HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 38 of 215 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 >  Last ›

RayDeChildKing - 28/01/2010 02:20 PM
#741

Dok mau tanya donk =)
Saya punya gigi openbite jadi gigi depan saya tidak bisa rapat gitu dok lalu gigi2 bagian bawah saya juga miring ( beda sama gigi2 atasnya ) =_="
Bisa tidak dok diperbaiki lewat pemakaian behel ?! Kalo bisa kira2 harga pemasangan behelnya berapa ya dok ?! Lalu teman saya juga mempunyai gigi yang bermasalah ( maju ke depan ), dia sudah periksa ke dokter tapi kata dokter tersebut giginya hanya bisa diperbaiki lewat cara operasi ?! Kalo kasusnya begitu kira2 kenapa tuh dok ?! Apa sudah parah sekali ?! Last but not least apakah gigi2 yang bermasalah mempengaruhi bentuk pipi ?! Karena saya mempunyai badan yang sangat kurus tetapi muka saya panjang, lonjong, dan besar ?! Apakah itu semua disebabkan oleh gigi2 saya yang " openbite " ?! Terima kasih dok, sorry kalo pertanyaanya terlalu banyak x)
ilovekaskus
zusans imran - 28/01/2010 03:22 PM
#742

Quote:
Original Posted By RayDeChildKing
Dok mau tanya donk =)
Saya punya gigi openbite jadi gigi depan saya tidak bisa rapat gitu dok lalu gigi2 bagian bawah saya juga miring ( beda sama gigi2 atasnya ) =_="
Bisa tidak dok diperbaiki lewat pemakaian behel ?! Kalo bisa kira2 harga pemasangan behelnya berapa ya dok ?! Lalu teman saya juga mempunyai gigi yang bermasalah ( maju ke depan ), dia sudah periksa ke dokter tapi kata dokter tersebut giginya hanya bisa diperbaiki lewat cara operasi ?! Kalo kasusnya begitu kira2 kenapa tuh dok ?! Apa sudah parah sekali ?! Last but not least apakah gigi2 yang bermasalah mempengaruhi bentuk pipi ?! Karena saya mempunyai badan yang sangat kurus tetapi muka saya panjang, lonjong, dan besar ?! Apakah itu semua disebabkan oleh gigi2 saya yang " openbite " ?! Terima kasih dok, sorry kalo pertanyaanya terlalu banyak x)
ilovekaskus
openbite bisa dikoreksi dengan perawatan secara orthodonti, setelah pengukuran2 dilakukan, baru bisa ditentukan sejauhmana gigi2 tersebut ditarik sehingga bisa mencapai overbite dan overjet yg normal. Untuk kasus teman kamu, Saya kan tidak tahu persis keadaannya seperti apa, jd saya tidak bisa komentar apa2. Bentuk/profil wajah dipengaruhi faktor gigi geligi dan skeletal/pertumbuhan tulang yang dipengaruhi juga oleh berbagai faktor, antara lain asupan gizi, genetik dan habit. Kalau untuk kasus openbite kebanyakan disebabkan karena anak sering meletakkan atau berbicara dengan menempatkan lidah diantara lengkung gigi, memiliki lidah yg besar (makroglosia) atau karena kebiasaan bernapas melalui mulut.
RayDeChildKing - 28/01/2010 07:53 PM
#743

Quote:
Original Posted By zusans imran
openbite bisa dikoreksi dengan perawatan secara orthodonti, setelah pengukuran2 dilakukan, baru bisa ditentukan sejauhmana gigi2 tersebut ditarik sehingga bisa mencapai overbite dan overjet yg normal. Untuk kasus teman kamu, Saya kan tidak tahu persis keadaannya seperti apa, jd saya tidak bisa komentar apa2. Bentuk/profil wajah dipengaruhi faktor gigi geligi dan skeletal/pertumbuhan tulang yang dipengaruhi juga oleh berbagai faktor, antara lain asupan gizi, genetik dan habit. Kalau untuk kasus openbite kebanyakan disebabkan karena anak sering meletakkan atau berbicara dengan menempatkan lidah diantara lengkung gigi, memiliki lidah yg besar (makroglosia) atau karena kebiasaan bernapas melalui mulut.


Terima kasih dok atas penjelasannya =)
Oh iya dok, bila saya memakai behel dan nanti gigi2 saya menjadi normal ( rapat ) apakah nanti bentuk pipi saya juga akan berpengaruh ( menjadi lebih kecil, dll ) ?! Atau sama saja dok ?! Sekali lagi terima kasih dok beer:
ririrahayu - 29/01/2010 12:12 PM
#744
pasang kawat gigi/behel bukan dengan dokter gigi aman gak?
aku masang kawat gigi bukan sama dokter gigi, tapi sama lulusan akbid gitu.. dia pernah kerja sama dokter spesialis gigi dan sekarang buka praktek pasang kawat gigi sendiri, sebenarnya aman gak sih...??

