HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 37 of 215 | ‹ First  < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 >  Last ›

innerlight - 23/01/2010 09:00 PM
#721

agan dokter,,pas saya pertama pake behel koq, g ngrasa sakit pas makan y? crta temen2 yg beru pertma pke behel, mreka mpe g bs makan nasi, jd makan bubur trs mpe 2 bulanan gt,,
saya lgs bs makan nasi gt,, sy aneh g siy?
tp pas uda masuk bulan k -4 uda mulai sakit, cos gigi ketarik smua ( karet behelnya yg nyambung2 itu loh) saya g tw namanya apa,,
widyaswara - 24/01/2010 09:34 AM
#722

permisi dok..saya ini niatnya masang behel juga..soalnya gigi yang bawah agak gimana gitu..center sih center..cuman sediit acak2an..nah ane tanya2 ma temen ane yang pasang behel..harganya sekitar 4jt gt di kuningan..kalo di pondok indah 10jt dokternya sama katanya..ane manggut2 aja..sehubungan di rumah ane isinya dokter semua..kakak ane yang cewe dokter gigi..trus pas ane tanya kalo masang behel ama dia gratis apa engga..malah dijitak..ya pokonya jatohnya ga banyak lah..ane sih belom tanya ma suaminya yang dokter gigi spesialis..moga2 aja bisa gratis..kekeke..

soalnya sampe sekarang ane gak pernah keluat duit buat berobat secara medis..kalo sakit..diobatin nyokap..cabut gigi gratis..dulu waktu ane jatoh di lapangan beton dan gigi ane patah..malah di jadiin bahan ujian buat mpok ane..di dowel apa di crown gt..intinya sih ngarep yang gratis2.. mohon pencerahannya..ilovekaskus
Riaddenoe - 24/01/2010 10:16 AM
#723

Quote:
Original Posted By innerlight
agan dokter,,pas saya pertama pake behel koq, g ngrasa sakit pas makan y? crta temen2 yg beru pertma pke behel, mreka mpe g bs makan nasi, jd makan bubur trs mpe 2 bulanan gt,,
saya lgs bs makan nasi gt,, sy aneh g siy?
tp pas uda masuk bulan k -4 uda mulai sakit, cos gigi ketarik smua ( karet behelnya yg nyambung2 itu loh) saya g tw namanya apa,,


rasa nyeri gak bisa dijadiin patokan bekerjatidaknya sebuah pesawat ortodonti. gaya yg diberikan pada setiap gigi yg digerakkan mempunyai nilai tertentu masing-masing sesuai dengan kebutuhan perawatannya. sedangkan ambang nyeri tiap individu itu berbeda-beda.

coba aja cubit dua orang temen agan, dengan kekuatan cubitan yg sama, ada peluang besar kalo kekuatan jeritan temen agan itu berbeda-beda D
Riaddenoe - 24/01/2010 10:25 AM
#724

Quote:
Original Posted By widyaswara
permisi dok..saya ini niatnya masang behel juga..soalnya gigi yang bawah agak gimana gitu..center sih center..cuman sediit acak2an..nah ane tanya2 ma temen ane yang pasang behel..harganya sekitar 4jt gt di kuningan..kalo di pondok indah 10jt dokternya sama katanya..ane manggut2 aja..sehubungan di rumah ane isinya dokter semua..kakak ane yang cewe dokter gigi..trus pas ane tanya kalo masang behel ama dia gratis apa engga..malah dijitak..ya pokonya jatohnya ga banyak lah..ane sih belom tanya ma suaminya yang dokter gigi spesialis..moga2 aja bisa gratis..kekeke..

soalnya sampe sekarang ane gak pernah keluat duit buat berobat secara medis..kalo sakit..diobatin nyokap..cabut gigi gratis..dulu waktu ane jatoh di lapangan beton dan gigi ane patah..malah di jadiin bahan ujian buat mpok ane..di dowel apa di crown gt..intinya sih ngarep yang gratis2.. mohon pencerahannya..ilovekaskus


soal gratisan mah deal2an aja ama sodaranya hammer:

yg jelas kami di sini cuma bisa nyaranin untuk perawatan ortodonti di spesialisnya, yaitu spesialis ortodonti (Sp.Ort) D
RRalDy - 25/01/2010 12:19 AM
#725

