HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)
Total Views: 312264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 215 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

zusans imran - 18/07/2009 04:23 PM
#141

Quote:
Original Posted By incredible UD
dok saya sedang memakai behel n kasus saya sama seperti bro kopi_phait,yaitu gigi gingsul sebelah kanan, dan dokternya ngomong sebulan lagi y baru dilakukan pencabutan gigi dan hanya 1 gigi yang akan dicabut,yang gigi geraham sebelah kanan.
Nah yang mau saya tanya,apakah nanti gigi saya akan menjadi tidak simetris? dan kenapa pencabutan dilakukan setelah sebulan pemasangan?kenapa tidak sebelum pemasangan behel saja?
terimakasih dok. \)

Sekali lagi, sangat tidak dianjurkan pencabutan satu sisi, dengan alasan seperti yang telah saya kemukakan pada reply untuk kopi phait. Lebih baik ikuti kaidah dengan mencabut kedua sisi, sehingga dipastikan hasilnya simetris, daripada mencabut satu sisi saja dengan mengambil resiko (yang sebenarnya tidak perlu diambil) pergeseran midline di kemudian hari. Toh pencabutan premolar di dua sisi tidak akan merugikan pasien, justru dimaksudkan sebagai antisipasi terhadap resiko pergeseran midline di kemudian hari.

Pencabutan dilakukan setelah behel dipakai untuk menghindari pergeseran dan perputaran (torsi) gigi lain yang juga menerima force pada saat bersamaan, ke arah bekas pencabutan. selain itu supaya pasien tidak terlalu cepat mengalami kekurangan fungsi pengunyahan akibat pencabutan gigi.

kkaaaaaa - 18/07/2009 09:17 PM
#142

stuju!
xil_chen - 21/07/2009 12:43 AM
#143

g sebelumnya jg pasang kawat gigi dok.. truz uda di lepas taon lalu..
n g di kasi pake sesuatu biar ntar gigi ga balik lg ke semula..
tp g ga pake dok.. n skr gigi g uda kembali nonjol n ga rata..
jd skr mesti gmn ya dok?
zusans imran - 21/07/2009 02:18 AM
#144

Quote:
Original Posted By xil_chen
g sebelumnya jg pasang kawat gigi dok.. truz uda di lepas taon lalu..
n g di kasi pake sesuatu biar ntar gigi ga balik lg ke semula..
tp g ga pake dok.. n skr gigi g uda kembali nonjol n ga rata..
jd skr mesti gmn ya dok?

I'm so sorry to hear that..in the case, gigi kamu mesti dikawatin lagi seperti semula..Saya sangat menyayangkan sikap xil_chen yang tidak kooperatif..kenapa retainernya engga dipakai, engga percaya ya sama drg nya...? padahal drg nya sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut kan..

yah hasilnya ya beginilah kalau tidak nurut ..\)b no offense at all.
godith - 21/07/2009 11:55 AM
#145

thx buat ts udah ngasih info yg bagus..


jadi bener-bener mau masang ane..
chrocus - 21/07/2009 12:32 PM
#146

jadi pengen beer:
Gladys_Patricia - 21/07/2009 03:50 PM
#147

nice inpo
xil_chen - 22/07/2009 01:20 AM
#148

Quote:
Original Posted By zusans imran

I'm so sorry to hear that..in the case, gigi kamu mesti dikawatin lagi seperti semula..Saya sangat menyayangkan sikap xil_chen yang tidak kooperatif..kenapa retainernya engga dipakai, engga percaya ya sama drg nya...? padahal drg nya sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut kan..

yah hasilnya ya beginilah kalau tidak nurut ..\)b no offense at all.


wah.. sayang yaa.. klo skr cepet2 pake retainernya jg percuma ya.. ga bs balik lg? thx
zusans imran - 22/07/2009 08:24 PM
#149

Quote:
Original Posted By xil_chen
wah.. sayang yaa.. klo skr cepet2 pake retainernya jg percuma ya.. ga bs balik lg? thx


exactly
godith - 24/07/2009 12:32 AM
#150

kalo mau masang kawat gigi di jakarta kira-kira di mana ??
NixCute - 24/07/2009 04:01 PM
#151

Dear Dokter,

Thanks utk thread nya, useful bgt informasinya.
Saya ada rencana untuk pemasangan kawat gigi, tp masih bingung dgn kondisi gigi saya.
Berikut pertanyaan saya :

1. Kondisi gigi di bagian rahang atas, sebelah gigi taring, itu rusak, patah seluruh bagiannya sampai jd bolong, tp akarnya tidak tercabut, apakah butuh operasi gigi dulu untuk pencabutan akar sebelum pemasangan kawat?

2. Saya sempat ditawari untuk pemasangan kawat di fakultas kedokteran gigi di Univ. Trisakti, seharga 3 jutaan juga, apakah di situ qualified untuk pemasangan ini? Saya tidak mengerti apakah semua fakultas ada kualifikasi Sp. Ort, seperti yang diinformasikan disini.

