HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 42 of 215 | ‹ First  < 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 >  Last ›

evilouse - 22/02/2010 09:01 AM
#821

Gw jg pake gan.... Tapi sekrang dah di lepas....
justinwicaks - 22/02/2010 12:44 PM
#822

nyimak dulu gan...
PuzHere - 22/02/2010 08:29 PM
#823
gigi sensitif bisa pake behel ga?
Dok,, mw tanya donk,,

jadi 2 bulan yang lalu, saya kecelakaan motor gt,, 1 gigi depan (yg atas) sempet mundur dengan sudut skitar 15 derajat (lebay sih,, tapi emang gt,,) tapi ga lepas loh!;)
trus sesaat setelah kecelakaan it, saya paksa dorong gigi it ke depan pake lidah,, eh ga taunya dia balik ke posisi normal >,<

alhasil, setelah kecelakaan it,, gigi saya yg depan jd ngilu,, sensitif gt,, dibuat minum air dingin, rasanya ngilu T.T,,,

kalo skrg sih udah mendingan,, walo kadang agak ngilu kalo minum yg dingin2 gt,,

the problem is,,,
gigi saya yang ats kan ga rata,, apalagi sejak kecelakaan it,, tambah ga karuan >,
natsuki_kawai - 22/02/2010 08:50 PM
#824

[QUOTE=PuzHere;172138243]Dok,, mw tanya donk,,

jadi 2 bulan yang lalu, saya kecelakaan motor gt,, 1 gigi depan (yg atas) sempet mundur dengan sudut skitar 15 derajat (lebay sih,, tapi emang gt,,) tapi ga lepas loh!;)
trus sesaat setelah kecelakaan it, saya paksa dorong gigi it ke depan pake lidah,, eh ga taunya dia balik ke posisi normal >,<

alhasil, setelah kecelakaan it,, gigi saya yg depan jd ngilu,, sensitif gt,, dibuat minum air dingin, rasanya ngilu T.T,,,

kalo skrg sih udah mendingan,, walo kadang agak ngilu kalo minum yg dingin2 gt,,

the problem is,,,
gigi saya yang ats kan ga rata,, apalagi sejak kecelakaan it,, tambah ga karuan >,
ToyCam - 23/02/2010 12:37 AM
#825

Quote:
Original Posted By sifani
gan, nanya dong.
kira2 kalo masang behel atasnya aja, d FKG UI kisaran brp yah?
thx gan

boleh share harga ya? gw tau kok harga di FKG UI (gw pasang disitu soalnya)

untuk biaya awal (pra-pemasangan, meliputi ronsen, cetak gigi, dll) kurang lebih Rp. 300rb
untuk biaya breket :
1. satu sisi (atas/bawah) = Rp. 2jt atau 3jt gitu lupa >_<
2. semua gigi = Rp. 4.5jt
untuk biaya kontrol per bulan = Rp. 75rb
trus klo udah selesai nanti dikasih kawat lagi yang bisa lepasan (ga tau namanya apa) = Rp. 1.5jt

tapi, ga tau deh klo sekarang harganya udah berubah. itu harga 1 tahun yang lalu waktu gw pasang. lupa2 inget deh.
giginaga - 23/02/2010 10:52 AM
#826

ane dari dulu mau pasang kwat gigi,,ini kepengenan ane yang kedua setelah lasik mata gan
sekarang lagi nabung dulu
thanks bwat inponya jadi tau musti nyiapin duit berapa
kerja keras...kerja keras....
eilin - 23/02/2010 02:43 PM
#827

gwe udaH 5 taonn pake beHeL..\(\(\(
1 taun pertama ga dicabut gi2nya..
stlh 1 taun dicopot 4 gigi,.
mpe sKg msH Blom beres2.. Swt..
gwe rata2 kontrol 1-2bln skali,,
walo sempet 2 bln skali tp tu jarang bgt..
Gilaa ne,, kapan ya di lepas ne beHeL..
Zehags - 23/02/2010 03:21 PM
#828