Quote:
Original Posted By zusans imran
retainer harus pas/akurat sesuai dengan kondisi gigi geligi pasca perawatan ortho, jadi ya dilepas dulu bracketnya baru dicetak kemudian dibuat sesuai dengan model hasil cetakan..pembuatan retainer sebenarnya bisa cepat, apalagi invisible retainer, hanya saja terkadang untuk proses labnya drg mengirim model ke dental lab, makanya perlu waktu 3-5 hari baru jadi..kalau drg nya punya lab sendiri hari ini cetak, besok bisa selesai \). khan giginya hanya bergerak sedikit saja, tidak perlu terlalu takut begitu sweetheart..\) kalau kamu takut sekali, akhirnya peubahan inklinasi 1 mm saja sudah terasa besar sekali, padahal itu masih dalam batas normal..
behel kalau kelamaan di dalam mulut/melepasnya ditunda2 padahal perawatan sdah finish juga tidak baik..ada resiko staining n terbentuk white spot serta akumulasi karang gigi yang dapat mengarah ke radang gusi..


Ohh..
Baru tau dok.. Hehe..
Jadi kalo ntar ada gerak2 dikit wajar ya??
Ya emang, mungkin saya aja yg terlalu takut. Abisnya udah masang mahal2, ntar jadi berantakan lagi kan rugi dok.. Hehe

Tapi, yg saya takutin itu juga kebiasaan saya yang suka tidur sambil kedua rahang mengatup, terus rahang yg bawah ngedorong kedepan.. Ngga sering sih. Cuma kalo lagi kecapekan aja dok.
Terus waktu bangun, gigi seri bagian depan pada ngilu semua..

Takutnya ntar waktu pesawat orto dilepas, malemnya kaya gitu.
kan bisa berabe..
Hehehhee..

ada solusi ngga dok?? Soalnya mngkin hal itu juga yg buat gigi saya dulu tonggos. Selain cara menelan saya yg salah..

O iya dok.. Satu lagi.. Diawal2 dulu pasang behel. Dokter saya selalu menyuruh saya membiasakan melipat bibir atas saya kebawah, ke balik gigi seri yg atas.. Itu buat apa ya dok. Dokter saya cuma bilang biar seimbang bibirnya.. Emang ngaruh ya dok?
zusans imran - 25/01/2010 10:48 AM
#726

Quote:
Original Posted By RRalDy
Ohh..
Baru tau dok.. Hehe..
Jadi kalo ntar ada gerak2 dikit wajar ya??
Ya emang, mungkin saya aja yg terlalu takut. Abisnya udah masang mahal2, ntar jadi berantakan lagi kan rugi dok.. Hehe
setuju \)

Quote:
Tapi, yg saya takutin itu juga kebiasaan saya yang suka tidur sambil kedua rahang mengatup, terus rahang yg bawah ngedorong kedepan.. Ngga sering sih. Cuma kalo lagi kecapekan aja dok.
Terus waktu bangun, gigi seri bagian depan pada ngilu semua..

Takutnya ntar waktu pesawat orto dilepas, malemnya kaya gitu.
kan bisa berabe..
Hehehhee..

ada solusi ngga dok?? Soalnya mngkin hal itu juga yg buat gigi saya dulu tonggos. Selain cara menelan saya yg salah..
bisa diatasi dengan nightguard, bantalan yang dipakai sewaktu tidur untuk mencegah gigi atas dan gigi bawah beradu..bisa konsul ke bagian prostodonti, atau tanya saja sm drg orthonya, siapa tahu dia bisa buatkan/rujuk ke sejawat lain.