Mohon informasinya ya.... Thx.
ilovekaskus
zusans imran - 24/07/2009 09:17 PM
#152

Quote:
Original Posted By NixCute
Dear Dokter,

Thanks utk thread nya, useful bgt informasinya.
Saya ada rencana untuk pemasangan kawat gigi, tp masih bingung dgn kondisi gigi saya.
Berikut pertanyaan saya :

1. Kondisi gigi di bagian rahang atas, sebelah gigi taring, itu rusak, patah seluruh bagiannya sampai jd bolong, tp akarnya tidak tercabut, apakah butuh operasi gigi dulu untuk pencabutan akar sebelum pemasangan kawat?

2. Saya sempat ditawari untuk pemasangan kawat di fakultas kedokteran gigi di Univ. Trisakti, seharga 3 jutaan juga, apakah di situ qualified untuk pemasangan ini? Saya tidak mengerti apakah semua fakultas ada kualifikasi Sp. Ort, seperti yang diinformasikan disini.

Mohon informasinya ya.... Thx.
ilovekaskus


Dear NixCute
1. Tinggal dicabut saja sisa akarnya, bisa dengan pencabutan biasa kalau memang masih kelihatan akarnya, atau dengan sedikit membuka tulang beberapa mili hingga akar tersebut bisa dicakup dengan tang. semua dilakukan dibawah anastesi lokal, tidak perlu takut.

2. Jangan lihat tempatnya, lihat siapa yang akan merawat kamu.. kalau benar2 drg yang sudah menyelesaikan pendidikan Sp.Ort nya, ya boleh sekali.
Di Trisakti apa sudah buka program pendidikan Sp? karena setahu saya program Sp baru ada di univ negeri saja. Tetapi kalau memang sudah ada, kalau yang merawat itu PPDGS Ortho di bawah pengawasan Sp Ort, tidak masalah ; tapi kalau tidak (hanya drg umum non Sp. Ort) sebaiknya jangan karena dia tidak memiliki kompetensi untuk itu. semoga bisa dipahami ya..
NixCute - 25/07/2009 01:48 PM
#153

Quote:
Original Posted By zusans imran


Dear NixCute
1. Tinggal dicabut saja sisa akarnya, bisa dengan pencabutan biasa kalau memang masih kelihatan akarnya, atau dengan sedikit membuka tulang beberapa mili hingga akar tersebut bisa dicakup dengan tang. semua dilakukan dibawah anastesi lokal, tidak perlu takut.

2. Jangan lihat tempatnya, lihat siapa yang akan merawat kamu.. kalau benar2 drg yang sudah menyelesaikan pendidikan Sp.Ort nya, ya boleh sekali.
Di Trisakti apa sudah buka program pendidikan Sp? karena setahu saya program Sp baru ada di univ negeri saja. Tetapi kalau memang sudah ada, kalau yang merawat itu PPDGS Ortho di bawah pengawasan Sp Ort, tidak masalah ; tapi kalau tidak (hanya drg umum non Sp. Ort) sebaiknya jangan karena dia tidak memiliki kompetensi untuk itu. semoga bisa dipahami ya..


Thanks info nya Dok, cukup jelas untuk saya, nanti akan saya check lagi untuk status dokter gigi di Trisakti.
Mohon info lagi, untuk operasi gigi, dgn kondisi saya ini, berapa biaya nya ya?
miyavizm13 - 25/07/2009 02:02 PM
#154

gan gw waktu itu pake behel gara2 gigi kek madonna,,alias renggang di tengah gituh,,nah gw pake behel ketutup tuh gigi tengahna jadi rapet tapi ada proses pemotongan daging yang kejepit di tengah2 gigi gituh,,gw ampe di potong 2kali,,trus setelah 2th behel gw di copot, gw pake retainer,,,eh gigi gw renggang lagi,,dagingna tumbuh lagi dan alhasil renggang lagi gigina,,gw bawa balik kontrol trus ama dokterna di pasang behel lagi,,braketan lagi...trus ampe sekarang gak gw lepas2,,gimana nih gan enaknya?apa gw ganti dokter trus pasang behel lagi atas bawah ama dokter yang lebih ok??masa iya gw pake behel seumur hidup gan??huhuhu.....oia,,ini gw pake id cowok gw,,tolong pm ke dong ke ayala13...thx be4...
zusans imran - 25/07/2009 10:01 PM
#155

Quote:
Original Posted By NixCute
Thanks info nya Dok, cukup jelas untuk saya, nanti akan saya check lagi untuk status dokter gigi di Trisakti.
Mohon info lagi, untuk operasi gigi, dgn kondisi saya ini, berapa biaya nya ya?
Seharusnya engga mahal sekali sih, karena bukan termasuk kasus yang sulit. Soal tarif kan relatif ya..sebenarnya masih bisa dapat mulai 100 rb, karena ukurannya masih seperti pencabutan biasa..kalau mau pasti n tidak shock, mending tanya aja dulu sebelum dicabut, jadi kan bisa siap2 biayanya. Kalau rajin ya cari2 tahu dulu buat perbandingan. Kalau pengambilan sisa fragmen akar bisa di drg mana saja karena masih tergolong kasus yang sederhana.