Quote:
Original Posted By ToyCam
boleh share harga ya? gw tau kok harga di FKG UI (gw pasang disitu soalnya)

untuk biaya awal (pra-pemasangan, meliputi ronsen, cetak gigi, dll) kurang lebih Rp. 300rb
untuk biaya breket :
1. satu sisi (atas/bawah) = Rp. 2jt atau 3jt gitu lupa >_<
2. semua gigi = Rp. 4.5jt
untuk biaya kontrol per bulan = Rp. 75rb
trus klo udah selesai nanti dikasih kawat lagi yang bisa lepasan (ga tau namanya apa) = Rp. 1.5jt

tapi, ga tau deh klo sekarang harganya udah berubah. itu harga 1 tahun yang lalu waktu gw pasang. lupa2 inget deh.

sipp nice info gannn.. kebetulan minggu dpn gw mw pasang di RSGM UGM.. thumbup:
Quote:
Original Posted By eilin
gwe udaH 5 taonn pake beHeL..\(\(\(
1 taun pertama ga dicabut gi2nya..
stlh 1 taun dicopot 4 gigi,.
mpe sKg msH Blom beres2.. Swt..
gwe rata2 kontrol 1-2bln skali,,
walo sempet 2 bln skali tp tu jarang bgt..
Gilaa ne,, kapan ya di lepas ne beHeL..


btw, drg nya yg SpOrtho gak bro ?? confused:
sunzz - 23/02/2010 05:05 PM
#829
pasang peraawatan ortho 2x
gan mau nanya nih.. kira2 kalo gigi uda pernah perawatan ortho ( 4-5 tahun lalu) trs sekarang kalo pasang lagi ada masalah ga ya gan ? apa boleh?

sekaarang umur 23 thn.

trims agan2 sekalian
natsuki_kawai - 23/02/2010 07:03 PM
#830

Quote:
Original Posted By sunzz
gan mau nanya nih.. kira2 kalo gigi uda pernah perawatan ortho ( 4-5 tahun lalu) trs sekarang kalo pasang lagi ada masalah ga ya gan ? apa boleh?

sekaarang umur 23 thn.

trims agan2 sekalian


boleh kok. asal masangny di org yg tepat ya D
tp emg knp pasang lg?
utammii - 23/02/2010 08:40 PM
#831

FKG Universitas Negeri, departemen orthodonsia.
itu daerah mana dok ?
dok , aq jadi pengen pasang behel juga , tapi , gigi aq yang 2 depan itu pernah di bor , di bersihkan kotoran2 nya, jadi gigi aq di tambal belakang nya itu , apa masih bisa pakai behel ?
trus kanan kiri nya itu gingsul, apa perlu di lakukan pencabutan dok sblum pasang beheL ? klo hanya 1 sisi yang dicabut bisa ?
aq juga sering ngerasa nyilu ama gigi yang 2 itu setelah di tambal , udah hampir 3th dengan gigi tambalan ..
mksih ..
sunzz - 23/02/2010 09:10 PM
#832

Quote:
Original Posted By natsuki_kawai
boleh kok. asal masangny di org yg tepat ya D
tp emg knp pasang lg?


thx gan..

dulu sih ada gigi yang tumbuhnya di langit2 alias ga bener gt arahnya, trs ditarik supaya bener (perawatan ortho), en kayanya sih salah di proses nariknya atau gimana, jadi sekarang tulang giginya sisa 2 (dari 4 CMIIW) jadi karena itu sekarang giginya goyang. udah konsul ke beberapa drg. ada yang bilang ga bisa diapa2in, cuma bisa dijaga aja. tapi ada juga yang bilang bisa dikawat lagi supaya posisi gigi lebih masuk jadi tulang bisa tumbuh lagi (atau kalo ga bisa tumbuh sendiri baru pake serbuk tulang).

gimana menurut agan2 dokter sekalian? hehe
Riaddenoe - 24/02/2010 12:02 AM
#833

Quote:
Original Posted By utammii
FKG Universitas Negeri, departemen orthodonsia.
itu daerah mana dok ?
dok , aq jadi pengen pasang behel juga , tapi , gigi aq yang 2 depan itu pernah di bor , di bersihkan kotoran2 nya, jadi gigi aq di tambal belakang nya itu , apa masih bisa pakai behel ?
trus kanan kiri nya itu gingsul, apa perlu di lakukan pencabutan dok sblum pasang beheL ? klo hanya 1 sisi yang dicabut bisa ?
aq juga sering ngerasa nyilu ama gigi yang 2 itu setelah di tambal , udah hampir 3th dengan gigi tambalan ..
mksih ..