Quote:
O iya dok.. Satu lagi.. Diawal2 dulu pasang behel. Dokter saya selalu menyuruh saya membiasakan melipat bibir atas saya kebawah, ke balik gigi seri yg atas.. Itu buat apa ya dok. Dokter saya cuma bilang biar seimbang bibirnya.. Emang ngaruh ya dok?
ya, itu latihan supaya gigi depan atasnya Aldy terdorong ke dalam. inklinasi gigi atas ke arah depan melebihi batas normal/tonggos, bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain bibir yang inkompeten (otot bibirnya lemas sehingga sewaktu masa pertumbuhan gigi, gigi tidak ada yang "menahan"); suka menghisap jari (kalau tonggosnya 2=hisap 1 jari; kalau tonggosnya 4=hisap 4 jari) atau juga karena suka menghisap2 bibir bawah..Gitu Aldy..\)
kenzoaholic - 25/01/2010 11:02 AM
#727
Breket lepas mulu
Dear Dok,

mau tanya dong, kenapa ya breket aku yang di gigi geraham bawah rahang kiri. geraham pertama dr depan breketnya lepas mulu. sama drgnya dilem lagi lepas lagi. udh 3 kali lepas. dan parahnya lepas dihari yg sama saat control saat ak sedang tidur. mungkin saat tidur secara tidak sadar rahangku terkatup cukup kuat.

mungkin karena tertekan oleh gigi geraham rahang atas. jadi untuk gigi satu ini seperti tidak efektif penarikannya.
kira2 ada saran gak yah dok diapain supaya gak lepas terus.....
klo lepas gini dibawa makannya gak enak. breketnya gerak2 mulu dikawatnya...hiks hiks...
zusans imran - 25/01/2010 12:37 PM
#728

Quote:
Original Posted By kenzoaholic
Dear Dok,

mau tanya dong, kenapa ya breket aku yang di gigi geraham bawah rahang kiri. geraham pertama dr depan breketnya lepas mulu. sama drgnya dilem lagi lepas lagi. udh 3 kali lepas. dan parahnya lepas dihari yg sama saat control saat ak sedang tidur. mungkin saat tidur secara tidak sadar rahangku terkatup cukup kuat.

mungkin karena tertekan oleh gigi geraham rahang atas. jadi untuk gigi satu ini seperti tidak efektif penarikannya.
kira2 ada saran gak yah dok diapain supaya gak lepas terus.....
klo lepas gini dibawa makannya gak enak. breketnya gerak2 mulu dikawatnya...hiks hiks...

Daerah rahang bagian belakang, baik rahang atas maupun bawah merupakan daerah yang paling basah karena dekat dengan muara kelenjar ludah, jadi, mungkin kurang kuat "ngelem" (etching-bonding) karena sewaktu prosesnya terkontaminasi air ludah..solusinya ya isolasi daerah kerja yang benar2 kering sewaktu akan menempelkan bracket, etching dan bonding oleh drg nya diaplikasikan sesuai dengan petunjuk pabriknya. Rahang yang terkatup kuat saat tidur tidak berpengaruh besar untuk risiko terlepasnya bracket, yang berisiko lepas bracket adalah makan makanan yang keras dalam ukuran yang cukup besar..jadi kalau mau makan daging, buah dll sebaiknya dipotong dalam ukuran yang lebih kecil \).
RRalDy - 25/01/2010 03:50 PM
#729

Quote:
Original Posted By zusans imran

ya, itu latihan supaya gigi depan atasnya Aldy terdorong ke dalam. inklinasi gigi atas ke arah depan melebihi batas normal/tonggos, bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain bibir yang inkompeten (otot bibirnya lemas sehingga sewaktu masa pertumbuhan gigi, gigi tidak ada yang "menahan"); suka menghisap jari (kalau tonggosnya 2=hisap 1 jari; kalau tonggosnya 4=hisap 4 jari) atau juga karena suka menghisap2 bibir bawah..Gitu Aldy..\)


Haha..
Baru tau ternyata ada bibir bisa inkompeten juga. Kurang cerewet apa ya saya?? Hehe..
Soal ngisep jari, ngga sama sekali. Ngedot juga dari sebelum TK udah ga ngedot..
Jadi bingung ini tonggos kenapa..
Tapi kalo kata dokter gara2 turunan bokap yg gigi gede berantakan, sama nyokap yg gigi kecil2 tapi rapi..
Gigi saya dulu rapi teratur, tapi tonggos..