dia masangin kawat gigi aku gak pake cincin, katanya kalo pake cincin bakalan sakit banget.. tapi kenyataannya pemakaian kawat gigi tanpa cincin menyebabkan kawat aku sering lepas... tolong share solusinya donk..
zusans imran - 29/01/2010 01:04 PM
#745

Quote:
Original Posted By ririrahayu
aku masang kawat gigi bukan sama dokter gigi, tapi sama lulusan akbid gitu.. dia pernah kerja sama dokter spesialis gigi dan sekarang buka praktek pasang kawat gigi sendiri, sebenarnya aman gak sih...??

dia masangin kawat gigi aku gak pake cincin, katanya kalo pake cincin bakalan sakit banget.. tapi kenyataannya pemakaian kawat gigi tanpa cincin menyebabkan kawat aku sering lepas... tolong share solusinya donk..
silahkan baca post 1 halaman 1 terlebih dahulu sebelum posting, trims.
Riaddenoe - 29/01/2010 01:07 PM
#746

Quote:
Original Posted By ririrahayu
aku masang kawat gigi bukan sama dokter gigi, tapi sama lulusan akbid gitu.. dia pernah kerja sama dokter spesialis gigi dan sekarang buka praktek pasang kawat gigi sendiri, sebenarnya aman gak sih...??

dia masangin kawat gigi aku gak pake cincin, katanya kalo pake cincin bakalan sakit banget.. tapi kenyataannya pemakaian kawat gigi tanpa cincin menyebabkan kawat aku sering lepas... tolong share solusinya donk..


kalo udah gini mah resiko anda sendiri...

yg jelas mana bisa seorang lulusan akbid (BIDAN!) nanganin gigi...

yg berkompeten melakukan perawatan ortodonti cekat (behel) hanya dokter gigi spesialis ortodontik (Sp.Ort). dokter gigi umum pun terbatas di perawatan ortodontik lepasan/removable)...

di luar itu resiko kegagalan perawatan yg sangat besar menjadi resiko anda sendiri. dan anda tidak mendapat perlindungan hukum apapun atas tindakan yg anda lakukan...
jlopy - 29/01/2010 01:34 PM
#747

Kalo drg Sp.Ortho di Jogja yang bagus dimana ya?

Any suggestion..

tQ
hrclprt - 29/01/2010 11:18 PM
#748

thx for the info
ranmoriii - 31/01/2010 12:33 PM
#749

Pernah pasang...about 3 years or so...
sakit banget...tp gak nyesel...
abis gigi gw dulunya nongol hehehe...skrng dah normal \)
bab5 - 01/02/2010 08:31 PM
#750

pengen pasang behel juga nih, tapi saya itu kerja senen sampe jumat, paling bisanya sabtu ato minggu, klo di RSGM itu dokternya ada ga week end gitu?
natsuki_kawai - 02/02/2010 07:53 AM
#751

Quote:
Original Posted By bab5
pengen pasang behel juga nih, tapi saya itu kerja senen sampe jumat, paling bisanya sabtu ato minggu, klo di RSGM itu dokternya ada ga week end gitu?


sabtu minggu bs tp hrs dgn perjanjian dgn dokter gigi yg merawat. kl mau pasang ama residen, ga bs sabtu-minggu.
ancurminah - 02/02/2010 09:10 AM
#752

Quote:
Original Posted By natsuki_kawai
sabtu minggu bs tp hrs dgn perjanjian dgn dokter gigi yg merawat. kl mau pasang ama residen, ga bs sabtu-minggu.


rsgm pun kalo bukan paviliun, cuma sampe jam 2 siang ya... \(
etherion - 02/02/2010 02:51 PM
#753

ada yang tau ga drg. koesmanto di mampang, beliau spesialis ortho bukan ya?

kalau di RSGM trisakti itu kira2 brp ya biaya psg behel?

trims
kenzoaholic - 02/02/2010 06:34 PM
#754

Quote:
Original Posted By zusans imran

Daerah rahang bagian belakang, baik rahang atas maupun bawah merupakan daerah yang paling basah karena dekat dengan muara kelenjar ludah, jadi, mungkin kurang kuat "ngelem" (etching-bonding) karena sewaktu prosesnya terkontaminasi air ludah..solusinya ya isolasi daerah kerja yang benar2 kering sewaktu akan menempelkan bracket, etching dan bonding oleh drg nya diaplikasikan sesuai dengan petunjuk pabriknya. Rahang yang terkatup kuat saat tidur tidak berpengaruh besar untuk risiko terlepasnya bracket, yang berisiko lepas bracket adalah makan makanan yang keras dalam ukuran yang cukup besar..jadi kalau mau makan daging, buah dll sebaiknya dipotong dalam ukuran yang lebih kecil \).


thanks ya Dok....
seneng d bisa sharing ama dok.....
bab5 - 02/02/2010 10:42 PM
#755

klo mo pasang ama residen itu maksudnya apa ya? klo paviliun gmn?
maaf kurang ngerti..
Riaddenoe - 02/02/2010 11:06 PM
#756