maksudnya itu di rumah sakit gigi dan mulut pendidikan yg dimiliki oleh fakltas kedokteran gigi perguruan tinggi negeri yg memiliki program pendidikan dokter gigi spesialis ortodonsia. kalau agan di jakarta bisa ke rsgmp ui di salemba, kalau di bandung rsgmp unpad di sekeloa...

soal gigi yg sudah ditambal, harus dilihat dulu kondisi gigi dan jaringan pendukungnya, silakan cek langsung ke dokter gigi ortodontis. soal pencabutan gigi, baru bisa ditentukan setelah dilakukan analisa perbaningan panjang lengkung gigi dan panjang lengkung rahang...
WikipediaLoser - 24/02/2010 09:22 AM
#834

excellent info gan! beer:
Riaddenoe - 24/02/2010 09:39 AM
#835

Quote:
Original Posted By sunzz
gan mau nanya nih.. kira2 kalo gigi uda pernah perawatan ortho ( 4-5 tahun lalu) trs sekarang kalo pasang lagi ada masalah ga ya gan ? apa boleh?

sekaarang umur 23 thn.

trims agan2 sekalian


Quote:
Original Posted By sunzz
thx gan..

dulu sih ada gigi yang tumbuhnya di langit2 alias ga bener gt arahnya, trs ditarik supaya bener (perawatan ortho), en kayanya sih salah di proses nariknya atau gimana, jadi sekarang tulang giginya sisa 2 (dari 4 CMIIW) jadi karena itu sekarang giginya goyang. udah konsul ke beberapa drg. ada yang bilang ga bisa diapa2in, cuma bisa dijaga aja. tapi ada juga yang bilang bisa dikawat lagi supaya posisi gigi lebih masuk jadi tulang bisa tumbuh lagi (atau kalo ga bisa tumbuh sendiri baru pake serbuk tulang).

gimana menurut agan2 dokter sekalian? hehe


diskusi soal yg ini kemaren kayaknya berhenti karena pada gak ngerti sama istilah agan yg saya bold di atas. apa maksudnya akar giginya ada yg hilang/berkurang (resorbsi)?

kalau sempat mungkin sebaiknya agan upload foto susunan gigi agan aja di sini, jadi kami bisa punya pegangan yg lebih baik tentang kondisi susunan gigi agan. kalau ada hasil foto rontgentnya juga bakal semakin membantu...

saran saya, agan konsultasi kembali dengan dokter gigi ortodonti. lebih baik kalau agan konsultasi di rumah sakit gigi dan mulut pendidikan (misal rsgm ui di salemba dan rsgm unpad di bandung)...

pendapat sementara saya sekarang, gigi yg posisinya di langit2 itu sebaiknya diangkat/dicabut saja di dokter gigi spesialis bedah mulut, baru agan menerima perawatan ortodonti di spesialis orodonti. bila akhirnya ada ruang kosong akibat jumlah gigi yg sudah tidak lengkap, diisi dengan mengunakan geligi tiruan...
sunzz - 24/02/2010 10:05 AM
#836

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
diskusi soal yg ini kemaren kayaknya berhenti karena pada gak ngerti sama istilah agan yg saya bold di atas. apa maksudnya akar giginya ada yg hilang/berkurang (resorbsi)?

kalau sempat mungkin sebaiknya agan upload foto susunan gigi agan aja di sini, jadi kami bisa punya pegangan yg lebih baik tentang kondisi susunan gigi agan. kalau ada hasil foto rontgentnya juga bakal semakin membantu...

saran saya, agan konsultasi kembali dengan dokter gigi ortodonti. lebih baik kalau agan konsultasi di rumah sakit gigi dan mulut pendidikan (misal rsgm ui di salemba dan rsgm unpad di bandung)...

pendapat sementara saya sekarang, gigi yg posisinya di langit2 itu sebaiknya diangkat/dicabut saja di dokter gigi spesialis bedah mulut, baru agan menerima perawatan ortodonti di spesialis orodonti. bila akhirnya ada ruang kosong akibat jumlah gigi yg sudah tidak lengkap, diisi dengan mengunakan geligi tiruan...


maap kalo informasi saya kurang jelas. sebenernya sih ini kasus temen ane gan. Dokter giginya sih pk istilah "tulang gigi" kaga tau itu beda atau sama dengan "akar".