Eh iya dok. ini lagi nih, unek2 saya.. gigi seri atas saya kan kalo abis ditarik pake karet yg nyambung buat narik itu kan jadi keliatan sejajar. Tapi abis dipasifin, lama2 dia jadi bergerak kedepan gitu gigi seri atasnya. Jadi ga lurus lagi.. Jadi ada kemiringannya.. Kalo saya coba buat ngisep bibir atas. itu gigi jadi berasa agak berubah posisi (kerasa).. Gerak sih engga keliatan, tapi saya kerasa itu akar giginya jadi ga mantep. Bahkan kalo udah berasa majunya agak kebangetan, gw teken2 sama jari.. Hehehe. Tapi akhirnya diomelin dokter saya. Yaudah. Saya pasrah aja..

saya liat temen saya yg abis selese perawatan orthonya, gigi serinya malah agak cenderung masuk ke dalem.. Kenapa saya cenderung keluar ya dok??
Bingung..
zusans imran - 25/01/2010 04:10 PM
#730

Spoiler for lanjutan
Quote:
Original Posted By RRalDy
Haha..

Tapi kalo kata dokter gara2 turunan bokap yg gigi gede berantakan, sama nyokap yg gigi kecil2 tapi rapi..
Gigi saya dulu rapi teratur, tapi tonggos..
ini adalah salah satu penyebab gigi aldy berantakan..pada orang yang faktor etiologinya genetik, akan lebih mudah relaps/kembali berantakan seperti sebelum dirawat, dibandingkan orang yang penyebabnya hanya kelainan dental saja..\)

Quote:
Eh iya dok. ini lagi nih, unek2 saya.. gigi seri atas saya kan kalo abis ditarik pake karet yg nyambung buat narik itu kan jadi keliatan sejajar. Tapi abis dipasifin, lama2 dia jadi bergerak kedepan gitu gigi seri atasnya. Jadi ga lurus lagi.. Jadi ada kemiringannya.. Kalo saya coba buat ngisep bibir atas. itu gigi jadi berasa agak berubah posisi (kerasa).. Gerak sih engga keliatan, tapi saya kerasa itu akar giginya jadi ga mantep. Bahkan kalo udah berasa majunya agak kebangetan, gw teken2 sama jari.. Hehehe. Tapi akhirnya diomelin dokter saya. Yaudah. Saya pasrah aja..
pada saat perawatan hingga perawatan ortho selesai, proses remodelling (resorpsi-aposisi tulang oleh sel osteoblast-osteoclast) sangat aktif dan dinamis, oleh karenanya perlu dimaintain..menurut Saya, setelah kamu selesai perawatan ortho nanti, pakai retainer lepasan 3 bulan pertama setelah lepas behel kemudian dilanjutkan pakai retainer cekat yang disemen di belakang gigi. Hal ini sehubungan dengan jawaban pertama di atas.

Quote:
saya liat temen saya yg abis selese perawatan orthonya, gigi serinya malah agak cenderung masuk ke dalem.. Kenapa saya cenderung keluar ya dok??
Bingung..
jawabannya bisa macam2:
1. Karena ada faktor genetik, mungkin temen2 kamu hanya kelainan dental saja, jadi gigi kamu lebih "bandel" \)
2. pesawat kurang tight/ketat.
3. mungkin pergerakan yang terjadi hanya bersifat typing (ungkitan) bukan bodyly(geser utuh dari mahkota-ujung akar). seharusnya, pesawat cekat menghasilkan gerakan bodyly, sehingga gigi benar2 "pindah" bukan hanya inklinasi yang diperbaiki-tapi juga letaknya. tapi bisa jadi gerakan yg ditimbulkan hanya typing, jika meletakkan bracket tidak maksimal mendekati pusat rotasi gigi.
dariulim95 - 25/01/2010 06:26 PM
#731

mau nanya nih.....klo pasang retainer yg fix tuh seumur hidup ya?
klo seumur hidup bisa bosen jg harus ke dokter gg terus2an..^^
lagipula klo pasang retainer kan jg pengaruh dgn kebersihan gigi nya kurang maksimal,kan kayak behel jg kan?
zusans imran - 25/01/2010 10:25 PM
#732