zusans imran - 25/07/2009 10:09 PM
#156

Quote:
Original Posted By miyavizm13
gan gw waktu itu pake behel gara2 gigi kek madonna,,alias renggang di tengah gituh,,nah gw pake behel ketutup tuh gigi tengahna jadi rapet tapi ada proses pemotongan daging yang kejepit di tengah2 gigi gituh,,gw ampe di potong 2kali,,trus setelah 2th behel gw di copot, gw pake retainer,,,eh gigi gw renggang lagi,,dagingna tumbuh lagi dan alhasil renggang lagi gigina,,gw bawa balik kontrol trus ama dokterna di pasang behel lagi,,braketan lagi...trus ampe sekarang gak gw lepas2,,gimana nih gan enaknya?apa gw ganti dokter trus pasang behel lagi atas bawah ama dokter yang lebih ok??masa iya gw pake behel seumur hidup gan??huhuhu.....oia,,ini gw pake id cowok gw,,tolong pm ke dong ke ayala13...thx be4...

seharusnya kalau sudah pakai retainer, gigi tidak boleh renggang lagi. yang dipotong itu frenulumnya dengan insisal notch yang besar (ini adalah penyebeb gigi kamu jd renggang, menghalangi gigi seri tengah kiri dan kanan untuk merapat). frenulum yg tinggi dan notch yg besar itu kan faktor bawaan, maka akan terus begitu. retainernya mesti yang bagus, jangan sampai gg yg sudah rapat tadi renggang lagi. kalau sudah rapat, maka tidak ada ruang bagi notch untuk kembali tumbuh. bahas kasus tidak di PM. no exception..sorry..^^
NixCute - 26/07/2009 06:24 PM
#157

Quote:
Original Posted By zusans imran
Seharusnya engga mahal sekali sih, karena bukan termasuk kasus yang sulit. Soal tarif kan relatif ya..sebenarnya masih bisa dapat mulai 100 rb, karena ukurannya masih seperti pencabutan biasa..kalau mau pasti n tidak shock, mending tanya aja dulu sebelum dicabut, jadi kan bisa siap2 biayanya. Kalau rajin ya cari2 tahu dulu buat perbandingan. Kalau pengambilan sisa fragmen akar bisa di drg mana saja karena masih tergolong kasus yang sederhana.



Ok Dok, saya survey dl harganya ;p .... thx a lot ya..
fennih - 26/07/2009 10:28 PM
#158

Dok,salam kenal. saya mau tanya dong. saya udh tanya sama 2 dokter dan mereka semua bilang posisi rahang saya miring,jd kalo gigi saya di katupkan geraham nggak ketemu geraham. miring sedikit, kata dokternya sebenernya jumlah gigi atas udh sama dgn bawah tapi nggak ketemu. mgkn gara2 ada beberapa gigi yg pernah di cabut sehingga menyebabkan rahang jd miring. trus wajah saya yg kanan lbh turun jika di perhatikan.
katanya sih kasus saya kelihatannya mudah tapi pengerjaan susah bgt dan makan waktu,karena banyak yg mesti diperbaiki termasuk mengeser2 gigi.
kalo menurut dokter sebenernya perlu nggak sih saya pasang behel? trus kalo saya biarkan berdampak apa nantinya?

terima kasih sebelumnya ya. SUKSES SELALU
zusans imran - 27/07/2009 05:00 AM
#159

Quote:
Original Posted By fennih
[FONT="Comic Sans MS"]Dok,salam kenal. saya mau tanya dong. saya udh tanya sama 2 dokter dan mereka semua bilang posisi rahang saya miring,jd kalo gigi saya di katupkan geraham nggak ketemu geraham. miring sedikit, kata dokternya sebenernya jumlah gigi atas udh sama dgn bawah tapi nggak ketemu. mgkn gara2 ada beberapa gigi yg pernah di cabut sehingga menyebabkan rahang jd miring. trus wajah saya yg kanan lbh turun jika di perhatikan.
katanya sih kasus saya kelihatannya mudah tapi pengerjaan susah bgt dan makan waktu,karena banyak yg mesti diperbaiki termasuk mengeser2 gigi.
kalo menurut dokter sebenernya perlu nggak sih saya pasang behel? trus kalo saya biarkan berdampak apa nantinya?

terima kasih sebelumnya ya. SUKSES SELALU

Thanks udah mampir di thread Saya..
Menurut Saya, perlu diadakan tindakan rehabilitasi terhadap ketidakharmonisan relasi rahang dan gigi kamu. Kalau ditanya apa dampaknya jika tidak direhab: tidak berbahaya bagi jiwa namun cukup punya kans untuk menurunkan kualitas hidup. Salah satunya adalah sakit kepala kronis dan masalah persendian rahang (temporo-mandibular join).

[/FONT]
leafcool21 - 27/07/2009 01:50 PM
#160

kalo behel yang metal sama yang porselen gitu bagusan yang mana sih?trus biaya pemasangan behel yang porselen berapa ya?
Page 8 of 215 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > Sedikit Gambaran sebelum Memutuskan Memakai Kawat Gigi (pesawat orthodonti)