Untuk gigi yang di langit2 sekarang posisinya udah bener. gigi tersebut gigi taring. sekarang posisinya udah bener (udah dibenerin sekitar 4 tahun lalu gan), cuma sekarang temen ane ngrasa gigi itu rada goyang, en setelah foto en konsul ke beberapa dokter : nasehatnya beda2 :
1. ada yang bilang udah ga bisa diapa2in, jadi tunggu waktu tanggal trs implant gigi, sementara waktu dijaga aja kebersihan mulut supaya jaringan penahannya lebih bertahan lama (jadi giginya umurnya sebelum tanggal masih bertahan cukup lama)
2. ada yang bilang masih bisa dengan cara posisi gigi trsebut dimasukkan lagi (perawatan ortho) jadi posisinya memungkinkan untuk tulang tumbuh, sehingga tulangnya ada kemungkinan bisa tumbuh lagi. kalo ngga bisa baru diberi serbuk tulang.

sekarang problemnya jadi bingung ngikuti saran yang mana, kalo ngikutin saran yang kedua takutnya ntar malah tambah parah en buat gigi yang lain jadi ikut bermasalah gan..

gimana ya enaknya ?bingung
Riaddenoe - 24/02/2010 10:26 AM
#837

Quote:
Original Posted By sunzz
maap kalo informasi saya kurang jelas. sebenernya sih ini kasus temen ane gan. Dokter giginya sih pk istilah "tulang gigi" kaga tau itu beda atau sama dengan "akar".

Untuk gigi yang di langit2 sekarang posisinya udah bener. gigi tersebut gigi taring. sekarang posisinya udah bener (udah dibenerin sekitar 4 tahun lalu gan), cuma sekarang temen ane ngrasa gigi itu rada goyang, en setelah foto en konsul ke beberapa dokter : nasehatnya beda2 :
1. ada yang bilang udah ga bisa diapa2in, jadi tunggu waktu tanggal trs implant gigi, sementara waktu dijaga aja kebersihan mulut supaya jaringan penahannya lebih bertahan lama (jadi giginya umurnya sebelum tanggal masih bertahan cukup lama)
2. ada yang bilang masih bisa dengan cara posisi gigi trsebut dimasukkan lagi (perawatan ortho) jadi posisinya memungkinkan untuk tulang tumbuh, sehingga tulangnya ada kemungkinan bisa tumbuh lagi. kalo ngga bisa baru diberi serbuk tulang.

sekarang problemnya jadi bingung ngikuti saran yang mana, kalo ngikutin saran yang kedua takutnya ntar malah tambah parah en buat gigi yang lain jadi ikut bermasalah gan..

gimana ya enaknya ?bingung


semakin bingung nih D

taring yah. berarti akarnya juga cuma satu, bukan masalah resorbsi akar. jadi sekarang curiganya yg dimaksud tulang gigi ama dokter yg nanganin itu tulang alveolar penyangga gigi...

mungkin yg terjadi penurunan ketinggian tulang alveolar, dan kejadiannya sudah lumayan hebat sehingga dukungannya terhadap posisi gigi sudah sangat lemah...

udah pernah periksanya ke spesialis periodontal belum? kalo memang masalahnya adalah tulang alveolar, yg jago untuk merawat adalah spesialis periodontal ini (Sp.Perio). mungkin perawatannya hanya butuh splinting (gigi taring itu distabilkan kedudukannya, bisa diikat maupun dikawat dengan geligi sebelahnya) lalu jaringannya dirawat secara periodik agar tulangnya regenerasi, atau kalau ternyata cukup parah mungkin perlu operasi, tergantung kondisi tulang alveolar temen agan...

soal "gigi dibiarkan tanggal sendiri lalu pasang implan", saya kurang setuju. kalau ternyata ujung2nya itu gigi harus lepas/dilepas, lebih baik bila gigi segera dicabut saja oleh dokter giginya agar kejadiannya terkontrol (antisipasi pendarahan, infeksi dan masalah2 lain). jadi gigi dicabut oleh dokter gigi, lalu sesegera mungkin buat geligi tiruan agar ruang kosong sisa pencabutan segera terisi agar mencegah bergesernya gigi2 sebelah gigi taring yg hilang itu...
studiokreasiku - 24/02/2010 01:06 PM
#838

Quote:
Original Posted By Riaddenoe
semakin bingung nih D

taring yah. berarti akarnya juga cuma satu, bukan masalah resorbsi akar. jadi sekarang curiganya yg dimaksud tulang gigi ama dokter yg nanganin itu tulang alveolar penyangga gigi...