Quote:
Original Posted By dariulim95
mau nanya nih.....klo pasang retainer yg fix tuh seumur hidup ya?
klo seumur hidup bisa bosen jg harus ke dokter gg terus2an..^^
lagipula klo pasang retainer kan jg pengaruh dgn kebersihan gigi nya kurang maksimal,kan kayak behel jg kan?

ya benar..retainer fix sifatnya permanen karena disemenkan di belakang gigi. susah dibersihkan? makanya ada sikat gigi khusus untuk pasien yg sedang dirawat ortho..n menyikat giginya jg yg benar dong..\). kontrol per 6 bulan secara rutin untuk melihat keadaan gigi dan mulut, jadi bisa dimonitor kesehatan gigi n mulutnya serta dikontrol apakah ada perkembangan karies gigi dan deposit di permukaan gigi, sehingga bisa segera diatasi. Jangan ke dokter gigi jika sudah sakit gigi saja yaa...
RRalDy - 26/01/2010 12:10 AM
#733

Quote:
Original Posted By zusans imran
Spoiler for lanjutan
ini adalah salah satu penyebab gigi aldy berantakan..pada orang yang faktor etiologinya genetik, akan lebih mudah relaps/kembali berantakan seperti sebelum dirawat, dibandingkan orang yang penyebabnya hanya kelainan dental saja..\)

pada saat perawatan hingga perawatan ortho selesai, proses remodelling (resorpsi-aposisi tulang oleh sel osteoblast-osteoclast) sangat aktif dan dinamis, oleh karenanya perlu dimaintain..menurut Saya, setelah kamu selesai perawatan ortho nanti, pakai retainer lepasan 3 bulan pertama setelah lepas behel kemudian dilanjutkan pakai retainer cekat yang disemen di belakang gigi. Hal ini sehubungan dengan jawaban pertama di atas.

jawabannya bisa macam2:
1. Karena ada faktor genetik, mungkin temen2 kamu hanya kelainan dental saja, jadi gigi kamu lebih "bandel" \)
2. pesawat kurang tight/ketat.
3. mungkin pergerakan yang terjadi hanya bersifat typing (ungkitan) bukan bodyly(geser utuh dari mahkota-ujung akar). seharusnya, pesawat cekat menghasilkan gerakan bodyly, sehingga gigi benar2 "pindah" bukan hanya inklinasi yang diperbaiki-tapi juga letaknya. tapi bisa jadi gerakan yg ditimbulkan hanya typing, jika meletakkan bracket tidak maksimal mendekati pusat rotasi gigi.


yahhh..
gausah dilepas aja deh kalo gitu ini bracketnya..nohope:
daripada amburadul lagi..
hehehe..hammer:

itu fix retainer dipake seumur idup dok???

btw, kalo misal ntar abis dilepas bracketnya, terus relaps, pesawat ortho yg lama ga bisa dipake lagi ya dok??

mengenai gerakan bodyly atau typing,, emang kalo lagi pake karet yg buat narik, yg lurus itu, akar gigi saya emang kelihatan agak menonjol keluar, mahkota gigi agak masuk,,
terus abis dipasifin, mahkotanya yg lama2 maju, akarnya mundur..
sampe dulu itu abis dipasifin, ditarik lagi, dipasifin, ditarik lagi. sampe 3x.
saya yg minta dok.. abisnya ya itu,, kalo dipasifin, lama2 miring ke depan lagi geraham yg atas.. terakhir desember sebelum natal kemarin untuk ketiga kalinya karet panjangnya dilepas, diganti kawat, buat dipasifin,,

keliatannya kalo saya kontrol lagi abis gini, udah mau dilepas bracketnya, diganti retainer..
jadi gamau kontrol lagi.. hahahaa..

mana ntar belum ke periodontist buat ngurusin gusi saya..
hehe
zusans imran - 26/01/2010 02:21 PM
#734

Quote:
Original Posted By RRalDy
yahhh..
gausah dilepas aja deh kalo gitu ini bracketnya..nohope:
daripada amburadul lagi..
hehehe..hammer:

itu fix retainer dipake seumur idup dok???