Quote:
Original Posted By bab5
klo mo pasang ama residen itu maksudnya apa ya? klo paviliun gmn?
maaf kurang ngerti..


residen itu dokter gigi yg dalam masa program pendidikan dokter gigi spesialis. dalam hal ortodonti berarti dokter gigi yg lagi ngambil spesialis ortodonti (Sp.Ort). residen mungkin belum spesialis, tapi setiap langkah perawatan dilakukan dibawah pengawasan dokter gigi spesialis yg jadi dosen kespesialisasian itu...
ancurminah - 03/02/2010 12:55 PM
#757

Quote:
Original Posted By bab5
pengen pasang behel juga nih, tapi saya itu kerja senen sampe jumat, paling bisanya sabtu ato minggu, klo di RSGM itu dokternya ada ga week end gitu?


kalo di RSGM, setahuku ada tiap hari senen-jumat.
yg pendidikan/residen itu untuk yg pagi : 8 pagi - 2 siang
kalo mau ke sana, pendaftaran paling lambat jam 11 siang.

yg sore ada, mulai buka jam 4. ini dengan dokter spesialis.

yg paviliun, semuanya dokter spesialis. buka juga dari pagi...
harganya saja yg beda... (jauh) D
pastipas - 03/02/2010 06:50 PM
#758

Quote:
Original Posted By kenzoaholic
Dear Dok,

mau tanya dong, kenapa ya breket aku yang di gigi geraham bawah rahang kiri. geraham pertama dr depan breketnya lepas mulu. sama drgnya dilem lagi lepas lagi. udh 3 kali lepas. dan parahnya lepas dihari yg sama saat control saat ak sedang tidur. mungkin saat tidur secara tidak sadar rahangku terkatup cukup kuat.

mungkin karena tertekan oleh gigi geraham rahang atas. jadi untuk gigi satu ini seperti tidak efektif penarikannya.
kira2 ada saran gak yah dok diapain supaya gak lepas terus.....
klo lepas gini dibawa makannya gak enak. breketnya gerak2 mulu dikawatnya...hiks hiks...


Gan, kekuatan perlekatan antara bracket (bondable tube) dengan gigi dipengaruhi beberapa faktor; kondisi mahkota gigi, kondisi bracket mesh (kekasaran permukaan bagian belakang bracket yang menempel dengan gigi; semakin gundul semakin ga mantep nempelnya), prosedur pemasangan bracket, kualitas lem yang digunakan (exp date, cara penyimpanan), ada tidaknya kontak prematur, beban pengunyahan (bracket yang dipasang di gigi belakang lebih mudah lepas dibandingkan bracket yang dipasang di gigi depan), dll.

Untuk kasus juragan; oleh karena bracket di gigi2 yang lain oke2 aja perlekatannya, maka patut diduga terjadi kontak prematur antara gigi kiri atas dengan bracket yang dipasang di gigi bawahnya, hal ini praktis membuat bracket yang dipasang di gigi kiri bawah tersebut lepas. Bisa juga agan terbiasa mengunyah di sisi kiri doang, sehingga beban kunyah di sisi tersebut lebih besar. Akibatnya, bracket di sisi kiri pun menjadi lebih mudah lepas. Lepasnya bracket secara berulang, pada akhirnya mengakibatkan bagian belakang bracket menjadi gundul, sehingga tidak lagi efektif melekat dengan permukaan gigi. Begitu kira2 sekilas dari banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Supaya lebih nyaman, gigi gerahamnya bisa pake ring/cincin aja, gan. Dijamin maknyus.
pastipas - 03/02/2010 07:13 PM
#759

Quote:
Original Posted By ririrahayu
aku masang kawat gigi bukan sama dokter gigi, tapi sama lulusan akbid gitu.. dia pernah kerja sama dokter spesialis gigi dan sekarang buka praktek pasang kawat gigi sendiri, sebenarnya aman gak sih...??

dia masangin kawat gigi aku gak pake cincin, katanya kalo pake cincin bakalan sakit banget.. tapi kenyataannya pemakaian kawat gigi tanpa cincin menyebabkan kawat aku sering lepas... tolong share solusinya donk..


Percayakan perawatan behel ini pada mereka yang sudah profesional pada bidangnya, yaitu drg sp.ort. Jika perlu, tanyakan contoh kasus yang sudah pernah ditanganinya. Cermati foto2 sebelum dan setelah perawatan dari kasus2 yang pernah ditanganinya. Lalu, perhatikan apakah ia seorang dokter yang mau 'mendengar' keluhan Anda. Hal ini penting, karena Anda akan terus bertemu dengannya selama kurang lebih dua tahun perawatan berjalan.
bab5 - 03/02/2010 08:17 PM
#760

klo yang di RSGM y buka sore sampe jam brapa ya klo hari jumat?
siapa tau bisa abis pulang kerja
Page 38 of 215 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)