mungkin yg terjadi penurunan ketinggian tulang alveolar, dan kejadiannya sudah lumayan hebat sehingga dukungannya terhadap posisi gigi sudah sangat lemah...

udah pernah periksanya ke spesialis periodontal belum? kalo memang masalahnya adalah tulang alveolar, yg jago untuk merawat adalah spesialis periodontal ini (Sp.Perio). mungkin perawatannya hanya butuh splinting (gigi taring itu distabilkan kedudukannya, bisa diikat maupun dikawat dengan geligi sebelahnya) lalu jaringannya dirawat secara periodik agar tulangnya regenerasi, atau kalau ternyata cukup parah mungkin perlu operasi, tergantung kondisi tulang alveolar temen agan...

soal "gigi dibiarkan tanggal sendiri lalu pasang implan", saya kurang setuju. kalau ternyata ujung2nya itu gigi harus lepas/dilepas, lebih baik bila gigi segera dicabut saja oleh dokter giginya agar kejadiannya terkontrol (antisipasi pendarahan, infeksi dan masalah2 lain). jadi gigi dicabut oleh dokter gigi, lalu sesegera mungkin buat geligi tiruan agar ruang kosong sisa pencabutan segera terisi agar mencegah bergesernya gigi2 sebelah gigi taring yg hilang itu...


puyeng liat tulisan2 nya.. hehe... pengen pake kawat.... maho
studiokreasiku - 24/02/2010 01:07 PM
#839

Quote:
Original Posted By ToyCam
boleh share harga ya? gw tau kok harga di FKG UI (gw pasang disitu soalnya)

untuk biaya awal (pra-pemasangan, meliputi ronsen, cetak gigi, dll) kurang lebih Rp. 300rb
untuk biaya breket :
1. satu sisi (atas/bawah) = Rp. 2jt atau 3jt gitu lupa >_<
2. semua gigi = Rp. 4.5jt
untuk biaya kontrol per bulan = Rp. 75rb
trus klo udah selesai nanti dikasih kawat lagi yang bisa lepasan (ga tau namanya apa) = Rp. 1.5jt

tapi, ga tau deh klo sekarang harganya udah berubah. itu harga 1 tahun yang lalu waktu gw pasang. lupa2 inget deh.


mahal juga yah totalnya...
natsuki_kawai - 24/02/2010 03:50 PM
#840

Quote:
Original Posted By sunzz
maap kalo informasi saya kurang jelas. sebenernya sih ini kasus temen ane gan. Dokter giginya sih pk istilah "tulang gigi" kaga tau itu beda atau sama dengan "akar".

Untuk gigi yang di langit2 sekarang posisinya udah bener. gigi tersebut gigi taring. sekarang posisinya udah bener (udah dibenerin sekitar 4 tahun lalu gan), cuma sekarang temen ane ngrasa gigi itu rada goyang, en setelah foto en konsul ke beberapa dokter : nasehatnya beda2 :
1. ada yang bilang udah ga bisa diapa2in, jadi tunggu waktu tanggal trs implant gigi, sementara waktu dijaga aja kebersihan mulut supaya jaringan penahannya lebih bertahan lama (jadi giginya umurnya sebelum tanggal masih bertahan cukup lama)
2. ada yang bilang masih bisa dengan cara posisi gigi trsebut dimasukkan lagi (perawatan ortho) jadi posisinya memungkinkan untuk tulang tumbuh, sehingga tulangnya ada kemungkinan bisa tumbuh lagi. kalo ngga bisa baru diberi serbuk tulang.

sekarang problemnya jadi bingung ngikuti saran yang mana, kalo ngikutin saran yang kedua takutnya ntar malah tambah parah en buat gigi yang lain jadi ikut bermasalah gan..

gimana ya enaknya ?bingung



saya sebetulnya ga gitu ngerti. tp kyny kasusny ini adalah resorpsi tulang alveolar spt yg diblg bro Riaddenoe. kl ud begini, bs sih diperbaiki tp hrs dengan operasi periodontal. untuk itu silakan dtg ke Sp. Perio. akan lbh baik lg kl agan posting foto Roentgen kasusny di sini. supaya bs tw apa penyebab kegoyangan gigi itu.
Page 42 of 215 | ‹ First  < 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)