btw, kalo misal ntar abis dilepas bracketnya, terus relaps, pesawat ortho yg lama ga bisa dipake lagi ya dok??
Bracket tidak dilepas2 sudah kita bahas sebelumnya. Fixed retainer sifatnya permanen, disemen di belakang gigi (lihat jawaban di atas posting kamu \)). Bracket bekas tidak layak untuk digunakan kembali..
officerplus60 - 28/01/2010 12:56 PM
#735

Quote:
Original Posted By kenzoaholic
Dear Dok,

mau tanya dong, kenapa ya breket aku yang di gigi geraham bawah rahang kiri. geraham pertama dr depan breketnya lepas mulu. sama drgnya dilem lagi lepas lagi. udh 3 kali lepas. dan parahnya lepas dihari yg sama saat control saat ak sedang tidur. mungkin saat tidur secara tidak sadar rahangku terkatup cukup kuat.

mungkin karena tertekan oleh gigi geraham rahang atas. jadi untuk gigi satu ini seperti tidak efektif penarikannya.
kira2 ada saran gak yah dok diapain supaya gak lepas terus.....
klo lepas gini dibawa makannya gak enak. breketnya gerak2 mulu dikawatnya...hiks hiks...


oww.. ane tau gan.. itu karna belum biasa ja giginya.. ane juga dulu gtu 2 bln pertma.. apa2 lepas.. gara2 mulut n gigi blm terbiasa dgn makanan yg ente makan.. jadi asal makan and asal gigit.. rang ane ja mkan krupuk dlu ja lgsng lepas.. tapi sekrg dah nggak.. dah biasa giginya iloveindonesia
officerplus60 - 28/01/2010 01:00 PM
#736

buat bu dokter.. dari sekian pasien ibu.. ada gak yang kasusnya rahang bawah lebih maju drpada yg atas??(CAMEH)..
itu kasus ane dok.. ane dah make kalo diitung2 si dah 2 thun.. tapi perawatannya cuma 1,5 thn.. karna ane sempet lepas..
ada gak dok yg kasusnya kayak gtu?? tlg di kasih tau ID2 nya mereka yah??biar ane bisa sharing2.. maksih dok..iloveindonesia
officerplus60 - 28/01/2010 01:25 PM
#737
CERITA DIKIT BOLEH KAN DOK??hhe" BEHEL JALANKU MENUJU SUKSES"
cerita dikit yah tentang pengalaman ane dengan BEGHEL.. syukur2 bisa di taruh di depan..hhe
Quote:
Ane adalah seorang yang memiliki kelainan pada rahang bawah (lebih maju and miring ke kanan), awalnya ane pake behel karna ane pernah ikut tes Kesehatan di KESDAM bandung.(buat persiapan tes masuk AKMIL)
Allhamdullah mata, paru2, THT, dsb ane sehat walafiat.. cuma ane kaget knpa pas lihat hasil TEs menyatakan ane K2(tdk lulus)!!
itu cuma karena gigi ane yang RAHANG BAWAHNYA LEBIH MAJU DARI PADA ATASNYA (kyk aburizal BAKRIE)
so ane di kasih saran buat pasang behel. itu tahun 2007. ane pasang di Drg di POLIKLINIK sekolah ane SMAT KRIDA NUSANTARA.
segala usaha dilakukan Dr agar dlm waktu kurang dri 1,5 thn, gigi ane udah harus normal..
akhirnya pas ane kelas III dan ane harus mendaftar2 AKMIL dll. gigi ane belum memasuki target.. tapi alhamdullah gigi atas and bawah dah bisa ketemu.. (baru ane rasakan seumur hidup gigi seri atas and bawah ketemu)hhe..
nekat ane lepas tuh behel. dlm keadaan yg pas2an.. and ikutan tes.. alhamdullah nasib gak bherpihak ke AKMIL.. tapi ane masuk jadi taruna ikatan dinas Perhubungan Laut.
nah.. selesai masa karantina 3blan di asrama.. ane ngerasa gigi ane jadi gak beraturan lagi (mungkin akibat dulu belum fixed selesei). jadi ane nekat buat minta izin ke PERWIRA ane buat perizinan masang behel lagi..
yang ada ane malah di ketawain.. " MANA ADA TARUNA YANG MAKE BEHEL, KAYAK PERAWAN JA" . ane gak menyerah lgsng ane minta izin ke pejabat tertinggi disana.. dgn berbagai pertimbangan.. alhamdullah ane di izinin.. dgn catatan pada akhir bln 5 Mei 2010 sudah harus lepas. karena ane harus berlayar.. ane pasang bulan januari 2009. pertimbangan lain yaitu.. selama pendidikan jgn sampe ada Dosen2 atau perwira2 yang tahu kalo ane psng behel.. jadi selama ini ane gak bisa senyum sambil ngeliatain gigi, n ngomong tanpa harus keliatan gigi...iloveindonesia
itulah perjalan hidup ane dgn behel.. penuh liku2..hhe.. dan juga ane bersyukur.. seandainya ane gak masang behel dari sma dulu mungkin ane gak bakal sekolah disana kalee...8)

