2010 02:12 PM
#673

Quote:
Original Posted By RRalDy
Bu dokter.
Mau nanya.
Abis gini kan dokter orto saya mau lepas behel saya yg udah dipasang hampir 3 taun.

Nah tapi dokter saya ga pake retainer.
Tapi make semacam selongsong transparan di sepanjang gigi depan. Itu bedanya apa ya dok sama retainer kawat itu??
selongsong gimana ya maksudnya? boleh upload foto?
kelapkelip - 18/01/2010 03:25 PM
#674

dokter yg baik hati \),

saya maw tanya nih, saya ada rencana maw pasang kawat gigi. Ini bermula ketika saya melakukan scalling, kata dokternya saya harus nya pakai kawat gigi karna saya ada tanda tanda gigi nongol meskipun ga keliatan banget sih... tapi katanya semakin tua akan semakin kelihatan. bener ga sih dok??

trus, saya punya masalah gigi sensitif, dan gusi berdarah tiba2 gitu klo sikatnya terlalu kuat atau karna saya jarang makan buah.. itu gusi langsung sensi gitu... nah misalnya dengan kondisi begini, apa dengan memakai kawat gigi masih fine fine aja? takut nya gigi saya pada goyang semua lagi... D

ditunggu jawabannya dok, sekali makasi banget \)
natsuki_kawai - 18/01/2010 03:40 PM
#675

Quote:
Original Posted By zusans imran
selongsong gimana ya maksudnya? boleh upload foto?[/SIZE][/FONT][/B]


mungkin mksdnya yg dr shellac ky yg biasa dipake di prosto kali dok. tmn saya pake ky gitu soalny bwt retainer.


[QUOTE=kelapkelip]dokter yg baik hati ,

saya maw tanya nih, saya ada rencana maw pasang kawat gigi. Ini bermula ketika saya melakukan scalling, kata dokternya saya harus nya pakai kawat gigi karna saya ada tanda tanda gigi nongol meskipun ga keliatan banget sih... tapi katanya semakin tua akan semakin kelihatan. bener ga sih dok??

trus, saya punya masalah gigi sensitif, dan gusi berdarah tiba2 gitu klo sikatnya terlalu kuat atau karna saya jarang makan buah.. itu gusi langsung sensi gitu... nah misalnya dengan kondisi begini, apa dengan memakai kawat gigi masih fine fine aja? takut nya gigi saya pada goyang semua lagi...

ditunggu jawabannya dok, sekali makasi banget [/QUOTE]

agan umur brp ya? boleh posting foto giginya?
sikat giginya cb jgn terlalu kuat. perbanyak konsumsi sayuran dan buah.
kelapkelip - 18/01/2010 04:44 PM
#676

umur ane saat ini 24 tahun 6 bulan dok...
untuk gambar gigi ane lebih kurangnya sbb:

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)

tampak samping

Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)


menurut dokter begimana??
thx before..
natsuki_kawai - 18/01/2010 06:04 PM
#677

Quote:
Original Posted By kelapkelip
umur ane saat ini 24 tahun 6 bulan dok...
untuk gambar gigi ane lebih kurangnya sbb:

menurut dokter begimana??
thx before..


oh itu cuma crowding dikit dgn tipe gigitan edge to edge. agan sendiri ada mslh ga slama ini? baik misalny sering kegigit, sering sariawan, ato malah ga PD dgn penampilan?? ;)
gigi yg ga rapi emg akan menimbulkan bbrp mslh. mis : sulit dlm melakukan pembersihan gigi sehingga ad kemungkinan penumpukan karang gigi. kl agan slm ini ga ad mslh dan merasa PD dgn penampilan agan sih ga mslh kl ga mau dikawat. tp kl mau dikawat jg gpp kok, soalny ud termasuk indikasinya.
kelapkelip - 19/01/2010 08:21 AM
#678

Quote:
Original Posted By natsuki_kawai
oh itu cuma crowding dikit dgn tipe gigitan edge to edge. agan sendiri ada mslh ga slama ini? baik misalny sering kegigit, sering sariawan, ato malah ga PD dgn penampilan?? ;)
gigi yg ga rapi emg akan menimbulkan bbrp mslh. mis : sulit dlm melakukan pembersihan gigi sehingga ad kemungkinan penumpukan karang gigi. kl agan slm ini ga ad mslh dan merasa PD dgn penampilan agan sih ga mslh kl ga mau dikawat. tp kl mau dikawat jg gpp kok, soalny ud termasuk indikasinya.


akhir2 ini sering sariawan mungkin karna kurang konsumsi sayur ma buah juga x
edge to edge maksd nya apa dok?
klo penampilan sih emg agak kurang pede... soalnya kelihatan gigi ane gede2 ya hehehee pengen dikawat trus ntar dikecilin wadoh bisa abis berapa duit tuh ya? =))
Riaddenoe - 19/01/2010 08:58 AM
#679

Quote:
Original Posted By kelapkelip
akhir2 ini sering sariawan mungkin karna kurang konsumsi sayur ma buah juga x
edge to edge maksd nya apa dok?
klo penampilan sih emg agak kurang pede... soalnya kelihatan gigi ane gede2 ya hehehee pengen dikawat trus ntar dikecilin wadoh bisa abis berapa duit tuh ya? =))


edge to edge tu ujung gigi atas ama bawah berkontak langsung. normalnya untuk gigi depan, gigi atas lebih maju dan menutupi sekitar 1/3 gigi bawah. bisa disebabin gigi atas yg kurang maju, gigi bawah yg terlalu maju, rahang atas yg kurang maju maupun rahang bawah yg terlalu maju. kalo mau penyebab aslinya perlu periksa langsung ke dokter gigi agan, mungkin perlu pemeriksaan rontgen cephalometri...

kalo saya lihat sekilas di gambar, ukuran giginya normal koq, gak kegedean D
kelapkelip - 19/01/2010 09:16 AM
#680

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
edge to edge tu ujung gigi atas ama bawah berkontak langsung. normalnya untuk gigi depan, gigi atas lebih maju dan menutupi sekitar 1/3 gigi bawah. bisa disebabin gigi atas yg kurang maju, gigi bawah yg terlalu maju, rahang atas yg kurang maju maupun rahang bawah yg terlalu maju. kalo mau penyebab aslinya perlu periksa langsung ke dokter gigi agan, mungkin perlu pemeriksaan rontgen cephalometri...

kalo saya lihat sekilas di gambar, ukuran giginya normal koq, gak kegedean D


ohh begitu yah, hmm berarti ane gigi nongolny yg bawah dong dok?

trus untuk kasus saya, kira2 perlu dikawatin atas bawah kah? atau salah satu?
Page 34 of 215 | ‹ First  < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)