Nb: tolong dioanya ya gan.. supaya ane cepet2 lepas behelnya..hhe

MAAF KALO ANE CURHAT.. and mungkin gak penting.. 8) sekedar info.. iloveindonesia
zusans imran - 28/01/2010 01:30 PM
#738

Quote:
Original Posted By officerplus60
buat bu dokter.. dari sekian pasien ibu.. ada gak yang kasusnya rahang bawah lebih maju drpada yg atas??(CAMEH)..
itu kasus ane dok.. ane dah make kalo diitung2 si dah 2 thun.. tapi perawatannya cuma 1,5 thn.. karna ane sempet lepas..
ada gak dok yg kasusnya kayak gtu?? tlg di kasih tau ID2 nya mereka yah??biar ane bisa sharing2.. maksih dok..iloveindonesia
Itu namanya relasi klas III Angle, tp di thread ini seingat sy belum ada yg konsul begitu, kalaupun ada tentu saya tidak ingat id-nya \), silakan baca saja ya..
Untuk kasus kamu, kalau sudah lewat masa pergantian gigi dan pertumbuhan rahang, kelainan ini sulit/tidak bisa diperbaiki dgn pesawat fungsional, yg bisa diperbaiki hanya susunan gigi geliginya saja, sementara dagunya akan tetap kelihatan maju kedepan. Akan tetapi, jika pasien memang menginginkan penampilan estetis yg maksimal, setelah gigi geligi terkoreksi, dapat dilakukan koreksi profil wajah dengan bedah orthognatie, tulang dagunya dibuang sedikit sampai batas2 tertentu agar tidak terlalu tampak menonjol \)
zusans imran - 28/01/2010 01:37 PM
#739
untuk kenzoaholic
officerplus60 - 28/01/2010 02:00 PM
#740

Quote:
Original Posted By zusans imran
Itu namanya relasi klas III Angle, tp di thread ini seingat sy belum ada yg konsul begitu, kalaupun ada tentu saya tidak ingat id-nya \), silakan baca saja ya..
Untuk kasus kamu, kalau sudah lewat masa pergantian gigi dan pertumbuhan rahang, kelainan ini sulit/tidak bisa diperbaiki dgn pesawat fungsional, yg bisa diperbaiki hanya susunan gigi geliginya saja, sementara dagunya akan tetap kelihatan maju kedepan. Akan tetapi, jika pasien memang menginginkan penampilan estetis yg maksimal, setelah gigi geligi terkoreksi, dapat dilakukan koreksi profil wajah dengan bedah orthognatie, tulang dagunya dibuang sedikit sampai batas2 tertentu agar tidak terlalu tampak menonjol \)

iya gan.. makasih byk.. bnr cuma gigi geliginya ja di mundurin.. iya pernah disaranin operasi rahang.. tapi katanya bakal lama perawatnnya.. make kayak di gips dagu gtuh (aduh gak tahu namanya) thx ya gan.. semoga jadi pelajaran buat yang lain..iloveindonesia
Page 37 of 215 | ‹ First  < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)